50 Soal & Jawaban PPPK Untuk Guru IPS Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Latihan Soal dan jawaban PPPK untuk
guru IPS jenjang SMP tahun 2023.
Sahabat Pendidikan, mendekati waktu pelaksanaan seleksi
PPPK maka bagi pendaftar yang akan mengikuti seleksi PPPK di tahun ini harus
dapat mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lancar dalam mengikuti tahapan
seleksi P3K.
Salah satu persiapan yang harus di lakukan ialah dengan
tekun belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan P3K.
pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan membagikan 50 soal
latihan PPPK khusus untuk guru mata pelajaran IPS jenjang sekolah menengah
pertama (SMP).
Bagi anda yang berprofesi sebagai guru IPS di jenjang SMP
dan akan mengikuti seleksi PPPK di tahun ini maka anda bisa memanfaatkan soal-soal
yang ada pada postingan ini sebagai bahan pembelajaran atau bahan latihan
mandiri dalam persiapan menghadapi seleksi PPPK. Soal latihan PPPK ini akan
sangat membantu anda dalam menguasai materi yang akan diujikan pada saat
seleksi PPPK nantinya.
Perlu anda ketahui pula bahwa seluruh soal yang ada pada
latihan PPPK IPS jenjang SMP ini semuanya telah di lengkapi dengan kunci
jawabannya sehingga akan memudahkan para guru yang akan menggunakannya sebagai
bahan latihan dan belajar mandiri. Adapun kunci jawaban akan saya simpan pada
bagian akhir dari soal latihan PPPK IPS jenjang SMP ini.
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan anda pelajari
soal latihan PPPK mapel IPS jenjang SMP di bawah ini :
1. 1) Penyediaan air bersih
2) Kebutuhan sumber
daya alam
3) Kebutuhan pendidikan
4) Kebutuhan tenaga
kerja
5) Sarana
transportasi laut
Ketergantungan negara Singapura terhadap negara-negara lain
di Asia Tenggara ditunjukkan pada pernyataan....
A. 3,4,5
B. 2,3,4
C. 1,2,4
D. 1,2,3
E. 2,4,5
2. Dalam era global sekarang ini sangatlah sulit bagi
setiap negara tanpa adanya upaya kerjasama dengan negara lain. Dampak positif
kerjasama ekonomi internasional terhadap Perekonomian Negara adalah sebagai
berikut, kecuali....
A. Indonesia memperoleh bantuan berupa pinjamankeuangan
dengan syarat lunak yang digunakan untuk pembangunan
B. menciptakan persaingan yang sehat di antara negara-negara
anggota
C. Meningkatkan kerjasama dibidang politik, pertahanan
dan keamanan nasiona
D. menambah lapangan kerja baru, sehingga jumlah
pengangguran dapat berkurang
E. menarik bagi para investor untuk menanamkan modalnya
di Indonesia
3. Mana pertanyaan-pertanyaan di bawah ini yang perlu dipertimbangkan
oleh seorang guru ketika hendak menentukan media pembelajaran yang akan
digunakan?
A. 1) Kapan peserta didik saya akan belajar?
2) Konten apa yang perlu dibahas?
3) Apa hasil pembelajaran yang diinginkan dari pengajaran
dalam hal pengembangan keterampilan?
4) Strategi atau pendekatan pembelajaran apa yang saya rencanakan?
5) Bagaimana media yang berbeda dapat membantu presentasi
konten dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam proses pebelajaran ini
B. 1) Mengapa peserta didik saya perlu belajar?
2) Konten apa yang perlu dibahas?
3) Apa hasil pembelajaran yang diinginkan dari pengajaran
dalam hal pengembangan keterampilan?
4) Strategi atau pendekatan pembelajaran apa yang saya rencanakan?
5) Bagaimana media yang berbeda dapat membantu presentasi
konten dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam proses pebelajaran
ini?
C. 1) di mana peserta didik saya akan belajar?
2) Konten apa yang perlu dibahas?
3) Apa hasil pembelajaran yang diinginkan dari pengajaran
dalam hal pengembangan keterampilan?
4) Strategi atau pendekatan pembelajaran apa yang saya rencanakan?
5) Bagaimana media yang berbeda dapat membantu presentasi
konten dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam proses pebelajaran
ini?
D. 1) Siapa peserta didik saya?
2) Konten apa yang perlu dibahas?
3) Apa hasil pembelajaran yang diinginkan dari pengajaran
dalam hal pengembangan keterampilan?
4) Strategi atau pendekatan pembelajaran apa yang saya rencanakan?
5) Bagaimana media yang berbeda dapat membantu presentasi
konten dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam proses pebelajaran
ini?
E. 1) Siapa peserta didik saya?
2) Di mana peserta didik saya akan belajar?
3) Konten apa yang perlu dibahas?
4) Apa hasil pembelajaran yang diinginkan dari pengajaran
dalam hal pengembangan keterampilan
5) Bagaimana media yang berbeda dapat membantu presentasi
konten dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam proses pebelajaran
ini?
4. 1) Penolakan terhadap suatu kebijakan/perintah
2) Melakukan provokasi
3) Pertentangan buruh dan majikan
4) Penghasutan dan penyebaran desas-desus
5) Mengancam pihak lain dengan kekerasan.
Berdasarkan data di atas, yang merupakan bentuk
kontravensi adalah ....
A. 3,4,5
B. 1,2,3
C. 1,2,4
D. 2,3,4
E. 1,4,5
5. Pada awalnya alat-alat kontrasepsi digunakan untuk mengendalikan
jumlah penduduk ditentang, karena dianggap bertentangan dengan nilai dan norma.
Lambat laun masyarakat mulai menerima dan menerapkan kehadiran teknologi
tersebut. Kasus di atas menggambarkan salah satu bentuk kejutan budaya yang
menjadi pangkal kajian teori ....
A. Konflik
B. Siklus
C. Evolusi
D. Fungsionalis
E. Konflik dan siklus
6. Berikut ini pernyataan yang kurang tepat kaitannya
dengan perubahan sosial adalah....
A. Ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur-unsur
kebudayaan, baik material maupun yang immaterial
B. Nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara
kelompok-kelompok dalam masyarakat merupakan bagian dari perubahan sosial
C. Perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor
geografis suatu masyarakat
D. Perubahan-perubahan dan dinamika sosial selalu
berhubungan dengan perubahan progresif
E. perubahan sosial memengaruhi sistem sosialnya
7. 1) Indonesia
2) Malaysia
3) Singapura
4) Philipina
5) Vietnam
Negara-negara di atas, yang banyak mengirimkan tenaga
kerja ke luar negeri adalah ....
A. 2,4,5
B. 1,2,3
C. 1,4,5
D. 3,4,5
E. 2,3,4
8. Pada masa-masa lalu ketika masyarakat masih terbatas
kemampuan literasi IPTEK, kehidupan sehari-hari masih sangat tergantung dari
alam. Saat ini kondisi sudah berubah, kondisi alam bukan satu-satunya. salah
satu faktor utamanya yaitu....
A. dukungan kebijakan dari pemerintah pusat dan daaerah
B. kemampuan adaptasi terhadap perubahan lingkungan alam
C. kemampuan mengelola modal finasial
D. meningkatkan daya tarik investor asing ke Indonesia
E. budaya etos kerja yang mampu membangun kreatifitas dan
inovasi
9. Media pembelajaran berbasis TIK yang sesuai untuk
pembelajaran materi “mobilitas penduduk dan pengaruhnya terhadap kehidupan
sosial-ekonomi” adalah....
A. Media vedio film, karena sangat interaktif, mudah dan
murah
B. Media kombinasi antara media online dan offline,
walaupun biaya relatif mahal tetapi mudah diakses oleh setiap guru
C. Media streaming live, karena mudah diakses oleh siapa
saja, kapan saja dan dapat real time
D. Media ppt. Sangat fleksibel untuk menampilan data dan
informasi baik yang berupa tilisan, gambar maupun film
E. Media grafik, diagram dan poster karena mudah dibuat
dan harganya relatif lebih murah
10. Berikut adalah contoh perumusan indikator pencapaian kompetensi
yang tepat untuk bidang studi IPS KD 3.1: “Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.,”....
A. Mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk kulit
bumi Indonesia
B. Meningidentifikasi struktur geologi kepulauan
Indonesia
C. Menjelaskan perbedaan kondisi geologi Indonesia antar
wilayah
D. Menyajikan hasil diskusi kondisi geologi Indonesia
melalui peta
E. Menjelaskan pengaruh bentuk muka bumi Indonesia
terhadap variasi usahatani antara petani Jawa dan luar Jawa
11. 1) Memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme
2) Mengganti rezim Orde Baru
3) Menurunkan Suharto
4) Menghapus utang negara
5) Menghapus dwifungsi ABRI
Pernyataan yang benar agenda utama gerakan reformasi
Indonesia pada tahun 1998 adalah ....
A. 2,3,5
B. 1,3,5
C. 1,2,3
D. 3,4,5
E. 2,3,4
12. Hasil Perundingan Renville mendapat reaksi keras dari
kalangan partai politik maupun TNI sebab … .
A. TNI harus meninggalkan daerah yang telah dikuasai
B. Wilayah RI menjadi semakin sempit
C. partai-partai politik dan TNI mendapat tekanan keras
dari Belanda
D. Belanda tidak mau mengakui keberadaan partai politik dan
TNI di Indonesia
E. bangsa Indonesia harus tunduk kepada Belanda
13. Indonesia memiliki iklim tropis terkadang mengalami
perubahan iklim yang tidak terprediksi, sebagai akibat adanya perubahan pola
penggunaan lahan dan perilaku yang menimbulkan pemanasan global. Perilaku lain
yang memberikan dampak bagi pemanasan global....
A. perubahan alih fungsi lahan dari tegalan menjadi kebun
campuran
B. penggunaan bahan non fosil secara massiv
C. pembakaran jerami dan penggunaan pupuk organik yang
berlebihan
D. reklamasi hutan mangrove di sepanjang pantai
E. perilaku menanam pohon di sembarang tempat
14. Guru IPS dalam merumuskan indikator untuk aspek
pengetahuan harus memenuhi kriteria ....
A. Semua aspek pengetahuan harus dirumuskan secara
bersama-sama
B. Mengandung aspek pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural serta metakognitif
C. Minimal terdapat satu aspek pengetahuan faktual dan
keterampilan
D. Aspek prosedural jauh lebih diutamakan dibanding aspek
pengetahuan yang lain
E. Tidak semua KD harus dicantumkan, tetapi cukup KD dari
Ki-1 dan Ki-4 dan boleh tanpa indikator
15. Bapak Ketut ingin memberikan pujian kepada peserta
didik yang aktif dalam pembelajaran IPS hari ini. Berikut ini merupakan pujian
lisan yang dapat diberikan Bapak Ketut kepada Wayan, kecuali....
A. Selamat Wayan, kamu smart hari ini
B. Semoga semangatmu dapat menjadi teladan kawan yang
lain
C. Wayan memang anak hebat, inilah anak kesayangan Bapak
D. Dua jempol untuk aktivitasmu hari ini
E. Wayan, memang luar biasa
16. Perhatikan gambar lokasi negara-negara ASEAN di atas.
Negara yang pernah menjadi ajang konflik fisik Blok Barat
dan Blok Timur adalah ....
A. C
B. D
C. A
D. B
E. E
17. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan potensi
konflik di berbagai daerah di Indonesia, kecuali ....
A. Wilayah Lampung yang menerima banyak transmigran
berpotensi terjadi kesalahpahaman
B. Pulau Jawa potensi konflik antara etnis Jawa dan Sunda
yang sama-sama memiliki jumlah cukup besar
C. Wilayah DKI Jakarta, sebagai ibukota yang multi etnis
sangat rentan dengan berbagai permasalahan kelompok masyarakat
D. Wilayah Papua yang mengalami kesenjangan antar
kelompok masyarakat berpotensi terjadi konflik
E. Wilayah Maluku yang memiliki keragaman agama dan
keyakinan, berpotensi terprovokasi oleh masalah lain
18. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan penyebab terjadinya
lintas negara di ASEAN adalah ....
A. globalisasi
B. Perkembangan ipteks
C. Migrasi manusia
D. Kemudahan transportasi
E. Stabilitas ekonomi
19. Analisis United Nation Development Programme atau
UNDP memperkirakan bahwa perubahan iklim akan membawa perubahan buruk pada
petani dan pedesaan karena perubahan pada curah hujan, suhu udara, dan
ketersediaan air bagi pertanian di kawasan-kawasan rentan. Akibat buruk yang
bisa ditimbulkan adalah....
A. dapat mengancam produksi pertanian dan membuat
lonjakan kemiskinan di pedesaan
B. produksi beras akan turun secara signifikan
C. dapat menimbulkan gejolak harga beras karena ulah
spekulan
D. kelangkaan beras di pasar-pasar tradisional
E. tindakan operasi pasar sulit diimplementasikan karena
kendala minimnya stok beras
20. Seorang guru IPS dalam praktik pembelajaran
melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya yang akan dimasukkan
ke dalam portofolio sendiri. Alasan guru IPS melibatkan siswa dalam proses
penilaian adalah .....
A. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum
dimasukkan ke dalam portofolio
B. menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa untuk bekerja
sesuai dengan yang diharapkan
C. memberi kesempatan kepada siswa unuk memperbaiki semua
karya-karyanya yang kurang baik
D. memupuk rasa percaya diri siswa, sehingga kelak rasa
tanggungjawabnya terbentuk
E. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan
adanya kerjasama tersebut
21. Pada akhir-akhir ini masyarakat Yogyakarta diresahkan
oleh serangkaian ulah geng klithih. Geng ini tidak segan melukai dan merampok
sembarang orang. Mereka sebagian besar para pelajar.Sebagian dari orang tua
anggota geng ini mengaku tidak mengetahui anak mereka menjadi pelaku kriminal.
Kasus ini menunjukkan bahwa keluarga kurang berhasil dalam memberikan ....
A. Perlindungan
B. Edukasi dan Pengawasan Sosial
C. Religius
D. Sosialisasi
E. Afeksi
22. Berikut ini merupakan sikap atau tindakan Indonesia
yang mendukung piagam PBB, kecuali ....
A. pemprakarsa berdirinya ASEAN dan Gerakan Non Blok
B. menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika .
C. pelopor pencetusan ZOFTAN dan SEANWFZ
D. mengirimkan beberapa kontingen dalam rangka misi perdamaian
dunia
E. Menjadi pemrakarya NEFO dan OLDEFO
23. 1) Kegiatan jual beli di pasar
2) Kerjasama dalam kantor sekolah
3) Pertandingan sepak bola
4) Hubungan anak dan orang tua
5) Kerjasama antar lembaga
Berdasarkan data di atas, yang merupakan kegiatan
berpotensi
hubungan dangkal dalam interaksi sosial adalah ....
A. 3,4,5
B. 1,2,3
C. 1,4,5
D. 2,3,4
E. 2,4,5
24. KD 3.2 Kelas VII berbunyi: “Menganalisis interaksi
sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan
budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya”. Perumusan IPK
yang baik adalah....
A. Mendeskripsikan kehidupan masyarakat desa-kota melalui
peta
B. Menyajikan hasil diskusi tentang peta desa dan peta
kota
C. Membandingkan antara kehidupan sosial-ekonomi
masyarakat perdesaan dan perkotaan dengan menggunakan gambar
D. Menjelaskan perbedaan kondisi fisikal tanah dan iklim
antara desa dan kota
E. Meningidentifikasi struktur sosial masyarakat
perdesaan
25. 1) Penyelenggara OLDEFO
2) Pelopor ZOFTAN
3) Penyelenggara KAA
4) Menampung pengungsi Vietnam
5) Melaksanakan operasi Dwikora
Pernyataan di atas yang merupakan tindakan Indonesia
mendukung piagam PBB adalah ....
A. 3,4,5
B. 2,3,4
C. 1,2,3
D. 2,3,5
E. 1,3,4
26. Masuknya Hindu Buddha ke Indonesia menimbulkan
akulturasi kebudayaan yang menunjukkan proses kesinambungan sejarah. Berikut
ini yang merupakan contoh proses kesinambungan dalam kebudayaan masa praaksara
dan Hindu Buddha di Indonesia adalah ....
A. Bentuk bangunan
Candi Borobudur yang mirip punden berundak, merupakan keberlanjutan zaman
megalitikum
B. Keberadaan huruf pallawa yang kemudian berkembang di
berbagai lokasi di Indonesia
C. Sistem kerajaan yang melanjutkan sistem kepala suku di
berbagai tempat di Indonesia
D. Keberadaan pendidikan asrama yang melanjutkan sistem
pendidikan keluarga pada masa praaksara
E. Sistem keagamaan Hindu Buddha masih memiliki
keberlanjutan dengan animisme dan dinamisme
27. 1. Memelihara keamanan dan kestabilan politik di
daerah Asia Tenggara dengan menghindar campur tangan dari pihak luar
2. Menyediakan suatu cara untuk menyelesaikan pertikaian yang
berlaku di Asia Tenggara secara aman dan bukan menggunakan kekerasan.
3. Mengundang negara-negara luar ASEAN untuk menyelesaikan
persengketaan anggota
4. Memberi peluang kepada negara anggota untuk menentukan
nasib sendiri.
5. Menyepakati pembatasan kerjasama dengan negara di luar
ASEAN
Pernyataan di atas yang berkaitan dengan deklarasi
Kualalumpur ....
A. 1,2,3
B. 3,4,5
C. 1,2,4
D. 2,4,5
E. 2,3,4
28. Berikut ini merupakan kebijakan HW Daendels dalam
masa pemerintahannya di Indonesia, kecuali ....
A. Menghapus pajak In Natura dan sistem penyerahan wajib
yang diterapkan pada zaman VOC
B. Menghapus upacara penghormatan kepada residen, sunan
atau sultan
C. Pusat pemerintahan (Weltevreden) dipindahkan agak
masuk ke pedalaman
D. membentuk 3 jenis pengadilan Eropa, pribumi, dan Timur
Asing
E. Membangun jalan antara Anyer - Panarukan, sebagai
lalu-lintas pertahanan maupun perekonomian
29. Berikut ini yang merupakan kerjasama perindustrian
ASEAN di Philipina adalah ....
A. Vaksin Hepatitis
B. Baja Urea
C. Fabrikasi tembaga
D. Pertambangan Tembaga
E. Garam batuan abu soda
30. Salah satu karakteristik buku ajar dalam pelaksanaan
kurikulum 2013 berbeda dengan buku-buku kurikulum sebelumnya. Perbedaan yang
esensial adalah .....
A. berbasis tekstual dengan orientasi materi berupa fakta
dan teori
B. berbasis tujuan sesuai dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar
C. mendorong pendidik untuk berperan lebih dominan dalam
pembelajaran
D. mendorong peserta didik untuk menghafal fakta-fakta
yang ada dalam buku
E. berbasis pada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan
peserta didik
31. Berikut ini merupakan contoh indikator penilaian
keterampilan untuk kegiatan proyek, kecuali
A. Menyusun laporan hasil observasi jumlah, kepadatan,
dan pertumbuhan penduduk
B. Merancang bahan observasi jumlah, kepadatan, dan
pertumbuhan penduduk
C. Menyusun rancangan kegiatan bisnis plan dalam kegiatan
wirausaha
D. Melakukan observasi jumlah, kepadatan, dan pertumbuhan
penduduk
E. Menganalisis dampak terjadinya pertumbuhan penduduk,
dan kepadatan penduduk yang tidak merata
32. Sebaran potensi sumberdaya alam dan sumberdaya
manusia di Indonesia belum merata. Hal ini membawa dampak pada ....
A. Kepadatan penduduk yang tinggi di Jawa merupakan salah
satu kendala pembangunan
B. Pertambahan penduduk yang tidak merata menyebabkan
kendala percepatan pembangunan
C. Kesenjangan kondisi ekonomi masyarakat antarwilayah
masih tinggi
D. Pengembangan infrastruktur wilayah masih menjadi
kendala utama
E. Kemajuan teknologi informasi belum mampu mendukung
pembanguna wilayah pinggiran
33. Bapak Siregar ingin mengajar materi tentang
penyimpangan sosial. Beliau ingin diskusi secara on line dengan para peserta didik.
Berikut ini media atau perangkat yang tepat untuk Pak Siregar, kecuali ....
A. Whatshap Group
B. Instagram
C. Blog
D. Facebook
E. Email
34. Pada masa pemerintahan Orde Lama, Indonesia terpengaruh
dalam politik blok, dibuktikan dengan kecenderungan sikap politik Indonesia
kepada ....
A. Cuba
B. GNB
C. Eropa
D. Pemerintah Komunis Cina dan Uni Soviet
E. Amerika
35. Demonstrasi para pelajar dan mahasiswa terjadi pada
masa krisis politik tahun 1965-1966. Mereka membentuk berbagai kesatuan aksi.
Salah satu tuntutan tritura adalah...
A. turunkan presiden Soekarno
B. bubarkan Kabinet Dwikora
C. adili para tokoh PKI
D. Bubarkan PKI dan ormas-ormasnya
E. tolak kenaikan harga BBM
36. Berikut ini pernyataan yang benar terkait dengan
penilaian sikap dalam pembelajaran IPS, kecuali ....
A. Penilaian sikap dapat menggunakan penilaian antar
teman
B. Penilaian sikap tidak menggunakan skala angka
C. Penilaian sikap menggunakan jurnal harian
D. Laporan dari orang tua sangat menentukan untuk penilaian
sikap
E. Penilaian sikap tidak menggunakan tes
37. Pertemuan Spanyol dan Portugis di Maluku memunculkan
konflik. Spanyol dianggap melanggar perjanjian Tordesillas. Akhir dari konflik
tersebut adalah perjanjian Saragosa, yang memutuskan ....:
A. Spanyol meninggalkan pulau Maluku
B. Keduanya menciptakan serikat dagang bersama serta menerapkan
sistem bagi hasil
C. Spanyol berdagang di Maluku Selatan, sedangkan
Portugis berdagang di wilayah Maluku Utara
D. Pembagian daerah Monopoli di Maluku
E. Spanyol hanya diperbolehkan menyebarkan agama
38. Berikut ini merupakan langkah nyata bangsa Indonesia
dalam mewujudkan stabilitas politik ASEAN, kecuali ....
A. Berperan aktif dalam Southeast Asia Nuclear Weapon
Free Zone (SEANWFZ)
B. Menjadi penengah antara Moro National Front Liberation
(MNFL) dengan pemerintah Filipina
C. Menjadi mediator dalam konflik Vietnam Utara dan
Vietnam Selatan
D. Indonesia menjadi penengah saat terjadi konflik antara
Kamboja dan Vietnam tahun 1987
E. Indonesia mengusulkan pembentukan Komunitas ASEAN
“ASEAN Community pada KTT ke-9
39. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Belajar signifikan terjadi apabila materi dikuasai
penuh oleh siswa
(2) Belajar yang bermakna diperoleh jika siswa
melakukannya
(3) Belajar yang menyangkut perubahan di dalam persepsi mengenai
dirinya
(4) Belajar berlangsung seumur hidup (lifelong education)
(5) Belajar lancar jika siswa dilibatkan dalam proses
belajar
Prinsip-prinsip belajar humanistik yakni nomor....
A. (2), (4), (5)
B. (2), (3), (4)
C. (1), (3), (4)
D. (1), (2), (3)
E. (2), (3), (5)
40. 1) Melahirkan elit intelektual
2) Bangsa Indonesia dapat berinteraksi dengan bangsa
asing
3) Berdirinya lembaga pendidikan modern
4) Tumbuhnya kota-kota sebagai pertemuan masyarakat berbagai
daerah
5) Masyarakat mulai dapat mengakses berbagai level pekerjaan
Pernyataan di atas yang merupakan dampak kebijakan
Politik Etis bagi pergerakan kebangsaan Indonesia adalah ....
A. 3,4,5
B. 1,4,5
C. 1,2,3
D. 1,3,4
E. 2,3,4
41. Dalam setiap menghadapi musim lebaran, masyarakat
muslim Indonesia melakukan aktivitas keagamaan dan mendorong peningkatan permintaan
dan penawaran barang dan jasa. Faktor sosial-budaya yang mempengaruhi harga
adalah....
A. besaran pajak pembelian dan penjualan yang ditarik pemerintah
B. jenis dan kualitas barang dan jasa
C. selera masyarakat, pendapat masyarakat, dan waktu
D. kuantitas dan kualitas permintaan dan penawaran barang
dan jasa E. persaingan harga barang yang sejenis
42. Dalam kegiatan pembelajaran IPS suatu saat seorang
guru dapat menggunakan media berbasis TI. Namun demikian ada beberapa hal yang
perlu dipertimbangkan. Satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah....
A. Masalah belajar dan kemampuan guru
B. Tingkat perkembangan dan latar belakang budaya
C. Tujuan belajar dan tingkat sosial-ekonomi siswa
D. Ketersediaan sarana dan prasarana sekolah
E. Kompetensi belajar dan materi yang akan dibelajarkan untuk
siswa
43. Perkembangan dan penggunaan media sosial dua dekade
terakhir ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.
Penggunaan media sosial mulai banyak disalahgunakan untuk menyebar berita
bohong. Fenomena sosial-budaya tersebut dapat berpengaruh terhadap....
A. Jarak sosial antarindividu semakin mudah dikembangkan
B. Akses nilai dan norma budaya asing semakin mudah dan
terbuka
C. Rasa empati dan simpati antarmasyaraakat mudah
dibangun
D. Hubungan antaranggota keluarga semakin renggang
E. Solidaritas sosial sulit dikembangkan dan/atau mudah
dicerai beraikan
44. Hari-hari besar keagamaan bagi masyarakat Indonesia
selalu memunculkan fenomena sosial budaya yang menarik perhatian semua elemen
masyarakat. Begitu pentingnya peristiwa tersebut, sehingga membawa pengaruh
terhadap....
A. Kegiatan produksi barang dan jasa meningkat tajam
B. Kegiatan distribusi meningkat
C. upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat
D. Kegiatan konsumsi meningkat
E. kebijakan khusus oleh pemerintah
45. 1) Berprasangka buruk
2) Berfikir terbuka
3) Prejudice
4) Labeling
5) Toleran
Berdasarkan data di atas, faktor yang rentan mendorong terjadinya
konflik adalah ....
A. 1,4,5
B. 1,3,4
C. 3,4,5
D. 2,3,4
E. 1,2,3
46. Negara-negara ASEAN memiliki kepentingan bersama
terkait dengan perdagangan manusia. Berikut ini merupakan alasan paling tepat
terkait kerjasama dalam mengatasi perdagangan manusia, yakni ....
A. Perdagangan manusia menyebabkan hilangnya sumber daya
penting suatu negara
B. Perdagangan manusia selalu terkait dengan kepentingan
politik
C. Perdagangan manusia berkaitan dengan perdagangan
senjata yang dapat membahayakan ASEAN
D. Perdagangan manusia menjadi masalah dan merugikan
setiap negara ASEAN
E. Perdagangan manusia merujuk pada Konvensi Genewa
47. Ibu Yulia menghadapi peserta didik yang sering
terlambat masuk pembelajaran IPS. Setelah pembelajaran, Ibu Yulia ingin
mengingatkan secara pribadi kepada peserta didik tersebut. Teguran yang
bersifat mendidik berikut ini dapat dilakukan, kecuali....
A. Terimakasih untuk tidak terlambat berikutnya ya mas...
B. Sesuai kesepakatan, terlambat ditoleransi 2 kali dalam
satu semester
C. Apakah rumahmu sangat jauh, sehingga harus terlambat
D. Hasil belajarmu pasti akan lebih baik apabila datang
selalu tepat waktu
E. Bukankah jam pembelajaran kita mulai pukul 07.00?
48. Setiap menjelang puasa dan lebaran, kebutuhan bahan
pokok selalu membumbung tinggi memicu inflasi. Beberapa hal yang membuat
kenaikan harga-harga bahan pokok di pasar diantaranya yaitu....
A. Sistem permintaan dan penawaran sangat bebas, terlalu
kapitalis
B. Perluasan akses bekerja yang berlebihan tidak seimbang
di antarawilayah
C. penghasilan masyarakat tidak sesuai kenaikan harga-harga
sehingga permintaan turun
D. Tingkat kemiskinan di wilayah-wilayah pinggiran masih
tinggi
E. adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan
perekonomian
49. Terdapat dua istilah imperialisme, yaitu imperialisme
kuno dan imperialisme modern.
Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai terkait
imperialisme kuno yaitu….
A. Terjadi karena sesama negara Eropa ingin monopoli
perdagangan
B. Perusahaan swasta merupakan pelaku utama dalam
kegiatan perekonomian
C. Berawal dari penjualan logam mulia
D. Menekankan ekspor sebanyak-banyaknya untuk memperoleh
devisa
E. Terjadi di Eropa sekitar abad XV sampai dengan XVII
50. Kesenjangan ekonomi perdesaan dengan perkotaan saat
ini mulai cenderung mengalami penurunan. Kehidupan masyarakat perdesaan dan
perkotaan mulai sulit dibedakan. Salah satu faktor penyebabnya adalah....
A. Perempuan muda di dalam pedesaan lebih senang memakai
T-Shirt dan celana jeans dalam kehidupan sehari-hari
B. Meningkatnya konsumerisme masyarakat desa karena
tertarik pada iklan di televisi dan radio
C. Tingkat pendidikan masyarakat tidak meningkat, karena
pembangunan lebih dipusatkan di perdesaan
D. Meningkatnya pendapatan masyarakat di sektor industri
kecil, karena adanya listrik masuk desa.
E. Tingkat aksesibilitas antardesa dengan kota sudah
mulai meningkat lebih baik
KUNCI JAWABAN
NO |
KUNCI JAWABAN |
NO |
KUNCI
JAWABAN |
NO |
KUNCI
JAWABAN |
NO |
KUNCI
JAWABAN |
1 |
C |
14 |
B |
27 |
C |
40 |
D |
2 |
C |
15 |
C |
28 |
A |
41 |
C |
3 |
D |
16 |
D |
29 |
C |
42 |
D |
4 |
C |
17 |
B |
30 |
E |
43 |
E |
5 |
D |
18 |
E |
31 |
E |
44 |
E |
6 |
D |
19 |
A |
32 |
C |
45 |
B |
7 |
C |
20 |
C |
33 |
E |
46 |
D |
8 |
E |
21 |
B |
34 |
D |
47 |
D |
9 |
D |
22 |
E |
35 |
D |
48 |
A |
10 |
E |
23 |
E |
36 |
D |
49 |
B |
11 |
B |
24 |
C |
37 |
A |
50 |
E |
12 |
B |
25 |
B |
38 |
C |
|
|
13 |
C |
26 |
B |
39 |
E |
|
Demikianlah soal dan kunci jawaban PPPK untuk mata pelajaran
IPS jenjang SMP. Semoga soal latihan P3K IPS SMP ini bisa memberi tambahan
wawasan bagi para calon yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK di tahun ini.
Sekian dan semoga bermanfaat.