Pedoman Akreditasi Sekolah dan Madrasah Tahun 2021
Kherysuryawan.id – Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK Tahun 2021/2022.
Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan
membagikan buku pedoman atau panduan dalam melakukan akreditasi bagi sekolah SD,
SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Dengan membaca buku pedoman akreditasi maka bagi yang
sekolahnya akan di akreditasi dapat memperoleh informasi penting dalam kesiapan
menghadapi akreditasi sekolah.
Perlu di ketahui bahwa buku Pedoman akreditasi ini
disusun sebagai manifestasi fungsi dan tanggung jawab BANS/M dalam melaksanakan
program akreditasi sekolah/madrasah. Pedoman ini memuat garis-garis besar
kebijakan BAN-S/M dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 yang
dalam implementasinya akan dituangkan dalam Panduan sebagai rambu-rambu dalam
pelaksanaan program akreditasi sekolah/madrasah.
Mengingat sampai saat ini Indonesia masih menghadapi
situasi masa pendemi maka Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021
lebih banyak dilaksanakan secara daring (online) mengingat situasi Pandemi yang
belum mereda, dan dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah terkait wabah
COVID-19, yakni dengan meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara
langsung.
Bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi di tahun 2021
ini, maka melalui buku Pedoman ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua
pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah di tahun
2021. Dengan membaca dan memahami pedoman pelaksanaan akreditasi ini maka
diharapkan sekolah yang akan di akreditasi dapat bersiap untuk mengikuti
pelaksanaan akreditasi meskipun harus dilakukan secara daring.
Sebagai informasi dasar tentang panduan akreditasi tahun
2021 bagi sekolah dan madrasah bahwa didalam file pedoman akreditasi tahun 2021
ini terdapat begitu banyak pembahasan yang akan diulas didalamnya seputar pelaksanaan
akreditasi tahun 2021. Adapun jenis materi yang bisa di peroleh dari buku
pedoman akreditasi tahun 2021 ini yaitu diantaranya sebagai berikut :
1. PENDAHULUAN
A. Pengertian
Akreditasi
B. Landasan Hukum
Akreditasi
C. Tujuan Akreditasi
D. Manfaat Hasil
Akreditasi
E. Fungsi Akreditasi
2. SISTEM AKREDITASI 2021
A. Sistem Akreditasi
Sekolah/Madrasah
B. Alur Mekanisme
Sistem Pemantauan Dasbor
C. Alur Mekanisme
Proses Akreditasi Sekolah/Madrasah
D. Tindak lanjut
Hasil Akreditasi
1. Rekomendasi Tindak
Lanjut
2. Implementasi Hasil
Rekomendasi
E. Surveilans
1. Latar Belakang
2. Tujuan
3. Jenis, Bentuk
Kegiatan, dan Ruang Lingkup
4. Objek Surveilans
5. Mekanisme
Surveilans
6. Pelaksanaan
Surveilans
7. Kriteria
Pengambilan Keputusan
3. MANAJEMEN AKREDITASI
A. Prinsip Pelaksanan
Akreditasi
1. Objektif
2. Komprehensif
3. Adil
4. Transparan
5. Akuntabel
6. Profesional
B. Organisasi
Penyelenggara Akreditasi
C. Badan Akreditasi
Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M)
D. Unit Pendukung
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M)
1. Divisi-Divisi
2. Komisi Etik
3. Tim Ahli
4. Tim Ad Hoc
E. Badan Akreditasi
Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi
F. Koordinator
Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah (KPA-S/M)
G. Unit Pendukung
BAN-S/M
1. Kepala Sekretariat
BAN-S/M
2. Pejabat Pembuat
Komitmen (PPK) BAN-SM
3. Bendahara
Pengeluaran Pembantu (BPP) BAN-S/M
4. Staf Sekretariat
BAN-S/M
5. Organisasi
Pendukung BAN-S/M Provinsi
H. Ketatalaksanaan
Administrasi
I. Logo BAN-S/M
J. Sampul dokumen
terbitan BAN-SM
K. Publikasi Umum
BAN-S/M
L. Kop Surat, Kode
Surat, dan Stempel
1. Kop Surat BAN-S/M
dan BAN-S/M Provinsi.
2. Kode Surat BAN-S/M
dan BAN-S/M Provinsi
3. Stempel
4. REKRUTMEN DAN PELATIHAN
A. Pengantar
B. Ruang Lingkup
C. Rekrutmen dan
Seleksi Asesor
1. Tujuan
2. Alur Rekrutmen dan
Seleksi
D. Penguatan dan
Pelatihan
1. Penguatan Pelatih
Asesor
2. Pelatihan Pelatih
Asesor
3. Pelatihan
Penguatan Asesor
4. Pelatihan Asesor
Baru
5. Penguatan Asesor
SPK
5. NORMA, KODE ETIK DAN SANKSI
A. Pengantar
B. Norma Pelaksanaan
Akreditasi
1. Kejujuran
2. Mandiri
3. Profesionalisme
4. Keadilan
5. Kesejajaran
6. Keterbukaan
7. Tanggung jawab
8. Menjaga
kerahasiaan
C. Kode Etik
Pelaksanaan Akreditasi
1. Kode Etik BAN-S/M
Provinsi dan KPA
2. Kode Etik Asesor
3. Kode Etik
Sekolah/Madrasah
D. Sanksi Pelanggaran
Kode Etik
1. Sanksi kepada
BAN-S/M provinsi dan KPA
2. Sanksi kepada
Asesor
3. Sanksi kepada
Sekolah/Madrasah
6. PELAPORAN
A. Pelaporan
Penggunaan Anggaran Akreditasi
1. Jenis Laporan
B. Pelaporan
Pelaksanaan Program Akreditasi
1. Sistematika
Laporan
2. Penjelasan Isi
Laporan
Dalam pelaksanaan akreditasi Kelayakan satuan pendidikan
mengacu pada standar nasional pendidikan, karena standar nasional pendidikan
merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Adapun yang menjadi dasar penilaian dalam akreditasi pada
satuan Pendidikan sekolah/madrasah yaitu meliputi :
(1) standar isi;
(2) standar proses;
(3) standar kompetensi lulusan;
(4) standar pendidik dan tenaga kependidikan;
(5) standar sarana dan prasarana;
(6) standar pengelolaan;
(7) standar pembiayaan; dan
(8) standar penilaian Pendidikan
Kegiatan Akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan
dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan serta
memberikan arahan dalam melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang
berkelanjutan, guna mencapai mutu yang diharapkan.
Secara spesifik, Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah ini
dimaksudkan sebagai:
1. acuan
BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi serta asesor dalam pelaksanaan akreditasi
sekolah/madrasah;
2. acuan
sekolah/madrasah untuk menyiapkan diri dalam memenuhi ketentuan pelaksanaan
akreditasi;
3. acuan
dalam mengevaluasi program-program sekolah/madrasah untuk meningkatkan mutu
pendidikan; dan
4. acuan
dalam merencanakan, melaksanakan, evaluasi, dan tindak lanjut pelaksanaan
program untuk meningkatkan mutu akreditasi.
Akreditasi sekolah/madrasah sangat penting untuk
dilakukan bagi setiap satuan Pendidikan yang telah siap untuk mendapatkan kesempatan
akreditasi.
Adapun tujuan dari akreditasi yaitu :
1. memberikan informasi tentang kelayakan
sekolah/madrasah yang dilaksanakan;
2. memberikan pengakuan peringkat kelayakan;
3. memetakan mutu pendidikan mengacu pada standar
nasional pendidikan; dan
4. memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku
kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik
Setelah sekolah/madrasah melakukan akreditasi, maka ada
begitu banyak manfaat yang bisa di rasakan dalam pelaksanaan akreditasi bagi
sekolah/madrasah. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut :
1. acuan
dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah/madrasah;
2. umpan
balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah
dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program
sekolah/madrasah;
3. motivasi
agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap,
terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional
bahkan regional dan internasional; dan
4. informasi
dan rekomendasi Pemerintah, pemerintah daerah, yayasan/lembaga pendidikan,
maupun komite sekolah/madrasah dalam rangka perbaikan mutu sekolah.
Selain mengetahui tujuan dan manfaat dari pelaksanaan akreditasi
sekolah/madrasah maka perlu juga mengetahui fungsi dari akreditasi itu sendiri.
Akreditasi sekolah/madrasah memiliki fungsi sebagai
berikut:
1. Pengetahuan,
yaitu informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/madrasah dilihat
dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan.
2. Akuntabilitas,
yaitu bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada publik, apakah layanan
yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau
keinginan masyarakat.
3. Pembinaan
dan pengembangan, yaitu dasar bagi sekolah/madrasah, pemerintah, dan masyarakat
dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah/madrasah.
Bagi anda yang sekolahnya akan diakreditasi di tahun 2021
ini maka anda sangat disarankan untuk bisa membaca pedoman akreditasi
sekolah/madrasah tahun 2021 ini agar bisa mengetahui pentingnya melaksanakan
akreditasi bagi sekolah yang telah memenuhi persyaratan.
Melalui postingan ini saya akan membagikan file buku
pedoman akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun 2021.
Baiklah untuk anda yang ingin membaca dan memahami aturan
pelaksanaan akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun 2021, maka silahkan anda download
filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :
- File Pedoman Akreditasi Sekolah/madrasah Tahun 2021 (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada
kesempatan kali ini mengenai pedoman akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun
2021, semoga melalui postingan ini maka anda yang sekolahnya akan di akreditasi
tahun 2021 ini bisa mempersiapkan segalanya dengan baik sehingga pada saat
pelaksanaan akreditasi nantinya bisa berjalan dengan lancar dan juga bisa
mendapatkan nilai yang memuaskan sesuai harapan.
Sekian, semoga Bermanfaat dan Terimakasih.