Contoh Soal AKM SMP & Pembahasannya
Kherysuryawan.id - Contoh Soal AKM SMP lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya yang bisa menjadi sebuah pembelajaran baik bagi guru maupun bagi peserta didik.
Seperti kita ketahui bahwa nantinya mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA akan dilakukan evaluasi atau pemetaan mutu pendidikan dengan cara melakukan asesmen nasional. Asesmen nasional di lakukan dengan tujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah yaitu mengembangkan kompetensi dan karakter peserta didik.
Asesmen nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antarbagian dalam sistem pendidikan. Dengan dilakukannya asesmen nasional maka diharapkan dapat mendorong sekolah dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.
Asesmen nasional tidak menggantikan peran ujian nasional dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual. Namun asesmen nasional menggantikan peran ujian nasional sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. nantinya laporan hasil asesmen nasional akan dirancang untuk menjadi cermin atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan dinas pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.
Bagi satuan pendidikan yang dalam hal ini guru dan juga peserta didik yang akan mengikuti ajang asesmen nasional nantinya maka anda pastinya membutuhkan sebuah referensi soal soal AKM yang bisa menjadi panduan dan pengetahuan awal dalam menghadapi asesmen nasional nantinya.
Melalui postingan ini saya akan membagikan beberapa contoh soal AKM Literasi untuk jenjang SMP yang semoga saja bisa membantu para peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi asesmen nasional nantinya,
Baiklah berikut ini beberapa contoh soal latihan asesmen nasional yang di setiap soalnya sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya, Silahkan anda pelajari dan semoga anda bisa mendapatkan manfaatnya.
1. Bacalah cerpen berikut ini untuk menjawab soal yang disajikan !
- mereka ingin menyaksikan matahari terbit dari puncak gunung
- mereka berniat bermalam di puncak gunung batur
- mereka menghindari terik matahari yang dapat menguras tenaga
- mereka hendak menyusul rombongan lain yang telah lebih dahulu mendaki
- mereka ingin menikmati suasanahening dan nyanyian binatang malam
- mereka ingin menyaksikan matahari terbit dari puncak gunung
- mereka menghindari terik matahari yang dapat menguras tenaga
- mengarungi laut saat cuaca ekstrem
- berebut ikan dengan nelayan lain saat melaut
- kurang memadainya peralatan untuk menangkap ikan
- menderita kelainan kulit akibat terpapar sinar matahari
- kehabisan bahan bakar karena menggunakan perahu mesin
- mengarungi laut saat cuaca ekstrem
- menderita kelainan kulit akibat terpapar sinar matahari
- kehabisan bahan bakar karena menggunakan perahu mesin
- Abdurrahman Wahid ingin memperkuat kabinet yang dipimpinnya
- Abdurrahman Wahid ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
- Abdurrahman Wahid berupaya menjaga persatuan dalam kehidupan berbangsa
- Abdurrahman Wahid berupaya mengurangi jumlah kasus kekerasan diindonesia
- Abdurrahman Wahid berupaya menjaga persatuan dalam kehidupan berbangsa
- IL, karena selama menjabat sebagai presiden keempat indonesia Abdurrahman Wahid senantiasa menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara-cara akomodatif. salah satunya yaitu dengan berdialog atau bermusyawarah.
- IIM, karena pada masa pemerintahannya, Abdurrahman Wahid senantiasa menegakkan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bukti penegakan keadilan ditunjukkan Abdurrahman Wahid dengan mengembalikan hak-hak umat beragama konghucu melalui keppres nomor 6 tahun 2000, peraturan tersebut berisi pemberian izin kembali orang-orang tionghua untuk memperaktekkan kebudayaan, agama, dan adat istiadat secara terbuka.
- IIIK, karena Bhineka tunggal ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan tersebut mengandung makna bahwa masyarakat indonesia hendaknya senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan ditengah perbedaan latar belakang sosial budaya. Wujud pengembangan semangat bhineka tunggal ika antara lain : menghargai budaya daerah lain dan saling menghormati antar budaya daerah sikap tersebut dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat.
- IVO, karena berbagai kebijakan di terapkan Abdurrahman Wahid selama menjabat sebagai presiden indonesia demi menegakkan keadilan. Sikap adil pada masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid di tunjukkan dengan memperlakukan setiap umat beragama dengan adil. Setiap umat beragama memiliki kesempatan yang sama untuk melakssanakan ibadah sesuai agama yang di anut termasuk umat konghucu.
- Pernyataan pertama Setuju, karena salah satu kebijakan yang di tetapkan oleh presiden Abdurrahman Wahid pada masa kepemimpinannya yaitu mengembalikan hak-hak umat beragama konghucu yang mengalami diskriminasi dengan dikeluarkannya Keppres nomor 6 tahun 2000.
- Pernyataaan kedua Setuju, karena pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid setiap umat beragama memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan ibadah, termasuk umat beraga konghucu.
- Pernyataan ketiga tidak setuju, karena presiden Abdurrahman Wahid menyelesaikan setiap permasalahan dengan mengutamakan cara-cara akomodatif bukan menggunakan kekerasan militer. salah satu cara akomodatif yang digunakan yaitu dengan berdialog dengan pihak-pihak yang terlibat konflik.
- Pernyataan keempat tidak setuju, karena Abdurrahman Wahid di kenal sebagai sosok presiden yang membela keadilan bagi kaum minoritas. Sebagai contoh etnik tionghoa sebagai kelompok minoritas mendapatkan perlakukan diskriminatif. oleh karena itu pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid beliau menghapus bentuk diskriminasi tersebut dengan mengeluarkan Keppres nomor 6 tahun 2000.