Rangkuman Seni Budaya Kelas 7 Bab 5 Semester 1
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 5 “Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari”.
Sahabat pendidikan, setelah sebelumnya
saya membagikan ringkasan materi seni budaya kelas 7 bab 1,2,3,4 maka pada
kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan sajian materi pelajaran
khususnya materi seni budaya kelas 7 Bab 5 tentang Ruang, Waktu, dan, Tenaga
pada Gerak Tari. Materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di
semester 1 kurikulum 2013.
Kita ketahui bahwa pada pembelajaran
kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk
semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 7 maka buku yang
akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 7 kurikulum
2013 edisi revisi terbaru.
Pembelajaran seni budaya dirancang
berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni
musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai
warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang
di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh
sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal
dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari
kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat
menambah pengayaan dari buku ini.
Pembelajaran seni budaya menekankan pada
pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber
belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta
masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang
sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam
sekitar.
Melalui postingan ini saya akan
memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk
pembelajaran di kelas 7 SMP khususnya pada materi Bab 5 tentang Ruang, Waktu,
dan, Tenaga pada Gerak Tari. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah
diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan menggunakannya sebagai
bahan pebelajaran.
Seluruh materi ini merupakan materi yang
bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi
terbaru.
Adapun materi yang akan di pelajari pada
pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 5 Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari yaitu
mengenai pengertian elemen gerak tari.
Dalam mempelajari materi seni budaya
kelas 7 Bab 5 ini, maka siswa dituntut untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya
diantaranya yaitu sebagai berikut :
Pada Bab 5, siswa diharapkan dapat
mengapresiasi dan berkreasi seni
tari, yaitu:
1. mengidentifikasi elemen gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
2. mendeskripsikan elemen gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
3. melakukan gerak tari berdasarkan
ruang,waktu, dan tenaga
4. melakukan asosiasi elemen gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat
serta
5. mengomunikasikan elemen gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga baik secara lisan dan/atau tertulis.
Baiklah berikut ini isi materi seni budaya
kelas 7 Bab 5.
Bab 5 Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari
Makhluk hidup setiap hari melakukan
gerak. Gerak merupakan ciri utama dari kehidupan. Gerak yang dilakukan oleh
makhluk hidup mengisi ruang dan waktu. Ketika makhluk hidup bergerak memerlukan
tenaga. Jadi ruang, waktu, dan tenaga tidak dapat dipisahkan dari gerak.
A. Pengertian Elemen Gerak Tari
Elemen dasar tari adalah gerak. Di dalam
gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.
1. Ruang
Jika kamu melakukan gerakan di tempat
tanpa berdiri berarti melaku[1]kan gerak di ruang
pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat, maka kamu melakukan
gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan,
dan berkelompok.
2. Waktu
Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan
waktu baik gerak estetis mau - pun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti
berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh
dekat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak jauh.
Jika jarak jauh ingin sama cepatnya dengan jarak dekat tiba di tempat, maka
gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak
dekat.
Perbedaan cepat atau lambat gerak
berhubungan dengan tempo. Jadi tem[1]po merupakan cepat
atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo
pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk
dinikmati.
3. Tenaga
Setiap kamu melakukan gerak, tentu
memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi;
(a) intensitas, yang berkaitan dengan
kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak;
(b) aksen/tekanan muncul ketika gerakan
dilakukan secara tiba-tiba dan kontras;
(c) kualitas berkaitan dengan cara
penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika gerak yang dilakukan memiliki
intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat. Sebaliknya, gerak
dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.
Perhatikan gambar di bawah ini :
seorang penari berdiri di atas punggung
kedua temannya. Tenaga yang digunakan oleh penari untuk menahan teman[1]nya tentu lebih besar
dibandingkan dengan yang berdiri di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan
temannya tertumpu pada kedua kaki. Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari
yang menyangga temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu
tempat ke tempat lainnya.
Bandingkan dengan pose gerak pada Gambar
di bawah ini:
Gambar diatas menunjukkan kaki tertahan
di lantai dengan sedikit jinjit. Tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan
sekuat pada Gambar pertama Gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua
kekuatan tenaga banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan
salah satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki tarian
Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan.
Kehidupan masyarakat di daerah pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat
mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya seperti inilah yang
berpengaruh juga terhadap karya seni tari.
Dari isi ringkasan materi diatas, maka
berikut ini rangkumannya :
Berdasarkan materi yang telah
dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan
tenaga. Yang dapat didiskripsikan secara singkat sebagai berikut;
(1) ruang dalam gerak merupakan efek
yang ditimbulkan akibat gerak yang dilakukan;
(2) waktu dalam gerak merupakan satuan
irama dari gerak yang dilakukan;
(3) tenaga dalam gerak merupakan satuan
kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerak.
Demikianlah ringkasan beserta rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 5 tentang Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari yang bisa saya sajikan melalui postingan ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.