Soal AKM Numerasi Kelas 10 SMA dan Pembahasannya
Kherysuryawan.id – Contoh soal Asesmen Numerasi Kelas 10 SMA lengkap
dengan pembahasannya.
Sahabat Pendidikan, tidak lama lagi ujian asesmen
nasional (AN) akan dimulai baik untuk sekolah tingkat SD, sekolah tingkat SMP,
hingga sekolah tingkat SMA/SMK. Ujian asesmen akan dilakukan sebagai pengganti
ujian nasional namun nilai dari ujian asesmen bukan sebagai penentu kelulusan
ataupun penentu bagi siswa yang akan memasuki Pendidikan selanjutnya dalam hal
ini nilainya bukan sebagai syarat dalam penerimaan PPDB. meskipun demikian asesmen nasional wajib untuk diikuti oleh peserta didik yang telah terpilih sebagai nominasi peserta AN di setiap jenjang satuan pendidikan.
Nantinya peserta asesmen nasional akan diikuti oleh
peserta didik yang berada pada kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA/SMK. Asesmen
kompetensi minimum (AKM) menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang
diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi
membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur
kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.
Sebelum menghadapi ujian asesmen maka guru diharapkan
bisa memberikan informasi tentang pentingnya untuk bisa mengikuti asesmen bagi
siswa yang terpilih nantinya sebagai peserta sehingga peserta didik bisa
mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya. Salah satu
persiapan yang harus dilakukan oleh peserta didik sebelum menghadapi asesmen
nasional ialah dengan tekun belajar khususnya berlatih mengerjakan soal-soal
asesmen yang telah banyak di bagikan di internet.
Salah satu laman Pendidikan milik pemerintah yang bisa diakses
untuk melihat kumpulan contoh soal AKM ialah melalui laman pusmenjar.kemdikbud.go.id
disana nantinya anda bisa melihat soal-soal AKM bahkan bisa memilih soal AKM
sesuai tingkatan kelas. Dengan banyak berlatih dan belajar maka tentunya akan
menjadi dasar dan bekal yang baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya.
Sahabat Pendidikan, jika anda masih bingung mencari –
cari contoh soal AKM maka melalui postingan ini saya akan membagikan contoh
soal AKM kelas 10 SMA khususnya soal bentuk numerasi yakni soal yang lebih
kepada jenis perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika atau IPA. Soal-soal
ini dirangkum dari sumber di laman pusmenjar kemdikbud dan saya bagikan di
postingan ini agar sekiranya bisa mempermudah para pelajar yang ingin
menggunakannya sebagai bahan latihan menghadapi asesmen nantinya.
Baiklah untuk anda yang ingin berlatih soal-soal AKM
kelas 10 SMA, maka berikut ini kumpulan soal AKM kelas 10 SMA yang telah
dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan soal nomor 2!
Jembatan rangka baja adalah struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lainnya.Jembatan rangka batang ini memiliki beberapa tipe, dikarenakan banyak para ahli yang mengembangkan ide-ide untuk membuat jembatan rangka batang. Di antaranya sebagai berikut:A. Tipe Pratt (Pratt Truss).Jembatan ini memiliki elemen diagonal yang mengarah ke bawah dan bertemu pada titik tengah batang jembatan bagian bawah.B. Tipe Howe (Howe Truss).Jembatan ini kebalikan dari tipe Pratt dimana elemen diagonalnya mengarah ke atas dan menerima tekanan sedangkan batang vertikalnya menerima tegangan.C. Tipe Warren (Warren Truss).Jembatan rangka batang tipe warren ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya yang membentuk segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami gaya tegangan (tension).Sebuah jembatan rangka baja dibuat dengan desain tampak samping seperti berikut. (Semua Ukuran dalam meter)Soal nomor 1 (uraian)
Untuk menerapkan desain jembatan tipe Warren, dibutuhkan tambahan rangka baja pada satu sisi jembatan sepanjang … m.Kunci Jawaban/ Pembahasan1100 / dibutuhkan 11 rangka baja, maka 11 * 100 = 1100 meter.Soal nomor 2 (pilihan ganda)
Minimal panjang rangka baja yang dibutuhkan untuk satu sisi jembatan (tampak samping) seperti di atas adalah ….A. 2.300 mB. 2.440 mC. 2.450 mD. 3.300 mKunci Jawaban/ PembahasanC.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan soal nomor 4!Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.Soal nomor 3 (uraian)
Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°. Akibat kesalahan ini, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!Kunci Jawaban/ Pembahasan30°.Derajat dengan tinggi 2460 meter, yang seharusnya adalah 50°. Besar sudut sebanding dengan tinggi dengan aturan trigonometri --- x = t / sin y dengan x jarak pengamat dengan kaki gunung.Soal nomor 4 (pilihan ganda)
Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut adalah .... (nilai dari akar 3 = 1,73 )A. 4.200 meterB. 4.260 meterC. 4.280 meterD. 4.320 meterE. 4.380 meterKunci Jawaban/ PembahasanB.Dengan trigonometri 2460 : sin 30 = x : sin 60 sehingga x = 4260,8 m.Soal nomor 5 (pilihan ganda)
Pada saat bermain dilapangan, Ihsan melihat sebuah bayangan tiang bendera yang panjang. Kemudian Ihsan mulai berpikir berapakah tinggi tiang bendera tersebut? Apakah tinggi tiang bendera tersebut akan sama dengan panjang bayangannya? Lalu Ihsan mulai mengukur panjang bayangan tiang bendera tersebut menggunakan sebuah meteran. Akan tetapi, pada saat meteran menunjukkan angka 12,5 meter, Ihsan berhenti dan berdiri tegak, pada saat itu Ihsan melihat bayangan ujung tiang bendera dan bayangan ujung kepalanya berada pada satu titik. Dari titik ihsan berhenti, kemudian ihsan melanjutkan pengukuran hingga diperoleh panjang bayangan tiang bendera yaitu 13,5 meter. Jika tinggi badan Ihsan adalah 150 cm, maka tinggi tiang bendera tersebut akan mudah ditentukan dengan perbandingan trigonometri, yaitu ....A. sinusB. cosinusC. tangenD. cotangenE. cosecanKunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 6 (pilihan ganda)
Sebuah pesawat tempur melihat dua buah kapal layar di bawahnya. Pada layar pemantau yang dilihat copilot, pesawat tempur tersebut menunjukkan posisi kedua kapal layar dengan sudut depresi yang berbeda seperti terlihat pada gambar. Jika copilot melihat kedua kapal layar dengan posisi pesawat yang tegak lurus permukaan air laut dengan ketinggian 1.800 meter, maka jarak kedua kapal tersebut adalah ....A. 2.400 meterB. (1.800 + 600 √2) meterC. (1.800 + 600 √3) meterD. 3.600 meterE. (1.800 + 1.800 √3) meterKunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 7 (pilihan ganda)
Dengan menggunakan perbandingan trigonometri dapat diukur tinggi helikopter dengan bagian atas gedung. Seorang pengamat berdiri 120 m di depan gedung. Jika tinggi gedung adalah h dan jarak helikopter dengan bagian atas gedung adalah t, maka nilai h dan t (tinggi pengamat diabaikan) adalah ….(√2 = 1,41; √3 =1,73)A. t = 51,8 meter dan h = 68,2 meterB. t = 50,8 meter dan h = 69,2 meterC. t = 50,8 meter dan h = 70,2 meterD. t = 49,8 meter dan h = 70,2 meterE. t = 48,8 meter dan h = 71,2 meterKunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 8 (pilihan ganda)
Andi bermain di pinggir sebuah danau di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Andi berkeinginan mengukur lebar danau tersebut dengan cara mengamati sebuah pohon yang berada persis di depannya yang tepat di pinggir danau. Kemudian Andi berjalan sejauh 160 meter dan melihat kembali pohon yang pertama kali dilihat tersebut. Ia mengukur besar sudut pandangnya terhadap pohon tersebut yang ternyata besarnya 60°. Lebar danau yang akan Andi ukur adalah ….A. 80 meterB. 120 meterC. 160 meterD. 160√2 meterE. 160√3 meterKunci Jawaban/ PembahasanESoal nomor 9 (pilihan ganda)
Mengukur tinggi sebuah gedung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan jarak gedung ke tempat pemantauan adalah dengan menggunakan dua tempat pemantauan. Amir melakukan dengan cara memantau ini dengan sudut pantau (elevasi) 45° kemudian berjalan mendekati Gedung sejauh 80 meter dan mengukur kembali dengan sudut pantau (elevasi) 60°. Jika tinggi Amir 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .… (√2 = 1,41; √3 =1,73)A. 109,6 meterB. 111,2 meterC. 126,9 meterD. 128,5 meterE. 191,2 meterKunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 10 (pilihan ganda)
Karina dan Hardianto ingin mengukur tinggi sebuah gedung dengan cara mereka berdua berdiri di lain tempat. Hardianto di sebelah Barat dan Karina di sebelah Selatan. Hardianto melihat puncak gedung dengan sudut elevasi 45° dan Karina dengan sudut elevasi 30°. Jika jarak antar keduanya 200 meter dan tinggi keduanya 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah ....(√2 = 1,41; √3 =1,73)A. 346 meterB. 282 meterC. 173 meterD. 141 meterE. 100 meterKunci Jawaban/ PembahasanE.Soal nomor 11 (pilihan ganda)
Beni ingin mengukur lebar danau yang baru saja dikeruk karena terjadi pendangkalan dan banyak ditumbuhi eceng gondok. Sketsa yang dibuat Beni seperti pada gambar. Saat dilakukan perhitungan Beni ragu atas hasil yang diperoleh, karena ukuran lebar danau tidak masuk logikanya. Ternyata setelah diukur ulang bersama temannya, sudut yang tadinya 45° seharusnya adalah 40°. Perbandingan lebar danau seharusnya dengan lebar danau yang diperoleh dari pengukuran awal adalah ....A. tan 40° per tan 45°B. tan 45° per tan 40°C. sin 40° per sin 45°D. sin 45° per sin 40°E. tan 40° per sin 45°Kunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 12 (uraian)
Para siswa pramuka diminta membuat jembatan untuk menyeberangi sungai. Saat akan mengukur lebar sungai posisi siswa Pramuka pertama berdiri persis di depan sebuah pohon A dan siswa Pramuka kedua berada di titik C serta posisi jarak Pramuka pertama dan Pramuka kedua adalah 20 meter. Para siswa pramuka tersebut membuat sketsa pada sebuah kertas seperti pada gambar di atas.Apakah dengan menggunakan sketsa di bawah ini, siswa pramuka dapat mengukur lebar sungai? Diketahui panjang BE = 8 meter dan DE = 4 meter. Berikan alasanmu!Kunci Jawaban/ PembahasanBisa.Bisa dengan 2 metode:
- dengan menggunakan metode kesebangunan. segitigaa ABC sebangun dengan segitiga DBE karena ketiga sisinya sama sehingga utk mencari AC ---- DB : BC = DE : AC 2; dan
- menggunakan trigonometri pada kedua segitiga di sudut B sehingga yaitu tan B = DE : DB = AC : CB.
HEMAT AIR BUAT KITATahukah kalian bahwa pada 2025 sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan sulit mendapatkan air bersih? (Forum Air Dunia II/ World Water Forum di Den Haag, Maret, 2000). Kebutuhan air tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air dalam penggunaannya. Tidak bisa dibayangkan bukan, apabila persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari membutuhkan air. HEMATLAH AIR dari sekarang ....!Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14, soal nomor 17, dan soal nomor 20!HEMAT AIR UNTUK KEHIDUPANSalah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tidak hanya penting bagi manusia, Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 15, soal nomor 18, dan soal nomor 21!HEMAT AIR BUAT KEHIDUPAN MASA DEPANAir adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai manusia yang akan selalu menggantungkan diri pada air kita memang sudah seharusnya untuk menjaganya. Meskipun air ini adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.Soal nomor 13 (pilihan ganda)
Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan Panjang sisi alasnya 10 cm dan tingginya 5 cm. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencetak bata (Paving Block) dari hasil adonan campuran air, semen, dan pasir dengan perbandingan 4 : 1 : 5 artinya setiap 4 liter air akan di campur dengan semen 1 liter dan pasir 5 liter. Jika air yang digunakan untuk membuat Paving Bock senilai dengan air hasil penghematan pengunaan keran aerator maka banyak paving blok maksimal yang dapat dicetak adalah ….(√2 = 1,41; √3 =1,73)A. 82 buahB. 88 buahC. 92 buahD. 96 buahE. 100 buahKunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 14 (pilihan ganda)
Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan panjang sisi alasnya 6 cm dan tingginya 18 cm. Jika wadah tersebut digunakan untuk menampung air hasil penghematan dari pengunaan pancuran dibandingkan dengan gayung pada sekali mandi, maka banyak wadah minimum dengan bentuk sama yang dibutuhkan adalah ...(√2 = 1,41; √3 =1,73)A. 6 buahB. 7 buahC. 8 buahD. 9 buah
E. 10 buahKunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 15 (pilihan ganda)
Makanan tradisional yaitu bacang umumnya berbentuk limas segitiga beraturan. Misal Bacang tersebut akan dibuat dengan ukuran sisi alasnya 6 cm dan tinggi 10 cm. Jika campuran untuk membuat bacang tersebut salah satunya adalah beras yang dicampur air dengan perbandingan 1 : 3 yang artinya 1 liter beras dicampur 3 liter air. Seorang pedagang akan membuat bacang dengan menggunakan air yang senilai dengan hasil penghematan dari menutup kebocoran keran air per hari, maka banyak bacang maksimum yang dapat dibuat dengan bentuk sama adalah ....(√2 = 1,41; √3 =1,73)A. 1.145B. 1.440C. 1.445D. 1.540E. 1.926Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 16 (pilihan ganda)
Andi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 14 cm untuk mandi. Andai air yang digunakan Andi untuk mandi senilai dengan penghematan air dari mencuci sayur atau piring dalam bak cuci piring maka banyak cidukan gayung maksimal yang dapat digunakan Andi untuk mandi adalah ….(phi = 22/7)A. 21 cidukanB. 19 cidukanC. 18 cidukanD. 10 cidukanE. 9 cidukanKunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 17 (pilihan ganda)
Andi mandi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 16 cm. Perkiraan perbandingan volume gayung yang Andi pakai untuk mandi dengan air hasil penghematan menggosok gigi dengan mematikan kran air adalah ….(phi = 3,14)A. 1 : 4B. 1 : 6C. 1 : 10D. 2 : 13E. 1 : 8Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 18 (pilihan ganda)
Sebuah perusahaan es krim akan membuat es krim dari bahan-bahan tertentu yang dicampur dengan air. Es krim yang sudah jadi diisikan ke dalam wadah berbentuk kerucut dan sebagian ada yang menonjol keluar sehingga berbentuk setengah bola seperti pada gambar, Jika bahan-bahan dan air berbanding 3 : 1 yang artinya setiap 1 liter air akan dicampur dengan 3 liter bahan-bahan lainnya, maka banyak es krim yang dapat dibuat dengan memanfaatkan air penghematan menutup keran yang bocor perhari adalah ….(phi = 3,14)A 1.667 cup es krimB. 833 cup es krimC. 830 cup es krimD. 417 cup es krimE. 415 cup es krimKunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 19 (pilihan ganda)
Ani menampung air dengan wadah berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar. Perbandingan volum wadah berbentuk seperti pada gambar dengan air hasil penghematan mandi tidak menggunakan gayung tetapi menggunakan shower adalah ....(phi = 3,14)A. 4 : 13B. 1 : 3C. 2 : 7D. 2 : 9E. 1 : 6Kunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 20 (pilihan ganda)
Mangkok berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar digunakan untuk menampung air. Jika air yang ditampung adalah air dari penghematan mencuci pakaian selama setahun, Jika x adalah mangkok maka banyak mangkok yang bisa digunakan adalah ....(phi = 22/7)A. 1023 < x < 3052B. 1020 < x < 3050C. 1020 < x < 3052D. 1023 < x < 3050E. 1013 < x < 3025Kunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 21 (pilihan ganda)
Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan. Perhatikan gambar berikut! Ani akan membuat nasi tumpeng yang dikukus dengan menggunakan tempat berbentuk kerucut seperti pada gambar. Campuran air untuk mengukus berasnya adalah 1 : 1 artinya 1 liter beras dicampur 1 liter air. Jika air yang digunakan untuk membuat tumpeng senilai dengan air hasil penghematan jika Ani mematikan keran air saat gosok gigi selama 4 hari, maka banyak maksimal nasi tumpeng yang dapat dibuat adalah .…(phi = 3,14 )A. 2 buahB. 3 buahC. 5 buahD. 10 buahE. 12 buahKunci Jawaban/ PembahasanC.
Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.Soal nomor 22 (pilihan ganda)
Bu Siti membeli tiga paket alat tulis yang berisi lebih dari dua macam alat tulis (alat tulis tersebut boleh berupa buku, bolpoin, atau penghapus) baik itu di toko Rejeki maupun di toko Makmur. Matriks yang sesuai untuk ketiga paket tersebut adalah ….
A
B
C
D
E Kunci Jawaban/ PembahasanD.Soal nomor 23 (pilihan ganda)
Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …A. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.B. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.C. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.D. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.E. Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.Kunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 24 (pilihan ganda)
Bu Siti ingin membuat 6 bungkus hadiah dengan tiap bungkus terdiri dari 3 macam alat tulis dan jumlah tiap-tiap alat tulisnya sama. Supaya pembelian hadiah dengan dana termurah, sebaiknya paket alat tulis yang dibeli bu Siti adalah ….A. 2 paket Hemat + 3 paket SedangB. 2 paket Lengkap + 6 paket MurahC. 3 paket Murah + 2 paket BesarD. 3 paket Ekonomis + 5 paket MurahE. 6 paket Murah + 3 paket BesarKunci Jawaban/ PembahasanE.Soal nomor 25 (pilihan ganda kompleks)
Bu Siti ingin membuat 5 paket hadiah dengan tiap paket hadiah berisi paling sedikit dua macam alat tulis. Kelima paket yang akan dibuat, isinya tidak harus sama. Jika bu Siti memiliki dana sebesar Rp125.000,00 dan menginginkan setiap paket hadiah harus ada penghapus dan bolpoin, maka paket yang dapat dibeli adalah ....
- 1 paket Sedang + 1 paket Hemat
- 1 paket Ekonomi + 1 paket Sedang
- 1 paket Hemat + 3 paket Murah
- 1 paket Ekonomi + 5 paket Murah
- 1 paket Lengkap + 2 paket Murah
Kunci Jawaban/ Pembahasan1, 2, 3, dan 5Soal nomor 26 (pilihan ganda kompleks)
Berdasarkan paket-paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur, Bu Siti mengatakan bahwa harga sebuah bolpoin di toko Makmur lebih murah Rp550,00 dibanding harga di toko Rejeki.Benarkah pernyataan bu Siti?
- Benar
- Salah
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah
Ady sedang menjumlahkan nomor-nomor pada halaman buku yang terdiri dari 20 halaman. Jumlah yang ia dapatkan adalah 224. Ternyata terjadi kekeliruan, yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali. Jika buku dimulai dari halaman 1 sampai 20, maka halaman yang dihitung dua kali adalah ....A. 8B. 10C. 14D. 15Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 28 (pilihan ganda)
Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. Berapakah banyak bola tanah yang harus disediakan?(Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran disetiap susunan bola)A. 285 bola tanah.B. 300 bola tanah.C. 314 bola tanah.D. 320 bola tanah.E. 350 bola tanah.Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 29 (pilihan ganda)
Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.Anita akan mewarnai susunan bola tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap susunan) dan banyak cat kuning yang dibutuhkan adalah 1 kaleng. Jika dianggap banyak cat merah yang dibutuhkan mempunyai proporsi yang sama, ujilah beberapa pernyataan berikut.(Asumsi bola tanah yang dihitung hanya yang akan disusun di ruang pameran, yang cadangan tidak perlu dicat)
- Banyak bola tanah yang akan dicat merah adalah 303.
- Banyak cat merah yang dibutuhkan adalah 28 kaleng.
Kunci Jawaban/ PembahasanBenar - Salah.
Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia. Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x² + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).Soal nomor 30 (pilihan ganda)
Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2005 adalah ….A. 60.100.000 penggunaB. 57.100.000 penggunaC. 49.100.000 penggunaD. 45.200.000 penggunaE. 44.200.000 penggunaKunci Jawaban/ PembahasanE.Soal nomor 31 (pilihan ganda)
Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….A. 2006B. 2007C. 2008D. 2009E. 2010Kunci Jawaban/ PembahasanBSoal nomor 32 (pilihan ganda kompleks)
Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran pernyataan-pernyataan berikut?
- Banyak pengguna telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015.
- Grafik pertambahan penduduk di Indonesia yang terjangkit virus Corona Covid-19, diprediksi bentuknya menyerupai grafik pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia di atas.
- Pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007.
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah - benar - benar.Soal nomor 33 (pilihan ganda kompleks)
Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik banyak pengguna telepon seluler di atas, apa pendapat Anda tentang pernyataan-pernyataan berikut?
- Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 242.524.123 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2010, menunjukkan bahwa lebih dari 50% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
- Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 268.07.600 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2019, menunjukkan bahwa lebih dari 75% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
- Jika melihat grafik pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia setelah tahun 2007, maka 50% penduduk Indonesia mempunyai lebih dari satu telepon seluler
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah - benar - benar.
LIHAT JUGA :
Demikianlah informasi mengenai soal AKM kelas 10 SMA/SMK yang bisa saya sajikan pada postingan ini, semoga bisa membantu para peserta didik yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian asesmen nantinya.
Sekian dan Terimakasih.