100 Soal & Jawaban PAS/UKK PPKN Kelas 8 Semester 1& 2

Kherysuryawan.id – Kumpulan soal dan jawaban PAS/UAS/PAT/UKK PPKN kelas 8 SMP Semester 1 dan semester 2.

Sahabat pendidikan, tidak lama lagi pelaksanaan ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas akan segera dimulai dan disaat-saat itulah guru dan siswa mulai sibuk dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan ulangan nantinya.

 


Salah satu hal penting yang harus di persiapkan oleh para guru ketika akan melaksanakan ulangan akhir semester yaitu menyiapkan soal ulangan serta menyiapkan kunci jawban serta pembahasannya. Bagi anda yang mungkin belum sama sekali bersiap-siap untuk membuat soal maka anda bisa mencari referensi soal ulangan semester atau soal ulangan kenaikan kelas melalui media internet sesuai mata pelajaran anda masing-masing.

 

Salah satu contohnya ialah melalui blog pendidikan ini dimana melalui blog ini saya telah banyak sekali membagikan soal-soal ulangan semester yang bisa menjadi referesni bagi guru yang akan membuat soal ulangan semester. Seperti pada postingan ini yang mana disini saya akan membagikan soal penilaian akhir semester atau soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP.

 

Soal PAS/UKK PPKN kelas 8 semester 1 dan semester 2 yang akan saya sajikan pada artikel ini diambil dari materi semester 1 hingga materi semester 2 PPKN kelas 8 SMP. Bagi anda para guru yang akan membuat soal ulangan semester PPKN maka anda bisa menjadikan soal-soal ini sebagai bahan referensi dalam menyiapkan soal ulangan semester PPKN di kelas 8 SMP.

 

Begitu juga dengan siswa yang akan menghadapi ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas maka butuh yang namanya latihan dan belajar mengerjakan soal-soal ulangan semester dan anda bisa berlatih melalui contoh soal PAS/UKK PPKN kelas 8 yang akan saya bagikan pada artikel ini. Semua soal yang ada disini juga telah di sediakan kunci jawaban serta pembahasannya jadi akan sangat mudah untuk di pelajari.

 

Adapun jumlah soal yang akan di sajikan pada soal PAS PPKN kelas 8 SMP ini ialah berjumlah 100 soal dengan bentuk soal pilihan ganda dan juga soal uraian. Untuk soal pilihan ganda yaitu berjumlah 95 nomor lengkap dengan kunci jawabannya sedangkan untuk soal essay/uraian yaitu berjumlah 5 nomor dan juga sudah di lengkapi dengan pembahasannya.

 

Untuk anda yang membutuhkan soal penilaian akhir semester (PAS) atau soal ulangan kenaikan kelas (UKK) mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2, maka silahkan anda simak dan pelajari soal-soalnya di bawah ini :

 

SOAL PILIHAN GANDA

1. Pancasila memiliki fungsi sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain. hal ini merupakan peranan Pancasila sebagai ....

A. jiwa bangsa Indonesia

B. Sumber dari segala sumber hukum

C. perjanjian luhur

D. kepribadian bangsa Indonesia

KUNCI JAWABAN :D

 

2. Di bawah ini merupakan tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia keempat, kecuali ....

A. mencerdaskan kehidupan bangsa

B. memajukan kesejahteraan umum

C. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

D. mewujudkan negara yang berdaulat, kuat, adil dan Makmur

KUNCI JAWABAN :D

 

3. Berikut ini yang merupakan manfaat adanya pancasila sebagai dasar negara adalah ....

A. pemerintahan yang otoriter

B. kehancuran  sebuah negara secara lambat

C. cita cita dan tujuan negara dapat tercapai dengan baik

D. ketidakteraturan dalam pemerintahan

KUNCI JAWABAN : C

 

4. Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila digunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan ....

A. berbangsa dan bernegara Indonesia

B. seluruh warga Indonesia

C. negara Indonesia

D. bangsa Indonesia

KUNCI JAWABAN : A

 

5. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut ini, kecuali ....

A. dasar berdirinya kedaulatan negara

B. dasar kegiatan penyelenggaraan negara

C. dasar untuk menguasai negara lain

D. dasar dan sumber hukum nasional

KUNCI JAWABAN : C

 

6. Memunculkan sikap tenggang rasa dan tepo seliro dalam hubungan sosial merupakan salah satu nilai ajaran Pancasila terutama sila ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

KUNCI JAWABAN : B

 

7. Apabila keputusan musyawarah yang sudah disepakati tidak sesuai dengan pendapat kita, sikap kita adalah ....

A. melakukan protes terus menerus terhadap pimpinan rapat

B. menerima keputusan musyawarah dengan berat hati

C. menerima keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab

D. menolak mentah- mentah hasil keputusan tersebut

KUNCI JAWABAN : C

 

8. Salah satu sikap yang dapat diterapkan sebagai nilai yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga adalah ....

A. Pengakuan dan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan yang Maha Esa sebagai pencipta alam

B. Mengambil keputusan bersama dengan jalan musyawarah

C. Tolong menolong terhadap orang lain yang membutuhkan

D. Bangga dan menggunakan produk- produk anak bangsa

KUNCI JAWABAN : D

 

9. Saat ada teman yang mengemukakan pendapat dalam sebuah rapat sikap kita adalah ....

A. menyela dan menginterupsi teman kita

B. mendengarkan bila pendapatnya sama dengan pendapat kita

C. ikut saja pendapat teman tersebut

D. mendengar dan memperhatikan dengan seksama pendapat teman tersebut

KUNCI JAWABAN : D

 

10. Untuk mencegah terjadinya disintegrasi atau perpecahan dalam masyarakat, kita harus mengakui dan menghormati adanya perbedaan dalam masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan dalam contoh perilaku di dalam kehidupan sehari- hari, misalnya ....

A. ikut melaksanakan ibadah umat agama lain

B. membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

C. bekerja keras untuk kesejahteraan keluarga

D. menjaga keamanan dan ketertiban saat umat lain merayakan hari raya agamanya

KUNCI JAWABAN : D

 

11. Menggalang dana untuk bantuan APD kepada orang- orang yang bekerja di bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19 adalah bentuk pelaksanaan nilai Pancasila dalam lingkup ....

A. keluarga

B. sekolah

C. masyarakat

D. bangsa dan negara

KUNCI JAWABAN : D

 

12. Yang merupakan salah satu isi materi pokok dalam teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 adalah tentang ....

A. perlawanan terhadap penjajahan Jepang

B. pernyataan kemerdekaan Indonesia

C. pergerakan sebelum era kemerdekaan

D. penetapan dasar negara

KUNCI JAWABAN : B

 

13. Berdasarkan alenia keempat pembukaan UUD 1945, bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah ....

A. republik

B. monarki konstitusional

C. oligarki

D. monarki absolut

KUNCI JAWABAN : A

 

14. Pernyataan bahwa kemerdekaan merupakan hak segala bangsa, oleh karena itu, bangsa Indonesia terus memperjuangkan hak- haknya sebsgai individu dan selaku bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

KUNCI JAWABAN : B

 

15. Sebagai tertib hukum, pembukaan UUD 1945 tidak bisa diubah. Di bawah ini pernyataan yang selaras dengan kalimat tersebut adalah ....

A. Nilai- nilai dalam pembukaan UUD 1945 adalah kehendak rakyat

B. Pembukaan UUD 1945 merupakan dasar filosofis negara Indonesia

C. Pembukaan UUD 1945 sesuai dengan tuntutan jaman

D. Pembukaan UUD 1945 merupakan satu satunya yang ada di dunia

KUNCI JAWABAN : B

 

16. Bangsa Indonesia menyatakan bahwa kemerdekaan merupakan rahmat Allah yang Maha Kuasa yang menunjukkan sisi religius bangsa Indonesia. Hal ini yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

KUNCI JAWABAN:  C

 

17. Berdasarkan UU No. 12 tahun 2011, ada tiga unsur dalam sebuah produk hukum agar bisa disebut sebagai peraturan perundang - undangan. Yang bukan termasuk tiga unsur tersebut adalah ....

A. produk hukum harus bersifat tertulis

B. produk hukum harus mengikat secara umum

C. produk hukum merupakan rangkuman kebijakan dari pemerintah

D. produk hukum dikeluarkan oleh pejabat atau lembaga yang berwenang melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang- undangan

KUNCI JAWABAN : C

 

18. Peraturan perundang- undangan nasional yang tertinggi dalam hirarkinya adalah ....

A. UUD 1945

B. TAP MPR

C. UU

D. Peraturan Pemerintah

KUNCI JAWABAN : A

 

19. Sebagai nilai instrumental, UUD 1945 dikenal bersifat singkat dan supel atau elastis. UUD 1945 bersifat supel atau elastis mengandung arti bahwa ....

A. UUD 1945 hanya memuat 37 pasal ditambah beberapa pasal aturan peralihan dan aturan tambahan

B. UUD 1945 bersifat rigid, kaku dan tidak dapat diubah

C. UUD 1945 dapat diubah materinya sesuai dengan tuntutan perubahan jaman

D. UUD 1945 dapat diterima oleh bangsa manapun

KUNCI JAWABAN: C

 

20. Landasan formal konstitusional atau landasan yuridis dalam pembentukan Undang - undang adalah ....

A. Pancasila

B. UUD 1945

C. kebijakan pemerintah

D. kenyataan yang tumbuh dalam masyarakat

KUNCI JAWABAN : B

 

21. Berikut ini merupakan ketentuan tentang prosedur perubahan UUD 1945 berdasarkan pasal 37 ayat (1- 4), kecuali ....

A. usul perubahan pasal UUD dapat diagendakan dalam sidang MPR apabila diajukan oleh sekurang- kurangnya 1/3 dari jumlah anggota MPR

B. Setiap usul perubahan pasal- pasal UUD diajukan secara tertulis dan ditunjukkan dengan jelas bagian yang diusulkan untuk diubah disertai alasannya

C. sidang MPR pada perubahan UUD dihadiri sekurang - kurangnya 50 % dari jumlah anggota MPR

D. putusan untuk merubah pasal- pasal UUD dilakukan dengan persetujuan sekurang- kurangnya 50 % ditambah satu anggota  dari seluruh anggota MPR

KUNCI JAWABAN :  C

 

22. Pada situasi kegentingan yang memaksa, presiden dapat menetapkan ....

A. UU

B. TAP MPR

C. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang

D. Peraturan Pemerintah

KUNCI JAWABAN  : C

 

23. Sikap materi muatan peraturan perundang- undangan harus mencerminakn perlindungan dan penghormatan terhadaphak asasi manusia. Hal ini merupakan asas yang terkandung dalam materi muatan perundang- undangan yaitu ....

A. kebangsaan

B. kekeluargaan

C. pengayoman

D. kenusantaraan

KUNCI JAWABAN ; C

 

24. Salah satu contoh sikap dan perbuatan menaati aturan- aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat adalah ....

A. mematuhi aturan berlalu lintas

B. mengikuti kerja bakti warga

C. memasang hiasan dan dekorasi menyambut hari kemerdekaan

D. bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah

KUNCI JAWABAN ; A

 

25. Kesadaran terhadap aturan hukum dapat terwujud apabila sikap warga masyarakat ....

A. mengetahui dan hafal seluruh aturan hukum yang berlaku

B. memiliki sikap yang positif terhadap aturan hukum yang berlaku

C. mengikuti sosialisasi terhadap aturan hukum yang baru

D. mempunyai produk aturan hukum yang berlaku

KUNCI JAWABAN : B

 

26. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah...

A. mencari daerah baru untuk dikuasai

B. rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan

C. melakukan perdagangan dengan belahan dunia yang lain

D. menyebarkan agama

KUNCI JAWABAN : B

 

27. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu...

A. politik balas budi

B. politik tebang pilih

C. politik etis

D. politik adu domba

KUNCI JAWABAN : D

 

28. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal...

A. Daendels

B. Van Den Bosch

C. Van Deventer

D. Baron Van Houvell

KUNCI JAWABAN : A

29. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan...

A. kerja rodi

B. devide et impera

C. politik etis

D. cultuur stelsel

KUNCI JAWABAN : D

 

30. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal dari...

A. Maluku

B. Goa

C. Sulawesi Selatan

D. Lombok

KUNCI JAWABAN : C

 

31. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan...

A. 20 Mei 1908

B. 20 Mei 1928

C. 2 Mei 1928

D. 2 Mei 1908

KUNCI JAWABAN : A

 

32. Tujuan dari Organisasi Budi Utomo adalah...

A. mempersatukan bangsa Jawa

B. mempertinggi derajat bangsa Indonesia

C. membebaskan Indonesia dari kemiskinan

D. persamaan hak dan warga negara

KUNCI JAWABAN : B

 

33. Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul karena program Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu...

A. transmigrasi

B. irigasi

C. vaksinasi

D. edukasi

KUNCI JAWABAN : D

 

34. Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi Oetomo yang didirikan oleh...

A. Dr. Soetomo

B. Himpunan Mahasiswa STOVIA

C. Van Deventer

D. Tirto Adi Soerjo

KUNCI JAWABAN : A

 

35. Wujud dari nilai persamaan derajat yaitu...

A. kedaulatan berada di tangan rakyat

B. setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum

C. tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain

D. sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif

KUNCI JAWABAN : B

 

36. Yang bukan merupakan faktor pembentuk keunggulan bangsa Indonesia adalah...

A. sumber daya manusia

B. sumber daya alam

C. pendapatan nasional

D. kebudayaan

KUNCI JAWABAN : C

 

37. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu...

A. menorehkan prestasi di berbagai bidang

B. bekerja keras

C. bekerja cerdas

D. tiada mengenal putus asa

KUNCI JAWABAN : A

 

38. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta...

A. dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju

B. dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain

C. dapat menjadi negara yang kompetitif

D. dapat melawan ketidakadilan dunia

KUNCI JAWABAN : B

 

39. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.

Bagaimana usaha pemuda untuk mempertegas jati diri bangsa...

A. menghormati perbedaan dalam masyarakat

B. menghilangkan sikap dan anggapan semua orang akan berbuat jahat

C. memahami simbol-simbol negara

D. belajar lebih keras dan cerdas untuk mencapai cita-cita

KUNCI JAWABAN : D

 

40. Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya adalah...

A. agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga

B. agar kita bisa menjajah bangsa lain

C. agar bangsa Indonesia bisa menakuti dunia

D. agar negara Indonesia menjadi negara adikuasa

KUNCI JAWABAN : A

 

41. Dengan semangat sumpah pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan...

A. mengembangkan kebudayaan daerah

B. memegang teguh Bhineka Tunggal Ika

C. memelihara lingkungan bebas narkoba

D. hidup bersama dengan berbagai suku bangsa

KUNCI JAWABAN : B

 

42. Makna dari kalimat kedua dalam sumpah pemuda adalah...

A. memegang teguh prinsip bersatu "tanah air Indonesiaku"

B. pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama sama

C. bersatunya suku-suku bangsa Indonesia

D. bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu

KUNCI JAWABAN : C

 

43. Perhatikan Pernyataan Berikut ini

(1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.

(2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.

(3) Mendirikan sekolah umum

(4) Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.

Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor...

A. 1, 2 dan 4

B. 1, 3 dan 4

C. 2, 3 dan 4

D. 1, 2 dan 3

KUNCI JAWABAN : A

 

44. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu...

A. ikrar sumpah pemuda

B. proklamasi kemerdekaan Indonesia

C. berjuang bersama, bersatu

D. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

KUNCI JAWABAN : C

 

45. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah...

A. membangkitkan kesadaran nasional

B. memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu

C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia

D. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia

KUNCI JAWABAN : B

 

46. Nusantara merupakan tempat berlindung dan tanah air yang wajib kita bela dan pertahankan. Sebagai seorang pemuda dan pemudi jangan sampai kita biarkan nusantara ini terpecah boleh akibat serangan asing maupun karena ulah diri kita sendiri. Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah pemuda...

A. satu tanah air

B. satu nusa

C. satu bahasa

D. satu bangsa

KUNCI JAWABAN : A

 

47. Makna kalimat kedua dalam sumpah pemuda...

A. mengakui pemuda dan pemudi Indonesia

B. mengakui tanah air Indonesia

C. mengakui bahasa Indonesia

D. mengakui bangsa Indonesia

KUNCI JAWABAN : D

 

48. Ikrar sumpah pemuda adalah hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28oktober 1928, dalam...

A. kongres sumpah pemuda

B. kongres pemuda I

C. kongres pemuda II

D. rapat pemuda Indonesia

KUNCI JAWABAN : C

 

49. Sumpah pemuda menegaskan bahwa bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan bahasa Indonesia berfungsi sebagai...antar suku.

A. bahasa negara

B. bahasa pengantar

C. alat edukasi

D. alat komunikasi

KUNCI JAWABAN : D

 

50. Petikan dari Ir Soekarno "berikan aku 10 orang pemuda akan kuangkat gunung, dan 100 orang pemuda akan aku ubah dunia"

Kalimat diatas mengandung makna...

A. perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi penduduknya

B. perubahan diberbagai daerah tergantung pada potensi pemuda

C. keberhasilan pembangunan bukan karena pemuda

D. pemuda adalah tulang punggung bangsa

KUNCI JAWABAN : D

 

51. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu...

A. sejarah, agama, kepanduan, bahasa dan kemauan

B. sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, kemauan

C. kemauan, agama, pendidikan, adat dan bahasa

D. hukum adat, agama, kemauan, kedisiplinan, sejarah

KUNCI JAWABAN : B

 

52. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena...

A. bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika

B. pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.

C. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat

D. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman

KUNCI JAWABAN : C

 

53. Burung Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila bermakna yaitu...

A. hubungan manusia satu sama lain

B. kesatuan dan persatuan Indonesia

C. cahaya kerohanian bagi setiap manusia

D. orang-orang berdiskusi dan berkumpul

KUNCI JAWABAN : A

 

54. Perhatikan Pernyataan Berikut ini :

1) Bahasa resmi kenegaraan,

2) Pengantar pendidikan,

3) Komunikasi internasional,

4) Pengembangan kebudayaan nasional,

5) Transaksi dan dokumentasi niaga,

6) Sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

7) Bahasa media massa

Fungsi bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor...

A. 1, 2, 3 4, 5 dan 6

B. 1, 2, 3, 4, 6 dan 7

C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

D. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7

KUNCI JAWABAN : D

 

55. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...

A. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri

B. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air

C. melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangkan

D. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri

KUNCI JAWABAN : B

 

56. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu...

A. ikut bekerja bakti di sekolah

B. bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak

C. membantu korban bencana alam

D. mobilisasi umum bila negara dalam bahaya

KUNCI JAWABAN : D

 

57. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain...

A. giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara

B. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan

C. menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu

D. mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

KUNCI JAWABAN : A

 

58. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)

A. memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain

B. tidak ada toleransi kepada penganut agama lain

C. menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya

D. membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi

KUNCI JAWABAN : D

 

59. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan pengertian dari...

A. patriotisme

B. demokrat

C. nasionalis

D. pahlawan

KUNCI JAWABAN : C

 

60. Equality before the law mengandung makna...

A. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi

B. setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum

C. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat

D. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku

KUNCI JAWABAN : B

61. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...

A. jujur

B. toleransi

C. disiplin

D. religius

KUNCI JAWABAN : D

 

62. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...

A. religius

B. jujur

C. toleransi

D. disiplin

KUNCI JAWABAN : C

 

63. Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah...

A. melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang lain

B. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang

C. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain

D. menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana alam

KUNCI JAWABAN : A

 

64. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !

1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia

2) Kesiapan sosial budaya

3) Menjaga kelestarian lingkungan

4) Menciptakan ketahanan nasional

Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor...

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

KUNCI JAWABAN : B

 

65. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki potensi serta kapasitas untuk menjadi bangsa yang bersatu dan maju. Agar bangsa Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang besar dan terhormat maka bangsa Indonesia harus memiliki ....

A. nilai–nilai kebangsaan

B. semangat

C. komitmen kebangsaan yang tinggi

D. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN : D

 

66. Secara Geologi, wilayah Nusantara merupakan pertemuan antara tiga lempeng benua. Berikut ini yang bukan merupakan tiga lempeng benua tersebut adalah ....

A. Lempeng Eurasia

B. Lempeng Indo- Australia

C. Lempeng Antartika

D. Lempeng Pasifik

KUNCI JAWABAN C

 

67. Bukti fisik awal yang menyebutkan mengenai adanya dua kerajaan bercorak Hindu pada abad ke-5 adalah ....

A. kerajaan Mataram Kuno

B. kerajaan Kutai

C. Kerajaan Kediri

D. Kerajaan Majapahit

KUNCI JAWABAN B

 

68. Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu yang terdapat di daerah ....

A. Kalimantan Timur

B. Jawa Tengah

C. Jawa Barat

D. Sumatra Selatan

KUNCI JAWABAN : C

 

69. Istilah sebutan nama Nusantara berasal kitab Pararton dari zaman kerajaan ....

A. Majapahit

B. Tarumanegara

C. Kediri

D. Sriwijaya

KUNCI JAWABAN : A

 

70. Di bawah ini yang merupakan nilai- nilai dari Sumpah Palapa yang dinyatakan oleh Gajah Mada adalah ....

A. nilai persatuan dan kesatuan nusantara

B. nilai historis

C. nilai keberanian

D. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN  : D

 

71. Komitmen adalah sikap dan perilaku yang ditandai oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta melakukan usaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh. Seseorang yang memiliki komitmen yang kuat terhadap bangsa dan negara memiliki pandangan bahwa .....

A. kepentingan golongan lebih diutamakan daripada kepentingan bangsa dan negara

B. kepentingan bangsa dan negara berada diatas kepentingan pribadi atau golongan

C. kepentingan pribadi atau golongan dapat dilaksanakan bersama- sama

D. kepentingan pribadi atau golongan tidak penting

KUNCI JAWABAN : B

 

72 . Di bawah ini yang bukan merupakan salah satu tokoh pendiri PNI adalah ....

A. Ir. Soekarno

B. Dr. Cipto Mangunkusumo

C. Moehammad Yamin

D. Ir. Anwari

KUNCI JAWABAN : C

 

73. Salah satu penyebab PNI mampu berkembang dengan pesat adalah ....

A. didukung oleh pemerintah Hindia Belanda

B. tokoh- tokoh besar yang menaunginya

C. merangkul semua golongan

D. modal yang besar untuk menyokong partai

KUNCI JAWABAN : C

 

74. Pada tahun 1929, PNI melakukan kongres dengan mencetuskan cita-cita sosialisme dan semangat nonkooperasi yang memicu reaksi pemerintah kolonial Belanda dengan menangkap pemimpin PNI dan menjebloskan tokoh- tokohnya ke penjara Banceuy, Bandung. Di bawah ini yang tidak termasuk tokoh yang ikut ditangkap oleh Belanda adalah ....

A. Ir. Soekarno

B. Gatot Mangkupraja

C. Maskun

D. Dr. Cipto Mangunkusumo

KUNCI JAWABAN : D

 

75. Judul pledoi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno untuk dibacakan dalam persidangan di gedung pengadilan kolonial Bandung adalah ....

A. Indonesia maju

B. Indonesia Kuat

C. Indonesia Menggugat

D. Indonesia Melawan

KUNCI JAWABAN : C

 

76. Kemarahan Belanda akan pembelaan Ir Soekarno melalui pledoi yang dibacakannya berbuntut dibubarkannya PNI pada tahun ....

A. 1927

B. 1928

C. 1929

D. 1930

KUNCI JAWABAN :  D

 

77. Di bawah ini adalah tokoh dari Indische Partij, kecuali ....

A. Suwardi Suryaningrat

B. Drs. Moh Hatta

C. Douwes Dekker

D. Dr. Tjipto Mangunkusumo

KUNCI JAWABAN  : B

 

78. Nama perkumpulan pelajar tanah air di Belanda adalah ....

A. Perhimpunan Indonesia

B. Insdische Vereeniging

C. Indische Partij

D. Trikoro Dharmo

KUNCI JAWABAN : B

 

79. Salah satu tempat pengasingan Ir Soekarno setelah menjadi tokoh pemimpin Partindo pada tahun 1933 adalah ....

A. Bandaneira

B. Ende

C. Digul

D. Parapat

KUNCI JAWABAN : B

 

80. Cara pelajar untuk menyongsong masa depan dalam pembangunan bangsa Indonesia adalah ....

A. semangat bekerja

B. bercita- cita tinggi

C. semangat belajar

D. mengikuti arus zaman

KUNCI JAWABAN : C

 

81. Nilai- nilai jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan pada masa sebelum pergerakan nasional adalah ....

A. ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa

B. kesadaran diri

C. kerukunan hidup antar umat beragama

D. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN : D

 

82. Perjuangan mengusir penjajah di masa kerajaan di wilayah nusantara selalu mengalami kegagalan dikarenakan ....

A. senjata yang kurang canggih

B. perjuangan bersifat kedaerahan

C. strategi perang yang mudah terbaca

D. adanya penghianat di lingkungan kerajaan

KUNCI JAWABAN : B

 

83. Organisasi pergerakan nasional pertama yang mengawali langkah perjuangan bangsa adalah ...

A. Perhimpunan Indonesia

B. Serikat dagang Islam

C. Budi Utomo

D. Trikoro Dharmo

KUNCI JAWABAN : C

 

84. Sumpah Pemuda merupakan manifestasi tekad dan keinginan bangsa Indonesia dalam hal ....

A. menemukan dan menentukan identitas

B. rasa harga diri sebagai bangsa

C. rasa solidaritas menuju persatuan dan kesatuan bangsa

D. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN : D

 

85. Bangsa Indonesia mencintai perdamaian akan tetapi lebih mencintai kemerdekaan. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui cara ....

A. mengangkat senjata

B. melakukan diplomasi

C. mengikuti alur penjajah

D. jawaban A dan B benar

KUNCI JAWABAN:  D

 

86 . Perhatikan nilai- nilai berikut ini

(1) nilai-nilai operasional yang memperkuat jiwa

(2) nilai kejuangan dalam persiapan kemerdekaan

(3) harga diri sebagai bangsa yang merdeka

(4) rela berkorban demi tanah air, bangsa dan negara

(5) semangat dan nilai-nilai kejuangan

 

Nilai- nilai perjuangan mempertahankan kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), (3) dan (4)

B. (2), (3), (4) dan (5)

C. (1), (3), (4) dan (5)

D. (1), (2), (4) dan (5)

KUNCI JAWABAN : D

 

87. Berikut ini adalah tantangan dalam menjaga keutuhan dan kejayaan bangsa yang berasal dari dalam, kecuali ....

A. perilaku malas

B. praktik korupsi

C. budaya asing

D. krisis ekonomi

KUNCI JAWABAN : C

 

88. Dorongan dan manifestasi dinamis dari jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya disebut ....

A. jiwa 45

B. semangat 45

C. jiwa Pancasila

D. semangat nasionalisme

KUNCI JAWABAN  :B

 

89. Perhatikan hal- hal berikut ini,

(1) Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

(2) lebih mementingkan kepentingan golongan daripada kepentingan bersama

(3) Nasionalisme

(4) Patriotisme

(5) sikap primordialisme

(6) Pantang mundur dan tidak kenal menyerah

(7) Persatuan dan kesatuan

(8) Anti penjajah dan penjajahan

(9) Rasa harga diri sebagai bangsa yang merdeka

(10)Jiwa dan semangat merdeka

 

Tujuan pembukaan UUD 1945 ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)

B. (2), (4), (5), (6), (8), (10)

C. (1), (3), (4), (6), (8), (10)

D. (3), (4), (5), (6), (7), (10)

KUNCI JAWABAN : C

 

90. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Hal ini merupakan bunyi  ....

A. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

B. Pasal 1 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

C. Pasal 37 ayat (4) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

D. Pasal 37 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

KUNCI JAWABAN : A

 

91. Negara Kesatuan Republik Indonesia meletakkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah serta ideologi bangsa dan negara, melandasi, membimbing, dan mengarahkan bangsa menuju tujuan nasional negara. Hal tersebut merupakan pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan ....

A. wilayah

B. politik

C. pertahanan dan keamanan

D. kesatuan ekonomi

KUNCI JAWABAN:  B

 

92. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan ....

A. wilayah

B. politik

C. pertahanan dan keamanan

D. kesatuan ekonomi

KUNCI JAWABAN : B

 

93. Contoh penerapan pandangan bahwa Indonesia adalah sebagai satu kesatuan wilayah ekonomi adalah ....

A. pengembangan budaya nasional

B. pemerataan berkaitan dengan keperluan kehidupan sehari- hari masyarakat Indonesia

C. hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara

D. segala isi dan kekayaan yang terkandung sebagai ruang hidup dan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia

KUNCI JAWABAN : B

 

94. Di bawah ini yang bukan termasuk sikap dalam rangka menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia adalah ....

A. cinta tanah air

B. membina persatuan dan kesatuan

C. rela berkorban

D. mempelajari budaya asing

KUNCI JAWABAN : D

 

95. Perhatikan kalimat di bawah ini !

(1) Mau menjenguk orang sakit

(2) Saling membantu dalam kebaikan

(3) Tidak menjelek-jelekkan orang lain

Kalimat di atas merupakan contoh pengamalan sumpah pemuda yang mengandung nilai...

A. kerukunan

B. kerjasama

C. cinta damai

D. tanggung jawab

KUNCI JAWABAN : A

 

SOAL URAIAN

96. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan sesudah tahun 1908!

PEMBAHASAN :

Pada masa sebelum kebangkitan nasional pada tahun 1908, perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat terpecah belah, menonjolkan sifat keaderahan, dan tanpa adanya semangat persatuan. Namun, seiring dengan masa kebangkitan nasional, maka perjuangan berubah menjadi melalui cara politis, dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan, yang didorong oleh berkembangnya nasionalisme Indonesia.

 

97. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan!

PEMBAHASAN :

Upaya yang dilakukan organisasi Budi Utomo dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah:

Membuka keanggotaan bagi kalangan biasa (non priyayi)

Membentuk Dana Pelajar (Studiefonds) untuk para pelajar Indonesia.

Menenmapatkan wakilnya di Volksraad

Mengusulkan wajib militer

 

98. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini? (Tuliskan 4 contoh upaya)

PEMBAHASAN :

1.   Memperkukuh persatuan dan kesatuan yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai cita-cita yang tinggi dan mulia.

2.   Menimbulkan ketentraman dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat.

3.   Menjadi pilar utama untuk memberdayakan potensi dan membangun masyarakat kearah yang lebih maju dan berperadaban.

4.   Menjadi tolak ukur solidaritas kemanusiaan yang akan mengantar kan kea rah kesejehteraan kehidupan dalam bermasyarakat.

 

99. Bacalah cerita di bawah ini:

Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.

Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia!

PEMBAHASAN :

-          mendengarkan lagu nasional

-          menceritakan generasi muda tentang biografi para pahlawan bangsa

-          mengenalkan tentang adat budaya leluhur

-          menunjukkan prestasi bangsa di internasional untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap negeri

 

100. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan?

PEMBAHASAN :

-          Belajar dengan giat, rajin dan tekun

-          Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat

-          Ikut membantu upaya kesejahteraan rakyat

-          Saling menghormati antar sesama

-          Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial

-          Berpartisipasi aktif dalam rangka mengisi kegiatan kemerdekaan Indonesia

-          Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat

-          Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat

-          Ikut serta dalam hal apapun yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia

-          Saling menghargai dengan baik antar warga negara Indonesia

-          Terlibat aktif di dalam kegiatan pelayanan masyarakat

-          Mengabdi untuk negara

-          Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah

-          Membuat lomba kemerdekaan

 

Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal-soal ulangan akhir semester PPKN untuk kelas 8 SMP semester 1 dan 2 yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya, semoga bisa bermanfaat bagi para guru, siswa dan siapapun yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel