Soal dan Pembahasan PPPK untuk Guru Ekonomi Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Kumpulan soal dan jawaban serta pembahasan PPPK ekonomi untuk guru jenjang SMA dan SMK tahun 2023.
Sahabat Pendidikan, dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi
ajang penerimaan ASN PPPK maka sebagai seorang guru yang akan mendaftar
nantinya harus banyak belajar dalam mengerjakan soal-soal PPPK sesuai jurusan
yang akan dipilihnya.
Sebenarnya ada begitu banyak soal latihan PPPK yang telah
di bagikan melalui blog Pendidikan ini, bahkan soal yang di sajikan pun telah
dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Hal itu tentunya akan
sangat membantu para guru yang akan belajar dan ingin mengasah otak dalam persiapan
menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Pada kesempatan ini saya akan kembali membagikan soal
PPPK untuk guru ekonomi pada jenjang SMA/SMK yang mana soal yang akan saya
berikan ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya sehingga
akan mudah untuk di pelajari serta bisa menjadi bahan referensi dalam
menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Bagi bapak dan ibu guru yang saat ini mengajar mata
pelajaran ekonomi pada jenjang SMA dan SMK serta akan mendaftar PPPK di tahun ini
maka silahkan anda pelajari contoh soal PPPK ekonomi yang akan saya bagikan ini
yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Adapun soal
PPPK ekonomi ini terdiri dari soal kompetensi pedagogik dan juga soal kompetensi
professional.
Baiklah untuk anda yang ingin belajar seputar soal-soal PPPK mapel ekonomi maka silahkan anda pelajari selengkapnya di bawah ini :
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, TI dak keTI nggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …
A. Shahih
B. Signifi cance
C. Kebermanfaatan
D. Layak dipelajari
E. Menarik minat
Pembahasan
Jawaban: A
Shahih (valid) arTI nya Materi yang akan dituangkan dalam
pembelajaran benar-benar telah teruji
kebenaran dan kesahihannya. PengerTI an ini juga
berkaitan dengan keaktualan materi sehingga
materi yang diberikan dalam pembelajaran TI dak keTI
nggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk
pemahaman ke depan.
2. Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran
Ekonomi SMA dengan susunan materi
mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks
merupakan pola pengembangan …
A. Kronologis
B. Kausal
C. Logis
D. Psikologis
E. Spiral
Pembahasan
Jawaban: C
Pola logis adalah pola pengembangan materi pembelajaran
dimana susunan materi dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, baru
kemudian beranjak pada bagian yang kompleks, sehingga mempermudah siswa dalam
memahami materi tersebut.
3. Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk
membantu menyampaikan materi mata
pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan
konsep persamaan dasar akuntansi. dalam
proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian
tujuan tujuan pembelajaran yang sudah
dirumuskan adalah pengerTI an dari …
A. Sumber belajar
B. Media pembelajaran
C. Rujukan pembelajaran
D. Fasilitas belajar
E. Dukungan pembelajaran
Pembahasan
Jawaban: B
Segala sesuatu yang digunakan untuk membantu dalam
menyampaikan materi atau informasi dalam
proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah
proses penyampaian informasi agar efekTI f
dan efi sien disebut dengan media pembelajaran
4. Media pembelajaran memiliki karakterisTI k antara lain
sebagai berikut
a) FiksaTI f
b) ManipulaTI ve
c) DistribuTI ve
d) Canggih
e) Dapat menyampaikan semua materi pelajaran
Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus
memperhaTI kan karakterisTI k yang ….
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 1,3,5
E. 2,3,5
Pembahasan
Jawaban: A
Hal mendasar yang harus diperhaTI kan guru dalam
pemilihan media adalah karakterisTI k media yang
fi ksaTI f, manipulaTI ve dan distribuTI ve.
Pemilihan media pembelajaran TI dak harus canggih apalagi
media yang dapat menyampaikan semua
materi pelajaran, akan tetapi media yang sesuai dengan
materi pelajaran dan mempermudah dalam
pencapaian tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri Media Pembelajaran
Ciri media pembelajaran Gerlach & Ely (1971)
mengemukakan TI ga ciri-ciri media yang merupakan alasan mengapa media
digunakan.
Yaitu :
Ciri fiksaTIf (fi xaTI ve property). Ciri fi ksaTI f
yaitu menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan
mengkonstruksi suatu perisTI wa atau objek. Cara ini amat penTI ng bagi guru
karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan
format media yang ada dapat digunakan seTI ap saat. Media yang dikembangkan
seperTI photography, video tape, audio tape, disket komputer, dan fi lm.
Misalnya seperTI perisTI wa-perisTI wa bersejarah yang terjadi di suatu negara.
Siswa dapat mepelajari bagaimana perisTI wa atau kejadian-kejadian itu melalui
rekaman video dokumentasi, dan foto-foto. Objek-objek bioTI k ataupun abioTI k
yang unik dan harus dipelajari oleh siswa dapat dihadirkan dengan gampang
diruang kelas dengan rekaman video atau foto. Maka media ini memungkinkan suatu
rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu dapat ditransportasikan
tanpa mengenal waktu. Teknologi telah menjadikan media pembelajaran mempunyai
peranan yang amat penTI ng untuk memberikan pemahaman akan suatu perisTI wa
atau objek bagi siswa.
Ciri manipulaTI f (manipulaTI f property). Ciri
manipulaTI f yaitu Transpormasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena
media memiliki ciri manipulaTI f. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari
dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu 2 (dua) menit sampai 15 (lima
belas) menit dengan teknik pengambilan gambar atau TI me - lapse recording.
Misalnya seperTI , siswa dapat mempelajari bagaimana proses pertumbuhan dan
perkembangan embrio di dalam kandungan ibu hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit.
Proses ini aslinya berlangsung selama 9 bulan di dalam tubuh ibu. Dengan
bantuan teknologi khusus dan proses perekaman yang kemudian dilakukan
manipulasi, waktu dapat dipersingkat dengan mempercepat dengan hanya
menampilkan kejadian-kejadian penTI ng saja. Selain itu, bahkan proses dapat
diputar balik dan diulang-ulang. Kejadian yang berlangsung cepat juga dapat
diperlambat. Contoh lain seperTI proses larva menjadi kepompong kemudian
menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografer di samping
itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali hasil rekaman video. Kemampuan
media dari ciri manipulaTI f memerlukan perhaTI an sungguh-sungguh karena
apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau
potongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran
yang tentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat
mengubah sikap mereka kearah yang TI dak diinginkan.
Ciri distribuTI f (distribuTI ve property). Ciri
distribuTI f yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian
ditranspormasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut
disajikan kepada peserta didik dengan sTI mulas pengalaman yang relaTI f sama
mengenai kejadian ini. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia
dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di
berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Misalnya
seperTI Kejadian di daerah-daerah yang sulit atau bahkan TI dak mungkin
dikunjungi oleh siswa dapat dihadirkan di ruang kelas mereka tanpa memerlukan
banyak usaha keras. Penggunaan internet atau perangkat penyimpan data seperTI
fl ashdisk, CD, dan sebagainya memudahkan bahan-bahan pembelajaran tersebut
didistribusikan. Konsistensi informasi yang terdapat didalamnya akan selalu
terjaga sebagaimana aslinya. (Sumber:
http://wayantarne.blogspot.com/2014/11/ciri-ciri-media-pembelajaran.html)
5. Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan
berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah ...
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis tujuan pembelajaran
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam
suatu kegiatan pembelajaran
D. Memilih media TI dak perlu banyak perTI mbangan agar TI
dak merepotkan
E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah
Pembahasan
Jawaban: C
Tujuan utama dari media pembelajaran adalah mempermudah
dalam proses penyampaian informasi
(materi pelajaran) sehingga materi pelajaran mudah
dipahami oleh siswa
6. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran
Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan
bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran
dalam perekonomian Indonesia, untuk
mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang
baik. Sumber belajar yang baik adalah
sumber belajar yang selalu mengikuTI perkembangan ilmu
pengetahuan. Salah satu sumber belajar
yang paling tepat untuk mengikuTI perkembangan ilmu
pengetahuan yang pesat adalah …
A. Buku teks
B. Buku grand theory
C. Jurnal ilmiah/arTI kel ilmiah
D. Ensiklopedia
E. Surat kabar
Pembahasan
Jawaban: C
Jurnal/arTI kel ilmiah merupakan salah satu rujukan yang
tepat dalam mengikuTI perkembangan ilmu
pengetahuan terkini, karena memuat hasil peneliTI an atau
temuan baru dalam dunia akademik (ilmu
pengetahuan)
7. Beberapa hal yang ada dalam seTI ap proses
pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …
a) KarakterisTI k materi pelajaran yang berbeda-beda
b) Sarana belajar yang ada
c) Gaya belajar siswa
d) Target dari pimpinan (kepala sekolah)
e) Tuntutan dari orang tua siswa
yang menjadi perTI mbangan dalam pemilihan sebuah metode
pembelajaran adalah ….
A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 1,2,5
D. 2,3,4
E. 2,3,5
Pembahasan
Jawaban: A
Hal pokok yang mendasari pemilihan sebuah metode
pembelajaran adalah kesesuaian metode yang
dipilih dengan tujuan pembelajaran, karakter dari materi,
sarana belajar, dan juga gaya belajar siswa.
8. Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk
berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau
saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah
sehingga didapatkan kesepakatan
diantara mereka merupakan metode …
A. Ceramah
B. Diskusi
C. Demonstrasi
D. Resitasi
E. Tanya Jawab
Pembahasan
Jawaban: B
Metode diskusi adalah akTI vitas dari sekelompok siswa,
berbicara saling bertukar informasi maupun
pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana seTI
ap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian
problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada.
Metode ini melaTI h siswa untuk berani mengungkapkan
pendapat dan berargumentasi untuk
mempertahankan pendapatnya
9. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian
dapat berupa hasil belajar peserta didik yang TI dak
dipengaruhi oleh kepenTI ngan penilai, perbedaan
latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa,
gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …
A. ObjekTI vitas
B. Ransparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
E. Adil
Pembahasan
Jawaban: A
Penilaian yang bersifat objekTI f adalah penilaian yang TI
dak memandang dan membeda-bedakan latar
belakang peserta didik, namun melihat kompetensi yang
dihasilkan oleh peserta didik tersebut, bukan
atas dasar siapa dirinya
10. Teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta
didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam
bentuk unjuk kerja adalah teknik penilaian ... A. Tes lisan B. Tes prakTIkC.
Penugasan
D. Portofolio
E. Magang
Pembahasan
Jawaban: B
Tes prakTI k merupakan teknik penilaian untuk melihat
secara langsung kemahiran/kemampuan siswa
dalam mendemonstrasikan kemahirannya atau hasil
belajarnya.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensi
11. Saat ini berkembang bentuk intrumen penilaian dengan
meminta siswa untuk mengumpulkan
dokumen-dokumen yang menjadi bukTI bahwa siswa tersebut
telah melakukan sesuatu yang
disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk
menunjukkan bukTI tentang kompetensi,
pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran
tertentu. Hal ini sering disebut dengan
penilaian ...
A. Penugasan
B. Pengamatan
C. Portofolio
D. PrakTI k
E. Produk
Pembahasan
Jawaban: C
Teknik penilaian dengan bentuk portofolio merupakan
bentuk penilaian yang mensyaratkan siswa
memiliki dan mengumpulkan bukTI /bukTI dokumen yang akan
menunjukkan bahwa dia telah memiliki
kompetensi, pemahaman dan capaian dari sebuah
pembelajaran. Melalui kumpulan dari dokumendokumen tersebut nanTI nya siswa
akan dinilai apakah telah memenuhi syarat atau mencapai tujuan dari
pembelajaran tersebut.
12. Ibu CanTI k seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI,
setelah melakukan penilaian pada KD. 3.4
Menganalisis indeks harga dan infl asi, selanjutnya
menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat
beberapa peserta didik yang belum mencapai TI ngkat
ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang
berbeda-beda, maka startegi pelaksanaan
pembelajaran remedial adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang
D. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Jawaban: B
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran
remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan TI ngkat kesulitan.
1. Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan
apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda,
sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan
disesuaikan dengan TI ngkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik.
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal
pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih
alternaTI f TI ndak lanjut berupa pemberian bimbingan se cara
individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran
guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau
beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan
2. Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan
apabila dalam pembelajaran klasikal ada be berapa peserta didik yang mengalami
kesulitan sama.
3. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media
yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara
penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan
bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar
atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali
dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat.
4. Pemberian
tugas-tugas laTI han secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial,
tugas-tugas la TI han perlu diperbanyak agar peserta didik TI dak mengalami
kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelaTI han
intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang di tetapkan.
5. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman
sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu
dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang
mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar
peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar akan le bih mudah memahami materi atau kompetensi
yang harus dicapai.
13. Ibu Anggun seorang guru Ekonomi SMA ABC kelas XII,
setelah melakukan penilaian pada KD. 3.6
Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada
perusahaan dagang, Analisis hasil penilaian,
ternyata sebagian besar peserta didik yang belum mencapai
TI ngkat ketuntasan, maka startegi
pelaksanaan pembelajaran remedial yang sesuai adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media
yang berbeda
D. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Jawaban: C
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial
yang dapat disesuaikan dengan jenis dan
TI ngkat kesulitan.
Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan
apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda,
sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan TI ngkat
kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus,
misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu
mengalami kesulitan, perlu dipilih alternaTI f TI ndak lanjut berupa pemberian
bimbingan secara individual/ perorangan. Pemberian bimbingan perorangan
merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan
bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil
mencapai ketuntasan Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan
apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami
kesulitan sama. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang
berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan
penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian
besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami
kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan
metode dan/atau media yang lebih tepat. Pemberian tugas-tugas laTI han secara
khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas laTI han perlu
diperbanyak agar peserta didik TI dak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes
ulang. Peserta didik perlu diberi pelaTI han intensif untuk membantu menguasai
kompetensi yang ditetapkan. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman
sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu
dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang
mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar
peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus
dicapai.
14. Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD.
menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi.
Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru
Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan
pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM.
Pengayaan dapat dilakukan melalui …
A. Belajar kelompok KD yang sama
B. Belajar mandiri KD selanjutnya
C. Belajar kelompok KD selanjutya
D. Belajar mandiri KD sebelumnya
E. Belajar kelompok KD sebelumnya
Pembahasan
Jawaban: A
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan
melalui:
Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang
memiliki minat tertentu diberi tugas untuk
memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait
dengan KD yang dipelajari pada jam
pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah.
Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta
didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara
kelompok peserta didik dapat diminta untuk
menyelesaikan sebuah proyek atau peneliTI an ilmiah.
Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik
belajar mengenai sesuatu yang diminaTI , menjadi
tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan
masalah nyata, tugas proyek, ataupun
peneliTI an ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta
didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminaTI
secara individu.
Pembelajaran berbasis tema, yaitu pembelajatan terpadu
yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat
mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Melalui pembelajaran temaTI
k dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan penga
laman bermakna bagi peserta didik. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran
temaTI k, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari
melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah
dipahaminya.
15. Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk
menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar
(KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran
merupakan pengerTI an dari …
A. Kompetensi InTI (KI)
B. Standar kompetensi lulusan (SKL)
C. Indikator
D. Standar Isi
E. Standar proses
Pembahasan
Jawaban: C
Indikator merupakan penanda tercapainya kompetensi dasar
dari sebuah mata pelajaran. Indicator harus dapat diukur dan diobservasi
sehingga guru dapat menyimpulkan apakah KD telah tercapai atau belum.
16. Berikut ini merupakan ketentuan dalam merumuskan
indicator
a) Indikator dirumuskan/diturunkan dari KD
b) Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terukur
c) Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana, jelas dan
mudah dipahami serta TI dak bermakna
ganda
d) Minimal harus berada pada level C4
e) Tiap indikator harus mengandung TI ga ranah sekaligus
(kogniTI f, afekTI f & psikomotor)
Yang bukan ketentuan dalam perumusan indikator adalah …
A. 1,2
B. 2,3
C. 3,4
D. 4,5
E. 1,5
Pembahasan
Jawaban: D
Ketentuan umum dalam perumusan indicator sebuah KD adalah
seperTI nomor 1,2, dan 3, sedangkan 4
& 5 TI dak, karena dalam indicator TI dak harus
selalu berada pada level C4, karena boleh ada pada level
C1-C3.
Selain itu TI ap indikator juga TI dak harus memuat 3
ranah sekaligus
20. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran TI
dak lagi dilakukan secara tatap muka
didalam kelas, akan tetapi dapat dilakukan secara virtual
atau jarak jauh (distance learning). System
ini menggabungkan proses pembelajaran jarak jauh dengan
prinsip-prinsip dalam pembelajarn
dengan teknologi. Pembelajaran ini biasanya berbasis web
yang bias diakses menggunakan jaringan
internet dimanapun tempat pebelajar berada. Hal ini
sering disebut dengan …
A. E-Learning
B. Blended learning
C. Learning by doing
D. Self-learning
E. Effi cient learning
Pembahasan
Jawaban: A
E-learning adalah system pembelajaran yang memanfaatkan
teknologi informasi dalam proses belajar
mengajar dan digabungkan dengan sistem pembelajaran jarak
jauh (non face-to-face learning) yang bisa
diakses dengan menggunakan jaringan internet dimana saja
berada.
21. Salah satu pendekatan pembelajaran Ekonomi di SMA/MA
di kurikulum 2013 revisi adalah
pendekatan sainTI fi k langkah-langkah pembelajaran
dengan pendekatan sainTI fi k yang benar adalah
sebagai berikut …
A. MengamaTI , mengumpulkan informasi, mengasosiasikan,
menanya dan mengkomunikasikan
B. MengamaTI , menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
C. Menanya, mengamaTI , mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
D. MengamaTI , mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasikan,
dan mengkomunikasikan
E. MengamaTI , menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan
informasi, dan mengkomunikasikan
Pembahasan
Jawaban: B
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun
2013 lampiran IV, proses pembelajaran terdiri atas lima
pengalaman belajar pokok yaitu:
• MengamaTI ;
• Menanya;
• Mengumpulkan informasi/eksperimen;
• Mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
• Mengkomunikasikan
22. Kegiatan memproses informasi yang sudah dikumpulkan
baik dari eksperimen maupun hasil dari
kegiatan mengamaTI yang kemudian dilanjutkan dengan
kegiatan menemukan keterkaitan satu
informasi dengan informasi lainnya dan menyimpulkan pola
dari keterkaitan informasi tersebut
merupakan salah satu bagian dari langkah pembelajaran
sainTI fi k, yaitu …
A. MengamaTI
B. Menanya
C. Mengumpulkan informasi
D. Mengasosiasikan
E. Mengkomunikasikan
Pembahasan
Jawaban: D
Mengasosiasikan dalam langkah pembelajaran sainTI fi k
merupakan kegiatan mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dan kemudian menemukan kaitan antar
informasi tersebut serta membuat kesimpulan dari informasi yang telah
dikumpulkan sebelumnya
23. Seorang guru Ekonomi kelas XI SMA, sebelum
melaksanakan pembelajaran mempersiapkan
perangkat pembelajaran. Pada KD. menganalisis APBN dan
APBD dalam pembangunan ekonomi,
setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD
tersebut, salah satu tujuan pembelajaran
yang disusun adalah mengidenTI fi kasi manfaat pendapatan
nasional dengan jujur dan percaya diri.
Termuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus
D. SKL
E. Kurikulum
Pembahasan
Jawaban: B
Tujuan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). Juga memuat
gambaran proses dan hasil belajar yang akan dilakukan
didalam pembelajaran.
Sesuai dengan Lampiran peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang
standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana
kegiatan pembelajaran tatap muka untuk
satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus
untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
SeTI ap pendidik pada satuan pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistemaTI s
agar pembelajaran berlangsung secara
interakTI f, inspiraTI f, menyenangkan, menantang, efi
sien, memoTI vasi peserta didik untuk berparTI sipasi
akTI f, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreaTI vitas, dan kemandirian sesuai dengan
bakat, minat, dan perkembangan fi sik serta psikologis
peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atauubtema yang dilaksanakan kali
pertemuan atau lebih.
Komponen RPP terdiri atas
a. IdenTI tas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
b. IdenTI tas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. Kelas/semester;
d. Materi pokok;
e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk
pencapaian KD dan beban belajar dengan
memperTI mbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia
dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD,
dengan menggunakan kata kerja operasional
yang dapat diamaTI dan diukur, yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan;
g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip,
dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk buTI r-buTI r sesuai dengan rumusan indikator
ketercapaian kompetensi;
i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang
disesuaikan dengan karakterisTI k peserta didik
dan KD yang akan dicapai;
j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan
elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar
lain yang relevan;
l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan
pendahuluan, inTI , dan penutup; dan
m. Penilaian hasil pembelajaran.
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar
kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh seTI ap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh TI m guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh seTI ap satuan
pendidikan.
E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan
RPP berisi pendekatan penilaian hasil
belajar yang akan diguanakan.
Pembahasan
Jawaban: A
Silabus penjabaran lebih lanjut dari kompetensi inTI dan
kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokokpokok serta uraian materi yang
perlu dipelajari siswa dalam mencapai kompetensi inTI dan kompetensi
dasar.
Sedangkan RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen
Pembelajaran (rencana kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dikelas) untuk mencapai
satu atau lebih kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi
silabus.
SOAL
KOMPETENSI PROFESIONAL
1. Suatu daerah yang baru terkena musibah banjir, mengalami kelangkaan air bersih sehingga banyak yang terjangkit penyakit kulit (gatal-gatal). Berdasarkan informasi tersebut yang menyebabkan air bersih langka adalah …
A. Harga air bersih cenderung naik
B. Kebutuhan air bersih tak terbatas
C. SeTI ap orang memaksimumkan kepuasannya
D. Persediaan TI dak sesuai dengan rencana
E. Sumber air bersih tercemar kotoran
Pembahasan
Jawaban; E
Masalah kelangkaan kebutuhan erat kaitannya dengan
barang. Apabila barang illith adalah barang dapat
menjadi langka karena kekurangan atau kelebihan, seperTI
digambarkan oleh kelangkaan air karena
banjir dapat menjadi langka karena sumber air bersih
tercemar kotoran.
Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana kita TI dak
cukup mempunyai sumber daya untuk kebutuhan
kita. Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih
banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.
Kelangkaan bukan berarTI segalanya sulit diperoleh atau
ditemukan. Kelangkaan juga dapat diarTI kan alat
yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya TI dak
seimbang dengan kebutuhan yang harus
dipenuhi.
Faktor penyebab kelangkaan antara lain :
1. Keterbatasan sumber daya
2. Perbedaan letak geografi s
3. Pertambahan jumlah penduduk
4. Keterbatasan kemampuan produksi
5. Bencana alam
2. Tn. Bagus seorang karyawan perusahaan swasta di kota
“X” memperoleh gaji Rp 3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha
sendiri dia berhenTI dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri
Batako 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah karyawan Rp
2.000.000,00 dan biaya lain-lain Rp 750.000,00. Biaya peluang yang dikorbankan
Tn. Bagus adalah …
A. Rp 4.250.000,00
B. Rp 3.000.000,00
C. Rp 2.000.000,00
D. Rp 1.500.000,00
E. Rp 750.000,00
Pembahasan
Jawaban: B
Nilai yang dikorbankan oleh Tn. Bagus sebagai akibat dari
keputusan Tn. Bagus mendirikan insdustri Batako adalah menjadi karyawan
perusahaan swasta sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan. Biaya peluang (opportunity
cost) adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil se buah
alternaTI f pilihan keputusan. Biaya peluang muncul dari kegiatan alternaTI f
yang TI dak bisa kita lakukan. Perhitungan biaya peluang TI dak selalu berhubungan
dengan uang, bisa berupa waktu, kesempatan, dan keuantungan di masa depan.
Sebagai contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp 10.000.000. Dengan jumlah
uang sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli
sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan
kehilangan kesempatan untuk menikmaTI keindahan Bali; begitu pula sebaliknya,
apabila ia memilih untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan
untuk menonton TV. “Kesempatan yang hilang” itulah yang disebut sebagai biaya
peluang.
3. Berikut ini beberapa macam kebutuhan:
(a) Ibu pergi ke pasar membeli bahan kebutuhan pokok
(b) Ayah membelikan adik baju seragam sekolah
(c) Kak Rudi membeli handpohne yang memiliki kamera
(d) Budi rajin berolah raga seTI ap minggu sekali
(e) Pak Ahmad membeli rumah dekat dengan tempat kerjanya
Berdasarkan urutan TI ngkat intensitasnya yang termasuk
kebutuhan primer adalah …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2) dan (5)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
Pembahasan
Jawaban: B
Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus
dipenuhi lebih dahulu. Kebutuhan yang
menempaTI urutan pertama adalah (1), (2) dan (5).
Kebutuhan menurut intensitasnya atau TI ngkat kepenTI
ngannya, jenis kebutuhan dibedakan menjadi 3 :
1. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus
dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan
lainnya. Contoh : makan, minum, rumah, pakaian,
kesehatan, dan pendidikan.
2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang bersifat
pelengkap arTI nya dipenuhi setelah
kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : meja, kursi, lemari,
perlengkapan dan peralatan rumah
lainnya.
3. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang
mewah yang dipenuhi setelah memenuhi
primer dan sekunder. Contoh : mobil mewah, perhiasan
intan, kapal persiar
4. Adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang TIdak
terbatas dengan alat pemuas kebutuhan
yang terbatas, merupakan …
A. Masalah ekonomi
B. Masalah ekonomi
C. Kejadian ekonomi
D. InTI masalah ekonomi
E. Kelangkaan
Pembahasan
Jawaban: D
InTI masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi
kebutuhannya yang tak terbatas dengan
alat atau benda pemuas kebutuhan yang terbatas.
InTI masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi
kebutuhannya yang tak terbatas dengan
alat atau benda pemuas yang terbatas. InTI masalah
ekonomi dalam dijabarkan kedalam TI ga masalah
yaitu :
1. What (barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi,
serta berapa jumlahnya)
2. How (bagaimana cara memproduksi, juga menyangkut efi
siensi produk)
3. For whom (untuk siapa/akan digunakan oleh siapa barang
dan jasa tersebut. Juga menyangkut distribusi
5. “Kebijakan pemerintah menetapkan harga tanpa memperhaTI
kan aspirasi masyarakat”.
Pernyataan tersebut adalah pelaksanaan system ekonomi …
A. Pasar
B. Absolut
C. Liberal
D. Komando
E. Tradisional
Pembahasan
Jawaban: D
Pembahasan; Bila dalam kapitalisme “insTI tusi” paling
penTI ng adalah pasar, dalam sosialisme insTI tusi
paling penTI ng adalah negara. Negara menguasai
sepenuhnya sumber daya dan memecahkan masalah
apa, bagaimana, dan untuk siapa melalui perencanaan yang
terpusat.
Secara umum sistem ekonomi, terbagi menjadi empat :
1. Sistem ekonomi tradisional
Adalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat
tradisional secara turun menurut,
mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional :
a. Teknik produksi bersifat tradisional
b. Sedikit modal
c. Pertukaran dengan sistem barter
d. Tidak ada pembagian kerja
e. Berdasarkan tradisi
2. Sistem ekonomi komando/terpusat/Sosialis
Adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat
dominan dan berpengaruh dalam
mengendalikan perekonomian.
Ciri-ciri :
a. Semua alat dan sumber produksi dikuasai negara
b. Hak milik perorangan TI dak diakui
c. Tidak bebas memilih pekerjaan
d. Kebijakan ekonomi diatur oleh pemerintah
3. Sistem ekonomi pasar/liberalis/kapitalis
Adalah sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi produksi,
distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh
pihak swasta.
Ciri-ciri :
a. Semua sumber produksi milik masyarakat
b. Pemerintah TI dak ikut campur tangan langsung
c. Timbul persaingan dalam masyarakat
d. Selalu berorientasi mencari keuntungan
4. Sistem ekonomi campuran
Adalah sistem ekonomi dimana pemerintah dan swasta saling
berinteraksi dalam memecahkan
masalah.
Dalam sistem ekonomi campuran, kegiatan ekonomi
masyarakat diserahkan kepada kekuatan pasar,
namun pada batas tertentu pemerintah tetap melalukan
kendali campur tangan.
6. Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi adalah ……
A. Mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi
pendapatan yang adil dan merata
B. Menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai
dengan biaya-biaya yang dikeluarkan
untuk memproduksi barang/jasa tersebut
C. Mengurangi ekternalitas negaTI ve yang diTI mbulkan
dari seTI ap kegiatan ekonomi
D. MengopTI malkan penggunaan sumberdaya yang jumlahnya
terbatas untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat
E. Memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan
harapan kemakmuran akan tercipta
Pembahasan
Jawaban: D
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana masyarakat
menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan komoditas yang
bermanfaat dan menyalurkannya di antara anggota masyarakat tersebut. (Paul A.
Samuelson and William D Nordhaus (2001).
Masalah dasar ekonomi adalah kelangkaan (scarcity) yang
terjadi karena keinginan manusia yang TI dak
terbatas dalam dunia yang memiliki sumber daya yang
terbatas. Akibatnya muncul TI ga pertanyaan
dalam organisasi ekonomi, yaitu: (1) Apa (what) yang
sebaiknya diproduksi dan seberapa banyak? (2)
Bagaimana (how) sumber daya digunakan dalam memproduksi
barang tersebut? (3) Untuk siapa (for
whom) Untuk siapa barang diproduksi? Siapa yang dapat
menikmaTI hasil kegiatan ekonomi? Bagaimana
penghasilan dan kekayaan didistribusikan? Pertanyaan ini
terkait dengan pendistribusian barang yang
telah dihasilkan
7. Pasar barang memiliki karakterisTI k sebagai berikut
a. Produsen berTI ndak sebagai price seƩ er
b. Kurva permintaan yang dihadapi bersifat elasTI s
sempurna
c. Hambatan untuk masuk/keluar pasar TI dak ada
d. Tidak seTI ap produsen dapat memasuki pasar
e. Iklan berperan penTI ng untuk meningkatkan penjualan
Dari lima daSar di atas, yang merupakan karakterisTI k
pasar persaingan TI dak sempurna adalah …
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 1
E. 5, 1 dan 2
Pembahasan
Jawaban: D
KarakterisTI k pasar persaingan TI dak sempurna tampak
pada daS ar nomor 4, 5 dan 1Ekonomi 19
Pasar persaingan TI dak sempurna adalah kondisi pasar
dimana harga pasar bisa dipengaruhi oleh
produsen atau konsumen. KarakterisTI k utama yang membuat
harga pasar bisa dipengaruhi yaitu jumlah
penjual dan pembeli dalam pasar sedikit, serta hasilnproduksi
suatu perusahaan bisa dibuat berbeda
(diferensiasi) dengan hasil produksi perusahaan lain.
Beberapa struktur pasar ini yaitu pasar monopoli,
pasar oligopoly, dan pasar persaingan monopolisTI s.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Profesional a. Menguasai teori dan aplikasi materi
pelajaran yang
diampu secara mendalam pada bidang ekonomi.
8. Diketahui fungsi permintaan Qd= - 5P+ 1.700, fungsi
ini mengandung arTI :
a. Pada saat harga naik 2 rupiah maka permintaan akan
turun
b. Pada saat harga naik 4 rupiah maka permintaan akan
bertambah
c. Jumlah yang diminta 5 unit maka harga yang diminta
akan bertambah
d. Pada saat jumlah yang diminta 5 unit maka harga
menjadi 339
Berdasarkan pernyataan yang benar adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
Pembahasan
Jawaban: C
Dalam fungsi permintaan hubungan antara harga (P0 dan
jumlah yang diminta (Qd) adalah negaTI ve/
berlawanan arah; saat Qd=5, P= 339
Bentuk umum fungsi permintaan : Qd = a- bP
Fungsi permintaan dapat dicari dengan rumus : = P - P2
P2 - P1
Q - Q1
Q2 - Q1 =
Keterangan :
P1 = harga mula-mula
P2 = harga setelah perubahan
Q1 = jumlah permintaan mula-mula
Q2 = jumlah barang setelah perubahan
9. Jika koefisien elastisitas barang X dan Y adalah negatif,
maka kenaikan harga barang X akan berdampak negatif pada …
A. Kenaikan permintaan barang X
B. Kenaikan permintaan barang Y
C. Penurunan permintaan barang Y
D. Tidak mempengaruhi permintaan barang Y
E. Penurunan harga barang Y
Pembahasan
Jawaban: C
Koefi sien elasTI sitas silang yang negaTI ve menunjukkan
bahwa hubungan antara X dan Y bersifat
komplementer, sebagai contoh hubungan antara gula (X) dan
teung terigu (Y), pada kedua barang yang
bersifat komplementer, maka keanikan harga barang X (gua
akan menyebabkan penurunan permintaan
terhadap barang Y (tepung terigu).
Koefi sien elasTI s adalah angka yang menunjukkan
sebarapa besar kepekaan perubahan barang akibat adanya
perubahan harga. Koefi sien elasTI s baik permintaan
maupun penawaran dapat dicari dengan rumus :
E = ΔQ
ΔP x
P1
Q1
E = koefi sien elasTI s
ΔQ = perubahanͭselisih jumlah barang
ΔP = perubahanͭselisih harga barang
Q1 = jumlah harga mula-mula
P1 = harga barang mula-mula.
10. Jika pemerintah memberi subsidi pupuk kepada petani,
maka TI ngkat keseimbangan harga dan
kuanTI tas pupuk yang baru adalah
A. Meningkat – meningkat
B. Meningkat – menurun
C. Menurun – menurun
D. Menurun – meningkat
E. Tetap – menurun
Pembahasan
Jawaban: D
Subsidi akan menggeser kurva penawaran ke kanan. Pada
posisi yang baru, kurva penawaran memotong
kurva permintaan pada harga lebih rendah, dan kuanTI tas
lebih banyak.
Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada saat
permintaan sama dengan penawaran.
Terbentuknya harga dan kuanTI tas keseimbangan di pasar
merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuanTI tas yang
diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.
Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya TI TI k keseimbangan
ini akan bertahan lama dan menjadi
patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan
harga.
11. Beberapa pernyataan berikut merupakan pernyataan
berhubungan dengan pendapatan nasional:
a. Membantu dan membuat rencana serta melaksanakan
pembangunan secara bertahap
b. Mengkaji factor-faktor yang mempengaruhi TI ngkat
kemajuan perekonomian
c. Membandingkan perekonomian antar negara
d. Membantu merumuskan kebijakan pemerintah
e. Mengetahui dan menelaah struktur perekonomian
Manakah yang merupakan manfaat mempelajari pendapatan
nasional …
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
Pembahasan
Jawaban: C
Manfaat mempelajari pendapatan nasionnal diantaranya:
1. Mengetahui struktur perekonomian
2. Merumuskan suatu kebijakan
3. Membandingkan perekonimian dari waktu ke waktu antar
daerah dan negara.
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang
diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari
penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu
tahun.
12. Persamaan PN=C+I+G+(X-M) adalah metode perhitungan
pendapatan nasional dengan pendekatan …
A. Produksi
B. Pendapatan
C. Pengeluaran
D. Penerimaan
E. Konsumsi
Pembahasan
Jawaban: C
Pendekatan pengeluaran, yaitu pendapatan nasional dihitung
dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang
diproduksi negara dalam satu tahun.
Metode perhitungan pendekatan pengeluaran dibagi menjadi
3 :
1. Metode pendekatan produksi. Dengan pendekatan ini,
pendapatan nasional dihitung dengan cara
menjumlahkan nilai tambah (value added) dari seluruh
sektor produksi selama satu periode tertentu
(biasanya dalam satu tahun).
Rumus Pendekatan Produksi adalah sebagai berikut: Y=(P1X
Q1)+(P2X Q2)+….(Pn
X Qn)
Keterangan :
Y= Pendapatan nasional
P1= harga barang ke-1
Pn= harga barang ke-n
Q1= jenis barang ke-1
Qn= jenis barang ke-n
2. Metode pendekatan pendapatan merupakan pendapatan
nasional hasil dari penjumlahan seluruh
penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi
dalam suatu negara selama satu periode
atau satu tahun.
Rumus pendekatan pendapatan adalah sebagai berikut: Y = r
+ w + i + p
Keterangan :
Y = Pendapatan Nasional
r = Pendapatan dari upah, gaji, dan lainnya
w = Pendapatan bersih dari sewa
i = Pendapatan dari bunga
p = Pendapatan dari keuntungan perusahaan dan usaha perorangan
3. Metode pendekatan pengeluaran. Dilakukan dengan cara
menjumlahkan seluruh pengeluaran berbagai sektor ekonomi, yaitu rumah tangga,
pemerintah, perusahaan, dan masyarakat luar negeri
sua tu negara pada periode tertentu.
Rumus pendekatan pengeluaran sebagai berikut: Y = C + I +
G + ( X – M )
Keterangan :
Y = Pendapatan nasional
C = consumpTI on ( konsumsi rumah tangga )
I = investment ( investasi )
G = government expenditure ( pengeluaran pemerintah )
X = ekspor
M = impor
13. Diketahui data sebagai berikut:
GNP Rp 1.000.000,00
Penyusutan Rp 50.000,00
Laba TI dak dibagi Rp 100.000,00
Pajak TI dak langsung Rp 75.000,00
Iuran jaminan sosial Rp 25.000,00
Pajak langsung Rp 300.000,00
Dari data tersebut besarnya Net NaTIonal Income (NNI) …
A. Rp 950.000,00
B. Rp 875.000,00
C. Rp 775.000,00
D. Rp 750.000,00
E. Rp 450.000,00
Pembahasan
Jawaban: B
NNP = GNP – Penuyusutan
Rp 1.000.000,00 –
Rp 50.000,00
Rp 950.000,00
NNI = NNP – Pajak TI dak langsung
Rp 950.000,00 – Rp
75.000,00
Rp 875.000,00
14. Selain dari pajak, sumber penerimaan negara dapat
berasal dari, kecuali …
A. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
B. Pinjaman
C. Denda-denda
D. Pendapatan perseorangan
E. Hibah
Pembahasan
Jawaban : D
Sumber penerimaan negara diluar pajak adalah:
1. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
2. Sumbangan masyarakat
3. Pinjaman luar negeri
4. Hibah
5. Denda-denda
6. Undian
Sumber-sumber penerimaan negara :
1. Pajak merupakan pungutan yang dilakukan oleh
pemerintah (pusat/daerah) terhadap wajib pajak
tertentu berdasarkan undang-undang (pemungutannya dapat
dipaksakan) tanpa ada imbalan
langsung bagi pembayarnya. Jenis pajak di Indonesia:
pajak pusat dan pajak daerah.
NNI (NeƩ
o NaTI onal Income/pendapatan nasional bersih) adalah jumlah seluruh penerimaan
yang diterima masyarakat dalam satu tahun setelah dikurangi pajak TI dak
langsung (direct taxt)
NNI = NNP – Pajak TI dak langsung
15. Selain dari pajak, sumber penerimaan negara dapat berasal
dari, kecuali …
A. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
B. Pinjaman
C. Denda-denda
D. Pendapatan perseorangan
E. Hibah
Pembahasan
Jawaban : D
Sumber penerimaan negara diluar pajak adalah:
1. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
2. Sumbangan masyarakat
3. Pinjaman luar negeri
4. Hibah
5. Denda-denda
6. Undian
Sumber-sumber penerimaan negara :
1. Pajak merupakan pungutan yang dilakukan oleh
pemerintah (pusat/daerah) terhadap wajib pajak
tertentu berdasarkan undang-undang (pemungutannya dapat
dipaksakan) tanpa ada imbalan
langsung bagi pembayarnya. Jenis pajak di Indonesia:
pajak pusat dan pajak daerah.
2. Restribusi adalah suatu pembayaran dari rakyat kepada
pemerintah dimana kita dapat melihat
adanya hubungan antara balas jasa yang langsung diterima
dengan adanya pembayaran retribusi
tersebut.
3. Keuntungan BUMN/BUMD. Sebagai pemilik BUMN, pemerintah
pusat berhak memperoleh bagian
laba yang diperoleh BUMN. Demikian pula dengan BUMD,
pemerintah daerah sebagai pemilik BUMD
berhak memperoleh bagian laba BUMD.
4. Denda dan sita diperoleh pemerintah dari memungut
denda atau menyita aset milik masyarakat,
apabila masyarakat (individu, kelompok atau organisasi)
diketahui telah melanggar peraturan pemerintah.
5. Pinjaman merupakan sumber penerimaan negara yang
dilakukan apabila terjadi defi sit anggaran.
6. Sumbangan, hadiah, dan hibah juga termasuk sebagai
salah satu sumber penerimaan negara. yang
dapat diperoleh pemerintah dari individu, insTI tusi,
atau pemerintah, serta juga bisa didapat dari
dalam maupun luar negeri.
7. Undian. Penyelenggaraan undian berhadiah yang
dilakukan pemerintah dengan menunjuk suatu
insTI tusi tertentu sebagai penyelenggara. Jumlah yang
diterima pemerintah adalah selisih dari
penerimaan uang undian dikurangi dengan biaya operasi dan
besarnya hadiah yang dibagikan.
16. Jumlah angkatan kerja yang besar TI dak dibarengi
dengan kualitas SDM yang memadai. Hal tersebut
ditandai bahwa sebagian besar dari pengangguran adalah
lulusan SMK yang belum siap memasuki
dunia kerja. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut perlu
dilakukan usaha meningkatkan kualitas
SDM dengan cara …
A. Meningkatkan fasilitas teknologi yang lebih modern
B. Memperbanyak proyek padat karya dan padat modal
C. Mengirim karyawan dan manajer bekerja di luar negeri
D. Meningkatkan upah/gaji
E. Penyelenggaraan berbagai laTI han kerja dan serTI fi
kasi profesi
Pembahasan
Jawaban: E
Yang dibutuhkan oleh lulusan SMK adalah kompetensi yang
sesuai dengan dunia kerja. Oleh karena itu,
pelaTI han dan uji serTI fi kasi profesi dapat memenuhi
kebutuhan para lulusan SMK.
17. Saudara Herman memiliki tanah 200 m² dengan harga Rp
500.000.000,00 karena kebutuhan mobil
tanah tersebut ditukarkan dengan mobil yang diperkirakan
harganya Rp 500.000.000,00, dalam hal
ini uang berfungsi sebagai alat …
A. Pembayaran
B. Satuan hitung
C. Penyimpan kekayaan
D. Penunda pembayaran
E. Pembentuk kekayaan
Pembahasan
Jawaban: B
Soal tersebut ingin menunjukkan bahwa dua barang yang
secara fi sik sangat berbeda, bisa menjadi
seragam apabila nilai masing-masing dinyatakan dalam
satuan uang, maka fungsi uang dalam soal
tersebut adalah sebagai alat satuan hitung.
Uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh
masyarakat untuk mengukur nilai, menukar,
dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa,
dan pada waktu yang bersamaan berTIndak sebagai alat penimbun kekayaan. Fungsi
uang dibedakan menjadi dua yaitu fungsi asli dan
fungsi turunan.
1. Fungsi asli uang ada TI ga, yaitu sebagai alat tukar,
sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan
nilai.
a. Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of
exchange yang dapat mempermudah per tukaran
b. Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of
account) karena uang dapat digunakan untuk
menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang
diperjualbelikan, menunjukkan besarnya
kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman
c. Uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta)
karena dapat digunakan untuk mengalihkan
daya beli dari masa sekang ke masa mendatang.
2. Fungsi turunan uang
a. Uang sebagai alat pembayaran yang sah. Kebutuhan
manusia akan barang dan jasa yang semakin
bertambah dan beragam TI dak dapat dipenuhi melalui cara
tukar-menukar atau barter.
b. Uang sebagai alat pembayaran utang. Uang dapat
digunakan untuk mengukur pembayaran pada
masa yang akan datang.
c. Uang sebagai alat penimbun kekayaan. Sebagian orang
biasanya TI dak menghabiskan semua uang
yang dimilikinya untuk keperluan konsumsi. Ada sebagian
uang yang disisihkan dan ditabung
untuk keperluan pada masa datang.
d. Uang sebagai alat pemindah kekayaan. Seseorang yang
hendak pindah dari suatu tempat ke
tempat lain dapat memindahkan kekayaannya yang berupa
tanah dan bangunan rumah ke
dalam bentuk uang dengan cara menjualnya. Di tempat yang
baru dia dapat membeli rumah
yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan rumah
yang lama.
e. Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. Apabila
nilai uang stabil orang lebih bergairah
dalam melakukan investasi. Dengan adanya kegiatan
investasi, kegiatan ekonomi akan semakin
meningkat
18. Bila seseorang menarik kembali depositonya dari suatu
bank umum, maka TIndakan ini akan …
A. Menambah jumlah uang yang beredar
B. Mengurangi jumlah uang yang beredar
C. Tidak mempengaruhi jumlah uang yang beredar
D. Tidak mengurangi besarnya cadangan yang dimiliki bank
E. Tidak mengurangi dana bank yang dapat dipinjamkan
Pembahasan
Jawaban : C
Deposito merupakan simpanan yang dapat diambil pada waktu
tertentu, bisa 3 bulan, 6 bulan dan 12
bulan, sehingga bagi bank simpanan deposito dapat
dipinjamkan pada debitur secara keseluruhan. Dengan dipinjamkannya kembali
simpanan deposito ke debitur maka, uang kembali beredar ke
masyarakat, sehingga jika seseorang menarik kembali
depositonya TI dak mempengaruhi jumlah uang yang beredar.
Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito
berjangka, merupakan produk bank sejenis
jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat.
Deposito merupakan produk penyimpanan
uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya
hanya bisa dilakukan setelah melewaTI waktu tertentu. Deposito biasanya
memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya TI dak boleh di tarik
nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya,
biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito
dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalTI sesuai dengan
kebijakan bank yang bersangkutan. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomaTI
s menggunakan sistem ARO (AutomaTI c Roll Over). Deposito akan diperpanjang
otomaTI s setelah jatuh tempo, sampai
pemiliknya mencairkan depositonya.
19. Berikut adalah kegiatan lembaga keuangan bank dan
bukan bank.
a. Melakukan kegiatan sewa guna
b. Mempertanggungjawabkan risiko yang terjadi pada
nasabah
c. Menyelenggarakan pasar atau bursa komoditas
d. Melakukan kredit reimburse (leƩ er of credit)
e. Menyediakan layanan rekening koran
Kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank
ditunjukkan nomor…
A. 1, 3, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 2, 4, dan 5
E. 2, 3, dan 4
Pembahasan
Jawaban: C
Dewasa ini banyak penjual barang yang menggunakan cara
sewa guna (leasing) agar menarik minat
pembeli. Sewa guna merupakan pembelian secara angsuran,
namun sebelum angsurannya selesai
(lunas), hak barang yang diperjualbelikan masih dimiliki
oleh penjual. Namun demikian, begitu kontrak
leasing ditandatangani, segala fasilitas dan kegunaan
barang tersebut boleh digunakan oleh pembeli.
Salah satu lembaga keuangan bukan bank adalah asuransi
dimana kegiatan usahanya adalah memberikan
pertanggungan atas risiko yang terjadi pada nasabah.
Bursa efek atau bursa saham (Stock Exchange) adalah
sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian
dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaS ar di
bursa tersebut.
Kegiatan usaha yang dilakukan Lembaga Keuangan Bukan Bank
(LKBB) yakni sebagai berikut:
6. Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara
mengeluarkan surat-surat berharga.
1. Menyediakan fasilitas kredit baik jangka panjang,
maupun jangka menengah untuk perusahaan milik
pemerintah maupun milik swasta
2. Sebagai perantara bagi perusahaan perusahaan yang ada
di indonesia serta sebagai badan hukum
pemerintah untuk mendapatkan kredit untuk mendapatkan
kredit baik didalam negeri maupun
diluar negeri.
3. Melakukan penyertaan modal pada perusahaan-perusahaan
serta penjualan saham pada pasar
modal
4. Melakukan kegiatan usaha lain dibidang keuangan
setelah mendapat persetujuan dari menteri
keaungan.
5. Sebagai perantara bagi perusahaan untuk mendapatkan
tenaga ahli khususnya dibidang keuangan
20. Pasar modal memberikan manfaat sebagai berikut:
a. Jumlah dana yang dapat dihimpun besar
b. Tidak ada beban fi nansial yangtetap
c. Memeproleh dividen atau bunga tetap seTI ap tahun
d. Mudah mengganTI instrumen investasi, sehingga dapat
mengurangi risiko dann meningkatkan
keuntungan
e. Sebagai sumber pembiayaan BUMN sehingga TI dak lagi
tergantung pada subsidi dari pemerintah
f. Meningkatkan pendapatan dari sector pajak
Dari beberapa manfaat di atas, manfaat yang diperoleh
investor adalah:
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6
Pembahasan
Jawaban: C
Pembahasan: manfaat yang diperoleh investor adalah 3 dan
4
Manfaat/keuntungan Pasar Modal yang diterima investor
adalah :
1. Memperoleh deviden dari pemegang saham atau bunga bagi
pemegang obligasi
2. Mudah mengganTI instrumen investasi, sehingga dapat
megurang resiko dalam meningkatkan keuntungan
3. Dapat brinvestasi dibeberapa perusahaan secara
sekaligus
4. Memiliki hak suara RUPS.
21. PerhaTI kan pernyataan tentang pembangunan ekonomi:
a) Distribusi pendapatan nasional masih TI mpang
b) Pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan
c) Penyerapan tenaga kerja masih rendah
d) Perekonomian TI dak mengalami banyak guncangan
e) Terbuka kesempatan kerja yang luas bagi angkatan
kerja.
Yang merupakan keberhasilan pembangunan ekonomi adalah …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Pembahasan
Jawaban: D
Pembahasan: Pembagunan ekonomi (development) menunjukkan
pada pertumbuhan ekonomi yang
disertai dengan perubahan structural. Hal ini akan
membuat taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.
Keberhasilan dari perkembangan ekonomi yaitu
1. Pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan produki
barang dan jasa dalam peningkatan GDP
2. Perekonomian TI dak mengalami banyak guncangan
3. Terbuka kesempatan kerja yang luas bagi angkatan kerja
4. Terjadinya pengendalian dari pertumbuhan jumlah
penduduk sebuah Negara
22. Harga barang kebutuhan pokok di pasar pada umumnya
mengalami kenaikan rata-rata di atas 7%.
Hal yang sangat berdampak bagi masyarakat adalah …
A. Meningkatkan daya beli masyarakat terhadap barang dan
jasa
B. Menurunkan daya beli masyarakat terutama
berpenghasilan tetap
C. Meningkatkan pendapatan riil masyarakat
D. Meningatkan daya saing akibat TI ngginya harga
E. Menurunkan TI ngkat kreaTI fi tas masyarakat
Pembahasan
Jawaban: B
Bila pendapatan masyarakat bisa mengikuTI kenaikan
harga-harga, infl asi TI dak terasa mengganggu. Tetapi, bila pendapatan
masyarakat TI dak bisa mengimbangi laju infl asi, infl asi akan merugikan. Masyarakat
akan terjatuh pada taraf hidup yang lebih rendah.
Dampak bagi masyarakat terutama bagi pekerja dengan gaji
tetap sangat dirugikan dengan adanya infl asi dengan TI ngkat sedang sudah
mulai membahayakan kegiatan ekonomi. Pendapatan riil tersebut pada masyarakat
terutama masyarakat yang berpenghasilan tetap seperTI buruh, akan menjadi turun
dan kenaikan upah selalu lebih kecil bila dibandingkan dengan kenaikan harga.
23. Berikut beberapa kebijakan pemerintah di bidang
ekonomi:
a) Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah
b) Menaikkan tarif pajak
c) Mengadakan pinjaman pemerintah
d) Menaikkan hasil produksi
e) Mendorong pengusaha untuk menaikkan upah buruh
Berdasarkan penyataan tersebut, yang merupakan kebijakan fi
scal adalah …
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5
Pembahasan
Jawaban: A
Kebijakan fi sKal adalah kebijakan pemerintah yang
mengubah (menaikkan atau menurunkan penerimaan atau pengeluaran negara. Dengan
menambah atau mengurangi peneriman (pengeluaran), pemerintah berharap terdapat
perubahan pada hasil akhir, yaitu output (GDP), harga (infl asi), dan
kesempatan kerja (pengangguran).
Bila terjadi resesi, pemerintah bisa menjalankan APBN yang
defi sit dimana pemerintah menggenjot sisi
pengeluaran. Sedangkan bila terjadi infl asi yang
berlebihan, pemerintah bisa menerapkan penghematan,
yaitu penerimaan diTI ngkatkan dan pengeluaran ditekan.
Maka kebijakan fi skal dapat dilakukan dengan
cara :
1. Menaikkan tarif pajak, diharapkan masyarakat akan
menyetor uang yang lebih banyak kepada pemerintah sehingga dapat mengurangi
jumlah uang yang beredar
2. Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah
3. Mengadakan pinjaman pemerintah, misalnya pemerintah
memotong gaji pegawai negeri 10% untuk
ditabung, ini terjadi pada masa orde lama
24. Kebijakan pemerintah untuk membatasi jumlah barang
yang diimpor merupakan kebijakan…
A. Tarif
B. Dumping
C. Proteksi
D. Kuota
E. Fiskal
Pembahasan
Jawaban: D
Kebijakan quota adalah kebijakan pemerintah untuk
mengatasi jumlah barang yang diperdagangkan.
Ada TI ga macam kuota, yaitu kuota impor, kuota produksi,
dan kuota ekspor
25. Indonesia melakukan kerjasama dalam perdagangan
internasional dengan Jepang. Indonesia
mengekspor gas alam cair dan hasil bumi, sedangkan dari
Jepang, Indonesia mengimpor kendaraan
karena lebih murah dibandingkan memproduksi sendiri.
Faktor yang melandasi perdagangan
Indonesia dengan Jepang adalah …
A. Perbedaan sumber daya manusia
B. Perbedaan selera konsumsi masyarakat
C. Penghematan biaya produksi/efi siensi
D. Perbedaan penggunaan bahan baku produksi
E. Kerjasama kawasan negara tetangga
Pembahasan
Jawaban: C
MoTI vasi Indonesia menimpor kendaraan dari Jepang adalah
untuk mendapatkan kendaraan dengan
biaya yang lebih ringan. Dengan demikian di sini factor
biaya yang mempengaruhi.
Ada beberapa faktor yang melandasi perdagangan indonesia
dengan jepang antara lain yaitu :
Ketersediaan sumber daya alam yang berbeda
Pemanfaatan pengetahuan dan teknologi
Penghematan biaya produksi/efi siensi
Ekpansi pasar untuk memperbesar keuntungan
26. Pada saat kita akan mendirikan usaha, pemilihan
bentuk badan usaha perlu memperTI mbangkan
kebaikan dan kelemahan sebagai berikut:
a) Mudah untuk mendapatkan pinjaman modal dari pihak bank
b) Mudah dalam pengambilan keputusan
c) Laba jatuh ke tangan satu orang
d) Tanggung jawab pemilik terbatas
e) Manajemennya sangat profesional
Yang merupakan kebaikan dari badan usaha yang berbentuk
perseroan terbatas (PT) adalah ...
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Pembahasan
Jawaban: B
Beberapa keuntungan dengan bentuk PT adanya kemudahan
dalam pinjaman mdal pada perbankan
karena jaminannya kuat, tanggung jawab pemilik terbatas
karena dikelola secara manajemen profesional.
Kelebihan dari badan usaha yang berbentuk PT yaitu :
1. Mudah untuk mendapatkan pinjaman modal dari pihak bank
2. Tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham
terhadap utang-utang perusahaan
3. Manajemennya sangat profesional dan spesialisasinya
memungkinkan pengelolaan sumber-sumber
modal untuk itu secara efi sien
27. Akbar adalah seorang siswa di SMA Atas Awan sekaligus
sebagai anggota koperasi di sekolahnya. Pada pertengahan tahun (setelah di bagi
rapor semester ganjil), dia pindah sekolah mengikuTI orang tuanya yang pindah
tugas ke luar kota. Pernyataan yang tepat terhadap kasus di atas adalah …
A. Keanggotaan Akbar di koperasi sekolah tersebut dapat
di lanjutkan oleh temannya.
B. Keanggotaan Akbar di koperasi sekolah tersebut dapat
diganTI kan oleh siswa baru.
C. Keanggotaan Akbar di koperasi sekolah tersebut dapat
diisi siswa lain dengan persetujuan
pengurus.
D. Kenaggotaan Akbar di koperasi sekolah tersebut
berakhir dan TI dak dapat diganTI .
E. Keanggotaan Akbar di koperasi sekolah tersebut dapat
dilanjutkan sampai tamat sekolah.
Pembahasan
Jawaban: D
Keanggotaan seorang anggota TI dak dapat dipindah
tangankan atau diganTI orang lain sehingga apabila
ada siswa yang menjadi anggota koperasi sekolah pindah
sekolah maka berakhirlah sebagai anggota
koperasi.
Maka keanggotaan akbar di koperasi sekolah tersebut dapat
dilanjutkan sampai tamat sekolah karena
keanggotaan TI dak dapat dipindah tangankan atau diganTI
kan oleh orang lain.
28. Tarif pajak badan dalam negeri dan bentuk usaha
tetap:
Lapisan penghasilan kena pajak Tarif
Sampai dRp 50.000.000,00 10%
Rp 50.000.000,00 s/d Rp 100.000.000,00 15%
Di atas Rp 100.000.000,00 30%
CV Usaha Makmur selama tahun 2017 memperoleh laba bersih
Rp 220.000.000,00, maka bersarnya
pajak terutang adalah …
A. Rp 22.000.000,00
B. Rp 41.000.000,00
C. Rp 48.500.000,00
D. Rp 58.400.000,00
E. Rp 66.000.000,00
Pembahasan
Jawaban: C
Pajak terutang = (220.000.000,00 x 30%) – 17.500.000,00
= 66.000.000,00 –
17.500.000,00
= 48.500.000,00
Dalam melakukan perhitungan untuk masing-masing pajak,
haruslah memperhaTI kan besarnya tarif
pa jak sesuai dengan ketentuan yang berlaku kemudian
untuk dasar pengenaan pajak juga harus
memperhaTI kan komponennya untuk seTI ap jenis pajak
29. Level manajemen yang mendapat tugas melakukan fungsi
pengawasan (controlling) adalah …
A. Kepala unit
B. Kepala bagian
C. Manajer lini
D. Direktur
E. Komisaris
Pembahasan
Jawaban: A
Fungsi pengawasan dilaksanakan oleh level manajemen TI
ngkat bawah. Dari lima pilihan tersebut, yang
merupakan level manajemen TI ngkat bawah dalah kepala
unit.
Level atau TI ngkayan manajemen bisa dibagi menjadi TI ga
kelompok sesuai dengan fungsi dan tugasnya
yaitu :
1. Manajemen puncak yang terdiri dari : CEO, General
manajer, presiden direksi. Direksi merupakan
perwakilan dari pemilik perusahaan atau pemegang saham,
mereka dipilih oleh pemegang saham
perusahaan, dan CEO dipilih oleh dewan direksi
perusahaan.
2. Manajemen TI ngkat menengah berada pada tengah-tengah
dari hierarki pada sebuah perusahaan
atau organisasi. Manajemen TI ngkat menengah bertanggung
jawab atas pelaksanaan rencana yang
sudah ditentukan oleh manajemen puncak.
3. Manajemen TI ngkat menengah ini melipuTI : kepala
departemen atau HOD, manajer cabang, junior
eksekuTI f.
4. Manajemen TI ngkat bawah yaitu manajemen dengan TI
ngkat yang paling rendah dalam melakukan
sebuah organisasi yang memimpin serta melakukan
pengawasan terhadap tenaga kerja operasional
pada sebuah perusahaan atau organisasi serta TI dak
membawahi manajer yang lain.
5. Manajemen TI ngkatan bawah ini terdiri dari : mandor
atau pengwas seperTI kepala unit
30. Empat unsur dalam markeTI ng mix adalah …
A. Price, product, distribuTI on, lace
B. Product, price, promoTI on, place
C. Price, place, promoTI on, services
D. Product, quality, quanTI ty, promoTI on
E. PromoTI on, distribuTI on, quality, product
Pembahasan
Jawaban: B
MarkeTI ng mix terdiri dari product, price, promoTI on,
place.
Empat unsur dalam markeTI ng mix yaitu
1. Product (Produk)
Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fi
sik semacam makanan dan buku maupun
yang bersifat digital berupa aplikasi dan sebagainya).
Produk ini juga termasuk bjasa maupun layanan
yang dapat ditawarkan oleh perusahaan Anda. InTI nya
produk adalah segala bentuk penawaran yang
Anda lakukan kepada klien atau customer Anda, yang sesuai
dengan keinginan atau kebutuhan dari
pelanggan itu sendiri.
2. Price (Harga)
Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus
dibayar oleh user atau klien Anda untuk
mendapatkan produk yang Anda tawarkan. Dengan kata lain,
seseorang akan membeli barang kita
jika pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu)
sesuai dengan manfaat yang ia ingin
dapatkan dari produksi barang atau jasa yang ditawarkan
oleh perusahaan Anda tersebut
3. Saluran Distribusi (Place)
Saluran distribusi yang tepat juga menentukan berhasil TI
daknya strategi markeTI ng. Oleh karena itu,
saluran distribusi menempaTI posisi yang krusial dalam
markeTI ng mix. Adapun defi nisi dari saluran
distribusi ini sendiri adalah berbagai kegiatan atau
upaya apapun yang dilakukan oleh perusahaan
untuk membuat produk atau jasanya mudah diperoleh atau
tersedia di tangan konsumen maupun
pelanggannya.
4. PromoTI on (Promosi)
Promosi yang dimaksud adalah sebuah upaya persuasi
(bujukan atau dorongan) untuk mengajak
para konsumen maupun calon konsumen untuk membeli (atau
menggunakan) produk maupun jasa
yang dihasilkan oleh suatu perusahaan
31. Bidang akuntansi yang kegiatannya bertujuan untuk
menghasilkan informasi keuangan untuk pihak
luar perusahaan, misalnya pemilik perusahaan, bank atau
kreditur yang lain, pemerintah, investor,
pelanggan, pemasok adalah fungsi dari bidang …
A. Akuntansi manajemen
B. Akuntansi keuangan
C. Akuntansi biaya
D. Akuntansi penganggaran
E. Akuntansi perpajakan
Pembahasan
Jawaban: B
Tujuan utama dari akuntansi keuangan adalah untuk
memberikan informasi keuangan sebuah perusahaan kepada para stakeholder
(pihak-pihak yang bekepenTI ngan) sebagai dasar pengambilan keputusan
Salah satu fungsi utama akuntansi keuangan yaitu untuk
memberikan informasi mengenai keuangan
suatu organisasi atau perusahaan. Dengan laporan yang
dibuat, sehingga dapat melihat keadaan
keuangan suatu perusahaan dan perubahan apa saja yang
telah terjadi di dalamnya. Informasi mengenai
keuangan perusahaan sangat dibutuhkan oleh manajemen
karena dapat membantu untuk membuat atau
mengambil keputusan, yang nanTI nya keputusan tersebut
dapat mempengaruhi keadaan perusahaan.
32. Berikut ini adalah para pemakai informasi akuntansi.
…
a) Manajer
b) Pemerintah
c) Investor
d) CEO
e) Kreditur
f) Pelanggan
Yang termasuk pemakai informasi intern adalah
A. 1 dan 3
B. 3 dan 5
C. 2 dan 4
D. 1 dan 4
E. 4 dan 6
Pembahasan
Jawaban: D
Pemakai informasi intern adalag mereka yang membutuhkan
informasi akuntansi untuk pengambilan
keputusan yang berakibat langsung pada operasional perusahaan.
Pihak intern adalah pihak yang mempunyai tanggungjawab
dalam mengelola dan melaksanakan
manajemen perusahaan.
1. Pemilik (CEO)
Pemilik perusahaan selalu ingin mengetahui apakah
bisnisnya berjalan dengan baik atau TI dak. Pemilik perlu mengetahui posisi
keuangan, melihat investasi, membandingkan jumlah rekening dengan
periode sebelumnya dan prospek perusahaan di masa yang
akan datang serta hasil yang dapat dicapai oleh perusahaannya.
2. Manajemen
SeTI ap manajer dari TI ngkat TI nggi maupun terendah
membutuhkan informasi akuntansi yang cermat
yang berkaitan dengan bidang pertanggungjawaban mereka.
Contohnya, untuk menentukan harga
po kok produk, manajer bidang produksi membutuhkan
informasi akuntansi yang berhubungan
dengan perhitungan biaya produksi juga.
3. Karyawan
Karyawan membutuhkan informasi keuangan sebagai bahan
perundingan kontrak kerja, pengajuan
ke sejahteraan maupun kepenTI ngan karyawan yang lainnya.
Apabila diketahui posisi keuangan perusahaan baik maka, karyawan dapat tenang
dalam menjalankan pekerjaannya.
33. Perusahaan yang bergerak di bidang pembelian barang
dagangan (produk jadi/fi nished goods) dan
menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk dengan tujuan untuk
memperoleh keuntungan (laba)
adalah perusahaan ….
A. Perusahaan jasa
B. Perusahaan dagang
C. Perusahaan manufaktur
D. Perusahaan terbuka
E. Perusahaan tertutup
Pembahasan
Jawaban: B
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan
utamanya membeli dan menjual barang dagangan
tanpa merubah bentuk dari barang dagangan tersebut.
Secara umum, perusahaan dagang adalah perusahaan yang
kegiatan utamanya membeli, menyimpan
dan menjual kembali barang dagang tanpa memberikan nilai
tambah terhadapnya. Nilai tambah
berupa mengolah atau mengubah bentuk atau sifat barang,
sedemikian rupa sehingga mempunyai
nilai jual yang TI nggi.
Perusahaan dagang, dalam kegiatan operasionalnya
memperoleh pendapatan, namun pendapatan yang
diperoleh berasal dari transaksi jual beli barang.
Perusahaan dagang memiliki kegiatan utama dengan
memperjualbelikan barang dagangannya berupa bahan baku,
barang setengah jadi, atau barang jadi.
Selain dari itu, barang yang diperdagangkan berupa hasil
pertanian, perkebunan, hasil hutan, dan barang
hasil industri pengolahan (manufacture).
34. Pada tanggal 1 Januari 2018 perusahaan memiliki 20
lembar obligasi “PT. Djarum Penthul” dengan
nilai pari perlembar Rp 100.000.000,00. Bunga obligasi
adalah 2% pertahun yang dibayarkan TI apTI ap semester pada 1 Mei dan 1
November. Berdasarkan informasi tersebut, maka jurnal penyesuaian
yang diperlukan pada tanggal 31 Desember 2018 adalah …
A. Piutang pendapatan Rp 240.000,00
Pendapatan Rp
240.000,00
B. Piutang pendapatan Rp 12.000,00
Pendapatan Rp 12.000,00
C. Piutang pendapatan Rp 80.000,00
Pendapatan Rp
80.000,00
D. Piutang pendapatan Rp 120.000,00
Pendapatan Rp
120.000,00
E. Piutang pendapatan Rp 40.000,00
Pendapatan Rp
40.000,00
Pembahasan
Jawaban: E
Pendapatan yang masih harus diterima (piutang pendapatan)
sebesar Rp 40.000,00 didebit sedang
pendapatan dikredit. Rp. 40.000,00 merupakan dua bulan
(November dan Desember) yang sudah
dijalani, tetapi belum diterima bunganya.
Piutang pendapatan adalah pendapatan yang sudah menjadi
hak dilihat dari segi waktu tetapi belum
dicatat atau diterima pembayarannya. Dalam hal ini pihak
perusahaan harus menagih atau terus
mengingatkan para pembeli untuk melakukan pelunasan agar
perusahaan segera menerima pendapatan
tersebut. Transaksi piutang pendapatan biasanya dicatat
dalam jurnal penyesuaian dengan penulisan
akun berupa nama piutang pada debit dan nama pendapatan
sesuai nama piutang pada sisi kredit.
35. Bila diketahui selama suatu periode jumlah asset
telah bertambah dengan Rp 40.000.000,00 dan
jumlah kewajiban telah bertambah dengan Rp 18.000.000,00
selama periode itu, maka besar modal
selama periode tersebut …
A. Bertambah dengan Rp 58.000.000,00
B. Berkurang dengan Rp 58.000.000,00
C. Bertambah dengan Rp 22.000.000,00
D. Berkurang dengan Rp 22.000.000,00
E. Tidak bertambah atu berkurangEkonomi 35
Pembahasan
Jawaban: C
Bertambah dengan Rp 22.000.000,00 karena asset=
Hutang+modal.
Modal bersaldo normal kredit, maka keTI ka modal
bertambah maka akan berada di posisi kredit, sedangkan kas yang diterima dari
setoran modal adalah elemen aset (akTI va) yang bersaldo normal debet.
36. Sebagian neraca saldo sebuah perusahaan tercatat
sebagai berikut:
Kas Rp 14.600.000,00
Bahan habis pakai Rp 3.500.000,00
Modal, Tn. Agung Rp 31.000.000,00
Prive, Tn Agung Rp 5.000.000,00
Pendapatan sewa Rp 124.000.000,00
Pendapatan jasa Rp 88.000.000,00
Upah Karyawan Rp 104.000.000,00
Biaya asuransi Rp 4.900.000,00
Biaya depresiasi Rp 7.300.000,00
Biaya bunga Rp 2.400.000,00
Hutang bunga Rp 1.215.000,00
Jurnal penutup terhadap rekening pendapatan adalah …
A. Upah karyawan Rp 104.000.000,00
Biaya asuransi RP 4.900.000,00
Biaya depresiasi Rp 7.300.000,00
Biaya bunga Rp 2.400.000,00
Laba Rp 93.400,00
Pendapatan sewa Rp
124.000.000,00
Pendapatan jasa Rp
88.000.000,00
B. Pendapatan sewa Rp 124.000.000,00
Pendapatan jasa Rp 88.000.000,00
Upah karyawan Rp
104.000.000,00
Biaya asuransi RP
4.900.000,00
Biaya depresiasi
Rp 7.300.000,00
Biaya bunga Rp
2.400.000,00
Laba Rp
93.400.000,00
C. Pendapatan Rp 212.000.000,00
Laba Rp 93.400,00
Biaya Rp
118.600.000,00
D. Pendapatan sewa Rp 124.000.000,00
Pendapatan jasa Rp 88.000.000,00
IkhTI sar
rugi-laba Rp 212.000.000,00
E. IkhTI sar rugi-laba Rp 212.000.000,00
Pendapatan sewa Rp
124.000.000,00
Pendapatan jasa Rp
88.000.000,00
Pembahasan
Jawaban: D
Supaya rekening pendapatan menunjukkan saldo nol diakhir
periode, maka rekening pendapatan
ditempatkan di sis debit.
Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir
periode akuntansi untuk menutup akun-akun
nominal sementara. Akibat penutupan ini, saldo akun-akun
tersebut akan menjadi 0 (nol) pada awal
periode akuntansi. Akun yang ditutup adalah akun nominal
dan akun pembantu modal. Yang termasuk
akun nominal adalah pendapatan dan beban, sedangkan akun
pembantu modal adalah prive dan ikhTI sar
laba/rugi.
Menutup seluruh akun pendapatan dengan cara memindahkan
rekening akun pendapatan ke rekening
ikhTI sar laba/rugi. Contohnya seperTI :
(D) Pendapatan xxx
(K) IkhTI sar laba/rugi xxx
37. Informasi yang tersaji pada jurnal penyesuaian tanggal
31 Desember 2018 diketahui bahwa gaji
karyawan yang masih harus dibayar adalah Rp. 45.000.000
Maka jurnal pembalik pada 1 Januari 2019 untuk informasi
diatas adalah …
A. Beban gaji Rp. 45.000.000
Utang Gaji Rp.
45.000.000
B. Utang gaji Rp. 45.000.000
Beban gaji Rp.
45.000.000
C. Beban gaji Rp. 45.000.000
Kas Rp. 45.000.000
D. Utang gaji Rp. 45.000.000
Kas Rp. 45.000.000
E. Beban gaji Rp. 45.000.000
Utang gaji Rp. 0
Kas Rp. 45.000.000
Pembahasan
Jawaban: B
Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat di awal periode
untuk membalik jurnal penyesuaian tertentu.
Dari informasi penyesuaian diatas maka dapat dibuat
jurnal penyesuaian terlebih dahulu yaitu Beban
Gaji (D) pada Utang Gaji (K) sebesar Rp. 45.000.000
Dari jurnal penyesuaian tersebut baru di buat jurnal
pembaliknya, yaitu Utang gaji (D) pada Beban Gaji
(K) sebesar Rp. 45.000.000
Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat pada awal
periode akuntansi berikutnya untuk membalik
jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan riil baru.
Penyusunan jurnal pembalik dalam proses
atau siklus akuntansi adalah opsional, arTI nya kita
boleh membuat jurnal pembalik dan kita juga boleh
TI dak membuat jurnal pembalik.
38. Tanggal 1 Agustus 2006 UD. Perkasa membeli barang
dagangan dari PT. Kusuma Jaya Rp 20.000.000
dengan syarat pembayaran 2/10, n/30 metode pencatatan fi
sik, jurnal yang dibuat UD Perkasa
adalah …
A. Pembelian Rp 20.000.000
Kas Rp 20.000.000
B. Pembelian Rp 20.000.000
Utang Dagang Rp
20.000.000
C. Kas Rp 20.000.000
Pembelian Rp
20.000.000
D. Persediaan Barang Rp 20.000.000
Utang Rp
20.000.000
E. Persediaan Barang Rp 20.000.000
Kas Rp 20.000.000
Pembahasan
Jawaban: B
Dalam melakukan pencatatan persediaan barang dagangan
dengan metode fi sik seTI ap terjadi pembelian
barang dagangan akan dicatat sebagai pembelian. Dan
pernyataan diatas terjadi pembelian barang
dagangan secara kredit sehingga muncul utang dagang.
Analisisnya adalah pembelian bertambah (D) Rp 20.000.000
Utang dagang bertambah (K) Rp 20.000.000
Penggunaan metode fi sik mengharuskan perusahaan
mengadakan perhitungan barang yang masih ada
pada tanggal penyusunan laporan keuangan. Perhitungan persediaan
(stock opname) dibutuhkan untuk
mengetahui jumlah barang yang masih ada di gudang dan
untuk dapat dihitung harga pokoknya. Dalam
metode ini seTI ap pembelian barang dagang dicatat dalam
rekening pembeian karena seTI ap mutasi
persediaan barang dagang TI dak diikuTI dalam buku-buku.
39. PT. Bahagia Jaya sebagai perusahaan dagang, salah
satu akTI vitasnya adalah melakukan penjualan
barang dagangan secara kredit. Penjualan yang dilakukan
di catat dalam jurnal penjualan. Selanjutnya
jurnal penjualan yang telah dibuat akan di posTI ng
kebuku perkiraan ...
A. Piutang dagang (D) dan penjualan (K)
B. Kas (D) dan penjualan (K)
C. Piutang dagang (K) dan penjualan (D)
D. Piutang dagang (K) dan kas (D)
E. Piutang dagang (D) dan penjualan (D)
Pembahasan
Jawaban : A
Jurnal penjualan adalah jurnal untuk mencatat transaksi
penjualan secara kredit. Rekening yang muncul
adalah piutang dagang (D) dan penjualan (K).
Dalam transaksi penjualan barang dagang secara kredit
menyebabkan terjadinya penambahan pada akun
piutang dagang dan penambahan penjualan. Saat terjadi
penambahan piutang dagang maka dicatat
pada posisi debet karena piutang adalah salah satu jenis
harta dan sebaiknya keTI ka terjadi penambahan
pendapatan dari hasil penjualan maka dicatat pada posisi
kredit.
40. Berdasarkan kertas kerja, diketahui data akuntansi
sebagai berikut:
Pendapatan jasa Rp 15.000.000,00 Modal akhir Rp 19.500.000,00
Beban gaji Rp 3.000.000,00 Prive Rp 1.500.000,00
Beban sewa Rp 2.400.000,00 Beban bunga Rp 500.000,00
Beban dibayar dimuka Rp 600.000,00 Beban iklan Rp
600.000,00
Dari data tersebut berapakah laba/rugi yang diperoleh …
A. Laba Rp. 8.500.000
B. Laba Rp. 7.100.000
C. Rugi Rp. 8.500.000
D. Rugi Rp. 7.100.000
E. Laba Rp. 7.000.000
Pembahasan
Jawaban: A
Laba diperoleh dari menyelisihkan antara total pendapatan
dan total beban. Dari data diatas semua
beban dikurangkan pada pendapatan, kecuali beban dibayar
dimuka, karena dia sebenarnya dicatat
pada sisi akTI va.
Pendapatan Rp 15.000.000 – (beban gaji + beban sewa +
beban bunga + beban Iklan)
Rp 15.000.000 – (Rp 3.000.000 + Rp 2.400.000 + Rp 500.000
+ Rp 600.000) = Rp 8.500.000
Laporan laba rugi pada perusahaan dagang menyajikan
informasi mengenai penjualan harga pokok,
penjualan beban usaha, pendapatan lain-lain danbiaya
lain-lain untuk mengetahui laba atau rugi.
1. Laba Bersih = Laba Kotor – Beban Usaha
2. Laba Kotor = Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjaualan
3. Penjualan Bersih = Penjualan – Retur Penjualan dan
Pengurangan Harga – Potongan Penjualan
Demikianlah soal dan pembahasan untuk PPPK ekonomi
jenjang SMA/SMK yang bisa saya bagikan melalui postingan ini, semoga bisa
menjadi bahan pembelajaran bagi peserta calon seleksi PPPK sehingga bisa
mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan tentunya bisa menjadi bahan
persiapan dalam menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Sekian dan Terimakasih.