Soal & Pembahasan Tryout PPPK Tahun 2023
Kherysuryawan.id – Contoh soal latihan Tryout PPPK Tahun 2023 lengkap dengan kunci jawaban.
Sahabat guru dimanapun berada, postingan kali ini akan
saya peruntukkan bagi para guru honorer dan masyarakat umum yang akan mengikuti
seleksi PPPK di tahun ini. Untuk bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam
menghadapi seleksi PPPK nantinya maka tentunya dibutuhkan sebuah latihan dalam
mengerjakan soal-soal.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa
soal latihan tryout yang sudah di lengkapi dengan jawabannya, tujuannya ialah
untuk memudahkan para guru dalam mempelajari soal yang di berikan. Jika di
setiap kunci jawaban masih ada yang dianggap kurang sesuai maka dimohon untuk bisa
menyampaikannya melalui kolom kontak yang ada di dalam blog ini agar bisa
segera di perbaiki.
Tujuan utama artikel ini di buat ialah untuk bisa
membantu para calon ASN PPPK yang akan bertarung dalam seleksi penerimaan ASN
PPPK di tahun ini. Adapun jenis contoh soal latihan yang ada di blog ini ialah
soal pedagogic yang banyak membahas tentang kompetensi pedagogi yang merupakan
salah satu aspek penting untuk bisa di pelajari sebagai modal awal sebelum
masuk seleksi.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan soal-soal latihan
triout PPPK tahun 2021, maka silahkan anda simak dibawah ini soal dan kunci
jawabannya :
SOAL DAN JAWABAN TRIOUT PPPK TAHUN 2021
1. Indikator menyebutkan benda-benda yang ada dikelas,
apabila dimasukkan dalam matriks kemampuan berfikir dan dimensi pengetahuan
berada pada posisi ....
a. C1 (mengingat) - faktual
b. C3 (Mengaplikasikan) - konseptual
c. C2 (memahami) - konseptual
d. C2 (memahami) - faktual
Jawaban : a. C1 (mengingat) - faktual
2. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar
"menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan
dilingkungan sekitar adalah ....
a. menyebutkan pengertian ekosistem
b. menelaah hubungan antar komponen ekosistem
c. menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
d. menjelaskan jaring-jaring makanan
Jawaban : b. menelaah hubungan
antar komponen ekosistem
3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untukmengumpulkan data, membuat
dugaan(hipotesis), mencoba - coba(trial and error), mencari danmenemukan
keteraturan(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum
,membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori
belajar....
a. Kognitivistik
b. Behavioristik
c. Humanistic
d. Konstruktivistik
Jawaban : d.
Konstruktivistik
4. Indikator mengidentifikasi tumbuhan yang ada di
lingkungan sekolah termasuk kedalam dimensi pengetahuan dan proses berpikir?
a. Konseptual, C2
b. Faktual, C2
c. Konseptual, C3
d. Faktual, C1
Jawaban : b. Faktual, C2
5. Berikut yang bukan contoh penguasaan literasi digital
pada kehidupan masyarakat adalah ….
a. Memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi
b. Mengukur kecepatan angin
menggunakan anemometer
c. Membayar tol menggunakan kartu e-toll
d. Membeli pulsa seluler ke minimarket
Jawaban : b. Mengukur
kecepatan angin menggunakan anemometer
6. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah....
a. Kemampuan berinteraksi
b. Kemampuan mengemukakan pendapat
c. Kemampuan berkomunikasi
d. Kemampuan untuk memecahkan masalah
Jawaban : d. Kemampuan
untuk memecahkan masalah
7. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar
“Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di
lingkungan sekitar” adalah ….
a. Menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
b. Menyebutkan pengertian ekosistem
c. Menyebutkan komponen-komponen ekosistem
d. Membandingkan interaksi yang berlangsung dalam
ekosistem
Jawaban : d.
Membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
8. Peserta didik diminta menyebutkan hewan yang ada di
rumahnya, aktivitas tersebut merupakan pengetahuan
a. metakognitif
b. prosedural
c. faktual
d. konseptual
Jawaban : c. faktual
9. Perhatikan aktivitas pembelajaran di bawah ini!
(1) Peserta didik menyelesaikan permasalahan dengan
mengacu pada rancangan yang telah dibuat.
(2) Peserta didik menuangkan cara penyelesaian masalah
pada kertas plano.
(3) Peserta didik menempelkan hasil cara penyelesaian
masalah di dinding kelas.
Aktivitas tersebut merupakan sintaks Problem-Based
Learning pada tahapan ….
a. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
b. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
c. Orientasi peserta didik pada masalah
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jawaban : d.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10. Perhatikan gambar berikut!
Soal yang paling tepat untuk stimulus berikut:
a. Dimana alat transportasi tersebut digunakan?
b. Sebutkan 2 contoh alat transportasi darat!
c. Jelaskan fungsi alat transportasi darat!
d. Jelaskan manfaat alat transportasi darat!
Jawaban : a. Dimana alat
transportasi tersebut digunakan?
11. perhatikan pernyataan berikut:Berikan contoh aktivitas yang bisa dilakukan peserta didik dalam mewujudkan sikap bela nagara !contoh soal tersebut berada pada level kognitif ....
a. aplikasi
b. evaluasi
c. pengetahuan
d. penalaran
Jawaban : a. aplikasi
12. Materi dan kognitif untuk kompetensi - KD
:membandingkan siklus beberapa jenis mahluk hidup serta mengaitkannya dalam
upaya pelestarian adalah ….
a. Siklus beberapa jenis mahluk hidup dengan tingkat
kognitif C3
b. Siklus beberapa jenis mahluk hidup dengan tingkat kognitif
C5
c. Siklus beberapa jenis mahluk hidup
dengan tingkat kognitif C4
d. Siklus beberapa jenis mahluk hidup dengan tingkat
kognitif C6
Jawaban : c. Siklus
beberapa jenis mahluk hidup dengan tingkat kognitif C4
13. Peserta didik berdiskusi dan melakukan penyelidikan
(mencari data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi kelompok.Aktivitas
pembelajaran di atas merupakan model Problem-Based Learning pada sintaks ….
a. Orientasi peserta didik pada masalah
b. Membimbing penyelidikan individu
maupun kelompok
c. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
d. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
Jawaban : b. Membimbing
penyelidikan individu maupun kelompok
14. Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut
ini?
a. Jelaskan manfaat alat transportasi air?
b. Kapan alat transportasi tersebut
digunakan?
c. Sebutkan 2 contoh alat transportasi air!
d. Jelaskan fungsi alat transportasi air!
Jawaban : b. Kapan alat
transportasi tersebut digunakan?
15. Peserta didik diminta untuk menyebutkan benda benda
yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut merupakan pengetahuan. . .
.
a. prosedur
b. meta kognitif
c. fakta
d. konsep
Jawaban : c. fakta
16. Aktivitas pembelajaran pada model project based
learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah…
a. Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan
membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain.
b. Peserta didik berdiskusi menyusun
rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan
alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan.
c. Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek
dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan.
d. Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuaijadwal,
mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian
proyek dengan guru
Jawaban : b. Peserta
didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi
pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan.
17. Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus
diselesaikan dalam periode/waktu tertentu mulai dari perencanaan, pengumpulan
data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data disebut ....
a. penilaian proyek
b. penilaian praktik
c. penilaian produk
d. penilaian tertulis
Jawaban : a. penilaian
proyek
18. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan
sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini
merupakan prinsip belajar dari ....
a. konseptualisasi
b. Kesulitan Belajar
c. Conditioning
d. Trial and error
Jawaban : d. Trial and
error
19. contoh aktivitas : siswa mengamati gambar bahan
makanan, memprediksi hasil ujiiodin dan menjelaskan bahwa amilum zat makanan
sebagai sumber energi, mengolah dan menafsirkan data hasil percobaan,
merumuskan keseimpulan pengaruh waktu terhadap kerja saliva.
Aktivitas tersebut termasuk
a. creativity
b. Criitical thinking
c. Problem Solving
d. Transfer knowledge
Jawaban : c. Problem
Solving
20. Tobi, pemuda dari desa Bahagia mengikuti lomba pidato
bertema "Pahlawan" di Kecamatan. Dia tetap berangkat meski tidak ada
bantuan dana dari desa. Tobi berhasil menyabet juara 1. Perilaku Tobi
mencerminkan karakter
a. nasionalis dan gotong royong
b. gotong royong dan integritas
c. nasionalis dan mandiri
d. religius dan mandiri
Jawaban : c. nasionalis
dan mandiri
21. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami
obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan
kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaanatau perbandingan,
hal ini merupakan tahapan dari......
a. Konflik
b. Simbolik
c. Ikonik
d. Intuitif
Jawaban : c. Ikonik
22. IPK pengayaan yang paling tepat utuk KD
"menganalisis hubungan antar kompenen ekosistem dan jaring –jaring makanan
di lingkungan sekitar adalah
a. Menyebutkan komponen ekosistem
b. Menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
c. Membandingkan interaksi yang
berlangsung dalam ekosistem
d. Menyebutkan pengertian ekosistem
Jawaban : c.
Membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
23. Contoh aktifitas pembelajaran yang mengasah
ketrerampilan berfikir tingkat tinggi adalah. . .
a. mencatat hasil pengamatan
b. membandingkan hasil pengamatan
cuaca melalui alat manual dan aplikasi
c. melihat video tentang cuaca
d. membaca dari berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
Jawaban : b.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
24. Target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/ eksplorasi
lingkungan” adalah ….
a. Menyimpulkan kosakata dalam bahasa Indonesia melalui
eksplorasi lingkungan
b. Menjelaskan kosakata dalam bahasa Indonesia melalui
teks lisan
c. Menganalisis kosakata dalam bahasa
Indonesia melalui visual
d. Mengidentifikasi kosakata dalam bahasa Indonesia melalui
teks tulis
Jawaban : c.
Menganalisis kosakata dalam bahasa Indonesia melalui visual
25. Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf guru
meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimat sendiri. Teknik
Penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a. Tes tertulis
b. Penilaian praktik
c. Tes lisan
d. Penilaian produk
Jawaban : a. Tes
tertulis
26. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau
membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang
..
a. pernyataan/Identifikasimasalah (Problem Statement)
b. pembuktian (Verification)
c. pengolahan data (Data Processing)
d. pengumpulan data (Data Collection)
Jawaban : b. pembuktian
(Verification)
27. Keterampilan HOTS sebagai critical dan creative
thinking adalah ...
a. dimensi pengetahuan dan mengevaluasi solusi,
memperkirakan sampai mengkomunikasikan solusi
b. dimensi pengetahuan dan enam elemen frisco
c. enam elemen frisco dan memecahkan
masalah sehingga menghasilkan simpulan
d. sesuai ranah kognitif,afektif psikomotor dan
memecahkan masalah sehingga menghasilkan simpulan
Jawaban : c. enam elemen
frisco dan memecahkan masalah sehingga menghasilkan simpulan
28. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa
selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi
makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya
belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan
aliran dari teori....
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitivistik
d. Humanistik
Jawaban : a.
Konstruktivistik
29. Siswa melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal,
mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian
proyek dengan guru merupakan salah satu sintaks Project-Based Learning tahap ….
a. Evaluasi pengalaman belajar
b. Memonitoring keaktifan dan
perkembangan proyek
c. Menguji hasil
d. Mendesain perencanaan produk
Jawaban : b.
Memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek
30. Pada KD “Menganalisis hubungan antarsudut sebagai
akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis merah transversal”,
materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ….
a. Hubungan antarsudut dengan tingkat kignitif C3
b. Hubungan dua garis sejajar dengan
tingkat kognitif C4
c. Hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C4
d. Hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
Jawaban : b. Hubungan
dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
31. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki
oleh peserta didik adalah.....
a. Mampu memahami permasalahan
b. Mampu memahami sebuah kejadian
c. Mampu membuat peraturan
d. Mampu memecahkan masalah
Jawaban : d. Mampu
memecahkan masalah
32. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah
mengorganisasi. Aktivitas tersebut ...
a. Kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi
pemecahan masalah
b. Kelompok mengamati dan memahami masalah yang
disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
c. Siswa berdiskusi dan membagi tugas
untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
d. Siswa melakukan penyelidikan (mencari
data/referensi/sumber untuk bahan diskusi
Jawaban : c. Siswa
berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang
diperlukan untuk menyelesaikan masalah
33. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal
seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara
sistematis,kritis,dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri semuanya.
Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah....
a. Inquiry learning
b. Problem based learning
c. Discovery learning
d. Project based-learning.
Jawaban : a. Inquiry
learning
34. Peserta didik mengamati aliran sungai di belakang
sekolah. Peserta didik kemudian diminta menghubungkan aktivitas penduduk di
sekitar sungai dengan kondisi air dari sungai yang diamati.Aktivitas
pembelajaran tersebut merupakan pengetahuan ….
a. Metakognitif
b. Prosedural
c. Konseptual
d. Faktual
Jawaban : a.
Metakognitif
35. KD: membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk
hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. Pengembangan materi
pengayaan KD tersebut adalah ....
a. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
b. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk
hidup
c. membandingkan siklus hidup satu dengan lainnya
d. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya
pelestarian
Jawaban : d.
menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
36. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari
penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah....
a. Memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan
menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.
b. Menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
c. Capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis
pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.
d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya
pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran.
Jawaban : d.
Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang
dilakukan pendidik dalam pembelajaran.
37. Level kognitif terendah sesuai dengan teori yang
dikemukakan oleh Bloom adalah ....
a. menerapkan
b. mengingat
c. memahami
d. menganalisis
Jawaban : b. mengingat
38. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan
proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan,
media, sumber yang dibutuhkan . Aktivitas pembelajaran diatas merupakan model
Project based learning pada sintak ....
a. memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
b. pertanyaan mendasar
c. menyusun jadwal pembuatan
d. mendesain perencanaan proyek
Jawaban : d. mendesain
perencanaan proyek
39. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah
laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan
respon merupakan teori belajar....
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Rekonstruktivistik
d. Humanistik
Jawaban : b.
Behavioristik
40. Berikut ini adalah perumusan indikator kunci untuk KD
“Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia”, kecuali
….
a. Mengkorelasikan pengaruh interaksi
manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Indonesia
b. Mengeneralisasikan pengaruh interaksi manusia dengan
lingkungan terhadap pembangunan sosial masyarakat Indonesia
c. Menghubungkan pengaruh interaksi manusia dengan
lingkungan terhadap pembangunan budaya masyarakat Indonesia
d. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan
lingkungannya
Jawaban : a.
Mengkorelasikan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap
pembangunan ekonomi masyarakat Indonesia
41. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa
selama kegiatan belajar, aktif berpikir. Menyusun konsep-konsep serta memberi
makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya
belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan
aliran dariteori ....
a. Sibernetik
b. Behavioristik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
Jawaban : c.
Konstruktivistik
42. indukator kunci KD: "menghubungkan gaya dengan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar"adalah ....
a. menganalisis hubungan gaya dengan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b. menjelaskan gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
c. menguji hubungan gaya dengan gerak pada perisiwa di
lingkungan sekitar
d. mengklasifikasi gerak pada peristiwa di lingkungan
sekitar
Jawaban : a.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
43. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat
dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah...
a. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang
keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
b. Memberikan stimulus kepada peserta
didik berupa penataan lingkungan belajar
c. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
d. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan
menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
Jawaban : b. Memberikan
stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
44. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah
lingkungan, Bu Kartika menggunakan model pembelajaran project-based learning
dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan
untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan
keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a. Penilaian produk
b. Tes lisan
c. Portofolio
d. Penilaian praktik
Jawaban : a. Penilaian
produk
- UNTUK SOAL DAN KUNCI TRYOUT PPPK GURU TK/PAUD TERBARU (DISINI)
- UNTUK SOAL DAN KUNCI TRYOUT PPPK PGSD TERBARU (DISINI)
- UNTUK SOAL DAN KUNCI TRYOUT PPPK SMP, SMA TERBARU (DISINI)
- SOAL & PEMBAHASAN PPPK UNTUK GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)
Demikianlah beberapa contoh soal yang bisa anda jadikan sebagai sebuah rujukan untuk belajar dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi PPPK, semoga anda yang benar-benar telah berusaha belajar senantiasa bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.
Semua soal diatas bisa jadi ada jawaban yang masih kurang
tepat sebab sebagai manusia biasa tentunya saya memiliki kekurangan dan keterbatasan
oleh sebab itu anda harus bisa teliti dalam mempelajarinya.
Sekian dan Terimakasih