Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5 & 6 SD
Kherysuryawan.id – Contoh Soal Asesmen nasional type literasi teks informasi kelas 5 dan kelas 6 SD.
Sahabat pendidikan selamat berjumpa
kembali pada blog pendidikan yang dikesempatan kali ini akan membahas tentang
soal-soal asesmen kompetensi minimum. Kita ketahui Bersama bahwa ujian nasional
telah ditiadakan namun sebagai penggantinya maka sekolah kini harus mengikuti
pelaksanaan asesmen nasional.
Adapun yang akan mengikuti ujian
pelaksanaan asesmen nasional (AN) nantinya yaitu setiap jenjang pendidikan
mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Tujuannya ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang
untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar
yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Sebagai persiapan
mengahadapi asesmen nasional maka dibutuhkan sebuah referensi untuk latihan
agar nantinya saat pelaksanaan asesmen nasional tiba maka siswa sudah memiliki
persiapan yang matang dalam menghadapinya. Melalui postingan ini saya akan
membagikan contoh soal asesmen untuk kelas 5 dan kelas 6 SD yakni soal AKN
model literasi teks informasi.
Sebagai informasi
bahwa dalam bentuk soal asesmen nasional ada beberapa type soal yang nantinya
akan disajikan diantaranya yaitu soal bentuk pilihan ganda, soal pilihan ganda
kompleks, soal uraian, dan soal menjodohkan. Siswa diharapkan untuk bisa memahami
jenis atau model yang akan disajikan saat asesmen nasional nantinya.
Oleh sebab itu
untuk memudahkan siswa dalam berlatih mengerjakan soal-soal asesmen maka dikesempatan
ini saya akan memberikan beberapa contoh soal AKM kelas 5 & 6 SD yakni soal
AKM literasi teks informasi yang memuat bentuk soal pilihan ganda, uraian, pilihan
ganda kompleks sehingga bisa memudahkan siswa dalam mengetahui model soal AKM.
Selain soal yang
akan disajikan di artikel ini saya juga telah melengkapinya dengan kunci
jawaban plus pembahasannya sehingga bisa menjadi dasar bagi siswa untuk
mengetahui tentang cara menjawab soal yang baik dan benar. Adapun soal yang akan
disajikan di postingan ini ialah soal yang bersumber dari laman pusmenjar dan
semoga bisa membantu para siswa yang ada dikelas 5 dan kelas 6 SD sebagai bahan
latihan dan belajar.
Baiklah berikut ini
soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5 & 6 SD yang memuat soal tentang
memahami, mengevaluasi dan merefleksi :
SOAL AKM LITERASI TEKS INFORMASI
KELAS 5 DAN 6 SD
# Memahami
a. Memahami Teks
Secara Literal
1. Pilihan Ganda
Kompleks (Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi
yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Pilihlah fakta yang
sesuai dengan informasi yang disebutkan dalam infografik.
A. Indonesia berada
pada peringkat ke-2 sebagai penyumbang sampah ke laut terbesar di dunia.
B. Lebih dari 50
ribu sampah plastik mengapung di setiap mil persegi laut Indonesia.
C. Lebih dari 200
juta ton sampah dibuang ke laut Indonesia setiap tahunnya.
D. Lebih dari
setengah jumlah sampah di laut Indonesia adalah plastik.
Jawab : A, B, C
b. Menyusun
Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi Baik Teks Tunggal Maupun Teks Jamak
1. Pilihan Ganda
(Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Robot Pemadam
Kebakaran
Dinas
Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sekarang memiliki robot
canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya
memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba
di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.
Robot ini dapat
dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara
tersebut memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau
berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau tempat-tempat
berbahan kimia lainnya dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3.
Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan
yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat diminimalisasi.
Robot canggih ini
dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air
dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keberadaan robot
tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan
melalui kamera.
Robot ini sangat
kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini juga
bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan dapat menyemprotkan busa sejauh 45
meter. Beban yang dapat ditariknya adalah 6 ton, beban yang dapat
didorong mencapai 10 ton.
Robot pemadam
kebakaran Dok-Ing MVF-3 dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km menggunakan
pengendali jarak jauh. Hal tersebut berfungsi untuk …
A. Menunjukkan
bahwa robot ini memiliki fitur yang sangat canggih.
B. Membantu pemantauan
robot menggunakan GPS.
C. Memudahkan
petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya.
D. Meningkatkan
keselamatan warga DKI Jakarta.
Jawab : C
2. Uraian
(Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri
benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).
Berani Berubah
Bertahun-tahun
lalu, Abdul Aziz sama seperti nelayan lainnya di tempatnya tinggal, Desa
Wongsorejo, Banyuwangi. Ia menangkap berbagai ikan hias cantik yang selanjutnya
dijual kepada pengepul.
Namun, suatu hari
Abdul Aziz menangis melihat terumbu karang, tempatnya biasa menangkap ikan
hias, hancur lebur. Dasar laut tampak seperti sumur dan banyak ikan hias yang
mati. Ini terjadi akibat penggunaan bom dan racun untuk menangkap ikan hias.
Abdul Aziz bertekad untuk tidak merusak terumbu karang lebih lanjut.
Abdul Aziz dan
beberapa teman nelayan lainnya lalu mendapat tawaran untuk mengelola objek
wisata Watudodol di Jawa Timur. Tawaran ini tentu saja mereka terima dengan
senang hati. Mereka mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk
urusan perizinan dan tata cara kelola tempat wisata. Kerja sama mereka membuat
Watudodol menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi.
Tidak berhenti sampai di situ, Abdul Aziz bersama teman-teman juga memulihkan kawasan perairan Watudodol. Belajar dari berbagai sumber, mereka menanam rumpon rumah ikan dan terumbu karang. Hasilnya sudah tampak. Dasar laut yang semula kosong dan mencekam, kini berubah menjadi taman laut dengan terumbu karang yang indah. Berbagai ikan hias juga sudah tampak berenang bebas di antara terumbu karang.
Pertanyaan : Apa
perbedaan keadaan terumbu karang sebelum dipulihkan dan sesudah dipulihkan oleh
Abdul Azis dan kawan-kawannya?
Jawab : Terumbu karang yang awalnya rusak karena bom
dan racun untuk menangkap ikan, tetapi pada akhirnya menjadi taman laut yang
indah.
# Mengevaluasi dan Merefleksi
a. Menilai
Format Penyajian Dalam Teks
1. Uraian
(Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi
yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya).
Poster
Menurutmu, pesan
apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
Jawab : Menyelamatkan bumi dengan memanfaatkan
sumber daya air sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.
b. Merefleksi
isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi
teks terhadap pengalaman pribadi
1. Uraian
(Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks
informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai
jenjangnya).
Pacu Jawi, Tradisi
Unik Minangkabau yang Mendunia
Pernahkah kamu
mendengar tentang Pacu Jawi? Pacu Jawi yang berarti “balapan sapi” merupakan
tradisi Minangkabau yang sangat unik dan hanya ada di Kabupaten Tanah Datar,
Sumatra Barat.
Permainan
tradisional ini dilombakan setiap tahun. Menurut sejarahnya, Pacu Jawi sudah
ada sejak ratusan tahun silam. Tradisi ini berawal dari kegiatan petani
setempat setelah musim panen.
Sekilas mirip
dengan tradisi Karapan Sapi Madura yang terkenal itu, ya? Ternyata, ada
bedanya!
Jika Karapan Sapi
Madura dilakukan di tanah kering, Pacu Jawi diselenggarakan di sawah milik
masyarakat setempat yang habis panen, serta dalam kondisi berlumpur dan basah.
Untuk teknik
permainannya, seorang joki mengendarai sepasang sapi yang diapit oleh alat
pembajak sawah sambil memegang tali dan menggigit ekor kedua sapi. Jika gigitan
pada ekor sapi semakin kuat, semakin cepat pula sapi tersebut berlari.
Dalam Pacu Jawi,
sepasang sapi yang berlomba hanya berlari sendirian tanpa adanya lawan.
Penentuan pemenang berdasarkan lurus atau tidak lurusnya sepasang sapi dalam
berlari menuju garis finish. Pasangan sapi yang berlari semakin lurus tentu
akan menjadi pemenangnya. Selain itu, waktu tempuh sepasang sapi dalam lintasan
juga menjadi penilaian.
Pacu Jawi berperan
sebagai sarana hiburan bagi masyarakat setempat. Selain itu, juga menjadi daya
tarik bagi turis lokal maupun mancanegara. Tradisi ini dapat meningkatkan harga
jual sapi sehingga meningkatkan perekonomian peternak.
Masyarakat di Tanah
Datar terus melestarikan tradisi Pacu Jawi sejak ratusan tahun silam. Jika kamu
adalah masyarakat Tanah Datar, mengapa kamu harus melestarikan tradisi
tersebut?
Jawab : Melestarikan budaya adalah salah satu ciri
khas bangsa Indonesia yang memiliki ragam budaya.
Demikianlah
beberapa contoh soal AKM kelas 5 dan kelas 6 SD khususnya soal tentang literasi
teks informasi. Semoga dengan berlatih mempelajari soal-soal diatas, maka dapat
membantu siswa untuk lebih mudah memahami bahan pelajaran untuk persiapan menghadapi
asesmen nasional di tahun ini.
Sekian dan Semoga Bermanfaat !