Cara Upload Identitas Penerima Bantuan PIP Tahun 2024
Kherysuryawan.id – Tutorial tentang cara upload identitas siswa penerima bantuan Program indonesia pintar (PIP) SD, SMP, SMA, SMK di sipintar enterprise.
Sahabat Pendidikan, postingan kali ini saya akan membahas
tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan unggah file data identitas bagi
para penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP). Seperti di ketahui bahwa
bagi siswa yang telah menerima bantuan PIP maka tentunya ia telah memiliki buku
rekening serta identitas lainnya yang menjadi dasar dalam melakukan proses
pencairan bantuan PIP.
Proses pencairan dana PIP bagi siswa penerima PIP dapat
dilakukan dengan mandiri oleh masing-masing penerima bantuan PIP atau dapat
pula dilakukan pencairannya secara kolektif melalui pihak sekolah. Namun dalam
melakukan proses pencairan di bank yang telah di tentukan maka setiap siswa
penerima PIP yang akan melakukan pencairan maka harus membawa berkas atau
dokumen penunjang yang menjadi syarat dalam melakukan pencairan PIP.
Khusus untuk melakukan upload identitas penerima PIP di
laman sipintar enterprise maka hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah saja dan
tidak bisa dilakukan oleh masing-masing penerima PIP sebab laman sipintar
enterprise hanya bisa di akses oleh pihak sekolah, pihak dinas Pendidikan provinsi,
dinas Pendidikan kabupaten/kota, pemangku, kemendikbud dan juga pihak lainnya.
Mengapa proses upload identitas bagi penerima PIP sangat
penting untuk dilakukan ???
Untuk mengetahui kepastian bagi para penerima bantuan PIP
maka pada laman sipintar enterprise yang menyajikan informasi tentang siswa
penerima bantuan PIP kini juga telah menyediakan menu baru yakni menu upload
identitas file siswa penerima bantuan PIP. Pelaksanaan upload file identitas
siswa penerima bantuan PIP bagi siswa SD, SMP SMA dan SMK sangat penting untuk
dilakukan oleh pihak sekolah untuk memberikan konfirmasi bahwa siswa yang Namanya
telah muncul di SK penerima bantuan PIP benar-benar telah melakukan proses
pencairan bantuan PIP.
Di dalam menu upload identitas file siswa penerima
bantuan PIP tersebut ada beberapa file yang harus di upload sebagai bukti
penerimaan bantuan PIP oleh masing-masing siswa yang Namanya terdaftar sebagai
penerima bantuan PIP. Proses upload identitas file siswa penerima bantuan PIP
ini dilakukan untuk siswa penerima PIP mulai dari jenjang sekolah dasar (SD),
sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas(SMA) hingga sekolah
menengah kejuruan (SMK).
Adapun file yang di butuhkan dalam proses upload data identitas
penerima bantuan PIP yaitu diantaranya adalah :
1. File
Halaman Pertama Buku Tabungan
2. File
Halaman Mutasi Terakhir Tabungan
3. Bukti
Tarik ATM - Asli (lebih utama) atau Fotokopi
4. File
Identitas Siswa (KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor) - Asli (lebih utama) atau
Fotokopi
Bagi para siswa yang Namanya terdaftar sebagai penerima
bantuan PIP dan telah melakukan pencairan dana bantuan PIP maka perlu untuk
menyiapkan semua data-data yang telah saya sebutkan diatas untuk keperluan
dalam melakukan upload identitas file siswa penerima PIP. Adapun file yang
harus di persiapkan yakni file dalam bentuk foto atau scan dan disimpan dalam bentuk
format JPG atau PNG dan usahakan dengan menggunakan ukuran yang tidak terlalu
besar namun tetap memiliki kualitas yang baik sehingga nantinya file dapat
mudah untuk di upload.
Biasanya yang bertugas dalam melakukan upload identitas
file siswa penerima PIP di laman sipintar enterprise ialah mereka yang di
tugaskan oleh kepala sekolah sebagai pengelola atau operator yang menangani
masalah bantuan PIP di sekolah masing-masing. Pengelola inilah yang nantinya akan
mengumpulkan data identitas siswa penerima PIP yang di butuhkan dalam proses upload
file siswa tersebut.
Bagi pihak sekolah yang selama ini masih belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk melakukan upload identitas file siswa penerima PIP di laman sipintar enterprise, maka berikut ini penjelasannya :
1. Langkah pertama
tentunya adalah menyiapkan seluruh data siswa penerima PIP yang akan di upload
2. Buka
browser Google Chrome atau mozila firefox melalui PC/Laptop
3. Selanjutnya
silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/
4. Kemudian silahkan
pilih login sebagai “SEKOLAH”
5. Klik login
menggunakan “NPSN”
6. Masukkan username
yaitu dengan menggunakan NPSN sekolah
7.
Masukkan Password yaitu dengan
menggunakan Kode Registrasi Dapodik
8.
Selanjutnya silahkan klik “LOGIN”
untuk masuk kedalam aplikasi
9.
Maka akan terlihat dashboar
sipintar yang berisikan beberapa menu di dalamnya
10. Untuk
melakukan upload file identitas siswa penerima PIP maka silajkan pilih menu “Upload
identitas file siswa”
11. Silahkan
pilih tahun ( di sesuaikan )
12. Silahkan
pilih nama siswa yang akan diupload file identitasnya
13. Pada
menu “File Halaman Pertama Tabungan” silahkan klik pilih file /
choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan buku tabungan halaman pertama siswa
penerima PIP yang sudah disiapkan (untuk melihat contohnya maka silahkan klik “contoh
file”)
14. Pada
menu “File Halaman Mutasi Terakhir Tabungan” silahkan klik pilih
file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan halaman mutasi terakhir
tabungan siswa penerima PIP yang sudah disiapkan (untuk melihat contohnya maka
silahkan klik “contoh file”)
15. Pada
menu “Bukti Tarik ATM - Asli (lebih utama) atau Fotokopi” silahkan
klik pilih file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan bukti
penarikan ATM yang telah di siapkan (Jika melakukan penrikan menggunakan ATM)
16. Pada
menu “File Identitas Siswa (KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor) - Asli (lebih
utama) atau Fotokopi” silahkan klik pilih file / choose file dan
selanjutnya pilih file foto/scan dari salah satu data yang dimiliki tersebut.
17. Jika
semua data telah berhasil di masukkan maka langkah terakhir klik “UPLOAD”
18. Selanjutnya
Silahkan pilih siswa lainnya, dan ulangi sabagaimana cara yang telah saya
jelaskan diatas.
19. Selesai.
Nah mudah bukan dalam melakukan upoad file
indentitas siswa penerima bantuan PIP di laman sipintar enterprise, oleh sebab
itu bagi anda yang ditugaskan sebagai pengelola bantuan PIP di sekolah maka
anda bisa melakukan cara upload file siswa penerima PIP dengan menggunakan cara
yang telah saya jelaskan melalui postingan ini.
Intinya ialah semua data yang akan di upload sudah
terlebih dahulu di foto atau di scan sehingga nantinya dalam melakukan upoad
file indentitas siswa penerima bantuan PIP di laman sipintar maka semuanya bisa
berjalan dengan lancar dan mudah.
Sekian informasi ini saya bagikan, semoga bisa bermanfaat.