Alokasi Waktu Pelajaran Kelas 11 SMA/MA Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Struktur kurikulum SMA/MA pada kurikulum merdeka dan tabel alokasi waktu mata pelajaran kelas 11 SMA.
Sahabat pendidikan, pada penerapan
kurikulum prototipe atau kurikulum tahun 2022 maka kita harus memahami tentang struktur
yang ada pada kurikulum tersebut. Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan
penjelasan tentang struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMA/MA.
Selain akan memberikan penjelasan
tentang struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMA/MA, disini juga saya akan
memberikan informasi tentang alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang
akan di berlakukan pada kurikulum merdeka khususnya pada kelas 10 SMA. Alokasi waktu
mapel untuk kelas 11 akan di sajikan pada tabel agar lebih memudahkan pembaca
untuk bisa memahaminya.
STRUKTUR KURIKULUM SMA/MA
Struktur kurikulum SMA terdiri atas 2
(dua) Fase yaitu:
- Fase E untuk kelas X; dan
- Fase F untuk kelas XI dan kelas XII.
Fase F untuk kelas XI dan kelas XII,
struktur mata pelajaran dibagi menjadi 5 (lima) kelompok utama, yaitu:
- kelompok mata pelajaran umum Setiap SMA/MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA.
- kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
- kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
- kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
- kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Khusus untuk sekolah yang ditetapkan
pemerintah sebagai sekolah keolahragaan atau seni, dapat dibuka kelompok mata pelajaran
Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Struktur kurikulum untuk SMA/MA terbagi
menjadi 2 (dua), yaitu:
- pembelajaran intrakurikuler; dan
- projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara
waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian
profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus
dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan
waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam
pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan
masing-masing projek tidak harus sama.
Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XI
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP =
45 menit)
|
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek
Penguatan
Profil Pelajar Pancasila Per
Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran
Umum: |
||||
1. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Kristen dan
Budi
Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Katolik dan
Budi
Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi
Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi
Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama
Khonghucu dan Budi
Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
2. |
Pendidikan Pancasila |
54 (2) ** |
18 |
72 |
3. |
Bahasa Indonesia |
108 (3) |
36 |
144 |
4. |
Matematika |
108 (3) |
36 |
144 |
5. |
Bahasa Inggris |
54 (2) ** |
18 |
72 |
6. |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan |
72 (2) |
36 |
108 |
7. |
Sejarah |
54 (2) ** |
18 |
72 |
8. |
Seni dan Budaya***: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
54 (2) ** |
18 |
72 |
Jumlah JP mata pelajaran
umum |
576 (18) |
216 |
792 |
|
Kelompok Mata Pelajaran
MIPA: |
|
- |
720-900 |
|
1. |
Biologi |
720-900 (20-25) **** |
|
|
2. |
Kimia |
|||
3. |
Fisika |
|||
4. |
Informatika |
|||
5. |
Matematika tingkat lanjut |
|||
Kelompok Mata Pelajaran
IPS: |
||||
1. |
Sosiologi |
|||
2. |
Ekonomi |
|||
3. |
Geografi |
|||
4. |
Antropologi |
|||
Kelompok Mata Pelajaran
Bahasa dan Budaya: |
||||
1. |
Bahasa Indonesia tingkat
lanjut |
|||
2. |
Bahasa Inggris
tingkat lanjut |
|||
3. |
Bahasa Korea |
|||
4. |
Bahasa Arab |
|||
5. |
Bahasa Mandarin |
|||
6. |
Bahasa Jepang |
|||
7. |
Bahasa Jerman |
|||
8. |
Bahasa Prancis |
|||
Mata
Pelajaran Kelompok Vokasi dan
Prakarya: |
||||
1. |
Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya,
kerajinan, rekayasa, atau pengolahan)
***** |
|||
2. |
Dsb. dikembangkan sesuai
sumber daya yang
tersedia |
|||
Muatan lokal |
72 (2)
***** |
- |
72 |
|
Total
per tahun******: |
1296-1476
(38-43) |
216 |
1.512-1692 |
KETERANGAN :
* |
Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. |
** |
Pembelajaran
reguler kelas XI tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi
alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa
Inggris, Seni, dan Sejarah. |
*** |
Satuan
pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa,
Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni
(Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). |
**** |
Alokasi
masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh)
JP per tahun. |
***** |
Paling
banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun. |
****** |
Total
JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran
tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan |
Demikianlah informasi mengenai struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMA Serta alokasi waktu
kelas XI SMA/MA. Semoga dengan penjelasan ini maka sekolah-sekolah yang telah
menerapkan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka bisa memahami tentang
struktur kurikulum yang terdapat pada kurikulum merdeka jenjang SMA/MA.
Sekian dan Terimakasih.