Soal dan Pembahasan PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2024
Kherysuryawan.id – Soal dan kunci jawaban serta pembahasan PPPK untuk guru IPS jenjang SMP dan SMA/SMK.
Sahabat Pendidikan dimanapun berada, menjelang
diadakannya perekrutan ASN PPPK maka bagi anda yang ingin ikut dalam pelaksanaan
PPPK dari sejak dini sudah harus mempersiapkan diri dengan baik agar ketika
akan melakukan seleksi PPPK anda bisa lulus.
Salah satu hal penting yang harus di lakukan dalam mempersiapkan
diri menghadapi PPPK ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK baik
soal kompetensi pedagogik maupun soal kompetensi professional. Pada postingan
saya sebelumnya saya telah banyak membagikan soal-soal latihan PPPK mulai dari
soal pedagogik umum hingga soal PPPK sesuai mata pelajaran untuk jenjang SD,
SMP dan SMA/SMK.
Khusus untuk postingan ini saya kembali akan membagikan
soal latihan PPPK untuk guru yang mengajar mata pelajaran IPS pada jenjang SMP
dan SMA/SMK. Soal latihan yang akan saya berikan disini yaitu soal bentuk
pilihan ganda dan di setiap soal yang di sajikan juga telah dilengkapi dengan
kunci jawaban plus pembahasannnya.
Jika anda belajar memahami soal-soal latihan yang di dalamnya
telah di berikan kunci jawaban serta pembahasannya maka tentunya akan
memudahkan anda dalam mempelajari dan memahaminya. Pembahasan yang di sajikan
pada soal yang ada di dalam postingan ini sangat mendetail sehingga sangat
membantu anda yang akan belajar memahami soal-soal PPPK IPS tersebut.
Di dalam soal latihan PPPK mata pelajaran IPS yang akan
saya bagikan pada postingan ini merupakan soal gabungan dari soal PPPK
kompetensi pedagogik dan juga soal kompetensi professional jadi anda cukup
mempelajarinya dengan baik sehingga bisa menjadi bekal nantinya ketika anda
akan mengikuti seleksi PPPK.
Baiklah bagi anda yang saat ini sedang mencari soal-soal
latihan PPPK mapel IPS maka silahkan anda simak dan pelajari soal-soal di bawah
ini yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya :
1. Sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dalam
Kurikulum 2013, salah satu prinsip pembelajaran yang harus diterapkan guru
dalam IPS adalah “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mecari
tahu “ Bedasarkan prinsip ini, maka pendekatan pembelajaran yang barus
digunakan guru IPS adalah …
A. Deduktif
B. Induktif
C. Reflektif
D. Edukatif
E. Prespektif
Kunci : B
Pembahasan:
Pendekatan pembelajaran induktif adalah sebuah
pembelajaran yang bersifat ilmiah dan sangat efektif untuk membantu siswa
mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan
berpikir kritis (critical tinking). Pendekatan pembelajaran induktif dirancang
berdasarkan teori kontruktivisme dalam belajar. Pendekatan ini membutuhkan guru
yang terampil dalam bertanya, melalui pertanyaan inilah guru akan membimbing
siswa membangun pemahaman terhadap materi pelajaran dengan cara berpikir dan
membangun ide-ide. Pada pembelajaran induktif guru memberikan
informasi-informasi yang akan memberikan ilustrasi-ilustrasi tentang topik yang
akan dipelajari siswa,selanjutnya guru membimbing siswa untuk menemukan
pola-pola tertentu dari ilustrasi-ilustrasi yang di berikan.
2. Dalam pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan dapat
membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang
yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang
sudah ada dalam dirinya.. Sesuai dengan prinsip “ dari peserta didik diberi
tahu menjadi peserta didik mencari tahu” teori belajar yang paling sesuai untuk
digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ….
A. Behaviorisme
B. Positivisme
C. Konstruktivisme
D. Gestal
E. Stimulus respons
Kunci : C
Pembahasan :
Kontruktivisme merupakan salah satu komponen dari
contekstual teaching learning. Kontruktivisme merupakan pengembangan pikiran
bahwa siswa akan belajar lebih bermakna jika ia diberi kesempatan untuk
bekerja, menemukan dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan
baru. Kontruktivisme adalah membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman
baru berdasar pada pengetahuan awal Pembelajaran harus dikemas menjadi proses
“mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan Knowledge-Based Constructivism,
menekankan kepada pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat
keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar.
3. Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman
belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan
memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi
pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya
penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan…..
A. Parsial
B. Disiplin
C. Terpadu
D. Terpisah
E. Komprehensif
Kunci : C
Pembahasan :
Karakteristik IPS terlihat pada unsurnya, unsur yang
kompleks yang merupakan gabungan berbagai konsep dari ilmu-ilmu sosial sehingga
memiliki pemahaman utuh (komprehensip). KI -dan KD IPS juga merupakan sebuah
tema dari gabungan ilmu-ilmu sosial. Tema tersebut dapat berupa masalah sosial,
peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat, kewilayahan, adaptasi dan
pengelolaan lingkungan dan kebutuhan manusia. Karena itu, pendekatan yang
direkomendasikan bersifat terpadu atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan
beberapa disiplin ilmu (interdisiplin) untuk memberikan pengalaman yang
bermakna dan luas kepada peserta didik sehingga tidak tampak mono disiplin
keilmuannnya.
4. Berikut ini merupakan contoh alat/media pembelajaran
IPS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ,kecuali….
A. Video pembelajaran
B. Film documenter
C. Overhead Projector
D. Close Circuit Television
E. Computer Assisted Instruction
Kunci : C
Pembahasan:
Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras
(hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya
sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi
pengajaran. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari
lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi
untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi. Proyektor ini direncanakan
dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru didepan kelas dengan penerangan yang
normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antar siswa dan guru.
5. Prosedur/langkah awal dalam pengembangan/pemanfaatan
teknologi dalam pembelajaran IPS adalah…..
A. Merumuskan kompetensi hasil belajar
B. Merumuskan indikator hasil belajar
C. Merumuskan materi pelajaran secara terinci
D. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
E. Menulis naskah media pembelajaran
Kunci : D
Pembahasan:
Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih
yang sangat besar alam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran
IPS. Pembuatan media pembelajaran buka ditekankan pada kebutuhan guru dalam
penyampaian materi ajar tetapi harus didasarkan kepada dengan kebutuhan siswa.
Media pembelajaran ada yang bersigat visual, audio, dan audio visual. Dari
karakteristik media ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi
sebagai guru harus dengan bijak mengambil pilihan dari media apembelajaran
tersebut.
6. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 pada esensinya berisikan
tentang….
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
C. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
D. Standar Proses Pendidikan
E. Standar Penilaian Pendidikan
Kunci : A
Pembahasan:
Ada 5 Permendikbud tahun 2016 yang menjadi landasan hukum
kurikulum 2013 sebagai pengganti Permendikbud tahun 2013. Permendikbud no. 20
tahun 2016 mengenai standar kompetensi lulusan Permendikbud no. 21 tahun 2016
mengenai standar isi Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses
Permendikbud no. 23 tahun 2016 mengenai standar penilaian Permendikbud no. 24
tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar
7. Berikut ini merupakan kaitan Permendikbud No.20 tahun
2016 dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016
A. Standar Penilaian diperlukan uantuk mencapai Standar
Kompetensi Lulusan
B. Standar Proses diperlukan untuk mencapai Standar
Kompetensi Lulusan
C. Standar Penilaian diperlukan untuk menilai Standar
Proses Pembelajaran
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dijabarkan dalamStandar
Kompetensi Lulusan
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan
jabaran dari Standar Kompetensi Lulusan
Kunci : B
Pembahasan:
Standar kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai
kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar
isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga
kependidikan, standaar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar
pembiayaan.
8. Berikut ini merupakan fungsi Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) dalam sistem pembelajaran, kecuali….
A. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
C. Pedoman dalam merancang penilaian
D. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar
D. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar
Kunci : D
Pembahasan :
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai
oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan
keterampilan. Indicator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata
kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Fungsi indikator :
1)Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indicator yang
dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah
dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta
lingkungan.
2)Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Desain
pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai
secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan
indicator yang dikembangkan, karena indicator dapat memberikan gambaran
kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi.
3)Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahan ajar perlu
dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik.
Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indicator sehingga
dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.
4)Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian
hasil belajar Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta
mengevaluasi hasil belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam
menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengambangan indicator penilaian.
9. Berikut ini merupakan hubungan antara berbagai
komponen sistem pembelajaran (kompetensi , materi, proses/kegiatan, media , dan
penilaian), kecuali…..
A. Materi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi
dasar mata pelajaran
B. Kegiatan pembelajaran dirancang berdasarkan materi
pembelajaran
C. Penilaian disusun berdasarkan indikator pencapaian
kompetensi
D. Media pembelajaran dirancang berdasarkan materi
pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik.
E. Rancangan penilaian disesuaikan dengan materi yang
telah dikembangkan
Kunci : E
Pembahasan:
penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan
informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam
melaksanakan penilaian, guru atau pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu
pada standar penilaian pendidikan.
10. Dalam kurikulu m 2013, proses pembelajaran diharuskan
menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini harus tertulis pada Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS. Berikut ini merupakan proses pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan saintifik, kecuali...
A. Mengamati
B. Mengumpulkan informasi
C. Mengasosiasi
D. Mengkomunikasikan
E. Mengevaluasi
Kunci : E
Pembahasan:
Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang
dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau
prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengumpulkan
data dengan berbagai teknik, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hukum,
konsep / prinsip yang diperoleh siswa.
11. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan
motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor
yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS,
kecuali ….
A. Tingkat kesulitan materi pelajaran
B. Sistem penilaian yang digunakan
C. Tingkat usia dan kematangan siswa
D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
E. Ketersediaan media dan biaya
Kunci : B
Pembahasan:
Faktor dan kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru
dalam memilih dan menggunakan media, diantarnya :
1) Faktor tujuan Media dipilih dan digunakan haruslah
sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan/dirumuskan
2) Faktor efektifitas Dari berbagai media yang ada,
haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling
tepat/sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
3) Faktor kemampuan guru dan siswa Media yang dipilih dan
digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa, sesuai
dengan pola belajar serta menarik perhatian
4) Faktor fleksibilitas (kelenturan), tahan lama dengan
kenyataan Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti
dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali pakai langsung
dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan.
5) Faktor kesediaan media Sekolah tidak sama dalam
menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan blajar mengajar. Hal
ini sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah. Misalnya guru
membuat sendiri, membuat bersama-sama siswa, membeli, menewa, dll.
6) Faktor
kesesuaian antara manfaat dan biaya Dalam memilih media haruslah
dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang
didapatkan.
7) Faktor kualitas dan teknik Dalam pengadaan media,
seorang guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut, tidak sekedar
bisa dipakai. Media yang bermutu/berkualitas bisa tahan lama (tidak mudah
rusak), dan sewaktu-waktu digunakan lagi tidak harus mengusahakan yang baru.
8) Objektifitas Metode dipilih bukan atas kesenangan atau
kebutuhan guru, melainkan keperluan system belajar. Karena itu perlu masukan
dari siswa.
9) Program pengajaran Program pengajaran yang akan
disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik
menyangkut isi, struktur, maupun kedalaman.
10) Sasaran program Media yang akan digunakan harus
dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan anak didik, baik dari segi
Bahasa, symbolsimbol yang digunakan, cara dan kecepatan maupun waktu
penggunaannya.
12. Salah satu contoh model pembelajaran yang memberikan
efek menyenangkan adalah PBL (Problem Based Learning). Dasar pertimbangan
diterapkannya PBL adalah ...
A. Pembelajaran berbasis masalah berpusat pada peserta
didik. Peserta didik harus dapat menentukan sendiri apa yang harus dipelajari,
dan dari mana informasi harus diperoleh
B. Menjembatani gap antara pembelajaran sekolah formal
dengan aktivitas berpikir yang lebih praktis yang dijumpai di luar sekolah
C. Guru tidak perlu memberikan bimbingan kepada peserta
didik .Dalam hal ini peserta didik diminta menyelesaikan persoalan secara
terbuka dan bebas
D. Mendorong siswa untuk bekerja menyelesaikan
tugas,tanpa bimbingan guru
E. Pembelajaran berbasis masalah ini ditujukan untuk
mengembangkan keterampilan berpikir agar menjadi kompleks
Kunci : B
Pembahasan:
Problem based learning adalah suatu pendekatan
pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi
siswa untuk belajar melalui berfikir kritis dan kerempilan pemecahan masalah
dalam rangka memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi
pelajaran.
13. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di
masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk
menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah….
A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan
sistuasi
B. Guru harus banyak bercerita terntang materi
pembelajaran
C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar
D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek
nilai
E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter
Kunci: D
Pembahasan:
IPS sebagai program pendidikan dan bidang pengetahuan,
tidak hanya menyajikan pengetahuan social semata-mata, melainkan harus pula
membina peserta didik menjadi warga masyarakat, bangsa dan Negara yang memiliki
tanggung jawab. Dengan demikian, pokok bahasan yang disajikan tidak hanya
terbatas pada materi yang besifat pengetahuan, melainkan juga meliputi
nilai-nilai yang wajib melekat pada diri peserta didik. Melalui pendidikan karakter
dalam pembelajaran IPS diharapkan mampu membentuk pribadi anak, supaya menjadi
manusia yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisi moral dan
berperan dalam rangka pembinaan generasi muda.
14. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan
penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan
. Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan
peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut,
kecuali…
A. Simulasi /demonstrasi
B. Presentasi tugas
C. Membuat portofolio tugas
D. Mengerjakan soal di depan kelas
E. Merangkum materi pelajaran
Kunci : E
Pembahasan:
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan
untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam
melakukan tugas tertentu diberbagai macam konteks sesuai dengan indicator
pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai
teknik, antara lain:
1. Penilaian praktik: mengukur capaian pembelajaran yang
berupa keterampilan proses
2. Penilaian produk: mengukur capaian pembelajaran yang
berupa keterampilan dalam membuat produk-produk teknologi dan seni
3. Penilaian projek: mengukur kemampuan siswa dalam
mengaplikasikan pengetahuan melalui penyelesaian suatu tugas projek dalam
periode waktu tertentu
4. Penilaian portofolio: sampel karya siswa terbaik dari
KD pada KI4 untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu
semester)
15. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik,
satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh
pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal
assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan
penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan
kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali….
A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah
B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal
C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur
D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan
proprsional
Kunci : A
Pembahasan:
Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat
pedoman untuk menulis soal menjadi suatu tes.
Syarat kisi-kisi:
1. Mewakili isi kurikulum/ kemampuan yang akan diujikan
2. Komponen-komponen rinci, jelas dan mudah dipahami
3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indicator dan
bentuk soal yang ditetapkan
Komponen kisi-kisi terdiri atas:
1)Kelompok identitas:
a. jenis institusi
b. program
c. bidang studi
d. tahun pelajaran
e. kurikulum yang digunakan
f. jumlah soal
g. bentuk soal
2)Kelompok matriks
a. kompetensi dasar
b. materi
c. indicator soal
d. nomor urut soal
16. Berikut inimerupakan manfaat hasil penilaian formatif
dalam pembelajaran IPS, kecuali ….
A. Merancang program remedial
B. Merancang program pengayaan
C. Perbaikan proses pembelajaran
D. Mengisi nilai dalam raport
E. Merancang perbaikan pembelajaran
Kunci : D
Pembahasan:
Penilaian formatif adalah aktifitas guru dan siswa yang
dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar
berlangsung. Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan
program pembelajaran. Tujuan penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses
pembelajaran bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan siswa. Selain itu,
penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan
kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut
untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif
dan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Hasil penilaian formatif ini
bermanfaat bagi guru dan siswa. Manfaat bagi guru yaitu guru akan mengetahui
sejauh mana bahan pelajaran dikuasai dan dapat memperkirakan hasil penilaian
sumatif. Jika guru mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi
pelajaran, maka guru dapat membuat keputusan apakah suatu materi pembelajaran
perlu diulang atau tidak. Jika harus diulang, guru juga harus memikirkan
strategi pembelajaran yang akan ditempuh.
17. Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi
dalam pembelajara IPS, , kecuali….
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
B. Pendistribusi materi pembelajaran
C. Penilai pembelajaran
D. Media kolaborasi pembelajaran
E. Pelaksana pembelajaran
Kunci : E
Pembahasan:
Peran TIK dalam pembelajaran IPS
1) Peran tambahan (suplemen)
Peran guru tentunya akan senantiasa mendorong, menggugah/
menganjurkan peserta didiknya untuk mengakses materi pembelajaran melalui TIK
yang disediakan. Peserta didik pun akan memiliki tambahan pengetahuan dan
wawasan lebih bila menggunakan TIK tersebut
2. Peran pelengkap (komplemen)
Materi pembelajaran melalui TIK di programkan untuk
menjadi materi pengayaan yang bersifat remedial bagi peserta didik di dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional
3. Peran pengganti (substitusi)
tujuannya adalah untuk membantu mempermudah para siswa
mengelola kegiatan pembelajaran sehingga para siswa dapat menyesuaikan waktu
dan aktivitas lainnya dengan kegiatan pembelajaran.
18. Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan
blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan
aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka
Teknologi Informasi sudah berperan sebagai….
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
B. Pendistribusi materi pembelajaran
C. Penilai pembelajaran
D. Media kolaborasi pembelajaran
E. Pelaksana pembelajaran
Kunci : D
Pembahsan:
Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk
pembelajaran . Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran
sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan
komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang
berfungsi sebagai fasilitator, motivator transmitter dan evaluator.
19. Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting,
dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifikasi kesulitan yang muncul
dalam komunikasi antar budaya, Salah satu syarat terjadinya komunikasi yang
efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap
peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah….
A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan
peserta didiknya
B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri
pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.
C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik
secara individual maupun kelompok
D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan
memahami perasaan orang lain
E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan
peserta didiknya
Kunci : B
Pembahasan:
Empati merupakan kekuatan untuk mengerti pikiran dan
perasaan orang lain. Empati ini sebagai cara yang pokok kea rah pemahaman dari
orang lain. Pembelajaran dengan empati merupakan suatu komponen strategi yang
kuat dan praktis dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar yang berbeda dari
para siswa yang sangat memerlukan lebih dari pada sekedar lembar kerja.
20. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat
berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa
mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar
terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan
berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan
yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas
?
A. Interaksi satu arah
B. Interaksi dua arah
C. Interaksi banyak arah
D. Interaksi berpusat pada guru
E. Interaksi sepihak
Kunci : C
Pembahasan:
Agar komunikasi dapat berjalan efektif, harus dipenuhi
beberapa syarat :
1. Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan
2. Menggunakan Bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
3. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau
minat bagi pihak komunikan
4. Pesan dapat menggugah kepentingan komunikan yang dapat
menguntungkan
5. Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaan bagi pihak
komunikan
21. Letak kepulauan Indonesia berada di jalur pegunungan
muda dunia (ring of fire), sehingga membawa pengaruh pada kehidupan
sosial-ekonomi ....
A. Kaya flora dan fauna
B. Kaya sumber tambang batu bara
C. Masyarakat memiliki ciri sub sistem
D. Kaya keanekaragaman sumber daya alam
E. Masyarakat cenderung malas tergantung alam
Kunci : D
Pembahasan :
Sumber daya alam hayati Indonesia dan ekosistemnya yang
mempunyai kedudukan serta peranan penting bagi kehidupan adalah karunia Tuhan
Yang Maha Esa, apalagi dengan adanya persebaran secara geografis maka akan
mempengaruhi sumber daya yang ada di masing masing daerah, oleh karena itu
perlu dikelola dan dimanfaatkan secara lestari, selaras, serasi dan seimbang
bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada
umumnya, baik masa kini maupun masa depan.
22. Republik Indonesia terdiri atas 17.508 pulau,
mempunyai daratan seluas 1,9 juta km2 dan garis pantai sepanjang 80.791 km,
serta cakupan laut seluas 3,1 juta km2 . Di negara ini terdapat pula gunung api
yang berjumlah tidak kurang dari 200, berukuran rendah sampai tinggi dan
bersalju, sungai-sungai lebar dan panjang, serta danau yang sifatnya
bermacam-macam. Letak geologis kepulauan Indonesia berpengaruh terhadap
keanekaragaman sumberdaya alam....
A. Keanekaragaman flora dan fauna antarwilayah Indonesia
barat, tengah dan timur
B. Flora dan fauna Indonesia timur memiliki kemiripan
dengan Australia
C. Flora dan fauna Indonesia barat memiliki kemiripan
dengan Asia
D. Keberadaan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia
E. Kekayaan biodiversity di wilayah kepulauan Indonesia
Kunci : A
Pembahasan :
Dalam hal letak geologis dan keanekaragaman, Indonesia
pun menjadi unggulan dunia dan dianggap sebagai salah satu pusat keanekaragaman
tanaman ekonomi dunia. Jenis-jenis kayu perdagangan, buah-buahan tropis
(durian, duku, salak, rambutan, pisang ASTIRIN - Permasalahan Kehati di
Indonesia 37 dan sebagainya), anggrek, bambu, rotan, kelapa dan lain-lain
sebagian besar berasal dari Indonesia. Beberapa jenis tumbuhan, seperti pisang
dan kelapa telah menyebar ke seluruh dunia. Oleh karena itu Indonesia dikenal
sebagai salah satu negara dengan keanekarangaman hayati terbesar di dunia
(megadiversity) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia (megacenter of
biodiversity) (Mac Kinnon, 1992).
23.Interaksi antarwilayah dapat melahirkan gejala
kenampakkan dan permasalahan baru, yang dapat mengakibatkan proses
pengerakan/dinamikan dalam kehidupan manusia. Proses pergerakan yang terkait
dengan kehidupan manusia adalah....
A. Pergerakan manusia, informasi dan materi/benda
B. Pergerakan manusia dan hewan
C. Urbanisasi dan budaya mudik
D. Pergerakan barang dan jasa
E. Pergerakan migrasi sirkuler
Kunci : A
Pembahasan :
Dalam analisis ekonomi regional harus disadari bahwa
dalam suatu wilayah terdapat perbedaan yang menciptakan suatu hubungan yang
unik antara suatu bagian dengan bagian lain dalam wilayah tersebut. Ada
tempat-tempat dimana penduduk/kegiatan berkonsentrasi dan ada tempat dimana
penduduk/kegiatan kurang terkonsentrasi. Hubungan antara kedua tempat tersebut
yang oleh Tarigan dikatakan sebagai hubungan antara kota dengan wilayah
belakangnya (hinterland). Lebih lanjut Tarigan menerangkan bahwa 49 hubungan
antara kota dan daerah belakangnya dapat dibedakan antara kota generatif, kota
parasitif dan kota enclave.
24.Adanya pertumbuhan penduduk yang pesat dan
berkurangnya ruang publik, maka mempengaruhi kesimbangan dengan lingkungan
sosial budaya . Begitu pentingnya peristiwa tersebut, sehingga membawa pengaruh
terhadap....
A. Kegiatan distribusi meningkat
B. Kebijakan khusus oleh pemerintah
C. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat
D. Kegiatan distribusi meningkat
E. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat
Kunci : B
Pembahasan:
Faktor lingkungan terdiri dari 1) lingkungan
sosial-budaya yaitu pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kebudayaan, dan agama;
2) lingkungan fisik dan biologi baik yang merupakan sumber daya alam maupun
rekayasa manusia. Termasuk di dalamnya sumber air, sanitasi lingkungan,
pencemaran, sumber vektor dan lainnya; Faktor gaya hidup meliputi sikap dan
perilaku. Faktor genetik meliputi sistem immunitas individu, dan penyakit yang
diturunltan; sedangltan faktor pelayanan kesehatan meliputi pencegahan,
pengobatan, perawatan dan rehabilitasi. Ada beberapa ruang terbuka (RTH dan RTNH)
yang dikategorikan sebagai ruang publik yang sangat penting dijaga
keberlangsungannya dalam suatu lingkungan permukiman kota, diantaranya sebagai
berikut: a. taman dan pekarangan, seperti taman perkotaan, taman hutan raya,
dan pekarangan rumah; b. fasilitas olahraga luar ruang (dengan permukaan alami
atau buatan, baik dimiliki oleh publik maupun privat), seperti lapangan tenis,
lapangan golf, sekolah, dan lapangan bermain; c. RTH untuk amenitas (pada
umumnya berada di perumahan), seperti ruang rekreasi informal, RTH komunal di
dalam dan sekitar perumahan, serta perdesaan; d. penyediaan fasilitas untuk
anak dan remaja, seperti taman bermain, lapangan basket, dll; e. koridor hijau,
seperti sungai, jalur pejalan kaki, dan jalur sepeda; f. RTH yang bersifat alami
dan semi-alami, seperti hutan kota, lapangan rumput, dll; g. pemakaman; dan h.
ruang publik, seperti pasar dan area perkerasan yang dirancang untuk pejalan
kaki.
25. Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah
perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku
masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada.
Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras
dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial.
Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan
menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan
menyampaikan informasi ke publik. Berikut ini pernyataan yang kurang tepat
kaitannya interaksi sosial dengan perubahan sosial adalah....
A. Perubahan sosial memengaruhi sistem sosialnya.
B. Nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara
kelompok-kelompok dalam masyarakat merupakan bagian dari perubahan sosial
C. Perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor
geografis suatu masyarakat
D. Ruang lingkup perubahan socialmeliputi unsur-unsur
kebudayaan, baik material maupun yang immaterial
E. Perubahan-perubahan dan dinamika sosial selalu
berhubungan dengan perubahan progresif
Kunci : E
Pembahasan :
Interaksi sosial antara komunitas masyarakat sekitar
dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni situasi sosial, kekuasaan norma
kelompok, tujuan pribadi, kedudukan dan kondisi individu serta penafsiran
situasi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam interaksi sosial antara komunitas
dengan masyarakat sekitar adalah perbedaan bahasa yang sulit dipahami oleh
masyarakat sekitar,dan adanya perbedaan nilai antara kedua kelompok sosial
tersebut.
26.Terdapat sekelompok remaja yang sengaja meninggalkan
rumah dan rela menjadi anak jalanan. Mereka merasakan kebebasan dan kesetaraan.
Salah satu geng punya slogan Equality. Salah satu alasanmereka hidup bersama
dalam satu kelompok, merasakan dalam satu keluarga, dan merasa saling
memberikan kasih sayang. Kasus ini menunjukkan...
A.Mereka hanya menggunakan sebagian hidupnya untuk
menikmati dunia
B.Memberontak sistem politik suatu negara yang dianggap
mengekang mereka
C.Remaja geng, sesungguhnya merindukan keluarga yang
mampu memberikan afeksi
D.Sesungguhnya geng ini menginginkan kehidupan sama rata
dan sama rasa, sehingga terwujud keselarasan
E.Geng tersebut menunjukkan bahwa keluarga mereka
rata-rata dari kalangan menengah ke bawah yang tidak punya waktu untuk
memberikan kasih sayang
Kunci : C
Pembahasan :
Pada materi pembahasan kali ini, kita akan melihat fungsi
dan peran kelembagaan sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang
terdapat di tengah-tengah masyarakat kita sendiri. Fungsi dan peran ini
berbeda-beda sesuai dengan maksud dan tujuan didirikanya lembaga sosial itu
sendiri. Ini artinya setiap lembaga sosial mempunyai aturan-aturan, alat dan
tanggungjawab sendiri-sendiri untuk mencapai tujuannya. Inti dari tujuan yang
dimaksud adalah ditujukan untuk mewujudkan hidup yang tertib dan aman.Fungsi
secara umum dari kelembagaan sosial ini, dapat kita kemukakan seperti berikut:
1. Sebagai pedoman bertingkah laku dan bersikap di dalam
masyarakat.
2. Alat untuk keutuhan dan kesatuan masyarakat.
3. Sebagai pengawas dan pengendali tingkah laku setiap
anggota (manusia) dalam bermasyarakat.
Lembaga sosial sering disebut pula pranata sosial.
Lembaga sosial terbentuk karena proses-proses sosial yang berlangsung lama di
dalam interaksi kemasyarakatan sehingga melembaga menjadi sebuah pranata
sosial.
27. Salah satu dampak negatif migrasi sirkuler terhadap
perubahan sosial budaya di masyarakat adalah munculnya paham yang menganggap
bahwa hidup ini bertujuan unrtuk mencari kebahagiaan duniawi sebanyak
mungkin.Paham ini sering disebut sebagai ….
A. Sekulerisme
B. Konsumerism
C. Hedonisme
D. Kapitalisme
E. Egiosme
Kunci : C
Pembahasan :
Migrasi sirkuler atau pergerakan penduduk dari suatu
wilayah menuju wilayah lain tanpa ada niat untuk menetap di daerah tujuan,
selain ada dampak positifnya,juga menimbulkan dampak negatif tehadap perubahan
sosial budaya di masyarakat yang lebih menonjolkan kehidupan duniawi, yaitu
memunculkan paham sekulerisme, konsumerisme, hedonisme. Fenomena mobilitas
sosial dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki dampak cukup
besar dalam kehidupan bermasyarakat. Dampak positif terhadap sosial budaya.
1) Menciptakan lapangan kerja
2) Menciptakan tenaga kerja profesional ‘
3) Menarik tenaga kerja asing
4) Peningkatan inefisiensi kerja
5) Memicu kegiataan ekonomi masyarakat
Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat
terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada
masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit.
Contohnya, masyarakat feodal atau pada masyarakat yang menganut sistem kasta.
Pada masyarakat yang menganut
sistem kasta, bila seseorang lahir dari kasta yang paling
rendah untuk selamanya ia tetap berada pada kasta yang rendah. Dia tidak
mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan
atau keahlian. Karena yang menjadi kriteria stratifikasi adalah keturunan.
Dengan demikian, tidak terjadi gerak sosial dari strata satu ke strata lain
yang lebih tinggi. Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan mobilitas
sosial ke atas adalah sebagai berikut:
Kenaikan penghasilan
Kenaikan penghasilan tidak menaikan status secara
otomatis, melainkan akan mereflesikan suatu standar hidup yang lebih tinggi.
Ini akan memengaruhi peningkatan status. Contoh: Seorang pegawai rendahan,
karena keberhasilan dan prestasinya diberikan kenaikan pangkat menjadi Menejer,
sehingga tingkat pendapatannya naik. Status sosialnya di masyarakat tidak dapat
dikatakan naik apabila ia tidak mengubah standar hidupnya, misalnya jika dia
memutuskan untuk tetap hidup sederhana seperti ketika ia menjadi pegawai
rendahan.
Perkawinan
Untuk meningkatkan status sosial yang lebih tinggi dapat
dilakukan melalui perkawinan. Contoh: Seseorang wanita yang berasal dari
keluarga sangat sederhana menikah dengan laki-laki dari keluarga kaya dan
terpandang di masyarakatnya. Perkawinan ini dapat menaikan status seorang
wanita tersebut.
Perubahan tempat
tinggal
Untuk meningkatkan status sosial, seseorang dapat
berpindah tempat tinggal dari tempat tinggal yang lama ke tempat tinggal yang
baru. Atau dengan cara merekonstruksi tempat tinggalnya yang lama menjadi lebih
megah, indah, dan mewah. Secara otomatis, seseorang yang memiliki tempat
tinggal mewah akan disebut sebagai orang kaya oleh masyarakat, hal ini
menunjukkan terjadinya gerak sosial ke atas.
Perubahan tingkah
laku
Untuk mendapatkan status sosial yang tinggi, orang
berusaha menaikkan status sosialnya dan mempraktikkan bentuk-bentuk tingkah
laku kelas yang lebih tinggi yang diaspirasikan sebagai kelasnya. Bukan hanya
tingkah laku, tetapi juga pakaian, ucapan, minat, dan sebagainya. Dia merasa
dituntut untuk mengkaitkan diri dengan kelas yang diinginkannya. Contoh: agar
penampilannya meyakinkan dan dianggap sebagai orang dari golongan lapisan kelas
atas, ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus. Jika bertemu dengan
kelompoknya, dia berbicara dengan menyelipkan istilah-istilah asing.
Perubahan nama
Dalam suatu masyarakat, sebuah nama diidentifikasikan
pada posisi sosial tertentu. Gerak ke atas dapat dilaksanakan dengan mengubah
nama yang menunjukkan posisi sosial yang lebih tinggi. Contoh: Di kalangan
masyarakat feodal Jawa, seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan
mendapat sebutan "kang" di depan nama aslinya. Setelah diangkat
sebagai pengawas pamong praja sebutan dan namanya berubah sesuai dengan
kedudukannya yang baru seperti "Raden"
28. Perhatikan kurva di bawah ini !
Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menunjukkan
hubungan antara penawaran dan harga ?
A. Terdapat hubungan positif antara harga dengan jumlah
barang yang ditawarkan
B. Jumlah barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan
tingkat harga barang
C. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah
barang yang ditawarkan
D. Semakin naik tingkat harga, semakin sedikit jumlah
barang yang yang ditawarkan
E. Semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin
berkurang yang membelinya
Kunci : A
Pembahasan :
Menurut hukum penawaran, jika harga barang meningkat,
jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat pula dengan sayarat ceteris
paribus (faktor lain dianggap tetap) .Dengan kata lain terdapat hubungan
positif antara tingkat harga dengan penawaran.Produsen akan diuntungkan jika
harga barang mengalami kenaikan, sehingga ia akan meningkatkan jumah produksi
barangnya.
29. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang
mencerminkan konektivitas antar ruang dalam kehidupan ekonomi ?
A. Penduduk desa melakukan migrasi ke kota dalam rangka
mencari pekerjaan
B. Penduduk kota kebanyakan bermata pencaharian di sektor
jasa
C. Sebagian besar penduduk desa bermatapencaharian di
sektor pertanian
D. Tidak semua daerah di Indonesia menghasilkan bahan
bakar minyak
E. Sebagaian besar penduduk yang tinggal di daerah pantai
bekerja sebagai nelayan
Kunci : A
Pembahasan :
Konektivitas artinya ketergantungan dalam kehidupan
masyarakat dapat dibedakan atas konektivitas antar ruang dan antar
waktu.Konektivitas antar ruang menujukkan adanya ketergantungan antar ruang,
misalnya antardesa dan kota. Dalam kehidupan ekonomi, konektivitas antar ruang
sering terjadi contohnya banyak orang desa mencari pekerjaan ke kota karena
lapangan pekerjaan banyak tersedia di kota,sedangkan di desa hanya terbatas
pada sektor pertanian. Akibatnya banyak penduduk desa yang pergi ke kota untuk
mencari pekerjaaan. Selain terjadi migrasi warga desa ke kota juga adanya
pendistribusian pendapatan yang terjadi antar warga.
30. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan karakeristik
kehidupan ekonomi masyarakat desa, kecuali …
A. Penduduk desa kebanyakan bekerja di sektor pertanian
B. Terorganisir pada paguyuban petani
C. Standar penghasilan berbeda beda
D. Menghasilkan produk kerajinan
E. Menggunakan standar upah minimum regional
Kunci : E
Pembahasan :
Kehidupan ekonomi masayarakat desa memiliki karakeristik
yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat kota.Mayoritas
bekerja di sektor pertanian, menghasilkan produk kerajinan dan pertanian,
standar penghasilannya berbeda-beda karena tidak terikat upah minimum,
terorganisir pada paguyuban atau kelompok petani
31. Perubahan kehidupan pada masa neolithikum sering
disebut sebagai zaman revolusi kebudayaan manusia masa praaksara, dikarenakan....
A.Dikenalnya peralatan yang semakin halus, menunjukan
kemajuan teknologi
B.Masyarakat praaksara mulai mengenal bangunan-bangunan
besar seperti punden berundak dan menhir
C.Mulai dikenalnya teknologi pengecoran logam,
menunjukkan perubahan kebudayaan dari jaman batu ke jaman logam
D.Bercampurnya kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu
yang menghasilkan kebudayaan baru
E.Mulainya kehidupan menetap yang berpengaruh dan
dipengaruhi bidang-bidang kehidupan lainnya
Kunci : E
Pembahasan:
Kebudayaan manusia purba pada jamanbatu dapat dibedakan
menjadi empat, yaitu jaman batu tua (palaeolithikum), jaman batu tengah
(mezolithikum), dan batu baru (neolithikum), dan megalithikum. Setelah itu
manusia mengenal logam, sehingga disebut jaman logam. Pada masa jaman logam
kebudayaan jaman batu tetap berkembang.
1.Zaman batu tua (palaeolithicum)
· Peralatan terbuat
dari batu atau tulang yang masih kasar.
· Jenis alat yang
dipergunakan adalah kapak genggam, kapak perimbas dan alat serpih.
· Manusia hidup
mencari makan dengan meramu dan berburu.
· Bertempat tinggal
secara nomaden (berpindah-pindah).
· Belum mengenal seni.
2. Zaman batu madya (mesolithicum)
· Kehidupan belum
menetap
· Ditemukan Kjokkenmoddinger,
yaitu: bukit-bukit karang hasil sampah dapur.
· Ditemukan Abris Sous
Roche, yaiu gua-gua sebagai tempat tinggal.
· Manusia zaman ini
sudah mengenal seni yang berupa lukisan pada dinding gua. Lukisan ini berbentuk
cap tangan dan babi hutan.
· Alat yang digunakan
disebut peble atau kapak Sumatera.
3. Zaman batu muda (neolithicum)
Zaman ini merupakan revolusi pada masa prasejarah. Telah
terjadi perubahan yang mendasar pada corak kehidupan dan cara bertempat tinggal
maupun peralatan hidupnya.
· Peralatan sudah
dihaluskan bahkan diberi tangkai.
· Jenis alat yang
diguakan adalah kapak persegi dan lonjong.
· Pakaiannya terbuat
dari kulit kayu. Perhiasannya terbuat dari batu dan manik-manik.
· Telah bertempat
tinggal menetap/sedenter.
· Telah memiliki
kemampuan bercocok tanam.
· Telah menganut
kepercayaan animisme dan dinamisme.
4. Zaman batu besar (megalithicum) Disebut zaman batu
besar karena hasil-hasil kebudayaan umumnya terbuat dari batu dalam ukuran
besar. Adapun hasil-hasil kebudayaan zaman ini adalah benda-benda berikut:
Menhir: yaitu suatu tugu yang terbuat dari batu besar. Biasanya menhir ini
digunakan untuk tempat memuja arwah leluhur.
· Dolmen: yaitu meja
batu yang digunakan untuk meletakkan sesaji.
· Kubur batu: yaitu
tempat menyimpan mayat. Kubur batu ini berbentuk persegi panjang, dan terbuat
dari lempengan-lempengan batu.
· Waruga: adalah kubur
batu yang berbentuk kubus.
· Sarkofagus: adalah
kubur batu yang berbentuk lesung. Sarkofagus terbuat dari satu batu.
· Punden berundak:
merupakan suatu bangunan yang terbuat dari batu. Batu-batu itu di susun
berundak-undak atau bertingkat.
32. Raja Tarumanegara, Purnawarman memerintahkan
pembuatan terusan sungai dengan maksud...
A.Memindahkan pusat kekuasaan Kerajaan Tarumanegara ke pesisir
selatan Jawa Barat
B. Memperjelas batas dengan kerajaan lain
C. Mendorong aktivitas perekonomian di Kerajaan
Tarumanegara
D. Benteng menahan serangan musuh dari arah laut
E.Menunjukkan bahwa kerajaan Tarumanegara merupakan KerajaAn
yang kaya
Kunci : C
Pembahasan :
Sejak tahun 400-500 Mkerajaan Tarumanegara terletak tidak
jauh dari pantai utara Jawa Barat. Berdasarkan prasasti-prasasti yang
ditemukan, letak pusat Kerajaan Tarumanegara kira-kira di antara Sungai Citarum
dan Cisadane Bukti keberadaan kerajaan ini ditunjukkan dengan ditemukannya
beberapa prasasti yang juga berhuruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Sumber
sejarah kerajaan Tarumanegara terutama sekali tujuh buah prasasti.
Prasasti-prasasti itu berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta.
Ketujuh prasasti tersebut adalah sebagai berikut.
1) Prasasti Ciaruteun
Prasasti ini ditemukan di pinggir sungai Ciaruron yang
muaranya dekat dengan sungai Cisadane. Dalam prasasti ini tertulis bahwa “ini
bekas dua kaki yang seperti kaki dewa Wisnu adalah kaki Yang Mulia Sang
Pūrnawarman, raja di negeri Tārumā, raja yang gagah berani di dunia”.
2) Prasasti Kebon Kopi
Prasasti Kebon Kopi terdapat di Kampung Muara Hilir, Kecamatan
Cibung-bulang, Bogor. Pada prasasti ini ada pahatan gambar tapak kaki gajah
yang disamakan dengan tapak kaki gajah Airawata (gajah kendaraan DewaWisnu).
3) Prasasti Jambu
Prasasti Jambu ditemukan di perkebunan jambu, Bukit
Koleangkok, kira-kira 30 km sebelah barat Bogor. Dalam prasasti itu disebut bahwa
Raja Purnawarman adalah raja yang gagah, pemimpin yang termasyhur, dan baju
zirahnya tidak dapat ditembus senjata musuh.
4) Prasasti Tugu
Prasasti Tugu ditemukan di Desa Tugu, Cilincing, Jakarta.
Prasasti ini menerangkan tentang penggalian saluran Gomati dan Sungai
Candrabhaga. Mengenai nama Candrabhaga, Purbacaraka mengartikan candra sama
dengan bulan sama dengan sasi. Jadi, Candrabhaga menjadi sasibhaga dan kemudian
menjadi Bhagasasi kemudian menjadi bagasi, akhirnya menjadi menjadi Bekasi.
5) Prasasti Pasir Awi
Prasasti Pasir Awi ditemukan di daerah Bogor.
6) Prasasti Muara Cianten
Prasasti Muara Cianten ditemukan di daerah Bogor.
7) Prasasti Lebak
Prasasti Lebak ditemukan di tepi Sungai Cidanghiang,
Kecamatan Muncul, Banten Selatan. Prasasti ini menerangkan tentang keperwiraan,
keagungan, dan keberanian Purnawarman sebagai raja dunia. Kerajaan Tarumanegara
diperkirakan berkembang pada abad ke-5 M dengan raja terkenal adalah
Purnawarman. Ia dikenal sebagai raja yang jujur, adil, dan arif di dalam
memerintah yang kekuasaannya sampai ke daerah Banten. Kerajaan Tarumanegara
telah menjalin hubungan dengan kerajaan lain, misalnya dengan Cina. Dalam
kehidupan agama, sebagian besar masyarakat Tarumanegara memeluk agama Hindu.
Berdasarkan berita dari Fa[1]Hien,
di Tolomo ada tiga agama, yakni agama Hindu, agama Budha dan kepercayaan
animisime. Raja memeluk agama Hindu. Hal itu diperkuat dengan adanya gambar
tapak kaki raja yang diibaratkan tapak kaki Dewa Wisnu, pada prasasti
Ciaruteun. Untuk memajukan bidang pertanian, raja memerintahkan pembangunan
irigasi dengan cara menggali sebuah saluran sepanjang 6112 tumbak (±11 km).
Saluran itu disebut dengan Sungai Gomati. Saluran itu selain berfungsi sebagai
irigasi juga untuk mencegah bahaya banjir. Dari berita ini juga dapat diketahui
bahwa penduduk Tarumanegara sudah mengenal penanggalan. Sebab dikatakan bahwa
pelaksanaan penggalian saluran itu dimulai pada tanggal 8 paro petang bulan
Palguna dan diakhiri pada tanggal 13 paro terang bulan Caitra. Dalam prasasti
itu tidak disebutkan tahunnya. Setelah selesai penggalian, raja mengadakan
upacara kurban dengan memberikan hadiah 1.000 ekor lembu kepada para brahmana.
Raja juga memerintahkan mengadakan penggalian Sungai Candrabhaga. Sampai abad
ke-7, perkembangan Kerajaan Tarumanegara masih dapat diketahui. Misalnya, pada
waktu Tarumanegara mengirim utusan ke Cina. Akan tetapi dalam perkembangan
berikutnya tidak ada keterangan yangjelas.
Pengaruh Perkembangan Agama Hindu-Budha terhadap
Masyarakat Indonesia
1 . Seni Bangunan
Bentuk candi-candi di Indonesia yang pada hakikatnya
adalah punden berundak. Punden berundak merupakan unsur Indonesia asli. Candi
Borobudur merupakan salah satu contoh dari bentuk akulturasi tersebut.
2. Seni Rupa dan Seni Ukir
Relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagarlangkan
di Candi Borobudur yang merupakan pahatan riwayat Sang Budha. Di sekitar Sang
Budha terdapat lingkungan alam Indonesia, seperti rumah panggung dan burung
merpati.
3. Seni Sastra dan Aksara
Berkembangnya huruf Pallawa dari India ke Indonesia, mendorong
berkembangnya karya-karya sastra. Pada prasasti[1]prasasti ada unsur
India dengan unsur budaya Indonesia. MisaInya, ada prasasti dengan hurufNagari
(India) dan huruf Bali Kuno (Indonesia). Salah satu pengaruh yang sangat
terkenal dari kedatangan Hindu Budha di Indonesia adalah perkembangan seni
sastra dan aksara atau tulisan. Bentuk wiracarita ternyata sangat terkenal di
Indonesia, terutama kitab Ramayana dan Mahabarata. Kemudian timbul wiracarita
hasil gubahan dari para pujangga Indonesia. Misalnya, Baratayuda yang digubah
oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Juga munculnya cerita-cerita berbentuk
Carangan. Walaupun naskah tersebut kandungan utamanya berasal dari India, namun
telah digubah oleh para sastrawan Indonesia.
4. Filsafat dan Sistem Kepercayaan
Ketika pengaruh India masuk, pemujaan terhadap roh nenek
moyang tidak punah. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi candi
di Indonesia selain sebagai tempat pemujaan juga sebagai tempat menyimpan abu
jenazah tokoh yang telah meninggal dunia. Tentunya tidak semua candi berfungsi
seperti itu. Di atas peripih tempat penyimpanan abu jenazah raja didirikan
patung raja dalam bentuk mirip dewa yang dipujanya. Ini jelas merupakan
perpaduan antara- fungsi candi di India dengan tradisi pemakaman dan pemujaan
roh nenek moyang di Indonesia.
5. Sistem Pemerintahan
Kedatangan agama Hindu Budha di Indonesia dapat dikatakan
hanya meneruskan sistem yang terbentuk dalam masyarakat Indonesia. Bahwa
munculnya berbagai kerajaan Hindu Budha di Indonesia telah diawali dengan
munculnya sistem pemerintahan kesukuan masyarakat Indonesia. Kepercayaan bahwa
pemimpin harus mempunyai berbagai kelebihan kemudian bergabung dengan
kepercayaan Hindu Buddha tentang keududukan seorang raja. Setelah pengaruh
India masuk, maka pemimpin suku diubah menjadi raja dan wilayahnya disebut
kerajaan. Hal ini secara jelas terjadi di Kutai. Sehingga, semenjak itulah
tumbuh dan berkembang kerajaan bercorak Hindu Buddha di Indonesia.
33. Pernyataan berikut yang bukan produk karya sastra
yang berkembang pada masa kerajaan-kerajaan Islam....
A.Hikayat, cerita atau dongeng yang berpangkal dari
peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk peristiwa atau tokoh
sejarah. Contoh hikayat yang terkenal adalah Hikayat Amir Hamzah.
B.Kitab Sutasoma yang merupakan karangan Mpu Prapanca
pada zaman Kerajaan Majapahit begitu berarti bagi bangsa Ini, sebab Semboyan
Negara Republik Indone-sia Bhinneka Tunggal Ikadiambil dari Kitab ini
C.Babad, kisah pujangga keraton sering dianggap sebagai
peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.
D. Suluk, kitab yang membentang-kan soal-soal tasawuf
contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang, dan lainnya.
E.Syair, seperti Syair Abdul Muluk dan Gurindam Dua Belas
Kunci : B
Pembahasan :
A. Akulturasi Kebudayaan Tradisi Lokal, Hindu Budha dan
Islam Beberapa contoh bentuk akulturasi antara kebudayaan Islam dengan
kebudayaan Indonesia yang telah berkembang sebelunya adalah sebagai berikut.
1. Bentuk Akulturasi dalam Seni Bangunan
a. Bangunan Masjid sebagai tempat ibadah
Masjid Demak dibangun pada abad XV M, ketika Islam mulai berkembang
di Jawa. Bangunan Masjid Demak dan salah satu masjid kuno di Aceh tersebut
memiliki kemiripan. Bentuk bangunan Masjid yang merupakan hasil akulturasi
memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a) Bentuk atap tumpang yang nampak dalam bangunan masjid di
atas menunjukkan adanya perpaduan dengan bangunan agama Hindu yakni bentuk meru
pada bangunan suci (pure). Di Arab, umumnya atap masjid berbentuk kubah. Atap
bersusun (tumpang) jumlahnya biasanya selalu ganjil.
b) Bangunan masjid kuno di Indonesia sebagian besar tidak
mempunyai menara. Hal ini berbeda dengan bangunan-bangunan masjid di Mesir dan
Masjid Abas di Karbala, Irak, memiliki menara yang sangat tinggi dan megah.
Masjid Kudus dan masjid Banten adalah salah satu masjid yang mempunyai menara
yang bentuknya sangat unik. Menara Kudus merupakan sebuah candi langgam Jawa
Timur dan juga mirip dengan Bale Kulkul (bagian bangunan sebuah Pure).
b. Bangunan Makam dan Upacara pemakaman
Pada jaman kuno mayat dimasukkan dalam kubur batu, pada
jaman islam ada yang dimasukkan dalam peti. Saji-sajian dan selamatan yang
telah berkembang pada jaman pra sejarah dan Hindu-Budha masih berkembang dalam
tradisi masyarakat Islam terutama di Jawa.
c. Seni Ukir
Pada masa Hindu Budha, seni ukir dan seni pahat
berkembang sangat pesat. Pembuatan relif dan patung yang menggambarkan makhluk
hidup banyak kamu jumpai di berbagai candi Hindu Budha. Ajaran Islam melarang
melukis makhluk hidup apalagi membuat patung. Berkembangnya pengaruh Islam
memang membuat seni pembuatan patung menurun, tetapi tidak halnya dengan seni
pahat. Seni pahat atau seni ukir terus berkembang dengan beberapa modofikasi.
Para seniman kemudian mengembangkan seni hias dan seni ukir dengan motif
daun-daunan dan bunga-bungaan. Bahkan dijumpai penggambaran makhluk hidup yang
disamarkan dengan gambar atau pahatan daun yang disebut dengan stilir.
d. Aksara dan Seni Sastra
Hindu Budha membawa pengaruh tulisan dan bahasa. Islam
masuk juga membawa pengaruh bahasa dan tulisan berupa huruf Arab dan Bahasa
Arab. Berkembang beberapa contoh karya sastra pada masa perkembangan agama
Islam di Indonesia seperti :
1) Hikayat Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita
sejarah yang menarik, penuh keajaiban, atau hal-hal yang kadang-kadang tidak
masuk akal. Hikayat ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa).
Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat Khaidir, Hikayat
si Miskin, Hikayat 1001 Malam, Hikayat Bayan Budiman, dan Hikayat Amir Hamzah
adalah contoh hikayat yang cukup terkenal.
2) Babad Babad berisi cerita sejarah, tetapi isinya tidak
selalu berdasarkan fakta. Tulisan Babad berisinya campuran antara fakta
sejarah, mitos, dan kepercayaan. Iutlah sebabnya, babad sering disamakan dengan
hikayat. Di tanah Melayu tulisan yang mirip dengan babad dikenal dengan sebutan
tambo atau silsilah. Contoh babad adalah Babad Tanah Jawi, Babad Cirebon, Babad
Mataram, dan Babad Surakarta.
3)Suluk Suluk adalah karya sastra yang berupa kitab-kitab
dan isinya menjelaskan soal-soal tasawuf.
Contoh suluk antara lain;
a) Suluk Sukarsa, isinya mengisahkan perjalanan hidup Ki
Sukarsa dalam mencari ilmu untuk mendapatkan kesempumaan hidup.
b) Suluk Wujil, berisi wejangan atau ajaran Sunan Bonang
kepada Wujil, yakni seorang kerdil yang pemah menjadi abdi di Kerajaan
Majapahit.
c) Suluk Malang Sumirang, berisi penghormatan dan pujian
terhadap seseorang yang telah mencapai kesempumaan, mendekatkan diri, dan
menyatu dengan Tuhan.
e. Kesenian
1)Permainan debus,
2) Seudati,
3) Wayang
f. Sistem Pemerintahan
Pada zaman Hindu-Budha raja dikenal sebagai titisan dewa
(penjelmaan dewa), sedangkan raja-raja (sultan) dari kerajaan Islam diakui
sebagai khalifah (wakil Tuhan) di muka bumi ini.
g. Kalender
Sultan Agung, Raja Mataram, yang telah menggabungkan
antara kalender jawa dengan kalender Islam dimulai pada tanggal 1 Muharam tahun
1043 H, atau tanggal 1 Sura tahun 1555 Jawa, tepatnya 8 Agustus 1633.
h. Filsafat
Perkembangan filsafat pada masa penyebaran Islam di
Indonesia sangat dipengaruhi oleh ajaran tasawuf.
i. Bentuk Bentuk Akulturasi dalam berbagai
bentuk upacara
Kamudapat mengamati terjadinyaakulturasi kebudayaan dalam
berbagai bentuk laiinya. Seperti dalam tradisi kelahiran, perkawinan, dan
kematian. Acara gerebeg sekaten yang masih marak di Demak, Solo dan Yogya
hingga saat ini. Acara ini sebagai bentuk ucapan syukur dari sultan kepada
Tuhan.
34. 6. Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967 merupakan pijakan
tujuan didirikan ASEAN. Berikut ini merupakan kegiatan yang bertentangan dengan
Deklarasi Bangkok adalah ....
A.Memperkuar persenjataan negara-negara ASEAN untuk
memperkuat pertahanan dan menyerang lawan anggota negara ASEAN
B.Mempercepat kawasan pasar bebas sebagai upaya
mempercepat pertumbuhan ekonomi ASEAN
C.Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan,
latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
D. Memperluas jaringan pendidikan di negara-negara ASEAN
E.Bekerjasama mengatasi masalah perdagangan manusia dan
obat[1]obatan
terlarang
Kunci : A
Pembahasan:
Kerja sama ASEAN di Bidang Ekonomi
Perlu kita ketahui, semenjak ASEAN didirikan, kerjasama
pada bidang ekonomi yang terjalin diantara negara-negara anggota maupun negara
bukan anggota sudah berjalan dengan baik. Adapun bentuk-bentuk kerjasama ASEAN
dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.
1. Pembukaan pusat promosi ASEAN
Mendengar kata promosi, kita sering mengkaitkan dengan
hal-hal yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang sedang
dipromosikan. Begitu juga ASEAN. Meskipun ASEAN sudah dikenal oleh berbagai
negara-negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya
pada dunia luar. Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan,
pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara
Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai
sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan
peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga
meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.
2. Penyediaan Cadangan Pangan
Seperti yang telah kita ketahui, beberapa negara anggota
ASEAN seperti Thailand, Indonesia, dan Kamboja dikenal sebagai lumbung padi
ASEAN. Sampai sekarang ini, negara-negara tersebut konsinten dalam penyediaan
cadangan pangan bagi negara-negara anggota ASEAN. Bentuk kerjasama dalam
penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerjasama yang saling
menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya ketika negara
salah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana, maka
negara lain siap mensuplai cadangan pangan untuk negara tersebut. Beberapa
negara anggota ASEAN yang telah mempersiapkan diri untuk menjadi penyedia
cadangan pangan untuk keadaan darurat adalah Indonesia, Malaysia, Filipina,
Thailand, dan Singapura.
3. Penyelanggaraan Proyek Industri
Dalam menjalin kerjasamanya di bidang ekonomi,
negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama melebarkan sayap kerjasamanya
dalam sektor industri. Sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN
sangat beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri ini dilakukan
untuk kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN. Beberapa proyek industri
yang dilakukan oleh ASEAN meliputi industri pupuk, tembaga, vaksin, dan abu
soda. Adapun beberapa proyek industrinya adalah sebagai berikut: ASEAN Aceh
Fertilizer Project yang merupakan pabrik pupuk di Aceh-Indonesia. ASEAN Urea
Project yang merupakan pabrik pupuk di Malaysia. ASEAN Copper Fabrication
Project yang merupakan pabrik industri tembaga di Filipina. ASEAN Vaccine
Project yang memproduksi vaksin di Singapura. Rock Salt Soda Ash Project yang
memproduksi abu soda di Thailand.
4. Kawasan Perdagangan Bebas
Kawasan perdagangan Bebas ASEAN atau yang biasa disebut
dengan AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan bentuk kerjasama negara-negara
ASEAN di bidang ekonomi yang merupakan suatu persetujuan dalam pengelolaan
sektor produksi[1]produksi
lokal yang ada di seluruh negara-negara ASEAN tanpa terkecuali. Keberadaan AFTA
guna meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN dalam melakukan produksi untuk
pasar dunia dengan adanya penghapusan bea dalam ASEAN itu sendiri. Selain itu,
dengan adanya AFTA dapat meningkatkan investasi oleh pihak asing secara langung
untuk negara-negara ASEAN.
5. Koperasi ASEAN
Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO)
merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi.
Oganisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk
meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN. Dalam tujuannya, koperasi ASEAN
mempunyai keinginan untuk mengkokokah organisasinya sebagai sebuah gerakan
koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.
Kerja sama ASEAN di Bidang Politik
Kerjasama negara-negara ASEAN juga dilakukan dalam bidang
politik. Kerjasama yang dilakukan dalam bidang politik didasarkan pada sistem
hukum internasionalagar kerjasama yang terjalin tidak menimbulkan penyebab
sengketa internasionalkarena adanya perbedaan sistem politik di berbagai
negara. Adapun bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut.
1. Defense Ministers Meeting ASEAN Defense Ministers
Meeting (ADMM) adalah bentuk kerjsama di bidang politik negara-negara ASEAN
yang merupakan pertemuan rutin diantara menteri keamanan yang ada di
negara-negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas mengenai
kerjasama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara
ASEAN.
2. Pengiriman Duta dan Konsulat Sebagai negara-negara
yang menjaling hubungan secara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan
konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan
konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebut dalam
berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.
Pengiriman duta dan konsulat merupakan hal yang rutin untuk dilakukan agar
wakil negara selalu ada dalam menajalankan fungsi dan perannya sebagai bagian
dari ASEAN.
3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara ASEAN merupakan bentuk
kerjasama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan
diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstradisi,
negara-negara di ASEAN dapat melakukan kerjasama untuk mengembalikan tersangka
ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.
4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerjasama
negara[1]negara
ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN.
Dalam perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata
nuklir di ASEAN.
5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral Perjanjian
kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerjasama negara-negara di ASEAN
untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai. Kata bebas dalam
perjanjian ini mempunyai makna bahwa setiap negara-negara ASEAN mempunyai hak
untuk melakukan sesuatu secara bebas namun tidak melanggar perjanjian atau
ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi kesepatakan dalam ASEAN. Kata netral
berarti negara-negara ASEAN tidak ikut campur atau mengintervensi konflik yang
terjadi di negara-negara lain, termasuk di negara ASEAN sendiri. Terlepas dari
keuntungan dan peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN, organisasi ini telah
memiliki kerjasama di berbagai aspek dan bidang. Bentuk kerjasama ini tidak
hanya dilakukan dengan sesama negara anggota saja, tetapi juga dilakukan dengan
negara-negara lain di luar anggota ASEAN seperti Jepang dan negara[1]negara
Uni Eropa.
35. Piagam ASEAN 15 Desember 2008, menjadikan ASEAN
organisasi kawasan dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal
personality. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat kaitannya dengan
Piagam ASEAN 2008, kecuali....
A.Upaya mempercepat pembentukan Komunitas ASEAN guna
akselerasi pembangunan masyarakat ASEAN
B.Piagam ASEAN 2008 mempertegas kembali Deklarasi ASEAN
Concord II (Bali Concord II)
C.Penyebutan kata We, the Peoples dalam Piagam ASEAN
memperlihatkan bahwa pembentukan komunitas ASEAN menjadi keinginan seluruh
lapisan anggota masyarakat
D. Komunitas ASEAN akan memperluas kerjasama dalam bidang
militer untuk membuat pakta pertahanan ASEAN
E.Komunitas ASEAN didasarkan pada tiga pilar, yaitu kerja
sama politik dan keamanan, kerja sama ekonomi, dan kerja sama sosial budaya
Kunci : D
Pembahasan :
Pengaruh Kerja Sama Asean bagi Indonesia Kerja sama pada
keempat bidang di atas memberikan dampak bagi negara-negara anggota Asean (baca
juga: keuntungan dan kerugian kerja sama antar negara).
Adapun beberapa dampak yang secara khusus dirasakan
Indonesia meliputi:
Pengaruh Positif
1. Memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja
Indonesia untuk bekerja di sektor perekonomian negara anggota Asean;
2. Mampu meningkatkan daya tarik investor asing untuk
menanamkan modal di sektor ekonomi dan pariwisata Indonesia;
3. Menjadi ajang promosi budaya dan unjuk prestasi
Indonesia sebagai upaya menunjukkan eksistensi Indonesia di ranah regional
Asean;
4. Menjadi wadah untuk mencari referensi pengembangan
negara dalam sektor budaya, sosial, politik, dan ekonomi dari negara-negara
anggota Asean yang lebih maju dibandingkan Indonesia.
Pengaruh Negatif:
1. Memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja asing
untuk bekerja di Indonesia dengan kualitas SDM yang lebih mumpuni dibandingkan
kualitas SDM Indonesia;
2. Masuknya budaya negara lain dapat juga memberikan
ancaman bagi generasi muda apabila mereka lebih mencintai budaya negara lain
daripada budaya Indonesia;
3. Mampu meningkatkan budaya konsumtif masyarakat
Indonesia dengan mudahnya memperoleh barang-barang produksi negara[1]negara
Asean lainnya dengan adanya AFTA (baca juga: dampak pasar bebas Asean bagi
Indonesia).
36. Berikut ini pernyataan yang bukan merupakan peran
atau keuntungan Indonesia dalam organisasi internasional adalah ....
A.Indonesia adalah salah satu penggagas OKI sehingga
turut menentukan berbagai keputusan penting OKI
B.Indonesia adalah salah satu penggagas Konferensi ASIA
Afrika (KAA) yang ditunjukan dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah KAA
tahun 1955
C.Indonesia pernah memperoleh mandat dari OKI tahun 1993
untuk memfasilitasi perundingan damai antara Moro National Liberation Front
(MNLF) dengan pemerintah Filipina
D. Indonesia memperoleh bantuan keuangan dari IDB yang
dimanfaatkan untuk pembangunan di Indonesia
E.Indonesia bukan anggota tetap Dewan Keamanan PBB,
tetapi Indonesia berperan aktif dalam berbagai program PBB
Kunci : A
Pembahasan :
Peranan Indonesia dalam PBB
Republik Indonesia tidak hanya menerima bantuan dari PBB
akan tetapi juga berperan aktif baik secara langsung maupun tidak langsung
terhadap PBB, yakni sebagai berikut.
(a) Secara tidak langsung, Indonesia ikut menciptakan
perdamaian dunia melalui kerja sama dalam konferensi Asia Afrika, ASEAN, maupun
Gerakan Non Blok.
(b) Secara langsung yakni Indonesia mengirimkan Pasukan
Garuda atau Kontingen Garuda (KONGA) sebagai sumbangan terhadap PBB untuk
menciptakan perdamaian dunia.
Peranan Indonesia dalam KAA
(a) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat
penyelenggaraan Konferensi Pancanegara II yang berlangsung tanggal 28-29
Desember 1954 di Bogor (Jawa Barat). Konferensi ini sebagai pendahuluan dari
KAA.
(b) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat
penyelenggaraan KAA yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung
Merdeka Bandung (Jawa Barat). Dalam konferensi ini beberapa tokoh Indonesia
menduduki peranan penting, diantaranya adalah : Ketua Konferensi: Mr. Ali
Sastroamidjoyo Sekretaris Jenderal Konferensi : Ruslan Abdulgani Ketua Komite
Kebudayaan : Mr. Muh. Yamin Ketua Komite Ekonomi : Prof. Ir. Roseno
(c) Dalam KAA Indonesia termasuk salah satu penggagas
pertemuan tersebut bersama Mesir dan India sehingga diadakan untuk yang pertama
kalinya di Bandung tahun 1955.
Peranan Indonesia dalam ASEAN
Peranan Indonesia dalam ASEAN sangat besar diantaranya
sebagai berikut.
(a) Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa
berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.
(b) Indonesia berusaha membantu pihak-pihak yang
bersengketa untuk mencari penyelesaian dalam masalah Indocina. Indonesia
berpendapat bahwa penyelesaian Indocina secara keseluruhan dan Vietnam
khususnya sangat penting dalam menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.
Pada tanggal 15-17 Mei 1970 di Jakarta diselenggarakan konferensi untuk
membahas penyelesaian pertikaian Kamboja. Dengan demikian Indonesia telah
berusaha menyumbangkan jasa-jasa baiknya untuk mengurangi ketegangan[1]ketegangan
dan konflik-konflik bersenjata di Asia Tenggara.
(c) Indonesia sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat
Tinggi (KTT) Pertama ASEAN yang berlangsung di Denpasar, Bali pada tangga 23-24
Februari 1976.
(d) Pada tanggal 7 Juni 1976 Indonesia ditunjuk sebagai
tempat kedudukan Sekretariat Tetap ASEAN dan sekaligus ditunjuk sebagai
Sekretaris Jendral Pertama adalah Letjen. H.R. Dharsono yang kemudia digantikan
oleh Umarjadi Njotowijono.
(e) Indonesia menjadi tempat pembuatan pupuk se-ASEAN,
tepatnya di Aceh yang nantinya akan digunakan negara-negara ASEAN, otomatis
Indonesia mendapatkan keuntungan dan juga bisa mengurangi pengangguran di
Indonesia.
Peranan Indonesia dalam KAA
(a) Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat
penyelenggaraan Konferensi Pancanegara II yang berlangsung tanggal 28-29
Desember 1954 di Bogor (Jawa Barat). Konferensi ini sebagai pendahuluan dari
KAA.
(b) Indonesia ikut
memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan KAA yang berlangsung pada
tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Bandung (Jawa Barat). Dalam
konferensi ini beberapa tokoh Indonesia menduduki peranan penting, diantaranya
adalah :
Ketua Konferensi: Mr. Ali Sastroamidjoyo
Sekretaris Jenderal Konferensi: Ruslan Abdulgani
Ketua Komite Kebudayaan: Mr. Muh. Yamin
Ketua Komite Ekonomi : Prof. Ir. Roseno
(c) Dalam KAA Indonesia termasuk salah satu penggagas
pertemuan tersebut bersama Mesir dan India sehingga diadakan untuk yang pertama
kalinya di Bandung tahun 1955.
Peranan indonesia dalam ASEAN
(a) Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa
berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.
(b) Indonesia berusaha membantu pihak-pihak yang
bersengketa untuk mencari penyelesaian dalam masalah Indocina. Indonesia
berpendapat bahwa penyelesaian Indocina secara keseluruhan dan Vietnam
khususnya sangat penting dalam menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.
Pada tanggal 15-17 Mei 1970 di Jakarta diselenggarakan konferensi untuk
membahas penyelesaian pertikaian Kamboja. Dengan demikian Indonesia telah
berusaha menyumbangkan jasa-jasa baiknya untuk mengurangi ketegangan[1]ketegangan
dan konflik-konflik bersenjata di Asia Tenggara.
(c) Indonesia sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat
Tinggi (KTT) Pertama ASEAN yang berlangsung di Denpasar, Bali pada tangga 23-24
Februari 1976.
37. 9. MEA yang telah berjalan di kawasan Asia Tenggara
memiliki dampak negatif dan positif bagi kehidupan sosial budaya masyarakat.
Berikut ini merupakan pernyataan yang benar terkait dengan pengaruh MEA dalam
terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat ASEAN, kecuali....
A. Kemudahan keluar masuk barang-barang dari berbagai
wilayah menyebabkan perubahan tradisi kegiatan ekonomi masyarakat
B. MEA memudahkan masyarakat mencari pekerjaan yang
sesuai karena kebebasan masyarakat untuk mencari pekerjaan di negara ASEAN
C. MEA mendorong sikap toleransi dan keberagaman karena
interaksi yang semakin masif antar masyarakat ASEAN
D. MEA berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup
masyarakat diakibatkan hubungan yang semakin masif antar masyarakat ASEAN
E. Dengan semakin intensifnya hubungan antar masyarakat,
perasaan saling memahami antar budaya dan agama semakin kuat
Kunci : B
Pembahasan :
Konsep hubungan timbal balik antarwilayah menurut J.
Warman ialah :
1. Konsep Wilayah atau Region Sebuah wilayah dipermukaan
bumi yang mempunyai ciri ciri yang mudah dibedakan. Contoh: Desa dengan Kota
2. Konsep Lapisan Kehidupan Semua permukaan bumi ialah
sebuah tempat berlangsungnya kehidupan. Adanya interaksi antara Manusia, hewan
dan tumbuhan.
3. Konsep Manusia Yang Mendominasi Lingkungan manusia
ialah seseorang yang dapat merubah struktur permukaan bumi dengan cepat karena
diberikan pemikiran.
4. Konsep Bumi Sebagai Bola Bumi ialah sebuah bagian dari
tata surya
38. 10.Berikutini merupakan langkah nyata bangsa
Indonesia dalam mewujudkan stabilitas politik Asean, kecuali ....
A.Menjadi mediator dalam konflik Vietnam Utara dan
Vietnam Selatan
B.Indonesia menjadi penengah saat terjadi konflik antara
Kamboja dan Vietnam tahun 1987
C.Menjadi penengah antara Moro National Front Liberation
(MNFL) dengan pemerintah Filipina
D. Berperan aktif dalam Southeast Asia Nuclear Weapon
Free Zone (SEANWFZ)
E.Indonesia mengusulkan pembentukan Komunitas ASEAN
“ASEAN Community pada KTT ke-9
Kunci : A
Pembahasan
Situasi sosial dan alam dari anggota Asean yang cenderung
seragam atau homogen dan ketergantungan satu dengan lainnya menimbulkan
interaksi yang berwujud kerjasama dalam berbagai sektor kehidupan. Faktor utama
yang bisa membuat interaksi antarruang terjadi adalah faktor alam yaitu :
a. Faktor Iklim
Sebelumnya lengkapi tabel berikut ini yang terdiri atas :
Negara, Letak Lintang, Iklim Matahari, dan Posisi Negara dari Indonesia.
Diskusi
-Jumlah negara Asean yang berada di utara dan barat laut
Indonesia sebanyak 9 negara.
- Negara Asean yang wilayahnya sebagian tidak masuk iklim
tropis adalah Myanmar
- Sebagian besar negara Asean termasuk iklim tropis
karena secara astronomis masih dalam wilayah 23½˚ LU sampai 23½˚ LS.
Kawasan Asia Tenggara sering kali terjadi perubahan iklim
yang sulit diramalkan, hal ini terjadi karena terjadi kesalahan tata kelola
lahan serta perilaku masyarakat yang memicu pemanasan global. Akibat perubahan
iklim seringkali menimbulkan bencana yang merugikan dan membawa korban jiwa.
Dalam usaha menangani bencana yang terjadi di kawasan Asean dilakukan secara
bersama[1]sama,
sebagai contoh : ketika Indonesia mengalami kebakaran hutan, maka Malaysia dan
Singapura memberikan bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut.
Aktivitas kelompok - bencana alam - Faktor Iklim yang Berpengaruh -
Negara-negara ASEAN
b. Faktor Geologi
Kawasan Asean ada di wilayah terjadinya tumbukam
antarlempeng bumi. Lempeng tersebut menunjukan adanya barisan gunung berapi di
sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Aktivitas Individu : Pasangkan nama
gunung dengan negara anggota Asean Gerakan lempeng bumi menimbukan bencana
gempa bumi dan jika gempa ada di tengah laut akan menimbulkan gelombang
tsunami. Di Asean terdapat empat negara yang rawan gempa, yaitu Malaysia,
Thailand, Myanmar dan Indonesia.
c. Faktor Ketersediaan SDA
Sumber daya alam yag menunjang kehidupan masyarakat Asean
adalah bahan tambang. Berikut aktivitas kelompok tentang kegunaan barang
tambang negara anggota Asean. SDA selain bahan tambang terdapat di Asean adalah
hutan dan laut. Kedua sumber daya alam tersebut terkadang diambil secara
berlebihan sehingga mengalami kerusakan.Berikut ini kegiatan kelompok langkah
yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi dan mencegah kerusakan laut dan hutan.
39. Ketergantungan negara Singapura terhadap
negara-negara lain di Asia Tenggara ditunjukkan pada pernyataan....
1) Penyediaan air bersih
2) Kebutuhan sumber daya alam
3) Kebutuhan pendidikan
4) Kebutuhan tenaga kerja
5) Sarana transportasi laut
A. 1,2,4
B. 1,2,3
C. 2,3,4
D. 3,4,5
E. 2,4,5
Kunci : A
Pembahasan:
-Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi
Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Ekonomi di Negara-Negara ASEAN
Misalnya pasar tunggal atau disebut Masyarakat Ekonomi
ASEAN (MEA). Secara bertahap, MEA membuka peluang satu negara menjual barang
dan jasa dengan mudah ke negara-negara anggota ASEAN.
- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi
Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Sosial di Negara-Negara ASEAN
Misalnya Pada tahun 2015, ribuan pengungsi warga Myanmar
membanjiri nengara – negara tetangga, yaitu : Malaysia, Thailand, Indonesia
dengan menggunakan perahu. Pengungsi ini kemudian dikenal sebagai manusia
perahu.
- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi
Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Budaya di Negara-Negara ASEAN
Misalnya festival Budaya ASEAN 2013 digelar di Kota
Purwakarta dan Perkemahan Budaya Serumpun ASEAN Indonesia–Malaysia– Brunei
Darussalam.
- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi
Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Politik di Negara-Negara ASEAN
Misalnya sengketa Perbatasan Wilayah: Kasus Natuna
diawali klaim sepihak oleh Tiongkok tahun 2009 melalui gambar sembilan titik
yang ditarik dari Kepulauan Spratly di tengah Laut Tiongkok Selatan, dan dengan
cara itu mengklaim Pulau Natuna sebagai wilayah Zona Ekonomi Eksklusifnya.
Pengaruh perubahan kebijakan Tiongkok tersebut diprotes pemerintah Indonesia
melalui Komisi Landas Kontinen PBB. Sampai saat ini, PBB belum memprotes
tersebut. Tiongkok juga tidak pernah menyinggung isu itu, sehingga hubungan
Beijing-Jakarta relatif tenang. Untuk mencegah agar potensi konflik tidak
meluas, lebih dari 20 ribu personil TNI dikerahkan untuk menjaga perairan
Natuna, yang diperkirakan mengandung cadangan gas terbesar di Asia.
- Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi
Antarruang terhadap Keberlangsungan Kehidupan Pendidikan di Asia Tenggara
Dari 10 negara ASEAN, terdapat 7.446 perguruan tinggi
dengan mutu pendidikan yang berbeda-beda. Hal tersebut menjadi tantangan
tersendiri ASEAN dalam bidang pendidikan.
40. Pada tahun 2017 terjadi demonstrasi kelompok
pendukung dan penentang Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama. Untuk
menghindari bertemunya kedua kelompok sehingga terjadi bentrokan di lapangan,
polisi melakukan ....
A. Segregasi
B. Displasemen
C. Ajudikasi
D. Stalemate
E. Konversi
Kunci : A
Pembahasan:
"Masyarakat kita punya kecenderungan merasa lebih
nyaman dengan orang yang berasal dari etnis yang sama. Oleh karena itu, guyonan
yang membawa unsur etnis dan ras, baik dalam lingkup ekonomi maupun politik
diharapkan dapat berkurang, karena dapat memperuncing perbedaan," kata
Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Mochammad Choirul Anam di
Jakarta, Jumat (16/11/2018). Paparan Komnas HAM juga menunjukkan terdapat peningkatan
laporan diskriminasi etnis pada tahun 2016 yang menjadi 38 aduan. Angka
tersebut naik nyaris dua kali lipat dibanding 2015 yang berjumlah 20 aduan.
Pelaksanaan pemilihan daerah diperkirakan menjadi faktor peningkatan aduan
diskriminasi ras dan etnis. Aman menyebutkan spektrum politik etnisitas menjadi
salah satu sumber aduan dengan contoh pelanggaran berupa ujaran kebencian dan
kampanye rasis.
Demikianlah beberapa soal-soal latihan PPPK untuk guru
IPS jenjang SMP, SMA dan SMK semoga kumpulan soal-soal yang telah di lengkapi
dengan kunci jawaban serta pembahasan diatas bisa membantu para guru untuk
belajar mandiri dalam menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya dan jadikanlah
postingan ini menjadi sebuah referensi pembelajaran anda.
Sekian dan Terimakasih, semoga Bermanfaat !