Cara Membuat dan Upload Pakta Integritas ANBK Tahun 2024
Kherysuryawan.id – Cara membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas asesmen untuk proktor, teknisi, kepala sekolah dan pengawas ruang dalam pelaksanaan asesmen nasional Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK
Salam asesmen,
sahabat pendidikan dimanapun berada dalam melakukan pelaksanaan asesmen ada
beberapa dokumen penting yang harus di persiapkan untuk kelancaran
penyelenggaraan asesmen nasional.
Kita ketahui Bersama
bahwa setiap satuan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga menengah akan
melakukan asesmen nasional dan hal itu wajib untuk dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pencapaian mutu sekolah. Adapun yang akan menjadi peserta
dalam pelaksanaan asesmen nantinya ialah peserta didik, pendidik (Guru) dan
kepala satuan pendidikan (Kepala sekolah).
Ada beberapa petugas
asesmen yang akan menjadi otak atau jantung dalam kegiatan asesmen. Mereka-mereka
itu ialah kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang. Nantinya mereka
tersebut akan melakukan tugasnya masing – masing sesuai dengan tugas yang telah
diatur dan di teteapkan dalam POS asesmen nasional.
Dalam melakukan
tugasnya maka kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang harus dapat
melakukan tugasnya dengan baik dan tentunya dengan sikap jujur. Diharapkan agar
mereka semua yang terlibat dalam pelaksanaan asesmen harus dapat menjalankan
tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang telah di
tetapkan. Bagi bapak dan ibu guru serta warga pendidikan yang mungkin ingin
mengetahui apa saya tugas dan tanggung jawab dari para kepala sekolah, proktor,
teknisi dan pengawas ruang dalam kegiatan ANBK maka anda bisa melihat selengkapnya
pada POS ANBK.
Sahabat asesmen,
dalam pelaksanaan asesmen nantinya maka dalam melaksanakan tugasnya para kepala
sekolah, para proktor, para teknisi dan para pengawas ruang ANBK harus dapat
mengisi pakta integtitas yang mana dokumen pakta integritas tersebut wajib
untuk diisi oleh mereka dalam pelaksanaan asesmen nasional (AN) di sekolah
masing-masing.
Adapun isi pernyataan
dari pakta integritas yang harus ditandatangani oleh masing-masing kepala
sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang dalam pelaksanaan asesmen nasional
yaitu sebagai berikut :
1. Sanggup
meningkatkan kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas pelaksanaan Asesmen
Nasional untuk peningkatan mutu pendidikan;
2. Sanggup
melaksanakan tugas sesuai Prosedur Operasi Standar penyelenggaraan Asesmen
Nasional Tahun 2024;
3. Sanggup
menjaga keamanan dan kerahasiaan bahan Asesmen Nasional; dan
4. Sanggup
melaksanakan Asesmen Nasional secara jujur dan penuh tanggung jawab.
Intinya bahwa
dalam menandatangani pakta integitas tersebut maka diharapkan para kepala
sekolah, pengawas, ptoktor dan teknisi ANBK bisa terlebih dahulu membaca isi dari
pernyataan yang ada pada pakta integritas tersebut sehingga nantinya dapat
memahami isi pakta integritas tersebut dan dapat menjalankannya sesuai dengan
aturan yang berlaku.
Lantas bagaimana
cara untuk membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas ???
Sahabat asesmen
mungkin anda yang saat ini bingung tentang bagaimana cara untuk membuat pakta
integritas, maka melalui postingan ini kherysuryawan akan memberikan cara untuk
membuat, mencetak dan pengupload pakta integritas untuk pelaksanaan ANBK.
Sebelum kherysuryawan.id
menjelaskannya maka perlu anda ketahui sebelumnya bahwa nantinya untuk membuat,
mencetak dan mengupload pakta integritas ANBK maka hanya bisa dilakukan oleh
proktor ANBK yang mana nantinya proktor melakukan pengisian data para kepala
sekolah, pengawas, teknisi dan proktor melalui web anbk kemdikbud yang hanya
dapat diakses oleh proktor sekolah.
Setelah proktor
berhasil membuat dan mengisi pakta integritas maka selanjtunya proktor mencetak
dokumen pakta integritas tersebut lalu membagikannya kepada masing-masing
kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang untuk di tanda tangani dan
selanjutnya dokumen pakta integritas yang telah di tanda dangani tersebut di
upload melalui laman anbk.
Baiklah berikut
ini tahapan membuat pakta integitas, mencetak pakta integritas dan mengupload
pakta integritas di laman web anbk.
CARA
MEMBUAT PAKTA INTEGRITAS
1. Pertama
silahkan login ke laman ANBK melalui alamat berikut : https://anbk.kemdikbud.go.id/
2. Setelah
berhasil login silahkan klik menu “Asesmen Nasional” dan lanjutkan dengan
memilih “Pakta Integritas”
3. Kemudian
pada laman pakta integritas silahkan anda pilih “Isi Pakta Integritas”
4. Selanjutnya
akan muncul kolom NIP, Nama dan Tugas seperti tampak pada gambar di bawah ini :
5. Silahkan
isikan data tersebut sesuai dengan data yang sebenarnya dan silahkan pilih
tugas sesuai yang ada dalam pilihan.
6. Jika data
sudah diisi dengan benar silahkan klik “simpan”
7. Untuk membuat
pakta integritas dengan tugas lainnya maka silahkan anda lakukan lagi sesuai
cara yang telah saya jelaskan diatas. Intinya bahwa semua yang ada dalam
pilihan tugas yakni kepala sekolah, pengawas, proktor dan teknisi harus
dibuatkan pakta integritas
1. Setelah
proktor berhasil membuat pakta integritas, maka langkah selanjutnya ialh mencetak
pakta integritas yang telah di buat tadi
2. Caranya
yaitu silahkan Pilih nama petugas yang akan dicetak pakta integritasnya
3. Selanjutnya
pada menu pakta integitas, silahkan klik submenu "Cetak Pakta
Integritas"
4. Kemudian
akan tampil dokumen pakta integritas dan untuk mencetaknya silahkan klik "cetak"
5. Kemudian
silahkan Pilih driver printer yang terhubung dengan komputer, dan lakukan
pencetakan pakta integritas.
CARA
MENGUPLOAD PAKTA INTEGRITAS
1. Setelah
pakta integritas di tandatangani oleh masing-masing proktor, teknisi, kepala
sekolah dan pengawas ANBK maka langkah selanjutnya ialah melakukan upload pakta
integritas
2. Sebelum
pakta integritas di upload maka pastikan dokumen pakta integritas sudah di
photo dan disimpan dalam format JPG atau PNG
3. Selanjutnya
untuk mengupload klik menu pakta integritas dan pilih submenu “upload pakta
integritas”
4. Kemudian
pilih “Browse” dan silahkan anda cari photo dari pakta integritas yang ada di
laptop anda masing-masing
5. Selanjutnya
klik “Upload”
6. Lakukan
upload untuk semua pakta integritas yang telah dibuat.
7. Selesai
- Pakta Integritas ANBK Untuk Proktor/Teknisi/Pengawas (DISINI)
- Pakta Integritas ANBK Untuk Kepala Sekolah (DISINI)
Demikianlah penjelasan
tentang cara untuk membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas untuk
keperluan asesmen nasional yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada postingan
ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannnya
secara khusus untuk proktor ANBK yang menjadi petugas terdepan dalam melakukan
hal ini.
Sekian dan
Terimakasih.