Soal dan Pembahasan Reviu Pedagogi "Karakter Peserta Didik"
Kherysuryawan.id – Kunci jawaban reviu pedagogi pembelajaran 2 tentang karakter peserta didik seri belajar mandiri calon guru asn pppk untuk persiapan menghadapi seleksi P3K atau seleksi PPG dan seleksi CPNS.
Sebagai seorang pendidik ataupun calon ASN maka sebelum
mengikuti seleksi terlebih dahulu harus bisa mempersiapkan diri dengan baik khususnya
dalam melatih kemampuan menjawab soal-soal latihan. Melalui postingan ini saya
akan membagikan contoh soal-soal latihan pedagogi pada materi karakter peserta
didik yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalal melakukan pembelajaran.
Semakin banyak berlatih maka akan semakin banyak pula
pemahaman dan ilmu pengetahuan yang akan di peroleh. Oleh sebab itu saya
membagikan contoh soal latihan pedagogi pembelajaran 2 : karakter peserta didik
ini untuk bisa membantu para calon peserta ASN PPPK atau calon PPG dan calon
ASN untuk bisa memahami soal seputar karakter peserta didik.
Selain contoh soal yang di tampilkan disini juga saya telah
menyiapkan kunci jawaban dan pembahasannya sehingga calon peserta seleksi dapat
dengan mudah belajar dan mencari jawaban dari soal yang di temui. Intinya bahwa
postingan ini hanya ingin membantu para guru dalam memahami soal-soal seputar
karakter peserta didik.
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan anda simak
soal dan kunci jawaban pedagogi pembelajaran 2 tentang karakter peserta didik
di bawah ini :
SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGI “KARAKTER
PESERTA DIDIK”
1. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
a. akibat perbuatan
b. Kontrak/imbal jasa
c. Hati nurani
d. Ketertiban sosial
e. Persetujuan orang lain
KUNCI JAWABAN : b. Kontrak/imbal jasa
2. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat
menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Menjiplak huruf
b. Mewarnai pola
c. Menendang bola
d. Meronce membuat kalung
e. Memasangpuzzle
KUNCI JAWABAN : c. Menendang bola
3. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar
berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami
materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran
tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a. Media benda nyata
b. Media cetak
c. Media poster
d. Media grafis
e. Media gambar
KUNCI JAWABAN : a. Media benda nyata
4. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu
menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio,
kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan
tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya,
sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a. Gender peserta didik
b. Gayabelajarpesertadidik
c. Minat peserta didik
d. Kultural peserta didik
e. Etnik peserta didik
KUNCI JAWABAN : c. Minat peserta didik
5. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu
bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah
menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama
aspek:?
a. Etnik
b. Status Sosial
c. Motivasi
d. Moral
e. Minat
KUNCI JAWABAN : a. Etnik
6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan
pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta
didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta
didik terutama: ?
a.Status social
b. Minat
c. Gender
d. Kultural
e. Etnik
KUNCI JAWABAN : d. Kultural
7. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran
dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin
mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya
sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak
Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
a. Kemampuan awalnya
b. Motivasi belajarnya
c. Perkembangan motoriknya
d. Perkembangan emosinya
e. Perkembangan sosialnya
KUNCI JAWABAN : a. Kemampuan awalnya
8. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan
peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan
guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
a. Etnik
b. Kultural
c. Motivasi
d. Sosial
e. Status social
KUNCI JAWABAN : c.
Motivasi
9. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses
pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang
kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya
menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit
memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini
sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
a. Etnik
b. Kultural
c. Status social
d. Motivasi
e. Minat
KUNCI JAWABAN : c.
Status social
10. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya
beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran
selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga
gaya belajar tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
b. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
c. Menggunakan modul dan powerpoint.
d. Menggunakan program audio dan modul.
e. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
KUNCI JAWABAN : b.
Menggunakan media audio, video, dan percobaan
UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGIK PPPK LAINNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA LIHAT DI BAWAH INI :
- Soal & Jawaban Pembelajaran 1 Seri Belajar PPPK "Teori Belajar" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 3 Seri Belajar PPPK "Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 4 Seri Belajar PPPK "Desain Pembelajaran" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 5 Seri Belajar PPPK "Dasar Komunikasi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 6 Seri Belajar PPPK "Konsep Penilaian" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 7 Seri Belajar PPPK "Pengembangan Potensi Peserta Didik" (DISINI)
Demikianlah contoh soal-soal pedagogi pembelajaran 2
tentang “karakter Peserta didik” yang di setiap soalnya telah di lengkapi
dengan kunci jawabannya. Semoga postingan ini bisa membantu para guru yang akan
mengikuti seleksi PPPK atau seleksi PPG atau pun seleksi CPNS sehingga dengan
banyak berlatih maka akan memiliki pula banyak pengetahuan yang lebih luas.
Sekian dan Terimakasih