Rangkuman Seni Budaya Kelas 7 Bab 6 Semester 1
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 6 “Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan”.
Sahabat pendidikan, pada kesempatan kali
ini saya akan kembali memberikan sajian materi pelajaran khususnya materi seni
budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan.
Materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kurikulum
2013.
Kita ketahui bahwa pada pembelajaran
kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk
semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 7 maka buku yang
akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 7 kurikulum
2013 edisi revisi terbaru.
Pembelajaran seni budaya dirancang
berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni
musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai
warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang
di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh
sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal
dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari
kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat
menambah pengayaan dari buku ini.
Pembelajaran seni budaya menekankan pada
pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber
belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta
masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang
sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam
sekitar.
Melalui postingan ini saya akan
memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk
pembelajaran di kelas 7 SMP khususnya pada materi Bab 6 tentang Pengolahan
Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan. Tentunya dengan mempelajari materi
yang telah diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan
menggunakannya sebagai bahan pebelajaran.
Seluruh materi ini merupakan materi yang
bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi
terbaru.
Adapun materi yang akan di pelajari pada
pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 6 Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai
Iringan yaitu mengenai Meragakan Gerak Tari Berdasarkan Ruang, Waktu, dan
Tenaga.
Dalam mempelajari materi seni budaya
kelas 7 Bab 6 ini, maka siswa dituntut untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya
diantaranya yaitu sebagai berikut :
Pada Bab 6, siswa diharapkan dapat
mengapresiasi dan berkreasi seni tari, yaitu:
1. mengidentifikasi ruang yang dibuat
melalui gerak tari;
2. mengidentifikasi waktu yang digunakan
melalui gerak tari;
3. mengidentifikasi tenaga yang digunakan
melalui gerak tari;
4. menerapkan ruang, waktu, dan tenaga pada
gerak tari
5. melakukan gerak tari dengan menerapkan
ruang, waktu, dan tenaga sesuai dengan iringan.
Setelah mengetahui dari tujuan
pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini, maka berikut ini ringkasan
materi seni budaya kelas 7 Bab 6 yang disajikan di bawah ini :
Bab 6 Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan
Bentuk penyajian tari dapat berupa tari
tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Pengolahan pola lantai pada
setiap bentuk penyajian tari tentu akan berbeda. Tari tunggal pengolahan pola
lantai dilakukan secara individu, pada tari berpasangan pengolahan lantai
dilakukan berdua dan pada tari kelompok dilakukan memerlukan kerja sama.
A. Berlatih Meragakan Gerak Tari
Ruang, waktu dan tenaga pada gerak tari
merupakan satu kesatuan utuh. Ketika seseorang melakukan gerak berarti telah
membentuk ruang, memerlukan waktu serta memerlukan tenaga. Seorang penari harus
mampu mengolah ruang, waktu dan tenaga sehingga gerak yang dilakukan tampak
dinamis. Pengolahan unsur gerak ini pada tari tunggal berbeda dengan tari
berpasangan demikian juga pada tari berkelompok. Pada tari tunggal kemampuan
individu lebih menonjol, sedangkan pada tari berpasangan dibutuhkan kemampuan
saling mengisi gerak dan pada tari kelompok dibutuhkan kerjasama yang baik.
Pengolahan ruang, waktu dan tenaga di
dalam gerak tari berkaitan dengan beberapa karakteristik.
Karakteristik gerak di dalam ruang,
waktu, dan tenaga antara lain;
(1) Menggunakan tubuh manusia sebagai
instrumen dan gerak sebagai mediumnya,
(2) Terkait dengan ruang, tenaga, waktu,
dan aliran,
(3) Terkait dengan ritme,
(4) Mempunyai bentuk dan gaya,
(5) Alat komunikasi non verbal,
(6) Mengungkapkan emosi atau perasaan
dan pikiran manusia,
(7) Terkait dengan budaya. etika
seseorang melakukan gerak ketujuh hal tersebut muncul secara bersamaan. Inilah
pentingnya mengolah gerak karena merupakan ahasa komunikasi nonverbal sehingga
memiliki makna dan menyampaikan pesan.
Adapun rangkuman dari materi diatas
yaitu sebagai berikut :
Meragakan tari tidak hanya dituntut kemampuan gerak, tetapi juga kemampuan memadukan dengan iringan musik. Seorang yang mampu menguasai gerak tari dengan baik sesuai dengan iringan musik berarti memiliki kecerdasan kinestetik dan ke[1]cerdasan musikal. Pembelajaran meragakan tari dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi dan ril ksasi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Untuk melihat isi lengkap dari materi
yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan
Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan, maka berikut ini file materi
lengkapnya.
Jika anda membutuhkan filenya maka silahkan anda download di bawah ini:
- Materi Seni Budaya Kelas 7 Bab 6 (DISINI)
Demikianlah ringkasan beserta rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan yang bisa saya sajikan melalui postingan ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.
Sekian dan Terimakasih