Soal dan Pembahasan PPPK Matematika SMP SMA SMK Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Soal latihan seleksi PPPK untuk guru matematika jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.
Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada postingan kali
ini saya akan membagikan contoh soal seleksi PPPK khususnya soal kompetensi
pedagogik untuk mata pelajaran matematika bagi guru jenjang SMP dan SMA/SMK.
Soal latihan seleksi PPPK matematika ini dapat menjadi
bahan pembelajaran yang sangat membantu para calon pendaftar ASN PPPK untuk
menjadikannya sebagai bahan referensi pembalajaran sebelum menghadapi seleksi
PPPK nantinya. Soal latihan PPPK matematika yang saya akan bagikan ini sudah di
lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya sehingga mudah untuk di
pelajari.
Bagi anda guru matematika yang sedang mencari soal-soal
latihan PPPK khususnya soal kompetensi pedagogik maka anda bisa memanfaatkan
postingan ini sebagai bahan untuk belajar secara mandiri. Anda bisa mempelajarinya
dimanapun anda berada yaitu anda cukup membuka blog Pendidikan kherysuryawan.id
dan anda akan menemukan banyak sekali soal-soal PPPK yang telah saya bagikan
disana lengkap dengan kunci jawabannya.
Jika pada postingan sebelumnya saya telah banyak
membagikan soal-soal PPPK untuk semua jenjang maka khusus untuk postingan ini
saya akan membagikan soal dan pembahasan PPPK matematika untuk jenjang sekolah
menengah saja. Jadikanlah soal latihan ini sebagai bahan belajar mandiri anda
agar ketika anda akan melaksanakan seleksi nantinya anda telah memiliki dasar
pedagogik yang mantap.
Baiklah untuk bapak dan ibu guru yang mengajar matematika
dan yang membutuhkan soal-soal latihan PPPK khususnya untuk soal pedagogik
matematika jenjang SMP dan SMA/SMK maka silahkan anda simak dan pelajari baik-baik
soal latihan seleksi PPPK matematika di bawah ini :
1. Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran MatematikaKelas
XI adalah menganalisis sifat- sifat determinan daninvers matriks berordo 2×2
dan 3×3. Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut,
kecuali …
A. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3
B. Mengidentifikasi matriks singular
C. Menentukan Kofaktor matriks berordo 2x2
D. Menentukan minor matriks berordo 3x3
E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matriks
Kunci: C
Pembahasan
Salah satu ketentuan merumuskan indicator adalah minimal
terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran. Semua
pilihan jawaban sudah memenuhi unsur kompetensi dan materi pelajaran. Jawaban C
adalah jawaban yang kurang sesuai dengan KD tersebut karena kofaktor itu materi
yang dibicarakan dalam materi menentukan invers matriks berordo 3x3 bukan
matriks berordo 2x2
2. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran
geometri adalah menjelaskam panjang sisi suatu segitiga berdasarkan
kesebangunan dua segitiga.Materi yang paling sesuai untuk mencapai indicator
tersebut adalah ….
A. Syarat kesebangunan dua segitiga
B. Pengertian kesebanguna dua segitiga
C. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.
D. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun
E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga
Jawaban: E
Pembahasan
Untuk bisa menjelaskan panjang sisi suatu segitiga
berdasar kesebangunan dua segitiga maka peserta didik tidak cukup hanya
mempelajari pengertian, syarat dan ciri ciri kesebangunan dua segitiga, akan
tetapi peserta didik harus mempelajari sifat sifat kesebangunan dua segitiga.
3. Suatu indikator dari materi Sistem Koordinat ialah
menentukan kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu-X. Media yang paling
sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran agar indikator tersebut tercapai
ialah.
A. Slide Powerpoint dengan gambar bidang koordinat dan
sebuah garis yang melalui titik (2,0)
B. Video Pembelajaran yang menampilkan garis sejajar
sumbu-Y
C. Papan dengan koordinat dengat paku sebagai
titik-titiknya, serta sebuah benang dengan posisi tegak lurus terhadap sumbu-Y
D. Lembar kerja terstruktur tentang tempat kedudukan
titik pada bidang koordinat
E. Kertas manila yang terdapat gambar bidang koordinat
serta sebuah garis yang melalui titik (0,5) dan (3,0)
Jawaban: D
Pembahasan
Sesuia dengan prinsip pembelajaran matematika berdasar kurikulum
2013 bahwa pembelajaran itu harus bisa membawa peserta didik dari diberi tahu
ke mencari tahu tentang sesuatu. Jawaban D adalah jawaban yang paling tepat
karena dengan media tersebut peserta didik diharapkan bisa mencari tentang
kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu X
4. Diketahui suatu indikator menghitung panjang garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal berikut yang paling tepat untuk
mengukur capaian indikator tersebut ialah
A. Panjang garis singgung persekutuan luar dua buah lingkaran
adalah 12 cm dan jarak dua titik pusat lingkaran tersebut adalah 13 cm. Jika
panjang salah satu jari-jari lingkaran adalah 8 cm, Luas lingkaran yang lain
adalah...
B. Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat di A dan B,
masing-masing berjari-jari 34 cm dan 10 cm. Garis CD merupakan garis singgung
persekutuan luar. Bila CD = 32 cm, panjang AB adalah.....
C. Delapan buah roda dililit dengan tali seperti gambar
berikut, masing-masing roda diameternya 14 cm. Tentukan panjang tali yang
melilit roda-roda tersebut.
D. Panjang jari-jari dua lingkaran adalah 29 cm dan 14
cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya 36 cm. Hitung jarak pusat kedua
lingkarannya
E. Apakah yang dimaksud dengan garis singgung lingkaran
luar dua lingkaran?
Jawaban: C
Pembahasan
Untuk mengetahui suatu indicator itu sudah tercapai atau
belum maka peserta didik perlu diukur apakah sudah mencapai indicator tersebut
atau belum. Salah satunya dengan tes tulis. Tes yang dibuat harus mengukur
kompetensi yang diharapkan oleh indicator tersebut. Indikator soal tersebut
adalah peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung persekutuan luar
dua lingkaran. Soal yang implisit menghitung panjang garis singgung persekutuan
luar dua lingkaran adalah soal C
5. Salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa
SMP adalah menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi. Tujuan yang paling tepat dirumuskan
adalah ….
A. Dengan cara diskusi siswa dapat menghitung hasil kali
dua bilangan bulat menggunakan sifat pengurangan
B. Dengan Menggunakan konsep pengurangan Siswa dapat
menghitung hasil bagi dua bilangan bulat.
C. Siswa dapat Menggunakan sifat ketertutupan pengurangan
bilangan bulat untuk menentukan hasil bagi dua bilangan bulat.
D. Siswa dapat Menggunakan sifat asosiatif penjumlahan
bilangan bulat dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
E. Dengan cara diskusi Siswa dapat menentukan hasil kali
dua bilangan bulat menggunakan konsep penjumlahan bilangan
Jawaban: C
Pembahasan
Terdapat empat unsur pokok dalam perumusan tujuan
pembelajaran, yaitu memuat ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree).
Penulisan tujuan tidak harus urut ABCD. Tujuan minimal memuat unsur Adan B.
Semua option soal di atas sudah memuat unsur ABC. Jawaban A, B, dan E kurang
tepat karena tidak sesuianya komponen Beihavior dan Condition. Jawaban D tidak
sesuai dengan indicator yang ada. Jadi jawaban yang tepat adalah C
6. Untuk membelajarkan konsep bentuk aljabar, secara
berurutan sebaiknya dimulai dari.
A. Menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam
bentuk matematika – mencontohkan bentuk aljabar – mengklasifikasikan bentuk
aljabar – menentukan ciri bentuk aljabar – mendefinisi bentuk aljabar –
menyelesaikan permasalahan
B. Menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam
bentuk matematika – mencontohkan bentuk aljabar – mendefinisi bentuk aljabar –
mengklasifikasikan bentuk aljabar – menentukan ciri bentuk aljabar –
menyelesaikan permasalahan
C. Menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam
bentuk matematika – mencontohkan bentuk aljabar – mendefinisi bentuk aljabar –
menentukan ciri bentuk aljabar – mengklasifikasikan bentuk aljabar –
menyelesaikan permasalahan
D. Mendefinisi bentuk aljabar – menginterpretasikan
kalimat sehari-hari ke dalam bentuk matematika – mencontohkan bentuk aljabar –
menentukan ciri bentuk aljabar – mengklasifikasikan bentuk aljabar –
menyelesaikan permasalahan
E. Mendefinisi bentuk aljabar – mencontohkan bentuk
aljabar – menentukan ciri bentuk aljabar – mengklasifikasikan bentuk aljabar –
menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam bentuk matematika –
menyelesaikan permasalahan
Jawaban: C
Pembahasan
Sesuia dengan prinsip pembelajaran matematika berdasar
kurikulum 2013 bahwa pembelajaran hendaknya berbasis proses untuk penguatan
ilmiah, maka urutan yang paling tepat adalah yang C yaitu menginterpretasikan
kalimat sehari-hari ke dalam bentuk matematika – mencontohkan bentuk aljabar –
mendefinisi bentuk aljabar – menentukan ciri bentuk aljabar –
mengklasifikasikan bentuk aljabar – menyelesaikan permasalahan
7. Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapaturutan
materi ialah: x – bunga tunggal – y – pertumbuhan – z.Pengganti x, y, dan z
secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah.
A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan
B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk
C. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan
D. Baris aritmatika, baris geometri, bunga majemuk
E. Baris aritmatika, baris geometri, peluruhan
Jawaban A
Pembahasan
Pada materi Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan terdapat
urutan materi ialah: Definisi bunga – bunga tunggal – bunga majemuk –
pertumbuhan peluruhan
8. Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah melalui
penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut.Media
pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut ialah
A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan
volum kerucut
B. Tayangan powerpoint yang berisi rumus volum kerucut
dan soal-soal
C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola dan pasir
D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir
E. Alat peraga yang berbentuk kerucut, balok dan pasir
Jawaban D
Pembahasan
Karena tujuan pembelajaran ialah melalui penugasan
kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volum kerucut, maka media yang bisa
digunakan adalah peraga untuk menemukan volume kerucut berdasar kan volum
tabung yang sudah dipelajari. Untuk itu media yang paling tepat adalah D yaitu
Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir
9. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi
pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
A. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan
B. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat
C. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
D. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar
E. Jawaban a, b, c, d, benar
Jawaban: B
Pembahasan
Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk
menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah
jawaban B yaitu meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang
berpendapat.
10. Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa
di kelas Bu Kefi mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari
himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan Bu Kefi untuk
merespon hal ini adalah … .
A. Bertanya kepada siswa apa sarat keangotaan suatu himpunan
B. bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium yang merupakan
anggota himpunan jajargenjang
C. bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan
apa pengertian trapesium
D. memberi tugas kepada siswa menggambar jajargenjang dan
menggambar trapezium
E. memberi tugas kepada siswa menuliskan ciri ciri jajargenjang
dan trapezium
Jawaban: C
Pembahasan
Beberapa siswa di kelas Bu Kefi mengidentifikasi bahwa
jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Untuk memberikan
schafolding sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa maka Guru harus
mengetahui sumber kesalahan jawaban siswa itu apa. Untuk itu jawaban yang tepat
adalah C yaitu bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa
pengertian trapesium, agar masalah nya diketahui
11. Pada saat siswa berdiskusi tentang banyaknya rusuk
pada kubus, kerucut dan tabung, siswa banyak yang berbeda pendapat tentang
banyaknya rusuk tabung dan kerucut. Setelah dianalisis kesalahan mereka
dikarenakan berbeda dalam memahami konsep rusuk pada bangun ruang tersebut.
Tindakan yang sesuai untuk menangani perbedaan siswa dalam memahami konsep
tersebut adalah ....
A. Siswa diminta mengamati benda riil yang berbentuk
kubus, tabung, dan kerucut untuk menghitung banyaknya rusuk
B. Siswa diminta mengamati gambar kubus, tabung, dan
kerucut untuk menentukan banyaknya rusuk
C. Siswa diminta mengamati alat peraga dan gambar yang
berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk memikirkan apa yang dinamakan rusuk.
D. Membandingkan banyaknya rusuk balok dan kubus
E. Guru menjelaskan banyaknya rusuk kubus, tabung dan
kerucut sehingga siswa paham
Jawaban: C
Pembahasan
Saat siswa mengalami perbedaan pendapat siswa tentang
suatu konsep tertentu, cara menanganinya adalah menutup yang menyebabkan mereka
mengalami miskonsepsi. Pengertian rusuk bagi siswa adalh garis yang membatasi
dua buah bidang. Sehingga ketika melihat kerucut maka garisnya ada 2. Untuk itu
yang benar tindakannya adalah C
12. Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat
memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari
adalah ....
A. Memberikan reward bagi yang berprestasi
B. Menjelaskan cara belajar agar berprestasi
C. Memberikan hukuman bagi yang tidak berprestasi
D. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari
E. Menjelaskan materi dan memberi contoh contoh soal yang
banyak
Jawaban: D
Pembahasan
Salah satu faktor intrinsik yang menyebabkan siswa
termotivasi mempelajari suatu materi adalah siswa tersebut merasakan
pembelajaran tersebut bermakna. Salah satu kegiatan pembelajaran yang bermakna
adalah jawaban D yaitu Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari
13.Diketahui indikator “Menyelesaikan masalah y a n g t e
r k a i t d e n g a n relasi antar himpunan” Soal yang cocok untuk mengukur
ketercapaian indikator tersebut adalah ….
A. Diketahui A adalah himpunan bilangan Asli yang kurang
dari 10. Himpunan B adalah himpunan bilangan Prima yang kurang dari 15.
Tentukan A ∩ B.
B. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa
putra. Jika diketahui 20 siswa senang bermain bola volley dan 6 siswa senang
berenang, 5 orang siswa senang bermain volley dan renang. Berapa banyaknya
siswa yang tidak senang bermain volley maupun renang?
C. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih
dari 1 dan kurang dari 10. Himpunan B adalah himpunan empat bilangan bilangan
Prima yang pertama. Tentukan A U B.
D. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa
putra. Jika diketahui 10 siswa senang bermain bola volley dan 15 siswa senang
berenang, 5 orang siswa tidak senang bermain volley dan renang.Gambarkan
diagram venn yang menggambarkan hubungan himpunan siswa yang senang dan juga
tidak senang bermain volley maupun renang.
E. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih
dari 3 dan kurang dari 10. Tentukan banyaknya anggota A
Jawaban: D
Pembahasan
Relasi antar himpunan menggambarkan posisi dua himpunan
itu sama, saling asing, berpotongan , atau yang satu merupakan bagian dari yang
lain. Jawaban selain D menanyakan kardinalitas himpunan atau hasil operasi
antar himpunan. Jadi jawaban yang benar adalah D
14.Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan
soalyang bermakna untuk mengukur penerapan konsep persegi panjang?
A. Mengapa persegi panjang adalah sebuah jajargenjang?
B. Apakah persegipanjang adalah persegi?
C. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan
persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.
D. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang
adalah 8cm dan lebar adalah 5 cm
E. Apakah persegi panjang semua sudutnya 90 derajat?
Berikan alasan secukupnya
Jawaban C
Pembahasan
Seseorang dikatakan memahami suatu konsep apabila dapat menentukan
mana contoh dan mana yang bukan contoh dari konsep tersebut. Jawaban yang benar
adalah C yaitu Dari contoh[1]contoh
bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan
secukupnya.
15.Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a +
3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan dua buah apel dan tiga buah
jeruk. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan dari buah apel yang berada pada dua
kardus besar dan tiga kardus kotak kecil. Tindakan yang tepat yang dapat
dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah
A. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar
B. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel
C. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk
aljabar
D. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola
E. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan
benar
Jawaban: B
Pembahasan
Untuk bisa memberikan justifikasi sesuatu itu benar atau
salah seseorang harus tahu dasar atau kesepakatan yang telah dibuat. Terkait
dengan permasalahan tersebut perlu diminta untuk melihat kembali apa definisi
variable. Maka jawaban yang benar adalah B.
16.Diketahui barisan 1/ 2, 1/4, 1/8, .... Tentukan suku
ke 8 barisan tersebut. Dari pilihan jawaban berikut yang merupakan pengecoh
yang kurang tepat adalah
A. 1/128
B. 1/256
C. 1/512
D. 1/1024
E. 1/(2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2)
Jawaban: E
Pembahasan
Untuk menentukan distraktor yang tepat sesuai dengan soal
yang diberikan , maka distractor itu tidak boleh mencolok bentuknya dengan
option yang lain. Distraktor harus merupakan jawaban dari peserta tes yang
salah dalam prosedur maupun konsep penyelesaian masalah tersebut. Jawaban E
mencolok berbeda dengan option yang lain
17.Diketahui bahwa Pada suatu segitiga siku-siku, kuadrat
sisimiring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga tersebut.
Soal yang paling cocok untuk mengukur penguasaan konsep tersebut adalah ....
A. Sebutkan 3 bilangan yang merupakan tripel phytagoras
B. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi 12 cm, 13 cm, dan15
cm. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku?
C. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a= 2 cm, b=3 cm,dan
c=25 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?
D. Sebutkan rumus phytagoras
E. Tuliskan teorema phytragoras
Jawaban: C
Pembahasan
Pemahaman siswa tentang kalimat kuadrat sisi miring sama
dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga bisa juga terjadi bukan
kuadrat dari a ditambah kuadrat dari b sama dengan c kuadrat dari c akan tetapi
kuadrat dari a ditambah b sama dengan kuadrat dari c. Maka soal C cocok untuk
mengukur penguasaan konsep teorema ptyhagoras
18. Pada saat siswa diberi soal tentang masalah
kombinasi, siswa banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut. Setelah
dianalisis kesalahan mereka dikarenakan salah dalam menerapkan rumus dan
menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi. Tindakan yang
sesuai untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut adalah
....
A. Memperbanyak contoh-contoh soal yang menggunakan rumus
kombinasi
B. Memberikan latihan masalah-masalah kontekstual tentang
permutasi
C. Memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat
membedakan antara permutasi dan kombinasi
D. Membandingkan rumus permutasi dan kombinasi
E. Memperbanyak latihan soal menggunakan rumus kombinasi
Jawaban: C
Pembahasan
Saat siswa diberi soal tentang masalah kombinasi, siswa
banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut karena para siswa menerapkan
rumus dan menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi, hal
ini dapat diindikasikan bahwa siswa siswa kurang memahami permasalahan yang ada
termasuk masalah permutasi atau kombinasi. Untuk itu tindakan yang sesuai untuk
menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut adalah jawaban C
yaitu memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan
antara permutasi dan kombinasi.
19.Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang aktif
mengikuti pembelajaran sehingga siswa terlihat sering mengantuk ketika mengikuti
pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan
ialah
A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan pembelajaran
matematika realistik
B. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah penerapan
pendekatan pembelajaran matematika realistik
C. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran matematika realistik
D. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
keaktifan siswa dalam pembelajaran
E. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya
prestasi belajar matematika
Jawaban: A
Pembahasan
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki
proses pembelajaran. Kalau dalam pembelajaran mayoritas siswa kurang aktif maka
PTK itu dilakukan dengan tujuan melakukan pembelajaran yang bisa meningkatkan
keaktifan siswa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah jawaban A
20.Diketahui judul PTK :”Penerapan Problem Posing untuk Meningkatkan
Kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas 7A SMPN 1 Salatiga”
(1) Berpikir Kritis
(2) Problem based learning
(3) Pengajuan masalah
(4) Pembelajaran Matematika
Dari poin-poin materi tersebut, yang harus dibahas dalam kajian
pustaka adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
D. (1) dan (3)
E. Semua
Jawaban: A
Pembahasan
Kajian pustaka berfungsi untuk memberikan landasan teori
terkait dengan materi topic penelitian yang akan dilakukan. Terkait dengan
judul tersebut pada kajian pustaka sekurang kurang nya membahas tentang
berpikir kritis dan pengajuan masalah atau problem posing.
Demikianlah soal latihan PPPK untuk guru mata pelajaran
matematika tingkat SMP dan SMA/SMK yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali
ini semoga soal latihan PPPK matematika yang telah di lengkapi dengan kunci
jawaban serta pembahasannya diatas senantiasa dapat membantu para guru
matematika yang sedang mencari referensi pembelajaran khususnya untuk soal
pedagogik matematika jenjang SMP dan SMA/SMK.
Sekian informasi kali ini, semoga Bermanfaat !