Soal & Jawaban Reviu Pedagogi Pembelajaran 5 "Dasar Komunikasi"
Kherysuryawan.id – Kunci jawaban reviu pembelajaran 5 tentang Dasar Komunikasi seri belajar mandiri calon guru asn pppk untuk persiapan dalam mengikuti seleksi P3K nantinya.
Sebagai seorang guru yang masih berstatus non PNS maka
pastinya anda akan sangat berharap untuk bisa diangkat menjadi seorang pegawai
negeri sipil tetap. Nah untuk bisa menjadi seorang PNS maka anda harus bisa
lulus dalam mengikuti seleksi CPNS.
Begitu juga dengan program ASN PPPK yang mana untuk guru
honorer yang ingin menjadi ASN PPPK maka harus bisa mengikuti seleksi
penerimaan PPPK serta tentunya harus bisa lulus dalam menjawab soal-soal yang
di sediakan pada saat seleksi serta nilai yang di peroleh pun harus melampaui
ambang batas yang telah di tentukan sebagai syarat kelulusan.
Untuk bisa memiliki banyak wawasan dan pengetahuan dalam
mempersiapkan diri menghadapi seleksi ASN PPPK ataupun seleksi lainnya maka
anda harus bisa berlatih dalam mengerjakan soal-soal latihan. Pada kesempatan
kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal latihan yang bisa anda
jadikan sebagai bahan referensi saat akan menghadapi seleksi ASN nantinya.
Adapun jenis soal yang akan saya bagikan pada kesempatan
kali ini ialah soal pedagogi yang juga sangat penting untuk di pelajari dalam
menghadapi seleksi ASN nantinya. Soal pedagogi yang akan saya bagikan disini
semuanya telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehigga akan memudahkan bapak
dan ibu guru yang ingin mempelajarinya lebih jelas.
Baiklah untuk mempersingkat waktu maka silahkan anda
lihat kumpulan beberapa soal pedagogi pembelajaran ke 4 “Dasar komunikasi” yang
telah di lengkapi dengan kunci jawabannya di bawah ini :
SOAL DAN PEMBAHASAN SOAL PEDAGOGI
PEMBELAJARAN 4 “DASAR KOMUNIKASI”
1. Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam
proses pembelajaran yaitu untuk ….
a. Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
b. Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
c. Mengetahui keinginan siswa
d. Memenuhi rasa ingin tahu siswa
KUNCI JAWABAN : b.
Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
2. Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi
yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara
teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai
komunikator dalam pembelajaran?
a. Kepercayaan dan daya tarik
b. Daya tarik dan kecerdasan
c. Emosi dan intelektual
d. Kepercayaan dan latar belakang budaya
KUNCI JAWABAN : a.
Kepercayaan dan daya tarik
3. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun
iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
a. Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
b. Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
c. Respect, emphaty, audible, seriousness, dan
preparedness
d. Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
KUNCI JAWABAN : b.
Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
4. Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa
yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak
jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan
komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....
a. gangguan fisik
b. gangguan mekanik
c. gangguan kepentingan
d. gangguan semantik
KUNCI JAWABAN : c.
gangguan kepentingan
5. Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan
komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini,
kecuali …
a. Mengumpulkan data
b. Mepresentasikan hasil diskusi
c. Mendiskusikan suatu masalah
d. Mencoba atau bereksperimen
KUNCI JAWABAN : d.
Mencoba atau bereksperimen
6. Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses
komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
a. Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok,
komunikasi massa
b. Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional,
komunikasi kelompok
c. Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
d. Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi
koersif
KUNCI JAWABAN : a.
Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
7. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses
pembelajaran di kelas yaitu …
a. Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok
yang presentasi hasil kerjanya bagus
b. Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang
ditujukan kepadanya
c. Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang
tidak dimengerti
d. Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa
tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
KUNCI JAWABAN : a.
Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil
kerjanya bagus
8. Secara sederhana komunikasi dikatakan
efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan
yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi
efektif adalah....
a. Action ----> perception -----> interpretation --------> understanding
b. Action --------> understanding
Perception -----> interpretation
c. Perception -----> interpretation
--------> understanding -------> action
d. Perception -----> interpretation
--------> action -------> understanding
KUNCI JAWABAN : c. Perception -----> interpretation -------->
understanding -------> action
9. Perhatikan kata (istilah) “likuid”
dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam
pembelajaran IPS. Istilah tersebut
memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami
suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan
ini biasa disebut ….
a. Hambatan semantik
b. Hambatan personal
c. Hambatan budaya
d. Hambatan lisan
KUNCI JAWABAN : a. Hambatan semantik
10. Pertanyaan yang bertujuan untuk
memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta
didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
a. pendahuluan
b. refleksi
c. penutup
d. kegiatan inti
KUNCI JAWABAN : a. pendahuluan
11. Seorang guru menyampaikan materi
pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti
oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah
…
a. Komunikasi media massa (mass media
communicatin)
b. Komunikasi langsung bermedia
(mediated direct communination)
c. Komunikasi langsung satu arah (one
way direct communication)
d. Komunikasi media internet (internet
media communication)
KUNCI JAWABAN : b. Komunikasi langsung bermedia (mediated direct
communination)
12. Dari pernyataan di bawah ini,
pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang
efektif?
a. Komunikasi dikatakan efektif apabila
terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan
yang disampaikan.
b. Komunikasi efektif dapat terjadi
apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan
dengan maksud untuk merubah tingkah laku.
c. Komunikasi dikatakan efektif apabila
pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap
dan dipahami oleh penerima
d. Komunikasi efektif adalah komunikasi
yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang
terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator
KUNCI JAWABAN : b. Komunikasi efektif dapat terjadi apabila
komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan
maksud untuk merubah tingkah laku.
13. Indikator keterampilan komunikasi
melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur
melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
a. Siswa melakukan praktikum percobaan
di kelompok
b. Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil
pengamatannya
c. Siswa bekerja sama mendiskusikan
temuan di lapangan
d. Siswa mengungkapkan data yang
diperoleh dari pengamatan
KUNCI JAWABAN : d. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari
pengamatan
14. Menyampaikan tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan
bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
a. Kegiatan inti pembelajaran
b. Kegiatan penutup
c. Kegiatan apersepsi
d. Kegiatan pendahuluan
KUNCI JAWABAN : d. Kegiatan pendahuluan
15. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
a. Kegiatan pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Evaluasi
d. Tujuan Pembelajaran
KUNCI JAWABAN : b.
Kegiatan Inti
16. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan
ini merupakan …
a. Bentuk komunikasi
b. Istilah komunikasi
c. Tujuan komunikasi
d. Prinsip komunikasi
KUNCI JAWABAN : d.
Prinsip komunikasi
17. Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non
verbal adalah …
a. Intonasi suara
b. Gerakan tubuh
c. Bahasa yang digunakan
d. Ekepresi wajah
KUNCI JAWABAN : c.
Bahasa yang digunakan
18. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan
bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah
yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
a. mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi
aktif dalam pembelajaran
b. mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok
pelajaran
c. merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak
(ekslplorasi)
d. mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara
individu
KUNCI JAWABAN : b.
mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
19. Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara
langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …
a. Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi
pada komunikan
b. Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang
akan dibicarakan
c. Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung
d. Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara
langsung pada saat komunikasi berlangsung
KUNCI JAWABAN : d.
Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat
komunikasi berlangsung
20. Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1)
menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2)
mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada
pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas
pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam
kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam
komunikasi.
a. Pespekstif
b. Prasangka
c. Tujuan
d. Persepsi
KUNCI JAWABAN : d.
Persepsi
UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGIK PPPK LAINNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA LIHAT DI BAWAH INI :
- Soal & Jawaban Pembelajaran 1 Seri Belajar PPPK "Teori Belajar" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 2 Seri Belajar PPPK "Karakter Peserta Didik" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 3 Seri Belajar PPPK "Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 4 Seri Belajar PPPK "Desain Pembelajaran" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 6 Seri Belajar PPPK "Konsep Penilaian" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 7 Seri Belajar PPPK "Pengembangan Potensi Peserta Didik" (DISINI)
Demikianlah beberapa contoh soal latihan pedagogi untuk kebutuhan seleksei PPPK dan PPG atau seleksi CPNS. Kiranya postingan ini bisa bermanfaat bagi para guru dan siapapun yang akan mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil nantinya.
Sekian dan Terimakasih