Soal dan Pembahasan PPPK Bahasa Indonesia SMP SMA SMK 2023
Kherysuryawan.id – Kumpulan soal Tryout latihan PPPK Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan yang mendetail untuk para calon ASN PPPK.
Salam hangat dari saya pemilik blog Pendidikan kherysuryawan.id.
saya sangat merasa Bahagia setiap saya bisa membagikan sebuah postingan yang
bisa disukai oleh pengunjung setia blog saya dan termasuk postingan ini saya
pun sangat berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh
soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP, SMA
dan SMK. Jika anda yang sedang membaca postingan ini namun anda membutuhkan
soal latihan lengkap dengan pembahasannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
jenjang SD maka anda bisa mendapatkannya pada postingan saya terdahulu sebab
postingan yang membahas soal P3K Bahasa Indonesia jenjang SD sudah saya publish
sebelum saya membuat postingan ini.
Sahabat Pendidikan yang berbahagia, perlu anda ketahui
bahwa contoh soal latihan PPPK Bahasa Indonesia jenjang SMP dan SMA ini sangat
mudah untuk anda pelajari sebab di setiap soal yang di berikan sudah di
lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya yang sangat lengkap. Jadi selain
anda berlatih mengerjakannya maka anda pun bisa mempelajari pembahasannya sehingga
anda akan mudah untuk memahaminya.
Dengan ketekunan anda dalam belajar maka pastinya anda
akan mendapatkan pengetahuan yang luas dan juga pemahaman yang lebih baik. Bagi
anda yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK tahun ini maka anda tentunya harus
bisa berlatih dan mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi nantinya. Oleh sebab
itulah maka kumpulan soal P3K Bahasa Indonesia ini kiranya bisa membantu anda
dalam belajar secara mandiri.
Adapun soal yang akan di sajikan di postingan ini adalah
soal pedagogik Bahasa Indonesia dan juga soal professional Bahasa Indonesia yang
kesemuanya telah di rangkum menjadi satu dan setiap soalnya pun telah di berikan
kunci jawabannya.
Baiklah untuk anda yang ingin berlatih dan belajar soal-soal
PPPK mapel Bahasa Indonesia jenjang SMP dan SMA/SMK maka silahkan anda pelajari
soal latihannya yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya
di bawah ini :
1. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan
kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil
observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Indikator
yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...
A.menentukan struktur organisasi teks laporan hasil
observasi.
B.menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
C.menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil
observasi
D.menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
E.menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil
observasi.
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai
oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata
kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Perumusan indikator
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur (menggunakan tabel kata
kerja operasional Bloom). Untuk KD mengidentifikasi informasi, kata kerja
operasional yang tepat adalah menyebutkan ciri, tujuan, dan isi. Kata
menentukan dan menemukan juga dapat menjadi indikator untuk KD
mengidentifikasi, hanya pilihan materi pada jawaban tidak tepat. Informasi
berisi ciri, tujuan, dan isI.
2. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi
dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan
didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ...
.
A.pengetahuan faktual
B.pengetahuan metakognitif
C.pengetahuan prosedural
D.pengetahuan konseptual
E. keterampilan
Jawaban :C
PEMBAHASAN :
Penyusunan materi pembelajaran memuat fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur yang relevan. Cakupan materi berupa pengetahuan faktual,
metakognitif, prosedural, dan konseptual. Faktual berisi contoh terkait dengan
materi. Metakognitif berisi konsep yang berkaitan dengan contoh di kehidupan
sehari-hari. Konseptual berisi konsep-konsep terkait dengan materi. Prosedural
berisi tahapan yang terkait dengan materi. Oleh karena itu, jika ada KD
memerankan, materi yang diajarkan terkait dengan prosedural yaitu merancang
tokoh fabel, latar, dialog; menentukan urutan cerita; merancang pemeranan
fabel; melakukan pemeranan.
3. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia,
peserta didik mencermati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan
sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari
dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka
serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakati. Setelah
selesai, kemudian menyajikannya secara lisan di depan kelas. Pembelajaran
menulis ini menggunakan pendekatan ... .
A.inquiry
B. saintifik
C.discovery
D.berbasis proyek
E. berbasis masalah
Jawaban :B
PEMBAHASAN :
Rumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan
pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun
2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan
saintifik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah.
Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan
menarikn kesimpulan.
Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah,
pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.
Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi
belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil
penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.
Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan
langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan
monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan
hasil proyek.
4. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk
mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui,
mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan, dan
mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan
pendekatan ... .
A.inquiry
B.saintifik
C.discovery
D.berbasis proyek
E.berbasis masalah
Jawaban: B
PEMBAHASAN :
Rumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan
pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun
2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan
saintifik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah. Saintifik
meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi mengasosiasi, dan mengomunikasi.
Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,
mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan. Discovery
meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data,
pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Berbasis masalah meliputi orientasi
masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan
dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses
penyelesaian masalah. Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan
langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan
monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan
hasil proyek.
5. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan
kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil
observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Media yang
paling sesuai untuk mencapai kompetensi dasar tersebut adalah media ... .
A.audio dan atau audio visual
B. visual dan atau cetak
C.audio visual dan atau visual
D.audio dan atau IT
E. noncetak dan atau cetak
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Ada beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
Media visual merupakan setiap bentuk media yang memiliki bentuk fisik nyata
yang dapat dilihat, dibaca, dan diraba. Jika dibandingkan dengan media – media
pembelajaran lainnya, media visual cenderung jauh lebih mudah untuk ditemukan.
Beberapa contoh media visual yaitu gambar, foto, buku majalah, alat peraga, dan
lain – lain. Media audio adalah media yang hanya dapat diakses melalui organ pendengaran.
Beberapa bentuk media audio yaitu suara, lagu, siaran radio, audio CD, dan lain
– lain. Media audio visual merupakan jenis media yang mencakup media audio
(dapat didengar) dan media visual (dapat dilihat). Beberapa contoh media audio
visual yaitu siaran televisi, pertunjukan drama, teater, film layar lebar, dan
lain – lain Media berbasis IT yaitu jenis media yang cara menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber[1]sumber yang berbasis
mikro-prosesor (ada yang interaktif). Untuk soal ini, media berupa visual dan
audio visual karena kompetensi yang diajarkan menggunakan buku pengetahuan yang
dibaca atau diperdengarkan.
6. Seorang guru akan mengajar kompetensi dasar 4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai. Sumber pembelajaran yang paling sesuai dengan
kompetensi dasar tersebut adalah ... .
A.lingkungan sekolah
B.kumpulan cerita rakyat atau hikayat
C.berbagai buku referensi
D.rekaman drama dari televisi
E.teks berita dalam surat kabar
Jawaban: B
PEMBAHASAN:
Sumber belajar menurut Ahmad Rohani & Abu Ahmadi
(1995: 152) adalah guru dan bahan-bahan pelajaran berupa buku bacaan atau
semacamnya. Pengertian selanjutnya dari sumber belajar adalah segala daya yang
dapat dipergunakan untuk kepentingan proses pembelajaran baik langsung maupun
tidak langsung, di luar diri peserta didik yang melengkapi diri mereka pada
saat pembelajaran berlangsung. Klasifikasi sumber belajar terdiri atas:
1. Message (pesan)
2. People (orang)
3. Materials (bahan)
4. Device (alat)
5. Technique (teknik)
6. Setting (lingkungan)
Sumber belajar pada soal berbentuk bahan dan karena KDnya
mengembangkan cerita rakyat dalam bentuk cerpen, maka sumber belajar yang
diperlukan adalah kumpulan cerita rakyat.
7. Setelah selesai mengajar kompetensi dasar kompetensi
dasar 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan guru harus
melakukan penilaian. Instrumen penilaian pembelajaran yang sesuai dengan
kompetensi dasar tersebut sebaiknya berupa ... .
A.angket
B.tes lisan
C.tes performansi
D.tes pilihan ganda
E.rubrik penilaian proyek
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk
melakukan penilaian atau evaluasi, instrumen penilaian dapat berupa tes maupun
nontes dan observasinya dapat dilakukan dengan cara observasi sistematis dan
non-sistematis. Tes terdiri atas beragam bentuk tes tulis, tes lisan, tes
intelegensi, tes kemampuan, tes sikap, tes kepribadian, tes hasil belajar.
Nontes terdiri atas observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, angket,
studi kasus, tes pemberian penghargaan. Instrumen penilaian yang digunakan,
disesuaikan dengan jenis penilaiannya. Untuk keterampilan menulis yang
menghasilkan tulisan, yang diperlukan adalah instrumen berupa rubrik atau
pedoman penilaian proyek yang berisi indikator-indikator terkait dengan
unsur-unsur sebuah tulisan, dalam hal ini teks eksposisi, ada struktur dan
kebahasaan.
8. Perhatikan penggalan RPP berikut ini!Bagian dari
penggalan RPP yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran pada kurikulum 2013
adalah …
A.pendekatan
B.metode
C.media pembelajaran
D.sumber belajar
E. metode dan model pembelajaran
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, komponen RPP terdiri atas:
-
identitas sekolah yaitu nama satuan
pendidikan;
-
identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
-
kelas/semester;
-
materi pokok;
-
alokasi waktu ditentukan sesuai dengan
keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah
jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
-
tujuan pembelajaran yang dirumuskan
berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati
dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
-
kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi;
-
materi pembelajaran, memuat fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai
dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
-
metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang
akan dicapai;
-
media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
-
sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak
dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
-
Langkah-langkah pembelajaran dilakukan
melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
-
penilaian hasil pembelajaran
Untuk itu, yang tidak sesuai dengan komponen RPP yang
telah ditetapkan adalah metode dan model pembelajaran karena yang digunakan
saat ini adalah metode pembelajaran inkuiry/discovey, pembelajaran berbasis
masalah, dan pendekatan awal yaitu saintifik.
9. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk
mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui,
mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun
laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik idividu maupun kelompok.
Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan ... .
A.inquiry
B.saintifik
C.discovery
D.berbasis proyek
E.berbasis masalah
Jawaban: B
PEMBAHASAN :
Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan
menarikn kesimpulan.
Discovery meliputi stimulasi, identifiksi masalah,
pengumpulan 11 data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.
Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi
belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil
penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.
Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan
langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan
monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evaluasi proses dan
hasil proyek. Untuk langkah guru yang terdapat di soal mengacu pada pendekatan
saintifik.
10. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia,
peserta didik memilih dan menyepakati topik yang menarik dan berada dalam
konteks lingkungan sekolahnya. Mereka kemudian merumuskan masalah dan menyusun
hipotesis. Selanjutnya mencari dan mengumpulkan data melalui observasi,
wawancara, telaah pustaka, serta melakukan pembuktian atas hipotesis
sebelumnya. Setelah mendapatkan data maka disusun sebuah kesimpulan. Model
pembelajaran menulis yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah
... .
A.inquiry
B.saintifik
C.discovery
D.berbasis proyek
E.berbasis masalah
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Model pembelajaran merupakan suatu bentuk pembelajaran
yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya, misalnya Discovery
Learning, Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquiry Learning.
learning”.
Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan
menarik kesimpulan.
Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah,
pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.
Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan
indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah,
analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Berbasis proyek meliputi
penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian
proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan
presentasi, dan evakuasi proses dan hasil proyek.
Sesuai dengan tahapan yang dipaparkan di soal, jawaban
yang tepat adalah opsi C.
11. Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah
satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada
adalah ... .
A.mengamati
B.menanya
C.mencoba atau mengeksplorasi
D.mengasosiasi atau merumuskan
E. mengomunikasikan
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Tahapan dalam pembelajaran saintifik terdiri atas
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi.
12. Jika seorang guru mengajar dengan kompetensi dasar
Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi (LHO) berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dengan pendekatan saintifik, pada
tengah kegiatan guru meminta siswa secara berkelompok untuk membaca,
menganalisis, dan menyimpulkan isi informasi yang terdapat dalam teks laporan
hasil observasi yang ditugaskan. Menurut pendapat Saudara, kegiatan tersebut
termasuk ke dalam tahapan pembelajaran ... .
A.mengamati beragam contoh teks LHO
B.menanya hal-hal terkait dengan struktur teks LHO
C.mencoba atau mengeksplorasi informasi teks LHO
D.mengasosiasi atau merumuskan informasi teks LHO
E.mengomunikasikan hasil identfikasi informasi teks LHO
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah
saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan
mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi atau
mengumpulkan data tentang informasi teks LHO. Dalam soal tersebut:
- membaca = mengamati (mengobservasi)
- mengajukan petanyaan = (menanya)
- menyusun/mengonstruksi = (mengasosiasi)
- mempresentasi = mengomunikasi
13. Dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa
untuk membaca suatu jenis teks, mengajukan pertanyaan tentang teks tersebut,
menyusun atau mengonstruksi teks tersebut, dan mempresentasikannya di depan
kelas. Tahapan tersebut adalah ... .
A.mengamati
B.menanya
C.mencoba atau mengeksplorasi
D.mengasosiasi atau merumuskan
E.mengomunikasikan
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah
saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan
mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi (opsi C)
14. Seorang guru memberikan umpan balik dan penguatan
tentang hasil menulis teks deskripsi. Hal tersebut dilakukan pada saat
kegiatan... .
A.prapembelajaran
B.awal pembelajaran
C.inti pembelajaran
D.penutup pembelajaran
E.tindak lanjut pembelajaran
Jawaban: D
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Kegiatan pendahuluan terdiri atas
penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso,
penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan
materi yang akan dipelajari.
Kegiatan inti menggunakan model
pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang
disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Kegiatan penutup terdiri atas
refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau
tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran
selanjutnya. Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian umpan balik untuk
menguatkan proses pembelajaran yang telah terjadi. Kegiatan tersebut ada di
kegiatan akhir pembelajaran.
15. Seorang guru memberikan pengalamannya dalam bentuk
contoh sebuah puisi untuk merangsang siswa terkait dengan pembelajaran menulis
sebuah puisi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan... .
A. prapembelajaran
B. awal pembelajaran
C. inti pembelajaran
D. penutup pembelajaran
E. tindak lanjut pembelajaran
Jawaban: B
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas
penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepsi,
penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan
materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran,
metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan
dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri
atas refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan
atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran
selanjutnya.
Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian contoh
secara kontekstual sebagai apersepsi untuk memberikan ransangan pada siswa.
Kegiatan tersebut ada di kegiatan awal pembelajaran.
16. Setelah siswa menyimak video pembacaan puisi , guru
meminta siswa untuk menemukan dan menjelaskan penggunaan rima, pilihan kata,
dan pesan dalam puisi tersebut. Siswa diminta menuangkannya dalam bentuk peta
konsep. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan... .
A. prapembelajaran
B. awal pembelajaran
C. inti pembelajaran
D. penutup pembelajaran
E. tindak lanjut pembelajaran
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas
penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso,
penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan
materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran,
metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan
dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri
atas refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan
atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran
selanjutnya.
Kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sudah menggunakan
metode, media, serta sumber belajar. Oleh karena itu kegiatan tersebut ada di kegiatan
inti pembelajaran.
17. Seorang guru akan mengajarkan materi dengan
kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Bentuk instrumen penilaian
yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan adalah … .
A.tes tertulis tentang pengetahuan faktual
B.tes lisan tentang pengetahuan prosedural
C.tes pilihan ganda tentang pengetahuan metakognitif
D.lembar observasi dan wawancara
E. penugasan dan lembar observasi
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Karakteristik penilaian autentik, adalah sebagai berikut:
1. Bisa digunakan untuk formatif maupun sumatif,
pencapaian kompetensi terhadap satu kompetensi dasar (formatif) maupun
pencapaian terhadap standar kompetensi atau kompetensi inti dalam satu semester
(sumatif).
2. Mengukur keterampilan dan performansi, bukan mengingat
fakta, menekankan pencapaian kompetensi keterampilan (skill) dan kinerja
(performance), bukan kompetensi yang sifatnya hafalan dan ingatan.
3. Berkesinambungan dan terintegrasi, merupakan satu
kesatuan secara utuh sebagai alat untuk mengumpulkan informasi terhadap
pencapaian kompetensi siswa.
4.Dapat digunakan sebagai umpan balik terhadap pencapaian
kompetensi siswa secara komprehensif. Untuk menilai kemampuan siswa dalam
menciptakan kembali teks anekdot dilakukan melalui penilaian kompetensi sikap
dan keterampilan. Teknik dan bentuk yang tepat adalah tes uraian berbentuk
penugasan berupa hasil tulisan teks anekdot dan untuk penilaian sikapnya saat
siswa menyampaikannya secara lisan.
Jawaban yang tepat adalah E.
-
Opsi A, bisa dipakai untuk mengukur
pengetahuan faktual secara tertulis.
-
Opsi B, dipakai untuk mengukur pengetahuan
prosedural secara lisa
-
Opsi C, mengukur pengetahuan metakognitif
-
Opsi D, observasi dapat melihat secara
langsung hasil yang diperoleh, wawancara dapat menggali informasi lebih jauh
dan mendalam.
-
Opsi E, penugasan untuk mengukur keterampilan
menulis, dan lembar observasi untuk mengukur sikap siswa dalam menyampaikan
hasil tulisnya secara lisan
18. Untuk mengukur sikap kerja sama siswa dalam suatu
kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks
anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
diperlukan instrumen penilaian yang sesuai, yaitu pedoman observasi. Salah satu
butir indikator penilaian yang dapat digunakan adalah ... .
A.pengertian kerja sama dan jenis-jenis kerja sama
B.keaktifan dan partisipasi dalam bekerja kelompok
C.pemahaman terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks
anekdot
D.keaktifan dalam memahami struktur dan aspek kebahasaan
teks anekdot
E. keaktifan dan partisipasi dalam memahami struktur dan
aspek kebahasaan teks anekdot
Jawaban: B
PEMBAHASAN :
Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian,
mengatur tentang prosedur penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Adapun penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:
a. mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran;
b. mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan
lembar observasi/pengamatan;
c. menindaklanjuti hasil pengamatan; dan
d. mendeskripsikan perilaku peserta didik.
Bentuk instrumen dalam penilaian sikap terdiri atas
pedoman observasi, daftar cek dan skala peniliaian disertai rubrik, lembar
penilaian diri, lembar penilaian antarpeserta, lembar jurnal
19. Seorang guru akan mengajar dengan komptensi dasar
3.11 Menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi. Teknik dan
bentuk instrumen yang digunakan oleh guru adalah tes tertulis berupa uraian.
Salah satu indikator penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut
adalah ...
A.Apakah yang dimaksud struktur dan kebahasaan teks
negosiasi?
B.Apakah perbedaan struktur organisai teks negosiasi
dengan teks yang lain?
C.Apakah perbedaan aspek kebahasaan teks negosiasi dengan
teks yang lain?
D.Mengapa struktu organisasi teks negosiasi berbeda denan
teks yang lain?
E.Tulislah struktur teks negosiasi seperti yang ada dalam
teks yang sudah disediakan!
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian,
mengatur tentang prosedur penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui
penguasaan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, maupun
prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik penilaian. Guru memilih teknik
penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Teknik
penilaian pengetahuan terdiri atas tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan
portofolio. Bentuk instrumen untuk tes tertulis meliputi benar-salah,
menjodohkan, pilihan ganda, isian/melengkapi, dan uraian. Bentuk instrumen tes
lisan adalah tanya jawab. Bentuk instrumen penugasan adalah tugas individu atau
kelompok. Bentuk instrumen portofolio adalah sampel pekerjaan siswa terbaik
yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis.
Bentuk tes uraian sudah tepat digunakan untuk menilai
kompetensi pengetahuan dan indikator penilaian yang tepat untuk menilai
kemampuan menganalisis adalah membuat tulisan tentang hasil analisis.
-
Opsi A: mengetes pemahaman konsep struktur
dan kebahasaan teks negosiasi
-
Opsi B: mengetes pemahaman perbedaan struktur
organisasi teks, atau membandingkan.
-
Opsi C: mengetes pemahaman, membaningkan aspek
kebahasaan teks satu dengan lainnya
-
Opsi D: mengetes pemahaman
-
Opsi E: mengetes keterampilan menganalisis
isi/informasi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi melalui kegiatan
menulis.
20. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta
didik guru dapat menggunakan evaluasi … .
A.sumatif
B.formatif
C.proses
D.hasil
E.hasil belajar
Jawaban: D
PEMBAHASAN :
-
Evaluasi sumatif adalah adalah evaluasi yang
dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.
-
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang
dilaksakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar.
-
Evaluasi proses adalah evaluasi yang
ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses,
kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul
dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya.
-
Evaluasi hasil adalah evaluasi pembelajaran
yang ditujukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik.
-
Evaluasi hasil belajar adalah evaluasi yang
mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan,
baik umum maupun khusus, ditinjadu dalam aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor.
21. Bacalah dengan cermat teks dialog singkat berikut
ini!
O1 : Sejauh mana kementerian pendidikan sudah
mengantisipasi terjadinya kebocoran soal UNAS.
O2 : Di samping melalui pengawasan ketat selama
penyusunan dan pencetakan, pendistribusian soal juga dikawal oleh sejumlah
pihak; termasuk petugas dari kepolisian.
Dialog di atas menggunakan bahasa Indonesia ragam ....
A. santai
B. akrab
C. informal
D. nonformal
E. formal
Jawaban: E
PEMBAHASAN :
Ragam bahasa formal adalah ragam bahasa yang memiliki
ciri sebagai berikut.
(1) Menggunakan gramatikal secara eksplisit dan konsisten
(2) Menggunakan imbuhan secara lengkap
(3) Menggunakan kata ganti resmi
(4) Menggunakan kata baku
(5) Menggunakan Ejaan yang Disempurnakan, dan
(6) Menghindari unsur kedaerahan.
(Nasucha, Yakub., Rohmadi, Muhammad, dan Wahyudi, Agus
Budi. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta:
Media Perkasa)
22. Seorang guru menggunakan pendekatan pembelajaran
bahasa tertentu dengan anggapan bahwa pemerolehan bahasa itu terjadi melalui
pengkondisian atau pembiasaan. Anggapan guru itu didasari oleh paham aliran
linguistik yang lazim disebut teori ....
A. nativisme
B. behaviorisme
C. interaksionisme
D. kognitivisme
E. naturalisme
Jawaban: B
PEMBAHASAN :
Aliran behaviorisme adalah aliran yang beranggapan bahwa
belajar merupakan hasil faktor eksternal yang dikenakan kepada suatu organisme
(B.F. Skinner, 1957). Menurut Skinner perilaku kebahasaan sama dengan perilaku
yang lain, yaitu dikontrol oleh konsekuensinya.
Dengan demikian, pemerolehan bahasa juga dikondisikan,
dibiasakan, dan dikontrol.
Soal
Bacalah dengan cermat teks berikut ini! Rokok adalah
silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi
tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau
yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan
membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Ada dua jenis
rokok, yaitu rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok
terbuat dari bahan busa serabut sintesis yang berfungsi meyaring nikotin, Rokok
biasanya dijual dalam bungkusan terbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat
dimasukkan dengan mudah ke dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir,
bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang
memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari
merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung.
23. Bahasa yang digunakan pada teks tersebut termasuk
ragam bahasa ….
A. informal
B. jurnalistik
C. bisnis
D. ilmiah
E. hukum
Jawaban: D
PEMBAHASAN :
Ragam bahasa ilmiah, adalah ragam bahasa yang memiliki
ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menggunakan kata atau istilah nonfiguratif
2. Menggunakan kalimat-kalimat efektif
3. Menghindari bentuk persona atau pengakuan dengan
tujuan untuk menjaga objektivitas
4. Mengutamakan keterpaduan dan keruntutan isi
(Sumber: Hasan Alwi, dkk, 1993: 142)
24. Berikut ini adalah kalimat yang berpola S-P-Pel ...
A. Jabatan itu membutuhkan kompetensi kepemimpinan
tinggi.
B. Semua pihak menghendaki jabatan itu.
C. Jabatan itu menjadi rebutan antardepartemen.
D. Orang itu sudah lama menduduki jabatan itu.
E. Pada dasarnya, jabatan itu kekuasaan.
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Kalimat tersebut berpola S-P-Pel dengan rincian sebagai
berikut.
Jabatan itu = subjek
menjadi rebutan = predikat
antar departemen = pelengkap
Untuk membedakan antara objek dengan pelangkap, berikut
adalah ciri-ciri objek:
1. Letaknya selalu setelah langsung predikatnya;
2. Objek biasanya berupa nomina atau frasa nominal;
3. Selain satuan berupa nomina dan frasa nominal,
konstituen objek dapat pula berupa klausa;
4.Dapat diganti dengan pronominal-nya;
5. Objek pada kalimat aktif transitif akan menjadi subjek
jika kalimat itu dipasifkan
(Hasan Alwi, dkk 2003:328)
Sedangkan ciri-ciri pelengkap adalah:
1. Berwujud frasa nominal, frasa verbal, frasa ajektival,
frasa preposisional, atau klausa;
2. Berada langsung dibelakang predikat jika tak ada objek
dan dibelakang objek kalau unsure ini hadir;
3. Tak dapat menjadi subjek akibat penafsiran kalimat;
4. Tak dapat diganti dengan –nya kecuali dalam kombinasi
preposisi selain di, ke, dari, dan akan
(Hasan Alwi, dkk 2003:329)
25. Afiks atau imbuhan yang digunakan dalam kata berikut
ini memiliki makna gramatikal lebih dari satu ....
A. beristeri
B. merumput
C. pembohong
D. meteran
E. jauhi
Jawaban: C
PEMBAHASAN :
Dalam KBBI (2008:461) gramatikal diartikan sesuai dengan
tata bahasa. Makna gramatikal ditentukan oleh perubahan kata karena proses
afikasi, reduplikasi, komposisi, atau kalimatisasi. Makna dari gramatikal
sendiri adalah kata yang berubah-ubah sesuai dengan konteks (berkenaan dengan
situasinya, yaitu tempat, waktu, dan lingkungan penggunaan bahasa) pemakainya.
Berdasarkan arti gramatikal di atas, makna kalimat gramatikal adalah kalimat
yang makna katanya berubah-ubah karena mengalami proses pengimbuhan,
pengulangan, ataupun pemajemukan yang disesuaikan menurut tata bahasa serta
terikat dengan konteks pemakainya. Dalam soal tersebut, pilihan yang termasuk
memiliki makna gramatikal ganda adalah kata „pembohong‟ karena kata tersebut
dapat diterapkan dalam kalimat dengan proses gramatikal yang berbeda dan
memiliki makna yang berbeda pula.
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK BAHASA INDONESIA LAINNYA (DISINI)
Demikianlah beberapa soal latihan PPPK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi tingkat SMP, SMA dan SMK. Semoga kumpulan soal PPPK Bahasa Indonesia yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan diatas bisa membantu para guru dalam mempelajari soal – soal latihan P3K sehingga nantinya ketika akan mengikuti seleksi dapat dengan mudah menjawab soal-soal yang di berikan.
Sekian dan Semoga Bermanfaat, selamat Belajar !