Alokasi Waktu Mapel SMP/MTs Kelas 7 & 8 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – struktur kurikulum merdeka SMP Serta alokasi waktu kelas 7 dan 8.
Sahabat pendidikan, kurikulum merdeka atau
yang biasa di sebut juga sebagai kurikulum prototipe atau kurikulum tahun 2022
merupakan kurikulum yang di berlakukan bagi sekolah penggerak dan sekolah yang
ingin menggunakannya secara mandiri. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum
pilihan yang dapat di pilih oleh masing-masing sekolah yang ingin menggunakannya
sebagai pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Saat ini ada 3 jenis kurikulum yang bisa dipilih untuk di gunakan oleh sekolah, diantaranya yaitu :
1. Kurikulum 2013
2. Kurikulum darurat (kurikulum 2013 yang di sederhanakan)
3. Kurikulum merdeka (kurikulum prototipe)
Pengembangan kurikulum satuan pendidikan mengacu pada:
- Kurikulum 2013 untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar secara utuh;
- Kurikulum 2013 untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan; atau
- Kurikulum Merdeka untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah secara utuh.
Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda harus memahami tentang struktur yang terdapat pada kurikulum merdeka.
Melalui postingan ini maka saya akan membagikan informasi tentang struktur kurikulum SMP/MTS khususnya pada kurikulum merdeka untuk kelas VII dan kelas VIII serta alokasi waktu mata pelajaran SMP/MTs untuk kelas 7 dan kelas 8.
STRUKTUR KURIKULUM SMP/MTS
Struktur kurikulum SMP/MTs terdiri atas 1 (satu) fase yaitu Fase D.
Fase D yaitu untuk kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX.
Struktur kurikulum SMP/MTs terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
- pembelajaran intrakurikuler; dan
- projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 25% (dua puluh lima persen) total JP per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Alokasi waktu mata pelajaran SMP/MTs
kelas VII-VIII
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP =
40 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi
Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila Per
Tahun |
Total JP
Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Buddha
dan Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan
Agama Khonghucu dan
Budi
Pekerti* |
72
(2) |
36 |
108 |
Pendidikan Pancasila |
72 (2) |
36 |
108 |
Bahasa Indonesia |
180 (5) |
36 |
216 |
Matematika |
144 (4) |
36 |
180 |
Ilmu
Pengetahuan Alam |
144 (4) |
36 |
180 |
Ilmu
Pengetahuan Sosial |
108 (3) |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan
Jasmani
Olahraga
dan Kesehatan |
72
(2) |
36 |
108 |
Informatika |
72 (2) |
36 |
108 |
Mata pelajaran Seni dan Prakarya **: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 5. Prakarya (Budidaya,
Kerajinan, Rekayasa, atau Pengolahan) |
72
(2) |
36 |
108 |
Muatan Lokal |
72 (2) *** |
- |
72*** |
Total****: |
1044 (29) |
360 |
1404 |
Keterangan:
* |
Diikuti oleh peserta didik sesuai
dengan agama masing-masing. |
** |
Satuan pendidikan menyediakan
minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni
Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis
seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau
Prakarya). |
*** |
Paling banyak 2 (dua) JP per minggu
atau 72 (tujuh puluh dua)
JP per tahun. |
**** |
Total JP tidak termasuk mata
pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan
oleh satuan pendidikan. |
Demikianlah informasi mengenai struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMP Serta alokasi waktu
kelas 7 dan 8 SMP. Semoga dengan penjelasan ini maka sekolah-sekolah yang telah
menerapkan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka bisa memahami tentang
struktur kurikulum yang terdapat pada kurikulum merdeka jenjang SMP.
Sekian dan Terimakasih.