Soal dan Jawaban Reviu Pedagogi Pembelajaran 7 Seri PPPK
Kherysuryawan.id – Kunci jawaban soal Reviu pedagogi pembelajaran ke 7 “Pengembangan Potensi Peserta Didik” seri belajar mandiri calon guru asn pppk.
Salam sejahtera buat kita semuanya, semoga anda yang
sedang membaca postingan ini senantiasa bisa mendapatkan manfaatnya. Sebagai informasi
bahwa pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi beberapa contoh soal latihan
yang bisa anda jadikan sebagai bahan referesi dalam mempersiapkan diri nantinya
ketika akan mengikuti seleksi ASN PPPK atau seleksi lainnya.
Pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak
membagikan beberapa contoh soal pedagogi mulai dari pedagogi pembembelajaran 1 hingga
pedagogi pembelajaran 6 dan pada postingan ini saya akan kembali membagikan
contoh soal pedagogi pembelajaran ke 7 yaitu dengan tema materi Pengembangan
Potensi Peserta Didik.
Jika pada soal pedagogi sebelumnya saya telah membagikan
soal lengkap dengan kunci jawabannya maka kali ini pun saya akan kembali
membagikan soal pedagogi tentang Pengembangan Potensi Peserta Didik yang mana
di setiap soal juga telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Tujuan saya
menyampaikan dan memberikan postingan ini ialah semata-mata hanya untuk
membantu para calon peserta seleksi ASN untuk bisa mendapatkan contoh soal
latihan yang bisa memudahkan dalam mempelajarinya.
Semoga dengan adanya beberapa contoh soal yang telah
dilengkapi dengan kunci jawaban ini maka dapat memudahkan para guru ataupun
para calon seleksi ASN untuk mendapatkan informasi soal-soal latihan sebagai
bahan persiapan dalam menghadapi seleksi ASN nantinya. Meskipun mungkin soal
ini tidak sama persisi dengan soal yang akan muncul nantinya ketika anda akan
melakukan seleksi namun setidaknya anda sudah memahami tentang beberapa contoh
soal pedagogi.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan contoh soal pedagogi
pada pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik lengkap dengan kunci
jawabannya maka silahkan anda simak uraiannya di bawah ini :
SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGI PEMBELAJARAN 7 “PENGEMBANGAN
POTENSI PESERTA DIDIK”
1. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan
belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis
lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara
ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad
tersebut merupakan langkah...
a. identifikasi masalah
b. memperkirakan penyebab
c. identifikasi kasus
d. memperkirakan tindakan
KUNCI JAWABAN : a.
identifikasi masalah
2. Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan
mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang
dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip
perkembangan, yaitu...
a. pola perkembangan memiliki keragaman
b. variasi dari tempo dan irama perkembangan
c. perkembangan bersifat maju berkelanjutan
d. perkembangan berproses secara bertahap
KUNCI JAWABAN : a.
pola perkembangan memiliki keragaman
3. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir
kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong
ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas
siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong
ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan
berpikir...
a. konvergen
b. divergen
c. logis
d. vertical
KUNCI JAWABAN : b.
divergen
4. Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu
teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut
menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...
a. Moral
b. Emosi
c. Sosial
d. Diri
KUNCI JAWABAN : c.
Sosial
5. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal
bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan
keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan
keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan.
Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...
a. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang
fleksibel sesuai kebutuhan
b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor
sebaya saat pembelajaran
c. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk
potensi keterampilan
d. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk
menyelesaikan target pembelajaran
KUNCI JAWABAN : c.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
6. Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka
menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang
mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan
kecenderungan memiliki...
a. keterampilan sosial yang rendah
b. keterampilan sosialisasi yang rendah
c. kemampuan menghargai diri yang rendah
d. kemampuan berkomunikasi yang rendah
KUNCI JAWABAN : a.
keterampilan sosial yang rendah
7. Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan
prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat
menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila
mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap
belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan
pada...
a. bakat siswa yang rendah
b. minat belajar yang kurang baik
c. tingkat kecerdasan yang rendah
d. motivasi belajar yang kurang baik
KUNCI JAWABAN : c.
tingkat kecerdasan yang rendah
8. Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan
yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila
akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang
pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya
kreativitas anak adalah...
a. fleksibel dan permisif
b. demokratis dan sesuai bakat
c. fleksibel dan sesuai bakat
d. demokratis dan permisif
KUNCI JAWABAN : d.
demokratis dan permisif
9. Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas
KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung
oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk
mengembangkan bakat Musa?
a. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu
teman-temannya yang kesulitan belajar
b. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih
keterampilan belajarnya
c. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi
kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
d. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi
kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
KUNCI JAWABAN : c. memfasilitasi
peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
10. Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah
KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental
intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan
termasuk anak yang...
a. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya
negatif
b. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat
kecerdasannya
c. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
d. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
KUNCI JAWABAN : d.
Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
11. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan,
kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman
individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan
bagi guru dalam...
a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan
keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan
keragaman pengetahuan peserta didik
c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan
keragaman prestasi belajar peserta didik
d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan
keragaman kematangan peserta didik
KUNCI JAWABAN : a.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan
peserta didik
12. Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah
tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes
prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk
mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...
a. faktor penyebab kesulitan belajar anak
b. jenis kesulitan belajar yang dialami anak
c. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
KUNCI JAWABAN : c.
letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
13. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya
prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi
pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...
a. keragaman dalam irama perkembangan
b. variasi dalam tempo perkembangan
c. perkembangan berlangsung secara bertahap
d. awalnya differensiasi akhirnya integrasi
KUNCI JAWABAN : c.
perkembangan berlangsung secara bertahap
14. Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena
memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan
suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga
status hubungan sosial Dicky termasuk...
a. anak yang ditolak
b. anak yang diabaikan
c. anak yang kontroversial
d. anak yang diterima
KUNCI JAWABAN : a.
anak yang ditolak
UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGIK PPPK LAINNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA LIHAT DI BAWAH INI :
- Soal & Jawaban Pembelajaran 1 Seri Belajar PPPK "Teori Belajar" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 2 Seri Belajar PPPK "Karakter Peserta Didik" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 3 Seri Belajar PPPK "Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 4 Seri Belajar PPPK "Desain Pembelajaran" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 5 Seri Belajar PPPK "Dasar Komunikasi" (DISINI)
- Soal & Jawaban Pembelajaran 6 Seri Belajar PPPK "Konsep Penilaian" (DISINI)
Demikianlah beberapa soal latihan pedagogi pada
pembelajaran ke 7 dengan tema pengembangan potensi peserta didik. Semoga beberapa
soal latihan diatas senantiasa bisa membantu para calon seleksi ASN yang akan
mengikuti seleksi nantinya sehingga bisa memiliki referensi dalam melakukan
pembelajaran sehingga bisa mendapatkan tambahan pengetahuan.
Sekian dan Semoga Bermanfaat !