Soal dan Pembahasan PPPK Bahasa Indonesia PGSD
Kherysuryawan.id – Latihan Soal PPPK Bahasa Indonesia untuk guru SD yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.
Sahabat Pendidikan dimanapun berada, tak henti-hentinya
saya selalu berusaha untuk bisa membagikan file maupun informasi penting
seputar dunia Pendidikan yang sekiranya bisa membantu para pendidik dan bisa
bermanfaat bagi para pendidik maupun bagi masyarakat luas.
Jika pada posstingan saya sebelumnya saya telah banyak membagikan
contoh soal latihan PPPK untuk semua jenjang maka untuk postingan kali ini saya
khususkan untuk bisa membuat postingan seputar soal latihan PPPK untuk guru
jenjang sekolah dasar (SD) dengan jurusan Bahasa indonesia. Postingan ini
sekiranya bisa membantu para guru SD jurusan Bahasa Indonesia agar bisa belajar
dan mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPPK.
Oh ya, sebagai informasi bahwa soal P3K Bahasa Indonesia yang
di sajikan disini semuanya telah di lengkapi dengan kunci jawaban dan juga
dengan pembahasannya. Tentunya dengan adanya kunci jawaban dan juga
pembahasaannya maka akan memudahkan para guru dalam mempelajarinya. Jadikanlah soal
latihan PPPK Bahasa Indonesia ini sebagai referensi pembelajaran anda dalam
mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Adapun jenis soal yang di sajikan pada artikel ini yakni
semuanya soal dalam bentuk pilihan ganda dan juga meliputi 2 aspek soal yakni
soal pedagogic dan juga soal professional. Jadi kedua aspek soal tersebut
tentunya akan mewakili keseluruhan untuk pembelajaran pedagogik dan professional.
Untuk semua soal baik pedagogi maupun professional semuanya sudah di siapkan
kunci jawabannya pada masing-masing soal yang tersedia.
Baiklah untuk lebih jelasnya bagi anda yang membutuhkan
soal latihan PPPK Bahasa Indonesia jenjang SD lengkap dengan kunci jawaban dan
pembahasannya maka silahkan anda simak di bawah ini :
SOAL DAN PEMBAHASAN PPPK PEDAGOGIK DAN
PROFESIONAL BAHASA INDONESIA JENJANG SD
1. Status sosial dan latar belakang budaya yang berbeda
dari setiap anggota masyarakat memunculkan adanya idiolek, dialek, dan ragam
bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat … .
A. konvensional
B. unik
C. dinamis
D. bervariasi
E. produktif
Jawaban: D. bervariasi
PEMBAHASAN :
Setiap anggota masyarakat suatu bahasa biasanya terdiri
dari berbagai status sosial dan latar belakang budaya yang tidak sama sehingga
bahasa yang digunakan menjadi bervariasi. Ada tiga istilah dalam variasi bahasa
yaitu 1) idiolek: ragam bahasa yang bersifat perorangan; 2) dialek: variasi
bahasa sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat/ suatu waktu; 3) ragam:
variasi bahasa yang digunakan dalam situasi tertentu (ragam baku& ragam
tidak baku). Munculnya variasi bahasa tersebut menunjukkan bahwa bahasa
bersifat bervariasi.
2. Seorang penyair memilih kata-kata tertentu sesuai
dengan maksud dan perasaan yang ingin disampaikannya ketika menulis puisi.
Fungsi bahasa yang digunakan oleh penyair tersebut adalah … .
A. fungsi ekspresi
B. fungsi adaptasi
C. fungsi informasi
D. fungsi integrasi
E. fungsi kontrol social
Jawaban: A. fungsi ekspresi
PEMBAHASAN :
Sebagai alat komunikasi bahasa mempunyai fungsi sebagai
berikut.
1) Fungsi informasi: bahasa berfungsi untuk menyampaikan
informasi timbal balik antaranggota keluarga maupun anggota masyarakat;
2) Fungsi ekspresi diri: menyalurkan perasaan, sikap,
gagasan, emosi atau tekanan-tekanan pembicara;
3) Fungsi adaptasi dan integrasi: menyesuaikan dan
membaurkan diri dengan anggota masyarakat;
4) Fungsi kontrol sosial: berfungsi mempengaruhi sikap
dan pendapat orang lain.
Oleh karena itu, ketika penyair memilih kata-kata yang
sesuai dengan maksud dan perasaannya tergolong ke dalam pemakaian bahasa yang
memiliki fungsi ekspresi.
3. Ani, peserta didik kelas 3 SD, sudah bisa berbicara
dengan lancar dengan jumlah kata bisa sampai 12 kata dalam satu kalimat. Ani
juga sudah dapat memahami penjelasan guru di kelas, sehingga mampu mengikuti
pelajaran dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa Ani berada pada fase ….
A. pragmatik
B. semantik
C. sintaksis
D. morfologis
E. fonologis
Jawaban: B. semantik
PEMBAHASAN :
Fase pemerolehan bahasa anak sebagai berikut.
-
Anak 0-2 tahun à Fase
fonologis à Anak bermain dengan bunyi-bunyi bahasa, mulai mengoceh
sampai mengucapkan kata-kata sederhana.
-
2-7 tahun à Fase
sintaksis à Anak menunjukkan kesadaran gramatis, berbicara
menggunakan kalimat.
-
7-11 tahun à Fase
semantik à Anak dapat membedakan kata sebagai simbol dan memahami
konsep yang terkandung dalam kata.
Ani, anak berusia 9 tahun, sudah dapat berbicara dengan
lancar dengan jumlah kata bisa sampai 12 kata dalam satu kalimat, juga dapat
memahami konsep yang terkandung dalam kata-kata yang disampaikan guru. Oleh
karena itu, Ani berada pada fase semantik.
4. Kata nyanyian terdiri atas ….
A. delapan fonem, yaitu /n/, /y/, /a/, /n/, /y/, /i/,
/a/, /n/
B. enam fonem, yaitu /ny/, /a/, /ny/, /i/, /a/, /n/
C. enam fonem, yaitu /ñ/, /a/, /ñ/, /i/, /a/, /n/
D. empat fonem, yaitu /ñ/, /a/, /i/, /n/
E. tiga fonem, yaitu /nya/, /nyi/, /an/
Jawaban: C. enam fonem, yaitu /ñ/, /a/, /ñ/, /i/, /a/,
/n/
PEMBAHASAN :
Fonem adalah satuan bunyi bahasa terkecil di dalam kata
yang berfungsi membedakan bentuk dan makna. Fonem tidak mempunyai makna. Yang
mempunyai makna adalah kata yang memang berunsurkan fonem-fonem. Kata nyanyian
mengandung unsur fonem-fonem: /ñ/, /a/, /ñ/, /i/, /a/, /n/.
5. Pemenggalan kata transmigrasi yang
paling tepat adalah ….
A. tran-smig-ra-si
B. tran-smi-gra-si
C. trans-mig-ra-si
D. trans-mi-gra-si
E. trans-mi-gras-i
Jawaban: C. trans-mig-ra-si
PEMBAHASAN :
Kata dalam bahasa Indonesia dibentuk dari gabungan
bermacam-macam suku kata. Dalam bahasa Indonesia, struktur suku kata yang
membentuk kosakata terdiri atas:
1) V : a-bai, su-a-tu;
2) VK : an-ti, ba-ik;
3) KV : be-sar, ra-ga;
4) KVK : man-di, pe-ran;
5) KVKK : teks-til, kon-teks;
6) KVKKK : korps;
7) KKV : slo-gan; pra-sas-ti;
8) KKVK : trak-tor, kon-trak;
9) KKKV : stra-te-gi, stra-ta;
10)KKKVK : struk-tur, in-struk-si;
11)KKVKK : kom-pleks.
Kata transmigrasi mempunyai struktur suku kata
trans-mig-ra-si
6. “Seekor anak gajah terperangkap dalam lubang yang
sangat besar”. Kata yang mengandung morfem terikat pada kalimat di atas adalah
....
A. seekor dan gajah
B. anak dan terperangkap
C. terperangkap dan lubang
D. seekor dan terperangkap
E. lubang dan besar
Jawaban: D. seekor dan terperangkap
PEMBAHASAN :
Morfem adalah suatu bentuk bahasa terkecil yang mempunyai
makna secara relatif stabil dan tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian bermakna
yang lebih kecil. Morfem dapat ditemukan dengan cara melakukan pemotongan pada
suatu bentuk bahasa (kata). Contohnya, pemotongan pada kata melihat berikut.
me-lihat Jika lihat dipotong lagi, li- dan –hat, keduanya tidak memiliki makna.
Bentuk me- dan lihat disebut morfem. Berdasarkan proses pembentukannya, morfem
terdiri atas morfem bebas dan morfem terikat. Morfem bebas adalah morfem yang
secara potensial dapat berdiri sendiri dalam suatu kalimat, seperti rawat,
lihat, dan lain-lain.
Contoh: merawat → morfem bebas rawat
Morfem terikat adalah morfem yang tidak mempunyai potensi untuk berdiri sendiri
dan selalu terikat dengan morfem lain untuk membentuk suatu ujaran. Contoh:
me-, ber-, di-, dan lain-lain. Berdasarkan tempat terikatnya, morfem terikat
dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu awalan (prefiks), sisipan (infiks),
akhiran (sufiks), dan gabungan awalan akhiran (konfiks).
Kata-kata yang mengandung morfem terikat pada kalimat
“Seekor anak gajah terperangkap dalam lubang yang sangat besar” dapat
diidentifikasikan dari kata-kata yang mengandung imbuhan, yaitu seekor dan
terperangkap.
7. Proses pembentukan kata pertanggungjawaban berasal
dari ….
A. tanggung jawab + per-an
B. pertanggung + jawaban
C. pertanggung + jawab + -an
D. per- + tanggung + jawaban
E. per- + tanggung + jawab + -an
Jawaban: A. tanggung jawab + per-an
PEMBAHASAN :
Proses pembentukan kata pertanggungjawaban berasal dari
kata majemuk tanggung jawab sebagai bentuk dasar, dan konfiks per-an.
8. Kata-kata berikut yang bukan kata sifat adalah … .
A. cemerlang
B. pahit
C. telantar
D. rata
E. sakit
Jawaban: C. telantar
PEMBAHASAN :
Kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menyatakan
sifat atau hal keadaan pada suatu benda. Kata sifat juga diartikan sebagai kata
yang menerangkan kata benda. Pada umumnya kata sifat dapat bergabung dengan
kata lebih dan sangat. Kata yang tidak bisa digabung dengan kata lebih dan
sangat adalah kata telantar karena telantar termasuk kata kerja.
9. Kelompok kata di bawah ini yang merupakan frasa adalah
… .
A. ayah pergi
B. bapakku guru
C. sepatu baru
D. aldo mahasiswa
E. adik menangis
Jawaban: C. sepatu baru
PEMBAHASAN :
Satuan sintaksis yang lebih besar dari kata adalah frasa.
Frasa adalah satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih yang tidak
berciri klausa, atau tidak memiliki ciri predikat, dan pada umumnya menjadi
pembentuk klausa. Seperti halnya dengan kata, frasa memiliki potensi untuk
berdiri sendiri menjadi kalimat.
10. Mantan pejabat itu duduk di meja hijau untuk
mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Meja hijau pada kalimat di atas
bermakna ... .
A. denotatif
B. konotatif
C. leksikal
D. gramatikal
E. asosiatif
Jawaban: B. konotatif
PEMBAHASAN :
Makna denotatif adalah makna dasar, umum, apa adanya dan
tidak mencampuri nilai rasa. Makna konotatif adalah makna yang berupa kiasan
atau yang disertai nilai rasa, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada makna
konseptual. Makna leksikal adalah makna kata yang seperti dalam kamus. Makna
gramatikal adalah makna yang diperoleh dari hasil peristiwa tata bahasa. makna
asosiatif adalah makna yang dihubungkan dengan nalar di luar bahasa
11. Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kalimat di
bawah ini adalah … .
A. Ibu menasehati adik, “Hati-hati di jalan!”
B. “Kek, saya sudah menyampaikan pesan ini kepada Nenek.”
C. “Dimana rumahmu, Dik?” tanya Jani.
D. Gubernur Papua Barat mengunjungi para pengungsi.
E. Kakak Kinan membeli jeruk bali di pasar.
Jawaban: C. “Dimana rumahmu, Dik?” tanya Jani
PEMBAHASAN :
Penggunaan ejaan mencakup sistem pemakaian huruf,
penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Penulisan
kalimat yang salah dalam kunci jawaban adalah “Dimana rumahmu, Dik?” tanya
Jani. Penulisan dimana tidak tepat karena preposisi di ditulis serangkai,
seharusnya dipisah.
12. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan perbedaan
menyimak dan membaca adalah … .
A. membaca membutuhkan sumber bahan tulisan, sedangkan
menyimak membutuhkan sumber lisan
B. menyimak bersifat reseptif, sedangkan membaca bersifat
produktif
C. menyimak adalah kegiatan yang disengaja, membaca
adalah kegiatan yang tidak disengaja
D. menyimak bertujuan untuk memahami secara mendalam,
sedangkan membaca hanya sekedar memahami
E. membaca dilakukan dengan bersuara, sedangkan menyimak
tidak bersuara
Jawaban: A. membaca membutuhkan sumber bahan tulisan,
sedangkan menyimak membutuhkan sumber lisan
PEMBAHASAN :
Hakikatnya keterampilan menyimak adalah melatih
pendengaran dan daya ingat. Aspek keterampilan menyimak bertujuan agar siswa
mampu menangkap, memilih, memahami, mengingat dan mengumpulkan informasi dari
apa yang disimak atau didengar. “Menyimak adalah suatu proses kegiatan
mendengarkan lambang lisan-lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi,
serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami
makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau
bahasa lisan”. Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-
lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi
untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi
yang telah di sampaikan oleh pembicara. Membaca merupakan suatu kegiatan atau
proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat
dalam tulisan. Hal ini berarti membaca merupakan proses berpikir untuk memahami
isi teks yang dibaca. Oleh sebab itu, membaca bukan hanya sekedar melihat
kumpulan huruf yang telah membentuk kata, kelompok kata, kalimat, paragraf, dan
wacana saja tetapi lebih dari itu bahwa membaca merupakan kegiatan memahami dan
menginterpretasikan lambang/tanda/tulisan yang bermakna sehingga pesan yang
disampaikan penulis dapat diterima oleh pembaca. Membaca adalah suatu proses
yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang
hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis”. Membaca
juga merupakan kegiatan berinteraksi dengan bahasa yang dikodekan dalam bentuk
cetakan. Membaca merupakan aktivitas mental untuk memahami apa yang dituturkan
pihak lain melalui sarana tulisan.
13. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk
suatu sistem yang disebut sistem gerak.
(2) Dengan demikian, organ gerak pada hewan dan manusia
dapat dikatakan memiliki kesamaan.
(3) Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan
ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa
otot.
(4) Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam
melakukan pergerakan.
Urutan kalimat yang padu adalah … .
A. (1), (2), (3), (4)
B. (4), (3), (2), (1)
C. (3), (1), (4), (2)
D. (3), (4), (1), (2)
E. (1), (3), (4), (2)
Jawaban: D. (3), (4), (1), (2)
PEMBAHASAN :
Susunan paragraf yang terpadu dimulai dengan kalimat yang
menyatakan pernyataan umum dan diikuti dengan pernyataan-pernyataan yang
bersifat khusus.
Teks berikut ini digunakan untuk soal nomor
14
Ujian nasional untuk sekolah dasar, sekolah dasar luar
biasa, dan madrasah ibtidaiyah mulai tahun 2014 dihapuskan. Dengan demikian,
mulai tahun depan, tidak ada lagi peserta didik sekolah dasar yang tinggal
kelas. Peserta didik yang belum memahami atau menguasai pelajaran tetap boleh
naik kelas, tetapi harus mengulang pelajaran yang belum dikuasainya. Hasil
penilaian yang dituangkan pada rapor sekolah dasar juga berubah. Hasil
penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk predikat dan deskripsi, sedangkan hasil
penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat,
dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran. Penilaian deskriptif dalam
rapor harus menggunakan bahasa positif karena usia anak yang masih dalam
batasan usia emas. Penilaian deskriptif juga harus bisa memotivasi anak untuk
meningkatkan kemampuannya. Untuk memperkenalkan sistem yang baru tersebut,
telah dilakukan pelatihan untuk guru tentang bentuk rapor, cara penilaian, dan
pemberian angka. Dengan dihapusnya ujian nasional, maka ujian akhir yang
diselenggarakan oleh sekolah tetap menggunakan kisi-kisi soal dari pemerintah
agar ada standar kualitas soal. Soal ujian akhir itu terdiri dari 25 persen
dibuat pemerintah dan 75 persen dari satuan pendidikan yang berkoordinasi
dengan kabupaten/kota serta provinsi. Keterlibatan pemerintah dalam membuat
soal-soal ujian akhir bukan sebagai intervensi pemerintah. Semata-mata hanya
agar ada standar kualitas soal dan memudahkan sekolah, sekaligus meningkatkan
mutu sekolah secara bertahap.
14. Kelebihan sistem baru dalam penilaian rapor sekolah
dasar dibandingkan dengan penilaian rapor sebelum tahun 2014 adalah … .
A. adanya predikat dalam rapor memudahkan guru dalam
menentukan rangking peserta didik di kelas
B. untuk menilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan
hanya dapat dilakukan dalam bentuk penilaian deskriptif
C. gambaran kemampuan peserta didik dapat digunakan
sebagai pemacu peningkatan kompetensinya
D. sebagai pengganti ujian nasional untuk sekolah dasar
sekolah dasar luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah yang telah dihapuskan
E. hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat, dan deskripsi
Jawaban: C. gambaran kemampuan peserta didik dapat
digunakan sebagai pemacu peningkatan kompetensinya
PEMBAHASAN :
Simpulan suatu paragraf merupakan pernyataan singkat yang
mencakup keseluruhan isi paragraf, bukan bagian-bagian tertentu dari paragraf
tersebut.
Bacalah puisi berikut!
GURUKU
PAHLAWANKU
Oleh: Cindy Agustin
Sinar pagi yang cerah...
Membuat aku bergegas untuk berangkat sekolah
Sungguh senang hari ini
Demi mendapat ilmu
Aku rela berjalan kaki
Untuk meraih suksesku
Gurulah yang memberiku ilmu
Gurulah yang menyemangatiku
Gurulah yang membimbingku
Tanpa ilmu aku takkan sukses
Tidak ada guru tidak ada pula ilmu
Terima kasih guru
Kaulah guru terhebat bagiku
Kaulah pahlawanku
Pahlawan tanpa tanda jasa
Jika suatu saat nanti aku sudah menjadi sepertimu
Aku akan memberikan ilmu yang kau berikan kepada ku
Untuk mereka yang membutuhkanku
Guru jasamu akan selalu kukenang
15. Puisi di atas bertemakan tentang ... .
A. pendidikan
B. ilmu
C. guru
D. motivasi
E. cita-cita
Jawaban: A. pendidikan
PEMBAHASAN :
Tema suatu puisi merupakan pokok pikiran yang mencakup
keseluruhan isi puisi. Puisi di atas menggambarkan seseorang yang sangat
bersemangat untuk bersekolah dan mencari ilmu untuk mencapai cita-cita menjadi
guru agar dapat berbagi ilmu. Secara umum, tema puisi Guruku Pahlawanku adalah
pendidikan.
Bacalah cerita
berikut!
Dengan cepat kehebatan Serunting menyebar luas hingga ke
negeri seberang. Kabar tentang kehebatan Si Pahit Lidah pun terdengar oleh Si
Empat Mata, yaitu pendekar yang mempunyai kesaktian mandra guna dari negeri
India, karena merasa kesaktiannya tersaingi oleh Si Pahit lidah, ia pun
memutuskan untuk pergi ke Sumatra dan menantang Si Pahit Lidah bertarung untuk
menentukan siapakah yang paling kuat diantara mereka. Sesampainya di Sumatera,
ia pun mencari dan bertemu dengan Si Pahit Lidah, pertarungan pun tak bisa
terelakkan lagi, mereka berdua bertarung dengan mengeluarkan segala kesaktian
yang dimilikinya, namun setelah beberapa hari bertarung mereka berdua masih
saja imbang, tidak ada yang menang ataupun kalah. Tiba-tiba di tengah
pertarungan mereka tibalah tetua kampung untuk memberikan solusi agar mereka
bisa menentukan siapakah yang paling hebat diantara mereka. Tetua kampung itu
menantang mereka berdua untuk memakan buah aren yang telah dibawa oleh tetua
kampung yang sebelumnya tanpa sepengatahuan mereka telah di beri racun yang
sangat mematikan. Karena kesombongan mereka, mereka pun menerima tantangan itu.
Si Pahit lidah mendapat giliran yang pertama, ia berfikir bahwa ia tidak akan
apa-apa kalau hanya memakan buah aren saja, itu adalah tantangan yang sangat
mudah, maka segera ia memakan buah aren itu, tidak lama setelah ia memakan buah
aren itu, ia pun terkapar dan mati seketika. Mengetahui Saingannya mati, Si
Empat mata merasa bahwa kini tidak ada lagi yang bisa menyaingi kekuatannya, ia
pun segera mengambil buah aren sisa Si Pahit lidah dan memakannya, namun nasib
yang sama menghampirinya, ia pun mati terkapar setelah memakan buah itu. Jasad
mereka berdua pun dimakamkan di Danau Ranau oleh masyarakat sekitar. Kini di
kampung itu tidak ada lagi orang kuat yang berperilaku sombong dan berbuat
semaunya untuk menyakiti masyarakat, dan masyarakat pun kembali hidup damai
setelah kepergian Si Pahit Lidah dan Si Empat Mata untuk selamanya.
16. Pepatah yang tepat untuk menggambarkan cerita di atas
adalah ... .
A. nasi sudah menjadi bubur
B. sedia payung sebelum hujan
C. di atas langit masih ada langit
D. hiduplah seperti ilmu padi
E. sepandai-pandainya tupai melompat akan jatuh jua
Jawaban: C. di atas langit masih ada langit
PEMBAHASAN :
Suatu pepatah dapat mewakili suatu cerita asalkan sesuai
dengan isinya.
17. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang
penting bagi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sasaran pembelajaran
bahasa Indonesia di SD adalah peserta didik terampil dalam berbahasa Indonesia,
dengan kata lain mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun
tertulis.
Berdasarkan hal tersebut, rumusan yang tidak terkait
dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah …
A. Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif dan
efisien dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tertulis.
B. Peserta didik dapat menghargai bahasa dan bangga
menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
C. Peserta didik mampu menguasai konsep fonologi,
morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dalam bahasa Indonesia.
D. Peserta didik dapat menikmati dan memanfaatkan karya
sastra untuk meningkatkan wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan bahasa.
E. Peserta didik mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial.
Jawaban: C. Peserta didik mampu menguasai konsep
fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dalam bahasa Indonesia
PEMBAHASAN :
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah peserta
didik mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat
menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai situasi dan tujuan berbahasa
serta tingkat pengalaman peserta didik SD. Dari tujuan tersebut jelas tergambar
fungsi pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah wadah untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa sesuai dengan fungsi bahasa,
yaitu sebagai alat komunikasi. Lulusan SD diharapkan dapat berkomunikasi dan
berinteraksi dengan baik di lingkungan. Konsep-konsep dan teori-teori
kebahasaan belum dapat diberikan untuk peserta didik usia SD.
18. Bahasa mempunyai peranan penting dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar
pendidikan di semua jenis jenjang pendidikan. Di bawah ini, peran penting
pembelajaran bahasa Indonesia di SD kecuali …
A. Sebagai sarana berpikir untuk menumbuhkembangkan cara
berpikir logis, sistematis, dan kritis.
B. Sebagai sarana mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
C. Dapat membantu peserta didik dalam mengemukakan
gagasan dan berpartisipasi di tingkat internasional.
D. Bekal kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dapat
digunakan untuk mempelajari berbagai macam mata pelajaran.
E. Sarana untuk mengenal dirinya dan budaya di
lingkungannya.
Jawaban: C. Dapat membantu peserta didik dalam
mengemukakan gagasan dan berpartisipasi di tingkat internasional
PEMBAHASAN :
Bahasa merupakan penunjang keberhasilan peserta didik
dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia di SD
diharapkan membantu peserta didik dalam mengemukakan gagasan sampai dengan
menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya, sehingga
memudahkan dalam mempelajari dan menguasai mata pelajaran yang lain.
Pembelajaran bahasa Indonesia di SD membekali peserta didik dalam berkomunikasi
baik lisan maupun tertulis di lingkungan sekitarnya, belum dapat digunakan
untuk tingkat internasional karena bahasa Indonesia belum menjadi bahasa
internasional.
19. Bacalah KD Bahasa Indonesia berikut!
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran berdasarkan
teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
Indikator pembelajaran yang cocok untuk KD di atas adalah
…
A. Menunjukkan sikap percaya diri dalam menyajikan pokok
pikiran dalam teks tulis.
B. Menyebutkan ciri-ciri pokok pikiran berdasarkan teks
Organ Gerak Hewan secara tulis.
C. Mengidentifikasi pokok pikiran berdasarkan teks Organ
Gerak Hewan secara tulis.
D. Memahami pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak
Hewan secara tulis.
E. Mempresentasikan hasil identifikasi pokok pikiran
berdasarkan teks Organ Gerak Hewan
secara lisan.
Jawaban:
E. Mempresentasikan hasil identifikasi
pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak Hewan secara lisan.
PEMBAHASAN :
Indikator pembelajaran merupakan bagian dari kompetensi
dasar. Yang harus diperhatikan dalam menyusun indikator pembelajaran sebagai
berikut.
1. Harus relevan dengan kemampuan dan materi yang
terkandung dalam KD.
2. Menggunakan kata kerja operasional yang spesifik,
dapat diukur, dan dapat tercapai.
KD bahasa Indonesia yang disajikan mengandung kata kerja
menyajikan yang menunjukkan bahwa KD tersebut merupakan KD turunan dari Kompetensi
Inti aspek keterampilan (KI.4). Oleh karena itu, indikator yang muncul harus
mengandung kata kerja yang menunjukkan ranah kompetensi keterampilan.
20. Bu Ayu sedang membacakan cerita untuk peserta didik
di kelas, memberikan contoh membaca lancar, membacakan cerita untuk anak. Ada
kalanya Bu Ayu membaca sebuah kalimat, peserta didik melanjutkan kalimat
berikutnya. Media yang digunakannya adalah buku bacaan dengan ukuran besar yang
dapat terakses dengan baik oleh semua peserta didik di kelas. Strategi
pembelajaran membaca yang diterapkan Bu Ayu adalah strategi … .
A. bersama
B. bergema
C. kor
D. terbimbing
E. mandiri
Jawaban: A. bersama
PEMBAHASAN :
Macam-macam strategi membaca sebagai berikut.
1) Strategi membaca bersama (shared reading): guru
membacakan cerita untuk siswa di kelas, memberikan contoh membaca lancar,
membacakan cerita untuk anak, ada kalanya, siswa melanjutkan kalimat
berikutnya.
2) Membaca Bergema (echo reading): guru membaca satu atau
dua kalimat. Anak-anak kemudian membaca ulang kalimat tersebut, sama seperti
yang dilakukan guru. Kegiatan ini terus dilakukan hingga guru dan siswa selesai
membaca semua kalimat dalam teks tersebut.
3) Membaca Kor (choral reading): guru mengajak siswa
untuk membaca dengan serempak (kor), guru memulai dengan membaca buku dengan
nyaring untuk mencontohkan membaca lancar, dan siswa membaca buku secara
bersama-sama dengan serempak (kor).
4) Membaca Terbimbing (guided reading) Siswa
dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuan membacanya (homogen). Setiap
kelompok terdiri atas 7-8 siswa. Guru bersama dengan siswa membaca dan memahami
cerita yang sesuai dengan level mereka.
21. Pembelajaran yang melibatkan peserta didik melakukan
kegiatan memilih bentuk tulisan, menyusun draft tulisan, memperbaiki tulisan,
menyunting tulisan, dan berbagi tulisan merupakan tahapan pembelajaran bahasa
dengan pendekatan ….
A. keterampilan proses
B. konstruktivisme
C. komunikatif
D. writing process
E. whole language
Jawaban: D. writing process
PEMBAHASAN :
1) Pendekatan keterampilan proses: pendekatan dalam
pembelajaran bahasa yang dilandasi oleh pandangan bahwa dalam proses belajar
atau belajar bagaimana belajar diperlukan keterampilan intelektual,
keterampilan sosial, dan keterampilan fisik. Ketiga keterampilan inilah yang
disebut keterampilan proses. Keterampilan proses berfungsi sebagai alat
menemukan dan mengembangkan konsep.
2) Pendekatan konstruktivisme, berpandangan bahwa pada
dasarnya belajar merupakan (a) Proses berpikir secara aktif, (b) Proses
berpikir sebagai upaya menghubungkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki
(skemata) dengan informasi atau masalah baru secara kritis dan kreatif, (c)
Proses berpikir yang secara potensial menuju dan membentuk keutuhan berdasarkan
“konstruksi” yang dilakukan, (d) Proses pembuahan pemahaman yang akan melekat
dan terkembangkan secara terus menerus apabila berlangsung lewat penghayatan
dan internalisasi.
3) Pendekatan komunikatif dimaksud untuk mengembangkan
kemampuan berkomunikasi (yang selanjutnya disebut kompetensi komunikasi), yaitu
kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dalam konteks yang seutuhnya.
Kegiatan utama dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa yang menggunakan
pendekatan komunikasi berupa latihan-latihan yang langsung dapat mengembangkan
kompetensi komunikasi yang dimiliki pembelajar; tidak hanya menguasai
bentuk-bentuk bahasa, tetapi sekaligus menguasai bentuk, makna, serta
pemakaiannya.
4) Pendekatan writing process merupakan pendekatan yang
terfokus pada siswa. Dalam pendekatan ini siswa diharapkan dapat mengembangkan
pengetahuan, sikap, pengalaman dan keterampilan dalam pembelajarannya.
Pendekatan proses menulis merupakan pendekatan untuk mengamati pembelajaran
menulis yang penekananannya bergeser dari produk pada proses apa yang dipikir
dan ditulis siswa.
5) Pendekatan whole language: pendekatan pembelajaran
bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh, tidak terpisah-pisah.
Hal ini karena bahasa merupakan satu kesatuan yang tidak dapat
dipisah-pisahkan, sehingga pembelajaran komponen bahasa dan keterampilan
berbahasa disajikan utuh dalam situasi nyata (autentik) dan bermakna;
Lengkapilah langkah-langkah kegiatan
pembelajaran di bawah ini!
1) Peserta didik membaca dalam hati teks prosedur cara
membuat anyaman.
2) Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi teks
prosedur, terkait alat bahan dan langkah-langkah membuat anyaman.
3) Peserta didik membuat anyaman dengan panduan LKPD.
4) Peserta didik secara berpasangan membandingkan karya
anyamannya.
5) Guru mengambil teks prosedur yang telah dibagikan.
22. Langkah-langkah kegiatan yang tepat untuk melengkapi
kegiatan pembelajaran di atas adalah ....
A. Peserta didik menentukan langkah-langkah kunci dan
menuangkannya dalam graphic organizer.
B. Peserta didik menuliskan kembali langkah-langkah
membuat anyaman dengan kalimat sendiri secara runtut.
C. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas kelompok
untuk membuat anyaman dengan pola yang berbeda dilengkapi dengan
langkah-langkah pembuatannya secara runtut.
D. Guru meminta peserta didik memberikan pendapat
mengenai anyaman.
E. Peserta didik menyajikan hasil anyaman disertai dengan
penjelasan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatannya.
Jawaban: E. Peserta didik menyajikan hasil anyaman
disertai dengan penjelasan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatannya.
PEMBAHASAN :
Langkah-langkah pembelajaran hendaknya runtut mulai dari
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan akhir
sesuai dengan pendekatan saintifik, yakni tahapan mengkomunikasi, peserta didik
mempresentasikan hasil kerjanya.
23. Dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa yang
berwawasan whole language, maka pembelajaran bahasa Indonesia harus mempunyai
keterpaduan antara
(a) pembelajaran kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan,
(b) isi pembelajaran dengan pengetahuan dan pengalaman
peserta didik,
(c) perolehan pengalaman belajar peserta didik dengan
kenyataan penggunaan bahasa sesuai dengan aktivitas penggunaan bahasa Indonesia
dalam kehidupannya.
Hal ini sejalan dengan ciri-ciri pendekatan whole
language, kecuali ….
A. eklektika (eclectic)
B. menyeluruh (whole/cooperative)
C. bermakna (meaningful)
D. berfungsi (function)
E. alamiah (natural/authentic)
Jawaban: A. eklektika (eclectic)
PEMBAHASAN :
Ciri-ciri pendekatan whole language adalah:
1) menyeluruh (whole/cooperative)
2) bermakna (meaningful)
3) berfungsi (function)
4) alamiah (natural/authentic)
Perhatikan tabel berikut untuk mengerjakan
soal nomor 24 dan 25!
24. Bu Tina telah merancang sebuah instrumen penilaian
yang akan digunakannya di kelas saat proses pembelajaran. Bu Tina telah
memperhatikan hal-hal yang harus ada pada rubrik, yaitu ….
A. kejelasan kriteria, tingkatan skor, ketepatan
deskripsi
B. kriteria ketuntasan minimal, pedoman penggunaan,
gradasi skor
C. kejelasan kriteria, gradasi skor, kriteria ketuntasan
minimal
D. ketepatan deskripsi, pedoman penggunaan, kunci jawaban
E. pedoman perhitungan skor, kunci jawaban, ketepatan
deskripsi
Jawaban: A. kejelasan kriteria, tingkatan skor,
ketepatan deskripsi
PEMBAHASAN :
Komponen sebuah rubrik penilaian adalah:
1) kejelasan kriteria
2) gradasi/ tingkatan skor
3) ketepatan deskripsi
4) pedoman penggunaan
25. Rubrik penilaian di atas dapat digunakan oleh Bu Tina
untuk menilai kegiatan ….
A. bermain peran
B. diskusi
C. menyimak
D. berbicara
E. membaca
Jawaban: B. diskusi
PEMBAHASAN :
Rubrik penilaian mengandung kriteria yang disesuaikan
dengan sasaran penilaian.
26. Tentukan ide pokok wacana berikut.
Bupati Aceh Besar mengatakan, pihaknya akan segera
mengkaji penerapan Sistem Pendidikan Terpadu untuk semua jenjang pendidikan di
Aceh Besar dan diharapkan bisa dilaksanakan secepatnya. Harapan itu dikemukakan
Mawardi Ali di depan sekitar 500-an guru dan kepala sekolah se-Aceh Besar di
Auditorium SMK Almubarkeya, Aceh Besar, Sabtu (23/6/2018). “Kita harus berani
bersikap untuk kemajuan pendidikan Aceh Besar ke depan,” tegasnya. Hadir pada
kegiatan itu Wakil Bupati Aceh Tgk H. Husaini A Wahab, Ketua MPD Aceh Besar
Prof. Dr. Musanif, dan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata
Muhammad, S.Pd., M.M. Dalam pertemuan dengan jajaran pendidikan, Mawardi
menambahkan, masa depan Aceh Besar sangat tergantung dari keberhasilan
pendidikan hari ini. (Sumber:
http://aceh.tribunnews.com/2018/06/24/aceh-besar-siapkan-sistem[1]pendidikan-terpadu)
A. masa depan Aceh Besar sangat tergantung dari
keberhasilan pendidikan hari ini.
B. pentingnya penerapan Sistem Pendidikan Terpadu untuk semua
jenjang pendidikan
C. pembiasaan Harapan Bupati Aceh Besar terhadap
penerapan Sistem Pendidikan Terpadu
D. pertemuan Kebijakan Pendidikan Bupati Aceh Besar
dengan sekitar 500- an guru dan kepala sekolah se-Aceh Besar
E. kebijakan pendidikan inovatif Bupati Aceh Besar dalam
bidang pendidikan
Jawaban: C. pembiasaan Harapan Bupati Aceh
Besar terhadap penerapan Sistem Pendidikan Terpadu
27. Dari kalimat-kalimat berikut, yang benar adalah ...
A. Rina belajar setiap hari untuk persiapan ujian yang
akan datang.
B. Ali mengambil alat tulisnya yang tertinggal dibawah
meja.
C. Siti mengucapkan terimakasih berulang kali atas
kebaikan temannya.
D. Adik saya, Santi pergi ke Jakarta pagi tadi.
E. Andi sejak pagi menunggu orangtuanya datang.
Jawaban: A. Rina belajar setiap hari untuk
persiapan ujian yang akan datang
28. Anak usia kelas III SD dapat menyesuaikan bahasa yang
digunakan untuk menjaga kesantunan dibandingkan dengan anak usia kelas 1 SD.
Misalnya bentuk sapaan kamu kepada orang yang lebih tua sudah dihindari.
Perkembangan tersebut menunjukkan anak memiliki kemampuan ... .
A. fisiolinguistik
B. sosiolinguistik
C. literasi linguistik
D. neurolinguistik
E. psikolinguistik
Jawaban: B. sosiolinguistik
29. Pak Sandi melakukan pembelajaran dengan menerapkan
pendekatan Whole Languge. Berikut ini adalah langkah inovatif utama yang
dilakukan Pak Sandi....
A. Mempersiapkan CD interaktif cerita anak lalu
membagikannya kepada siswa sesuai kelompoknya.
B. Menugasi siswa untuk mengakses sendiri tayangan video
cerita anak di internet lalu siswa diminta membuat cerita sejenis.
C. Mengevaluasi kemampuan siswa dalam melakukan percobaan
pembuatan magnet berdasarkan tayangan video.
D. Menugasi siswa menganalisis tayangan video sesuai
materi pada 3 jenis mata pelajaran yang berbeda.
E. Menugasi siswa membaca komik digital lalu siswa diinta
menulis cerita tersebut dengan menggunakan bahasanya sendiri.
Jawaban: E. Menugasi siswa membaca komik
digital lalu siswa diinta menulis cerita tersebut dengan menggunakan bahasanya
sendiri
30. Bu Santi akan merancang perencanaan pembelajaran
kelas IV untuk muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan KD 4.1 Menata
informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke
dalam kerangka tulisan. Bu Santi membuat indikator-indikator. Salah satu
indikator yang harus yang dibuat oleh Bu Santi adalah ...
A. Menggali informasi untuk menemukan keterhubungan
gagasan.
B. Membuat tulisan yang memiliki keterhubungan gagasan
dengan teks lain.
C. Memperjelas keterhubungan antara gagasan dalam
beberapa teks yang terkait.
D. Menyusun kerangka tulisan dari beberapa teks yang
memiliki keterhubungan gagasan.
E. Membuat instrumen untuk menata keterhubungan
antargagasan
Jawaban: D. Menyusun kerangka tulisan dari
beberapa teks yang memiliki keterhubungan gagasan.
31. Dalam pembelajaran membaca dan menulis di kelas I SD,
guru menggunakan Metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dengan menggunakan
gambar-gambar dan tulisan di slide media visual interaktif sebagai berikut.
Tujuan utama menggunakan metode MMP ini adalah ... .
A. memberi contoh teknik membaca dan menulis peserta
didik
B. mengenalkan gambar-gambar dengan tulisannya kepada
peserta didik
C. memberi contoh pelafalan dan penulisan huruf
D. mencari informasi dari bahan bacaan dan tulisan yang
cocok untuk kelas 1 sd
E. mengecek kelancaran membaca dan menulis peserta didik
Jawaban: A. memberi contoh teknik membaca dan
menulis peserta didik
31. Cerita fantasi merupakan cerita khayal dan berakar
dari cerita terdahulu, yang terdiri atas beberapa jenis. Salah satu jenis cerita
fantasi adalah... .
A. cerita tentang pengalaman anak berlibur beserta
keluarga
B. cerita tentang sejarah kehidupannya
C. menceritakan kembali cerita fiksi yang dibacanya
D. cerita binatang dengan kemampuan khusus
E. cerita tentang kehidupan di masa mendatang
Jawaban: B. cerita tentang sejarah
kehidupannya
32. Bacalah dengan cermat puisi berikut.
KECOA
Oleh: PencilSpirit
Kata orang serangga menjijikkan,
Muncul ditempat pembuangan,
Melata dalam gelap,
Bermukim dalam pengap.
Kecoa binatang paling tangguh,
Bertahan sekalipun peradaban bumi runtuh,
Spesies hewan paling tua,
Berkembang biak puluhan abad lamanya.
Jangan kau menginjaknya,
Karena jutaan bakteri ada di perutnya,
Bunuh dengan pembasmi serangga,
Dan jauhkan dari balita.
(Sumber: http://www.puisipendek.net)
Apa imaji yang muncul pada puisi „Kecoa„ tersebut menurut
Saudara? ....
A. deskriptif
B. kinestetik
C. imajinatif
D. auditif
E. visual
Jawaban: E. visual
33. Pembentukan frase dalam bahasa Indonesia digunakan
hukum DM (diterangkan[1]menerangkan).
Frase meja hijau menunjukkan sifat bahasa....
A. Bermakna
B. Arbitrer
C. Sistem
D. Konvensional
E. Bervariasi
Jawaban: C. Sistem
34. Bacalah dengan cermat teks berikut.
Laju deforestasi di Bumi antara 2014 dan 2016 mencapai 20
persen lebih cepat dibandingkan etimbang dekade silam. Artinya dunia kehilangan
tutupan hutan hampir seluas pulau Jawa setiap tahunnya. Temuan ini didapat
antara lain melalui analisis citra satelit. Meski upaya menghentikan
deforestasi telah berlangsung selama beberapa dekade, sejak tahun 2000 hampir
10 persen hutan alami mengalami fragmentasi, degradasi atau ditebang. Laju
kerusakan hutan pada 17 tahun pertama abad ini mencapai 200 kilometer persegi
setiap hari. "Degradasi hutan alami mewakili tragedi global, di mana kita
secara sistematis menghancurkan pondasi penting untuk stabilitas iklim,"
kata Frances Seymour, peneliti World Research Institute (WRI) yang ikut
terlibat dalam studi tersebut. Hutan adalah satu-satunya infrastruktur paling
aman, alami, terjangkau dan sudah terbukti buat menangkap dan menyimpan
karbondioksida," imbuhnya. Temuan ini diumumkan ketika Program Pembangunan
PBB (UNDP) dan lima organisasi konservasi lain meluncurkan rencana lima tahun,
Nature4Climate, yang membidik pengelolaan penggunaan lahan yang lebih baik
untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. "37 persen dari jumlah yang
dibutuhkan untuk mempertahankan kenaikan suhu di bawah dua derajat Celsius,
bisa disediakan oleh pengelolaan lahan yang baik," kata Andrew Steer,
Direktur WRI.
(Sumber: Kompas.com)
Simpulan dari wacana di atas adalah ... .
A. penelitian untuk mengatasi deforetasi hutan
B. upaya mengembalikan lanscap hutan alam
C. dampak kerusakan hutan bagi alam
D. deforestasi bumi
E. persentasi degradasi hutan per tahun
Jawaban: D. deforestasi bumi
35. Diantara kalimat-kalimat berikut, yang paling benar
adalah ...
A. Presiden Joko Widodo sedang melakukan kujungan
kenegaraan ke beberapa negara tetangga.
B. Semua Gubernur dari seluruh propinsi menghadiri acara
di istana negara.
C. Pemilihan presiden Republik Indonesia akan
dilaksanakan pada tahun 2019.
D. Pemilihan Gubernur diselenggarakan serentak di seluruh
Indonesia.
E. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki KTP (
Kartu Tanda Penduduk ).
Jawaban: A. Presiden Joko Widodo sedang
melakukan kujungan kenegaraan ke beberapa negara tetangga.
36. Kalimat berikut ini yang terdiri atas 2 klausa adalah
...
A. Gadis yang berdiri di teras itu adik saya.
B. Andi pergi ke kampung halamannya sejak kemarin.
C. Dua hari yang lalu Andika mengalami kecelakaan mobil
di tol Cipali.
D. Ayah tidak berangkat ke kantor karena membawa adik ke
dokter dan membelikan obatnya ke apotik.
E. Siti makan di sebelah adiknya.
Jawaban:
A. Gadis yang berdiri di teras itu adik saya
37. Pada kalimat “Adi memiliki hobi memelihara ikan.”,
hiponim kata „ikan‟ adalah ...
A. hewan
B. hewan berinsang
C. hewan air
D. penjual ikan
E. ikan tuna
Jawaban: E. ikan tuna
- SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK BAHASA INDONESIA TERBARU (DISINI)
Demikainlah beberapa kumpulan soal dan pembahasan latihan
PPPK untuk guru SD mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sekiranya postingan yang telah
saya bagikan ini bisa membantu par guru SD yang akan belajar untuk mempersiapkan
diri dalam menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Sekian dan semoga bermanfaat.