Soal dan Pembahasan PPPK Bahasa Inggris SMP, SMA, SMK
Kherysuryawan.id – Contoh soal latihan PPPK Bahasa inggris
lengkap dengan kunci jawaban untuk guru jenjang SMP, SMA dan SMK.
Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada postingan kali
ini saya kembali akan membagikan beberapa contoh soal latihan PPPK khususnya
untuk mata pelajaran Bahasa inggris jenjang SMA dan SMA yang sekiranya bisa
dijadikan sebagai bahan belajar mandiri dalam menghadapi seleksi penerimaan
PPPK nantinya di tahun ini.
Adapun soal yang akan di berikan disini ialah soal yang
sudah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kompetensi yang akan di ujiankan
pada seleksi PPPK meskipun soalnya tidak bisa dipastikan sesuai dengan soal
yang akan muncul nantinya saat anda mengikuti seleksi PPPK. Soal latihan ini tentunya
akan sangat membantu para calon ASN PPPK dalam mempelajari materi Bahasa inggris
sesuai kompetensinya.
Perlu anda ketahui pula bahwa di setiap soal yang disajikan
disini semuanya telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan
memudahkan guru dalam mempelajarinya. Selain kunci jawaban di setiap soal juga
telah di sediakan ringkasan pembahasannya sehingga akan lebih jelas dan lebih
mudah untuk di pahami ioleh guru yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar
mandiri.
Seperti kita ketahui bahwa saat ini bagi calon ASN PPPK
maka anda bisa melakukan belajar mendiri di laman sim guru belajar dan disana
juga anda bisa mengikuti latihan dan tryout. Melalui soal latihan ini pun maka
anda bisa belajar dengan mudah dan usahakan untuk anda manfaatkan dengan baik
soal – soal latihan ini sebagai referensi anda dalam balajar.
Semakin banyak anda berlatih dan belajar maka tentunya
anda pun akan semakin mudah dalam menjawab soal nantinya karena tentu saja
pengetahuan anda pun akan semakin luas dan bertambah.
Bagi anda yang saat ini mengajar mata pelajaran Bahasa inggris
di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) maupun di sekolah menengah atas (SMA)
maka anda bisa memanfaatkan soal-soal latihan ini sebelum anda menghadapi
seleksi PPPK.
Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan anda pelajari
dengan baik sontoh soal latihan PPPK Bahasa inggris di bawah ini yang sudah di
lengkapi dengan kunci jawaban dan juga pembahasannya.
Berikut ini bentuk soal dan pembahasan PPPK mapel Bahasa Inggris :
1. As the counterbalance to linguistic competence,
formulaic competence refers to chunks of language that speakers use heavily in
everyday interactions. It includes the following EXCEPT ….
A. idioms
B. routines
C. turn-taking
D. collocations
E. lexical frames
Kunci Jawaban: C (Turn-Taking)
PEMBAHASAN :
Untuk mencari jawaban yang benar, langkah-langkah yang
ditempuh adalah: a. Mencari kata kunci atau frasa penting dalam soal, yaitu
Linguistics Competence dan formulaic competence. Di dalam soal juga ditemukan
kata counterbalance yang berarti bahwa linguistics dan formulaic competence
saling mengimbangi. Sedangkan formulaic competence adalah serangkaian kata atau
frasa yang harus diingat sebagai suatu rangkaian ekspresi, sehingga mempunyai
kaitan erat dengan kompetensi berkomunikasi. Kata kunci lain adalah EXCEPT
(kecuali). b. Mencari jawaban yang tepat/ benar. Dari pilihan jawaban, pilihan
A (idioms), B (routines), D (collocations), dan E (lexical frames), semuanya
adalah komponen yang dibutuhkan dalam kompetensi berkomunikasi, sedangkan C-
turn taking adalah suatu urutan antara merespon dan berujar/ menginisiasi
percakapan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
2. Among the areas where our behavior can directly
influence our students‟ motivation to continue participation in EFL classes is determining
short-term goals which include the following EXCEPT ….
A. the successful writing of an essay
B. the ability to partake in a discussion
C. the possibility of a better job in the future
D. the learning of a small amount of new language
E. the passing of the progress test at the end of the
week
Kunci Jawaban: C (the possibility of a better job in the
future)
PEMBAHASAN :
Untuk mencari jawaban yang tepat perlu dilakukan: a.
Mencari kata kunci dari soal, yaitu which influence student’s motivation to participate
in class dengan menentukan short-term goals, dan EXCEPT (kecuali). b. Mencari
jawaban yang paling sesuai dengan istilah Short-Term Goals yaitu tujuan jangka
pendek dalam pembelajaran. Dari pilihan jawaban, kata kunci EXCEPT harus
diingat. Pernyataan pada pilihan jawaban C (the possibility of a better job in
the future), frasa in the future bisa diartikan sebagai target atau tujuan
jangka panjang, sedangkan di soal ada kata kunci Short-term goals. Pilihan
jawaban yang lain selain kunci jawaban (C) dikategorikan dalam short-term
goals.
3. Applying the humanistic approach, the teacher should
encourage supportive atmosphere in the classroom by means of the following acts
EXCEPT ….
A. listening to the students
B. encouraging them to share their feelings
C. accepting their comments without judgement
D. fixing the aims for the course or for one lesson
E. obliging students to do what they plan to do that day
Kunci Jawaban: E (obliging students to do what they plan
to do that day)
PEMBAHASAN :
Berikut cara menjawab soal nomor 3 tersebut: a. mencari
kata kunci atau frasa-frasa yang penting dari soal tersebut. Kata kunci
tersebut adalah humanistic approach, dan EXCEPT (kecuali) b. Setelah mengetahui
kata kunci, kemudian melihat ke pilihan jawaban, dari semua pilihan jawaban,
yang tidak termasuk dalam teori humanistic approach adalah E (obliging students
to do what they plan to do that day) karena mempunyai arti bahwa guru
mengharuskan (obliging) untuk melakukan kewajibannya (what to do).
4. When putting syllabuses together, an EFL curriculum
designer has to consider each item for inclusion in the syllabuses on the basis
of the following criteria EXCEPT….
A. Learnability
B. Usefulness
C. Frequency
D. Coverage
E. Grading
Kunci jawaban: E. (Grading)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 4 dengan indikator “Menjelaskan
prinsip[1]prinsip
pengembangan pembelajaran bahasa Inggris”, berikut langkahnya:
a. Kata kunci pada soal ini adalah syllabuses, criteria,
dan EXCEPT.
b. Kemudian melihat pilihan jawaban, pilihan E. Grading
adalah jawabannya karena istilah ini belum menunjukkan inklusi dalam silabus
yang dirancang berdasar kurikulum. Grading berarti mengkategorikan skor ke
level-level tertentu; istilah yang lebih tepat untuk ini adalah Evaluation.
5. The presentation/development step of a lesson plan
should involve activities on the part of the students. It should be carried out
by keeping in mind the following principles EXCEPT…
A. principle of selection
B. principle of division
C. principle of absorption
D. principle of categorization
E. principle of successive sequence
Kunci jawaban: D (Principle of categorization)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 5, berikut adalah
langkah-langkah yang bisa dilakukan: - Menemukan kata kunci Presentation step
of a lesson plan dan memahami mengenai prinsip kegiatan dalam tahap tersebut.
Kemudian ada frasa on the part of the students. Berarti bahwa pengembangan
lesson plan yang melibatkan kegiatan pada peserta didik bisa dilakukan sesuai
prinsip selection (pemilihan), division (pembagian), absorption (penyerapan),
dan successive sequence (rangkaian yang berurutan) - Dari pilihan jawaban di
atas yang bukan merupakan prinsip dalam menyusun RPP atau lesson plan yang
melibatkan kegiatan peserta didik adalah pilihan jawaban D. principle of
categorization (prinsip mengkategorikan).
6. When assigning the learners in the closure section of
the lesson plan, remember that students need to be able to perform their skills
on their own. So, keep the following things in mind EXCEPT ….
A. make a clear connection between the lesson and the homework
B. make sure to assign the homework directly after the
lesson
C. clearly explain the assignment to be given to the
learners
D. ask the model students to share their tasks to their
classmates
E. make sure to check for students understating before
sending them off
Kunci jawaban: D (ask the model students to share their
tasks to their classmates)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 6, berikut cara yang bisa
dilakukan:
-
Menemukan kata kunci assigning closure
section of lesson plan dan memahami kegiatan pada tahap tersebut. Yang dimaksud
dengan assigning adalah penilaian yang dikembangkan dalam RPP, kemudian frasa
closure section of a lesson plan adalah tahap penutupan ketika mengembangkan
RPP.
-
Dari pilihan jawaban di atas yang bukan
merupakan indikator dalam penilaian pada tahap akhir lesson plan/ RPP adalah
pilihan jawaban D. ask the model students to share their tasks to their
classmates
7. Free practice designed for an effective lesson plan
integrates the focus structure /vocabulary/functional language into students'
overall language use. It often encourages students to use the target language
structures in the following EXCEPT ….
A. games and puzzles
B. small group discussions
C. quizzes and formative tests
D. written work (paragraphs and essays)
E. longer listening comprehension practice
Kunci jawaban: C (quizzes and formative test)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 7, berikut adalah cara yang
dilakukan:
-
Menemukan kata kunci, yaitu instrument
penilaian berbasis latihan yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa yang
berfokus pada structure/ vocabulary / functional language meliputi: games and
puzzles, small group discussions, written work (paragraphs and essays), dan
longer listening comprehension practice.
-
Pilihan jawaban C. quizzes and formative
tests (kuis dan tes formatif) tidak termasuk salah satunya. Alasannya adalah
kuis dan tes formatif biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tujuan untuk
mengukur kemampuan siswa sehingga guru mengetahui sejauh mana tujuan
pembelajaran tercapai.
8. A well-developed lesson plan should be completed with assignments
to guide the instructor‟s choice of assessment measures by providing
information about student and class comprehension of the material. The
following are among the questions to consider EXCEPT ….
A. What level of learning do the students need to attain?
B. How does the lesson plan fit particular instructional
principles?
C. What is the amount of time the instructor wants the
students to use?
D. How does the assignment fit with the rest of the
lesson plan?
E. What is the purpose of the assignment?
Kunci Jawaban: B (How does the lesson plan fit particular
instructional principles?)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal No. 8, berikut adalah cara yang dapat
dilakukan:
-
Terlihat di dalam soal ada kata kunci Well-
developed lesson plan dan choice of assessment, yang mempunyai arti
pengembangan RPP yang baik dan pemilihan penilaian yang tepat/ baik. Selain itu
EXCEPT (kecuali) juga merupakan kata kunci yang penting.
-
pilihan jawaban B how does the lesson plan
fit particular instructional principles adalah jawaban yang paling benar karena
terlalu luas hubungannya dengan particular instructional principles dan
assessment.
9. The closure step of a lesson plan is a chance to
determine whether the students need additional practice or to go over the
lesson again. The following are examples of closure in an effective lesson plan
EXCEPT ….
A. summarizing the characteristics of the lesson
B. discussing new things that the students learned about
the lesson
C. giving them a couple of minutes to read or present the
lesson to the class
D. asking what information from the lesson the students
will find important
E. asking the students to summarize the lesson for
students missing the class.
Kunci jawaban: C (giving them a couple of minutes to read
or present the lesson to the class)
PEMBAHASAN :
Soal nomor 9 bisa dilakukan dengan cara berikut:
-
Untuk mencari jawaban yang paling benar, kata
kunci dari soal inI adalah the closure step of a lesson plan dan EXCEPT.
-
Maka pilihan C. giving them a couple of
minutes to read or present the lesson to the class adalah yang benar karena
pada kegiatan penutupan di langkah pembelajaran tidak tepat jika siswa diminta
to read and present (membaca dan menyajikan).
10. The presentation phase of a lesson plan can take a
variety of forms. The following are suggestions on how to present new materials
to class EXCEPT ….
A. teacher centered explanation
B. student presentation
C. reading selection
D. listening selection
E. guided exercises
Kunci jawaban: E (guided exercises)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan nomor 10, berikut cara yang
bisa dilakukan:
-
Perhatikan kata kunci presentation phase of
lesson plan yang berarti tahap menyajikan materi dan EXCEPT.
-
Pilihan jawaban E. guided exercises adalah
BUKAN termasuk dalam kegiatan Presentation of a lesson plan atau menyajikan di
dalam langkah pembelajaran. Sedangkan yang lain, seperti teacher centered
explanation (penjelasan berpusat pada guru), student presentation (presentasi
siswa), reading selection (pemilihan bacaan) bisa dikategorikan dalam tahap
menyajikan materi dalam langkah pembelajaran.
11. Rina is solitary type of a student. The most suitable
learning source for the teacher to facilitate Rina in reading comprehension would
be….
A. pictured workbooks
B. E-learning modules
C. reading passages
D. audio recordings
E. worksheet
Kunci jawaban: B (E-learning modules).
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan nomor 11, berikut cara yang
bisa dilakukan:
-
Menemukan kata kunci soal indikator 4.4
adalah solitary type dan reading comprehension. Solitary type student adalah
siswa dengan tipe yang suka menyendiri.
-
Pilihan jawaban B. E-learning modules sesuai
dengan tipe solitary dalam pembelajaran. Alasannya adalah modul yang diterapkan
dalam e-learning akan diakses oleh pembelajar sendiri dan mandiri.
12. A teacher who wants to have distance learning
involving not only spoken but also pictographic images which enable them to
have face-to face idea exchanges can most appropriately utilize….
A. skype
B. short message services
C. multimedia language laboratory
D. teleconference
E. Google messenger
Kunci jawaban: D (Teleconference).
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan nomor 12, berikut cara yang
bisa dilakukan:
-
Menemukan kata kunci soal inI adalah distance
learning (pembelajaran jarak jauh) dan pictographic images (gambar huruf).
-
Pilihan jawaban D. Teleconference adalah yang
tepat karena mengandung unsur kata kunci tersebut, yaitu pelaksanaannya bisa
dengan cara jarak jauh dan menggantikan pertemuan tatap muka. Penggunaan gambar
huruf juga bisa diterapkan dalam teleconference
13. Mrs. Nastiti is about to activate students‟ formal
schemata of lexical items used in a report text. For the purpose, she can
involve her students…
A. to identify words in jumbled letters
B. to label pictures with appropriate words
C. to guess word meanings from the context
D. to find the meaning of words in dictionary
E. to find the synonym or the antonym of words
Kunci jawaban: A (To identify words in jumbled letters)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan nomor 13, berikut adalah cara
yang bisa dilakukan:
-
menemukan kata kunci soal diatas adalah
activate students (mengaktifkan murid) dan lexical items (item-item kosa kata)
in report text.
-
Pilihan jawaban A. to identify words in
jumbled letters adalah yang benar karena mengidentifikasi kata-kata untuk
penguasaan kosakata sebelum ke reading the text.
14. To cater for the learning style of his students who
are field independent, when teaching reading, Mr. Hanafi will require his students
to ……
A. follow in depth ideas in each paragraph
B. identify the main points of passages
C. imply the meaning in passages
D. retell details of all paragraphs
E. seek for specific information
Kunci jawaban: B (Identify the main points of passages)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan nomor 14, berikut adalah cara
yang bisa dilakukan:
-
Menemukan kata kunci soal tersebut diatas
yaitu adalah learning style, field independent dan teaching reading. Berikut
penjelasan Field independent: A field-independent learning style is defined by
a tendency to separate details from the surrounding context. Field-independent
learners tend to rely less on the teacher or other learners for support. Dalam
hal ini, siswa akan lebih fokus dengan belajar mandiri.
-
Pilihan jawaban B. identify the main points
of passages (mengidentifikasi informasi utama dalam teks) adalah yang sesuai
karena sesuai dengan pengajaran reading dan field independent.
15. Learning a new topic can be challenging for students.
To motivate them to learn with enthusiasm, a teacher may use empathetic communication
strategy by….
A. telling the class that all beginning is difficult
B. informing the class to always be motivated
C. reminding the importance of learning English
D. explaining the disadvantage of not learning the topic
E. stating that the topic is interesting and they will
like it
Kunci Jawaban: E (Stating that the topic is interesting
and they will like it)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 15 tersebut, berikut adalah
cara menjawabnya:
-
Kata kunci soal tersebut diatas adalah
learning new topic (mempelajari tema baru) dan to motivate learners (memotivasi
siswa).
-
Maka pilihan jawaban yang berhubungan dengan
kata kunci tersebut yang benar adalah E. stating that the topic is interesting
and they will like it. Pilihan jawaban tersebut menunjukkan bahwa guru
menunjukkan topik baru yang menarik dan siswa akan tertantang untuk membahasnya
di dalam kelas.
16. A student was texting Ms. Cruella as follows: “Excuse
me, Mam. When can you meet me to discuss my report? I have a question to ask.
Thank you”How should Ms. Cruella have responded to her student by texting back
not to make her embarrassed?
A. “What about tomorrow? But, should I see you or should
you see me?”
B. “Who do you think you are? I am your teacher. You must
see me.”
C. “Is your language polite enough, Sandra? Check
your 14English.”
D. “Sandra, be polite please, can‟t you? Should I meet
you?”
E. “You are really not polite, Sandra. Keep your manner.”
Kunci Jawaban: A (“What about tomorrow? But, should I see
you or should you see me?”).
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 16, maka berikut adalah cara
menjawabnya:
-
Mencari kata kunci, dalam soal Kata kuncinya
adalah a student was texting, yang berarti siswa menggunakan bahasa tulis.
-
Kata kunci lainnya adalah not to make her
embarrassed yang berarti tidka membuat siswa merasa malu karena ekspresi yang
diujarkan salah. - Maka, jawaban yang paling benar adalah A. “Sandra, be polite
please, can‟t you? Should I meet you?”
17. What follows are NOT among the principles of
assessment:
A. Valid, objective, accountable, meaningful, and
comprehensive
B. Accountable, meaningful, systematic, fair, and
criterion-based
C. Objective, accountable, systematic, fair, and
meaningful
D. Ongoing, integrated, systematic, fair, and accountable
E. Judgemental, valid, objective, fair, and accountable
Kunci jawaban: E (Judgemental, valid, objective, fair,
and accountable)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 17, berikut adalah cara
menjawabnya:
-
Mencari Kata kuncinya, yaitu principles of
assessment, atau prinsip-prinsip penilaian, da nada kata kunci NOT.
-
Di dalam teori Principles of assessment TIDAK
tercantum dalam prinsip penilaian kata judgemental. Prinsip-prinsip penilaian
adalah realibility, validadity, dan practicality. Itu semua termasuk prinsip
objective, accountable, meaningful dan comprehensive.
-
Kunci jawaban E. judgemental, valid,
object8ive, fair, and accountable.
18. Based on the indicator that follows: ―Given three
brief paragraphs of different themes on which every second half of every 2nd
word is mutilated, students fill in the blank spaces in the mutilated words
of the paragraphs correctly, the most appropriate scoring
scheme relevant to the assessment procedure is….
A. scoring with a penalty
B. dichotomous scoring
C. primary-trait scoring
D. polytomous scoring
E. weighted scoring
Kunci jawaban: B (dichotomous scoring)
PEMBAHASAN :
-
Untuk menjawab soal nomor 18, berikut adalah
cara menjawabnya: Menemukan kata kuncinya students fill in the blank spaces in
the mutilated words of the paragraphs correctly. Kemudian melihat pilihan
jawaban dari soal nomor tersebut.
-
Kata kunci tersebut menandakan bahwa tipe
evaluasi yang digunakan berdasar ciri-ciri tersebut ialah B. dichotomous
scoring. Artinya dalam mengembangkan prosedur penilaian bahasa, guru bisa
menerapkan tipe dua atau lebih dari dua pilihan bagi test takers. Dichotomous
mempunyai arti dividing into two parts. Berikut penjelasannya: “Dichotomous
scoring refers to the assignment of one or two possible values based on a
person‟s performance or response to a test question. A simple example is the
use of correct and incorrect to score a cognitive item response. These values
are mutually exclusive, and describe the correctness of a response in the
simplest terms possible, as completely incorrect or completely correct. Most
cognitive tests involve at least some dichotomously scored items.
Multiple-choice questions are usually scored dichotomously”.
19. The problem in Mr. Andi‟s class is the students tend
to compete excessively in reading class. They don‟t have much experience in working
together in task groups. She believes that they need to
have more opportunities to work together to change as their
attitudes in competing leads to an unhealthy class atmosphere. To solve the
problem, she designs an innovative instructional strategy
through classroom action research. The steps of which
will need to have the elements of…
A. KWLH
B. SQ3R
C. jigsaw
D. mind and mapping
E. click and clunk
Kunci jawaban C. (Jigsaw)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab pertanyaan dari soal 19 diatas, berikut
cara menjawabnya:
-
Mencari Kata kunci dari soal diatas adalah
reading class dan much working in task group.
-
Dalam pembelajaran Reading, dengan
menggunakan strategi work together dan task group maka diperlukan metode dengan
teknik diskusi dalam pembelajaran yang tepat.
-
Jadi jawaban C. Jigsaw (salah satu teknik
dalam pembelajaran cooperative learning) adalah yang benar.
20. Observations by a collaborator during the conduct of
classroom action research are mainly focused on....
A. both the teacher„s teaching and more importantly students„learning
behavior
B. detailed descriptions of class progress from minute to
minute
C. class atmosphere during the implementation of the
strategy
D. student-student and teacher-student class interactions
E. collection of data to provide evidence of change
Kunci jawaban A (both the teacher„s teaching and more
importantly student‟s learning behavior)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 20, berikut adalah cara
menjawabnya:
-
Menemukan kata kunci dari soal diatas. Kata
kunci adalah Observations by a collaborator during classroom action research
yakni kegiatan yang dilakukan dalam suatu PTK lebih berfokus pada cara mengajar
guru dan kebiasaan siswa dalam belajar.
-
Jawaban yang sesuai adalah pilihan A. both
the teacher„s teaching and more importantly students„learning behavior. Yang
berarti bahwa pengajaran guru dan pembelajaran lebih berfokus pada sikap
pembelajar.
Teks:
Lerchenfelder
Straße
7th district, Lerchenfelder Straße, old Viennese House,
central, close to subway U6, station Thaliastraße. Accommodation: all shopping
facilities in the Lerchenfelder Straße, inexpensive fruit-, vegetable- and
fresh goods stores in 5 minute walking distance. Specials: central, apartments
partially with view to the near park, various cozy restaurants and bars of any
kind in the neighborhood, very good infrastructure. Parking: short term parking
zone from 9am till 10pm; public garage on Schottenfeldgasse which is approx. 5
walking minutes away. Public transport: subway: U6 station Thaliastraße; tram:
lines 46, 5; city center is reachable by public transport in 8 minutes.
21. The text informs us about ….
A. a description of Viennese House near the station
B. an inexpensive Town House in the hub of Vienna
C. a house close to apartments with view to the park
D. an offer of a classic residence in the city center
E. an offer of houses with all shopping facilities
Kunci jawaban : A (a description of Viennese House near
the station)
PEMBAHASAN:
Untuk menjawab soal nomor 21 diatas, berikut adalah cara
menjawabnya: - Mencari jawaban yang benar dari suatu bacaan, kata kunci ada
pada soal itu sendiri, missal Old Viennese House, kemudian beberapa item
mengenai fasilitas, akomodasi, dan transportasi.
-
Untuk nomor 1, terlihat mengenai gagasan
utama. Jawaban ada pada kalimat pertama di paragraph. Ketika mencari jawaban
mengenai gagasan utama, strategi yang digunakan mencarinya di kalimat awal di
tiap paragraph.
-
Maka jawaban yang benar adalah A. a description
of Viennese House near the station
22. The text writer is boasting about the property being
….
A. close to a number wonderful infrastructures
B. furnished with a bar and a large garage
C. located in a quiet neighborhood
D. completed with cheap restaurants
E. provided with all types of bars
Kunci jawaban: A (close to a number wonderful
infrastructures)
PEMBAHASAN:
Untuk menjawab soal nomor 22, berikut adalah cara
menjawabnya:
-
Melihat kata kunci dari soal, boasting about
(yang mempunyai arti exhibiting and characterized by excessive pride or self-
satisfaction) yang berarti penulis mengekspresikan dengan cara yang maksimal.
Kata kunci yang lain adalah property.
-
Dari beberapa pilihan jawaban, di pilihan
jawaban (A) ditemukan kata wonderful yang bisa dipasangkan dengan self-
satisfaction. Maka jawaban yang dipilih sesuai dengan kata kunci pertanyaan
adalah A. close a number wonderful infrastructure.
23. Below are the advantages of the advertised stuff
EXCEPT ….
A. relatively vintage
B. good facilities
C. close to park
D. parking area
E. near garage
Kunci jawaban: C (close to park)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 23 tersebut, berikut adalah
cara menjawabnya:
-
Menemukan kata kunci dari kalimat soal. Kata
kunci dari soal ditemukan, advantages of the advertised stuff. Yang berarti
keuntungan/ manfaat dari barang atau salah satu informasi penting dari rumah
yaitu Old Viennese House yang diiklankan. Kemudian, mencari informasi kata
kunci tersebut dalam bacaan, kata stuff mempunyai arti mirip dengan specials.
-
Maka jawaban yang paling tepat adalah C.
Close to park karena dalam informasi tentang specials ada frasa view to the
near park
Teks
To use the printer by connecting it to a computer,
software including
the drivers needs to be copied (installed) to the
computer's hard disk.
The installation process takes about 20 minutes. (The
installation time
varies depending on the computer environment or the
number of
application software to be installed.)
-
Screens are based on Windows Vista Ultimate
and Mac OS X v.10.5.x.
-
Do not connect the USB cable yet.
-
Quit all running applications before
installation.
-
Log on as the administrator (or a member of
the Administrators group).
-
Do not switch users during the installation
process.
-
Internet connection may be required during
the installation.
-
Connection fees may apply.
-
Consult the internet service provider.
It may be necessary to restart your computer during the
installation
process. Follow the on-screen instructions and do not
remove the
Setup CD-ROM during restarting. The installation resumes
once your
computer has restarted.
24. The purpose of installing the software to the
computer's hard disc
is to ….
A. make the printer work on the computer
B. make the computer work faster
C. cause the computer compatible with it
D. cause the computer to restart easily
E. connect the computer to the printer
Kunci jawaban: A. (make the printer work on the computer)
PEMBAHASAN :
Untuk menjawab soal nomor 24 diatas, berikut adalah cara
menjawabnya:
-
Menemukan kata kunci dari soal yaitu purpose
(tujuan) dan installing the software (bagaimana menginstal perangkat lunak) ke
hard disc komputer.
-
Kemudian, karena kata kuncinya adalah tujuan
dari bacaan, maka untuk mencari jawabannya dalah dengan strategi Skimming dan
scanning yang berarti bahwa pembaca harus membaca secara keseluruhan dengan
CEPAT dan mencari informasi dari kata kunci tersebut dalam bacaan.
-
Setelah membaca dengancepat dan mencari
informasi tertentu dari soal, kemudian memilih pilihan jawaban. Terlihat dari
pilihan ajwaban yang tepat adalah A. make the printer work on the computer.
25. In order to install the software to the computer, it
is necessary to
….
A. become an administrator member
B. connect the computer to the internet
C. switch the users during the installation
D. contact the internet service provider
E. plug and unplug the USB cable
Kunci Jawaban: A. (become an administrator member)
PEMBAHASAN:
Untuk menjawab soal nomor 25 tersebut, berikut adalah
cara menjawabnya:
-
menemukan kata kunci dari soal, yaitu to
install the software to the computer atau bagaimana cara menginstal perangkat
lunak ke computer.
-
Kemudian, mencari informasi kata kunci
tersebut dalam bacaan. Gunakan strategi skimming dan scanning yaitu membaca
secara keseluruhan dengan cepat dan mencari informasi tertentu dalam bacaan.
Dalam tiap langkah menginstalasi ada kalimat Quit all running applications
before installation dan sesudahnya Log on as the administrator (or a member of
the Administrators group).
-
Jawabannya terlihat jelas pada langkah
setelah before installation, dan jawabn A. become an administrator member
adalah jawaban yang benar.
==> SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK BAHASA INGGRIS BERIKUTNYA (DISINI)
Demikianlah soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran Bahasa
inggris jenjang SMP, SMA dan SMK yang bisa saya bagikan semoga kumpulan
soal-soal latihan pppk Bahasa inggris yang telah dilengkapi dengan kunci
jawaban serta pembahasan tersebut bisa membantu para calon guru PPPK sebagai
bahan pembelajaran mandiri di rumah masing-masing.
Sekian yang bisa saya sampaikan dan untuk anda yang masih
ingin memiliki dan mendapatkan contoh soal latihan PPPK lainnya maka anda bisa
mendapatkannya di blog ini.
Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat !