Soal dan Jawaban Seleksi PPPK Seni Budaya Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Soal latihan seleksi ASN PPPK untuk guru seni budaya lengkap dengan kunci jawaban jenjang SMP, SMA dan SMK tahun 2023.
Sahabat pendidikan, seleksi penerimaan PPPK akan segera
dimulai olehnya itu untuk anda yang berprofesi sebagai guru dan ingin mendaftar
seleksi penerimaan ASN PPPK maka anda wajib untuk mempersiapkan diri sebelum
menghadapi seleksi ASN PPPK yang akan dating.
Adapun soal-soal latihan seleksi ASN PPPK yang akan saya
bagikan pada postingan ini ialah soal latihan PPPK untuk maple seni budaya
jenjang SMP dan SMA/SMK. Selain itu di setiap soal yang di sajikan juga sudah
di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga bagi anda yang ingin menggunakan
soal latihan ini sebagai bahan ajar maka anda akan sangat mudah menggunakannya
karena di setiap soal sudah di sediakan kunci jawabannya.
Pada soal seleksi PPPK seni budaya yang akan saya bagikan
disini yaitu meliputi 3 aspek yakni:
1. Soal PPPK
seni rupa yang berjumlah 30 soal
2. Soal PPPK
seni tari yang berjumlah 20 soal
3. Soal PPPK
seni musik yang berjumlah 30 soal
Dari semua soal yang ada pada masing-masing aspek diatas
semuanya telah di lengkapi dengan kunci jawabannya.
Postingan ini sengaja saya buat dengan tujuan agar bisa
membantu para guru honorer yang mengajar mata pelajaran seni budaya untuk bisa
belajar soal-soal PPPK sebagai bahan persiapan ketika akan menghadapi seleksi
ASN PPPK nantinya. Dengan sejak dini mempersipkan kemampuan akademik maka
tentunya akan menjadi bekal yang baik saat akan menghadapi seleksi nantinya.
Semua soal latihan PPPK seni budaya ini merupakan soal
prediksi yang mungkin sebagian akan sangat membantu para calon ASN PPPK dalam
belajar mandiri sehingga jika menemukan soal yang serupa maka sudah dapat
mengetahui jawabannya. Dengan adanya kunci jawaban pada setiap soal PPPK seni budaya
yang ada pada postingan ini maka akan lebih memudahkan dalam menggunakannya
untuk belajar mandiri.
Baiklah untuk lebih jelasnya tentang soal-soal apa saja
yang disajikan pada postingan ini seputar soal prediksi PPPK mapel seni budaya,
maka silahkan anda simak dan pelajari selengkapnya di bawah ini :
1. Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan
karakter peserta didik dengan mengandalkan asepek filosofis dari ilmu
pengetahuan formatif yang terdapat pada ...
a. Estetika
b. Etika
c. Logika
d. Karakter
KUNCI JAWABAN : a.
Estetika
2. Mempelajari kesenian mancanegara dalam pembelajaran
seni budaya bertujuan untuk..
a. Pengembangan
apresiasi
b. Membina kepekaan
estetik
c. Membandingkan ragam
budaya
d. Mentranfer budaya
asing
KUNCI JAWABAN : a. Pengembangan apresiasi
3. Pendekatan Pembelajaran seni budaya bertujuan
mengembangkan karakter peserta didik menjadi manusia yang .............
a. Rasionalis
b. Empiris
c. Filosofis
d. Humanistis
KUNCI JAWABAN : d. Humanistis
4. Pada standar kompetensi pembelajaran seni budaya, siswa
diminta untuk mengidentifikasi karya seni, kegiatan tersebut mengarah pda
pengembangan aspek..
a. Kreasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Meneliti
KUNCI JAWABAN : b. Apresiasi
5. Sifat mata pelajaran seni budaya memiliki muatan
pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi yang berorientasi pada tiga
pendekatan, seperti pada butir-butir jawaban ini, kecuali .......
a. Multidimensional
b. Multitalenta
c. Multiligual
d. Multikultural.
KUNCI JAWABAN : b. Multitalenta
6. Konsep pembelajaran seni mengaitkan faktor
pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi dengan memadukan unsur
estetika, logika, kinestetika, dan etika, terdapat pada pendekatan….
a.Multilingual
b.Multidimensional
c. Multikultural
d.Multitalenta
KUNCI JAWABAN : b.Multidimensional
7. Pengamatan yang mendalam saat mengapresiasi karya seni
rupa pada pandangan pertama, dan menyiapkan diri untuk merasa suka disebut
sikap...
a. Simpati
b. Kreasi
c. Empati
d. Eksplorasi
KUNCI JAWABAN : c. Empati
8. Berbagai jenis kesenian yang berkembang di Indonesia
pada pembelajaran seni budaya, masuk pada konteks..
a. Budaya asli
b. Budaya bangsa
c. Seni Nusantara
d. Budaya Nusantara
KUNCI JAWABAN : c. Seni Nusantara
9. Dalam menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri
untuk pameran terlebih dahulu perlu dibuat rancangan penyusunan karya dengan
memperhatikan ……. pada tata letaknya.
a. Irama
b. Keseimbangan
c. Harga
d. Komposisi
KUNCI JAWABAN : d. Komposisi
10. Hasil pembelajaran seni budaya dapat diukur
berdasarkan produk atau prosesnya. Salah satu indikator dalam menilai proses
adalah...
a. Keaktifan siswa
b. Pekerjaan rumah siswa
c. Hasil karya yang dibuat cepat
d.Karyanya bervariasi
KUNCI JAWABAN : a. Keaktifan siswa
11. Susunan dari unsur rupa yang perulangannya direncanakan
dalam perulangan sejenis disebut irama...
a. Alternatif
b. Repetitif
c. Progresif
d. Serasi
KUNCI JAWABAN : b. Repetitif
12. Komposisi yang harmonis dengan adanya kesatuan,
keseimbangan, irama, proporsi dan fokus, akan terjadi bila perupa saat menata
menggunakan..
a. Prinsip seni rupa
b. Elemen seni rupa
c. Medium seni rupa
d. Unsur seni rupa
KUNCI JAWABAN : a. Prinsip seni rupa
13. Mengukur kepekaan estetik dengan mengidentifikasi,
mendeskripsikan, dan memaknai , menghasilkan .....
a. Unsur estetik
b. Nilai estetik
c. Moment estetik
d. Unsur estetik
KUNCI JAWABAN : b. Nilai estetik
14. Bila Anda meraba permukaan benda akan terasa lembut,
halus atau kasar, maka Anda sedang berhadapan dengan ....
a. Jenis tekstur
b. Kualitas tekstur
c. Bahan tekstur
c. Corak tekstur
KUNCI JAWABAN : b. Kualitas tekstur
15. Kurator melakukan kurasi, mengkolaborasi antarperupa
dengan menggabungkan gagasan dalam pameran dan utamanya adalah membangun wacana
dan mempresentasikan ide dan wacana yang dibuat, karena itu kurator disebut
sebagai..
a. Birokrator
b. Kolektor
c. Kreator pameran
d. Kolekdol
KUNCI JAWABAN : c. Kreator pameran
16. Konsep pembelajaran seni rupa terdiri dari materi
pemahaman tentang Seni Rupa, komposisi, dan aktivitas dengan tiga kategori yang
terdiri dari butir jawaban soal ini, kecuali ...
a. Aktivitas apresiasi
b. Aktivitas membelia
c. Aktivitas ekspresi diri
d. Aktivitas pengamatan
KUNCI JAWABAN : b. Aktivitas membelia
17. Secara garis besar yang mengurusi seluk beluk dan
konsep produksi, pameran, dan pemasaran serta merencanakan, menyelenggarakan,
mengevaluasi dan mengembangkan berbagai produksi seni disebut sebagai....
a. manajemen seni
b. manager seni
c. broker seni
d. kolektor seni
KUNCI JAWABAN : a. manajemen seni
18. Dengan segenap daya seseorang meciptakan karya seni
dengan kemampuan mencipta kombinasi, menuangkan keunikan gagasan dan nilai kebaruan
dari bentuk ekspresi suatu karya seni. Kemampuan tersebut terdapat pada...
a. Orsinalitas
b. Spontanitas
c. Sensitivitas
d. Kreativitas
KUNCI JAWABAN : d. Kreativitas
19. Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan,
mengandung muatan yang bertujuan pada keterampilan personal, social,
vokasional, dan akademik. Aspek-aspek keterampilan tersebut khususnya terdapat
pada pembelajaran....
a.Seni Rupa
b.Seni Kerajinan
c. Seni Tari
d.Seni Musik
KUNCI JAWABAN : b.Seni Kerajinan
20. Secara hierarkhi pembuatan karya seni hias
tradisional tidak terlepas dari Motif, Pola, Ornamen dan Ragam Hias. Karya
sejenis ini termasuk pada karya.....
a. Seni dekoratif
b. Seni rupa lama
c. Seni rakyat
d. Seni primitive
KUNCI JAWABAN : a. Seni dekoratif
21. Salah satu Konsep Keterampilan Kerajinan yang sangat
diharapkan menjadi bidang penting dalam pelestarian seni kriya berperan penting
di dalam ...
a. Konservasi Seni Budaya Nusantara
b. Komersialisasi Budaya
c. Pendidikan Budaya
d. Persaingan Budaya
KUNCI JAWABAN : a. Konservasi Seni Budaya Nusantara
22. Pada saat siswa berolah seni secara langsung ia pun
melibatkan pengalaman dan intelektualnya, hal ini disebut sebagai proses……
a. Dekorasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Eksplorasi
KUNCI JAWABAN : b. Apresiasi
23. Bila hasil belajar seni dapat mengembangkan kemampuan
belajar di bidang ilmu lainnya dan
seni rupa berperan sebagai media atau sarana, maka
strategi pembelajaran ini disebut....
a. Belajar Melalui Seni
b. Belajar dari Seni
c. Belajar tentang Seni
d. Belajar dengan Seni
KUNCI JAWABAN : a. Belajar Melalui Seni
24. Fungsi Hias Benda Kerajinan sebagai karya seni rupa
tradisional yang banyak ditemukan dan dilakukan pelestarian sebagai peninggalan
budaya, disebut sebagai...
a. Warisan
b. Cendramata
c. Ragam hias
d. Artefak
KUNCI JAWABAN : d. Artefak
25. Karya seni rupa yang tidak berkaitan dengan fungsi
pakai disebut seni murni, sebagai contoh adalah .....
a. Lukisan
b. Keris
c. Batik
d. Tekstil
KUNCI JAWABAN : a. Lukisan
26. Fungsi motif dan ragam hias benda seni kerajinan pada
kainan tenunan dan ukiran kayu atau batu, biasanya orang menganggap bahwa seni
hias dibuat untuk dimaknakan sebagai simbol yang dipercayai membawa .....
a.Tujuan keindahan.
b. Kepercayaan
c. Keberuntungan
d. Identitas
KUNCI JAWABAN : c. Keberuntungan
27. Penilaian terhadap proses sebagai representasi
belajar penguasaan teknis, eksplorasi media dan demonstrasi serta penyajian
proses kreatif disebut sebagai penilaian...
a. penilaian konsep
b. penilaian portofolio
c. penilaian produk
d. Penilaian Kinerja
KUNCI JAWABAN : d. Penilaian Kinerja
28. Dalam pembelajaran seni terpadu Guru memperhatikan
perkembangan dan kebutuhan siswa, kegiatan yang dipilih bertolak dari minat dan
keinginan siswa, sehingga pembelajaran menjadi bermakna, pendekatan ini disebut
pendekatan...
a. Tematik
b. Pembelajaran Kontekstual
c. PembelajaraAktif
d. CBSA
KUNCI JAWABAN : b. Pembelajaran Kontekstual
29. Beragamnya jenis kerajinan di Indonesia merupakan
kondisi positif, hal ini mendorong guru untuk memberikan materi pelajaran
secara elaborasi. Pendekatan ini akan behasil bila guru..
a. Menggunakan video
b. Mendatangkan perajin ke sekolah
c. Studi Wisata
d. Membaca buku
KUNCI JAWABAN : a. Menggunakan video
30. Seni Batik menjadi pelajaran yang banyak dipilih guru
untuk diajarkan di Sekolah. Teknik batik yaang sesuai dan tepat diajarkan di
SMP adalah...
a.Teknik Celup ikat
b.Teknik batik printing
c. Teknik batik cap
d.Teknik batik lukis
KUNCI JAWABAN : a.Teknik Celup ikat
SOAL PPPK SENI TARI
1. Tari yang memiliki pola garapan sederhana adalah :
a. Tari Klasik/Istana
b. Tari Modern
c. Tari Rakyat
d. Tari Kreasi Baru
KUNCI JAWABAN : c. Tari Rakyat
2. Menirukan gerak binatang dan dilakukan sebelum
perburuan sebagai tarian upacara dari suku tertentu termasuk kedalam jenis tari
:
a. Tari Primitif
b. Tari rakyat
c. Tari Kreasi Baru
d. tari Klasik/Istana
KUNCI JAWABAN : a. Tari Primitif
3. Social Dance lebih mengutamakan :
a. Partisipasi dan komunikasi dari masyarakat dengan
tarian
b. Pola garapan dan mengikuti aturan secara turun temurun
c. Ekspresi dan spektakuler penggarapan
d. Ritual dan upacara
KUNCI JAWABAN : a. Partisipasi dan komunikasi dari
masyarakat dengan tarian
4. Mengamati suatu karya tari secara mendalam sampai
kepada isinya serta memberikan penilaian atau penghargaan terhadap karya
tersebut, disebut juga dengan :
a. Konsepsi
b. Ekspresi
c. Apresiasi
d. Imajinasi
KUNCI JAWABAN : c. Apresiasi
5. Mengkombinasi ide, membuat motif gerak baru, menemukan
gerak sesuai dengan tema tari merupakan beberapa kegiatan hasil apresiasi. Pada
tahap apakah kegiatan ini ditemukan :
a. Pengetahuan
b. Analisa
c. Persepsi
d. Produksi
KUNCI JAWABAN : d. Produksi
6. Hasil apresiasi tari dapat menghasilkan :
a. Sesuatu produk yang inovatif dan kreatif.
b. Mendapatkan pengalaman, wawasan dan kekaguman terhadap
karya seni (tari)
c. Menimbulkan rasa percaya diri dan status sosial yang
tinggi karena dapat menilai karya seni (tari)
d. Kebosanan, kejenuhan dan ketidaktertarikan terhadap
karya seni (tari)
KUNCI JAWABAN : a. Sesuatu produk yang inovatif dan kreatif
7. Metode pendekatan apresiasi terdiri dari :
a. Aplikatif, Imitatif, Representatif
b. Aplikatif, Representatif, Problematik
c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik
d. Aplikatif, Kesejarahan, Representatif
KUNCI JAWABAN : c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik
8. Pendekatan problematik mengapresiasi tari dengan cara
:
a. Melakukan sendiri macam-macam kegiatan seni
b. Mencipta sendiri macam-macam kegiatan seni
c. Memahami permasalahan di dalam seni
d. Mencermati isi dalam karya seni
KUNCI JAWABAN : c. Memahami permasalahan di dalam seni
9. Gerak pribadi dapat diciptakan seseorang melalui :
a. Eksplorasi dan imitasi
b. Eksplorasi dan improvisasi
c. Imitasi dan Improvisasi
d. Eksplorasi dan Eliminasi
KUNCI JAWABAN : b. Eksplorasi dan improvisasi
10. Desain lantai (floor) dalam komposisi tari disebut
juga :
a. Pola gerak
b. Dramatik
c. Pola lantai
d. Desain gerak
KUNCI JAWABAN : c. Pola lantai
11. Dramatik dalam tari dapat diungkapkan melalui :
a. Tema
b. Busana
c. Pola lantai
d. Rias
KUNCI JAWABAN : a. Tema
12. Gerak-gerak yang dihasilkan pada saat seorang penata
tari
bereksplorasi, selanjutnya dipilih dan dirangkai.
Kegiatan
merangkai gerak tersebut dalam komposisi tari disebut
juga :
a. Improvisasi
b. Forming
c. Imajinasi
d. Spontanitas
KUNCI JAWABAN : b. Forming
13. Proses penciptaan tari dimulai dari.....
a. Eksplorasi, kreativitas, apresiasi
b. Improvisasi,apresiasi, kreativitas
c. Eksplorasi, improvisasi, forming
d. Kreativitas, forming, apresiasi
KUNCI JAWABAN : c. Eksplorasi, improvisasi, forming
14. Selain judul dan tema, hal-hal pokok yang ditulis
dalam konsep garapan adalah sebagai berikut, kecuali ……
a. Tipe tari dan mode tari
b. tata rias dan busana
c. Bentuk tari dan tata teknik pentas
d. Hitungan dan ragam gerak
KUNCI JAWABAN : d. Hitungan dan ragam gerak
15. Dalam pemakaian rias dan busana sebaiknya adalah :
a. Tidak mengganggu gerak penari
b. Harus gemerlap
c. Kelihatan mewah
d. Kelihatan cantik
KUNCI JAWABAN : a. Tidak mengganggu gerak penari
16. Procenium adalah tata pentas panggung yang bisanya
terdapat di :
a. Gedung aula sekolah
b. Ruang kelas
c. Gedung pertunjukan
d. Arena Terbuka
KUNCI JAWABAN : c. Gedung pertunjukan
17. Pengklasifikasian organisasi seni pertunjukan untuk
kepentingan manajemen dapat dilihat dari aspek…………
a. Tujuan manajemen
b. Fungsional manajemen
c. Efektivitas manajemen
d. Karakteristik manajemen
KUNCI JAWABAN : a. Tujuan manajemen
18. Organisasi seni pertunjukan berkeinginan agar karya
seni yang dihasilkan juga dinikmati oleh masyarakat, maka perlu diperhatikan
………..
a. kebutuhaan dan minat masyarakat
b. tingkat apresiasi dan minat masyarakat
c. kebutuhan dan tingkat apresiasi
d. tingkat apresiasi dan daya beli masyarakat
KUNCI JAWABAN : b. tingkat apresiasi dan minat masyarakat
19. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi kondisi dan
perkembangan seni pertunjukan yang kemudian
berpengaruh pada kondisi dan perkembangan organisasi seni
pertunjukan adalah faktor ……….
a. penyelenggara, penonton dan materi karya seni
b. penonton, sponsor, organisasi seni pertunjukan
c. faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi.
d. Semua benar
KUNCI JAWABAN : c. faktor sosial masyarakat, dan
perkembangan teknologi
20. Karya seni yang dipergelarkan dapat memberikan
nilainilai ajaran atau pendidikan kepada warga masyarakat yang menontonnya
merupakan fungsi………..
a. prestasi
b. apresiasi
c. edukasi
d. rekreasi
KUNCI JAWABAN : c. edukasi
SOAL PPPK SENI MUSIK
1. Nama garis tegak lurus (hanya 1) dalam notasi balok
adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
KUNCI JAWABAN : a. Garis Birama
2. Dalam notasi balok, untuk meletakkan not-not balok
dipergunakan:
a. Sukat
b. Bar
c. Paranada
d. Pugar
KUNCI JAWABAN : c. Paranada
3. Dalam vokal untuk anak-anak mempunyai wilayah suara :
a. (c’ – d”)
b. (c – d )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
KUNCI JAWABAN : a. (c’ – d”)
4. Salah satu tehnik pernafasan dalam vokal yang paling
baik dipergunakan adalah:
a. dada
b. perut
c. diagframa
d. Falset
KUNCI JAWABAN : c. diagframa
5. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu
diantaranya adalah:
a. Metronom Maeezel
b. Bright
c. Melodi
d. Interval
KUNCI JAWABAN : c. Melodi
6. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin cepat dipergunakan
tanda tempo:
a. Rittardando
b. Accelerando
c. Crescendo
d. Decrescendo
KUNCI JAWABAN : b. Accelerando
7. Salah satu diantara nama-nama ini bukan Tanda Dinamik
dalam musik,
a. piano
b. forte
c. Andante
d. Mezzopiano
KUNCI JAWABAN : c. Andante
8. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda
Kromatik, untuk menaikkan ½ Nada dipergunakan tanda:
a. palang
b. mol
c. pugar
d. Desimal
KUNCI JAWABAN : a. palang
9. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada
(2 . . 0) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
KUNCI JAWABAN : c. 3 ketukan
10. Nama not pada spasi ke 2 notasi balok berkunci G
adalah:
a. (a’)
b. ( A)
c. (a)
d. (a”)
KUNCI JAWABAN : a. (a’)
11. Tinggi rendahnya sebuah bunyi dibunyikan disebut:
a. Irama
b.Harmoni
c. Melodi
d. Bentuk/Struktur
KUNCI JAWABAN : c. Melodi
12. Mata pelajaran seni rupa,seni musik, seni tari dan
seni
teater tercakup dalam pelajaran
a. Seni Budaya
b. Kebudayaan
c. Filsafat
d. Sosiologi
KUNCI JAWABAN : a. Seni Budaya
13. Dalam mengajar matapelajaran Seni Budaya,
pembelajaran yang sangat sesuai adalah
a.Pembelajaran Kognitif
b.Pembelajaran Terpadu
c. Pembelajaran Motorik
d. Pembelajaran Problem Solving
KUNCI JAWABAN : b.Pembelajaran Terpadu
14. Model Pembelajaran Seni Budaya yang sesuai dengan
KTSP selalu harus menentukan
a. Tema
b. Unsur Tari
c. Unsur musik
d. Unsur Rupa.
KUNCI JAWABAN : c. Unsur musik
15. Dalam 4 unsur seni musik, salah satu diantaranya
adalah:
a. Pulsa – Durasi
b. Attack – Relase
c. Harmoni – Bentuk/Struktur
d. Duol – Triol
KUNCI JAWABAN : a. Pulsa – Durasi
16. Marcia termasuk tanda musik:
a. Tempo
b. Harmoni
c. Dinamik
d. Motif
KUNCI JAWABAN : a. Tempo
17. Panjang pendeknya bunyi yang dibunyikan disebut
a. Irama
b. Harmoni
c. Melodi
d. Motif
KUNCI JAWABAN : b. Harmoni
18. Dalam bernyanyi pernafasan yang sebaiknya jangan
digunakan sebaiknya pernafasan:
a. Dada
b. Perut
c. Diafragma
d. Mulut
KUNCI JAWABAN : c. Diafragma
19. Suara manusia dihasilkan dari ............ yang bergetar
karena udara.
a. Tenggorokan
b. Pita Suara
c. Kepala
d. Rongga Mulut
KUNCI JAWABAN : c. Kepala
20. Melalui bernyanyi seorang anak dapat memiliki:
a. penghasilan
b. kesibukan sehari-hari
c. Percaya Diri
d. Terkenal
KUNCI JAWABAN : a. penghasilan
21. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu
diantaranya adalah:
a. Metronom Maeezel
b. Bright
c. Irama
d. Interval
KUNCI JAWABAN : a. Metronom Maeezel
22. Salah satu yang bukan tehnik pernafasan dalam vokal
adalah:
a. dada
b. perut
c. diagframa
d. falset
KUNCI JAWABAN : b. perut
23. Dalam vokal untuk Sopran/Wanita tinggi mempunyai
wilayah suara:
a. (c’ – a”)
b. (c – a )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
KUNCI JAWABAN : a. (c’ – a”)
24. Dalam notasi balok, untuk mengetahui lagu/musik
berapa ketukan dipergunakan:
a. Tanda Sukat
b. Bar
c. Paranada
d. Tanda Pugar
KUNCI JAWABAN : b. Bar
25. Nama 2 (dua)garis tegak lurus dalam notasi balok
adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
KUNCI JAWABAN : c. Garis Ulang
26. Nama not pada garis ke 2 notasi balok berkunci G
adalah:
a. (g’)
b. (G)
c. (g)
d. (g”)
KUNCI JAWABAN : a. (g’)
27. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada
(2
000) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
KUNCI JAWABAN : d. 4 ketukan
28. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda
Kromatik, untuk menurunkan ½ Nada dipergunakan tanda:
a. palang
b. mol
c. pugar
d. desimal
KUNCI JAWABAN : d. desimal
29. Salah satu diantara nama-nama ini adalah Tanda tempo
dalam musik,
a. piano
b. forte
c. andante
d. Mezzopiano
KUNCI JAWABAN : a. piano
30. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin lambat
dipergunakan tanda tempo:
a. Rittardando
b. Accelerando
c. Crescendo
d. Decrescendo
KUNCI JAWABAN : a. Rittardando
==> 50 SOAL DAN JAWABAN PPPK SENI BUDAYA BERIKUTNYA (DISINI)
Demikianlah soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran
seni budaya semoga soal-soal latihan PPPk yang telah di lengkapi dengan kunci
jawaban tersebut bisa membantu para calon guru untuk melakukan proses belajar mandiri
sebagai persiapan dalam menghadapi seleksi ASN PPPk yang akan datang.
Sekian dan Terimakasih.