Tanya Jawab Aplikasi My SAPK BKN Untuk Pemutakhiran Data ASN
Kherysuryawan.id - Berikut ini Tanya jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN di aplikasi My SAPK BKN Tahun 2021.
Seperti kita ketahui Bersama bahwa mulai
bulan juni tahun 2021 seluruh ASN sudah harus melakukan aktivasi akun pada
aplikasi My SAPK BKN dan mulai bulan juli tahun 2021 nanti seluruh ASN harus
melakukan update data atau pemutakhiran data ASN pada aplikasi My SAPK BKN. Bagi
anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan aktivasi akun di My
SAPK BKN maka anda bisa membaca penjelasannya pada postingan yang telah saya
bagikan di artikel sebelumnya.
Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara Login dan Aktivasi akun di My SAPK BKN maka silahkan lihat penjelasannya (DISINI)
Pada penggunaan aplikasi My SAPK BKN masih
banyak sekali pertanyaan yang bermunculan yang masih belum di mengerti oleh
para ASN baik dalam hal menggunakan aplikasinya hingga tujuan dari pemutakhiran
data yang harus dilakukan oleh setiap ASN. Dengan adanya pertanyaan yang hingga
saat ini belum mendapatkan jawabannya, maka melalui postingan ini saya akan
memberikan informasi tentang tanya jawab seputar aplikasi My SAPK BKN yang
sekiranya di dalam ulasan tanya jawab ini terselip pertanyaan yang mugkin sedang
di cari-cari oleh para ASN untuk bisa memperolah jawabannya.
Baiklah untuk mempersingkat waktu anda membaca postingan
ini, maka berikut ini beberapa pertanyaan seputar aplikasi My SAPK BKN yang
telah di lengkapi dengan jawabannya yang bersumber dari laman https://pdm-asn.bkn.go.id/faq yang
tentunya bisa menjawab keluh kesah seputar My SAPK BKN khususnya tentang
pemuktahiran data ASN :
1. Apa itu
Pemutakhiran Data Mandiri?
JAWABAN :
Pemutakhiran Data
Mandiri adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang
bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik
sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data.
2. Siapa saja
yang wajib mengikuti Pemutakhiran Data Mandiri?
JAWABAN :
Aparatur Sipil Negara
(PNS dan PPPK) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN
3. Apa yang
dimaksud dengan ASN?
JAWABAN :
Aparatur Sipil Negara
yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS)
dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi
pemerintah(PPPK).
4. Apa yang
dimaksud dengan PNS?
JAWABAN :
Pegawai Negeri Sipil
yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi
syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina
kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.
5. Apa yang
dimaksud dengan PPPK?
JAWABAN :
Pegawai Pemerintah
dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara
Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian
kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
6. Apa yang
dimaksud dengan PPT Non-ASN?
JAWABAN :
Pejabat Pimpinan
Tinggi adalah Pegawai Non ASN yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi.
7. Siapa saja
yang terlibat dalam PDM-ASN?
JAWABAN :
-
Pengguna
-
Verifikator
-
Approval
-
Admin
8. Apa saja
data yang dimutakhirkan?
JAWABAN :
-
Data Personal (Data yang berisi informasi
mengenai data diri PNS)
-
Data Riwayat (Data yang berisi informasi
riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung)
9. Apa saja
yang termasuk Data Riwayat?
JAWABAN :
-
Riwayat Jabatan
-
Riwayat SKP (2 tahun terakhir)
-
Riwayat Penghargaan
-
Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang
-
Riwayat Keluarga
-
Riwayat Peninjauan Masa Kerja
-
Riwayat Pindah Instansi
-
Riwayat CLTN
-
Riwayat CPNS/PNS
-
Riwayat Organisasi
10. Aplikasi
apa yang digunakan untuk pemutakhiran data mandiri?
JAWABAN :
ASN dan PPT Non-ASN
dapat menggunakan aplikasi MySAPK berbasis mobile dan web untuk usul
pemutakhiran data
11. Kapan
pemutakhiran data mandiri dilaksanakan?
JAWABAN :
Usul Pemutakhiran Data
Mandiri dilaksanakan mulai Bulan Juli 2021 sampai Bulan Desember 2021
12. Bagaimana
cara untuk mengajukan perubahan data dari setiap Riwayat?
JAWABAN :
Alur untuk melakukan
perubahan data dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data Mandiri
13. Dokumen
apa saja yang harus diunggah untuk setiap Riwayat?
JAWABAN :
Untuk mengetahui
dokumen yang perlu diunggah dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data
Mandiri
14. Apa yang
harus dilakukan jika belum memiliki dokumen yang akan diunggah?
JAWABAN :
Anda dapat
mengusulkan pengajuan permasalahan data ke Pejabat Pengelola Kepegawaian di
Instansi masing-masing
15. Bagaimana
jika email yang diinput tidak sesuai?
JAWABAN :
Anda dapat
menghubungi instansi untuk melakukan perbaikan alamat email
16. Bagaimana
jika tidak menerima token aktivasi?
JAWABAN :
Anda dapat
menghubungi instansi untuk melakukan pengecekan alamat email terkini yang
terdata pada SAPK
17. Bagaimana
jika tidak dapat mengakses MySAPK berbasis Mobile?
JAWABAN :
Anda dapat
menggunakan aplikasi Mysapk berbasis web melalui portal https://pdm-asn.bkn.go.id
18. Bagaimana
jika tidak bisa login ke MySAPK karena data tidak ditemukan?
JAWABAN :
Anda dapat
menghubungi Instansi untuk melakukan pengecekan status kepegawaian anda apakah
masih aktif, jika status tidak aktif, maka Instansi dapat mengajukan
pengaktifkan status kepegawaian sesuai dengan peraturan yang berlaku
19. Bagaimana
jika dokumen pendukung hilang ?
JAWABAN :
Anda dapat
menghubungi instansi untuk mendapatkan salinan dokumen pendukung
20. Dokumen
pendukung yang diunggah apakah dalam bentuk scan asli atau fotokopi?
JAWABAN :
Dokumen pendukung
yang diunggah adalah scan asli dari dokumen yang ada.
21. Bagaimana Jika tidak bisa melkaukan Login karena Lupa Password Login My SAPK BKN ?
JAWABAN :
Silahkan lihat cara mengatasinya (DISINI)
BACA JUGA :
- CARA MENGATASI LUPA PASSWORD LOGIN MY SAPK BKN (DISINI)
- CARA LOGIN MY SAPK BKN MELALUI LAPTOP (DISINI)
Demikianlah informasi seputar tanya jawab aplikasi My
SAPK BKN khususnya untuk pelaksanaan pemutakhiran data ASN, semoga kumpulan
tanya jawab yang telah di paparkan pada penjelasan diatas bisa menjadi solusi
yang baik bagi para ASN yang mengalami kendala seputar pelaksanaan pemutakhiran
data ASN pada aplikasi My SAPk BKN.
Jangan lupa pula untuk membaca buku petunjuk atau buku
panduan sebelum melakukan login, aktivasi dan pemutakhiran data ASN di aplikasi
My SAPK BKN. Dengan membaca panduan maka tentunya kita akan mudah dalam
memahami maksud dan tujuan dari pelaksanaan pemukatahiran data ASN serta dengan
membaca buku panduan maka juga akan memudahkan kita dalam melakukan proses
pemutakhiran data di aplikasi My SAPk BKN.
Untuk anda yang membutuhkan Buku Panduan Pelaksanaan
Pemutakhiran Data ASN Tahun 2021 silahkan dapatkan filenya (DISINI).
Sekian informasi yang dapat saya bagikan seputar tanya
jawab pada pelaksanaan pemutakhiran data ASN di aplikasi My SAPk BKN, semoga
bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih.