50 Soal dan Jawaban PPPK Untuk Guru Seni Budaya SMP SMA SMK
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal dan Kunci jawaban PPPK untuk guru seni budaya jenjang SMP dan SMA/SMK.
Sahabat Pendidikan, berlatih mengerjakan soal-soal
persiapan PPPK merupakan hal yang sangat positif untuk dilakukan oleh calon
pendaftar ASN PPPK sebab dengan semakin banyak belajar maka akan semakin besar
pula persiapan dan pengetahuan yang akan kita dapatkan untuk menghadapi seleksi
PPPK nantinya.
Melalui blog Pendidikan ini saya telah banyak sekali
membagikan contoh-contoh soal latihan PPPK untuk guru mulai dari jenjang SD,
jenjang SMP hingga jenjang SMA/SMK yang tentunya saya bagikan sebagai bentuk
sharing dan berbagi kepada para guru yang akan bersiap mendaftar PPPK sehingga
bisa memiliki referensi pembelajaran untuk bisa digunakan sebagai bahan
pembelajaran mandiri.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal
latihan PPPK seni budaya yang berjumlah 50 soal dan di setiap soal yang di sajikan
semuanya telah di sediakan dengan kunci jawabannya. Untuk kunci jawabannya anda
dapat melihatnya pada bagian soal yang tersedia. Sebagai informasi bahwa khusus
untuk soal latihan PPPK seni budaya ini terdapat 2 aspek soal yang di sediakan
yaitu soal aspek seni tari dan soal asepek seni music.
Dari kedua jenis soal yang telah saya sebutkan diatas
semuanya sudah di sediakan kunci jawabannya. Untuk soal seni tari jumlah
soalnya yaitu ada 20 soal lengkap dengan jawaban sedangkan untuk soal seni music
jumlah soalnya yaitu 30 soal lengkap dengan jawabannya sehingga jumlah total
keseluruhan soal yang tersedia pada postingan ini ialah 50 soal.
Bagi anda yang merupakan guru yang selama ini mengajar
mata pelajaran seni budaya di jenjang SMP maupun SMA dan akan mendaftar PPPK
tahun ini serta ingin berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK seni budaya
maka anda bisa memanfaatkan postingan ini sebagai bahan untuk belajar
mengerjakan soal latihan PPPK sebagai bentuk persiapan sebelum menghadapi
seleksi PPPK di kemudian hari.
Semua soal yang di sajikan disini ialah soal dalam bentuk
pilihan ganda jadi untuk bisa mengerjakannya maka anda harus memilih salah satu
jawaban yang menurut anda merupakan jawaban yang paling tepat. Untuk memudahkan
anda dalam berlatih mengerjakan soal latihan PPPK seni budaya ini maka anda
bisa mencocokkan jawaban yang telah anda pilih dengan kunci jawaban yang ada
pada akhir soal.
Baiklah untuk lebih jelasnya bagi anda yang ingin
berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK untuk guru seni budaya SMP dan SMA/SMK
maka berikut ini soal-soal serta kunci jawabannya :
SOAL-SOAL SENI TARI
1. Tari yang memiliki pola garapan sederhana adalah :
a. Tari Klasik/Istana
b. Tari Modern
c. Tari Rakyat
d. Tari Kreasi Baru
2. Menirukan gerak binatang dan dilakukan sebelum
perburuan sebagai tarian upacara dari suku tertentu termasuk kedalam jenis tari
:
a. Tari Primitif
b. Tari rakyat
c. Tari Kreasi Baru
d. tari Klasik/Istana
3. Social Dance lebih mengutamakan :
a. Partisipasi dan komunikasi dari masyarakat dengan
tarian
b. Pola garapan dan mengikuti aturan secara turun temurun
c. Ekspresi dan spektakuler penggarapan
d. Ritual dan upacara
4. Mengamati suatu karya tari secara mendalam sampai
kepada isinya serta memberikan penilaian atau penghargaan terhadap karya
tersebut, disebut juga dengan :
a. Konsepsi
b. Ekspresi
c. Apresiasi
d. Imajinasi
5. Mengkombinasi ide, membuat motif gerak baru, menemukan
gerak sesuai dengan tema tari merupakan beberapa kegiatan hasil apresiasi. Pada
tahap apakah kegiatan ini ditemukan :
a. Pengetahuan
b. Analisa
c. Persepsi
d. Produksi
6. Hasil apresiasi tari dapat menghasilkan :
a. Sesuatu produk yang inovatif dan kreatif.
b. Mendapatkan pengalaman, wawasan dan kekaguman terhadap
karya seni (tari)
c. Menimbulkan rasa percaya diri dan status sosial yang tinggi
karena dapat menilai karya seni (tari)
d. Kebosanan, kejenuhan dan ketidaktertarikan terhadap karya
seni (tari)
7. Metode pendekatan apresiasi terdiri dari :
a. Aplikatif, Imitatif, Representatif
b. Aplikatif, Representatif, Problematik
c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik
d. Aplikatif, Kesejarahan, Representatif
8. Pendekatan problematik mengapresiasi tari dengan cara
:
a. Melakukan sendiri macam-macam kegiatan seni
b. Mencipta sendiri macam-macam kegiatan seni
c. Memahami permasalahan di dalam seni
d. Mencermati isi dalam karya seni
9. Gerak pribadi dapat diciptakan seseorang melalui :
a. Eksplorasi dan imitasi
b. Eksplorasi dan improvisasi
c. Imitasi dan Improvisasi
d. Eksplorasi dan Eliminasi
10. Desain lantai (floor) dalam komposisi tari disebut
juga …
a. Pola gerak
b. Dramatik
c. Pola lantai
d. Desain gerak
11. Dramatik dalam tari dapat diungkapkan melalui :
a. Tema
b. Busana
c. Pola lantai
d. Rias
12. Gerak-gerak yang dihasilkan pada saat seorang penata
tari bereksplorasi, selanjutnya dipilih dan dirangkai. Kegiatan merangkai gerak
tersebut dalam komposisi tari disebut juga :
a. Improvisasi
b. Forming
c. Imajinasi
d. Spontanitas
13. Proses penciptaan tari dimulai dari.....
a. Eksplorasi, kreativitas, apresiasi
b. Improvisasi,apresiasi, kreativitas
c. Eksplorasi, improvisasi, forming
d. Kreativitas, forming, apresiasi
14. Selain judul dan tema, hal-hal pokok yang ditulis
dalam konsep garapan adalah sebagai berikut, kecuali ……
a. Tipe tari dan mode tari
c. tata rias dan busana
d. Bentuk tari dan tata teknik pentas
d. Hitungan dan ragam gerak
15. Dalam pemakaian rias dan busana sebaiknya adalah :
a. Tidak mengganggu gerak penari
b. Harus gemerlap
c. Kelihatan mewah
d. Kelihatan cantik
16. Procenium adalah tata pentas panggung yang bisanya terdapat
di :
a. Gedung aula sekolah
b. Ruang kelas
c. Gedung pertunjukan
d. Arena Terbuka
17. Pengklasifikasian organisasi seni pertunjukan untuk kepentingan
manajemen dapat dilihat dari aspek...
a. Tujuan manajemen
b. Fungsional manajemen
c. Efektivitas manajemen
d. Karakteristik manajemen
18. Organisasi seni pertunjukan berkeinginan agar karya
seni yang dihasilkan juga dinikmati oleh masyarakat, maka perlu diperhatikan
……
a. kebutuhaan dan minat masyarakat
b. tingkat apresiasi dan minat masyarakat
c. kebutuhan dan tingkat apresiasi
d. tingkat apresiasi dan daya beli masyarakat
19. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi kondisi dan perkembangan
seni pertunjukan yang kemudian
berpengaruh pada kondisi dan perkembangan organisasi seni
pertunjukan adalah faktor ……….
a. penyelenggara, penonton dan materi karya seni
b. penonton, sponsor, organisasi seni pertunjukan
c. faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi.
d. Semua benar
20. Karya seni yang dipergelarkan dapat memberikan nilai[1]nilai
ajaran atau pendidikan kepada warga masyarakat yang menontonnya merupakan
fungsi………..
a. prestasi
b. apresiasi
c. edukasi
d. rekreasi
KUNCI JAWABAN SOAL SENI TARI
NO |
JAWABAN |
|
NO |
JAWABAN |
1 |
C |
|
11 |
A |
2 |
A |
|
12 |
B |
3 |
A |
|
13 |
C |
4 |
C |
|
14 |
D |
5 |
D |
|
15 |
A |
6 |
A |
|
16 |
C |
7 |
C |
|
17 |
A |
8 |
C |
|
18 |
B |
9 |
B |
|
19 |
C |
10 |
C |
|
20 |
C |
SOAL SENI MUSIK
1. Nama garis tegak lurus (hanya 1) dalam notasi balok
adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
2. Dalam notasi balok, untuk meletakkan not-not balok dipergunakan:
a. Sukat
b. Bar
c. Paranada
d. Pugar
3. Dalam vokal untuk anak-anak mempunyai wilayah suara :
a. (c’ – d”)
b. (c – d )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
4. Salah satu tehnik pernafasan dalam vokal yang paling
baik dipergunakan adalah:
a. dada
b. perut
c. diagframa
d. Falset
5. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu diantaranya
adalah:
a. Metronom Maeezel
b. Bright
c. Melodi
d. Interval
6. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin cepat dipergunakan
tanda tempo:
a. Rittardando
b. Accelerando
c. Crescendo
d. Decrescendo
7. Salah satu diantara nama-nama ini bukan Tanda Dinamik dalam
musik,
a. piano
b. forte
c. Andante
d. Mezzopiano
8. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda Kromatik,
untuk menaikkan ½ Nada dipergunakan tanda:
a. palang
b. mol
c. pugar
d. Desimal
9. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada
(2 . . 0) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
10. Nama not pada spasi ke 2 notasi balok berkunci G
adalah:
a. (a’)
b. ( A)
c. (a)
d. (a”)
11. Tinggi rendahnya sebuah bunyi dibunyikan disebut:
a. Irama
b.Harmoni
c. Melodi
d. Bentuk/Struktur
12. Mata pelajaran seni rupa,seni musik, seni tari dan
seni
teater tercakup dalam pelajaran
a. Seni Budaya
b. Kebudayaan
c. Filsafat
d. Sosiologi
13. Dalam mengajar matapelajaran Seni Budaya,
pembelajaran yang sangat sesuai adalah
a.Pembelajaran Kognitif
b.Pembelajaran Terpadu
c. Pembelajaran Motorik
d. Pembelajaran Problem Solving
14. Model Pembelajaran Seni Budaya yang sesuai dengan KTSP
selalu harus menentukan
a. Tema
b. Unsur Tari
c. Unsur musik
d. Unsur Rupa.
15. Dalam 4 unsur seni musik, salah satu diantaranya
adalah:
a. Pulsa – Durasi
b. Attack – Relase
c. Harmoni – Bentuk/Struktur
d. Duol – Triol
16. Marcia termasuk tanda musik:
a. Tempo
b. Harmoni
c. Dinamik
d. Motif
17. Panjang pendeknya bunyi yang dibunyikan disebut
a. Irama
b. Harmoni
c. Melodi
d. Motif
18. Dalam bernyanyi pernafasan yang sebaiknya jangan
digunakan sebaiknya pernafasan:
a. Dada
b. Perut
c. Diafragma
d. Mulut
19. Suara manusia dihasilkan dari ............ yang
bergetar karena udara.
a. Tenggorokan
b. Pita Suara
c. Kepala
d. Rongga Mulut
20. Melalui bernyanyi seorang anak dapat memiliki:
a. penghasilan
b. kesibukan sehari-hari
c. Percaya Diri
d. Terkenal
21. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu diantaranya
adalah:
a. Metronom Maeezel
b. Bright
c. Irama
d. Interval
22. Salah satu yang bukan tehnik pernafasan dalam vokal adalah:
a. dada
b. perut
c. diagframa
d. falset
23. Dalam vokal untuk Sopran/Wanita tinggi mempunyai wilayah
suara:
a. (c’ – a”)
b. (c – a )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
24. Dalam notasi balok, untuk mengetahui lagu/musik
berapa ketukan dipergunakan:
a. Tanda Sukat
b. Bar
c. Paranada
d. Tanda Pugar
25. Nama 2 (dua)garis tegak lurus dalam notasi balok
adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
26. Nama not pada garis ke 2 notasi balok berkunci G
adalah:
a. (g’)
b. (G)
c. (g)
d. (g”)
27. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada
(2 000) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
28. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda
Kromatik, untuk menurunkan ½ Nada dipergunakan tanda:
a. palang
b. mol
c. pugar
d. desimal
29. Salah satu diantara nama-nama ini adalah Tanda tempo
dalam musik,
a. piano
b. forte
c. andante
d. Mezzopiano
30. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin lambat
dipergunakan tanda tempo:
a. Rittardando
b. Accelerando
c. Crescendo
d. Decrescendo
NO |
JAWABAN |
|
NO |
JAWABAN |
|
NO |
JAWABAN |
1 |
A |
|
11 |
C |
|
21 |
A |
2 |
C |
|
12 |
A |
|
22 |
B |
3 |
A |
|
13 |
B |
|
23 |
A |
4 |
C |
|
14 |
C |
|
24 |
B |
5 |
C |
|
15 |
A |
|
25 |
C |
6 |
B |
|
16 |
A |
|
26 |
A |
7 |
C |
|
17 |
B |
|
27 |
D |
8 |
A |
|
18 |
C |
|
28 |
D |
9 |
C |
|
19 |
C |
|
29 |
A |
10 |
A |
|
20 |
A |
|
30 |
A |
Demikianlah soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran
seni budaya jenjang SMP dan SMA/SMK yang bisa saya bagikan melalui artikel ini,
semoga kumpulan soal PPPK seni budaya yang telah di lengkapi dengan kunci
jawaban tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran mandiri bagi para calon
peserta PPPK.
Sekian dan Semoga bermanfaat buat para calon guru ASN PPPK.