Soal & Pembahasan Reviu Pedagogi Pembelajaran 1: Teori Belajar
Kherysuryawan.id – Kunci jawaban Reviu pembelajaran 1 Pedagogi Tentang teori belajar seri belajar mandiri calon guru asn pppk.
Sahabat pendidik yang berbahagia, berjumpa kembali pada
blog Pendidikan yang mana pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar Belajar
mandiri calon guru ASN PPPK. Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi P3K maka
tentunya anda harus bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi penerimaan
ASN PPPK.
Seperti kita ketahui bahwa dalam belajar mandiri untuk
calon ASN PPPK kemendikbud telah menyiapkan modul-modul pembelajaran yang di
dalamnya telah tersedia materi dan contoh-contoh soal untuk digunakan sebagai
persiapan dalam menghadapi PPPK nantinya. Ada 2 aspek yang harus di pelajari
dengan baik yaitu aspek pedagogi dan juga aspek professional sesuai jurusan
atau bidang study masing-masing peserta calon P3k.
Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa
contoh soal pedagogi khususnya dalam materi pembelajaran 1: teori belajar, dan
di semua soal yang disajikan disini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban atau
pembahasannya maka oleh sebab itu anda bisa menjadikan postingan ini untuk
persiapan pembelajaran dalam menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya.
Baiklah berikut ini beberapa contoh soal dan kunci
jawaban pedagogi pembelajaran 1 tentang teori belajar yang bisa anda simak di
bawah ini :
1. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa
selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi
makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya
belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan
aliran dari teori ....
a.Humanistik
b.Behavioristik
c.Kognitivistik
d.Sibernetik
e.Konstruktivistik
KUNCI JAWABAN : e.Konstruktivistik
2. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat
dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
a. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang
merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa
penataan lingkungan belajar
d. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
e. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan
menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
KUNCI JAWABAN : c. Memberikan stimulus kepada
peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
3. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah....
a. Kemampuan berinteraksi
b. Kemampuan mengemukakan pendapat
c. Kemampuan untuk memecahkan masalah
d. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
e. Kemampuan berkomunikasi
KUNCI JAWABAN : c.
Kemampuan untuk memecahkan masalah
4. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek
atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain
peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini
merupakan tahapan dari......
a. Ikonik
b. Simbolik
c. Konflik
d. Intuitif
e. Enaktif
KUNCI JAWABAN : a.
Ikonik
5. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan
sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini
merupakan prinsip belajar dari ....
a. Conditioning
b. Stimulus respon
c. Shaping
d. Trial and error
e.Konseptualisasi
KUNCI JAWABAN : d. Trial and error
6. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki
oleh peserta didik adalah.....
a. Mampu memahami sebuah kejadian
b. Mampu membuat peraturan
c. Mampu memahami permasalahan
d. Mampu memecahkan masalah
e. Mampu mengalami sebuah kejadian
KUNCI JAWABAN : d. Mampu memecahkan masalah
7. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
a. Sibernetik
b. Konstruktivistik
c. Behavioristik
d. Humanistic
e. Kognitivistik
KUNCI JAWABAN : b. Konstruktivistik
8. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku
pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon
merupakan teori belajar....
a. Humanistik
b. Konstruktivistik
c. Rekonstruktivistik
d. Behavioristik
e. Kognitivistik
KUNCI JAWABAN : d. Behavioristik
9. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama
yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu
manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan
bagian dari teori ....
a. Sibernetik
b. Kognitivistik
c. Humanistik
d. Behavioristik
e. Konstruktivistik
KUNCI JAWABAN : c.
Humanistik
10. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas,
kecuali ....
a. Belajar aktif
b. Belajar emansipatoris
c. Belajar konsep
d. Belajar praktis
e. Belajar teknis
KUNCI JAWABAN : a.
Belajar aktif
UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGIK PPPK LAINNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA LIHAT DI BAWAH INI :
- Soal & Jawaban Pembelajaran 2 Seri Belajar PPPK "Karakter Peserta Didik" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 3 Seri Belajar PPPK "Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 4 Seri Belajar PPPK "Desain Pembelajaran" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 5 Seri Belajar PPPK "Dasar Komunikasi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 6 Seri Belajar PPPK "Konsep Penilaian" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 7 Seri Belajar PPPK "Pengembangan Potensi Peserta Didik" (DISINI)
Demikianlah informasi seputar soal dan jawaban
pembelajaran 1 teori pembelajaran pada kegiatan belajar mandiri dalam mempersiapkan
program seleksi PPPK atau PPG. Soal-soal pedagogi tentunya akan sangat membantu
para pendidik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi P3K dan PPG
nantinya.
Sekian dan Terimakasih