55 Soal PAS/UKK Seni Budaya Kelas 10 Semester 1& 2
Kherysuryawan.id – Soal dan jawaban PAS/UAS/UKK/PAT seni budaya kelas X SMA semester 1 dan semester 2.
Sahabat Pendidikan baik guru maupun siswa yang akan
menghadapi ulangan akhir kenaikan kelas maka saya disini akan berbagi kumpulan
soal latihan ulangan kenaikan kelas atau soal penilaian akhir tahunan khususnya
untuk mata pelajaran seni budaya di kelas 10 SMA.
Soal-soal penilaian akhir semester seni budaya kelas 10
SMA/SMK ini merupakan gabungan dari soal pada materi seni budaya kelas 10
semester 1 dan juga materi seni budaya kelas 10 semester 2. Untuk dimasing-masing
soal juga telah di berikan kunci jawabannya yang bisa memudahkan para guru
maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.
Adapun bentuk soal yang akan di sajikan disini ialah soal
pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Untuk soal pilihan ganda diberikan
sejumlah 50 soal lengkap dengan jawabannya dan untuk soal uraian ada sejumlah 5
soal lengkap dengan pembahasannya. Jadi total soal PAS/UAS/UKK/PAT seni budaya
kelas 10 SMA yang disajikan pada artikel ini ialah sebanyak 55 soal.
Meskipun mungkin tidak bisa dipastikan semua jawaban yang
telah di berikan merupakan jawaban yang benar maka olehnya itu bagi pembaca
harap dapat memahami soal dengan baik dan apabila ada kekeliruan pada jawaban
yang telah diisikan maka harap melakukan perbaikan atau bisa juga memberikan
penyampaian melalui kolomkomtak yang ada di blog ini agar jawaban yang salah
dapat segera di perbaiki.
Untuk materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran
seni budaya kelas 10 semester 1 dan semester 2 yaitu meliputi sebagai berikut :
·
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
·
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
·
Bab 3 Musik Tradisional
·
Bab 4 Pertunjukkan Musik dalam Permainan
Musik
·
Bab 5 Gerak Dasar Tari
·
Bab 6 Bentuk, Jenis, dan Nilai Estetis Gerak
Tari
·
Bab 7 Seni Peran
·
Bab 8 Menyusun Naskah Lakon
·
Bab 9 Pameran Karya seni rupa
·
Bab 10 Kritik Karya seni rupa
·
Bab 11 Pertunjukan Musik
·
Bab 12 Kritik Musik
·
Bab 13 Merakagan Gerak tari Tradisional
·
Bab 14 Kritik tari
·
Bab 15 Merancang Pementasan teater
·
Bab 16 Pementasan teater
Baiklah untuk melihat soal dan jawaban penilaian akhir
semester (PAS) atau ulangan akhir sekolah (UAS) mata pelajaran seni budaya
kelas 10 SMA/SMK maka berikut ini soal-soal nya :
SOAL PILIHAN GANDA
1. Tekstur dan cahaya gelap adalah bentuk …
A. drama
B. menari
C. Seni musik
D. Seni Teater
E. seni rupa
KUNCI JAWABAN : E
2. Kita dapat menikmati seni sebagai…
A. perasaan
B. ketergantungan
C. estetika
D. pikiran
E. naluri
KUNCI JAWABAN : C
3. Orang yang membuat kerajinan disebut sebagai….
A. pengukir
B. pelukis
C. artis
D. pengukir
E. perajin
KUNCI JAWABAN : E
4. Ampar Ampar Pisang sebagai lagu dari…
A. Bali
B. Sulawesi utara
C. Kalimantan Selatan
D. Kalimantan Barat
E. Sulawesi Selatan
KUNCI JAWABAN : C
5. Berikut ini yang bukan fungsi dari alat musik
tradisional adalah
A. sebagai / hiburan
B. sebagai / upacara
C. sebagai / distribusi musik
D. sebagai / ekspresi
E. sebagai / komersial
KUNCI JAWABAN : E
6. Seni sebagai media ekspresi, artinya …
A. media mencurahkan gejolak jiwa
B. media hiburan
C. media percobaan
D. media kampanye
E. media aktualisasi
KUNCI JAWABAN : A
7. Lukisan-lukisan yang dibuat pada zaman batu pada umumnya
berupa gambar
A. bunga
B. binatang
C. alam semesta
D. perabotan
E. manusia
KUNCI JAWABAN : B
8. Teknik menempelkan pecahan kaca berwarna-warni pada
dinding atau permukaan datar lainnya sehingga membentuk objek gambar tertentu
disebut lukisan….
A. al secco
B. tempera
C. al fresco
D. mozaik
E. kaca
KUNCI JAWABAN : D
9. Orang yang pertama kali mengembangkan teknik lukisan
batik adalah…
A. Amri Yahya
B. Affandi
C. Asrul Sani
D. Raden Saleh
E. Basuki Abdullah
KUNCI JAWABAN : A
10. Berikut ini merupakan contoh benda seni rupa terapan
yang termasuk benda pakai, kecuali...
A. meja
B. kursi
C. cangkir
D. mangkuk
E. perajin
KUNCI JAWABAN : E
11. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi penyelenggaraan
pameran di sekolah adalah ....
A. meningkatkan apresiasi seni
B. membangkitkan motivasi berkarya seni
C. berkarya visual lewat karya seni
D. menambah kemampuan untuk jual- beli karya seni
E. belajar berorganisasi
KUNCI JAWABAN : D
12. Fungsi utama kegiatan pameran adalah ....
A. alat komunikasi antara pencipta seni dengan pengamat
seni
B. pusat penjualan karya- karya seni
C. sarana mengaktualisasikan diri lewat seni
D. media hiburan
E. mengenalkan produk- produk baru
KUNCI JAWABAN : A
13. Seorang ketua dalam penyelenggaraan pameran harus
memiliki sikap ....
A. sabar dan bijaksana
B. bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban
C. mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak
D. mampu mencari jalan keluar dalam berbagai masalah yang
timbul
E. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : E
14. Sebelum dilakukan penataan ruang pameran, panitia
pameran terlebih dulu membuat rancangan denah ruang pameran. Berikut ini adalah
fungsi pembuatan rancangan denah ruang pameran, kecuali ....
A. mengatur arus pengunjung
B. menambah kesan mewah dari pameran
C. komposisi penataan karya yang serasi
D. pengaturan jarak dan tinggi rendah terhadap karya dua
dimensi dan tiga dimensi
E. menambah nilai estetika ruang pameran
KUNCI JAWABAN : B
15. Seksi yang bertugas memandu dan memberikan arahan dan
penjelasan kepadda pengunjung adalah ....
A. seksi pengumpulan da seleksi karya
B. seksi stand
C. seksi usaha
D. seksi publikasi dan dokumentasi
E. seksi perlengkapan
KUNCI JAWABAN : B
16. Perhatikan pernyataan tentang apresiasi dan kritik
seni berikut ini,
(1) apresiasi seni berarti memahami sepenuhnya seluk
beluk karya seni serta menjadi sensitif terhadap segi- segi estetikanya
(2) Salah satu fungsi apresiasi seni adalah untuk memupuk
kecintaan kepada karya bangsa sendiri dan sekaligus kepada sesama manusia
(3) Apresiasi seni memiliki hubungan terhadap kegiatan
mental yaitu penikmatan, penilaian empati dan hiburan
(4) Kritik dalam seni lebih diartikan sebagai kecaman
yang menyudutkan hasil karya atau penciptanya
(5) Kritik seni bertujuan untuk menunjukkan kelebihan dan
kekurangan suatu karya seni
Pernyataan yang benar berkaitan dengan apresiasi dan
kritik seni ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (4)
B. (2), (3), (4)
C. (1), (2), (3)
D. (1), (4), (5)
E. (3), (4), (5)
KUNCI JAWABAN : C
17. Perhatikan hal- hal berikut ini,
1) Kritik bersifat akademis dengan wawasan pengetahuan,
kemampuan dan kepekaan kritikus yang tinggi untuk menilai dan menanggapi sebuah
karya seni
2) Kritik umumnya disampaikan oleh seorang kritikus yang
teruji kepakarannya di bidang seni
3) Kegiatan kritik yang disampaikan mengikuti kaidah-
kaidah atau metodologi kritik secara akademis
4) Hasil tanggapan seringkali dijadikan referensi bagi
kolektor atau kurator institusi seni seperti museum, galeri dan balai lelang
Informasi diatas merupakan salah satu deskripsi dari
jenis kritik yang disampaikan oleh Fieldman yaitu kritik ...
A. populer
B. jurnalistik
C. keilmuan
D. pendidikan
E. jawaban C dan D benar
KUNCI JAWABAN : C
18. Fungsi kritik seni bagi seorang perupa adalah ....
A. mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman dan membangun
kekurangan pada karya seni
B. menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan
estetik karya seni rupa
C. membantu memahami karya
D. meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya
seni yang berkualitas
E. membantu menerjemahkan apa yang diinginkan oleh
penikmat seni
KUNCI JAWABAN : A
19. Tahapan dalam kritik karya seni untuk menelusuri sebuah
karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya adalah
....
A. mendeskripsi
B. menganalisis
C. menafsirkan
D. menilai
E. menelaah
KUNCI JAWABAN : B
20. Pada tahapan menilai dalam kritik karya seni,
penilaian secara kritis dapat dilakukan dalam langkah- langkah berikut ini,
kecuali ....
A. membandingkan sebanyak- banyaknya karya yang dinilai
dengan karya sejenis
B. menetapkan tujuan dan fungsi karya seni yang dikritisi
C. menetapkan sejauh mana karya yang ditetapkan berbeda
dari yang telah ada sebelumnya
D. memberikan penilaian apakah karya seni tersebut layak
atau tidak untuk dipamerkan
E. menelaah karya yang dimaksud dari segi kebutuhan
khusus dan segi pandang tertentu yang melatarbelakanginya
KUNCI JAWABAN : D
21. Perhatikan hal- hal berikut ini,
1) karya musik yang dimainkan
2) penempatan pemain di atas panggung
3) aspek psikologis para pemain selama pertunjukan
4) penguasaan permainan musik dan latihan
Hal- hal yang harus disiapkan oleh penampil dalam sebuah
pertunjukan adalah ....
A. 1)
B. 1), 2)
C. 1), 2), 3)
D. 1), 3), 4)
E. 1), 2), 3), 4)
KUNCI JAWABAN : E
22. Jenis panggung dimana penonton menyaksikan
pertunjukan melalui sebuah bingkai adalah jenis panggung ....
A. thrust
B. proscenium
C. arena
D. tapak kuda
E. segi empat
KUNCI JAWABAN : B
23. Untuk mengevaluasi semua persiapan yang dilakukan
dalam pertunjukan maka diadakan ....
A. latihan
B. gladi kotor
C. gladi bersih
D. evaluasi
E. laporan pertanggungjawaban
KUNCI JAWABAN : C
24. Panitia yang bertugas untuk mengurusi pemberitaan dan
penyebarluasan informasi tentang acara pertunjukan musik adalah seksi ....
A. acara
B. dokumentasi
C. publikasi
D. dekorasi
E. perlengkapan
KUNCI JAWABAN : C
25. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi perencanaan
dalam sebuah pergelaran seni musik adalah ....
A. sebagai langkah awal panitia
B. sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
C. sebagai kendali dalam menciptakan suasana kerja yang
efektif dan efisien
D. sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi kegiatan
E. sebagai sarana menumpahkan kritik terhadap apa yang
disiapkan
KUNCI JAWABAN : E
26. Seorang kritikus harus memiliki kemampuan dan
pengalaman dasar untuk memberikan kritik terhadap musik, salah satunya adalah
....
A. mengobservasi atau mengamati suatu lagu dengan teliti
B. mendengarkan dan mengetahui berbagai genre musik
C. memiliki wawasan untuk memahami bagaimana suatu lagu
atau musik sebaiknya dihasilkan oleh musisi sehingga lebih menarik bagi
penonton atau pendengar
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
KUNCI JAWABAN : E
27. Kritik musik yang cocok untuk karya musik siswa, baik
yang dimainkan secara individual maupun kelompok adalah ....
A. kritik jurnalistik
B. kritik pedagogis
C. kritik keilmuan
D. kritik ilmiah
E. kritik popular
KUNCI JAWABAN : B
28. Dalam memberikan kritik musik, penilaian dari aspek
keindahan dapat diwujudkan melalui berbagai kaidah berikut ini, kecuali ....
A. pengolahan bunyi dan parameter dasar musik lainnya
B. pengolahan waktu dan diam di dalam musik
C. aspek harmonisasi
D. kedinamisan karya
E. ide yang digunakan asli dan orisinil dari penampil
KUNCI JAWABAN : E
29. Bagian dalam tahapan kritik seni dimana berisikan
analisis pemaknaan musik atau lagu yang dimainkan dalam pertunjukan musik
adalah ....
A. evaluasi
B. interpretasi
C. analisis
D. deskripsi
E. penilaian
KUNCI JAWABAN : B
30. Bagian kritik yang memfokusikan pada musik yang
dimainkan adalah ....
A. pendahuluan
B. analisis formal
C. deskripsi
D. interpretasi
E. evaluasi
KUNCI JAWABAN : B
31. Mengadakan tatap muka dengan penonton merupakan
hakikat dari ....
A. sinopsis tari
B. pertunjukan tari
C. apresiasi tari
D. cerita tari
E. persiapan tari
KUNCI JAWABAN : B
32. Pemilihan penari dala sebuah pertunjukan di dasarkan
pada ....
A. tujuan pertunjukan
B. kebutuhan pentas
C. jenis panggung
D. kemauan sponsor
E. keinginan ketua panitia
KUNCI JAWABAN : A
33. Iringan musik dalam sebuah seni tari berfungsi
sebagai unsur ....
A. utama
B. pendukung
C. penunjang
D. tidak penting
E. paling penting
KUNCI JAWABAN : B
34. Fungsi iringan musik alam seni tari adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. mendukung pertunjukan
B. menghidupkan atmosfer tarian
C. membantu menggambarkan suasana tertentu
D. membantu mengenali tarian yang dipertunjukkan
E. menunjukkan karakter penari
KUNCI JAWABAN : E
35. Pernyataan yang benar berkaitan dengan kritik tari
adalah ....
A. kritik tari hanya dapat dilihat dari sisi tarian
B. kritik yang baik adalah melalui bentuk tulisan
C. kritik yang baik terdapat dua hal yaitu hal yang
positif dan negatif terhadap karya tari
D. kritik tari akan memberikan dampak yang negatif kepada
seorang penari
E. kritik negatif bebas dilakukan selama pertunjukan itu
tidak sesuai dengan ekspektasi penonton
KUNCI JAWABAN : C
36. Jenis kritik pedagogis dipandang sebagai kritik yang
sesuai untuk tari siswa karena ....
A. memberi gambaran tentang kekuatan dan kelemahan dalam
pertunjukan tari untuk tujuan profesional
B. memberi pengalaman pada siswa baik yang dikritik
maupun pengkritik untuk belajar mengemukakakn pendapat tentang karya seni
tari
C. mengetahui kesalahan yang dilakukan saat pertunjukan
tari
D. membandingkan tarian yang pertunjukannya lebih baik
E. memahami bahwa kesalahan itu perlu dikritik
KUNCI JAWABAN : B
37. Pernyataan yang benar tentang kritik instrinsik dan
ekstrinsik seni tari adalah ....
A. kritik instrinsik mengupas unsur- unsur karya, menilai
dan enyyimpulkan kelemahan dan kelebihan karya seni tersebut
B. kririk instrinsik menganalisis suatu karya berdasar bentuk
dan gayanya
C. kritik ekstrinsik menghubungkan karya snei dengan
pencipta, penikmat dan masyarakat
D. kritik ekstrinsik melibatkan banyak ilmu seperti sejarah,
sosiologi, antropologi ekonomi, filsafat, agama dan sebagainya
E. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : E
38. Koordinasi dengan seluruh tim produksi, menyusun rencana
dan jadwal kerja serta mengontrol pelaksanaan kerja yang berhubungan dengan
produksi merupakan tugas ....
A. sekretaris
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sutradara
E. penanggung jawab
KUNCI JAWABAN : C
39. Penyusunan dan penyediaan surat- surat maupun dokumen
yang diperlukan untuk produksi teater dilakukan oleh ....
A. sekretaris
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sutradara
E. dokumentasi
KUNCI JAWABAN : A
40. Perencanaan dan perancangan sumber dana yang
diperlukan pada produksi teeter baik sebelum pementasan maupun setelah
pementasan merupakan tanggung jawab ....
A. seksi pendanaan
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sekretaris
E. ketua panitia
KUNCI JAWABAN : A
41. Pernyataan yang salah berkaitan dengan tema dalam
naskah lakon adalah ....
A. tema adalah ide dasar, gagasan atau pesan yang ada
dalam naskah lakon
B. tema dapat ditentukan secara tersirat maupun tersurat
C. tema dalam sebuah lakon tidak bisa lebih dari satu
D. tema dalam sebuah lakon akan menentukan arah jalannya
cerita
E. tema lakon pementasan harus dipelajari oleh seorang
sutradara
KUNCI JAWABAN : C
42. Pembahasan rencana- rencana artistik ang diperlukan
dalam pementasan seperti pembagian kerja dan penentuan siapa yang menjadi kru
atau penata dalam terwujudnya bidang keartistikan menjadi tanggung jawab ....
A. stage manager
B. pimpinan artistik
C. penata panggung
D. penata kostum
E. dokumentasi
KUNCI JAWABAN : B
43.Perhatikan hal - hal berikut ini,
1) Menggunakan bahasa daerah.
2) Dilakukan secara improvisasi.
3) Hanya ada unsur nyanyian.
4) Diiringi tetabuhaan (musik daerah).
5) Dagelan/ banyolan selalu mewarnai.
6) Adanya keakraban antara pemain dan penonton.
7) Suasana santai.
Yang merupakan ciri- ciri utama teater tradisional adalah
nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4, 5
C. 2, 3, 4, 6
D. 3, 4, 5, 6, 7
E. 1, 2, 4, 5, 7
KUNCI JAWABAN : E
44. Topeng Arja, Topeng Cupak, Topeng Prembon merupakan
jenis teater tradisional rakyat yang berasal dari ....
A. Riau
B. Jawa Barat
C. DKI Jakarta
D. Bali
E. Kalimantan
KUNCI JAWABAN : D
45. Penonton yang memiliki sikap responsif dengan
kecenderungan memiliki wawasan dan pengalaman seni, tetapi tidak
ditindaklanjuti untuk mengulas terhadap apa yang ditontonnya cukup untuk dipahami
dan dinikmati sendiri merupakan golongan termasuk jenis penonton ....
A. awam
B. tanggap
C. kritis
D. terdidik
E. tidak terdidik
KUNCI JAWABAN : B
46. Objek visual atau pengalaman yang diciptakan secara
sadar melalui ekspresi keterampilan atau imajinasi di sebut ….
A. seni
B. kebiasaaan
C. kegemaran
D. keinginan
E. kesenangan
KUNCI JAWABAN : A
47. ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat
terbentuk serta merasakannya di sebut …
A. eksotis
B. estetika
C. ekspresi
D. eksperimen
E. modifikasi
KUNCI JAWABAN : B
48. tekstur dan cahaya gelap adalah bentuK dari…
A. drama
B. menari
C. Seni musik
D. Seni Teater
E. seni rupa
KUNCI JAWABAN : E
49. perhatikan bentuk karya seni dibawah ini.
(1) representatif (nyata).
(2) Dekoratif.
(3) Ekspresif.
(4) Non-representatif (ringkasan).
Hasil karya seni adalah…
A. suasana
B. juru potret
C. grafis
D. sebuah lukisan
E. mengukir
KUNCI JAWABAN : D
50. Berikut ini merupakan contoh benda seni rupa terapan
yang termasuk benda pakai, kecuali…
A. meja
B. kursi
C. cnagkir
D. mangkuk
E. perajin
KUNCI JAWABAN : E
SOAL URAIAN
51. Jelaskan pengertian tema dalam karya seni rupa !
PEMBAHASAN :
Tema adalah gagasan , ide , atau pokok pikiran yang
ada didalam sebuah karya seni, jika dikaitkan dengan karya seni rupa, maka
tema yaitu ide atau gagasan seorang seniman dalam berkarya seni rupa
52. Berikan contoh dan penjelasan unsur rupa yang menjadi
simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
PEMBAHASAN :
Simbol adalah lambang yang mengandung makna dan arti .
Contoh dan penjelasan hasil karya seni rupa 3 dimensi
yang menjadi simbol dalam karya seni rupa 3 dimensi, dintaranya yaitu :
-
merah : simbol keberanian.
-
patung katak: simbol pemanggil hujan
-
simbol kancil : cerdik,lincah banyak akal.
-
simbol keledai : pemalas dan keledai.
-
serigala : keserakahan & kelicikan.
53. Apa yang dimaksud dengan nilai estetis memiliki sifat
objektif dan subyektif?
PEMBAHASAN :
Nilai estetis bersifat objektif berupa keindahan karya
seni rupa berada pada wujud karya seni itu sendiri dan tampak secara kasat
mata. Sedangkan nilai estetis bersifat subjektif, berupa keindahan yang tidak
hanya pada unsur-unsur fisik yang diserap oleh mata secara visual tetapi
ditentukan oleh selera penikmatnya
54. Jelaskan yang dimaksud dengan gerak tari?
PEMBAHASAN :
Tari adalah gerak tubuh yang secara berirama senada dengan alunan musik yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan
55. Sebutkan ragam gerak dasar tari yang terdapat di
daerah tempat tinggal mu!
PEMBAHASAN :
Silahkan sesuaikan dengan jawaban anda masing-masing.
Demikianlah kumpulan soal penilaian akhir semester (PAS)
atau soal ulangan kenaikan kelas (UKK) untuk mata pelajaran seni budaya kelas
10 SMA yang bisa saya bagikan melalui kesempatan kali ini kiranya soal-soal yang
telah dilengkapi dengan kunci jawaban diatas bisa bermanfaat bagi guru maupun
siswa yang akan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran.
Sekian dan Terimakasih