Alokasi Waktu Mapel SMA/MA Kelas 12 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Struktur kurikulum
SMA/MA pada kurikulum merdeka dan tabel alokasi waktu mata pelajaran kelas 12
SMA.
Untuk anda yang baru akan menerapkan
kurikulum merdeka di sekolah, maka anda perlu untuk mengetahui tentang struktur
kurikulum yang ada pada kurikulum merdeka. Olehnya itu melalui kesempatan ini
saya akan memberikan penjelasan tentang struktur kurikulum untuk jenjang SMA/MA.
Selain akan memberikan penjelasan
tentang struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMA/MA, disini juga saya akan
memberikan informasi tentang alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang
akan di berlakukan pada kurikulum merdeka khususnya pada kelas 10 SMA. Alokasi waktu
mapel untuk kelas 12 akan di sajikan pada tabel agar lebih memudahkan pembaca
untuk bisa memahaminya.
STRUKTUR KURIKULUM SMA/MA
Struktur kurikulum SMA terdiri atas 2
(dua) Fase yaitu:
a. Fase E untuk kelas X; dan
b. Fase F untuk kelas XI dan kelas XII.
Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 5 (lima) kelompok utama, yaitu:
- kelompok mata pelajaran umum Setiap SMA/MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA.
- kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
- kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
- kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
- kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Khusus untuk sekolah yang ditetapkan
pemerintah sebagai sekolah keolahragaan atau seni, dapat dibuka kelompok mata pelajaran
Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Struktur kurikulum untuk SMA/MA terbagi
menjadi 2 (dua), yaitu:
a. pembelajaran intrakurikuler; dan
b. projek penguatan profil pelajar
Pancasila dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara
waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian
profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus
dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan
waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam
pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan
masing-masing projek tidak harus sama.
Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XII
(Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP =
45 menit)
Mata
Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek
Penguatan
Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun |
Total
JP Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran
Umum: |
||||
1. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
Pendidikan Agama Kristen dan
Budi
Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama
Katolik dan
Budi
Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi
Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Khonghucu dan
Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
2. |
Pendidikan Pancasila |
48 (2) ** |
16 |
64 |
3. |
Bahasa Indonesia |
96 (3) |
32 |
128 |
4. |
Matematika |
96 (3) |
32 |
128 |
5. |
Bahasa Inggris |
48 (2) ** |
16 |
64 |
6. |
Seni dan
Budaya***: 1. Seni
Musik 2. Seni
Rupa 3. Seni
Teater 4. Seni
Tari |
48 (2) ** |
16 |
64 |
7. |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan |
64 (2) |
32 |
96 |
8. |
Sejarah |
48 (2) ** |
16 |
64 |
Jumlah JP mata pelajaran
umum |
512 (18) |
192 |
704 |
|
Mata
Pelajaran Kelompok MIPA: |
640 - 800
(20 - 25)
**** |
- |
640 - 800 |
|
1. |
Biologi |
|||
2. |
Kimia |
|||
3. |
Fisika |
|||
4. |
Informatika |
|||
5. |
Matematika tingkat lanjut |
|||
Mata
Pelajaran Kelompok IPS: |
||||
1. |
Sosiologi |
|||
2. |
Ekonomi |
|||
3. |
Geografi |
|||
4. |
Antropologi |
|||
Mata
Pelajaran Kelompok Bahasa dan
Budaya: |
||||
1. |
Bahasa Indonesia
tingkat lanjut |
|||
2. |
Bahasa Inggris
tingkat lanjut |
|||
3. |
Bahasa Korea |
|||
4. |
Bahasa Arab |
|||
5. |
Bahasa Mandarin |
|||
6. |
Bahasa Jepang |
|||
7. |
Bahasa Jerman |
|||
8. |
Bahasa Prancis |
|||
Mata
Pelajaran Kelompok Vokasi dan
Prakarya: |
||||
1. |
Prakarya dan Kewirausahaan
(budidaya, kerajinan, rekayasa, atau
pengolahan) ***** |
|||
2. |
Dsb. dikembangkan sesuai
dengan sumber daya yang
tersedia |
|||
Muatan lokal |
64 (2)
***** |
- |
64 |
|
Total
per tahun******: |
1.152-1.312
(38-43) |
192 |
1.344-1.504 |
KETERANGAN :
* |
Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. |
** |
Pembelajaran
reguler kelas XII tidak penuh 32 (tiga puluh dua) minggu, untuk memenuhi
alokasi projek (24 (dua puluh empat) minggu untuk Pendidikan Pancasila,
Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah). |
*** |
Satuan
pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa,
Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni
(Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). |
**** |
Alokasi
masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh)
JP per tahun. |
***** |
Paling
banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun. |
****** |
Total
JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran
tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan |
Satuan pendidikan wajib membuka kelompok
mata pelajaran umum serta sekurang-kurangnya 3 (tiga) kelompok mata pelajaran
pilihan.
Setiap peserta didik wajib mengikuti:
- seluruh mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran umum; dan
- memilih 4 (empat) sampai dengan 5 (lima) mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan
(maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari 1 (satu) kelompok mata pelajaran pilihan adalah 3 (tiga) mata pelajaran),disesuaikan dengan minat, bakat, dan aspirasi peserta didik.
Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan
inklusif di SMA/MA menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi
peserta didik. Beban belajar bagi penyelenggara pendidikan dengan Sistem Kredit
Semester (sks) dilaksanakan sesuai peraturan perundang[1]undangan
yang mengatur mengenai sks.
Demikianlah informasi mengenai struktur kurikulum merdeka untuk jenjang SMA Serta alokasi waktu
kelas XII SMA/MA. Semoga dengan penjelasan ini maka sekolah-sekolah yang telah
menerapkan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka bisa memahami tentang
struktur kurikulum yang terdapat pada kurikulum merdeka jenjang SMA/MA.
Sekian dan Terimakasih.