Soal & Jawaban Ujian Akhir Pembatik Level 2 Tahun 2021
Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Latihan menghadapi ujian akhir pebatik level 2 tahun 2021.
Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini kembali lagi
saya akan membagikan soal latihan pembatik level 2 yang bisa digunakan untuk
pembelajaran mandiri sebagai persiapan menghadapi ujian akhir pembatik level 2.
Pada postingan saya sebelumnya saya juga telah membagikan
soal-soal latihan pembatik level 1 mulai dari soal latihan hingga soal ujian akhir pembatik dan melalui kesempatan ini kembali lagi saya
akan membagikan soal latihan buat anda yang akan mengikuti tahapan pembatik
level 2 di tahun 2021 ini. Anda bisa menjadikan soal ini sebagai bahan pembelajaran persiapan menghadapi ujian tahap selanjutnya.
Soal latihan pembatik level 2 ini dapat anda jadikan
sebagai bahan pembelajaran dalam melakukan persiapan menghadapi ujian akhir
pembatik level 2, semakin banyak anda belajar dan berlatih maka pastinya peluang
anda untuk bisa lulus juga akan semakin besar, oleh sebab itu jadikanlah
soal-soal ini sebagai bahan referensi dan pembelajaran anda dalam menghadapi ujian
akhir pembatik level 2.
Baiklah untuk selengkapnya berikut ini beberapa jenis
soal latihan pembatik level 2 tahun 2021 yang bisa anda pelajari :
1.Kemampuan mengidentifikasi, mengakses, memanfaatkan dan
mengoptimalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk menerima dan menyampaikan
informasi kepada pihak lain merupakan salah satu kecakapan abad 21 …
A. Berpikir kritis
B. Pemecahan masalah
C. Komunikasi
D. Kolaborasi
Kunci jawaban : C
2. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang
mengintegrasikan kemampuan…
A. literasi, kecakapan pengetahuan , keterampilan dan
sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
B. literasi, kolaborasi, keterampilan dan sikap, serta
penguasaan terhadap teknologi
C. literasi, kecakapan pengetahuan, interaksi, serta
penguasaan terhadap teknologi
D. literasi, kompetisi, keterampilan dan sikap, serta
penguasaan terhadap teknologi
Kunci jawaban : A
3. Kualitas karakter yang tidak sesuai dengan tuntutan
kecakapan Abad 21 yaitu ….
A. Iman dan taqwa
B. Cinta tanah air dan rasa ingin tahu
C. Kreatif dan kompetisi
D. Kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan
Kunci jawaban : C
4. Berikut ini salah satu kecakapan terkait dengan
kolaborasi dalam pembelajaran, …
A. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif
baru dan berbeda.
B. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual
dan praktikal.
C. Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab,
bekerja secara produktif dengan yang lain*
D. Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan
kontribusi positif terhadap lingkungan
Kunci jawaban :C
5. Yang bukan merupakan prinsip dalam membangun
pembelajaran efektif abad 21 sebagai
tuntutan era industri 4.0 dan society 5.0 adalah....
A. collaboration,
B. inovation
C. creativity
D. critical thingking
Kunci jawaban : B
6. Ada beberapa alasan rasional mengenai pentingnya
integrasi TIK dalam pendidikan dan pembelajaran. Salah satu rasional adalah TIK
sebagai faktor katalitik yaitu...
A. Pembelajaran terintegrasi TIK bertujuan agar peserta
didik memiliki keterampilan yang sesuai di masyarakat
B. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran akan mempercepat
proses perubahan paradigma belajar
C. Pembelajaran terintegrasi TIK meningkatkan kemampuan
guru dalam mengemas penyampaian materi ajar
D. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diharapkan dapat
mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan guru
Kunci jawaban : B
7. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran mendukung beragam
teori belajar. Misalnya penggunaan aplikasi drill dan practice sesuai dengan
teori belajar behavioristik karena...
A. Aplikasi drill dan practice sesuai dengan pembelajaran
penalaran dan keterampilan yang kompleks
B. Aplikasi drill dan practice sesuai untuk personalisasi
kecepatan belajar dan penguasaan pengetahuan
C. Aplikasi drill dan practice akan membantu pembelajaran
kolaboratif sesuai tujuan belajar behavioristik
D. Aplikasi drill dan practice akan membantu peserta
didik untuk memvisualisasikan konsep belajar behavioristik
Kunci jawaban : c
8. Pembelajaran abad 21 merupakan implementasi dari
paradigma pembelajaran aktif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Guru sebagai
fasilitator belajar melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran berbasis proyek
supaya peserta didik memiliki keterampilan kolaborasi yaitu..."
A. Mampu menyikapi ilmu secara kritis dan bermanfaat bagi
kemanusiaan
B. Mampu mengatasi masalah belajar sebagai refleksi
permasalahan masa depan
C. Mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan TIK untuk
berkomunikasi
D. Mampu menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk
meningkatkan strategi
Kunci jawaban : B
9. Pada proses pembelajaran terintegrasi TIK di kelas,
salah satu ruang lingkup TIK adalah dapat membangun kompetensi pengguna. Contoh
kompetensi aspek kognitif yang dikembangkan melalui pemanfaatan TIK
pembelajaran adalah..."
A. Menganalisis kondisi permasalahan secara sistemik
B. Menerapkan kemampuan bekerja sama
C. Menggunakan perangkat TIK dengan terampil
D. Memiliki sikap kreatif dan inovatif
Kunci jawaban : A
10. Poin-poin berikut merupakan manfaat pendayagunaan TIK
pada aspek…
-
Berbagi pengetahuan adalah suatu keharusan
-
Belajar mengenai how to learn melalui
penggunaan TIK
-
Belajar sepanjang hayat dengan pendayagunaan
TIK
A. TIK sebagai keterampilan dan kompetensi
B. TIK sebagai supporting system manajemen pembelajaran
C. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran
D. TIK sebagai sumber belajar
Kunci jawaban : B
11. Kasus : Terjadi permasalahan belajar di kelas dan
Anda sebagai guru perlu melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah
yang terjadi. Anda ingin meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif
berpartisipasi dalam aktivitas belajar, dan membangun suasana kelas yang
kondusif.
Maka aspek-aspek yang perlu Anda analisis untuk menemukan
solusi atas permasalahan belajar adalah...
A. Evaluasi diri, teknik mengajar, dukungan manajemen
B. Pertimbangan administratif, penambahan fasilitas TIK
C. Evaluasi diri, kemampuan pedagogis, karakteristik
peserta didik
D. Pertimbangan administratif, soal evaluasi pembelajaran
Kunci jawaban : C
12. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif
maka lingkungan pembelajaran pun harus disiapkan agar suportif dan kondusuf.
Hal-hal yang termasuk lingkungan pembelajaran fisik adalah...
A. Metode pembelajaran, media pembelajaran, RPP
B. Perangkat peraturan manajemen, motifasi belajar,
evaluasi
C. Fasilitas TIK, media pembelajaran, pengaturan ruang
kelas
D. Supporting system, metode pembelajaran, komunikasi.
Kunci jawaban : A
13. Contoh pendayagunaan TIK dalam rencana aktivitas
pembelajaran adalah...
A. Mendiskusikan analisis kasus melalui konferensi video
dan fitur chat
B. Menginventarisasi bahan ajar berbasis TIK
C. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah
D. Penggunaan aplikasi survei daring untuk tes kemampuan
awal
Kunci jawaban : B
14. Fitur pada portal Rumah Belajar yang menyediakan
beragam bahan belajar digital berbagai format, yang dapat diunduh secara gratis
untuk belajar adalah...
A. Kelas Maya
B. Sumber Belajar
C. Bank Soal
D. Peta Budaya
Kunci jawaban : B
15. Jenis media apa saja yang terdapat pada fitur Sumber
Belajar?
A. Video, Audio, VR
B. Video, Audio, konten berbasis web
C. Video, Audio, Game
D. Video, Multimedia, Game
E. Video, Multimedia, AR
Kunci jawaban : B
16. Pengembangan pembelajaran abad 21, guru dituntut
untuk memulai satu langkah perubahan diantaranya yaitu
A. Pola pembelajaran ceramah menjadi menggunakan TIK
B. Pola pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran
menggunakan peralatan modern
C. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pola
pembelajaran yang berpusat pada siswa
D. Pola pembelajaran ceramah menjadi pola pembelajaran
multiarah
Kunci jawaban : C
17. Pengembangan pembelajaran abad 21 harus memperhatikan
hal berikut, kecuali….
A. mengembangkan RPP yang mengkombinasikan target
kurikulum nasional, kecakapan abad 21 dan pemanfaatan teknologi
B. Membangun kemampuan berfikir kritis
C. Memasukan unsur berfikir tingkat tinggi
D. Menerapkan pola pendekatan dan model pembelajaran yang
bervariasi
Kunci jawaban : B
18. Prinsip pembelajaran abad 21 dalam upaya
mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab adalah …
A. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan
sehari-hari
B. Memfasilitasi siswa untuk terlibat dalam lingkungan
sosialnya.
C. Mengembangkan metode pembelajaran yang memungkinkan
siswa terhubung dengan dunia nyata
D. Memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan
dan keterampilannya
Kunci jawaban : B
19. Tugas pendidik untuk mampu mengembangkan pembelajaran
abad 21 diantaranya yaitu …
A. Menyusun RPP yang mengkombinasikan antara target yang
diminta dalam kurikulum nasional, pengembangan kecakapan abad 21 atau karakter
nasional serta pemanfaatan teknologi dalam kelas
B. Menyiapkan bahan belajar dan media pembelajaran yang
lengkap
C. Memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order
Thinking).
D. Menerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang
bervariasi
Kunci jawaban : B
20. Fitur Rumah Belajar yang mendukung kecakapan
pembelajaran abad 21 dalam berkolaborasi yaitu …, kecuali
A. Sumber Belajar
B. Kelas Maya
C. Laboratorium Maya
D. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Kunci jawaban : D
21. Fitur Rumah Belajar yang berupa konten dalam bentuk
simulasi untuk kegiatan praktikum dapat digunakan untuk pembelajaran secara
individu, berkelompok, dan sarana latihan mandiri serta dapat mengembangkan
kecakapan pemecahan masalah dan berkolaborasi
adalah …
A. Sumber Belajar
B. Buku Sekolah Elektronik
C. Bank soal
D. Laboratorium maya
Kunci jawaban : D
22. Fitur Rumah Belajar yang dapat digunakan untuk
kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu …
A. Sumber Belajar dan PKB
B. BSE dan Kelas Maya
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
Kunci jawaban : C
23. Salah satu tahapan gerakan literasi sekolah adalah
“Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku
pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran”. Aktivitas tersebut
dapat difasilitasi di Rumah Belajar dengan menggunakan fitur …
A. Sumber Belajar dan Karya Guru
B. BSE dan Sumber Belajar
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
Kunci jawaban : B
24. Kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang
berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi),
media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya disebut …
A. Literasi dasar
B. Literasi perpustakaan
C. Literasi media
D. Literasi sains
Kunci jawaban : C
25. Bagi seorang pendidik langkah awal untuk
mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 dan
karakteristik KD dan materi yang akan dibahas yaitu …
A. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
B. Pelaksanaan Pembelajaran
C. Penyiapan bahan belajar dan media pembelajaran
D. Penilaian Hasil Belajar
Kunci jawaban : A
26. Bagaimana cara memanfaatkan Laboratorium Maya tanpa
menggunakan akses internet?
A. Mendaftar di lab maya dan klik tombol "lakukan
percobaan sekarang"
B. Login di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol
"unduh Lab Maya"
C. Login di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol
"lakukan percobaan sekaran"
D. Mendaftar di lab maya, pilih topik dna lakukan
percobaan
Kunci jawaban : B
27. Apabila ingin melakukan aktivitas evaluasi hasil
belajar mandiri, fitur apa yang dapat digunakan?
A. Sumber Belajar
B. Kelas Maya
C. Bank Soal
D. Laboratorium Maya
Kunci jawaban : C
28. Ada berapa kategori permainan yang dapat dimanfaatkan
untuk aktivitas belajar melalui fitur Edugame?
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
Kunci jawaban : D
29. Salah satu model pembelajaran yang mengharuskan
peserta didik untuk mempelajari materi terlebih dagulu melalui teknologi yang
diberikan oleh pendidik, sebelum pertemuan tatap muka adalah model
pembelajaran...
A. Flipped classroom
B. Gamification
C. Peer tutoring
D. Discovery learning
Kunci jawaban : D
30. Pada model pembelajaran blended learning, ada dua
aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya pembelajaran yaitu...
A. Membaca materi dan menyimak video
B. Synchronous dan asynchronous
C. Synchronous dan tatap muka luring
D. Asynchronous dan diskusi melalui grup
Kunci jawaban : B
31. Sumber belajar yang secara khusus didesain sebagai
komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar terarah dan
bersifat formal, disebut ….
A. sumber belajar yang diterapkan
B. sumber belajar yang dimanfaatkan
C. sumber belajar yang dirancang
D. sumber belajar yang dibagikan
Kunci Jawaban : C
32. Ruang kelas, perpustakaan, aula, taman, kebun, tempat
ibadah, pasar, museum, kantor merupakan sumber belajar yang berbentuk ….
A. pesan
B. bahan
C. alat/perlengkapan
D. lingkungan
Kunci Jawaban : D
33. Untuk mendukung terwujudnya sebuah kelas maya,
setidaknya ada 5 (lima) komponen yang harus disiapkan, yaitu :
A. Jaringan, Sumber Belajar, Hardware, Kebijakan,
Software
B. Konten Pembelajaran, Hardware, Software, Strategi
Komunikasi, Jaringan
C. Aset Digital, Hardware, Software, Jaringan, Strategi
Pembelajaran
D. Aset Digital, Jaringan, Kebijakan, Hardware, Software
Kunci Jawaban : A
34. Kategori pengguna kelas maya pada Rumah belajar
terdiri dari :
A. Kepala Sekolah, Guru, Siswa
B. Administrator, Guru, Siswa
C. Sekolah sebagai penyelenggara, guru dan siswa
D. Administrator, kepala sekolah, siswa, guru
Kunci Jawaban : C
35. Berikut merupakan alur pemanfaatan kelas maya pada
Rumah Belajar untuk penyelenggara :
A. Sekolah (admin) daftar sebagai penyelenggara,
mengelola kelas, mengelola guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang
sudah dibuka, dan memonitor aktivitas pengguna dalam waktu yang dikehendaki
secara per orang baik siswa maupun guru.
B. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah profile, membuat
rancangan pembelajaran, menyiapkan bahan belajar, membuat tugas dan soal ujian,
membuat topik diskusi dan memonitor aktivitas diskusi, memberikan informasi dan
pemberitahuan penting melalui pengumuman dan melakukan penilaian.
C. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah Profil, Memilik kelas
maya, Mempelajari bahan belajar yang diberikan, mengerjakan dan mengunggah
tugas, melakukan diskusi dengan topik yang diberikan, dan melihat pengumuman
dan mengikuti ujian.
D. Mendaftar di Rumah belajar, mengelola kelas, mengelola
guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang sudah dibuka, dan melihat
pengumuman dan mengikuti ujian.
Kunci Jawaban : A
36. Fitur utama Rumah Belajar adalah … .
A. Sumber Belajar, Bank Soal, Televisi Edukasi
B. Televisi Edukasi, Radio Edukasi, Mobile Edukasi
C. Laboratorium Maya, Sumber Belajar, Kelas Digital
D. Kelas Digital, Karya Guru, Laboratorium Maya
Kunci Jawaban : C
37. Laboratorium Maya Rumah Belajar diperuntukkan bagi …
.
A. PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Umum
B. SD, SMP, SMA, dan SMK
C. SD, SMP, dan SMA
D. SMP dan SMA
Kunci Jawaban : D
38. Laboratorium Maya Rumah Belajar berisi materi … .
A. Semua mata pelajaran
B. Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia
C. Matematika, Fisika, dan Biologi
D. Fisika dan Biologi
Kunci Jawaban : B
39. Berikut merupakan langkah-langkah membuat soal online
memanfaatkan fitur Bank Soal, yaitu :
A. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik
tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, mengisi
kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan
pada kolom pembahasan, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian
“aktif”, menyimpan soal.
B. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik
tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih
tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal,
mengisi kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan
penjelasan pada kolom pembahasan.
C. Setelah login, mengisi formulir identitas, mengisi
kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”,
menyimpan soal, mengisi kolom jawaban,
memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom
pembahasan, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”.
D. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik
tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih
tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, memberikan tanda untuk
jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, menyimpan
soal, mengisi kolom jawaban.
Kunci Jawaban : B
40. Evaluasi saya pada Rumah Belajar merupakan :
A. semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri
dan pengguna lainnya, sedangkan evaluasi umum evaluasi yang dibuat oleh
pengguna itu sendiri.
B. Semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna
C. evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri,
sedangkan evaluasi umum merupakan semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu
sendiri dan pengguna lainnya
D. evaluasi yang dibuat oleh pengguna, sedangkan evaluasi
umum merupakan evaluasi yang dibuat oleh pengguna lainnya
Kunci Jawaban : C
41. Kemampuan untuk mengadaptasi teknologi baru adalah
pengertian dari…
a. content knowledge
b. technological content knowledge
c. technological knowledge
d. pedagogical content knowledge
Kunci Jawaban : C
42. Guru harus bisa menafsirkan materi pembelajaran dan
menemukan cara yang pas untuk menyampaikan materi tersebut kepada siswa, hal
ini yang dimaksud dengan…
a. pedagogical content knowledge
b. technological content knowledge
c. content knowledge
d. technological pedagogical knowledge
Kunci Jawaban : A
43.Kemampuan memecahkan masalah (problem solving),
kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/ mengelola informasi
adalah beberapa hal yang dibutuhkan dalam…
a. ICT literacy
b. meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
c. membangun knowledge based society habits
d. menentukan aktivitas pembelajaran
Kunci Jawaban : B
44. Jika siswa ingin mendapatkan informasi pendidikan
maupun materi pembelajaran yang dapat diakses kapan pun tanpa terikat dengan
jadwal, maka siswa dapat memilih layanan:
a. Televisi Edukasi Live melalui kanal Youtube
b. Video on Demand (VoD)
c. Sapa Edu
d. Siaran live TV Edukasi melalui laman
tve.kemdikbud.go.id/live/
Kunci Jawaban : B
45. Dalam rangka mendukung proses pembelajaran, Pusdatin
menyediaan layanan pembelajaran berbasis streaming untuk jenjang SD, SMP, SMA,
dan SMK berupa siaran dengan tema mata pelajaran masing-masing jenjang yang
ditayangkan berdasarkan
jadwal yang ditentukan. Layanan tersebut dapat diakses
melalui laman/aplikasi berikut, kecuali :
a. tve.kemdikbud.go.id/live/
b. aplikasi mobile TVE
c. m-edukasi.kemdikbud.go.id
d. Youtube melalui tayangan Televisi Edukasi Live
Kunci Jawaban : C
46. Berikut ini yang tidak termasuk layanan m-edukasi
yaitu:
a. Info Edu
b. e-Komik
c. SiPAKAR
d. Mobile Vokasi
Kunci Jawaban : A
47.Aplikasi yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis
kebutuhan akan pentingnya pemberian dukungan media pembelajaran kepada
pendidikan vokasi, dan berbasis mobile device adalah:
a. Mobile TVE
b. Video on Demand (VoD)
c. Mobile Vokasi
d. SiPAKAR (APLIKASI PANDAI AKTIF KARENA AR)
Kunci Jawaban : C
48.Dalam rangka peningkatan kompetensi siswa, selain
aplikasi media pembelajaran Pusdatin juga menyediakan ajang kompetisi bagi para
siswa untuk semua jenjang SD,
SMP, SMA dan SMK. Ajang kompetisi ini dapat diakses
melalui program:
a. Kita Perlu Tahu
b. Bintang Edu
c. SiKECE (APLIKASI KELUARGA CERDAS)
d. Kuis Kihajar
Kunci Jawaban : D
49. Salah satu cara pemanfaatan media TV Edukasi dalam
proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Mendownload aplikasi TV Edukasi
b. Instalasi apk EduStore
c. Menggunakan fitur Video On Demand
d. Mendengarkan siaran suara edukasi
Kunci Jawaban : D
50. Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran
dalam proses pembelajaran sebagai berikut:
1. Melalui steaming
2. Instalasi aplikasi TV Edukasi
3. Menggunakan Video On Demand
4. Download apk m-Edukasi
Manakah dari cara pemanfataan media pembelajaran diatas
yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi:
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
Kunci Jawaban : B
51. Salah satu prinsip dalam model pembelajaran berbasis
elektronik (e-learing) yang saat ini sedang populer adalah...
A. Pendidik dapat menentukan sendiri waktu untuk
menyampaikan materi dan tugas
B. Pendidik dan peserta didik tidak perlu saling
terhubung untuk mencapai tujuan belajar
C. Peserta didik hanya bisa belajar melalui LMS yang
disediakan oleh sekolah
D. Peserta didik dapat menentukan sendiri kapan, dimana
dan bagaimana belajarnya
Kunci Jawaban : D
52. Rumah Belajar memiliki fitur Edugame yang dapat
dimanfaatkan oleh pendidik untuk menerapkan salah satu model pembelajaran
yaitu...
A. Flipped classroom
B. Gamification
C. Peer tutoring
D. Game based learning
Kunci Jawaban : D
53. Dalam penerapan model pembelajaran berbasis game,
pembelajaran dapat diawali dengan...sebelum sesi bermain game dimulai
A. Story telling, diskusi, penjelasan cara bermain
B. Menjelaskan tujuan pembelajaran, story telling,
diskusi penugasan
C. Menjelaskan tujuan pembelajaran, story telling,
penjelasan cara bermain
D. Menjelaskan tujuan pembelajaran, diskusi penugasan,
penjelasan cara bermain.
Kunci Jawaban : D
54. Bu Ani melaksanakan pembelajaran Kimia dengan bantuan
TIK pada konsep Titrasi Asam Basa. Siswa diminta mengumpulkan beberapa artikel
tentang manfaat cuka dalam kehidupan. Setelah itu siswa akan membuat rangkuman
dan membuat poin penting dari bacaan tersebut dalam sebuah presentasi dan
berkolaborasi. Apa tujuan dari strategi pembelajaran yang dilakukan oleh bu
guru Ani ini?
A. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti
kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi,
kemampuan mencari, mengolah/mengelola informasi, lalu mengubahnya menjadi
pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain.
B. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti
kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan
mencari, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya
kepada orang lain.
C. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti
kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi serta
mengembangkan keterampilan menggunakan TIK (ICT Literacy).
D. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pembelajaran
Kunci Jawaban : A
55. Guru Salam di SMAN 1 Taliabu menjelaskan tentang cara
membuat Koloid Liofil dan Liofab kepada siswanya di kelas dengan menggunakan TV
Edukasi secara Video on Demand. Tahapan sintaks dalam pembelajaran ini
adalah...
A. Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan
media pembelajaran, lalu meminta siswa mengunduh konten. Setelah itu siswa
dapat menonton konten dan guru dapat memberi penugasan kepada siswa.
B. Setelah membuat atau menyiapkan media pembelajaran,
siswa dapat menonton konten dan memberikan penugasan kepada siswa.
C. Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan
media pembelajaran lalu meminta siswa mengunduh nilai.
D. Setelah menonton konten, siswa dapat mengerjakan tugas
dan melihat kemajuan proyek yang dikerjakan.
Kunci Jawaban : A
56. Lingkungan belajar dapat diartikan sebagai
“laboratorium” yang idealnya memberi kesempatan siswa untuk bereksplorasi,
bereksperimen, dan ....
A. mencoba hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat
B. merancang masa depan melalui serangkaian aktivitas
pembelajaran
C. mengimplementasikan rencana pembelajaran yang berpusat
pada siswa
D. mengekspresikan diri untuk mendapatkan konsep serta
keterampilan baru
Kunci Jawaban : D
57. Pengkondisian Lingkungan Belajar dalam pengelolaan
kelas ditujukan untuk ….
A. mengimplementasikan kegiatan memanfaatkan teknologi
B. mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran
C. memastikan prestasi belajar meningkat
D. memadukan beragam sumber belajar
Kunci Jawaban : B
58. Lingkungan belajar dapat memberikan pengaruh positif
maupun negatif dalam proses pembelajaran. Contoh pengaruh positif yang
diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah menstimulasi ….
A. siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar
B. siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
C. siswa untuk mensinkronkan keterampilan
D. siswa untuk menyiasati keterbatasan
Kunci Jawaban : C
59. Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan
memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran
adalah ....
A. rasio jumlah guru dengan jumlah siswa
B. rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa
C. rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi
D. rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
Kunci Jawaban : D
60. Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang
harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ….
A. memberi kesempatan siswa untuk berpendapat
B. memastikan kelas dikelola dengan tertib dan teratur
C. mengelola pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan
D. memeliharan rutinitas dan kebiasaan baik yang ada di
kelas
Kunci Jawaban : A
61. Pak Joko adalah guru mata pelajaran Seni Budaya. Pada
pertemuan ini beliau akan menjelaskan tentang mengenai Batik Garutan dan teknik
membuatnya kepada siwa di kelas. Dalam kegiatan tatap muka kali ini beliau akan
memanfaatkan TV Edukasi. Salah satu channel yang menjadi favorit siswa dalam
mata pelajaran Seni Budaya adalah Lensa Nusantara. Menurut anda acara TV apakah
yang dapat dimanfaatkan oleh pak Joko bersama siswanya di kelas?
A. Film Televisi
B. Hai Sobat
C. Rumah Adat Cerdas
D. SIKECE
Kunci Jawaban : C
62. Untuk proyek sains tentang "Kehidupan di
desaku" Arman dan Rahmat diminta oleh gurunya untuk melihat dan menonton
Video TV Edukasi di Youtube. Di dalam video ini mereka belajar tentang
bagaimana menjadi kameramen. Mereka juga belajar tentang pengambilan gambar
dengan sistem Panning. Ada 2 cara pengambilan gambar dengan teknik Panning
yakti Pan ke kiri dan Pan ke kanan. Mereka juga belajar tentang teknik Tilt Up
dan Tilt Down. Jika kamu adalah bagian dari anggota kelompok ini, bagaimana
cara kamu agar bisa membantu temanmu dalam kelompok agar mereka dapat
memperoleh informasi ini secara lengkap dan benar?
A. Buka Youtube TV Edukasi nonton streaming
B. Buka Youtube - TV Edukasi - Vokasi - pilih menu
Boardcasting
C. Buka Youtube - TV Edukasi - Vokasi - pilih menu On
Action
D. Buka Youtube - TV Edukasi - Vocasi - pilih menu
Vikipedia
Kunci Jawaban : B
63. Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran
dalam proses belajar manakah dari cara pemanfaatan media pembelajaran diatas
yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi, kecuali?
A. Melalui steaming
B. Instalasi aplikasi TV Edukasi
C. Menggunakan Video On Demand
D. Download apk m-Edukasi
Kunci Jawaban : A
64. Untuk menyajikan gambar objek 3 dimensi kepada siswa
tentang sel, bu Nursin guru Biologi membuat demonstrasi di kelasnya. Anak-anak
sangat tertarik dengan media yang disajikan oleh bu Nursin hari ini. Menurut
anda jika pembelajaran yang sama akan kita sajikan oleh guru lain maka aplikasi
apakah yang dapat diberikan kepada siswa sebelum mereka mulai belajar?
A. SIPAKAR
B. SI KECE
C. Mobil Aplication TVE
D. M-Edukasi
Kunci Jawaban : D
65. Pak Suranto akan menjelaskan praktikum menggunakan
virtual lab. Namun ia mengalami kesulitan saat log in ke aplikasi Rumah Belajar
khususnya untuk mengidentifikasi layanan produk apa saya yang termasuk bagian
dari Mobile Edukasi. Menurut anda, apa saja yang termasuk layanan m-edukasi
tersebut?
A. Into Edu, e_Komik dan SIPAKAR
B. e-Komik, SIKECE dan mobile vokasi
C. SIPAKAR, SIKECE dan TV Edukasi
D. SIKECE, e-Komik dan M-Edukasi
Kunci Jawaban : C
Demikianlah informasi mengenai soal latihan pembatik
level 2 yang bisa saya bagikan melalui postingan ini, kiranya bisa bermanfaat
buat anda yang saat ini sedang menjalani tahapan program pembatik level 2 tahun
2021. Akhir kata selamat belajar dan semoga anda sukses.
Sekian dan Terimakasih.