Penilaian Penugasan Pada Kurikulum Merdeka
Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian penugasan pada pembelajaran kurikulum merdeka.
APA ITU PENILAIAN PENUGASAN?
Sahabat pendidikan, dalam proses
pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan
oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta
didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.
Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang
dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.
Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang
dimaksud :
1. Portofolio
2. Penugasan
3. Praktik
4. Proyek
5. Produk
6. Tes tertulis
7. Tes lisan
Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian penugasan. Mungkin diantara
bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian penugasan
dan apa kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan sistem penilaian penugasan.
Nah, melalui postingan ini admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya
bisa menambah wawasan anda dalam memahami tentang penilaian penugasan.
PENUGASAN
- Penilaian Penugasan adalah Pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur dan/atau meningkatkan pengetahuan.
- Penugasan yang digunakan untuk mengukur pengetahuan (assessment of learning) dapat dilakukan setelah proses pembelajaran sedangkan penugasan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan (assessment for learning) diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran.
- Penilaian dengan penugasan adalah suatu teknik penilaian yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penilaian dengan penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penilaian dengan penugasan dapat berupa tugas atau proyek.
- Penugasan dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas. Penugasan lebih ditekankan pada pemecahan masalah dan tugas produktif lainnya.
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian penugasan
terdiri atas :
1.
Tugas
mandiri terstruktur (TMT)
-
Meningkatkan
pemahaman suatu materi
-
Pengumpulan
tugas terstruktur oleh guru
2.
Tugas
mandiri tidak terstruktur (TMTT)
-
Diberikan setelah
siswa selesai mempelajari materi pembelajaran
-
Mengetahui
tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi
-
Diberikan secara
mandiri
-
Waktu pengumpulan
tugas ditentukan waktu lama
KELEBIHAN MENGGUNAKAN PENILAIAN PENUGASAN
1.
Waktu
mengerjakan disepakati Bersama
2.
Bentuk
tugas dikuasai oleh peserta didik
3.
Tepat
sasaran
4.
Sumber dan
bahan lebih fleksibel
5.
Baik
sekali untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang konstruktif
6.
Memupuk
rasa tanggung jawab
7.
Menanamkan
kebiasaan untuk giat belajar
8.
Memberikan
tugas peserta didik untuk sifat yang praktis.
KEKURANGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN PENUGASAN
1.
Kemungkinan
tidak dikerjakan oleh siswa, melainkan dikerjakan oleh orang lain
2.
Siswa
sering lupa mengerjakan tugas
3.
Tidak
jarang pekerjaan yang ditugaskan itu diselesaikan dengan meniru pekerjaan orang
lain.
4.
Karena
perbedaan individu, maka tugas apabila diberikan secara umum mungkin beberapa
orang diantaranya merasa sukar sedangkan sebagian lainnya merasa mudah
menyelesaikan tugas tersebut.
5.
Apabila
tugas diberikan, lebih-lebih bila itu sukar dikerjakan, maka ketenangan mental
para peserta didik menjadi terpengaruh.
CONTOH PENUGASAN
Berikut ini contoh model penugasan :
CONTOH RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
berikut ini contoh
rubrik penilaiannya :
Demikianlah penjelasan
mengenai penilaian penugasan yang menjadi salah satu bentuk penilaian yang
harus di gunakan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran.
Semoga pembahasan mengenai bentuk penilaian penugasan ini bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi guru di sekolah.