Latihan Soal & Pembahasan IPA Kelas 7 Semester 2

Kherysuryawan.id - Soal dan pembahasan IPA Terpadu Kelas 7 SMP Semester 2 sebagai persiapan menghadapi ulangan akhir semester (UAS).  

Selamat berjumpa kembali di website pendidikan yang mana kali ini admin akan memberikan beberapa soal latihan untuk persiapan mengahadapi ulangan semester 2 atau ujian akhir sekolah khususnya untuk mata pelajaran IPA Terpadu jenjang SMP.


Soal yang akan admin berikan pada postingan ini yaitu merupakan soal dari mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Bagi para siswa yang akan mempersiapkan diri untuk mengahadapi ulangan kenaikan kelas maka bisa menggunakan soal ini sebagai bentuk latihan agar bisa lebih memahami materi IPA dengan baik.


Soal latihan IPA Terpadu kelas 7 semester 2 ini dapat membantu siswa yang akan menghadapi ulangan tengah semester (UTS), ulangan akhir semester (UAS), maupun ujian sekolah (US). Dengan banyak belajar dan berlatih maka tentunya akan semakin memperluas wawasan dan pengetahuan dalam memahami materi yang sedang di pelari.


Untuk memudahkan para pelajar dalam menggunakan soal latihan IPA Terpadu kelas 7 semester 2 ini maka disini admin juga telah menyiapkan soal plus lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Admin sengaja membagikan ini secara lengkap dengan tujuan agar dapat membantu siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan dan pembelajaran sehingga bisa lebih memahami soal yang disajikan.


Soal dan pembahasan IPA Terpadu kelas 7 semester 2 ini bentuk soalnya disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda yang mana siswa yang akan menggunakannya sebagai latihan dapat memilih salah satu kunci jawaban yang dianggap paling benar. Apabila siswa masih bingung dalam menentukan kunci jawaban dari setiap soal maka tenang saja sebab disini semua soalnya telah dilengkapi dengan kunci dan pemabahasannya.


Baiklah berikut ini beberapa soal latihan IPA Terpadu Kelas 7 Semester 2 yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.


SOAL PILIHAN GANDA !!! 

  1. Organisme yang tersusun atas bayak sel disebut dengan ....

a.       Uniseluler

b.      Multiseluler

c.       Prokariotik

d.       Eukariotik

 

PEMBAHASAN:

Sel adalah unit terkecil dari suatu organisme. Berdasarkan jumlah sel pada tubuhnya, organisme bisa digolongkan menjadi dua kategori, yaitu uniseluler dan multiseluler. Organisme uniseluler hanya terdiri dari satu sel, contohnya adalah Amoeba dan bakteri. Sementara itu, organisme multiseluler lebih kompleks dan memiliki lebih dari satu sel dalam tubuhnya, seperti jamur, tumbuhan, dan hewan. Selain itu, organisme juga dibedakan menjadi 2 berdasarkan adanya membran inti yaitu prokariotik dan eukariotik. Prokariotik adalah organisme yang tersusun dari sel yang tidak memiliki membran inti. Contoh organisme prokariotik adalah bakteri. Sementara itu, Eukariotik adalah organisme yang tersusun dari sel yang memiliki membran inti seperti tumbuhan, hewan, dan jamur.

Berdasarkan pernyataan diatas, maka jawaban yang benar adalah option bagian B yaitu Multisesuler.

 

  1. Dibawah ini, pernyataan yang benar mengenai sel adalah ....

a.       Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup

b.       Sel adalah makhluk hidup

c.       Sel tidak dimiliki tumbuhan

d.       Sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup maupun tak hidup

 

PEMBAHASAN:

Semua organisme tersusun atas sel. Sel merupakan unit terkecil dari suatu bentuk kehidupan. Sel seperti sebuah pabrik yang senantiasa bekerja agar proses kehidupan terus berlangsung. Sel memiliki bagian-bagian untuk menunjang fungsi tersebut. Ada bagian sel yang berfungsi menghasilkan energi, ada yang bertanggung jawab terhadap perbanyakan sel, dan ada bagian yang menyeleksi lalu lintas zat masuk dan keluar sel.  

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

 

  1. Perhatikan gambar sel hewan di bawah ini !
    Mitokondria ditunjukkan pada nomor ....

a.       1

b.       2

c.       3

d.      4

 

PEMBAHASAN:

Mitokondria merupakan organel sel tempat berlangsungnya respirasi aerobik dalam sel. Mitokondria terlindung oleh membran ganda dan di dalamnya terdapat cairan yang disebut matriks. Mitokondria bermanfaat dalam memecah karbohidrat kompleks dan gula. Mitokondria mengandung enzim tertentu yang berguna sebagai pasokan energi ke sel tumbuhan. Mitokondria mempunyai fungsi sebagai tempat respirasi aerob dalam pembentukan ATP sebagai sumber energi. Mitokondria juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel.

Jadi, jawaban yang tepat adalah d. 4

 

  1. Susunan yang tepat pada sistem organisasi kehidupan dari yang sederhana menuju kompleks adalah ....

a.       Sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme

b.       Sel – organisme – organ – sistem organ – jaringan

c.       Sel – sistem organ – jaringan  – organisme – organ

d.      Sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme

 

PEMBAHASAN:

Urutan sistem organisasi kehidupan dari yang sederhana menuju kompleks adalah sel-Jaringan-organ-sistem organ-organisme. Sel merupakan unit terkecil kehidupan. Sel-sel dengan bentuk dan fungsi yang sama berkumpul membentuk jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ.

 

  1. Sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama disebut juga dengan ?

a.    Jaringan

b.    Organ

c.    Sel

d.    Sistem organ

 

PEMBAHASAN:

Jaringan adalah tingkat organisasi kehidupan di antara sel dan organ. Jaringan ialah sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan umumnya dimiliki oleh suatu organisme namun pengecualiannya adalah pada tumbuhan uniseluler yakni bakteri yang hanya terdiri dari satu sel saja. Cabang biologi yang mempelajari jaringan adalah histologi. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Jaringan.

 

  1. Perhatikan gambar dibawah ini

 


Gambar di atas di sebut dengan .....

a.       Organ

b.      Jaringan

c.       Sel

d.       Sistem organ

 

PEMBAHASAN:

Jaringan adalah tingkat organisasi kehidupan di antara sel dan organ. Jaringan ialah sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan umumnya dimiliki oleh suatu organisme namun pengecualiannya adalah pada tumbuhan uniseluler yakni bakteri yang hanya terdiri dari satu sel saja. Cabang biologi yang mempelajari jaringan adalah histologi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Jaringan.

 

  1. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat komponen penyusun sebagai berikut :

1)      Ikan kanivora

2)      Bakteri pengurai

3)      Fitoplankton

4)      Ikan herbivora

5)      Zat-zat organik

Susunan rantai makanan yang mungkin dari komponen ekosistem di atas adalah ....

a.       5), 3), 4), 1), dan 2)

b.       2), 5), 3), 4), dan 1)

c.       5), 3), 4), 2), dan 1)

d.      3), 4), 1), 5), dan 2)

 

PEMBAHASAN:

Susunan rantai makanan tersebut adalah 3 - 4 - 1 - 5 - 2 (D). Fitoplankton merupakan produsen sebagai penyusun pertama rantai makanan. Adapun susunan berikutnya diisi oleh herbivora dan karnivora. Adapun bakteri oengurai berfungsi mengubah zat organik menjadi zat anorganik.

  

  1. Disuatu padang rumput hiduplah sekelompok kambing dan harimau. Jika predator sangat aktif maka setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi ....

a.       Peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau

b.       Penurunan populasi harimau dan peningkatan populasi kambing

c.       Penurunan populasi kambing dan harimau

d.      Peningkatan populasi rumput dan harimau

 

PEMBAHASAN:

Di suatu padang rumput terdapat kambing dan harimau. Dapat dibentuk suatu rantai makanan dimana yang berperan sebagai produsen adalah rumput, konsumen I adalah kambing karena herbivora dan konsumen II atau predator adalah harimau (karnivora). Apabila predator sangat aktif (dalam hal ini adalah harimau) maka yang akan terjadi yaitu populasi kambing akan menurun, produsen akan meningkat (karena kambing sudah banyak dimakan oleh harimau) dan konsumen II yakni harimau akan meningkat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

  

  1. Benalu hidup menempel pada batang tanaman. Meskipun hidup menempel, benalu tidak menyerap nutrisi dari tanaman yang ditumpanginya. Benalu hanya menyerap zat hara yang diserap tanaman inangnya dari tanah. Zat hara tersebut digunakan benalu untuk melangsungkan proses fotosintesis. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara benalu dan tanaman yang ditumpanginya disebut simbiosis. . .

 

a.       Mutualisme

b.       Komensalisme

c.       Parasitisme

d.       Kompetisi

 

PEMBAHASAN:

Simbiosis merupakan bentuk interaksi antara dua organisme. Hasil interaksi tersebut bisa menguntungkan atau merugikan. Simbiosis mutualisme merupakan interaksi dimana kedua pihak merasa diuntungkan. Simbiosis komensalisme merupakan interaksi dimana satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak merasa diuntungkan ataupun dirugikan. Simbiosis parasitisme merupakan interaksi dimana satu pihak untung dan pihak lain dirugikan. Dalam hubungan ini, benalu dinamakan tumbuhan parasit. Benalu akan menyerap zat hara yang terdapat pada inangnya, sehingga inang benalu kehilangan zat hara. Sehingga hubungan ini merupakan simbiosis parasitisme. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

  

  1. Individu sejenis yang tinggal disuatu daerah tertentu pada waktu yang bersamaan disebut ....

a.       Individu

b.       Bioma

c.       Komunitas

d.      Populasi

 

PEMBAHASAN:

-Individu adalah makhluk hidup yang hanya berjumlah satu.

-Populasi adalah kumpulan individu atau makhluk hidup yang jenisnya sama.

-Komunitas adalah kumpulan populasi di suatu wilayah yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu dan yang lain.

-Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama yang meliputi komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.


Demikianlah beberapa soal latihan IPA Terpadu jenjang SMP yang dapat di gunakan sebagai persiapan mengahadapi UTS, PAT, UAS maupun US. semoga soal latihan yang telah di lengkapi dengan pembahasan tersebut dapat membantu para siswa dalam belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal IPA di jenjang SMP.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel