Soal dan Pembahasan PPPK Untuk Guru Sejarah SMA/SMK Tahun 2024
Kherysuryawan.id – 80 Kumpulan soal dan jawaban PPPK IPS Sejarah untuk guru jenjang SMA/SMK tahun 2024.
Sahabat Pendidikan, jika pada postingan sebelumnya saya
telah membagikan soal-soal latihan PPPK untuk jenjang SMA dengan berbagai mapel
dan dikesempatan kali ini saya akan kembali membagikannya khusus untuk mata
pelajaran sejarah yang bisa menjadi referensi pembelajaran mandiri bagi para
guru yang akan mendaftar PPPK nantinya.
Adapun soal yang diberikan disini ialah soal dalam 2
jenis kategori/kompetensi yaitu soal kompetensi pedagogik dan soal kompetensi professional.
Semua soal yang di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi dengan kunci
jawaban lengkap dengan pembahasannya sehingga bisa menjadi sebuah bahan
pembelajaran yang sangat baik bagi anda yang akan menggunakannya.
Seperti kita ketahui bahwa didalam tes seleksi PPPK
nantinya peserta akan di hadapkan oleh soal-soal bentuk pedagogik dan soal professional
maka olehnya itu anda harus berlatih dengan baik dalam mengerjakan soal-soal
pedagogik dan professional. Soal pedagogik merupakan kompetensi umum sedangkan
soal professional merupakan soal jurusan sesuai kompetensi bidang.
Bagi anda yang sedang mencari referensi soal-soal latihan
persiapan menghadapi PPPK maka postingan ini kiranya bermanfaat buat anda. Bagi
guru yang memiliki jurusan IPS Sejarah maka soal PPPK sejarah lengkap dengan
kunci jawaban ini bisa menjadi alternative pembelajaran yang sangat baik karena
anda akan sangat mudah untuk mempelajarinya karena soalnya telah dilengkapi
dengan pembahasan.
Adapun jumlah soal dan pembahasan PPPK untuk guru sejarah
yang akan disajikan melalui postingan ini yakni berjumlah 80 soal dengan
rincian 20 soal untuk kompetensi pedagogik sedangkan 60 soal untuk kompetensi professional.
Anda bisa mempelajarinya dengan seksama dan jikan terdapat kendala atau kurang
memahami soalnya maka anda bisa melihat pembahasannya.
Baiklah berikut ini soal latihan PPPK pedagogik dan profesional untuk guru IPS
Sejarah jenjang SMA lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan yang bisa
anda lihat selengkapnya di bawah ini :
SOAL PEDAGOGIK (20 SOAL)
1. Pendekatan saintifik diterapkan agar peserta didik
dapat menemukan pengetahuan secara mandiri melalui fasilitasi dari guru.
Pendekatan ini diterapkan agar pengetahuan yang didapat siswa tahan lama. Hal
ini sesuai dengan pandangan bahwa ….
A. ketika peserta didik terlibat dalam membangun
pengetahuan secara mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan
dipahami.
B. konstruktivisme merupakan teori belajar yang
mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruktif (membangun) dan
menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain
C. pendekatan saintifik menghela aktivitas mandiri
peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan
yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut
D. pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran
yang memprioritaskan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa
E. pendekatan sanintifik sesuai dengan teori perkembangan
otak hubungannya dengan fenomena belajar
Jawaban: A
Pembahasan:
konstruktivisme adalah teori belajar yang mengembangkan
kemampuan peserta didik untuk mengkonstruksi (membangun) dan menemukan
pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain. Pendekatan saintifik
menekankan pada aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun
pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun
pengetahuan tersebut.Teori ini bertitik tolak dari pandangan bahwa ketika
peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, maka
pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami, sehingga pengetahuan yang
didapat lebih tahan lama.
2. Salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode dan
media pembelajaran agar pembelajaran sejarah dapat berjalan sesuai yang
direncanakan adalah ….
A. kesulitan materi
B. karakteristik siswa
C. sarana prasarana
D. ketersediaan sumber
E. kemampuan siswa
Jawaban : C
Pembahasan:
ada banyak pertimbangan berkait dengan pemilihan metode
dan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah. Salah satu dari pertimbangan
tersebut adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung untuk implementasi
metode dan media tersebut. Keberadaan sarana dan prasarana ini menjadi
Jawabanketerlaksanaan penerapan metode dan penggunaan media. Sebagai contoh
untuk pengembangan metode pembelajaran dengan media powerpoint minimal harus
tersedia aliran listrik, lcd, dan perangkat lomputer.
3. Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran masa
lampau. Pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu ....
A. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat
peristiwa masa lampau
B. Pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk dapat
menelusur peristiwa masa lampau
C. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat
peristiwa masa lampau
D. Pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan
pengamatan peristiwa masa lampau
E. Pembelajaran dengan menggunakan banyak media
Jawaban: B
Pembahasan:
mengingat pembelajaran sejarah adalah mengkaji peristiwa
masa lampau maka siswa perlu diberikan ruang untuk dapat menelusur peristiwa
masa lampau melalui berbagai sumber dan berbagai media.
4. Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam
memilih dan menilai hasil karyanya sendiri seperti dalam portofolio dengan
pertimbangan untuk ....
A. menumbuhkan rasa tanggung-jawab siswa untuk bekerja
sesuai dengan yang diharapkan
B. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum
dimasukkan ke dalam portofolionya
C. memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki
semua karya-karyanya yang baik
D. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat
dengan adanya kerjasama tersebut
E. mempelajari sendiri dan membantu pekerjaan guru dalam
melakukan penilaian kemampuan belajar peserta didik
Jawaban: A
Pembahasan:
penilaian protofolio dapat digunakan sebagai teknik
melatih tanggungjawab peserta didik terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan
sebagai alat untuk refleksi atas penguasaan materi.peserta didik dapat memperbaiki
karyanya yang belum mencapai standar tertentu.
5. Penilaian yang paling dapat dilakukan untuk mengetahui
kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah ….
A. Penilaian obyektif
B. penilaian subyektif
C. penilaian otentik
D. penilaian produk
E. penilaian berkesinambungan
Jawaban: B
Pembahasan:
penilaian yang paling tepat untuk mengetahui kemampuan
riil siswa secara komprehensif adalah penilian otentik. Penilaian ini dapat
menggambarkan kemampouan riil siswa secara komprehensip karena penilaian ini
dilakukan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran dengan segala
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Jadi penilaian ini tidak hanya
berupa laporan hasil ujian dan ulangan saja tetapi segala aktivitas yang
terjadi selama proses pembelajaran berlangsung.
6. Untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar
munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa yaitu ....
A. foto-foto yang menggambarkan peristiwa munculnya
reformasi
B. buku teks sejarah tentang peristiwa munculnya
reformasi
C. buku cerita tentang peristiwa munculnya reformasi
D. Orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa
munculnya reformasi
E. Korban-korban keganasan militer pada masa reformasi
Jawaban: D
Pembahasan:
untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar
munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa disamping
sumber-sumber tertulis adalah orang yang yang menjadi pelaku pada masa
peristiwa munculnya reformasi, karena merekalah yang dapat memberikan gambaran
secara nyata mengenai peristiwa yang terjadi pada masa peristiwa munculnya
refromasi
7. Peserta didik diajak untuk fieldtrip ke candi yang
jaraknya dekat dengan sekolah. Candi dalam konteks ini berfungsi sebagai ....
A. alat belajar
B. hasil budaya
C. sumber belajar
D. peninggalan sejarah
E. pendorong peserta didik lebih aktif belajar
Jawaban: C
Pembahasan:
sumber belajar efektif, tidak abstrak adalah yang konkrit
dan mendekatkan peserta didik pada objek yang nyata/sesungguhnya. Salah satu
dari sumber belajar tersebut adalah candi.
8. Penggunaan peta dalam pembelajaran sejarah diperlukan
untuk ....
A. memudahkan pemahaman siswa tentang kronologi
terjadinya suatu peristiwa
B. menunjukkan lokasi-lokasi tempat terjadinya suatu
peristiwa
C. menggambarkan keadaan yang terjadi pada suatu
peristiwa
D. menunjukkan situasi yang terjadi pada suatu peristiwa
E. menunjukkan keadaan alam di mana suatu peristiwa
terjadi
Jawaban: B
Pembahasan:
peta juga berfungsi sebagai media belajar juga sumber
belajar. Mempelajari lokasi, letak, konektivitas antar wilayah maka peta
merupakan media yang wajib digunakan untuk memperjelas pemahaman peserta didik.
9. Jika kompetensi dasar tertulis “Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman pra-aksara”, maka indikator yang tepat yaitu....
A. menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia
B. menunjukkan lokasi penemuan manusia purba
C. mengidentifikasi mata pencaharian pada masa pra-aksara
D. menjelaskan kapan ditemukan api pada masa pra aksara
E. menganalisis asal-usul kedatangan nenek moyang
Indonesia
Jawaban: C
Pembahasan:
kehidupan meliputi semua aspek kegiatan yang dilakukan
manusia, meliputi mata pencaharian, peralatan, kesenian, kemasyarakatan,
pengetahuan, bahasa, dan kehidupan keagamaannya.
10. indicator pencapaian pembelajaran yakni “Peserta
didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia”, maka salah tujuan
pembelajaran yang tepat yaitu peserta didik mampu ....
A. menjelaskan daerah asal migrasi nenek moyang
B. mengidentifikasi kebudayaan yang dibawa oleh nenek
moyang bangsa Indonesia
C. mendeskripsikan alat-alat yang dipakai nenek moyang
bangsa Indonesia
D. menjelaskan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia
E. menggambarkan rute kedatangan dan persebaran nenek
moyang bangsa Indonesia
Jawaban: E
Pembahasan:
tujuan pembelajaran dirumuskan dari indikator. Indicator
pembelajaran adalah “Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek
moyang Indonesia”, sehingga salah satu tujuan pembelajarannya adalah
menunjukkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
11. Salah satu prinsip dari penyusunan RPP adalah ….
A. memperhatikan kemampuan awal peserta didik.
B. mendorong partisipasi aktif peserta didik.
C. mengembangkan budaya tanggap teknologi.
D. memberikan umpan balik dan kerja sama.
E. keterpaduan dan kesinambungan.
Jawaban: B
Pembahasan:
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dirancang untuk
membelajarkan peserta didik selama jam tatap muka berlangsung. Pembelajaran
yang dikehendaki yakni Student Center Learning, maka RPP harus dirancang dapat
membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
12. Rencana pembelajaran yang dirancang guru yakni
terdapat aktivitas setiap kelompok menyelidiki suatu topik untuk diteliti.
Contoh topik yang diangkat misalnya kehidupan jama pra aksara. Kegiatan
selanjutnya yang harus dilakukan siswa yaitu....
A. Siswa mendengarkan dan menguraikan kembali gagasan
yang diberikan oleh guru dari kelompok lain. B. Siswa menjawab pertanyaan yang
diajukan guru dan menulis pada kertas yang telah diberikan kepada masing-masing
kelompok.
C. Siswa dalam setiap kelompok berusaha mengumpulkan dan
mengevaluasi data kemudian mensintesiskannya dalam bentuk laporan akhir
kelompok.
D. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk merumuskan satu
pendapat umum yang mewakili kelompoknya.
E. Siswa sebagai anggota kelompok harus diberi tugas
masing-masing dalam proses pembuatan produk kelompoknya.
Jawaban: C
Pembahasan:
kegiatan penyelidikan atas suatu topik dapat dilakukan
melalui kegiatan mengumpulkan data, mengolah data, dan melaporkan hasil olah
data.
13. Penilaian sikap sosial yaitu sikap jujur dalam
pembelajaran sejarah dapat diukur melalui indikator di bawah ini, yakni....
A. bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan memahami
materi pembelajaran
B. berbagi informasi dengan teman satu kelas tentang
suatu peristiwa sejarah
C. mengakui kesalahan di depan kelas pada saat
pembelajaran sejarah berlangsung
D. mengembalikan alat tulis yang dipinjam dari teman saat
pelajaran sejarah
E. mengumpulkan tugas pada waktu yang sudah disepakati
bersama
Jawaban: A
Pembahasan:
penilaian sikap sosial yakni “jujur” oleh guru mata
pelajaran harus dilaksanakan saat mata pelajaran berlangsung. Sikap yang
dinilai juga sikap yang generik dimungkinkan muncul pada semua peserta didik.
Bertanya kepada guru apabila tidak mengerti merupakan bentuk perwujudan sikap
jujur, apa adanya.
14. Dalam memilih teknik penilaian, guru merancang teknik
penilaian sesuai dengan indikator pembelajaran. Bila indikator berkaitan dengan
pemahaman konsep, maka teknik penilaian yang tepat yaitu berupa ....
A. tes lisan dan tes tulis.
B. kerja secara berkelompok.
C. kemampuan sikap.
D. kerja individual.
E. portofolio.
Jawaban: A
Pembahasan:
pemahaman atas suatu konsep/ pengukuran ranah kognitif
dilakukan
melalui tes baik lisan maupun tertulis.
15. Manfaat yang diharapkan dapat dimiliki siswa ketika
guru memberikan penugasan proyek adalah untuk menilai keterampilan ....
A. kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu
penyelidikan.
B. pembelajaran secara terpadu yang telah dilakukan guru.
C. kemampuan merefleksi perkembangan peserta didik.
D. melihat tingkat kemajuan peserta didik sejak awal
pembelajaran.
E. keterampilan menyelidiki peristiwa-peristiwa secara
khusus
Jawaban: A
Pembahasan:
proyek tertentu melatih peserta didik melakukan
penelitian sederhana. Peserta didik
akan terbiasa untuk melakukan penyelidikan/penelitian.
16. Salah satu prinsip dalam melaksanakan penilaian
otentik adalah.…
A. memperbaiki perilaku siswa agar sesuai dengan
penguatan nilai-nilai karakter
B. memperkaya siswa dengan soal-soal latihan untuk
menghadapi ujian akhir
C. menjadikannya sebagai sarana supaya guru memiliki bank
soal
D. melakukukan penilaian hasil belajar yang memungkinkan
peserta didik mendemonstrasikan pengetahuannya
E. menjadi suatu rutinitas bahwa setiap kegiatan harus
dilakukan penilaian untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan
Jawaban: D
Pembahasan:
penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan
pada saat kegiatan berlangsung dan memugkinan peserta didik menunjukkan
kemampuannya. Penilaian otentik dapat dilakukan melalui observasi, penilaian
diri, jurnal, tes, kinerja, penilaian proses, maupun penilaian portofolio.
17. Hasil penilaian belajar siswa dapat dimanfaatkan oleh
guru bimbingan dan konseling untuk ….
A. bahan pertimbangan untuk memberikan perlakuan sikap
kepada siswa
B. mengetahui apakah siswa mempunyai permasalahan dalam
keluarga
C. memberikan bimbingan kepada siswa dalam upaya
meningkatkan kualitas pendidikan
D. memberikan penghargaan atas capaian hasil belajar
siswa
E. mencari kelemahan siswa untuk dilaporkan kepada orang
tua/wali siswa
Jawaban: E
Pembahasan:
salah satu fungsi penilaian yakni untuk memberikan umpan
balik kepada peserta didik. Penilaian mencerminkan perkembangan belajar peserta
didik. Perkembangan inilah yang dapat dilaporkan oleh guru BK kepada orangtua.
18. Esensi dari Penelitian Tindakan Kelas adalah ….
A. memperbaiki proses pembelajaran
B. menetapkan praktik secara terencana.
C. mengubah keadaan kelas sesuai kemauan guru.
D. menetapkan fokus penelitian secara cermat.
E. melaksanakan interpretasi pada praktik penelitian.
Jawaban: A
Pembahasan:
Penelitian Tindakan Kelas digunakan untuk memperbaiki
proses
pembelajaran, bukan untuk memperbaiki hasil belajar
19. Masalah yang sulit dan sering dilupakan dalam
pembelajaran sejarah yakni dalam ....
A. menjelaskan masalah-masalah dalam pembelajaran secara
faktual
B. membelajarkan konsep-konsep utama dalam sejarah
C. membelajarkan materi sejarah secara kronologis dan
tematis
D. menganalisis materi metakognitif
E. membelajarkan nilai dalam setiap peristiwa sejarah
Jawaban: E
Pembahasan:
tujuan belajar sejarah yaitu untuk membuat orang
bijaksana. Menjadi bijaksana melalui
kegiatan mempelajari makna/hikmah peristiwa yang telah
terjadi. Pembelajaran sejarah masih berorientasi kepada penguasaan materi dan
mengabaikan nilai/makna/hikmah dari peristiwa masa lampau.
20. Seorang guru melakukan penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart maka langkah terakhir dalam satu
siklus adalah ....
A. observasi
B. pelaksanaan tindakan
C. pelaksanaan tindakan dan observasi
D. perencanaan tindakan siklus II
E. refleksi
Jawaban: E
Pembahasan:
tahapan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart
yakni Plan, act
and Observe, reflect.
SOAL PROFESIONAL (60 SOAL)
1. Tujuan periodisasi dalam sejarah yang paling berkaitan
dengan sejarah sebagai ilmu adalah…
A. Mengkritisi kompleksitas peristiwa.
B. memudahkanklasifikasi peristiwa.
C. mengembangkan pendekatan diakronis
D. mengidentifikasi latarbelakang peristiwa .
E. memenuhi persyaratan heuristik
Jawaban: B
Pembahasan :
Menyerdehanakan kompleksitas peristiwa, mengembangkan
pendekatan diakronis, mengidentifikasi latar belakang peristiwa bukan bagian
dari sturktur penulisan sejarah sebagai ilmu melainkan sifat praktis penggunaan
periodisasi atau pembabakan, sedangkan periodisasi bukan syarat dalam kegiatan
heuristik.
2. Berfikir diakronis dicirikan oleh aspek berikut,
A. non interval
B. simultan
C. melebar
D. kausalitas
E. transformasi
Jawaban: E
Pembahasan :
Diakronik memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya; (1) Memanjang,
berdimensi waktu, (2) Terus bergerak, hubungan kuasalitas, (3) Bersifat
naratif, berproses dan bertransformasi, (4) Bersifat dinamis, (5) Lebih
menekankan pada proses durasi. Dengan demikian transformasi merupakan salah
satu aspek berfikir diakronis.
3. Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki
perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas
dari masa lalu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut ….
A. R.G. Collingwood
B. Kuntowijoyo
C. Sartono Kartodirdjo
D. R. Moh. Ali
E. Ibnu Khaldun
Jawaban: D
Pembahasan :
Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki
perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas
dari masa lalu, merupakan pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali.
4. Corak kehidupan ekonomi manusia purba di Indonesia
yang memiliki tingkat tergantungan kepada alam paling tinngi dapat ditemukan
pada kehidupan ekonomi tahap … .
A. berburu dan meramu tingkat awal
B. berburu dan meramu tingkat lanjut
C. bercocok tanam pola ladang
D. bercocok tanam pola basah
E. industri rumah tangga
Jawaban: A
Pembahasan :
Berburu dan meramu tingkat awal memiliki ciri masih
minimnya kemampuan manusia memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhan
ekonominya. Kemampuan untuk mengolah alam untuk kepentingan kehidupannya masih
sangat terbatas, sementara pada periode B,C,D dan E menunjukan tanda semakin
meningkatnya pemanfaatan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
5. Jalur migrasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang benar
ditunjukkan oleh pernyataan berikut,
A. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke
Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak lonjong .
B. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk
ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa
kapak persegi
C. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke
Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi.
D. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk
ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa
nekara.
E. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke
Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak bahu.
Jawaban: C
Pembahasan:
Salah satu teori mengatakan bahwa jalur barat dari Yunan
melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak
persegi. Sementara jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke
Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa
kapak lonjong.
6. Salah satu hasil budaya masyarakat pra aksara
Indonesia adalah sarkopagus dengan ciri utamanya adalah… .
A. terbuat dari tembaga.
B. berbentuk tugu.
C. bermanfaat untuk meja persembahan.
D. fungsinya untuk kuburan.
E. ditemukan di daerah pantai.
Jawaban: D
Pembahasan :
Sarkofagus adalah salah satu peninggalan jaman
megalithikum yang berfungsi sebagai keranda dari batu besar berbentuk lesung
atau palung dengan tutup di atasnya. Fungsi sarkofagus pada jamannya adalah
sebagai kubur batu.
7. Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang
bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ….
A. periodisasi
B. interpretasi
C. heuristik
D. historiografi
E. verifikasi
Jawaban: E
Pembahasan :
Tahapan penelitian sejarah yang bermaksud menguji
keabsahan sumber sejarah adalah verifikasi. Verifikasi atau kritik sumber
meliputi kritik intern dan kritik ekstern.
8. Benda yang berasal tradisi pra aksara yang masih
digunakan hingga sekarang adalah…
A. Batu penggilingan beserta landasannya.
B. Nekara
C. Dolmen
D. Punden berundak
E. Sarkopagus
Jawaban: A
Pembahasan :
Pipisan adalah batu-batu Penggiling beserta
landasannya.Bila dibandingkan dengan zaman sekarang, barangkali pipisan ini
serupa dengan ulekan karena sama-sama digunakan untuk menghancurkan
biji-bijian.Hanya saja bentuk pipisan ini datar dan halus.
9. Kekuatan pertimbangan dari teori Brahmana terkait
masuknya pengaruh India ke Indonesia adalah bahwa kaum Brahmana ….
A. memiliki keleluasaan untuk pergi mengarungi samudra.
B. menguasai penggunaan teknologi kemaritiman.
C. menguasai bahasa sansekerta dan agama Hindu.
D. Menguasai kekayaan untuk dana perjalanan antar
wilayah.
E. memiliki kekuasaan politik dan milier dalam
pemerintahan.
Jawaban: C
Pembahasan:
Menurut teori Waisya yang dikemukakan oleh N.J. Krom,
agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh kaum Waisya atau pedagang
10. Peninggalan-peninggalan budaya Nusantara yang
dipengaruhi oleh tradisi India adalah…
A. Punden Berundak, Candi,dan agama Buddha.
B. AgamaBuddha, bahasa Melayu dan tulisan Palawa.
C. Agama Hindu, bahasa sangsekerta, dan kakawin
Bharatayudha.
D. Candi, bahasa Melayu, dan hikayat Hang Tuah.
E. Candrasa, tahun Saka, dan Cerita Panji.
Jawaban: C
Pembahasan:
Peninggalan dari budaya India di Indonesia antara lain
Agama Hindu dan Buddha,candi, tulisan palawa, bahsa sangsekerta, kakawin
mahabarata, dan sistem tahun saka.
11. Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan
yang pesat terutama karena ….
A. mundurnya peranan pelabuhan Malaka
B. ramainya perdagangan di selat Malaka
C. letaknya strategis antara India dengan Cina
D. daerah kekuasaannya sangat luas
E. menjadi pusat penghasil pala
Jawaban: C
Pembahasan:
Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan armada laut yang
disegani di selat Malaka pada masa kejayaannya.Penguasaan daerah tepi dan selat
Malaka memberikan keuntungan besar dari sisi perniagaan regional maupun
internasional.Letak yang strategis di tepian selat Malaka merupakan faktor
utama penunjang kejayaan perniagaan Sriwijaya.
12. Perang suadara seringkali menghancurkan suatu
kekuasaan. Sebagaimana terjadi pada keruntuhan kerajaan Hindu-Budha berikut
ini,
A. Kutai
B. Tarumanagara
C. Majapahit
D. Bali
E. Pajajaran
Jawaban: C
Pembahasan :
Tidak ditemukan bukti bahwa di Kerajaan Kutai, Tarumanagara,
Bali maupun Pajajaran terjadi perang saudara yang menyebabkan keruntuhan
kerajaan. Fakta yang sampai kepada kita adalah perang saudara di kerajaan
Majapahityang dikenal dengan Perang Paregreg, yang berarti perang bertahap,
perang setahap demi setahap. Perang ini melibatkan keluarga dekat antara putra
dari selir bernama Bhre Wirabhumi dengan menantu raja, Wikramawardhana. Dampak
perang yang berlarut- larut adalah melemahnya pemerintahan dan banyak daerah
melepaskan diri dari Majapahi, dan akhirnya disintregasi maka secaraperlahan
Majapahit runtuh.
13. Salah satu bukti adanya akulturasi budaya pada jaman
Hindu dan Buddha dengan masa sesudahnya adalah … .
A. pola punden berundak candi Borobudur.
B. nama raja Aswawarman dari Kutai.
C. Arsitek unik menara masjid Kudus
D. sistem pemerintahan kesultanan
E. arsitektur candi Singosari di masjid Ampel
Jawaban: C
Pembahasan :
Mesjid Kudus merupakan perwujudan bangunan hasil
akulturasi antara dua kebudayaan Hindu-Jawa dengan Islam.Budaya Hindu-Jawa
sendiri tercermindari bangunan yang mirip candi.Sedangkan budaya Islam
tercermin dari penggunaannya untuk adzan.Cerminan akulturasi dari masjid ini
juga tercermin dari corak bagian gapura dan juga pada bagian dalam masjid yang
memiliki sepasang gapura kuno yang disebut dengan “Lawang Kembar”.Akulturasi
sendiri merupakan percampuran dua budaya atau lebih yang tidak menghapus budaya
aslinya.
14. Bangunan ini sangat terkenal sebagai salah satu
destinasi wisata dunia yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kunodan
termasukSitus Warisan Dunia UNESCO, terletak 17 km timur laut kota Yogyakarta.
Bangunan dimaksud adalah candi ….
A. Borobudur
B. Penataran
C. Cangkuang
D. Jago
E. Prambanan
Jawaban: E
Pembahasan :
Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia,
sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini
berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan
candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang
di tengah kompleks gugusan candicandi yang lebih kecil.
15 Kekuatan dari pendapat yang dikemukakan oleh Hamka
terkait masuk dan berkembangnya agama Islam di Nusantara sehingga diterima oleh
beberapa ahli adalah memposisikan…
A. Gujarat sebagai pusat peradaban Islam yang disegani
olehwilayah Timur.
B. Cina sebagai peradaban yang memiliki keterbukaan
kepada Islam.
C. Menempatkan Mekah yang menjadi kota pelabuhan besar di
abad ke-7.
D. Persia sebagai Negara yang memuliakan peradaban Islam.
E. Menempatkan Konstantinopel sebagai ibu kota Romawi
Timur.
Jawaban: C
Pembahasan :
mengatakan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia
adalah langsung dari Mekah atau Arab sekitar abad pertama Hijriah. Tokoh yang
menperkenalkan teori ini adalah Haji Abdul Karim Amrullah atau HAMKA
16 Pernyataan benar yang mengambarkan hasil kebudayaan
dengan daerah temuannya adalah…
A. Bustanus Salatin merupakan peninnggalan sejarah dari
Aceh.
B. Kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung
dari Makasar
C. Mesjid Tumpang Lima yang bersejarah berasal dari
kerajaan Demak
D. Mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi
budaya di Banten
E. Lombo adalah kapal khas dari kerajaan Islam Tidore
Maluku
Jawaban: A
Pembahasan :
Bustanus Salatin merupakan peninnggalan sejarah dari
Aceh, kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari kerajaan
Mataram, mesjid atap Tumpang Lima berasal dari kerajaan Banten, sedangkan
mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya dari kerajaan Demak,
dan lombo adalah kapal khas dari Sulawesi selatan.
17. Kerajaan Ternate tumbuh menjadi kekuatan yang
diperhitungkan dalam perniagaan internasional pada jamannya. Adapun keunggulan
geostrategis dari kerajaan tersebut adalah…
A. Letaknya diantara kerajaan Samudra Pasai dengan Demak.
B. Tanahnya subur untuk penanaman jenis rempah seperti
pala.
C. Memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang
menakjubkan.
D. Penduduknya ramah dan terbuka kepada para pendatang
dari Eropa.
E. Memiliki armada laut yang tangguh mampu berlayar
hingga laut Tengah.
Jawaban: C
Pembahasan :
Ternate terkenal sebagai pulau rempah yang sangat
dibutuhkan pada jaman itu bahkan rempah saat itu dikatakan emas hitam. Rempah
yang tumbuh di Ternata adalah pala dan cengkeh. Pemandangan bawah lautnya indah
tetapi belum menjadi kepedulian pada saat itu. Keramahan penduduknya kurang
berkaitan langsung dengan dimensi geostrategic.
18. Pernyataan benar yang menggambarkan perkembangan
politik pada masa kerajaankerajaan Islam di Nusantara adalah…
A. Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua
kali pada masa pemerintahan Sultan Aamngkurat I dari Mataram
B. Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan
antara kerajaan Gowa dengan Makasar.
C. Serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir
Portugis dipimpin Raden Patah.
D. Samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalihberhasil
menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina
E. Untuk mencapai kebesaran Kerajaan Aceh, Sultan
Iskandar Tani meneruskan perjuangan dengan menyerang Portugis dan Kerajaan
Johor di Semenanjung Malaya
Jawaban: D
Pembahasan :
Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua kali
pada masa pemerintahan Sultan Agung dari Mataram, Politik adu domba Belanda
memporak porandakan hubungan antara kerajaan Makasar dengan Bone, serangan
kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Adipati Unus, samudra
Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalih berhasil menjalin diplomasi dengan
kekaisaran Cina, dan Kerajaan Aceh pada masa Sultan Iskandar Muda menyerang
Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya bukan IskandarTani.
19. Bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di
Nusantara yang masih ada sampai sekarang adalah…
A. Cerita Hikayat dari kerajaan Makasar
B. Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak
C. Makam Sultan Malik Al Shaleh di Banten
D. Kapal Pinisi dari Aceh
E. Kapal Lombo dari kerajaan Banjarmasin
Jawaban: B
Pembahasan :
Cerita Hikayat dari kerajaan Samudra Pasai, Mesjid Agung
Atap Tumpang dari Demak , makam Sultan Malik Al Shaleh tidak berada di Banten,
demikian juga kapal Pinisi dan Lombo berasal dari Sulawesi Selatan
20. Perhatikan fakta- fakta sejarah berikut !
1. Adanya semangat penaklukan (reconquista).
2. Jatuhnya Kontantinople, ibu kota Imperium ke tangan
Dinasti Usmani Turki.
3. Keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam
semesta, keadaan geografi, dan bangsa – bangsa yang tinggal di belahan bumi
lain.
4. Kepentingan untuk mendapatkan rempah – rempah.
5. Kisah Marcopolo ( 1254-1324), dalam buku Book of
Various Experience.
6. Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei bahwa bumi
bulat
Faktor perkembangan ilmu pengetahuan yang mendorong
kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia di tunjukan pada pilihan berikut.
A. 1,3, dan 4
B. 2,4, dan 6
C. 3,5, dan 6
D. 4, 5, dan 6
E. 5, 6 dan 1
Jawaban:C
Pembahasan :
Adanya semangat penaklukan (reconquista), jatuhnya
Kontantinople, ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki merupakan aspek
latar belakang di bidang politik, sedangkan keinginan mengetahui lebih jauh
mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa – bangsa yang
tinggal di belahan bumi, kisah Marcopolo ( 1254-1324), dalam buku Book of
Various Experience, serta teori Copernicus dan Galileo Galilei bahwa bumi bulat
faktor pendukung latarbelakang perkembangan ilmu pengetahuan,sedangkan
kepentingan untuk mendapatkan rempah – rempah
21. Jika dibandingkan Kerajaan Spanyol dan Portugis,
Belanda lebih akhir datang ke Indonesia. Kondisi langsung yang menyebabkan kedatangan
Belanda datang ke Indonesia berkaitan dengan Spanyol dan Portugis adalah... .
A. penandatanganankesepakatan Thordesillas yang membagi
pelayaran samudera menjadi dua.
B. penandatanganan kesepakatan Saragosa yang menjadi
landasan perjanjian antara Spanyol dan Portugal
C. pemberlakuan pelarangan terhadap para pedagang Belanda
membeli rempahrempah di Pelabuhan Lisabon Portugal
D. pemberlakuanlarangan terhadap para pedagang Belanda
membeli rempah-rempah di Pelabuhan Cartagena Spanyol.
E. Terbentuknya koalisi kerajaan Spanyol dengan Portugis
melalui perkawinan anggota keluarga kerajaan
Jawaban: C
Pembahasan :
Pernyataan A,B maupun E adalah penyebab tidak langsung,
sedangkan pernyataan bagian D tidak pernah ada, jadi memang pemberlakuan
pelarangan terhadap para pedagang Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan
Lisabon Portugal penyebab langsungnya.
22. Hak VOC yang paling besar berkontribusi terhadap
kebangkrutannya adalah terkait dengan kewenangan berikut ini:
A. monopoli perdagangan di Afrika sampai Amerika Selatan.
B. merekrut dan memiliki tentara sendiri,
C. mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri.
D. hak mengikat perjanjian dengan penguasa pribumi.
E. memiliki kantor dan sistem perdagangan sendiri.
Jawaban: C
Pembahasan :
Korupsi adalah penyebab keruntuhan VOC.Dari sekian
pilihan di berikan yang paling berkontribusi terhadap merajalelanya korupsi
adalah terkait aspek pendapatan yang dinilai dengan uang.
23. Upaya diplomasi kerajaan Aceh Darussalam untuk
mempertahankan diri dari ancaman Portugis antara lain:
A. menjalin hubungan baik dengan kekaisaran Cina
B. memperoleh bantuan berupa kapal, prajurit, dan makanan
dari beberapa pedagang muslim di Jawa.
C. kapal-kapal dagang Aceh dilengkapi dengan persenjataan
yang cukup baik dan prajurit yang tangguh,
D. Meningkatkan kerja sama dengan Kerajaan Demak dan
Makassar.
E. Menandatangani pembelian senjata yang lebih moderen
dari Turki.
Jawaban: D
Pembahasan :
Tidak pernah tercatat adanya hubungan diplomasi Aceh
dengan kekaisaran Cina dalam rangka melawan Portugis, demikian juga tidak ada
penandatangan pembelian senjata dengan Turki.memeperoleh bantuan adalah akibat
upaya diplomasi, sedangkan pilihan C lebih terkait dalam bidang ekonomi. Jadi
kerjasama dengan Demak dan Makasar lah jawaban yang paling tepat.
24. Tindakan pemerintah Belanda untuk meruntuhkan
kewibawaan tradisional penguasa pribumi adalah …
A. mengirimkan mereka ke sekolah-sekolah moderen sekuler.
B. menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah.
C. mengangkat mereka menjadi tentara KNIL.
D. menjadikan mereka pegawai perusahaan perkebunan
swasta.
E. mengisolasi para penguasa pribumi dari rakyatnya.
Jawaban: B
Pembahasan :
Pilihan pernyataan A, C dan D adalah tindakan pemerintah
yang mendorong kaum pribumi maju dan memiliki kedudukan baru dalam tata kelola
pemerintahan maupun perusahaan moderen.Pemerintah Belanda tidak melarang tetapi
menyederhanakan upacara dan tradisi di istana yang memakan biaya besar.Jadi
tindakan menghapus kedudukan para bangsawan secara adat dan menjadikan mereka
sebagai pegawai pemerintah lah pilihan yang paling benar.
25. Dampak penjajahan Belanda di bidang pendidikan,adalah
…
A. munculnya golongan golongan terpelajar pribumi di
Indonesia.
B. membuka peluang lapangan kerja di perusahaan Belanda
dengan gaji sama.
C. anak-anak pribumi juga sepandai anak-anak Belanda
D. menimbulkan gap sosial diantara para pemuda terpelajar
.
E. penutupan sekolah-sekolah swasta oleh pemerintah Belanda.
Jawaban: A
Pembahasan :
Tenaga – tenaga kerja dengan pekerjaan yang sama di
perusahaan Belanda tetapi gajih pribumi lebih rendah, sekalipun benar demikian
tapi itu bukan tujuan utama kaum pribumi bersekolah, demikian pula tidak ada
konflik yang menonjol sekalipun kaum pribumi diperlakukan diskriminatif.hal
yang tidak sesuai fakta adalah pendirian sekolah swasta oleh pemerintah untuk
keentingan pribumi. Sekolah swasta sebagian besar didirikan atas swadaya
pribumi sendiri.
26. Perhatikan fakta sejarah terkait Sumpah Pemuda
berikut ini !
1. Rapat Pemuda di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond
(KJB), Waterlooplein
2. Rapat Pemuda di di Gedung Oost-Java Bioscoop.
3. Rapat Pemuda di gedung Indonesische Clubgebouw di
Jalan Kramat Raya 106,
Kronologi peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yang
benar di tunjukan pada
pilihan berikut,
A. 1,2 dan 3
B. 2,3, dan 1
C. 3,2, dan 1
D. 2,1, dan 3
E. 1,3, dan 2
Jawaban: A
Pembahasan :
Kronologi sesuai fakta memang teridentifikasi dimulai
dari urutan peritiwa pada no1, diikuti peristiwa no2 dan akhiri dengan
peristiwa no 3.
27. Sifat pendudukan pemerintah milter Jepang di
Indonesia adalah….
A. melakukan eksploitasi budaya untuk pelemahan persatuan
bangsa.
B. penetrasi politik diksrimintatif dengan strategi
devide at impera.
C. melakukan tekanan kultural pada masyarakat perkotaan.
D. mobilisasi tenaga kerja untuk keberlangsungan pabrik
di perkebunan.
E. strategi ekonomi berbasis eksploitasi sumber daya
alam.
Jawaban: E
Pembahasan :
Pemerintah militer Jepang menghapus pendidikanyang
diskriminatif peninggalan Belanda, dan penetapan bahasa Indonesia sebagai
bahasa pengantar utama di sekola, sementara kebijakan politik berusaha
memanfaatkan kerjasama dengan para tokok bangsa sekalipun untuk mendukung
mempertahankan kemenangan perang Asia Timur Raya, sebagaimana tindakannya
menutup perkebunan-perkebunan karena dianggap tidak mendukung peperangan
kecuali perkebunan karet. Politik penyerahan padi yang represif dan mobilisasi
tenaga kerja romusha menjadi ciri khas perekonomian sat pendudukan Jepang. Oleh
karena itu jawaban E yang paling tepat.
28. Respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang
terbagi dua secara garis besar,ada yang bekerjasama dan yang tidak mau bekerja
sama. Respon tersebut ditunjukan oleh gerakan berikut ini,
A. Kelompok Syahrir memilih bekerjasamaberjuang
mempertahankan kemenangan pasukan bawah tanah Jepang.
B. Kelompok Amir Syarifudin anti Fasis dengan menolak
sama sekali kerja sama dengan Jepang.
C. Golongan Persatuan Mahasiswa, yang terdiri dari
mahasiswa kedokteran, bekerja sama seperti halnya golongan Syahrir.
D. Kelompok Sukarni yang menjalin kerjasama sehingga
sangat besar peranannya di sekitar proklamasi kemerdekaan.
E. Golongan Kaigun, bekerjasama sebagai wujud rasa
terimakasih kepada Angkatan laut Jepang yang telah mendidiknya.
Jawaban: B
Pembahasan:
Fakta sejarahnya adalah kelompok Syahrir, adalah
pendukung demokrasi Parlementer model Eropa barat dan menentang Jepang karena
merupakan negara Fasis. Mereka berjuang dengan cara sembunyi-sembunyi atau
dengan strategi gerakan "bawah tanah". Sementara golongan Persatuan
Mahasiswa, pengikutnya antara lain: J. Kunto, Supeno, Subandrio. Kelompok ini
juga anti Jepang dan bekerja sama dengan golongan Syahrir. Sedangkan kelompok
Sukarni berada di kelompok yang tidak mau kerjasanma.Dan terakhir golongan
Kaigun pun menggambil sikap tidak bekerjasama.Anggotanya bekerja pada Angkatan
laut Jepang.Akan tetapi secara terusmenerus menggalang dan membina
kemerdekaan.Mereka memiliki hubungan dekat dengan tokoh-tokoh Angkatan laut
Jepang yang simpati terhadap kemerdekaan Indonesia.Termasuk dalam kelompok ini
adalah; Mr. Akhmad Subardjo, Mr. Maramis, Dr. Samsi, Dr. Buntaran
Martoatmodjo.Kelompok Kaigun ini mendirikan asrama Indonesia Merdeka. Ketuanya
Wikana, sedangkan. Pemaparan terkait kelompok Amir Syarifudin tepat sekali
sesuai dengan faktanya.. Ia sangat keras dalam mengkritik Jepang sehingga ia
ditangkap pada tahun 1943 dan dijatuhi hukuman mati tahun 1944. Atas bantuan
Sukarno, hukumannya diubah menjadi hukuman seumur hidup. Setelah Jepang
menyerak dan Indonesia merdeka tahun 1945, ia bebas dari hukuman.Jadi jawaban B
yang benar.
29. Tokoh ini menjadi wakil Golongan Tua dalam berunding
dengan Gologan Muda pada peristiwa Rengasdengklok. Berkat kepiawaiannya
bernegosiasi akhirnya Sukarno dan Hatta dilepaskan oleh para pemuda. Tokoh yang
dimaksud ialah…
A. Wikana.
B. Syahrir.
C. Mr. Akhmad Subardjo.
D. Mr Iwa Kusuma Soemantri
E. Dr.Buntaran Martoatmodjo
Jawaban: C
Pembahasan :
Saat itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara
Ahmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana (mewakili golongan muda).Dari
perundingan itu tercapai kata sepakat bahwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia
harus dilaksanakan di Jakarta.
30. Perhatikan dengan seksama fakt-fakta peristiwa
tersebut!
1. Pembentukan PPKI sebagai pelaksana kepututsan
Pemerintah Kemaharajaan Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa
Indonesia.
2. Peresmian BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai)dengan
mengambil tempat di Gedung Cuo Sangi In di Jakarta.
3. Penculikan Sukarno-Hatta oleh para Pemuda ke
Rengasdengklok, Karawang,karena perbedaan sikap terkait proklamasi di Jakarta.
4. Di Jakarta telah terjadi kesepakatan antara golongan
tua, dengan golongan muda terkait proklamasi di Jakarta.
Kronologi peristiwa yang benar terkait proses lahirnya
Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia ditunjukan pada pilihan berikut,
A. 1,2,3, dan 4
B. 2,1,3, dan 4
C. 3,1,2, dan 4
D. 4,1,2, dan 4
Jawaban: B
Pembahasan :
BPUPKI dibentuk lebih dahulu daripada PPKI.Sedangkan
kesepakatan
diperoleh setelah penculikan Sukarno-Hatta dapat diatasi
terlebih dahulu.
31. Makna proklamasi kemerdekaan adalah bebasnya bangsa
Indonesia dari belenggu penjajahan dan bersyukur merdeka menentukan nasib dan
pilihan cara dalam upaya meningkatkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi
seluruh bangsa Indonesia.Ungkapan tersebut lebih merupakan makna proklamasi
kemerdekaan bangsa Indonesia dari perspektif ….
A. politik
B. ekonomi
C. budaya
D. pendidikan
E. religi
Jawaban: B
Pembahasan :
Esensi dari ungkapan di atas adalah menentukan nasib
sendiri dan meningkatkan
kesejahteraan yang berkeadilan. Jadi kuat dengan
perfektif ekonomi.
32. Salah satu hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945,
adalah…
A. Menetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar (piagam Jakarta) tanpa
perubahan.
B. Menetapkan dan mengesahkan UUD Negara Republik
Indonesia, dari rancangan hukum dasar tanpa perubahan.
C. Memilih dan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden
Republik Indonesia, ialah Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta
sebagai wakil presiden.
D. Menetapkan ssecara otomatis bahwa anggota Komite
Nasional Indonesia Pusat (KNIP) seluruhnya adalah anggota PPKI.
E. Menetapkan dan mengesahkan GBHN sebagai pedaman
pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia.
Jawaban: C
Pembahasan :
Pembentukan alat perlengkapan negarayang diputuskan pada
siding PPKI 18 agustus 1945 meliputi penetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar (piagam
Jakarta) dengan perubahan, penetapkan dan mengesahkan UUD Negara Republik
Indonesia, dari rancangan hukum dasar dengan beberapa perubahan, pemilihandan
penetapan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, ialah Ir. Soekarno
sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden, penetapan Komite
Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dengan menambah beberapa orang terhadap anggota
PPKI, dan juga menetapkan dan mengesahkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
33. Perbedaan pandangan Sukarno- Hatta dengan para pemuda
terus berlanjut hingga terjadi peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa tersebut
memberikan gambaran dinamika sosio-psikologis politik berikut ini,
A. Sikap pemerintah Jepang yang menutup-nutupi
kekalahannya.
B. Konflik internal diantara anggota PPKI dengan BP KNIP
C. mensikapi situasi akibat kekalahan Jepang dari Sekutu.
D. Perbedaan memaknai proklamasi kemerdekaan.
E. Jarak usia yang jauh menyebabkan tingkat emosi yang
berbeda.
Jawaban: C
Pembahasan :
Perbedaan cara mensikapi situasi akibat kekalahan Jepang
dari Sekutu golongan tua terbaca kesan terlalu lamban dan banyak pertimbangan,
sementara golongan muda bersikap ingin gerak cepat sesuai dengan watak pemuda
yang energik. Indikator: menganalisis strategi dan taktik perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
Belanda
34. Konperensi Meja Bundar adalah puncak perjuangan
diplomasi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Hasil yang
diperoleh dari perundingan tersebut antara lain adalah …
A. Pembentukan Negara Indonesia Serikat di Belanda
B. Pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh Belanda.
C. Pemberhentian agresi militer Belanda
D. Perlucutan senjata tentara NICA
E. Pembubaran Republik Maluku Selatan
Jawaban: B
Pembahasan :
Inti KMB memang terkait pengakuan kedaultan NKRI,
sementara pilihan lain adalah keputusan perundingan sebelumnya. Sementara hal
pembubaran RMS tidak pernah ada kesepakatan dengan Belanda hingga hari ini.
35. Peristiwa heroik mempertahankan kemerdekaan dengan
mengangkat senjata, yang menjadi dasar penetapan 10 November sebagai Hari
Pahlawan, adalah…
A. Medan Area
B. Bandung Lautan Api
C. Pertempuran Surabaya
D. Pertempuran Aceh
E. Pertempuran Ambarawa
Jawaban: C
Pembahasan :
Pertempuran Surabaya dengan tokoh heroik religius Bung
Tomo.
36. Peristiwa perjuangan bangsa Indonesia melalui perang
melawan Belanda, yang menjadi perhatian dunia internasional termasuk PBB,
bahkan mampu mengubah sikap Negara super power Amerika Serikat telah menjadi
bukti perjuangan militer dan diplomasi bangsa Indonesia efektif berhasil.
Peristiwa yang dimaksud adalah…
A. Peristiwa Bandung lautan Api
B. Agresi Militer Belanda I
C. Agresi Militer Belanda II
D. Pertempuran Puputan Bali
E. Pertempuran Lima Hari Semarang
Jawaban: C
Pembahasan :
Amerika Serikat sejak Indonesia memproklamasikan
kemerdekaannya selalu mendukung Belanda untuk kembali menduduki Indonesia,
tetapi setelah Agresi Militer Belanda II berbalik mendukung bangsa Indonesia.
Bahkan PBB. Dewan Keamanan PBB segera bersidang pada tanggal 24 Januari 1949
sebagai reaksi terhadap Agresi Militer Belanda II sekaligus tanggapan terhadap
desakan negara-negara Asia dan Afrika dalam pertemuan di New Delhi (India).
Pada tanggal 28 Januari 1949 Dewan Keamanan PBB mengeluarkan beberapa resolusi
37. Pemberontakan Soumokil (RMS), Andi Azis
(PPRI/Permesta), Westerling (APRA) memiliki kesamaan tujuan yaitu… .
A. menuntut anggaran lebih besar kepada pemerintah pusat,
karena selama ini daerah-daerah tidak mendapat yang layak
B. menunjukan ketidak puasan terhadap proses kembalinya
RIS ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
C. menolak hasil pemilihan Sukarno sebagai Presiden dan
Moh Hatta sebagai Wakil Presiden.
D. menolak keberadaan TNI yang lemah dalam menghadapi
pasukan Belanda.
E. menproklamasikan berdirinya Negara baru dan melepaskan
diri dari NKRI
Jawaban: B
Pembahasan :
Pernyataan selain B tidak ada dan tidak tercatat sebagai
suatu kebenaran dalam sejarah sebagai kesamaan tujuan.Ketiga pemberontakan tersebut
memiliki karakteristik masing- masing kecuali yang diungkapkan pada pilihan
jawaban B.
38. Puncak dari upaya yang dilakukan oleh PKI merongrong
kedaulatan Negara dan bangsa Indonesia adalah melakukan pemberontakan Senjata
pada tanggal 18 September 1948 di Kota Madiun, dan secara politik… …
A. menyatakan perang dan anti Amerika Serikat.
B. meproklamirkan Republic Soviet Indonesia
C. menolak hasil Konferensi Meja Bundar
D. membunuh fihak-fihak yang anti komunis
E. menyatakan kerjasama dalam komunis internasional
Jawaban: B
Pembahasan :
Pernyataan selain B meragukan atau bahkan salah dan
anakronis, karena tidak pernah secara terang-terangan menyatakan sikap
politiknya.KMB sendiri dilaksanakan setelah pemberontakan PKI tersebut.
39. Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam
menghadapi ancaman disintergrasi bangsa akibat pemberontakan RMS antara lain,
adalah…
A. Mengirimkan misi perdamaian setelah dilakukan operasi
GOM III
B. Melaksanakan operasi militer GOM III setelah misi
perdamaian gagal
C. Angkatan Udara Republik Indonesia memulai pengeboman.
D. Mengalokasikan anggaran daerah sesuai tuntutan RMS
E. Penumpasan Dewan Banteng sebagai sayap militer RMS
Jawaban: A
Pembahasan :
Hanya pilihan jawaban A yang menggambarkan kebenaran
fakta sejarah terkait upaya penumpasan pemeberontakan RMS.
40. Pernyataan benar terkait peran tokoh Agus Salim dalam
perjuangan diplomasi mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia
adalah…
A. Sebagai menteri luar negeri pertama Republik
Indonesia.
B. Ketua delegasi Indonesia dalam perundingan KMB.
C. Penasehat Mr Akhmad Subardjo sebagai Menlu Pertama RI.
D. Menjadi menteri luar negeri pada masaKabinet Djuanda
E. Menjadi menteri luar negeri pada masa demokrasi
terpimpin.
Jawaban: C
Pembahasan :
Fakta yang benar adalah Agus Salim pernah menjadi
penasehat Menlu RI pertama Mr. Akhmad Subardjo.
41. situasi pada masa demokrasi liberal diwarnai dengan
banyaknya pergolakan berupa pemberontakan di daerah. Salah satu yang menjadi
latar belakang berbagai pemberontakan tersebut yaitu ....
A. Keinginan untuk menjadikan Indonesia berbentuk negara
federal
B. Kegagalan pemerintah mempertahankan negara kesatuan
C. Pasukan pemerintah Hindia Belanda tidak mampu
mengamankan wilayah
D. Negara yang terbentuk belum mampu membangun militer
yang tangguh
E. Luasnya wilayah negara kesatuan republik Indonesia
Jawaban: A
Pembahasan:
salah faktor yang menyebabkan munculnya pergolakan di
daerah yaitu uoaya beberapa kelompok yang tidak setuju dengan bentuk negara
kesatuan. Di samping faktor lain seperti ketidakpuasan daerah terhadap
pemerintah pusat dan perbedaan ideology
42. Tujuan mengubah struktur ekonomi nasional di bidang
perdagangan pasca kemerdekaan dapat berhasil jika ....
A. pemerintah membatasi impor barang jadi
B. pemerintah menggalakkan ekspor barang jadi
C. di Indonesia tumbuh kelas pengusaha
D. pemerintah memberdayakan ekonomi kerakyatan
E. adanya persaingan antara pengusaha pribumi dan
nonpribumi
Jawaban: C
Pembahasan:
ekonomi dapat tumbuh jika banyak kelompok pengusaha dan
wiraswasta. Maka program-program ekonomi diarahkan untuk menumbuhkan kelas
pengusaha nasional
43. Tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi Gerakan Benteng
yakni ....
A. memberikan bantuan kredit kepada pengusaha pribumi
agar dapat bersaing
B. menghindarkan persaingan antara pengusaha pribumi dan
pengusaha nonpribumi
C. membatasi masuknya pengusaha swasta asing ke Indonesia
D. meningkatkan nilai ekspor yang menghasilkan devisa
negara
E. mengembangkan peranan orang Indonesia dalam sektor
ekonomi
Jawaban: E
Pembahasan:
sistem ekonomi Gerakan Benteng merupakan kebijakan
ekonomi yang
bertujuan untuk membentuk kelas pengusaha “pribumi”
44. Berikut ini yang bukan mendasari dikeluarkannya
Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ....
A. Secara aklamasi dalam sidang Konstituante menghendaki
kembali ke UUD 1945
B. Konstituante gagal untuk menjalankan tugasnya yakni
merumuskan UUD baru
C. Konstituante tidak mampu untuk memutuskan kembali ke
UUD 1945
D. Setiap persidangan Dewan Konstituante selalu diwarnai
pertentangan antarpartai politik
E. Konstituante mengadakan reses dengan batas waktu yang
tidak ditentukan
Jawaban: A
Pembahasan:
beberapa hal yang yang melatarbelakangi yakni banyak
sidang yang
tidak dihadiri oleh anggotanya, konstituante tidak
mungkin lagi menyelesaikan
tugasnya dan kondisi yang demikian akan membahayakan
kondisi persatuan dan
kesatuan bangsa.
45. Alasan pokok Presiden Soekarno mengajukan konsepsi
sistem pemerintahan baru dengan nama Demokrasi Terpimpin, adalah ….
A. munculnya berbagai gangguan keamanan dalam negeri
dalam berbagai bentuk pemberontakan daerah
B. banyak pihak ingin mengubah bentuk pemerintahan
Indonesia menjadi pemerintahan federal
C. Sukarno berambisi ingin memusatkan kekuasaan di bawah
kendalinya
D. kegagalan badan konstituante dalam menjalankan tugas
konstitusi
E. usaha pemerintah dalam penyelamatan negara
Jawaban : E
pembahasan:
Alasan pokok Presiden Soekarno mengajukan konsepsi sistem
pemerintahan baru dengan nama Demokrasi Terpimpin, adalah
dalam rangka
penyelamatan negara
46. Tujuan utama diberlakukannya sistem ekonomi Ali-Baba
adalah ....
A. memajukan ekspor agar pendapatan pemerintah meningkat
B. memajukan pengusaha nonpribumi
C. menekan sedikit mengkir impor
D. memajukan pengusaha pribumi
E. meningkatkan kerja sama antara pengusaha pribumi
Jawaban: D
Pembahasan:
sistem ekonomi ini bertujuan untuk membangkitkan
wiraswasta lokal
Indonesia
47. Semangat yang menjiwai kelahiran orde baru pada
awalnya adalah...
A. menggalakan pembangunan nasional yang menguntungkan
konglomerat
B. menghasilkan undang-undang yang membatasi gerak partai
politik
C. melanggengkan kekuasaan Soeharto sebagai Presiden RI
D. anti korupsi, kolusi dan nepotisme
E. koreksi menyeluruh terhadap berbagai penyimpangan orde
lama
Kunci: E
Pembahasan:
Istilah Orde Baru digunakan untuk membedakan orde
sebelumnya. Orde
Baru memiliki tekad untuk mempebaiki kekacauan yang
terjadi pada orde sebelumnya
yang dinilai banyak melakukan penyimpangan terhadap
Pancasila dan UUD 1945
48. Terjadinya peristiwa Malari pada tanggal 14-17
Januari 1974, terutama dilatarbelakangi oleh
A. adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di Indonesia
B. dominasi ekonomi warga Negara keturunan Tionghoa di
Indonesia
C. pembentukan dwi fungsi ABRI yang mendominasi
pemerintahan
D. penolakan terhadap produk produk dari Jepang
E. keinginan untuk membentuk pemerintahan baru yang lebih
demokratis
Jawaban: A
Pembahasan:
Terjadinya peristiwa Malari tanggal 14-17 Januari 1974,
terutama dilatarbelakangi oleh adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di
Indonesia
49. Kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi
yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat Indonesia adalah....
A. Pemerintah Orde Baru mengembangkan ekonomi kapitalis
B. Pemerintah Orde baru mengembangkan ekonomi neo
liberalis
C. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia
sebagai negara industri
D. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik
Indonesia sebagai negara agraris
E. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik
Indonesia sebagai negara Maritim
Jawaban: C
Pembahasan:
Kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi yang
dinilai tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat Indonesia adalah.
pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia sebagai negara
industri, padahal kondisi masyarakat Indonesia secara umum adalah petani /
masyarakat agraris, mestinya yang dikembangkan adalah pertanian
50. Krisis multidimensional yang dialami bangsa Indonesia
telah mengurangi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan
presiden Suharto, sehingga muncul demonstrasi di mana mana. Demontrasi ini
menjadi semakin gencar setelah;
A. Suharto terpilih lagi sebagai Presiden
B. pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM
C. pemerintah gagal meredam gejolak demonstran
D. aksi damai mahasiswa yang terjadi di mana mana tidak
ditanggapi pemerintah
E. pemerintah menolak tuntutan para demonstran
Jawaban: B
Pembahasan:
Krisis multidimensional yang dialami bangsa Indonesia
telah mengurangi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan
presiden Suharto, sehingga muncul demonstrasi di mana mana. Demontrasi ini
menjadi semakin gencar setelah; pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM dan
ongkos angkot
51. Salah satu hasil Sidang istimewa MPR tanggal 10-13
November 1998, adalah Tap MPRS No. XVIII yang berisikan tentang ….
A. amandemen UUD 1945
B. Pembentukan partai politik
C. penghapusan dwi fungsi ABRI
D. pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden
hanya 2 periode
E. Pancasila yang tidak lagi dijadikan asas tunggal dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Jawaban: E
Pembahasan:
salah satu hasil Sidang istimewa MPR tanggal 10-13
November 1998, adalah Tap MPRS No. XVIII yang berisikan tentang Pancasila yang
tidak lagi dijadikan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
52. Aksi-aksi demonstrasi kebanyakan dimotori oleh mahasiswa
karena mereka ....
A. lebih pandai dalam menggerakkan massa
B. memiliki sikap kritis dan peduli terhadap kondisi
bangsa
C. jumlahnya banyak terdiri dari mahasiswa di berbagai
daerah
D. selalu memiliki pemikiran yang selalu benar dan tepat
E. masih bersemangat berkumpul dan melakukan demonstrasi
Jawaban: B
Pembahasan:
mahasiswa memang harus kritis. Kritis dan peduli terhadap
kondisi bangsanya. Inilah yang kemudian melahirkan adagium “pemuda adalah
tulang punggung bangsa”.
53. Perbaikan dalam bidang politik, antara lain dengan
dikeluarkannya UU No. 2 Tahun 1999 tentang....
A. partai politik
B. pemilihan umum
C. susduk DPR/MPR
D. pemerintahan yang bebas KKN
E. dwifungsi ABRI
Jawaban: A
Pembahasan:
UU tersebut merupakan UU yang mengatur kehidupan politik
pada masa reformasi. UU berisi tentang ketentuan umum, syarat pembentukkan
Parpol, tujuan, fungsi, hak, dan kewajiban, keanggotaan dan kepengurusan,
keuangan, pengawasan dan sanksi.
54. Perhatikan data berikut!
1. Ikut serta menjadi anggota PBB
2. Menjadi pemrakarsa Gerakan Non Blok
3. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KAA
4. Membantu korban kemanusiaan di Rohingya
5. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC
Berdasarkan data data di atas yang merupakan peran aktif
Indonesia dalam meredakan Perang Dingin adalah … .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
Jawaban: A
Pembahasan:
peran aktif Indonesia dalam meredakan Perang Dingin yakni
menjadi anggota PBB, pemrakarsa Gerakan Non-Blok, menyelenggarakan KAA
55. Pasukan Garuda adalah pasukan Tentara Nasional
Indonesia yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain. Indonesia
mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga
perdamaian PBB sejak 1957 hingga sekarang. Bagi bangsa Indonesia pengiriman
Misi Garuda tersebut untuk memenuhi permintaan PBB dan memiliki alasan yang
kuat yaitu memenuhi tuntutan alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Hal ini
menunjukkan bahwa … .
A. Indonesia dapat menjaga keamanan dunia
B. pasukan TNI sejajar dengan pasukan dunia
C. Indonesia turut menjaga hubungan antar berbagai negara
D Indonesia ingin memperlihatkan kekuatan dan kepiawaian
TNI
E. Indonesia berkewajiban ikut menciptakan perdamaian dan
ketertiban dunia
Jawaban: E
Pembahasan:
pengiriman Pasukan Garuda ke berbagai wilayah konflik
adalah sesuai dengan salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu ikut menjaga
perdamaian dan ketertiban dunia yang termaktub dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD
1945.
56. ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara,
sebuah organisasi yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok,
Thailand.. Peran Indonesia dalam ASEAN pasca reformasi di bidang politik adalah
… .
A. memacu percepatan pertumbuhan ekonomi, kemajuan
sosial, budaya, perdamaian dan stabilitas regional
B. mendirikan tiga “pilar” tata kelola Keamanan ASEAN,
Komunitas Ekonomi ASEAN, dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN.
C. berada di garda terdepan dalam penghormatan serta
penegakan hak-hak asasi manusia (HAM).
D. melakukan ekonomi pasar dengan meluncurkan daerah
sebagai basis produksi pasar tunggal,sehingga terbentuk ASEAN Free Trade
(AFTA).
E. memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana
pelatihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, profesi, teknik dan
administrasi
Jawaban: B
Pembahasan:
jawaban selain B merupakan peran Indonesia dalam bidang
ekonomi,
pendidikan dan sosial
57. OKI (Organization of Islamic Confrence) merupakan
Organisasi Konferensi Islam yang tujuannya antara lain memajukan solidaritas
Islam di antara anggota-anggotanya. Contoh peran Indonesia yang paling menonjol
dalam OKI adalah ….
A. mengkonsolidasikan kerja sama di antara negara-negara
anggota OKI
B. berupaya menghapus adanya pemisahan rasial dan
diskriminasi
C. menfasilitasi perundingan damai MNLF dengan pemerintah
Filipina
D. menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri anggota
OKI
E. membawa masalah utama penyelesaian Palestina dalam
dunia Islam
Jawaban: C
Pembahasan:
Beberapa peran aktif Indonesia di OKI yang menonjol
adalah ketika pada tahun 1993 Indonesia menerima mandat sebagai ketua Committee
of Six, yang bertugas memfasilitasi perundingan damai antara Moro National
Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina. Kemudian pada tahun 1996,
Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri (KTM-OKI) ke-24 di
Jakarta.
58. Salah satu dampak penerapan IPTEK dalam bidang
teknologi komunikasi adalah … .
A. meningkatnya kesejahteraan di negara-negara berkembang
B. efisiensi jarak waktu tempuh dari satu tempat ke
tempat lain
C. informasi diseluruh belahan dunia bisa diterima dengan
cepat
D. meningkatnya kesadaran untuk memiliki pendidikan yang
tinggi
E. peningkatan produksi pertanian dengan bantuan
alat-alat modern
Jawaban: C
Pembahasan:
Penggunaan IPTEK dalam komunikasi tentu bertujuan untuk
membuat komunikasi menjadi lebih mudah, bahkan menjadikan dunia seperti tanpa
batas. Akibatnya informasi dapat dengan cepat diterima di berbagai negara.
59. Pada masa orde baru dikembangkan suatu sistem
komunikasi yang sangat penting untuk mempermudah komunikasi antar daerah dan
berbasis teknologi luar angkasa yakni satelit ....
A. Apollo 11
B. Palapa A1
D. Explorer 1
E. Palapa A2
F. Sputnik II
Jawaban: B
Pembahasan:
Satelit yang diluncurkan berbasis teknologi luar angkasa
di Indonesia yaitu Satelit Palapa A1. Satelit Palapa A2 tidak ada. Apollo dan
Explorer buatan Amerika Serikat.
60. Penerapan teknologi Trans Jakarta (Busway) yang
dikembangkan di Jakarta memiliki fungsi sebagai …
A. gaya hidup warga Jakarta dalam mobilitas kegiatannya
sehari-hari
B. percontohan bagi penerapan teknologi transportasi bagi
daerah lain
C. solusi transportasi massal yang efesien dalam waktu
dan jarak tempuh
D. penggunaan teknologi transportasi yang bagus karena
buatan luar negeri
E. bentuk kerjasama transportasi antara pihak pemerintah
dengan pihak swasta
Jawaban: C
Pembahasan:
Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal
pendukung
aktivitas ibu kota yang sangat padat.
Demikianlah kumpulan soal latihan PPPK untuk mata
pelajaran sejarah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini kiranya bisa
dijadikan sebagai bahan pembelajaran mandiri untuk para guru yang mengajar
mapel sejarah sehingga bisa mendapatkan pembelajaran yang baik dan memiliki
tambahan wawasan yang luas sehingga ketika akan melakukan seleksi PPPK nantinya
bisa memperoleh hasil yang baik pula.
Sekian dan Terimakasih.