Soal dan Pembahasan Tes Seleksi PPPK Mapel PPKN Jenjang SD, SMP, SMA/SMK
Kherysuryawan.id – Soal dan kunci jawaban serta pembahasan PPPK untuk guru PPKN jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK.
Sahabat Pendidikan yang berbahagia, di kesempatan kali
ini saya akan memberikan beberapa contoh soal latihan PPPK untuk mata pelajaran
PPKN yang bisa digunakan oleh para guru PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK dalam
belajar mandiri untuk persiapan mengikuti seleksi P3K nantinya.
Di setiap soal yang disajikan pada postingan ini sudah di
siapkan pula kunci jawabannya selain kunci jawaban maka di setiap soal juga
telah di berikan pembahasan dari setiap kunci jawaban yang di berikan. Dengan adanya
kunci jawaban serta pembahasannya maka tentunya akan memudahkan anda yang akan
mempelajarinya.
Soal PPPK PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK yang ada di
postingan ini dapat anda jadikan sebagai bahan pembelajaran serta bisa menjadi
sebuah referensi pembelajaran yang berguna. Dengan tekun belajar maka pastinya
apa yang kita harapkan bisa terwujud. Sama halnya ketika akan mengikuti seleksi
PPPK maka sebelumnya anda memang harus bisa banyak belajar dan mempersiapkan
diri dengan baik sehingga bisa memiliki bekal yang mantap ketika tiba saatnya
akan mengikuti seleksi PPPK.
Soal yang di sedikakan pada postingan ini ialah soal
dalam bentuk pedagogik dan juga soal professional jadi anda bisa mempelajarinya
dengan baik. Untuk memudahkan anda dalam mempelajari soal-soal latihan PPPK materi
PPKN ini maka hendaknya anda membaca baik-baik soal serta pembahasannya agar
anda mudah dalam memahaminya.
Baiklah untuk mempersingkat waktu anda dalam membaca
postingan ini dan untuk anda yang ingin berlatih mengerjakan atau hanya sekedar
ingin melihat soal latihan PPPK lengkap dengan pembahasannya, maka silahkan
anda simak selengkapnya di bawah ini :
SOAL PPPK PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MATA
PELAJARAN PPKN UNTUK JENJANG SD, SMP, SMA, SMK
1. Kurikulum mata pelajaran PPKn memuat tentang
pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan
(civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Analisis
hukum digunakan ketika membicarakan tentang ....
A. peranan partai politik dalam penyuluhan hukum di
masyarkat
B. penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan
undang-undang
C. pengaruh struktur sosial terhadap kesadaran hukum
masyarakat
D. fungsi legislasi yang dimiliki oleh DewanPerwakilan
Rakyat
E. hambatan kultural dalam membangun sistem hukum
nasional
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kurikulum mata pelajaran PPKn kajiannya memuat tentang
pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan
(civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Dalam konteks
teori hukum, misalnya mata pelajaran PPKn mengkaji tentang penyelenggaraan
otonomi daerah berdasarkan undang-undang. Otonomi daerah akan dikaji dari aspek
hukum, baik landasan maupun dalam praktik penyelenggaraan dari perspektif yuridis.
2. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat
untuk kompetensi dasar: “Mematuhi
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan” adalah ....
A. melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan
sekolah
B. menganalisis berbagai norma-norma yang berlaku di
masyarakat
C. menjelaskan makna berbagai norma yang berlaku di
masyarakat
D. mengidentifikasi berbagai kasus pelanggaran norma di
masyarakat
E. menunjukkan macam-macam norma yang berlaku di
masyarakat
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Guru PPKn harus mampu mengembangkan indikator pencapaian
kompetensi dari kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Untuk kompetensi
dasar “mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan” yang tepat yaitu “melaksanakan ketentuan norma kesopanan
di lingkungan sekolah”. Kompetensi dasar ini termasuk dalam kompetensi dasar
afektif (civic dispositions). Untuk mengembangkan indikator yang sesuai dapat
dicermati dari kata kerja operasional yang ada dalam KD, yaitu “mematuhi”. Kata
kerja operasional ini kemudian dikembangkan dalam indikator pencapaian
kompetensi menjadi “melaksanakan”.
3. Pak Iqbal akan mengajar PPKn dengan indikator pencapaian
kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Model pembelajaran
yang tepat adalah ....
A. simulasi
B. debat
C. diskusi
D. ceramah
E. praktik
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Guru PPKn harus mampu memilih model pembelajaran yang
tepat agar ketercapaian kompetensi pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Pada prinsipnya tidak ada model pembelajaran yang terbaik, karena model yang
dipilih sangat tergantung dari kompetensi yang akan dicapai. Untuk indikator
pencapaian kompetensi “menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktik penyelenggaraan pemerintahan negara”, model pembelajaran yang tepat
yaitu diskusi.
4. Para pemuda telah membuktikan peranannya yang sangat
monumental dan bersejarah dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya
Indonesia merdeka, yang dibuktikan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928.
Pengembangan materi pembelajaran yang mengarahkan pada integrasi nasional pada
masa sekarang dapat berupa ....
A. pilihan politik identitas menjadi ajang pertarungan
ideologi
B. pilihan politik bersifat sementara untuk memenangkan
pemilu
C. pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program
pembangunan
D. tokoh politik mengemukakan janjinya untuk menarik
pemilih
E. banyaknya partai politik simbol keberhasilan demokrasi
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Materi PPKn dapat berupa pengembangan dari pengetahuan
kewarganegaraan (civic knowledge) yang dikembangkan oleh guru dalam
pembelajaran. Salah satu materi yang dikembangkan guru dalam pembelajaran PPKn
yaitu tentang Sumpah Pemuda 1928. Pada kajian materi ini dijabarkan tentang
peran pemuda dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia
merdeka. Pengembangan materi pembelajaran yang dapat mengarahkan pada integrasi
nasional pada masa sekarang dapat berupa pemilu merupakan ajang adu argumentasi
dan program pembangunan
5. Pak Iqbal sebagai guru PPKn merumuskan indikator
pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat
para pendiri negara tentang isi Pancasila”. Untuk itu, materi ajar yang tepat
untuk dikembangkan oleh Pak Iqbal adalah ....
A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI
C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila
D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan
E. Pancasila sebagai ideology negara Indonesia
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Dalam mengembangkan bahan ajar, guru PPKn harus
memperhatikan kesesuaian antara materi yang dikembangkan dengan indikator
pencapaian kompetensi. Materi ajar yang dikembangkan berdasarkan pada indikator
pencapaian kompetensi yang dikembangkan sebelumnya. Untuk indikator
“membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila” materi ajar
yang tepat untuk dikembangkan adalah “pendapat para pendiri negara tentang
Pancasila”. Materi ini dapat dikembangkan menjadi beberapa bagian yang antara
lain mendeskripsikan berbagai pendapat dari para pendiri negara tentang
Pancasila.
6. Ibu Mawar akan mengajar mata pelajaran PPKn dan
merumuskan tujuan pembelajaran: “siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai
bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”. Pendekatan yang tepat untuk
diterapkan oleh Ibu Mawar adalah ....
A. induktif
B. deduktif
C. individual
D. kelompok
E. saintifik
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Sebelum nenentukan model pembelajaran, guru PPKn perlu
terlebih dahulu menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Pendekatan yang tepat untuk tujuan pembelajaran “siswa dapat melakukan
kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”, yakni
pendekatan kelompok.
7. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran
project citizen. Materi pembelajaran yang sesuai yaitu ....
A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda
B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda
C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda
D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah
Pemuda
E. mengidentifikikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Guru PPKn dalam menentukan dan memilih model pembelajaran
harus secara cermat menganalisis indikator pencapaian komepetensi dan materi
yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Untuk model pembelajaran project
citizen materi yang dikembangkan harus memuat permasalahan terkait kebijakan
publik yang nantinya akan diselesaikan di kelas. Materi yang memuat
permasalahan antara lain: “menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda”.
8. Pak Eko sebagai guru PPKn SMP akan menerapkan metode
pembelajaran inquiry. Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk
dikembangkan yaitu ....
A. mengidentifikasi adat-istiadat dan budaya yang
berkembang di masyarakat
B. menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila
tidak diamalkan
C. mendeskripsikan perilaku yang sesuai untuk pengamalan
sila-sila Pancasila
D. mengidentifikasi berbagai contoh pengalaman
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai-nilai
demokrasi Pancasila
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Guru PPKn dalam mengembangkan metode pembelajaran harus
mencermati indikator pencapaian kompetensi yang akan dikembangkan agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Salah satu metode pembelajaran yang
sesuai untuk indikator pencapaian kompetensi “menentukan berbagai dampak jika
nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan” yaitu metode pembelajaran inquiry.
Metode inquiry melatih peserta didik untuk mencoba menemukan dan berpikir
analitis terhadap suatu permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan kemampuan
melakukan analisis yang mendalam terhadap permasalahan yang ada di masyarakat,
peserta didik dikembangkan kemampuan keterampilan kewarganegaraannya.
9. Pak Bakri meminta peserta didik untuk mempresentasikan
hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi.
Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah ....
A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok
B. meminta peserta didik mengidentifkasi masalah
C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas
D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok
E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Setiap model pembelajaran memiliki langkah-langkah atau
sintak baku yang diterapkan dalam pembelajaran. Guru PPKn harus mampu memahami
setiap urutan langkah yang akan diterapkan. Ketika guru PPKn akan menerapkan
model pembelajaran “diskusi”, maka langkah awal yang dilakukan oleh guru adalah
membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Dalam membagi kelompok guru dapat
menggunakan strategi inovatif, termasuk dalam memberi nama kelompok. Misalnya
untuk menentukan suatu kelompok tertentu guru dapat membuat potongan puzzle
beberapa rumah adat sesuai dengan jumlah kelompok yang akan dibuat. Lalu
kemudian membagikan kepada semua peserta didik. Setelah puzzle terbentuk utuh
menjadi satu bentuk rumah adat, maka itulah anggota kelompoknya dan nama
kelompok sesuaikan dengan nama rumah adat.
10. Pak Budi sebagai guru PPKn merumuskan indikator
pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah”. Media
pembelajaran yang tepat dipilih oleh Pak Budi untuk mencapai kompetensi
pembelajaran tersebut adalah ....
A. video tentang sidang pembentukan peratura daerah
B. bagan alur proses pembentukan peraturan daerah
C. video tentang kegiatan pembentukan peraturan daerah
D. gambar tentang sidang pembentukan peraturan daerah
E. aplikasi tentang sidang pembentukan peraturan daerah
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Guru PPKn di samping harus mampu mengembangkan bahan
ajar, metode, dan evaluasi, juga mampu memilih dan mengembangkan media
pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Media yang
tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan
peraturan daerah” yaitu bagan alur proses pembentukan peraturan daerah. Melalui
bagan alur tersebut, akan memudahkan peserta didik dalam pencapaian kompetensi
pembelajaran.
11. Seorang siswa memainkan handphone di dalam kelas
ketika guru sedang mengajar, maka reinforcement yang tepat diberikan oleh guru
kepada anak tersebut adalah ....
A. memberikan ancaman
B. memberikan hukuman
C. memberikan tugas tambahan
D. memberikan peringatan
E. mendekati siswa tersebut
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa memilih
solusi jika ada siswa yang melakukan hal yang kurang baik dalam pembelajaran.
Siswa diharapkan menjadi sadar dan tidak mengulanginya lagi. Dalam hal siswa
memainkan handphone maka guru bisa mendekatinya dan bicara dari hati ke hati.
12. Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang
melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas
mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung
atau Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan wacana di atas, keterampilan
kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah ....
A. menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim
B. merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim
pelanggar hukum
C. mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim
pelanggar hukum
D. mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim
pelanggar hukum
E. memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Dalam praktik belajar kewarganegaraan maka sesuai dengan
indikator pencapaian kompetensinya, maka siswa sebagai warga negara maka harus
memiliki keterampilan kewarganegaraan. Terkait kasus di atas maka mereka harus
bisa merancang usulan sanksi yang tepat bagi hakim yang sudah terbukti
melanggar.
13. Ketika dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru
memberi kesempatan kepada peserta didikuntuk menemukan pengetahuan tentang
perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar,
maka tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ....
A. mengamati lingkungan
B. mengumpulkan informasi
C. mengidentifikasi masalah
D. menemukan masalah
E. merumuskan masalah
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Dalam melakukan prosedur evaluasi pembelajaran maka guru
harus mengarah pada pendekatan saintifik. Dalam kegiatan dimana guru yang
memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku
manusia dalam memanfaatkan sampah dikategirikan mengumpulkan informasi.
14. Penilaian pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik.
Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru mengunakan instrumen
yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, maka kegiatan
penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak ....
A. objektif
B. adil
C. sahih
D. akuntabel
E. valid
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Guru dalam merencanakan dan melaksanakan evaluasi proses
dan hasil belajar peserta didik dalam PPKn maka tidak boleh memberikan
perlakuan yang berbeda hanya karena berbeda jenis kelamin, karena hal ini
menjadi tidak adil. Guru dalam melakukan penilaian harus dilakukan dengan adil
dan tidak membedakan latar belakang maupun jenis kelamin.
15. Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam
prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah ....
A. tujuan pembelajaran diketahui
B. teknik penilaian ditentukan
C. penilaian telah dilaksanakan
D. instrumen penilaian telah disusun
E. kunci jawaban disusun
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam
menyusun perencanaan penilaian pembelajaran. Setelah teknik penilaian
ditentukan, maka guru mengembangkan kisi-kisi penilaian. Kisi-kisi yang dibuat
memuat materi, indikator pencapaian kompetensi, bentuk soal, tingkat kesukaran
soal, dan berapa jumlah soal dari setiap indikator pencapaian kompetensi.
16. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan
guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian
Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan
Republik Indonesia” adalah ....
A. lembar observasi 9
B. produk
C. projek
D. skala sikap
E. tes tertulis uraian
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru
untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian
Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan
Republik Indonesia” adalah tes tertulis berupa uraian karena guru ingin
mengetahui pemikiran peserta didik terkait makna yang itu akan lebih mendalam jika
menggunakan uraian.
17. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang
hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan
pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan
arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia”
adalah ....
A. membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan
nasional
B. mengerjakan PR tentang makna dan arti kebangkitan
nasional 1908
C. membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908
D. membuat ringkasan isi buku Sukarno
E. melakukan ulangan harian ulang
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Menentukan jenis remidial harrus berdasarkan sebuah hasil
penilaian. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di
bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan
arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia”
yang paling tepat adalah membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan
nasional.
18. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan
guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan
hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika” adalah ....
A. jurnal
B. projek
C. unjuk kerja
D. observasi
E. tes tertulis
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Unjuk kerja merupakan jenis instrumen penilaian yang
tepat dipilih guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik sesuai IPK yang
ada. IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika”
akan meminta peserta didik untuk tampil mempresentasikan hasil kerja peserta didik,
dan penilaian yang sesuai adalah unjuk kerja.
19. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn yang
sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak
kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut
yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model
pembelajaran ....
A. scientific approach
B. cooperative learning
C. contextual teaching and learning
D. discovery learning
E. project based learning
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Salah satu cara yang bisa digunakan guru dalam inovasi
pembelajaran maka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, karena ada
banyak tipe seperti jigsaw, TGT, STAD dan lain-lain, sehingga dalam prosesnya
akan bervariasi dan menyenangkan peserta didik. Melalui pembelajaran kooperatif
peserta didik diajak untuk bekerjasama dengan teman lainnya dan mengembangkan
salah satu bentuk keterampilan kewarganegaraan (civic skills)
20. Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru
dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Pada
tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia
dalam perdamaian dunia sesuai Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun1945” adalah dengan cara ....
A. membaca buku elektronik tentang dinamika peran
Indonesia dalam perdamaian dunia
B. membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika
peran Indonesia dalam perdamaian
dunia
C. membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia
dalam perdamaian dunia
D. membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia
E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia
dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Penggunaan teknologi baru dapat memberikan hasil yang
maksimal dari peserta didik. Untuk menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945”
adalah dengan cara membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran
Indonesia dalam perdamaian dunia.
21. Bagi negara yang merdeka dan berdaulat dasar negara
memiliki kedudukan yang penting karena ....
A. tanpa dasar negara tidak menenuhi unsur negara
B. dengan dasar negara banyak negara yang mengakui
C. dasar negara menjadikan masyarakat menjaga ketertiban
D. pemerintahan yang maju harus memiliki dasar negara
E. sebagai dasar mengatur penyelenggaraan negara
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Bagi negara yang merdeka dan berdaulat perlu memiliki
dasar negara. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila digunakan
sebagai dasar negara untuk mengatur penyelenggaraan negara. Tanpa dasar negara
maka penyelenggaraan negara tidak dapat dijalankan dengan baik, bahkan akan
terjadi kekacauan/konflik.Oleh karena itu keberadaaan dasar negara bagi suatu
negara sangatlah penting dan perlu. Tanpa dasar negara penyelenggaraaan suatu
negara akan berjalan tanpa arah yang jelas.
22. Dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara melibatkan utusan dari berbagai wilayah di Indonesia, hal
itu dimaksudkan agar ....
A. sesuai dengan kehendak pemerintah Jepang
B. tindak lanjut dari peristiwa Sumpah Pemuda
C. sebagai perwakilan pejuang kemerdekaan
D. ada keterwakilan seluruh Bangsa Indonesia
E. perwakilan organisasi di wilayah Indonesia
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
melibatkan utusan yang mewakili berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu
dimaksudkan agar ada keterwakilan dari seluruh Bangsa Indonesia. Pancasila
merupakan dasar negara yang disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia
melalui wakil-wakilnya di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan
Indonesia (BPUPKI). Perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang
BPUPKI diutarakan oleh para tokoh yang mengajukan ide/gagasan tentang dasar
negara. Mereka yang menyampaikan gagasan tentang dasar negara dan berpidato
pada siding BPUPKI yaitu: Soekarno, M.Yamin, dan Soepomo.
23. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang
mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
adalah ....
A. presiden membuat kebijakan pembangunan infra struktur
baru
B. DPR membuat undang-undang tentang pendidikan
C. presiden memilih menteri-menteri di cabinet kerja
D. presiden menghadiri hajatan pernikahan putri anggota
DPR
E. masyarakat melakukan uji materi undang-undang kepada
MK
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Ini
berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua
kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang. Salah satu contoh
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yaitu presiden menghadiri hajatan
pernikahan putri anggota DPR. Kehadiran presiden dalam peristiwa tersebut bukan
kapasitasnya sebagai kepala negara, tetapi sebagai individu warga negara yang
menghormati undangan orang lain. Menghadiri hajatan pernikahan merupakan bagian
dari perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup
bangsa yang termanifestasikan dalam perilaku yang baik dalam kehidupan
sehari-hari warga negara. Nilai nilai Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau
petunjuk dalam kehidupan warga negara sebagai pribadi.
24. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dapat
dilihat dari contoh implementasi dalam
kehidupan sehari-hari yaitu ....
A. perayaan hari besar agama dihadiri Presiden dan semua
pejabat negara
B. Presiden menghadiri undangan pesta perkawinan anak
Ketua MPR
C. warga negara dimungkinkan mengajukan uji materiil
terhadap undang-undang
D. mengembangkan sikap toleransi ketika bertemu dengan
sahabat dari lain pulau
E. memajukan kebudayaan daerah sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Pancasila sebagai dasar negara sering juga disebut
sebagai Philosophische Grondslag dari negara, ideologi negara, staatsidee.
Pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintah negara. Atau dengan kata
lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.
Dalam penyelenggaraan negara para pejabat negara mendasarkan kebijakan yang
dibuat pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai
dasar pijakan dalam penyelenggaraaan negara, sehingga pelaksanaan atau jalannya
ketatanegaraan dilandaskan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
25. Penggunaan pesan singkat melalui media sosial
mempengaruhi bentuk pola silahturahmi antarwarga masyarakat Indonesia yang bila
berlanjut secara sosial dimungkinkan terjadinya kondisi ....
A. menurunnya kualitas hidup gotong-royong
B. penggunaan alat komunikasi yang canggih
C. internet dalam keluarga sebagai kebutuhan
D. semakin kuatnya ikatan kekeluargaan
E. hubungan guru dan siswa semakin akrab
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia secara
ideal mengandung makna bahwa Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk
dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam
praktik nyata di masyarakat, seringkali tidak sesuai dengan kondisi ideal.
Misalnya, media sosial akan mempengaruhi bentuk pola silaturrahmi, dan dapat
menurunkan kualitas hidup gotong-royong di masyarakat. Kegiatan atau aktivitas
warga negara sebagai individu dalam kehidupan sehari-hari senantiasa didasarkan
pada nilai-nilai baik yang terkandung dalam Pancasila sebagai pandangan hidup.
26. Pejabat negara yang memanfaatkan mobil dinas untuk
berbagai kegiatan pribadi merupakan tindakan yang tidak dibenarkan oleh
Pancasila sebagai dasar negara karena perilaku tersebut
....
A. melanggar norma kesopanan
B. dibolehkan pejabat di atasnya
C. mendapat dukungan masyarakat
D. melanggar ketentuan hukum
E. menjadi kebiasaan masyarakat
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Pancasila sebagai dasar negara menjadi landasan dan
pedoman dalam membentuk dan menyelenggarakan negara. Hal ini berarti perilaku
para penyelenggara negara dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah negara,
harus sesuai dengan perundang-undangan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
27. Sesuai dengan nilai-nilai yang terkadung dalam sila
keempat Pancasila, Presiden dapat melakukan komunikasi politik dengan Wakil
Presiden atau menteri-menteri negara melalui ....
A. pembagian tugas dan kewenangan dengan Wakil Presiden
B. memberi kesempatan jeda istirahat kepada peserta
sidang kabinet
C. mengangkat menteri negara dari berbagai latar belakang
D. mengusulkan gaji menteri negara secara proporsional
E. penyediaan rumah dinas yang layak sebagai pejabat
negara
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Pancasila memiliki nilai-nilai yang dapat diterapkan
dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan
negara Indonesia. Lembaga-lembaga negara dalam sistem pemerintahan di Indonesia
dalam menyelenggarakan jalannya pemerintahan negara mendasarkan pada nilai-nilai
yang terkandung dalam Pancasila, termasuk lembaga kepresidenan. Presiden dapat menerapkan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam menjalankan tugas pemerintahan.
28. Berikut merupakan salah satu contoh peristiwa yang
pernah terjadi di Indonesia yang dikategorikan sebagai suatu bentuk pelanggaran
hak asasi manusia dalam perspektif nilai-nilai Pancasila adalah ....
A. konvoi motor gede yang dilakukan oleh sekelompok orang
B. premanisme yang terjadi di kota-kota besar di
Indonesia
C. vandalisme yang menyebabkan kotornya ruang publik
D.radikalisme yang dilakukan oleh sekelompok golongan
tertentu
E. aksi teroris yang menyebabkan jatuhnya korban
meninggal dunia
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Hak asasi manusia merupakan hak-hak yang melekat kepada
manusia secara kodrati yang tanpa hak-hak itu manusia tidak dapat hidup layak
sebagai manusia. Melekat secara kodrati inilah yang membedakan antara hak asasi
manusia dengan hak-hak yang lainnya. Pancasila sangat menghormati dan
menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai bentuk perlindungan terhadap
hak-hak warga negara Indonesia.
29. Salah satu perbedaan praktik sistem demokrasi
Pancasila di Indonesia berdasar Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang terjadi pada masa orde baru dan reformasi di antaranya adalah dalam
hal ....
A. pengambilan keputusan
B. pelibatan rakyat
C. keterbukaan
D.transparansi
E. kebebasan
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang didasarkan atas
nilai-nilai Pancasila. Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan berdasar
Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Dalam demokrasi Pancasila
pelibatan rakyat dalam pengambilan keputusan menjadi salah satu bagian penting
yang harus dilaksanakan.
30. Berikut ini merupakan salah satu contoh peristiwa
yang dapat dikategorikan sebagai kasus
pelanggaran hak warga negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara sesuai nilai-nilai Pancasila adalah ....
A. terlambat membayar pajak kendaraan
B. tidak menghadiri undangan hajatan pernikahan
C. memanfaatkan ruang publik untuk bercengkerama
D.penggunaan trotoar jalan untuk berjualan
E. tidak mengikuti upacara bendera di sekolah
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Hak asasi manusia merupakan seperangkat hak yang melekat
pada hakikat dan kebaradaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan
merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi
oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta
perlindungan harkat dan martabat manusia. Dalam pelaksanaannya hak yang
dimiliki oleh warga negara harus didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung
dalam Pancasila.
31. Berikut ini merupakan salah satu contoh norma yang
berlaku pada masyarakat di Indonesia, yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan
dalam masyarakat adalah ....
A. perintah memakai helm mengendarai motor
B. larangan membuang sampah ke sungai
C. perintah membayar berbagai macam pajak
D. larangan menerima uang saat pilkada
E. perintah untuk memiliki kartu tanda penduduk
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Norma adalah ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam
masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan tingkah laku yang sesuai dan
berterima, aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk
menilai atau memperbandingkan sesuatu. Norma dibuat salah satunya bertujuan
untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat.
32. Nilai yang dapat dipetik dari kinerja para pendiri
negara dalam peristiwa sejarah perumusan Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 adalah ....
A. sikap rela berkorban yang tinggi
B. keinginan untuk merdeka yang kuat
C. kecerdasan tinggi para pendiri negara
D. keterlibatan semua komponen bangsa
E. kerjasama yang baik dengan Jepang
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 melalui proses sejarah yang panjang. Melalui sidang BPUPKI naskah
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berhasil dirumuskan.
Ada banyak nilai yang dapat dipetik dari proses sejarah tersebut, salah satunya
adalah sikap rela berkorban dari para pendiri negara.
33. Kedudukan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dalam sistem hukum nasional, yaitu sebagai ....
A. sumber hukum materiil di Indonesia
B. perundang-undangan yang tidak boleh diubah
C. acuan pengembangan hukum di Indonesia
D. sumber hukum tertinggi di Indonesia
E. dasar falsafah hukum di Indonesia
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
memiliki kedudukan penting dalam sistem hukum nasional. Dalam sistem hukum
nasional, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki
kedudukan sebagai hukum yang tertinggi di Indonesia. Artinya, tidak ada
peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dari UUD NRI 1945.
34. Tata urutan peraturan perundangan-undangan dalam
sistem hukum di Indonesia memngandung makna bahwa ….
A. dalam pembuatan peraturan perundang-undangan tidak
boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi
B. semua peraturan perundangan dalam sistem hukum
nasional yang dibuat harus mendasarkan pada undang-undang
C. komponen peraturan perundang-undangan merupakan satu
bagian dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain
D. pembuatan peraturan perundang-undangan dapat
bertentangan dengan aturan di atasnya asalkan wajar
E. peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum di Indonesia
harus mendasarkan pada keinginan pemerintah
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
Dalam pembuatan peraturan perundang-undangan, pembuatnya
harus menerapkan dasar pemikiran yang mendasarinya, selain di samping asas yang
bersifat umum dan bersifat khusus. Agar tidak terjadi pertentangan antar
peraturan perundangan, maka dibuatlah tata urutan peraturan perundang-undangan.
35. Alinea kedua pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung makna ....
A. pernyataan kemerdekaan Indonesia
B. tujuan negara Indonesia merdeka
C. kemerdekaan Indonesia telah diraih
D. konsekuensi dari pernyataan kemerdekaan
E. perjuangan kemerdekaan telah selesai
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Setiap isi alinea pembukaan UUD NRI Tahun 1945 memiliki
isi dan makna. Alinea kedua yang berisi pernyataan perjuangan bangsa Indonesia
telah mencapai tingkat yang menentukan. Dalam alinea kedua ini ada makna
konsekuensi logis dari pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia.
36. Pokok pikiran pertama pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu: “negara melindungi segenap bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan
dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Perwujudannya
diantaranya adalah ....
A. pembangunan nasional di segala bidang
B. pembentukan TNI dan Kepolisian
C. pembentukan kementerian pertahanan
D. adanya pendidikan bela negara
E. adanya konsep wawasan nusantara
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 memuat empat pokok
pikiran, keempat alinea masing-masing mengandung cita-cita luhur dan filosofis.
Pokok pikiran pertama, “negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh
tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan
keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, salah satunya dapat diwujudkan
dalam bentuk pembentukan TNI dan kepolisian.
37. Bentuk negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 terlihat pada ....
A. adanya negara-negara bagian dalam wilayah Indonesia
B. wilayah negara dibagi ke dalam provinsi, kabupaten,
dan kota
C. anggaran pemerintah provinsi semuanya dari pemerintah
pusat
D. provinsi berlaku sebagai negara bagian yang mandiri
dan otonom
E. menteri negara tidak boleh ikut campur pemerintahan
daerah
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan, yang
lebih sering disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan yang
secara tegas menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan tertuang dalam
UUD NRI Tahun 1945 pasal 1 yang berbunyi ”Negara Indonesia ialah negara
kesatuan yang berbentuk Republik”. Bentuk negara kesatuan salah satunya dapat
dicermati dari adanya desentralisasi kekuasaan.
38. Kedaulatan Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah kedaulatan rakyat. Salah satu
perwujudannya adalah ....
A. pemilihan presiden dan wakil presiden langsung oleh
rakyat
B. keterlibatan rakyat dalam perumusan kebijakan publik
C. adanya partai politik sebagai peserta dalam pemilu
D. adanya pemilu untuk memilih anggota DPR/DPD
E. adanya pemilihan kepala daerah secara serentak
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kedaulatan negara berdasar UUD NRI Tahun 1945 adalah
kedaulatan rakyat yang mengandung makna bahwa rakyat memiliki kekuasaan
tertinggi. Pemilihan presiden dan wakil presiden langsung oleh rakyat sebagai
salah satu bentuk perwujudan dari kedaulatan rakyat. Negara yang menganut
sistem kedaulatan rakyat memberikan kekuasaan kepada rakyat untuk melaksanakan
kekuasaan.
39. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, dikenal adanya konsep warga negara dan penduduk.
Perbedaan diantara keduanya adalah ....
A. status atau kedudukannya
B. kartu identitas yang dimiliki
C. tempat dan waktu kelahiran
D. waktu tinggal di wilayah negara
E. asal usul keturunan orang tua 21
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Penduduk dan warga negara merupakan dua konsep yang
berbeda. Penduduk lebih luas cakupannya dari pada Warga Negara Indonesia. Pasal
26 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa penduduk
ialah Warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di
Indonesia. Yang membedakan antara warga negara dan penduduk adalah status dan
kedudukan yang dimiliki.
40. Berikut merupakan salah satu alasan perlunya
keterlibatan setiap warga negara Indonesia di bidang pertahanan dan keamanan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
A. memperkuat ketahanan dan keamanan masyarakat agar
tercipta ketenteraman
B. agar negara berada dalam kondisi aman, tenteram,
terkendali, dan sejahtera
C. agar terwujud pemerintahan yang stabil dan berwibawa
yang mendukung pembangunan nasional
D. Mengupayakan keselamatan setiap warga negara agar
terjaga dari segala bentuk ancaman
E. agar segala bentuk ancaman terhadap kedaulatan negara
terjaga dan dapat dikendalikan
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
mengatur dengan jelas tentang pertahanan dan keamanan. Setiap warga negara
memiliki hak dan kewajiban dalam bidang pertahanan dan keamanan. Oleh karena
itu, warga negara perlu terlibat dalam upaya pertahanan dan keamanan agar
terwujud pemerintahan yang stabil dan berwibawa yang mendukung pembangunan
nasional.
41. Pembatasan masa jabatan Presiden sebagaimana
ditetapkan melalui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
dalam perspektif demokrasi merupakan perwujudan
....
A. rekrutmen politik terbuka
B. penegakan supremasi hukum
C. rotasi kekuasaan negara
D. akuntabilitas pemerintahan
E. pelaksana pemerintahan
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan di
Indonesia fungsi dan kewenangannya diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Lembaga
Kepresidenan sebagai salah satu penyelenggara negara fungsi dan kewenangannya
juga diatur dengan jelas. Salah satu aturan itu adalah adanya pembatasan masa
jabatan presiden. Hal itu dimaksudkan agar terjadi rotasi kekuasaan dan tidak
adanya kekuasaan yang permanen.
42. Penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia
dilaksanakan oleh komisi pemilihan umum yang memiliki kewenangan sebagai
berikut ....
A. memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah yang berasal
dari calon perorangan
B. memilih Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri-menteri
Negara dalam satu paket
C. melaksanakan pemilihan umum yang dapat diwakilkan
kepada pemegang hak adat
D. memilih anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari
partai politik
E. menetapkan pemenang berdasarkan jumlah suara dari
hitung cepat
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Ada banyak lembaga-lembaga negara dalam penyelenggaraan
pemerintahaan negara Indoensia. Komisi Pemilihan Umum merupakan salah satu
lembaga negara kewenangannya telah diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Salah satu
kewenangan yang dimiliki oleh KPU adalah memilih anggota Dewan Perwakilan
Daerah yang berasal dari calon perorangan.
43. Indonesia sebagai negara hukum, memiliki sistem hukum
nasional sendiri yang berbeda dengan negara lain. Berdasarkan UUD NRI tahun
1945, lembaga yang melaksanakan kegiatan pembuatan hukum (law making) adalah ….
A. MPR dan DPR
B. KY dan Presiden
C. MA dan DPR
D. DPR dan Presiden
E. MK dan MA
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Indonesia adalah negara yang mendasarkan penyelenggaraaan
pemerintahan berdasarkan hukum (rechstaat). Sistem hukum di Indonesia
berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945. Salah satu ketentuan hukum yang ada mengatur tentang lembaga negara.
Lembaga melaksanakan kegiatan pembuatan hukum (law making) adalah DPR dan
Presiden.
44. Kewenangan mengadili pada tingkat pertama dan
terakhir yang putusannya bersifat final dalam memutus pembubaran partai politik
dilaksanakan oleh ....
A. Pengadilan Negeri
B. Pengadilan Tinggi
C. Komisi Yudisial
D. Mahkamah Agung
E. Mahkaman Konstitusi
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Sistem peradilan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kewenangan lembaga pengadilan di
Indonesia diatur juga dalam UUD NRI Tahun 1945. Salah satu lembaga pengadilan
yaitu Mahkamah Konstitusi yang memiliki kewenangan mengadili pada tingkat
pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final dalam memutus pembubaran
partai politik.
45. Keterlibatan Indonesia dalam kerjasama antar-bangsa
sebagaimana diamatkan oleh Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dimaksudkan untuk ....
A. membina dan menegakkan perdamaian dunia
B. memenuhi berbagai kebutuhan warga negara Indonesia
C. mengatur kehidupan warganegara yang berada di luar
negeri
D.membangun perekonomian dan stabilitas keamanan negara
E. mendapatkan dana pembangunan di dalam negeri
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Indonesia sebagai bagian dari bangsa-bangsa di dunia
berperan serta dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia. Keterlibatan Indonesia
dalam kerjasama dengan bangsa[1]bangsa
lain di dunia memang diamanatkan oleh UUD NRI Tahun 1945. Salah satu tujuan kerjasama
tersebut adalah untuk membina dan menegakkan perdamaian dunia.
46. Setiap orang yang memiliki perkara hukum di
pengadilan didampingi oleh penasihat hukum, baik yang berasal dari organisasi
IPHI, LBH mau pun IKADIN. Hal ini terkait untuk menjamin keadilan dan
kedamaian, karena ....
A. adanya mafia peradilan yang sulit dikendalikan
B. adanya peluang penyuapan dalam kasus hukum
C. adanya proses penegakan hukum yang sesuai dengan peran
hukum dalam masyarakat
D. adanya tunggakan perkara hukum yang sangat banyak
E. adanya penegak hukum yang kurang profesional
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Sesuai dengan peran hukum dalam masyarakat bangsa yang
bebas (the role of law in free society) adalah agar: 1). Masyarakat dan
individu bebas dari penindasan, baik penindasan dari luar atau bangsa lain
maupun penindasan dari dalam oleh para penguasa juga penindasan antara sesama
angota masyarakat; 2). Masyarakat tidak diperlakukan secara otoriter, penguasa
tidak boleh menjadi alat kekuasaan (instrument of power), penguasa tidak boleh menjelma
atau mempersonifikasikan diri sebagai hukum, kebebasan dan kemerdekaan individu
tidak boleh ditentukan oleh kehendak atau keinginan penguasa.
47. Penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi terus
dilakukan, tetapi para pejabat negara
seolah tidak takut melakukan korupsi. Belum efektifnya
penegakan hukum dalam hal ini sangat dipengaruhi oleh ....
A. anggaran negara yang terus semakin membesar
B. perekonomian negara tidak stabil memberikan peluang
korupsi
C. perilaku aparatur hukum yang kurang tegas
D. sikap dan perilaku aparatur yang menghambat
pembangunan nasional
E. peran serta masyarakat yang sangat kurang
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Pelaksanaan hukum dapat berlangsung secara normal,damai
tetapi dapat juga karena pelanggaran hukum itu sendiri, Dalam hal ini hukum
yang dilanggar itu harus ditegakkan agar terjaminnya perlindungan hukum,
keadilan dan kedamaian dalam bermasyarakat dan bernegara, terlebih jika ini
berkaitan dengan perilaku aparaturnya.
48. Berkaitan dengan karakteristik yang dimilikinya,
penerapan otonomi daerah seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
pembangunan dimasukkan dalam kewenangan wajib. Kewenangan wajib tersebut
terkait dengan ....
A. kedudukan dan peran pemerintah daerah
B. kedudukan dan peran pemerintah pusat
C. fungsi dan tugas pokok pemerintah pusat
D. fungsi dan tugas pokok pemerintah daerah
E. aturan dan kebijakan pemerintah pusat
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Sesuai dengan BAB VI Pemerintah Daerah Pasal 18 UUD NRI
Tahun 1945. Pemerintah daerah mempunyai beberapa kewenangan yang yang sudah
diatur dengan undang-undang tentang pemerintahan daerah. Di antara kewenangan
itu adalah kewenangan wajib terkait kedudukan dan peran pemerintah daerah.
49. Berdirinya Budi Utomo menandai lahirnya kebangkitan
nasional karena organisasi ini memiliki ide dasar agar bangsa Indonesia mampu mengurus
negara yang merdeka dengan kekuatan sendiri. Gagasan Budi Utomo tersebut
selanjutnya menggugah dan mendorong lahirnya ....
A. pegawai baru bagi pemerintah
B. kaum terpelajar Indonesia
C. kesadaran kaum pribumi untuk merdeka
D. berbagai organisasi sosial - politik untuk kemerdekaan
E. keinginan untuk Indonesia merdeka sekarang juga
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Lahirnya Budi Utomo 20 Mei 1908 menandai lahinya
pergerakan perjuangan Indonesia yang bersifat organisasi.Gagasan Budi Utomo
pada tahun tersebut menggugah dan mendorong lahirnya berbagai organisasi
social-politik untuk kemerdekaan Indonesia.
50. Sumpah Pemuda, tidak dapat lepas dari organisasi
kepemudaan yang bernama Perhimpunan Pelajar - Pelajar Indonesia (PPPI) yang
didirikan pada tahun 1926. Para pemuda menyadari bahwa perjuangan kemerdekaan
tidak akan berhasil tanpa ....
A. kerja keras
B. semangat pemuda Indonesia
C. hadirnya kaum muda yang terpelajar
D. pergerakan politik pemuda Indonesia
E. persatuan bangsa Indonesia
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Sumpah Pemuda yang lahir pada 28 Oktober 1928 dikenal
sebagai orde penegas yang menjadi cikal bakal lahirnya bangsa Indonesia. Bagi
para pemuda kesadaran akan pentingnya persatuan bangsa Indonesia menjadi bagian
penting dari perjuangan kemerdekaan Indonesia.
51. Sebagai perwujudan semangat kebangsaan kolektif dalam
perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia, maka tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati
sebagai hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Hal ini karena Budi Utomo
merupakan ….
A. organisasi yang didirikan oleh kaum terpelajar
B. organisasi yang didukung oleh pemerintah Belanda
C. organisasi sosial modern yang menanamkan semangat
kebangsaan
D. bentuk penghargaan yang diberikan oleh Belanda kepada
Indonesia
E. organisasi politik yang menentang kolonial Belanda
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Menurut Van Deventeer Indonesia bagaikan wanita cantik
yang baru bangun dari tidurnya. Semangat kebangsaan dimulai dari Budi Utomo
sebagai organisasi sosial modern yang menanamkan semangat kebangsaan.
52. Untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia,
bangsa Indonesia secara bersama[1]sama
hendaknya memiliki komitmen dalam mencapai masyarakat adil dan makmur. Dalam konteks
kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai komitmen untuk ....
A. melawan segala bentuk penyalahgunaan narkoba
B. menolak paham intoleransi
C. menolak segala bentuk kekerasan
D. menghindari perbuatan yang tercela
E. menolak paham radikalisme
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Siswa dapat mempunyai komitmen kebangsaan secara kolektif
untuk memperkuat NKRI yang berupa ancaman non fisik yaitu penyalahgunaan
narkoba. Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu bentuk ancaman terhadap
generasi muda.
53. Salah satu semangat dalam mewujudkan cinta tanah air
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia, yakni semangat perdamaian dan
semangat Pancasila. Dalam konteks
kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai
komitmen untuk ....
A. melawan segala bentuk kemaksiatan
B. belajar bersama mengerjakan soal ujian
C. menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme
D. menghindari perbuatan yang tercela
E. bersama-sama menghadapi ketidakadilan
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Cinta tanah air dan bangsa dalam konteks NKRI maka siswa
harus menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme. Kekerasan dan
radikalisme harus dihindari karena dapat merusak perdamaian dan semangat
Pancasila. Peserta didik perlu memiliki komitmen cinta tanah air untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
54. Semangat dan komitmen kebangsaan diperlukan untuk
memperkuat NKRI melalui belanegara. Dalam konteks kehidupan bernegara, yang
dapat dilakukan oleh siswa adalah bela negara yaitu ....
A. memahami Pancasila, UUD NRI 1945, dan peraturan hukum
lainnya
B. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
C. menjaga nama baik sekolah
D. menuntut ilmu demi kemajuan bangsa dan negara
E. menjaga nama baik dan kehormatan bangsa dan negara
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Konsep bela negara dapat dilakukan sesuai profesi
masing-masing dalam hal ini seorang siswa menuntut ilmu demi kemajuan bangsa
dan Negara. Bagi siswa menuntut ilmu merupakan bentuk bela negara demi kemajuan
bangsa dana negara Indonesia.
55. Salah satu implikasi kebijakan otonomi daerah yang
dikembangkan di Indonesia adalah ....
A. pemerintah pusat tidak lagi berkewajiban memberikan
anggaran kepada daerah
B. daerah-daerah lebih kreatif dalam mengembangkansumber
dayanya
C. terjadinya pemusatan kekuasaan dari pemerintah pusat
ke daerah
D. hanya putera-putera daerah yang dapat berpartisipasi
secara aktif dalam pembangunan di daerah
E. pemilihan kepala daerah melalui perwakilan secara
demokratis
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Sesuai dengan pasal 18 A UUD NRI tahun 1945 tentang
Pemerintah Daerah. (1)Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah
daerah provinsi, kabupaten, dan kota, diatur dengan UU dengan memperhatikan
kekhususan dan
keragaman daerah (2) Hubungan keuangan, pelayanan umum,
pemanfaatan SDA dan sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintah
daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan
selalu berdasarkan UU.
56. Prinsip yang menyatakan kedudukan manusia Indonesia
ditempatkan dalam kerangkakesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi serta
pertahanan keamanan disebut dengan prinsip dari ....
A. ketahanan nasional
B. wawasan nusantara
C. nasionalisme Indonesia
D. kebhinekatunggalikaan
E. keadilan sosial
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Wawasan Nusantara adalah wawasan nasional bangsa dan
negara Indonesia yang memandang Indonesia merupakan satu kesatuan di bidang
ideologi, politik, ekonomi, serta sosial budaya dan pertahanan dan keamanan.
57. Salah satu faktor pemersatu bangsa adalah bendera,
bahasa, dan lambang negara, serta lagu
kebangsaan. Pengaturannya dalam undang-undang bertujuan
untuk memperkuat NKRI yaitu ....
A. menjaga kehormatan dan kedaulatan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
B. menjaga kesatuan TNI dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
C. menjaga wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
D. menjaga pulau-pulau terpencil dari pengakuan negara
lain
E. memberikan identitas bagi Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Sesuai pasal 35 UUD NRI tahun 1945 yang berbunyi bendera
negara Indonesia ialah sang saka merah putih, maka bendera sebagai salah satu
identitas bangsa yang membedakannya dengan bangsa yang lain.
58. Salah satu faktor penghambat dimana terjadi konflik
antarkelompok masyarakat yang dapat membahayakan NKRI. Salah satu sumber utama
konflik tersebut tercermin dalam perilaku ....
A. fanatisme dalam menjalankan semua agamanya
B. persaingan untuk memperoleh tempat tinggal
C. pertukaran kesenian antar daerah
D. suatu suku mendominasi suku-suku lainnya
E. kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Merupakan hal yang tidak boleh terjadi karena merupakan
salah satu faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa. Konflik
antarkelompok masyarakat merupakan salah satu yang dapat membahayakan NKRI,
ketika suatu suku mendominasi suku-suku lainnya.
59. Setiap pelajar dalam kedudukannya sebagai warga
negara Indonesia mempunyai kesempatan
untuk berpartisipasi dalam membangun dan menjaga kesatuan
nasional, salah satu caranya adalah ….
A. meningkatkan kemampuan di bidang teknologi
B. meningkatkan penguasaan terhadap pengetahuan umum
C. mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler
D. mengembangkan sikap saling menghormati semua agama
E. menjadi anggota aktif Gerakan Pramuka
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Sesuai pasal 9 UU no 3 tahun 2002 tentang Pertahanan
Negara yaitu upaya bela negara yang dapat dilakukan melalui PKn, wajib militer,
masuk menjadi anggota TNI/Polri dan sesuai profesi masing-masing. Sebagai
seorang pelajar maka tetap dapat berpartisipasi misalnya dengan menjadi anggota
Pramuka.
60. Kesalahpahaman antarkampung atau antarsuku dapat
memicu konflik dua pihak yang berselisih. Pendekatan yang hendaknya dibangun
secara terus-menerus adalah ....
A. membiarkan setiap kelompok untuk menyadari
kesalahannya
B. diterapkan hukuman yang maksimal biar tidak terulang
C. pemerintah menjadi penengah agar konflik cepat selesai
D. membangun kesadaran multikultural dalam berbagai
bidang
E. menempatkan petugas keamanan di lokasi yang rawan
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dapat dipengaruhi
oleh kesalahpahaman antar kampung atau antar suku. Untuk itu perlu dibangun
kesadaran multikultural dalam berbagai bidang. Kesadaran bahwa kita memang
memiliki perbedaan tetapi perbedaan tidak menjadi suatu perpecahan yang membahayakan
persatuan dan kesatuan NKRI.
61. Senjata adat ini merupakan alat untuk
menebas/memotong rumput bagi masyarakat Madura, untuk memberi makan ternak
sapi. Tetapi tidak jarang Clurit ini pun digunakan sebagai alat untuk berperang
antar individu. Senjata adat yang dimaksud adalah ....
A. Kujang
B. Clurit
C. Mandau
D. Parang
E. Sabit
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Keberagaman suku bangsa Indonesia dalam hal senjata
tradisional terdiri dari bermacam[1]macam
dan nama yang berbeda pula, meski memilik nama berbeda tetapi memiliki
persamaan tujuan sesuai asal daerah masing-masing
62. Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat seperti
kerja bakti, membantu bencana alam dan
yang lainnya didasarkan oleh sikap kekeluargaan dalam
masyarakat Indonesia yang bukan hanya didasarkan oleh ikatan darah dan
kewilayahan saja karena ....
A. sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yakni
gotong royong
B. kita semua sama sebagai bangsa Indonesia
C. merupakan perwujudan Sumpah Pemuda
D. dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia
E. sebagai kewajiban warga negara Indonesia
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Bentuk-bentuk kerjasama bukan hanya didasarkan oleh
ikatan daerah dan kewilayahan saja karena sudah menjadi tradisi masyarakat
sejak dulu. Bangsa Indonesia dikenal memiliki tradisi yang bermacam-macam dalam
kehidupan masyarakat.
63. Pendidikan merupakan salah satu sarana yang efektif
dalam menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Guru dapat melakukan upaya untuk
membina persatuan dan kesatuan siswa antar sekolah dengan ....
A. melaksanakan upacara bendera dengan tertib
B. membentuk forum komunikasi pelajar antardaerah
C. mengembangkan sikap saling menghormati perbedaan agama
D. membina pergaulan tanpa membedakan status sosial
E. menggalang kegiatan pramuka
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Salah satu proyeksi nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan siswa antar sekolah dengan
membentuk forum komunikasi pelajar antar daerah. Dengan
adanya komunikasi maka segala permasalahan yang mungkin timbul akan dapat
diminimalisir.
64. Pasal 36 UUD NRI Tahun 1945 berbunyi bahasa negara
adalah Bahasa Indonesia. Seorang guru PPKn harus mampu membina siswanya agar
berperilaku sesuai semangat Sumpah Pemuda, yaitu ....
A. prinsip penghargaan terhadap bahasa Melayu sebagai
bahasa pergaulan
B. prinsip multikultural dalam berkebudayaan dan
berbahasa
C. prinsip pengakuan dominasi kebahasaan melayu di
sekolah
D. kemitraan egaliter antarsuku bangsa dalam berbahasa
Indonesia
E. berbahasa baku ketika menyajikan hasil karya ilmiah
yang dilakukan
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Pasal 36 UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi bahasa negara
ialah Bahasa Indonesia. Ini merupakan perwujudan dari Sumpah Pemuda 28 Oktober
1928. Ini harus dilakukan sejak dini dan guru harus membina siswanya dan
dimulai dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan menyajikan hasil
karya ilmiah yang dilakukan mereka.
65. Pemerataan hasil pembangunan di Indonesia masih belum
merata. Hal itu ditunjukkan oleh adanya jumlah penduduk yang berada di bawah
garis kemiskinan belum menurun secara signifikan. Dalam upaya mewujudkan
persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, maka kebijakan yang tepat adalah
....
A. memenuhi kebutuhanpanganpenduduk melalui impor beras
B. menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi
pengangguran
C. menggalakkan program zakat tanpa pandang bulu
D. menjaga stabilitas harga melalui mekanisme pasar
E. meningkatkan akses masyarakat kepada pelayanan
produksi
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran
merupakan salah satu bentuk prinsip persatuan dalam keberagaman sosial ekonomi
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
66. Sebagai bangsa majemuk, perbedaan kebiasaan di antara
masyarakat sepatutnya disikapi secara bijak oleh masyarakat itu sendiri. Sikap
bijaksana dikembangkan agar ....
A. terbentuk persatuan dan kesatuan di daerah setempat
B. terbina ketahanan nasional yang kuat di daerah
C. tercipta kehidupan masyarakat yang damai dan tenteram
D. terjadi penyelesaian perrmasalahan di masyarakat
E. tidak terjadi kerusuhan komunal di masyarakat
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Sikap bijak perlu dikembangkan dalam kaitannya dengan
prinsip harmoni dalam keberagaman
bangsa Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman
67. Berikut ini yang menjadi faktor pendukung terbinanya
integrasi nasional,yaitu ....
A. sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan
B. masyarakat Indonesia yang sangat heterogen
C. wilayah negara Republik Indonesia yang begitu luas
D. masih besarnya ketimpangan pembangunan
E. lemahnya nilai-nilai budaya bangsa dari pengaruh
budaya asing
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Pengalaman sejarah dapat menjadi faktor pembentuk
integrasi nasional. Karena merupakan motivasi dalam bela negara. Suatu bangsa
yang mengalami sejarah perjuangan bangsa akan semakin mempertebal motivasi
dalam bela negara.
68. Kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk mengatasi
segala ancaman,yang akan membahayakan kelangsungan kehidupan berdasarkan
Pancasila sebagai dasar negara, merupakan strategi dalam menghadapi ancaman di
bidang ....
A. ideologi
B. politik
C. ekonomi
D. sosial budaya
E. pertahanan dan keamanan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Ancaman merupakan sesuatu yang bersifat menggugah secara
konsepsional dan berasal dari luar negeri. Untuk itu kebijakan pemerintah
sekaligus strateginya di bidang ideologi sangat diperlukan. Karena tidak kalah
berbahayanya dibanding ancaman fisik.
69. Ancaman terhadap ideologi negara melalui bidang
ekonomi semakin relevan untuk diwaspadai. Hal itu, di antaranya dipicu oleh
sentimen masyarakat terhadap kebijakan yang memberikan peluang usaha terhadap
pihak asing dan ketimpangan ekonomi di masyarakat. Solusi yang tepat untuk
mengatasinya adalah ....
A. meningkatkan mutu pendidikan dan karakter masyarakat
B. memberikan penyuluhan kepada masyarakat marginal
C. penyelenggaraan pemilihan umum yang bersih, adil, dan
jujur
D. menanggulangi kemiskinan dan memeratakan kesejahteraan
E. pemberantasan terorisme dan gerakan separatis dari
luar negeri
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Tugas pemerintah melalui kebijakan yang dikeluarkan di
bidang ekonomi seperti menanggulangi kemiskinan dan memeratakan kesejahteraan
dapat dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap negara di bidang ekonomi.
Masalah ekonomi sangat mendesak untuk diatasi secara komprehensif.
70. Teknologi informasi telah menghadirkan media massa
yang dapat memengaruhi pola pikir karena dapat menggiring opini masyarakat yang
memberikan implikasi ideologis, yaitu ....
A. mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat
B. kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jati diri
C. lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal
D. hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme
E. cenderung pragmatisme dan keinginannya serba instan
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Pengaruh media sosial dewasa ini sangat luar biasa,
beredarnya hoax dapat memengaruhi pola pikir masyarakat dan menggiring opini
yang berimplikasi ideologis. Hal ini dapat
menyebabkan bangsa Indonesia kehilangan arah sebagai
bangsa yang memiliki jati diri, ini sangat membahayakan dan harus segera
diatasi.
- 50 SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK MAPEL PPKN LAINNYA (DISINI)
Demikianlah informasi seputar kumpulan soal-soal latihan
PPPK untuk guru mata pelajaran PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK yang bisa saya
bagikan pada kesempatan kali ini, semoga melalui postingan ini anda yang sedang
mencari kumpulan soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran PPKN maka bisa
mendapatkan manfaatnya.
Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih