100 Soal & Jawaban PAS/UKK PPKN Kelas 8 Semester 1& 2
Kherysuryawan.id – Kumpulan soal dan jawaban PAS/UAS/PAT/UKK PPKN kelas 8 SMP Semester 1 dan semester 2.
Sahabat pendidikan, tidak lama lagi pelaksanaan ulangan
akhir semester atau ulangan kenaikan kelas akan segera dimulai dan disaat-saat
itulah guru dan siswa mulai sibuk dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk
pelaksanaan ulangan nantinya.
Salah satu hal penting yang harus di persiapkan oleh para
guru ketika akan melaksanakan ulangan akhir semester yaitu menyiapkan soal
ulangan serta menyiapkan kunci jawban serta pembahasannya. Bagi anda yang
mungkin belum sama sekali bersiap-siap untuk membuat soal maka anda bisa
mencari referensi soal ulangan semester atau soal ulangan kenaikan kelas
melalui media internet sesuai mata pelajaran anda masing-masing.
Salah satu contohnya ialah melalui blog pendidikan ini
dimana melalui blog ini saya telah banyak sekali membagikan soal-soal ulangan
semester yang bisa menjadi referesni bagi guru yang akan membuat soal ulangan
semester. Seperti pada postingan ini yang mana disini saya akan membagikan soal
penilaian akhir semester atau soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran
PPKN kelas 8 SMP.
Soal PAS/UKK PPKN kelas 8 semester 1 dan semester 2 yang
akan saya sajikan pada artikel ini diambil dari materi semester 1 hingga materi
semester 2 PPKN kelas 8 SMP. Bagi anda para guru yang akan membuat soal ulangan
semester PPKN maka anda bisa menjadikan soal-soal ini sebagai bahan referensi
dalam menyiapkan soal ulangan semester PPKN di kelas 8 SMP.
Begitu juga dengan siswa yang akan menghadapi ulangan
akhir semester atau ulangan kenaikan kelas maka butuh yang namanya latihan dan
belajar mengerjakan soal-soal ulangan semester dan anda bisa berlatih melalui
contoh soal PAS/UKK PPKN kelas 8 yang akan saya bagikan pada artikel ini. Semua
soal yang ada disini juga telah di sediakan kunci jawaban serta pembahasannya
jadi akan sangat mudah untuk di pelajari.
Adapun jumlah soal yang akan di sajikan pada soal PAS
PPKN kelas 8 SMP ini ialah berjumlah 100 soal dengan bentuk soal pilihan ganda
dan juga soal uraian. Untuk soal pilihan ganda yaitu berjumlah 95 nomor lengkap
dengan kunci jawabannya sedangkan untuk soal essay/uraian yaitu berjumlah 5
nomor dan juga sudah di lengkapi dengan pembahasannya.
Untuk anda yang membutuhkan soal penilaian akhir semester
(PAS) atau soal ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP
semester 1 dan semester 2, maka silahkan anda simak dan pelajari soal-soalnya
di bawah ini :
SOAL PILIHAN GANDA
1. Pancasila memiliki
fungsi sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi
pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain. hal ini merupakan
peranan Pancasila sebagai ....
A. jiwa bangsa Indonesia
B. Sumber dari segala sumber
hukum
C. perjanjian luhur
D. kepribadian bangsa
Indonesia
KUNCI JAWABAN :D
2. Di bawah ini merupakan
tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia
keempat, kecuali ....
A. mencerdaskan kehidupan
bangsa
B. memajukan kesejahteraan
umum
C. ikut melaksanakan
ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan
sosial
D. mewujudkan negara yang
berdaulat, kuat, adil dan Makmur
KUNCI JAWABAN :D
3. Berikut ini yang
merupakan manfaat adanya pancasila sebagai dasar negara adalah ....
A. pemerintahan yang
otoriter
B. kehancuran sebuah
negara secara lambat
C. cita cita dan tujuan
negara dapat tercapai dengan baik
D. ketidakteraturan dalam
pemerintahan
KUNCI JAWABAN : C
4. Sebagai dasar negara
Indonesia, Pancasila digunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan ....
A. berbangsa dan bernegara
Indonesia
B. seluruh warga Indonesia
C. negara Indonesia
D. bangsa Indonesia
KUNCI JAWABAN : A
5. Sebagai dasar negara,
Pancasila memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut ini, kecuali
....
A. dasar berdirinya
kedaulatan negara
B. dasar kegiatan
penyelenggaraan negara
C. dasar untuk menguasai
negara lain
D. dasar dan sumber hukum
nasional
KUNCI JAWABAN : C
6. Memunculkan sikap
tenggang rasa dan tepo seliro dalam hubungan sosial merupakan salah satu nilai
ajaran Pancasila terutama sila ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
KUNCI JAWABAN : B
7. Apabila keputusan
musyawarah yang sudah disepakati tidak sesuai dengan pendapat kita, sikap kita
adalah ....
A. melakukan protes terus
menerus terhadap pimpinan rapat
B. menerima keputusan
musyawarah dengan berat hati
C. menerima keputusan
musyawarah dengan penuh tanggung jawab
D. menolak mentah- mentah
hasil keputusan tersebut
KUNCI JAWABAN : C
8. Salah satu sikap yang
dapat diterapkan sebagai nilai yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila
ketiga adalah ....
A. Pengakuan dan keyakinan
bangsa Indonesia terhadap Tuhan yang Maha Esa sebagai pencipta alam
B. Mengambil keputusan
bersama dengan jalan musyawarah
C. Tolong menolong terhadap
orang lain yang membutuhkan
D. Bangga dan menggunakan
produk- produk anak bangsa
KUNCI JAWABAN : D
9. Saat ada teman yang
mengemukakan pendapat dalam sebuah rapat sikap kita adalah ....
A. menyela dan
menginterupsi teman kita
B. mendengarkan bila
pendapatnya sama dengan pendapat kita
C. ikut saja pendapat teman
tersebut
D. mendengar dan memperhatikan
dengan seksama pendapat teman tersebut
KUNCI JAWABAN : D
10. Untuk mencegah
terjadinya disintegrasi atau perpecahan dalam masyarakat, kita harus mengakui
dan menghormati adanya perbedaan dalam masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan
dalam contoh perilaku di dalam kehidupan sehari- hari, misalnya ....
A. ikut melaksanakan ibadah
umat agama lain
B. membayar pajak sesuai
dengan ketentuan yang berlaku
C. bekerja keras untuk
kesejahteraan keluarga
D. menjaga keamanan dan
ketertiban saat umat lain merayakan hari raya agamanya
KUNCI JAWABAN : D
11. Menggalang dana untuk
bantuan APD kepada orang- orang yang bekerja di bidang kesehatan dalam penanganan
Covid-19 adalah bentuk pelaksanaan nilai Pancasila dalam lingkup ....
A. keluarga
B. sekolah
C. masyarakat
D. bangsa dan negara
KUNCI JAWABAN : D
12. Yang merupakan salah
satu isi materi pokok dalam teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 adalah
tentang ....
A. perlawanan terhadap
penjajahan Jepang
B. pernyataan kemerdekaan
Indonesia
C. pergerakan sebelum era
kemerdekaan
D. penetapan dasar negara
KUNCI JAWABAN : B
13. Berdasarkan alenia
keempat pembukaan UUD 1945, bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah ....
A. republik
B. monarki konstitusional
C. oligarki
D. monarki absolut
KUNCI JAWABAN : A
14. Pernyataan bahwa
kemerdekaan merupakan hak segala bangsa, oleh karena itu, bangsa Indonesia
terus memperjuangkan hak- haknya sebsgai individu dan selaku bangsa untuk
memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia
....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
KUNCI JAWABAN : B
15. Sebagai tertib hukum,
pembukaan UUD 1945 tidak bisa diubah. Di bawah ini pernyataan yang selaras
dengan kalimat tersebut adalah ....
A. Nilai- nilai dalam
pembukaan UUD 1945 adalah kehendak rakyat
B. Pembukaan UUD 1945
merupakan dasar filosofis negara Indonesia
C. Pembukaan UUD 1945
sesuai dengan tuntutan jaman
D. Pembukaan UUD 1945
merupakan satu satunya yang ada di dunia
KUNCI JAWABAN : B
16. Bangsa Indonesia menyatakan
bahwa kemerdekaan merupakan rahmat Allah yang Maha Kuasa yang menunjukkan sisi
religius bangsa Indonesia. Hal ini yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945
alenia ke ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
KUNCI JAWABAN: C
17. Berdasarkan UU No. 12
tahun 2011, ada tiga unsur dalam sebuah produk hukum agar bisa disebut sebagai
peraturan perundang - undangan. Yang bukan termasuk tiga unsur tersebut adalah
....
A. produk hukum harus
bersifat tertulis
B. produk hukum harus mengikat
secara umum
C. produk hukum merupakan
rangkuman kebijakan dari pemerintah
D. produk hukum dikeluarkan
oleh pejabat atau lembaga yang berwenang melalui prosedur yang telah ditetapkan
oleh peraturan perundang- undangan
KUNCI JAWABAN : C
18. Peraturan perundang-
undangan nasional yang tertinggi dalam hirarkinya adalah ....
A. UUD 1945
B. TAP MPR
C. UU
D. Peraturan Pemerintah
KUNCI JAWABAN : A
19. Sebagai nilai
instrumental, UUD 1945 dikenal bersifat singkat dan supel atau elastis. UUD
1945 bersifat supel atau elastis mengandung arti bahwa ....
A. UUD 1945 hanya memuat 37
pasal ditambah beberapa pasal aturan peralihan dan aturan tambahan
B. UUD 1945 bersifat rigid,
kaku dan tidak dapat diubah
C. UUD 1945 dapat diubah materinya
sesuai dengan tuntutan perubahan jaman
D. UUD 1945 dapat diterima
oleh bangsa manapun
KUNCI JAWABAN: C
20. Landasan formal konstitusional
atau landasan yuridis dalam pembentukan Undang - undang adalah ....
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. kebijakan pemerintah
D. kenyataan yang tumbuh
dalam masyarakat
KUNCI JAWABAN : B
21. Berikut ini merupakan
ketentuan tentang prosedur perubahan UUD 1945 berdasarkan pasal 37 ayat (1- 4),
kecuali ....
A. usul perubahan pasal UUD
dapat diagendakan dalam sidang MPR apabila diajukan oleh sekurang- kurangnya
1/3 dari jumlah anggota MPR
B. Setiap usul perubahan
pasal- pasal UUD diajukan secara tertulis dan ditunjukkan dengan jelas bagian
yang diusulkan untuk diubah disertai alasannya
C. sidang MPR pada
perubahan UUD dihadiri sekurang - kurangnya 50 % dari jumlah anggota MPR
D. putusan untuk merubah
pasal- pasal UUD dilakukan dengan persetujuan sekurang- kurangnya 50 % ditambah
satu anggota dari seluruh anggota MPR
KUNCI JAWABAN : C
22. Pada situasi
kegentingan yang memaksa, presiden dapat menetapkan ....
A. UU
B. TAP MPR
C. Peraturan Pemerintah
Pengganti Undang- Undang
D. Peraturan Pemerintah
KUNCI JAWABAN : C
23. Sikap materi muatan
peraturan perundang- undangan harus mencerminakn perlindungan dan penghormatan
terhadaphak asasi manusia. Hal ini merupakan asas yang terkandung dalam materi
muatan perundang- undangan yaitu ....
A. kebangsaan
B. kekeluargaan
C. pengayoman
D. kenusantaraan
KUNCI JAWABAN ; C
24. Salah satu contoh sikap
dan perbuatan menaati aturan- aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat
adalah ....
A. mematuhi aturan berlalu
lintas
B. mengikuti kerja bakti
warga
C. memasang hiasan dan
dekorasi menyambut hari kemerdekaan
D. bermusyawarah dalam
menyelesaikan masalah
KUNCI JAWABAN ; A
25. Kesadaran terhadap
aturan hukum dapat terwujud apabila sikap warga masyarakat ....
A. mengetahui dan hafal
seluruh aturan hukum yang berlaku
B. memiliki sikap yang
positif terhadap aturan hukum yang berlaku
C. mengikuti sosialisasi
terhadap aturan hukum yang baru
D. mempunyai produk aturan
hukum yang berlaku
KUNCI JAWABAN : B
26. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan
ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad
ke-15 adalah...
A. mencari daerah baru untuk dikuasai
B. rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan
C. melakukan perdagangan dengan belahan dunia yang lain
D. menyebarkan agama
KUNCI JAWABAN : B
27. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan
melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera
yaitu...
A. politik balas budi
B. politik tebang pilih
C. politik etis
D. politik adu domba
KUNCI JAWABAN : D
28. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan
sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat
makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal...
A. Daendels
B. Van Den Bosch
C. Van Deventer
D. Baron Van Houvell
KUNCI JAWABAN : A
29. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami
sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh
pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini
disebut juga dengan...
A. kerja rodi
B. devide et impera
C. politik etis
D. cultuur stelsel
KUNCI JAWABAN : D
30. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih
perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau
kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal
dari...
A. Maluku
B. Goa
C. Sulawesi Selatan
D. Lombok
KUNCI JAWABAN : C
31. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia
yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi
perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi
Utomo itu didirikan...
A. 20 Mei 1908
B. 20 Mei 1928
C. 2 Mei 1928
D. 2 Mei 1908
KUNCI JAWABAN : A
32. Tujuan dari Organisasi Budi Utomo adalah...
A. mempersatukan bangsa Jawa
B. mempertinggi derajat bangsa Indonesia
C. membebaskan Indonesia dari kemiskinan
D. persamaan hak dan warga negara
KUNCI JAWABAN : B
33. Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul karena
program Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu...
A. transmigrasi
B. irigasi
C. vaksinasi
D. edukasi
KUNCI JAWABAN : D
34. Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang
bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang
tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi Oetomo yang
didirikan oleh...
A. Dr. Soetomo
B. Himpunan Mahasiswa STOVIA
C. Van Deventer
D. Tirto Adi Soerjo
KUNCI JAWABAN : A
35. Wujud dari nilai persamaan derajat yaitu...
A. kedaulatan berada di tangan rakyat
B. setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di
depan hukum
C. tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang
lain
D. sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat
untuk kreatif dan produktif
KUNCI JAWABAN : B
36. Yang bukan merupakan faktor pembentuk keunggulan
bangsa Indonesia adalah...
A. sumber daya manusia
B. sumber daya alam
C. pendapatan nasional
D. kebudayaan
KUNCI JAWABAN : C
37. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda
dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita
sebagai generasi penerus bangsa mampu...
A. menorehkan prestasi di berbagai bidang
B. bekerja keras
C. bekerja cerdas
D. tiada mengenal putus asa
KUNCI JAWABAN : A
38. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan
Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar
Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta...
A. dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju
B. dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain
C. dapat menjadi negara yang kompetitif
D. dapat melawan ketidakadilan dunia
KUNCI JAWABAN : B
39. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan
hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas
jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.
Bagaimana usaha pemuda untuk mempertegas jati diri
bangsa...
A. menghormati perbedaan dalam masyarakat
B. menghilangkan sikap dan anggapan semua orang akan
berbuat jahat
C. memahami simbol-simbol negara
D. belajar lebih keras dan cerdas untuk mencapai
cita-cita
KUNCI JAWABAN : D
40. Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya
adalah...
A. agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga
B. agar kita bisa menjajah bangsa lain
C. agar bangsa Indonesia bisa menakuti dunia
D. agar negara Indonesia menjadi negara adikuasa
KUNCI JAWABAN : A
41. Dengan semangat sumpah pemuda, kita harus mencintai
tanah air dengan...
A. mengembangkan kebudayaan daerah
B. memegang teguh Bhineka Tunggal Ika
C. memelihara lingkungan bebas narkoba
D. hidup bersama dengan berbagai suku bangsa
KUNCI JAWABAN : B
42. Makna dari kalimat kedua dalam sumpah pemuda
adalah...
A. memegang teguh prinsip bersatu "tanah air
Indonesiaku"
B. pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama sama
C. bersatunya suku-suku bangsa Indonesia
D. bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu
KUNCI JAWABAN : C
43. Perhatikan Pernyataan Berikut ini
(1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi
Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
(2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
(3) Mendirikan sekolah umum
(4) Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala
bahasa dan budaya.
Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor...
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 2 dan 3
KUNCI JAWABAN : A
44. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang
terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu...
A. ikrar sumpah pemuda
B. proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. berjuang bersama, bersatu
D. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
KUNCI JAWABAN : C
45. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi
perjuangan bangsa Indonesia adalah...
A. membangkitkan kesadaran nasional
B. memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk
bersatu
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
KUNCI JAWABAN : B
46. Nusantara merupakan tempat berlindung dan tanah air yang
wajib kita bela dan pertahankan. Sebagai seorang pemuda dan pemudi jangan
sampai kita biarkan nusantara ini terpecah boleh akibat serangan asing maupun
karena ulah diri kita sendiri. Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah
pemuda...
A. satu tanah air
B. satu nusa
C. satu bahasa
D. satu bangsa
KUNCI JAWABAN : A
47. Makna kalimat kedua dalam sumpah pemuda...
A. mengakui pemuda dan pemudi Indonesia
B. mengakui tanah air Indonesia
C. mengakui bahasa Indonesia
D. mengakui bangsa Indonesia
KUNCI JAWABAN : D
48. Ikrar sumpah pemuda adalah hasil keputusan dari
kerapatan tanggal 28oktober 1928, dalam...
A. kongres sumpah pemuda
B. kongres pemuda I
C. kongres pemuda II
D. rapat pemuda Indonesia
KUNCI JAWABAN : C
49. Sumpah pemuda menegaskan bahwa bahasa persatuan
adalah bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan bahasa Indonesia berfungsi
sebagai...antar suku.
A. bahasa negara
B. bahasa pengantar
C. alat edukasi
D. alat komunikasi
KUNCI JAWABAN : D
50. Petikan dari Ir Soekarno "berikan aku 10 orang
pemuda akan kuangkat gunung, dan 100 orang pemuda akan aku ubah dunia"
Kalimat diatas mengandung makna...
A. perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi
penduduknya
B. perubahan diberbagai daerah tergantung pada potensi
pemuda
C. keberhasilan pembangunan bukan karena pemuda
D. pemuda adalah tulang punggung bangsa
KUNCI JAWABAN : D
51. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa memperkuat
persatuan Indonesia yaitu...
A. sejarah, agama, kepanduan, bahasa dan kemauan
B. sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, kemauan
C. kemauan, agama, pendidikan, adat dan bahasa
D. hukum adat, agama, kemauan, kedisiplinan, sejarah
KUNCI JAWABAN : B
52. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi
bangsa Indonesia, hal itu karena...
A. bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal
Ika
B. pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah
oleh bangsa barat selama 350 tahun.
C. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan
menjadi kokoh dan kuat
D. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan
mampu menghilangkan keanekaragaman
KUNCI JAWABAN : C
53. Burung Garuda merupakan lambang negara Republik
Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan
sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila bermakna
yaitu...
A. hubungan manusia satu sama lain
B. kesatuan dan persatuan Indonesia
C. cahaya kerohanian bagi setiap manusia
D. orang-orang berdiskusi dan berkumpul
KUNCI JAWABAN : A
54. Perhatikan Pernyataan Berikut ini :
1) Bahasa resmi kenegaraan,
2) Pengantar pendidikan,
3) Komunikasi internasional,
4) Pengembangan kebudayaan nasional,
5) Transaksi dan dokumentasi niaga,
6) Sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
7) Bahasa media massa
Fungsi bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor...
A. 1, 2, 3 4, 5 dan 6
B. 1, 2, 3, 4, 6 dan 7
C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
D. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7
KUNCI JAWABAN : D
55. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan
kita adalah...
A. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
B. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela
tanah air
C. melakukan demonstrasi untuk petinggi agar
memperjuangkan
D. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri
KUNCI JAWABAN : B
56. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa
dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu...
A. ikut bekerja bakti di sekolah
B. bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
C. membantu korban bencana alam
D. mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
KUNCI JAWABAN : D
57. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat
diwujudkan dengan cara antara lain...
A. giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan
negara
B. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang
berkecukupan
C. menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa
lalu
D. mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi
KUNCI JAWABAN : A
58. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung
tinggi nilai ketuhanan (religius)
A. memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
B. tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
C. menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan
kewajibannya
D. membina kerukunan antar umat beragama dan
mengembangkan sikap toleransi
KUNCI JAWABAN : D
59. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air
dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah
dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan
pengertian dari...
A. patriotisme
B. demokrat
C. nasionalis
D. pahlawan
KUNCI JAWABAN : C
60. Equality before the law mengandung makna...
A. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang
lebih tinggi
B. setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di
depan hukum
C. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat
D. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum
yang berlaku
KUNCI JAWABAN : B
61. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain,
dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan
karakter...
A. jujur
B. toleransi
C. disiplin
D. religius
KUNCI JAWABAN : D
62. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,
suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...
A. religius
B. jujur
C. toleransi
D. disiplin
KUNCI JAWABAN : C
63. Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah
beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita
bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa
tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah...
A. melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang
lain
B. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki
seseorang
C. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang
lain
D. menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana
alam
KUNCI JAWABAN : A
64. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2) Kesiapan sosial budaya
3) Menjaga kelestarian lingkungan
4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada
nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
KUNCI JAWABAN : B
65. Bangsa Indonesia adalah
bangsa yang besar dan memiliki potensi serta kapasitas untuk menjadi bangsa
yang bersatu dan maju. Agar bangsa Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang
besar dan terhormat maka bangsa Indonesia harus memiliki ....
A. nilai–nilai kebangsaan
B. semangat
C. komitmen kebangsaan yang
tinggi
D. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : D
66. Secara Geologi, wilayah
Nusantara merupakan pertemuan antara tiga lempeng benua. Berikut ini yang bukan
merupakan tiga lempeng benua tersebut adalah ....
A. Lempeng Eurasia
B. Lempeng Indo- Australia
C. Lempeng Antartika
D. Lempeng Pasifik
KUNCI JAWABAN C
67. Bukti fisik awal yang
menyebutkan mengenai adanya dua kerajaan bercorak Hindu pada abad ke-5 adalah
....
A. kerajaan Mataram Kuno
B. kerajaan Kutai
C. Kerajaan Kediri
D. Kerajaan Majapahit
KUNCI JAWABAN B
68. Kerajaan Tarumanegara
merupakan kerajaan Hindu yang terdapat di daerah ....
A. Kalimantan Timur
B. Jawa Tengah
C. Jawa Barat
D. Sumatra Selatan
KUNCI JAWABAN : C
69. Istilah sebutan nama
Nusantara berasal kitab Pararton dari zaman kerajaan ....
A. Majapahit
B. Tarumanegara
C. Kediri
D. Sriwijaya
KUNCI JAWABAN : A
70. Di bawah ini yang merupakan
nilai- nilai dari Sumpah Palapa yang dinyatakan oleh Gajah Mada adalah ....
A. nilai persatuan dan
kesatuan nusantara
B. nilai historis
C. nilai keberanian
D. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : D
71. Komitmen adalah sikap
dan perilaku yang ditandai oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta
melakukan usaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh.
Seseorang yang memiliki komitmen yang kuat terhadap bangsa dan negara memiliki
pandangan bahwa .....
A. kepentingan golongan lebih
diutamakan daripada kepentingan bangsa dan negara
B. kepentingan bangsa dan
negara berada diatas kepentingan pribadi atau golongan
C. kepentingan pribadi atau
golongan dapat dilaksanakan bersama- sama
D. kepentingan pribadi atau
golongan tidak penting
KUNCI JAWABAN : B
72 . Di bawah ini yang
bukan merupakan salah satu tokoh pendiri PNI adalah ....
A. Ir. Soekarno
B. Dr. Cipto Mangunkusumo
C. Moehammad Yamin
D. Ir. Anwari
KUNCI JAWABAN : C
73. Salah satu penyebab PNI
mampu berkembang dengan pesat adalah ....
A. didukung oleh pemerintah
Hindia Belanda
B. tokoh- tokoh besar yang
menaunginya
C. merangkul semua golongan
D. modal yang besar untuk
menyokong partai
KUNCI JAWABAN : C
74. Pada tahun 1929, PNI
melakukan kongres dengan mencetuskan cita-cita sosialisme dan semangat
nonkooperasi yang memicu reaksi pemerintah kolonial Belanda dengan menangkap
pemimpin PNI dan menjebloskan tokoh- tokohnya ke penjara Banceuy, Bandung. Di
bawah ini yang tidak termasuk tokoh yang ikut ditangkap oleh Belanda adalah
....
A. Ir. Soekarno
B. Gatot Mangkupraja
C. Maskun
D. Dr. Cipto Mangunkusumo
KUNCI JAWABAN : D
75. Judul pledoi yang disampaikan
oleh Ir. Soekarno untuk dibacakan dalam persidangan di gedung pengadilan
kolonial Bandung adalah ....
A. Indonesia maju
B. Indonesia Kuat
C. Indonesia Menggugat
D. Indonesia Melawan
KUNCI JAWABAN : C
76. Kemarahan Belanda akan
pembelaan Ir Soekarno melalui pledoi yang dibacakannya berbuntut dibubarkannya
PNI pada tahun ....
A. 1927
B. 1928
C. 1929
D. 1930
KUNCI JAWABAN : D
77. Di bawah ini adalah
tokoh dari Indische Partij, kecuali ....
A. Suwardi Suryaningrat
B. Drs. Moh Hatta
C. Douwes Dekker
D. Dr. Tjipto Mangunkusumo
KUNCI JAWABAN : B
78. Nama perkumpulan
pelajar tanah air di Belanda adalah ....
A. Perhimpunan Indonesia
B. Insdische Vereeniging
C. Indische Partij
D. Trikoro Dharmo
KUNCI JAWABAN : B
79. Salah satu tempat
pengasingan Ir Soekarno setelah menjadi tokoh pemimpin Partindo pada tahun 1933
adalah ....
A. Bandaneira
B. Ende
C. Digul
D. Parapat
KUNCI JAWABAN : B
80. Cara pelajar untuk
menyongsong masa depan dalam pembangunan bangsa Indonesia adalah ....
A. semangat bekerja
B. bercita- cita tinggi
C. semangat belajar
D. mengikuti arus zaman
KUNCI JAWABAN : C
81. Nilai- nilai jiwa,
semangat, dan nilai-nilai kejuangan pada masa sebelum pergerakan nasional
adalah ....
A. ketakwaan kepada Tuhan
yang Maha Esa
B. kesadaran diri
C. kerukunan hidup antar umat
beragama
D. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : D
82. Perjuangan mengusir
penjajah di masa kerajaan di wilayah nusantara selalu mengalami kegagalan
dikarenakan ....
A. senjata yang kurang
canggih
B. perjuangan bersifat kedaerahan
C. strategi perang yang
mudah terbaca
D. adanya penghianat di
lingkungan kerajaan
KUNCI JAWABAN : B
83. Organisasi pergerakan
nasional pertama yang mengawali langkah perjuangan bangsa adalah ...
A. Perhimpunan Indonesia
B. Serikat dagang Islam
C. Budi Utomo
D. Trikoro Dharmo
KUNCI JAWABAN : C
84. Sumpah Pemuda merupakan
manifestasi tekad dan keinginan bangsa Indonesia dalam hal ....
A. menemukan dan menentukan
identitas
B. rasa harga diri sebagai
bangsa
C. rasa solidaritas menuju
persatuan dan kesatuan bangsa
D. semua jawaban benar
KUNCI JAWABAN : D
85. Bangsa Indonesia
mencintai perdamaian akan tetapi lebih mencintai kemerdekaan. Perjuangan bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui cara ....
A. mengangkat senjata
B. melakukan diplomasi
C. mengikuti alur penjajah
D. jawaban A dan B benar
KUNCI JAWABAN: D
86 . Perhatikan nilai- nilai
berikut ini
(1) nilai-nilai operasional
yang memperkuat jiwa
(2) nilai kejuangan dalam
persiapan kemerdekaan
(3) harga diri sebagai
bangsa yang merdeka
(4) rela berkorban demi
tanah air, bangsa dan negara
(5) semangat dan
nilai-nilai kejuangan
Nilai- nilai perjuangan
mempertahankan kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (2), (3), (4) dan (5)
C. (1), (3), (4) dan (5)
D. (1), (2), (4) dan (5)
KUNCI JAWABAN : D
87. Berikut ini adalah tantangan
dalam menjaga keutuhan dan kejayaan bangsa yang berasal dari dalam, kecuali
....
A. perilaku malas
B. praktik korupsi
C. budaya asing
D. krisis ekonomi
KUNCI JAWABAN : C
88. Dorongan dan manifestasi
dinamis dari jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut
kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya
disebut ....
A. jiwa 45
B. semangat 45
C. jiwa Pancasila
D. semangat nasionalisme
KUNCI JAWABAN :B
89. Perhatikan hal- hal
berikut ini,
(1) Ketakwaan kepada Tuhan
Yang Maha Esa
(2) lebih mementingkan
kepentingan golongan daripada kepentingan bersama
(3) Nasionalisme
(4) Patriotisme
(5) sikap primordialisme
(6) Pantang mundur dan
tidak kenal menyerah
(7) Persatuan dan kesatuan
(8) Anti penjajah dan penjajahan
(9) Rasa harga diri sebagai
bangsa yang merdeka
(10)Jiwa dan semangat
merdeka
Tujuan pembukaan UUD 1945
ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), (5),
(6)
B. (2), (4), (5), (6), (8),
(10)
C. (1), (3), (4), (6), (8),
(10)
D. (3), (4), (5), (6), (7),
(10)
KUNCI JAWABAN : C
90. Negara Indonesia ialah
Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Hal ini merupakan bunyi ....
A. Pasal 1 ayat (1) UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
B. Pasal 1 ayat (2) UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
C. Pasal 37 ayat (4) UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
D. Pasal 37 ayat (1) UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
KUNCI JAWABAN : A
91. Negara Kesatuan
Republik Indonesia meletakkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah serta
ideologi bangsa dan negara, melandasi, membimbing, dan mengarahkan bangsa
menuju tujuan nasional negara. Hal tersebut merupakan pandangan Indonesia
sebagai satu kesatuan ....
A. wilayah
B. politik
C. pertahanan dan keamanan
D. kesatuan ekonomi
KUNCI JAWABAN: B
92. Setiap warga negara
memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal
ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan ....
A. wilayah
B. politik
C. pertahanan dan keamanan
D. kesatuan ekonomi
KUNCI JAWABAN : B
93. Contoh penerapan pandangan
bahwa Indonesia adalah sebagai satu kesatuan wilayah ekonomi adalah ....
A. pengembangan budaya nasional
B. pemerataan berkaitan
dengan keperluan kehidupan sehari- hari masyarakat Indonesia
C. hak dan kewajiban yang
sama dalam rangka bela negara
D. segala isi dan kekayaan yang
terkandung sebagai ruang hidup dan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia
KUNCI JAWABAN : B
94. Di bawah ini yang bukan
termasuk sikap dalam rangka menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia
adalah ....
A. cinta tanah air
B. membina persatuan dan
kesatuan
C. rela berkorban
D. mempelajari budaya asing
KUNCI JAWABAN : D
95. Perhatikan kalimat di bawah ini !
(1) Mau menjenguk orang sakit
(2) Saling membantu dalam kebaikan
(3) Tidak menjelek-jelekkan orang lain
Kalimat di atas merupakan contoh pengamalan sumpah pemuda
yang mengandung nilai...
A. kerukunan
B. kerjasama
C. cinta damai
D. tanggung jawab
KUNCI JAWABAN : A
SOAL URAIAN
96. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908
dengan perjuangan sesudah tahun 1908!
PEMBAHASAN :
Pada masa sebelum kebangkitan nasional pada tahun 1908, perjuangan
bangsa Indonesia masih bersifat terpecah belah, menonjolkan sifat keaderahan,
dan tanpa adanya semangat persatuan. Namun, seiring dengan masa kebangkitan
nasional, maka perjuangan berubah menjadi melalui cara politis, dengan adanya
semangat persatuan dan kesatuan, yang didorong oleh berkembangnya nasionalisme
Indonesia.
97. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo
dalam mencapai tujuan!
PEMBAHASAN :
Upaya yang dilakukan organisasi Budi Utomo dalam rangka
mewujudkan tujuannya adalah:
Membuka keanggotaan bagi kalangan biasa (non priyayi)
Membentuk Dana Pelajar (Studiefonds) untuk para pelajar
Indonesia.
Menenmapatkan wakilnya di Volksraad
Mengusulkan wajib militer
98. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan
yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang
dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan
berbagai kemudahan seperti saat ini? (Tuliskan 4 contoh upaya)
PEMBAHASAN :
1. Memperkukuh
persatuan dan kesatuan yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai cita-cita yang
tinggi dan mulia.
2. Menimbulkan
ketentraman dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat.
3. Menjadi
pilar utama untuk memberdayakan potensi dan membangun masyarakat kearah yang
lebih maju dan berperadaban.
4. Menjadi
tolak ukur solidaritas kemanusiaan yang akan mengantar kan kea rah
kesejehteraan kehidupan dalam bermasyarakat.
99. Bacalah cerita di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara
Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia
rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup
berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak
mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan
hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang
kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada
tanah air Indonesia!
PEMBAHASAN :
-
mendengarkan lagu nasional
-
menceritakan generasi muda tentang biografi
para pahlawan bangsa
-
mengenalkan tentang adat budaya leluhur
-
menunjukkan prestasi bangsa di internasional
untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap negeri
100. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan
manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan
pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi
kemerdekaan?
PEMBAHASAN :
-
Belajar dengan giat, rajin dan tekun
-
Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang
ada di masyarakat
-
Ikut membantu upaya kesejahteraan rakyat
-
Saling menghormati antar sesama
-
Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial
-
Berpartisipasi aktif dalam rangka mengisi
kegiatan kemerdekaan Indonesia
-
Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat
-
Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan
Panitia setempat
-
Ikut serta dalam hal apapun yang berkaitan
dengan kemerdekaan Indonesia
-
Saling menghargai dengan baik antar warga
negara Indonesia
-
Terlibat aktif di dalam kegiatan pelayanan
masyarakat
-
Mengabdi untuk negara
-
Ikut serta dalam mengemukakan
gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat
maupun sekolah
-
Membuat lomba kemerdekaan
Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal-soal ulangan akhir semester PPKN untuk kelas 8 SMP semester 1 dan 2 yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya, semoga bisa bermanfaat bagi para guru, siswa dan siapapun yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.