50 Soal dan Kunci Jawaban Seleksi PPPK Guru PPKN Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Soal dan kunci jawaban PPPK guru PPKN untuk semua jenjang mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga jenjang SMA.
Bapak dan ibu guru yang berbahagia sekedar informasi
bahwa disini melalui postingan ini saya kembali akan membagikan soal-soal latihan
PPPK khususnya untuk mata pelajaran PPKN yang bisa dijadikan sebagai bahan
pembelajaran mandiri baik di rumah maupun dimana saja anda berada.
Blog Pendidikan ini sengaja selalu memberikan informasi
seputar dunia Pendidikan dan salah satunya ialah membagikan kumpulan soal-soal
latihan baik itu soal latihan untuk anak sekolah maupun untuk para guru yang
membutuhkannya. Seperti kita ketahui saat ini bahwa akan ada penerimaan ASN
PPPK maka oleh sebab itu bagi para guru yang belum berstatus pegawai negeri
sipil maka bisa ikut mendaftarkan diri untuk bisa menjadi salah satu ASN PPPK
di tahun ini.
Sebagai persiapan dalam menghadapi seleksi ASN PPPK maka
tentunya para guru membutuhkan sebuah latihan untuk di jadikan sebagai bahan
pembelajaran. Melalui postingan ini saya membagikan soal latihan PPPK namun
dikhususkan bagi para guru mapel PPKN. Adapun soal yang akan di sajikan disini
ialah soal dalam bentuk pilihan ganda.
Jumlah soal latihan yang akan saya tampilkan disini yaitu
berjumlah 50 soal dan di setiap soal yang ada sudah dilengkapi dengan kunci
jawabannya sehingga dapat memudahkan para guru dan siapapun yang akan
mempelajarinya. Di postingan saya sebelumnya saya pun sudah pernah membagikan
soal latihan PPPK mapel PPKN dan postingan ini merupakan kelanjutan dari
postingan sebelumnya.
Bagi para guru PPKN yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK
di tahun ini, maka anda bisa mempelajari soal-soal latihan PPPK mapel PPKN ini
untuk menjadi referensi pembelajaran anda di rumah.
Baiklah untuk menghemat waktu maka silahkan anda lihat
kumpulan soal PPPK mapel PKN di bawah ini yang sudah dilengkapi dengan kunci
jawabannya.
1. Pernyataan yang sesuai dengan makna tata urutan
peraturan perundang-undangan
dalam sistem hukum nasional di Indonesia adalah
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai ....
A. landasan ideal hukum nasional Indonesia
B. sumber rujukan perundang-undangan di Indonesia
C. sumber segala sumber hukum di Indonesia
D. satu-kesatuan dengan kebiasaan dasar nasional
E. alat ukur untuk pengujian peraturan daerah
KUNCI JAWABAN : B
2. Pasal 22 E Ayat (5) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan,
bahwa “Pemilihan umum
diselenggarakan oleh suatu komisi pemilihan umum yang
bersifat nasional, tetap, dan
mandiri”, membawa konsekuensi penyelenggara pemilihan
umum di Indonesia adalah
....
A. Komisi Pemilihan Umum di tingkat pusat
B. Komisi Pemilihan Umum di tingkat daerah
C. komisi pemilihan umum yang namanya belum tentu Komisi
Pemilihan Umum
D. Komisi Pemilihan Umum baik pusat dan daerah
E. komisi pemilihan umum yang namanya Komisi Pemilihan
Umum
KUNCI JAWABAN : C
3. Model pembelajaran yang sesuai untuk indikator
pencapaian
kompetensi: ”Mengidentifikasi faktor pendorong persatuan
dan kesatuan bangsa dalam
Negara Kesatuan Republik”, adalah ....
A. Project Based Learning/citizenship project
B. Discovery Learning
C. Pembiasaan
D. Cooperative Learning
E. Problem Based Learning
KUNCI JAWABAN : B
4. Dalam pembelajaran Praktik Belajar Kewarganegaraan KD
“Mengorganisasikan kegiatan
lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam
konteks kehidupan
sehari-hari”, maka indikator keterampilan kewarganegaraan
yang tepat adalah ....
A. membuat kliping tentang tanaman bunga yang dapat
ditanam di sekolah
B. menjelaskan pentingnya tanaman bunga di sekolah
C. membuat rencana aksi menanam tanaman bunga di halaman
sekolah
D. mengumpulkan data jenis yang cocok untuk ditanam di
sekolah
E. membandingkan tanaman bunga di sekolah dan di rumah
KUNCI JAWABAN : C
5. Pak Zainuddin sedang mengembangkan RPP dengan KD:
“Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan
dan menetapkan Dasar Negara Pancasila”. Salah satu
rumusan indikator pencapaian
kompetensi yang tepat adalah ....
A. menunjukkan contoh semangat dan komitmen para pendiri
negara dalam
merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
B. menjelaskan pentingnya sikap semangat dan komitmen
para pendiri negara
dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
C. mengidentifikasi berbagai cara untuk bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa
D. menunjukkan perilaku semangat dan komitmen para
pendiri negara dalam
kehidupan sehari-hari
E. menunjukkan perilaku bersyukur pada Tuhan Yang Maha
Esa atas semangat dan
komitmen pendiri negara saat merumuskan dan menetapkan
Dasar Negara
Pancasila
KUNCI JAWABAN : E
6. Dalam rangka perumusan UUD NRI Tahun 1945, sebelum
sidang tanggal 18 Agustus
1945 susunan anggota PPKI yang semula berjumlah 21 orang
ditambah menjadi 27
orang. Penambahan anggota baru tersebut mengindikasikan
bahwa ....
A. memperkuat perwakilan dari wilayah Borneo untuk
bergabung dengan
kemerdekaan Indonesia
B. dilibatkannya generasi muda dalam proklamasi
kemerdekaan Indonesia
C. dilibatkannya golongan minoritas dalam membentik
Indonesia merdeka
D. semua komponen bangsa dilibatkan dalam mendirikan
negara Indonesia merdeka
E. semua pulau mendapatkan wakilnya dalam mendirikan
negara yang merdeka
KUNCI JAWABAN : D
7. Materi pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kompetensi
dasar “menunjukkan sikap
peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang
sosial, budaya, ekonomi,
dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal
Ika” adalah ….
A. fenomena upacara Ngaben pada masyarakatHhindu di Bali
B. fenomena masyarakat yang sedang antri sembako
C. fenomena relawan yang berasal dari berbagai daerah
dalam membantu korban
bencana alam
D. fenomena arus mudik dan arus balik perayaan hari raya
idul fitri
E. fenomena masyarakat yang akan melaksanakan sholat
tarawih di masjid
KUNCI JAWABAN : C
8. Seorang asing yang belum kawin dapat mengajukan proses
naturalisasi menjadi warga
negara Indonesia bila telah berusia ....
A. 18 tahun
B. 19 tahun
C. 21 tahun
D. 20 tahun
E. 17 tahun
KUNCI JAWABAN : A
9. Pada 6 dan 9 Agustus 1945 Hiroshima dan Nagasaki
dijatuhi bom atom yang
menyebabkan Jepang terpaksa menyerah kepada Sekutu.
Akibatnya usaha Pemerintah
Jepang untuk menepati janji kemerdekaan Indonesia sudah
tidak mungkin lagi dapat
dilaksanakan. Oleh karena itu, pernyataan kemerdekaan Indonesia
dan
penyelenggaraan pemerintahannya merupakan ....
A. kemauan dan tekad golongan muda untuk mempercepat
kemerdekaan Indonesia
bebas dari penjajahan
B. ketidakberdayaan Pemerintah Jepang meneruskan proses kemerdekaan
Indonesia
C. kompromi golongan tua dengan Sekutu yang memenangkan
perang dunia
D. hasil keberanian dan kekuatan seluruh bangsa Indonesia
untuk menentukan
nasib bangsanya sendiri
E. bantuan Sekutu yang menang perang dunia untuk menata
negara-negara di
wilayah Asia
KUNCI JAWABAN : D
10. Pengembangan cinta tanah air dalam konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia
dapat dilakukan guru melalui berbagai kegiatan. Kegiatan
yang dikategorikan dapat
meningkatkan rasa cinta tanah air dalam konteks kehidupan
siswa di sekolah adalah ….
A. melakukan kegiatan study tour di akhir semester
B. melakukan kegiatan cerdas cermat antar kelas
C. melakukan kerja bakti di sekolah
D. mengembangkan taman toga kelas
E. melakukan ibadah sholat dhuhur berjamaah
KUNCI JAWABAN : D
11. Salah satu manfaat penggunaan internet dalam
meningkatkan mutu pembelajaran
PPKn di kelas adalah ....
A. siswa dapat mengakses berbagai macam informasi yang
mendukung
pembelajaran
B. pembelajaran secara individual sehingga lebih efektif
C. siswa senang karena mengasyikkan sambil bermain ketika
belajar
D. tidak ada siswa yang mengantuk sebab sibuk di depan
layar komputer
E. guru tidak perlu lagi menjelaskan materi pembelajaran
KUNCI JAWABAN : A
12. Bukti adanya praktik penegakan hukum dalam sistem
hukum dan peradilan di
Indonesia untuk menjamin keadilan dan kedamaian warga
negara adalah ....
A. penangkapan para pelaku ujaran kebencian
B. penangkapan hakim dan jaksa dalam kasus tindak pidana
korupsi.
C. pelibatan TNI dalam kasus pemberantasan terorisme
D. pelibatan pengacara dalam proses penyelidikan
E. kebijakan BBM satu harga di seluruh Indonesia.
KUNCI JAWABAN : B
13. Kemudahan untuk mendapatkan dan menyampaikan
informasi berkat adanya
perkembangan IPTEKS di bidang komunikasi dan informasi,
bisa menjadi ancaman
terhadap ideologi bangsa dan negara Indonesia. Peristiwa
yang dapat dikategorikan
sebagai strategi negara dalam mengatasi bentuk ancaman
tersebut di atas, adalah ….
A. penangkapan terduga pelaku tindakan terorisme
B. penetapan UU terorisme
C. penetapan undang-undang tentang ormas
D. peraturan Presiden tentang penguatan pendidikan
karakter
E. aturan tentang larangan ajaran radikalisme
KUNCI JAWABAN : A
14. Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi menjadikan persatuan dan kesatuan bangsa
dalam NKRI menjadi dinamis. Menurut Saudara faktor
penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
dalam konteks kekinian
adalah ….
A. adanya berbagai kegiatan pengentasan kemiskinan
B. pelibatan warga negara dalam penentuan anggota DPR dan
Presiden
C. keterbukaan komunikasi dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
D. adanya alokasi dana pembangunan desa yang beragam
antara Jawa dan luar
Jawa
E. pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan tol yang
berbeda antara Jawa dan luar
Jawa
KUNCI JAWABAN :E
15. Fenomena perilaku masyarakat sebagai akibat dari perkembangan
kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang dapat dikatakan
berpengaruh terhadap integrasi
nasional Indonesia, adalah ....
A. e-mail
B. online-shop
C. e-banking
D. online transportation
E. Hoax
KUNCI JAWABAN : E
16. Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah
provinsi, hal yang demikian
merupakan konsekuensi dari Indonesia sebagai negara ....
A. Presidensial
B. Kesatuan
C. Konvensional
D. Parlementer
E. Federal
KUNCI JAWABAN : B
17. Integrasi nasional merupakan cikal bakal dari
munculnya kehendak untuk melakukan
sesuatu untuk kepentingan bersama dalam satu negara.
Salah satu faktor pembentuk
integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
adalah ….
A. sarana transportasi yang baik diantara wilayah negara
Republik Indonesia
B. peningkatan partisipasi warga negara dalam pembangunan
C. filterlisasi nilai-nilai budaya asing yang masuk ke
Indonesia
D. jalinan kerjasama diantara warga negara dalam pemilu
E. interaksi dan komunikasi diantara warga negara
KUNCI JAWABAN : E
18. Kegiatan berikut yang dapat dikategorikan sebagai
dinamika persatuan dan kesatuan
bangsa dalam upaya menjaga keutuhan NKRI di sekolah,
adalah ....
A. penggunaan aplikasi internet dalam kegiatan
pembelajaran
B. membiasakan untuk menyanyikan lagu nasional
C. larangan penggunaan HP saat kegiatan pembelajaran
berlangsung
D. membiasakan siswa untuk memakai baju seragam sekolah
E. mengelompokkan siswa dalam kelas berdasar
prestasinya/ranking
KUNCI JAWABAN : B
19. Kedudukan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dalam
sistem hukum nasional Indonesia adalah ....
A. hukum tertinggi di Indonesia
B. satu-kesatuan dengan konvensi
C. hukum tertulis nasional
D. sumber segala sumber hukum
E. landasan ideal hukum nasional
KUNCI JAWABAN : A
20. Indikator pencapaian kompetensi: “Bertanggung jawab
dalam menyikapi pengaruh
kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika”, maka
instrumen penilaiannya adalah: ....
A. Jelaskan pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
B. Benar-Salah: Penemuan dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi menyebabkan
munculnya berbagai jenis perkerjaan baru dalam
masyarakat.
C. Buatlah tabel keuntungan dan kerugian pengaruh kemajuan
Ilmu pengetahuan
dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
D. Benar-Salah: Penemuan komunikasi tanpa kabel
memungkinkan dengan cepat
informasi tersebar ke seluruh dunia.
E. Penilaian teman untuk mengungkap seberapa sering siswa
memberitahukan
informasi yang benar melalui media sosial.
KUNCI JAWABAN : E
21. Pokok pikiran ketiga dari Pembukaan UUD NRI Tahun
1945 menyatakan bahwa:
“Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas
kerakyatan dan
permusyawaratan perwakilan”. Pokok pikiran ini lebih
lanjut dituangkan dalam
ketentuan ....
A. Gubernur, Bupati dan Walikota masing-masing sebagai
Kepala Pemerintah
Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dipilih secara
demokratis
B. Hakim Konstitusi dipilih oleh Komisi Yudisial dengan
persetujuan Dewan
Perwakilan Rakyat dan ditetapkan oleh Presiden
C. Presiden dipilih dan ditetapkan oleh Majelis
Permusyswaratan Rakyat sebagai
lembaga pemegang kedaulatan rakyat dengan musyawarah
mufakat
D. Gubernur, Bupati dan Walikota masing-masing sebagai
Kepala Pemerintah
Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dipilih secara
langsung
E. Hakim Agung ditetapkan oleh Komisi Yudisial dengan
persetujuan Dewan
Perwakilan Rakyat dan Presiden
KUNCI JAWABAN : A
22. Suku bangsa di Indonesia sangat banyak. Masing-masing
memiliki budaya yang
beragam. Keberagaman budaya bangsa Indonesia yang
dibingkai Bhinneka Tunggal
Ika, dapat diidentifikasi dari peristiwa ….
A. upacara peringatan hari raya Nyepi
B. upacara peringatan hari Kartini
C. upacara adat kematian
D. upacara adat perkawinan
E. upacara peringatan hari Pahlawan
KUNCI JAWABAN : D
23. Media pembelajaran PPKn yang tepat dipergunakan dalam
kegiatan pembelajaran
dengan indikator pencapaian kompetensi: “Menjelaskan
norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan”,
dan materi
pembelajarannya “Norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat” adalah
....
A. power point tentang macam-macam norma
B. video tentang pesta perkawinan artis
C. video tentang prosesi adat perkawinan suku Bugis
D. power point tentang hakikat norma dalam kehidupan
masyarakat
E. video tentang Karapan Sapi di Madura
KUNCI JAWABAN : C
24. Salah satu faktor utama terwujudnya integrasi
nasional adalah persebaran
kesejahteraan warga negara. Tingginya jarak tingkat
persebaran dapat memicu
terjadinya disintegrasi nasional. Kebijakan negara untuk
peningkatan kesejahteraan
warga negara yang dapat dikategorikan sebagai upaya membina
integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, adalah ....
A. pembangunan jalan trans-Papua
B. pemberlakuan uang kuliah tunggal untuk biaya
pendidikan di perguruan tinggi
C. pembangunan jalan tol trans Jawa
D. pembebasan biaya sekolah di tingkat dasar
E. pelayanan kesehatan melalui BPJS
KUNCI JAWABAN : A
25. Tata cara bagi orang asing untuk memperoleh
kewarganegaraan Republik Indonesia
melalui permohonan disebut ....
A. warga negara asli
B. status warga negara
C. kewarganegaraan
D. penduduk asli
E. pewarganegaraan
KUNCI JAWABAN : E
26. Perkembangan IPTEKS di bidang komunikasi dan
informasi bisa menjadi ancaman
terhadap bangsa dan negara Indonesia. Peristiwa yang
dapat dikategorikan sebagai
bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara Indonesia
karena hal tersebut di atas,
adalah ….
A. penyebaran informasi tentang suatu sistem perekonomian
yang baik
B. penyebaran informasi tanpa didasari oleh data dan
sumber yang jelas secara
bebas (hoax)
C. penyebaran temuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi
D. penyebaran informasi tentang budaya masyarakat di
daerah
E. penyebaran informasi tentang keunggulan sistem
pemerintahan yang berbeda
KUNCI JAWABAN : B
27. Pembelajaran KD “Mengkaji kasus-kasus ancaman
terhadap Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika”, maka materi pengayaan yang tepat
adalah: ....
A. Menemukan strategi untuk mengatasi ancaman pertahanan
dan keamanan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
B. Menganalisis kasus ancaman ekonomi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
C. Menemukan contoh kasus ancaman ideologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
D. Membuat slogan semangat untuk mengatasi ancaman
terhadap Ideologi dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
E. Menjelaskan strategi untuk mengatasi ancaman sosial
dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
KUNCI JAWABAN : D
28. Media pembelajaran PPKn yang tepat dipergunakan dalam
kegiatan pembelajaran
dengan indikator pencapaian kompetensi: “Memproyeksikan
semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika”,
dan materi
pembelajarannya “Sumpah Pemuda tahun 1928”, adalah ....
A. film dokumenter Sumpah Pemuda tahun 1928
B. peta konsep tentang Sumpah Pemuda tahun 1928
C. risalah konggres Pemuda tahun 1928
D. video tentang revolusi industry 4.0
E. power point tentang peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928
KUNCI JAWABAN : D
29. Pandangan bangsa Indonesia yang mencerminkan sikap
persatuan Indonesia dalam
segala aspek kehidupan ialah ....
A. menjunjung tinggi kesepakatan yang telah
dimusyawarahkan
B. menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari warga
kampung
C. mengagumi keindahan alam dan kekayaan Indonesia
D. mengambil keputusan bersama dalam memutuskan suatu
masalah
E. mengirim bantuan kesehatan ke wilayah perbatasan
KUNCI JAWABAN : B
30. Keberagaman budaya bangsa Indonesia dapat dilihat
dari busana daerah. Busana
daerah yang paling sering dipakai oleh istri pejabat
pemerintahan adalah ....
A. bodo
B. kebaya
C. kurung
D. gamis
E. jas
KUNCI JAWABAN : B
31. Anggota BPUPKI Muh. Yamin mengusulkan, bahwa “negara
kebangsaan” yang menjadi
salah satu dasar negara Indonesia merdeka didasarkan atas
....
A. kemerdekaan sebagai hak segala bangsa di dunia
B. kemauan untuk merdeka dan lepas dari penjajahan
C. politik etis penjajahan Jepang dan ikatan keturunan
D. kekuasaan negara yang mengatur kepentingan warganya
E. perjalanan sejarah dan kondisi sosiologis bangsa
KUNCI JAWABAN : E
32. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam NKRI menjadi dinamis. Menurut Saudara faktor
pendorong persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
dalam konteks kekinian
adalah ….
A. adanya berbagai kegiatan pengentasan kemiskinan
B. keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
C. pelibatan warga negara dalam penentuan kepala daerah
D. adanya responsibilitas dan akuntablitas dalam
penyelenggaraan kepemerintahan
E. pengakuan adanya keberagaman budaya
KUNCI JAWABAN : D
33. Kegiatan berikut yang dapat dikategorikan sebagai
dinamika persatuan dan kesatuan
bangsa dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI, adalah
....
A. kegiatan operasi tangkap tangan pelaku korupsi oleh
KPK
B. penangkapan pelaku penyebar ujaran kebencian
C. penyampaian informasi melalui aplikasi sosial media
D. kegiatan latihan bersama TNI dengan militer negara
lain
E. adanya berbagai kegiatan kompetisi dalam bidang olahraga
KUNCI JAWABAN : E
34. Kebijakan otonomi daerah menjadikan daerah mempunyai
kesempatan untuk
menentukan kepala daerah sesuai dengan karakteristik
daerah masing-masing.
Fenomena tersebut didasari tujuan … .
A. peningkatan kesejahteraan masyarakat di masing-masing
daerah
B. menjadikan terjadinya peningkatan partisipasi
masyarakat dalam pembangunan
C. peningkatan ekploitasi sumber daya alam di daerah
D. mengurangi beban pemerintah pusat dalam pelaksanaan
pembangunan
E. mengurangi dominasi keterlibatan SDM dari daerah lain
KUNCI JAWABAN : A
35. Dalam pembelajaran Praktik Belajar Kewarganegaraan KD
“Mengampanyekan perilaku
sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan”, maka indikator keterampilan kewarganegaraan
yang tepat adalah ....
A. menjelaskan pentingnya perilaku sesuai norma-norma
yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat
B. membuat poster pentingnya perilaku sesuai norma-norma
yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat
C. melakukan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan
bermasyarakat
D. memberi contoh perilaku sesuai norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat
E. menunjukkan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan
bermasyarakat
KUNCI JAWABAN : B
36. Materi dalam pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kompetensi
dasar “Mengkaji
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945” adalah ….
A. sejarah demokrasi di dunia
B. demokrasi berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
C. perkembangan demokrasi di Indonesia
D. praktek demokrasi di Indonesia
E. demokrasi Pancasila pada masa awal kemerdekaan
KUNCI JAWABAN : C
37. Metode pembelajaran PPKn yang sesuai dengan indikator
pencapaian
kompetensi: “Memproyeksikan semangat Sumpah Pemuda tahun
1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika”, dan materi pembelajarannya tentang
“Sumpah Pemuda tahun
1928”, adalah ....
A. berdiskusi peristiwa publik
B. proyek belajar kewarganegaraan
C. refleksi nilai-nilai luhur
D. kajian dokumen historis
E. menulis gagasan
KUNCI JAWABAN : C
38. Pembelajaran KD “Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional nasional di Indonesia” dilakukan penilaian
menggunakan instrumen ....
A. Rubrik yang memuat kekuatan dan kelemahan
Undang-Undang Lalu Lintas
menurut pandangan siswa melalui diskusi kelompok
B. Jurnal yang menggambarkan keperpihakan pada pilihan
seseorang untuk
bersyukur dengan adanya perundang-undangan di Indonesia
C. Observasi aktivitas siswa ketika mempresentasikan data
tentang produk
perundang-undangan yang dihasilkan oleh DPR dalam kurun
lima tahun sesuai
masa tugasnya
D. Soal isian: Semua ketentuan perundang-undangan di
Indonesia mengacu pada
hukum tertinggi di Indonesia, yaitu ....
E. Tabel yang mencatat riwayat siswa ketika melakukan
pelanggaran peraturan
yang merupakan perundang-undangan di sekolah
KUNCI JAWABAN : D
39. Seorang guru yang secara struktural di bawah
kekuasaan bupati/walikota mendapatkan
hukuman penundaan kenaikan pangkat, maka jika
berkeberatan guru tersebut dapat
mengajukan gugatan melalui ....
A. Peradilan Khusus
B. Peradilan Umum
C. Peradilan Agama
D. Peradilan Militer
E. Peradilan Tata Usaha Negara
KUNCI JAWABAN : E
40. Di akhir pembelajaran tentang kompetensi dasar
keterampilan yang berbunyi “Menyaji
hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara”, guru
menerapkan pembelajaran simulasi suasana sidang BPUPKI.
Kegiatan pembelajaran
tersebut dimaksudkan guru untuk menguatkan keterampilan
kewarganegaraan berupa
keterampilan dalam ....
A. menayangkan paparan menggunakan LCD proyektor untuk
mempermudah
pemahaman
B. menjalin kerjasama antaranggota kelompok yang dipimpin
oleh ketua kelompok
C. memperkuat hafalan siswa pada suatu konsep secara
berulang-ulang
D. siswa yang lemah merasa terbantu dengan peragaan teman
yang menjalankan
peran
E. mengemukakan gagasan dan berargumentasi atas gagasan
yang disampaikannya
KUNCI JAWABAN : E
41. Salah satu kelompok siswa melakukan kesalahan konsep
ketika mempresentasikan
pelaksanaan kedaulatan rakyat berdasarkan UUD Negara
Republik Tahun 1945, maka
langkah penguatan materi yang dapat dilakukan guru bagi
kelompok tersebut adalah
....
A. membuat media pembelajaran hubungan antara rakyat dan
penduduk negara
dalam kehidupan di Indonesia
B. merujuk pasal-pasal UUD Negara Republik Tahun 1945
yang mengatur tentang
pelaksanaan kedaulatan rakyat
C. menyalin pendapat kelompok lain agar pembelajaran
cepat selesai dan efisien
waktu pembelajarannya
D. menjelaskan pentingnya kedaulatan rakyat bagi sebuah
negara demokrasi untuk
menjamin kesejahteraan rakyat
E. membaca buku yang memberikan penjelasan fungsi dan
kedudukan UUD Negara
Republik Tahun 1945 bagi rakyat
KUNCI JAWABAN : B
42. Metode pembelajaran PPKn yang sesuai dengan indikator
pencapaian
kompetensi: “Menunjukkan perilaku proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika”, dan materi
pembelajarannya tentang “Ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dib
idang ekonomi”, adalah ....
A. meneliti isu publik
B. projek belajar kewarganegaraan
C. menulis gagasan
D. berdiskusi peristiwa publik
E. pelacakan isu dalam media massa
KUNCI JAWABAN : B
43. Pasal 1 Ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan, bahwa
“Negara Indonesia ialah
Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik”, artinya menteri-menteri
negara ....
A. bekerja secara profesional
B. berasal dari partai politik
C. bertanggung jawab kepada Presiden
D. diberhentikan oleh DPR
E. dibatasi masa jabatannya
KUNCI JAWABAN : C
44. Ketika guru menggunakan metode tanya jawab dalam
pembelajaran dengan
kompetensi dasar “Mengidentifikasi keberagaman suku,
agama, ras, dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” terdapat seorang
siswa yang tidak dapat
merumuskan pertanyaan, maka guru meminta teman yang
paling dekat untuk
membantunya. Contoh pertanyaan yang dirumuskan bersama
oleh keduanya yang
paling tepat adalah ....
A. apa yang menbedakan suku yang satu dengan suku yang
lain di Indonesia?
B. apa yang dihasilkan masyarakat nelayan di Indonesia?
C. mengapa warna kulit orang Indonesia terlihat berbeda
dengan orang Eropa?
D. apa makanan pokok masyarakat suku di Papua?
E. apa saja hasil hutan tropis di Indonesia?
KUNCI JAWABAN : A
45. Dalam mengadili perkara pidana pada tingkat pertama
dilakukan oleh ....
A. Mahkamah Agung
B. Komisi Yudisial
C. Pengadilan Negeri
D. Mahkamah Kostitusi
E. Pengadilan Tinggi
KUNCI JAWABAN : C
46. Mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 mempunyai karakteristik
khas, yang
berbeda dengan mata pelajaran yang lain. Berdasarkan
Kurikulum 2013 Kompetensi
dasar dalam pembelajaran PPKn meliputi aspek ....
A. sikap spiritual, sikap sosial, kognitif dan
keterampilan
B. sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan
keterampilan kewarganegaraan
C. sikap religius, sikap sosial, pengetahuan dan
keterampilan
D. sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan
E. sikap spiritual, sikap nasionalisme, pengetahuan dan
keterampilan
KUNCI JAWABAN : D
47. Pembelajaran KD “Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan negara” dilakukan penilaian
menggunakan instrumen:
....
A. Bagaimana penerapan sila pertama Pancasila dalam
praktik penyelenggaraan
pemerintahan negara?
B. Benar-Salah: Praktik korupsi dalam penyelenggaraan
pemerintah negara
merupakan perilaku yang tidak dapat dihindari.
C. Mencatat perilaku siswa yang menunjukkan sikap
kejujuran dalam pembelajaran
materi nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan
pemerintahan negara
D. Apa akibatnya bila para penyelenggara mengabaikan sila
ketiga Pancasila dalam
praktik penyelenggaraan pemerintah negara?
E. Presentasi kelompok siswa tentang hasil analisis
nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan negara.
KUNCI JAWABAN : E
48. Indikator tercapainya pokok pikiran kedua dari
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yakni
“Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh
rakyat” di antaranya dalam
bentuk ....
A. angka harapan hidup di atas 60 tahun
B. dapat membayar gaji aparatur negara
C. angka kemiskinan semakin menurun
D. daya beli masyarakat meningkat
E. harga kebutuhan pokok stabil di pasaran
KUNCI JAWABAN : C
49. Jika dalam suatu kegiatan pembelajaran PPKn, yang
indikator pencapaian
kompetensinya “Menganalisis kesejarahan perumusan
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945”. Sedangkan materi
pembelajarannya “Sejarah
perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945”, maka
metode pembelajaran yang sesuai adalah ….
A. kajian dokumen historis
B. meneliti isu publik
C. kajian konstitusional
D. menulis gagasan
E. proyek belajar kewarganegaraan
KUNCI JAWABAN : A
50. Globalisasi tidak dapat dipungkiri mempengaruhi pelaksanaan
amanat sila kelima
Pancasila sebagai dasar negara di antara tercermin dalam
....
A. memberikan kesempatan kepada warga negara untuk
memajukan daerahnya
dengan bekerja keras
B. tersedianya fasilitas yang melatih tenaga kerja
Indonesia untuk menjadi pekerja
di negara lain
C. warga negara mendorong untuk mengirim
sebanyak-banyaknya tenaga kerja
Indonesia ke negara lain
D. tuntutan warga negara untuk melarang keberadaan tenaga
kerja asing demi
terserapnya tenaga kerja lokal
E. regulasi yang memberikan kesempatan kepada tenaga kerja
asing secara
profesional dan proporsional
KUNCI JAWABAN : E
Demikianlah soal-soal latihan PPPK mata pelajaran PPKN
untuk bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para guru yang akan melaksanakan
seleksi penerimaan ASN PPPK, tentunya dengan banyak berlatih maka akan semakin
besar peluang untuk bisa menjawab soal ketika akan mengikuti seleksi nantinya
dan juga peluang untuk bisa lulus pun pastinya akan semakin besar.
Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan selamat belajar, semoga anda sukses !!!