Soal & Kunci Tryout PPPK Untuk Guru TK/PAUD 2023
Kherysuryawan.id – Kumpulan soal Tryout PPPK untuk guru PAUD/TK versi kemendikbud.
Sahabat Pendidikan yang berbahagia, kembali lagi berjumpa
pada blog Pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate dan tentunya
bermanfaat bagi para pembaca setia blog ini. Melalui kesempatan kali ini saya
akan kembali membagikan beberapa jenis soal latihan yakni soal dan kunci
jawaban tryout untuk guru jenjang TK/PAUD.
Jika pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak
membagikan soal dan pembahasan tryout untuk guru jenjang SD, SMP dan SMA maka
kali ini saya akan kembali berbagi soal latihan tryout untuk para guru jenjang
TK/PAUD. Kumpulan soal tryout PPPK untuk jenjang TK/PAUD ini saya peroleh dari soal
tryout versi kemendikbud yang tentunya akan sangat membantu para guru paud
dalam mempelarinya.
Bagi para guru TK/PAUD yang mungkin selama ini sedang
mencari referensi kumpulan soal-soal dan kunci jawaban tryout PPPK Untuk guru
PAUD maka disini anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan tentunya gratis. Namun
perlu anda pahami bahwa semua soal yang saya berikan atau saya tampilkan disini
bukanlah berarti bahwa soal ini yang nantinya akan muncul pada saat anda melakukan
seleksi ASN PPPK nantinya melainkan soal-soal tryout ini kiranya bisa menjadi
bahan untuk belajar bagi para calon seleksi ASN PPPK tahun ini.
Dengan semakin banyak belajar maka tentunya akan semakin
besar pula pengetahuan anda untuk memahami pelajaran tersebut. Olehnya itu
jadikan postingan yang ada di dalam blog Pendidikan ini sebagai sebuah wadah
atau sarana untuk bisa mendapatkan info pembelajaran yang sangat penting dan
tentunya bermanfaat bagi siapapun.
Sebagai informasi awal bahwa semua soal yang ditampilkan
disini ialah soal dalam bentuk pilihan ganda jadi di setiap soal tentunya telah
ada satu pilihan jawaban yang paling benar, oleh sebab itu usahakan anda jeli
dalam membaca soal agar ketika anda akan menjawabnya maka anda dapat
menjawabnya dengan benar dan tepat.
Oh ya tidak semua soal yang saya tampilkan diisini
memiliki kunci jawabannya, sehingga bagi soal yang masih belum memiliki kunci
jawabannya, maka anda bisa mencarinya sendiri dan tentunya itu akan menjadi
sebuah tantangan bagi anda yang ingin belajar. Semoga dengan anda mempelajari
kumpulan soal-soal tryout untuk guru PAUD ini maka anda bisa lulus nantinya
dalam menghadapi seleksi ASN PPPK.
Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai soal-soal tryout
PPPK untuk guru TK/Paud maka silahkan anda simak soalnya di bawah ini dan silahkan
anda pelajari dengan sebaik-baiknya.
Selamat belajar !!!!
BERIKUT INI SOAL TRYOUT PPPK UNTUK GURU
TK/PAUD SERI BELAJAR MANDIRI
1. Beberapa Siswa memiliki kecenderungan belajar berupa
mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan gaya
belajar para siswa tersebut adalah
a. Implusive
b. reflektif
c, gaya berfikir terikat
d. gaya berpikir bebas
e. gaya berpikir tingkat atas
KUNCI JAWABAN : a. Implusive
2. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan
sungguh-sungguh disebut ....
a. Membaca intensif
b. membaca langsung
c. membaca deduktif
d. membaca sekilas
e. membaca cepat
KUNCI JAWABAN : a.
Membaca intensif
3. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar
siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif maka guru perlu mengacu
pada...
a. Metode pembelajaran
b. pendekatan pembelajaran
c. strategi pembelajaran
d. gaya pembelajaran
e. model pembelajaran
KUNCI JAWABAN : c.
strategi pembelajaran
4. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal
dalam konteks pendidikan di gunakanlah bahasa Indonesia Hal tersebut merupakan
fungsi bahasa Indonesia sebagai...
a. Alatperhubungan tingkat nasional
b. alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK Nasional
c. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
d. bahasa pengantar di lembaga Pendidikan
e. Bahasa isyarat yang mudah di mengerti
KUNCI JAWABAN : d.
bahasa pengantar di lembaga Pendidikan
5. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa
metode yang dapat digunakan kecuali ...
a. metode kupas rangkai suku kata
b. metode kata lembaga
c, metode Sas
d. metode cerita
e. metode sains
KUNCI JAWABAN : d.
metode cerita
6. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru
dan siswa mempersiapkan naskah dan skenario, perilaku dan perlengkapan.
kegiatan tersebut mengekspresikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk
bahasa lisan. hal tersebut termasuk hakikat berbicara jenis...
a. bercerita
b. cerita berantai
c. bermain peran
d. dramatisasi
e. dongeng
KUNCI JAWABAN : d.
dramatisasi
7. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat
kritis Seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan
ciri-ciri anak berusia....
a. 3 sampai 5 tahun
b. 6 sampai 8 tahun
c. 10 sampai 12 tahun
d. 15 sampai 18 tahun
e. 20 keatas
KUNCI JAWABAN : b.
6 sampai 8 tahun
8. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara
efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah dan sebagainya) maupun
tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi
bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis
bahasa) menurut Howard gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan....
a. kecerdasan bahasa (linguistik)
b. kecerdasan logika matematika (logic-mathematical)
c. kecerdasan ruang (spatial)
d. kecerdasan gerak tubuh
e. kecerdasan biasa
KUNCI JAWABAN : a.
kecerdasan bahasa (linguistik)
9. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran
masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan
ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap....
a. tahap sensorimotorik
b. tahap praoperasional
c. tahap operasional konkrit
d. tahap praoperasional konkret
e. tahap motorik
KUNCI JAWABAN : b.
tahap praoperasional
10. Seorang pendidik berusaha mengumpulkan data asesmen
yang digambarkan melalui catatan khusus dan detail tentang tingkah laku anak
rancangan tersebut termasuk kedalam teknik....
a. catatan spesimen
b. menjalankan rekor
c. pengambilan sampel waktu
d. catatan anekdot
e. pengambilan sampel acara
KUNCI JAWABAN :
11. Pada pendidikan abad ke-21 potensi creative thinking
and Innovation sangat penting karena peserta didik dapat...
a. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan
permasalahan yang ditemukan
b. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan
dan mengevaluasi bukti-bukti argumentasi data yang luas Melalui pengkajian
secara mendalam serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
c. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif
menggunakan media lisan, tertulis maupun teknologi
c. mencari sendiri tanpa bantuan guru dan menemukan
alternatif pemecahan masalah dari berbagai sumber belajar dalam rangka
mengembangkan pola pikir
d. menghasilkan, mengembangkan dan mengimplementasikan
ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
KUNCI JAWABAN :
12. Proses pemeriksaan seorang pendidik PAUD melakukan
pemeriksaan untuk mengukur kecerdasan bahasa anak dengan fokus pada kemampuan
berbahasa.
sasaran produk yang dilayani pendidik tersebut adalah...
a. Layanan berbasis bermain
b. penguatan kecerdasan jamak
c. layanan berbasis kemampuan anak
d. layanan berbasis perkembangan anak
e. kurikulum
KUNCI JAWABAN :
13. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat
dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah
a. memahami tahap perkembangan peserta didik dan
menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
b. memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan
berbagai metode dan strategi belajar yang menarik
c. memberikan stimulus kepada peserta didik berupa
penataan lingkungan belajar
d. memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan
peserta didik dan memberi mereka mengekspresikan gagasannya
e. membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan
baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik
KUNCI JAWABAN :
14. Fungsi tema dalam perencanaan kegiatan adalah...
a. menyatukan kegiatan
b. mengelompokkan kegiatan
c. menggabungkan kegiatan
d. menjembatani kegiatan
e. mewadahi kegiatan
KUNCI JAWABAN :
15. Perhatikan pernyataan berikut !
1) membangun etos kerja guru dengan tepat
2) memilih media pembelajaran yang sesuai
3) menggunakan ceramah yang tegas
4) menggunakan bahasa yang tepat
5) membangun iklim komunikasi dengan peserta didik
6) memberi tugas-tugas kelompok
7) mengembang keberagaman
Strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik
dapat dilakukan dengan cara...
a. 4, 5, 6, 7
b. 1, 2, 3, 4
c. 2, 3, 5, 6
d. 3, 4, 5, 6
d. 1, 4, 5, 7
KUNCI JAWABAN :
16. Anak usia dini belum memahami urutan waktu secara
baik karena fokus mereka adalah hari ini dan sekarang, namun mereka dapat
mempelajarinya melalui jadwal harian mereka, apa yang telah mereka lakukan
kemarin, hari ini dan besok hari.
cakupan studi sosial ini tentang...
a. orang-orang dan lingkungan
b. orang-orang dan masa lalu
c. orang, tempat dan waktu
d. tempat dan lingkungannya
e. Orang-orang dan bagaimana mereka hidup
KUNCI JAWABAN :
17. Kepala sekolah PAUD Andika memberikan pengarahan dan
pembinaan kepada guru tentang pembuatan alat pengumpul data bagi hasil anak
yang salah satunya berbentuk lembar kerja anak.
Dalam membuat lembar kerja anak guru harus mengacu pada
beberapa aspek berikut kecuali....
a. tema atau subtema
b. alokasi waktu
c. indikator capaian pembelajaran
d. kegiatan pembelajaran yang buat guru
e. aspek pengembangan
KUNCI JAWABAN :
18. Pada laporan-laporan disampaikan 2 program yang
termasuk....
a. program pengembangan observasi dan portofolio
b. program pengembangan observasi dan kemampuan dasar
c. program pengembangan perilaku dan kemampuan dasar
d. program pengembangan perilaku dan portofolio
e. program pengembangan proses dan hasil belajar anak
KUNCI JAWABAN :
19. STEAM membelajarkan anak untuk belajar memecahkan
masalah didalam kelas guru menyiapkan berbagai kegiatan untuk anak salah
satunya yaitu guru membawa wadah yang berisi air lalu guru menyediakan sebuah
batu dan perahu yang terbuat dari kertas. selanjutnya guru mengajak anak
melihat benda mana yang mengapung dan tenggelam.
Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran berbasis STEAM
dalam konsep m
a. mathematics
b. technology
c. literasi
d. sains
e. arts
KUNCI JAWABAN :
20. Perhatikan pernyataan berikut!
- kemampuan untuk memprioritaskan merencanakan dan
mengelola hasil
- penggunaan alat dunia nyata yang efektif
- produk yang relevan dan berkualitas tinggi
Sebagai bagian dari keterampilan Engauge abad ke-2
pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari ....
a. effective communication
b. efficiency learning
c. high productivity
d. inventive thinking
e. digital age literacy
KUNCI JAWABAN :
21. Di dalam proses pembelajaran, para peserta didik
dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan atau hipotesis, mencoba-coba(trial and eror), mencari dan menemukan
keteraturan(Pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
hal ini merupakan penerapan teori belajar....
a. sibernetik
b. humanistik
c. kognitif
d. behavioristik
e. konstruktivistik
KUNCI JAWABAN :
22. Anak akan melakukan kegiatan bermain bersama dengan
teman-temannya di sekolah yang akan turut mempengaruhi Bagaimana perkembangannya.
sebagai contoh bermain dengan teman sebaya dengan relasi yang baik dapat
mengurangi tekanan pada anak, meningkatkan perkembangan secara kognitif, dan
lain sebagainya.
Menurut teori ekologi sistem lingkungan tersebut termasuk
dalam konteks...
a. kronosistem
b. ekosistem
c. mesosistem
d. mikrosistem
e. mesosystem
KUNCI JAWABAN :
23. Ketika guru A melakukan proses pembelajaran selalu
menggunakan media seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan atau
menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik
terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya sehingga
hasilnya sangat baik. pembelajaran dilakukan demikian karena
mempertimbangkan.... a. kultural peserta didik
b. minat peserta didik
c. gaya belajar peserta didik
d. gender peserta didik
e. etnik peserta didik
KUNCI JAWABAN :
24. Alam sekitar kita merupakan sumber belajar yang dapat
kita gunakan untuk mengenalkan konsep sains untuk anak usia dini,Salah satunya
yaitu tentang tanaman.
Berikut adalah beberapa konsep yang dapat dikenalkan
untuk anak usia dini kecuali...
a. cara dan proses pemeliharaan tanaman
b. proses perkembangbiakan tanaman dari berbagai hal
(misalnya biji, akar, batang)
c. jenis beragam tanaman seperti tanaman obat, tanaman
hias, dan tanaman liar
d. bagian-bagian tanah, akar, batang, daun dan bunga/buah
e. cara dan proses klasifikasi tanaman berdasarkan genus
dan spesies
KUNCI JAWABAN :
25. Pernyataan yang paling tepat berikut mengenai hal-hal
yang perlu diperhatikan oleh pendidik PAUD dalam membuat rancangan observasi
adalah...
a. menentukan sasaran dan teknik yang dipergunakan
b. menggambarkan pola pola observasi yang sistematis
c. menyusun langkah-langkah pembelajaran
d. menggambarkan prosedur penggunaan observasi
e. membuat data hasil observasi yang otentik dan tepat
KUNCI JAWABAN :
26. Di setiap kegiatan pembelajaran guru terus mengajak
anak untuk terlibat salah satunya adalah melibatkan minat anak dengan
kompetensi dasar yang perlu dicapai. penjelasan tersebut merupakan pengertian
dari kegiatan pembelajaran Engage.
Adapun ciri pembelajaran yang membuat anak Engage
adalah...
a. inovatif, energi, tekun,
b. kreatif, konsentrasi, energi, tekun
c. explore, tekun, inovatif, energi
d. energi, percaya diri, kreatif, konsentrasi
e. rasa ingin tahu, memecahkan masalah, tekun, Explore
KUNCI JAWABAN :
27. Kegiatan yang dapat dirancang guru dalam menilai
perkembangan atau ketertarikan anak untuk membaca yaitu....
a. guru meminta anak menggambar benda yang ada di dalam
kelas
b. guru mengajak anak berkeliling halaman sekolah
c. guru mengajak anak untuk membaca tulisan yang ada di
dalam kelas
d. guru menunjukkan kartu bergambar sesuai dengan tema
e. guru meminta anak menyanyikan lagu teman
KUNCI JAWABAN :
28. Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai
moral. penalaran moral nya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa larangan
dan hadiah... menurut teori moral dari kohlberg penalaran moral individu
tersebut berada pada tingkat....
a. pascaoperasional
b. prakonvensional
c. konvensional
d. pascakonvensional
e. praoperasional
KUNCI JAWABAN :
29. Penyampaian laporan hasil assessment membutuhkan data
sebagai bukti...
a. objektivitas
b. otentik
c. kontekstual
d. otoritas
e. observasi
KUNCI JAWABAN :
30. Anak dapat menjelaskan bagian tubuh luar, bagian
tubuh dalam dan panca indra. setelah anak mengenal bagian tubuh dilanjutkan
dengan mengenal cara merawat diri sendiri, seperti membersihkan diri dan
grooming. merupakan salah satu konsep pengembangan...
a. motorik
b. makhluk hidup
c. seni
d. konsep diri
e. manusia
KUNCI JAWABAN :
Demikianlah beberapa soal latihan dalam bentuk soal
tryout untuk jenjang PAUD. Apabila anda masih membutuhkan contoh soal tryout
lainnya yang lebih banyak maka silahkan anda kunjungi blog Pendidikan kherysuryawan.id
yang mana di dalam blog tersebut telah banyak sekali saya membagikannya untuk
semua jurusan dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi para calon ASN PPPK.
Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih