Cara Memperoleh Bantuan PIP Dari Sekolah
Kherysuryawan.id – langkah -langkah yang harus di lakukan agar siswa atau peserta didik bisa mendapatkan bantuan siswa miskin dari program Indonesia pintar (PIP) dari sekolah baik di sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, maupun sekolah SMA/SMK.
Sebagai seorang siswa apalagi siswa yang berasal dari keluarga
yang kurang mampu tentunya sangat mengharapakan sekali bantuan dari sekolah
untuk bisa mendapatkan bantuan Pendidikan.
Seperti kita ketahui saat ini bahwa pemerintah telah
banyak sekali menggelontorkan dana bentuan Pendidikan yang di peruntukkan bagi
siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, siswa yang berada di daerah
konflik bencana, siswa yang sudah tidak memiliki orang tua serta siswa yang
memiliki kartu Indonesia pintar, kartu keluarga sejahtera dan kartu lainnya
yang bisa di jadikan dasar untuk pemberian bantuan.
Perlu di pahami bahwa bantuan program Indonesia pintar
(PIP) merupakan bantuan yang dasarnya ialah untuk memberikan bantuan Pendidikan
dalam Bantuk uang tinai kepada setiap peserta didik yang memiliki kartu Indonesia
pintar (KIP). Perlu di ketahui pula bahwa meskipun siswa telah memiliki kartu Indonesia
pintar namun jika tidak menyerahkan atau mendaftarkannya kepada pihak sekolah makai
a tidak akan menerimakan bantuan PIP.
Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP bagi
siswa yang tidak memiliki kartu KIP???
Pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai
bagaimana cara agar siswa yang tidak memiliki kartu KIP masih tetap bisa
mendapatkan bantuan PIP. Untuk di ketahui bahwa jumlah nominal uang yang akan
di terima oleh calon penerima bantuan PIP ialah berbeda-beda di setiap jenjang Pendidikan.
intinya bahwa semakin tinggi jenjang Pendidikan maka akan semakin besar pula
jumlah bantuan yang akan di terima.
Saat ini bantuan Program Indonesia pintar (PIP) bukan hanya
bisa di nikmati oleh siswa yang ada di bangku sekolah SD, SMP, SMA dan SMK saja
melainkan mahasiswa yang sementara kuliah pun juga bisa mendatkan bantuan Pendidikan
tersebut, hanya saja dasar untuk pemberian bantuan PIP untuk mahasiswa yaitu
harus memiliki kartu Indonseia pintar (KIP) kuliah.
Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan
mengenai bagaimana sih agar siswa yang ada di bangku sekolah baik di sekolah
SD, SMP, SMA dan SMK bisa dengan mudah mendapatkan bantuan PIP dari sekolahnya
masing-masing.
Meskipun Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) asalnya
dari pemersinta pusat, tapi perlu di ketahui bahwa untuk bisa mendapatkan
bantuan PIP tersebut maka siswa harus terdaftar di sekolah dan juga harus
diusulkan oleh pihak sekolah sebagai penerima bantuan PIP. Meskipun siswa telah
memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun jika tidak diusulkan oleh sekolah
maka tetap saja siswa tersebut tidak akan mendapatkan bantuan PIP.
Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan agar
siswa di sekolah bisa mendapatkan bantuan Bantuan Program Indonesia Pintar
(PIP) dari sekolah masing-masing tempat siswa tersebut bersekolah :
1. Pastikan bahwa
siswa aktif di sekolah
2. Siswa memiliki
kartu Indonesia pintar (KIP)
3. Jika siswa
tidak memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) maka harus membuat Surat pernyataan
tidak mampu dari kepala desa, atau dari lurah atau dari kecamatan atau dari
pemerintah daerah setempat dan menyerahkannya kepada pihak sekolah
4. Bisa juga
membuat atau meminta surat keterangan dari dinas Pendidikan setempat bahwa
siswa yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan bantuan PIP
5. Mengisi data
individu siswa dan data penunjang lainnya dengan lengkap di aplikasi dapodik
sekolah
6. Mendaftarkan
identitas (nama dan nomor )kartu Indonesia pintar (KIP), atau kartu KKS, kartu
KPS siswa pada aplikasi dapodik sekolah
7. Mengusulkan
nama siswa sebagai penerima bantuan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di
dalam aplikasi dapodik
8. Selalu berkoordinasi
kepada pihak sekolah apabila ada data yang perlu di lengkapi sehubungan dengan
pemberian atau pengusulan siswa yang akan menerimakan Bantuan Program Indonesia
Pintar (PIP).
Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar siswa
dapat menerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari sekolah. Pihak sekolah
merupakan salah satu inti penentu agar siswa dapat memperoleh Bantuan Program Indonesia
Pintar (PIP).
Apabila nama siswa telah keluar sebagai penerima Bantuan
Program Indonesia Pintar (PIP) maka siswa yang bersangkutan bisa melakukan
pencairan secara mandiri ataupun bisa juga melakukan pencairan secara kolektif
oleh pihal sekolah apabila situasi tidak memungkinkan bagi siswa untuk
melakukan proses pencairan secara mandiri.
Adapun jenis pencairan Bantuan Program Indonesia Pintar
(PIP) dilakukan secara bertahap dan hanya bisa di cek oleh pihak sekolah
ataupun oleh pihak dinas Pendidikan setempat untuk mengetahui jadwal atau SK
penerima bantuan PIP. Siswa penerima PIP juga bisa melakukan pengecekan secara
mandiri tentang info penerimaan bantuan PIP melalui laman sipintar yang dapat
diakses secara online dan tentunya dengan mempersiapkan data yang digunakan
sebagai dasar untuk mengecek bantuan PIP.
Demikianlah informasi ini, semoga anda yang sedang
mencari informasi tentang bagaimana agar siswa bisa mendapatkan bantuan PIP di
sekolah bisa mendapatkan manfaatnya.