Soal dan Jawaban AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 5 & 6 SD
Kherysuryawan.id – Contoh Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi Teks Fiksi Kelas 5 dan kelas 6 SD.
Sahabat pendidikan senang rasanya bisa
kembali untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. pada
kesempatan kali ini saya akan berbagi info seputar contoh soal AKM literasi
teksi fiksi khususnya untuk pembelajaran di kelas 5 dan kelas 6 SD.
Jika pada postingan sebelumnya saya
telah membagikan dan memberikan beberapa contoh soal AKM Literasi Teks Informasi
untuk kelas 5 dan kelas 6 SD maka di postingan ini saya akan kembali melanjutkannya
dengan membagikan beberapa contoh soal AKM literasi teks fiksi untuk kelas 5
dan kelas 6 SD.
Dalam asesmen nasional ada yang di sebut
dengan soal litasi dan ada juga soal numerasi. Untuk soal literasi ada yang dinamakan
dengan literasi teks fiksi dan ada juga yang dinamakan dengan literasi teks
informasi. Soal literasi lebih kepada soal bacaan yang mengaharuskan siswa
untuk memahami bacaan yang disajikan sedangkan soal numerasi lebih kepada soal
perhitugan seperti soal yang ada pada mata pelajaran matematika dan IPA.
Dalam pelakasanaan asesmen nasional (AN)
nantinya, Adapun yang akan mengikuti ujian pelaksanaan asesmen nasional (AN) yaitu
setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Tujuannya ialah
untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas
belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa di
sekolah.
Sebagai persiapan
mengahadapi asesmen nasional maka dibutuhkan sebuah referensi untuk latihan
agar nantinya saat pelaksanaan asesmen nasional tiba maka siswa sudah memiliki
persiapan yang matang dalam menghadapinya. Melalui postingan ini saya akan
membagikan contoh soal asesmen untuk kelas 5 dan kelas 6 SD yakni soal AKN
model literasi teks fiksi.
Sebagai informasi
bahwa dalam bentuk soal asesmen nasional ada beberapa type soal yang nantinya
akan disajikan diantaranya yaitu soal bentuk pilihan ganda, soal pilihan ganda
kompleks, soal uraian, dan soal menjodohkan. Siswa diharapkan untuk bisa memahami
jenis atau model yang akan disajikan saat asesmen nasional nantinya.
Oleh sebab itu
untuk memudahkan siswa dalam berlatih mengerjakan soal-soal asesmen maka dikesempatan
ini saya akan memberikan beberapa contoh soal AKM kelas 5 & 6 SD yakni soal
AKM literasi teks fiksi yang memuat bentuk soal pilihan ganda, uraian, pilihan
ganda kompleks sehingga bisa memudahkan siswa dalam mengetahui model soal AKM.
Selain soal yang
akan disajikan di artikel ini saya juga telah melengkapinya dengan kunci
jawaban plus pembahasannya sehingga bisa menjadi dasar bagi siswa untuk
mengetahui tentang cara menjawab soal yang baik dan benar. Adapun soal yang akan
disajikan di postingan ini ialah soal yang bersumber dari laman pusmenjar dan
semoga bisa membantu para siswa yang ada dikelas 5 dan kelas 6 SD sebagai bahan
latihan dan belajar.
Baiklah berikut ini
soal AKM Literasi Teks Fiksii Kelas 5 & 6 SD lengkap dengan kunci
jawabannya :
SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI KELAS 5 & 6
# Menemukan Informasi
Mengakses dan
Mencari Informasi Dalam Teks
1. Pilihan Ganda
(Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada
teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Pishi di Tengah
Badai
Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. Pishi dan teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia, bersama 500 jenis makhluk laut lainnya.
Pishi dan
teman-temannya sedang bermain ketika kapal nelayan datang. Semua ikan berpencar
menyelamatkan diri. Pishi jadi sendirian. Kemudian terjadi badai besar. Lautan
menjadi gelap sehingga Pishi kehilangan arah. Ombak besar membawa Pishi ke
bawah kapal nelayan. Pishi membentur kapal, perutnya terluka.
Pishi harus segera
mengobati lukanya. Pishi berenang mendekati pantai. Di sana ada rumah sakit
alam. Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena tubuhnya yang besar. Berat
tubuh Pishi 900 kilogram dan panjangnya 10 meter.
Setelah jauh
berenang, Pishi sangat senang melihat lampu mercusuar. Itu tandanya Pishi sudah
sampai di rumah sakit alam. Ikan-ikan kecil langsung mendekati Pishi. Mereka
membersihkan luka di perut Pishi. Beberapa hari kemudian, luka Pishi pun
sembuh. Pishi sangat berterima kasih kepada ikan-ikan kecil yang merawatnya.
Ikan-ikan kecil itu
memakan parasit dan jaringan kulit mati di tubuh ikan pari. Hubungan antara
Pishi dan ikan-ikan kecil adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tubuh ikan
pari menjadi bersih, ikan-ikan kecil pun menjadi kenyang.
Siapakah Pishi dan
di mana ia tinggal?
A. Pishi adalah
seekor ikan paus yang hidup di Samudra Hindia.
B. Pishi adalah
seekor ikan paus yang hidup di Samudra Atlantik.
C. Pishi adalah
seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia.
D. Pishi adalah
seekor ikan pari yang hidup di Samudra Atlantik.
Jawab : C
# Memahami
a. Memahami Teks
Secara Literal
1. Pilihan Ganda
Kompleks (Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian /
karakter / setting / konflik / alur cerita) pada teks sastra sesuai
jenjangnya).
Rumah Untuk Lek Tini
Suatu hari penduduk
kampung di Gunungkidul dikagetkan dengan musibah kebakaran yang menimpa rumah
yang ditinggali oleh keluarga Lek Tini. Tanpa pikir panjang, Lek Tini yang
terkejut atas peristiwa itu berupaya lari keluar rumah sambil minta tolong
diikuti anggota keluarganya. Kakinya terasa berat untuk digerakkan, tetapi
tetap terus berupaya sebisanya. Bahkan, hanya diserat saja hingga
akhirnya mencapai pohon asem depan rumah. Badannya menggigil duduk tersimpuh
lemas tak berdaya sambil memandangi rumahnya dilalap si Jago Merah tanpa henti.
Terbayang olehnya, diri dan keluarganya akan tidur tanpa atap.
Masyarakat yang
mengetahui peristiwa itu langsung datang dan menyingsingkan lengan baju. Ada
yang menyelamatkan benda-benda di rumah yang terbakar, memadamkan api dan
ada yang menggalang dana. Dalam waktu singkat terkumpul berbagai sumbangan
untuk keluarga Lek Tini. Lek Tini dan keluarganya merasa sangat bahagia
mendapatkan bantuan dari masyarakat kampung mereka.
Tidak berhenti
sampai di situ saja. Masyarakat bersama pemerintah desa menunjukkan kepedulian
yang tinggi terhadap korban kebakaran. Mereka berharap korban secepatnya
mendapat tempat tinggal yang layak dan dapat beraktivitas seperti semula.
Dengan penuh
semangat, mereka bergotong royong membangun rumah sementara untuk keluarga Lek
Tini. Lebih dari 50 orang berpartisipasi dalam pembangunan rumah yang dimulai
sejak pagi hari. Itu sebabnya, pada sore hari, rumah sementara ini telah
selesai dibangun dan siap untuk ditinggali oleh keluarga Lek Tini.
Bagaimana perasaan
Lek Tini terhadap bantuan warga desa? Jelaskan jawabanmu!
Jawab : Lek Tini dan keluarganya merasa sangat
bahagia mendapatkan bantuan dari masyarakat kampung mereka.
b. Menyusun
Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi Baik Teks Tunggal Maupun Teks Jamak
1. Uraian
(Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti
latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di
dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Pishi di Tengah Badai
Pishi adalah seekor
ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. Pishi dan teman-temannya sangat bahagia
hidup di Samudra Hindia, bersama 500 jenis makhluk laut lainnya.
Pishi dan
teman-temannya sedang bermain ketika kapal nelayan datang. Semua ikan berpencar
menyelamatkan diri. Pishi jadi sendirian. Lalu terjadi badai besar, lautan
menjadi gelap hingga Pishi kehilangan arah. Ombak besar membawa Pishi ke bawah
kapal nelayan. Pishi membentur kapal, perutnya jadi terluka.
Pishi harus segera
mengobati lukanya. Pishi berenang mendekati pantai. Di sana ada rumah sakit
alam. Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena bobot tubuhnya yang besar.
Berat tubuh Pishi 900 kilo dan panjangnya 10 m.
Setelah jauh
berenang, Pishi sangat senang melihat lampu mercusuar, itu tandanya Pishi sudah
sampai di rumah sakit alam. Ikan-ikan kecil langsung mendekati Pishi, mereka
membersihkan luka di perut Pishi. Beberapa hari kemudian luka Pishi pun sembuh.
Pishi sangat berterima kasih pada ikan-ikan kecil yang merawatnya.
Ikan-ikan kecil itu
memakan parasit dan jaringan kulit mati di tubuh ikan pari. Hubungan antara
Pishi dan ikan-ikan kecil adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tubuh ikan
pari menjadi bersih, ikan-ikan kecil pun menjadi kenyang.
Pertanyaan :
Jelaskan hubungan antara ikan pari dan ikan-ikan kecil dalam wacana tersebut.
Jawab : Ikan-ikan kecil membersihkan tubuh ikan
pari sehingga ikan-ikan kecil menjadi kenyang dan ikan pari menjadi bersih.
2. Uraian
(Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik,
gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya).
'Perempuan – perempuan perkasa' karya Hartoyo
Andangjaya, 1963
Perempuan –
perempuan perkasa
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah
mereka..
Ke stasiun kereta
mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum
peluit kereta pagi
terjaga..
Sebelum hari
bermula dalam pesta kerja..
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
kemanakah mereka..
Di atas roda-roda
baja mereka berkendara,,
Mereka berlomba
dengan surya menuju gerbang kota..
Merebut hidup di
pasar-pasar kota..
Perempuan –
perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka..
Mereka ialah
ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa
akar – akar yang
melata dari tanah perbukitan turun ke kota..
Mereka cinta kasih
yang bergerak menghidupi desa demi desa..
( Hartoyo
Andangjaya, 1963 )
Simpulan apa yang
kamu dapat mengenai perempuan dalam puisi tersebut?
Jawaban : siswa menunjukkan bahwa perempuan adalah sosok
yang kuat, tangguh dan pekerja keras.
3. Uraian
(Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik
lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
'Perempuan – perempuan perkasa'
karya Hartoyo Andangjaya, 1963
Perempuan –
perempuan perkasa
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah
mereka..
Ke stasiun kereta
mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum
peluit kereta pagi
terjaga..
Sebelum hari
bermula dalam pesta kerja..
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
kemanakah mereka..
Di atas roda-roda
baja mereka berkendara,,
Mereka berlomba
dengan surya menuju gerbang kota..
Merebut hidup di
pasar-pasar kota..
Perempuan –
perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka..
Mereka ialah
ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa
akar – akar yang
melata dari tanah perbukitan turun ke kota..
Mereka cinta kasih
yang bergerak menghidupi desa demi desa..
( Hartoyo
Andangjaya, 1963 )
Apa perbedaan latar
yang terdapat dalam puisi tersebut?
Jawab : Stasiun kereta, tanah perbukitan desa.
# Mengevaluasi dan Merefleksi
Merefleksi isi
Wacana Untuk Pengambilan Keputusan, Menetapkan Pilihan, dan Mengaitkan isi Teks
Terhadap Pengalaman Pribadi.
1. Pilihan Ganda
Kompleks (Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks
informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
'Perempuan – perempuan perkasa'
karya Hartoyo Andangjaya, 1963
Perempuan –
perempuan perkasa
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah
mereka..
Ke stasiun kereta
mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum
peluit kereta pagi
terjaga..
Sebelum hari
bermula dalam pesta kerja..
Perempuan –
perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
kemanakah mereka..
Di atas roda-roda
baja mereka berkendara,,
Mereka berlomba
dengan surya menuju gerbang kota..
Merebut hidup di
pasar-pasar kota..
Perempuan –
perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka..
Mereka ialah
ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa
akar – akar yang
melata dari tanah perbukitan turun ke kota..
Mereka cinta kasih
yang bergerak menghidupi desa demi desa..
( Hartoyo
Andangjaya, 1963 )
Jika kamu membaca
puisi tersebut, sikap apa yang dapat ditiru dari tokoh dalam puisi tersebut?
A. Kerja keras.
B. Hemat.
C. Rajin.
D. Santai
Jawab : A dan C
Demikianlah
beberapa contoh soal AKM kelas 5 dan kelas 6 SD khususnya soal tentang literasi
teks fiksi yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Semoga dengan berlatih mempelajari soal-soal diatas, maka dapat
membantu siswa untuk lebih mudah memahami bahan pelajaran untuk persiapan menghadapi
asesmen nasional di tahun ini.
Sekian dan Semoga Bermanfaat !