Contoh Membuat Deskripsi Laporan Belajar Dari Rumah
Kherysuryawan.id – contoh Format laporan
belajar online dari rumah oleh guru mata pelajaran atau guru kelas.
Di masa pendemi seperti sekarang ini hampir seluruh
sekolah yang ada di wilayah Indonesia terkena dampaknya sehingga menyebabkan
banyak sekolah yang di tutup untuk sementara waktu dan proses belajar mengajar
di alihkan menjadi belajar dari rumah masing-masing.
Sebagai seorang guru pastinya belajar dan mengajar dari
rumah akan terasa kurang efektif, namun mau tak mau hal tersebut harus
dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di lingkungan dunia
Pendidikan. Sebagai seorang guru kita tidak hanya di tuntut untuk mengajar saja
melainkan juga kita harus bisa menyiapkan seluruh administrasi Pendidikan dengan
baik.
Dalam melakukan proses mengajar dari rumah baik dengan
menggunakan metode belajar daring ataupun luring maka guru juga harus bisa
menyiapkan bukti fisik sebagai dokumen laporan dalam melakukan kegiatan belajar
dari rumah. Dalam melakukan proses belajar mengajar dari rumah ada yang
menggunakan pembelajaran secara daring dan juga pembelajaran secara luring.
Bagi sekolah yang mendukung akses jaringan yang baik
serta apabila mayoritas siswa memiliki sarana perangkat mobile (HP android)
maka proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan system daring namun
jika mayoritas di tempat siswa tidak memiliki akses internet dan juga banyak
siswa yang tidak memiliki HP maka pembelajaran dapat dilakukan secara luring.
Dalam melakukan pembelajaran secara daring, ada begitu
banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh siswa dan guru dalam melaksanakan
pembelajaran daring diantaranya yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp(WA),
messenger, zoom, google formulir, google classroom dan yang lainnya. Sedangkan
jika melakukan pembelajaran secara luring maka guru dapat melakukan system mengajar
dengan mengunjungi rumah siswa dan membuat kelompok siswa yang bisa dijadikan
sebagai salah satu alternative agar siswa dapat memperoleh pembelajaran dan
tentunya dengan mentaati protocol kesehatan.
Meskipun memang secara nyata bahwa proses pembelajaran baik
secara daring maupun secara luring di anggap kurang efektif namun hal tersebut
dapat menjadi sebuah alternative bagi guru dan siswa untuk masih tetap
melakukan aktivitas belajar mengajar meskipun di masa pendemi seperti sekarang
ini.
Di setiap satuan Pendidikan baik sekolah jenjang SD, SMP,
SMA maupun SMK pastinya di setiap bulan atau triwulan maka guru akan dimintai
laporan pertanggung jawaban dalam melaksanakan tugas mengajar baik secara
daring maupun secara luring apalagi jika tiba saatnya guru akan melakukan pemberkasan
untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi maupun tunjangan tambahan penghasilan
bagi guru maka masing-masing guru harus membuat laporan pembelajaran yang
dilakukan dari rumah.
Di dalam laporan yang akan di buat maka terdapat sebuah
catatan penting yang biasa di sebut sebagai deskripsi dalam sebuah laporan. Begitu
juga ketika guru akan membuat laporan belajar dari rumah baik dengan
menggunakan metode belajar daring maupun luring maka guru harus mmebuat
deskripsi laporan yang menceritakan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran
yang selama ini dilakukan oleh setiap guru.
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh
deskripsi yang bisa anda gunakan untuk membantu guru dalam membuat deskripsi
laporan belajar dari rumah. Meskipun contoh deskripsi laporan belajar dari
rumah yang akan saya bagikan ini terbilang singkat namun tentunya bisa menjadi
referensi bagi para guru yang akan membuat deskripsi laporan pembelajaran dari
rumah.
Berikut ini contoh format deskripsi laporan belajar dari
rumah :
PENGANTAR
Saat ini di Indonesia sedang mengalami
dampak dari penyebaran virus corona yang juga dikenal dengan istilah covid 19 yang mengakibatkan banyak sekolah harus
melakukan proses belajar mengajar dari rumah.
Dengan mengikuti anjuran pemerintah dalam
hal ini Menteri Pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah maka pihak
sekolah melaksanakan proses pembelajaran secara daring.
pembelajaran daring yang dilakukan
sesuai dengan jadwal pembelajaran disekolah yaitu dari hari senin sampai sabtu
dimulai pada pukul 07.15 pagi sampai dengan pukul 13.00 dan jika bertepatan
dengan hari raya maka pembelajaran daring juga tidak dilaksanakan. Pembelajaran
daring yang dilaksanakan ini diharapkan
mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga
meskipun dirumah masing -masing mereka juga tetap belajar seperti biasanya.
DESKRIPSI LAPORAN
Untuk pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) pada
periode bulan …… s/d …. yang digunakan di Sekolah Kami adalah metode pembelajaran
daring.
Adapun sistem pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah
Kami yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang membantu guru dan siswa
dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam proses pembelajaran yaitu dengan
menggunakan aplikasi messenger.
Meskipun proses pembelajaran yang dilakukan dengan
metode daring ini dirasa masih kurang efektif namun mengingat dengan adanya
kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, maka mau tak mau kami harus
menyesuaikan kebutuhan siswa dalam memperoleh pembelajaran di sekolah Kami yakni
dengan menggunakan metode pembelajaran secara daring tersebut.
Adapun siswa yang ikut dalam kegiatan daring yaitu
secara keseluruhan terdiri atas :
Kelas 7 berjumlah 38 siswa, kelas 8 berjumlah 42 siswa
dan kelas 9 berjumlah 39 siswa. Sebagai bukti fisik kami selama melaksanakan
pembelajaran daring maka pada bagian bawah laporan ini kami telah melampirkan
dokumen pembelajaran secara daring.
HASIL PEMBELAJARAN DARING
Berikut adalah uraian kegiatan
pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru, siswa serta melibatkan orang
tua dari masing – masing siswa
Ø PERAN KEPALA SEKOLAH
Kepala sekolah memberikan arahan kepada
guru – guru untuk melaksanakan proses pembelajaran daring dan menghimbau agar menyertakan bukti
pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui dokumentasi hasil kegiatan belajar
, Selain itu kepala sekolah juga selalu memonitoring pelaksanaan daring yang
dilakukan oleh guru kepada peserta didik.
Ø KEGIATAN GURU
Guru memberikan arahan pembelajaran
daring melalui aplikasi messenger ,hal ini dilakukan agar siswa bisa tetap
mengikuti pembelajaran meskipun tidak memiliki kuota internet ,selain aplikasi
messenger guru juga memberikan panduan kepada siswa agar dapat mengakses ruang
guru sehingga siswa dapat melaksanakan pembelajaran secara mandiri melalui
aplikasi ruang guru dalam hal ini guru menyampaikan materi apa yang akan
dipelajari sehingga pada proses pembelajaran daring ini siswa juga dapat
belajar secara aktif,kreatif,mandiri dan inovatif
Guru memberikan tugas melalui aplikasi
messenger dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang
kurang dipahami.
Guru memantau hasil belajar siswa dari
hasil jawaban atas tugas yang diberikan serta memantau keaktifan siswa pada
proses pembelajaran melalui tanggapan siswa selama proses pembelajaran daring
berlangsung .
Ø KEGIATAN SISWA
Melaksanakan arahan guru saat proses
pembelajaan daring sedang berlangsung sehingga meskipun tetap berada dirumah
namun proses belajar siswa tetap terlaksana dengan baik ,sehingga siswa
mendapatkan nilai dan memahami pembelajaran yang dipelajari pada proses belajar
daring.
Ø PERAN ORANG TUA SISWA
Orang tua berperan untuk mengawasi
anaknya agar tetap berada dirumah dan mengikuti proses belajar daring selain
itu orang tua juga dapat memantau perkembangan belajar siswa karena belajar
dilaksanakan dirumah.
Kegiatan pembelajaran daring
membutuhkan kerja sama antara guru ,siswa dan juga orang tua siswa sehingga
proses pembelajaran dapat berhasil selain itu dengan belajar dirumah diharapkan
mampu memutus rantai penyebaran virus corona.
PERMASALAHAN DAN KENDALA
Selama proses pembelajaran daring berlangsung
masih ada kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa sehingga hasil yang
diperoleh kurang maksimal beberapa diantaranya adalah :
1.
Tidak
semua siswa memiliki hp android sehingga mereka tidak memiliki alat komunikasi
untuk melaksanakan pembelajaran daring.
2.
Terkadang
ada sebagian siswa yang tidak mengumpulkan hasil pekerjaannya dalam bentuk
jawaban dari setiap soal yang di berikan.
3.
Saat pembelajaran sedang berlangsung tiba-
tiba jaringan internet hilang hal ini
menyebabkan proses belajar menjadi terganggu apalagi bila pembelajaran saat itu
adalah sesi diskusi atau tanya jawab .
4.
Masih
ada orang tua siswa yang belum memahami proses belajar daring dan menganggap
siswa diliburkan sehingga tidak memantau perkembangan belajar siswa serta tidak
mengawasi siswa agar tetap berada dirumah
5.
Orang
tua siswa belum sepenuhnya memahami maksud dan tujuan dari pemerintah untuk
memindahkan proses belajar siswa kerumah masing – masing sehingga orang tua
memberikan tugas bagi anaknya pada saat anaknya sedang belajar dirumah dan hal
ini dapat menyebabkan proses belajar anak menjadi terganggu.
KESIMPULAN
Kegiatan pembelajaran daring diharapkan mampu
menggantikan pembelajaran tatap muka sehingga siswa tetap menguasai materi
pembelajaran meskipun tetap berada dirumah .namun pembelajaran daring ini
diharapkan dapat menjadi sarana belajar siswa dan bukan beban bagi siswa sehingga
peran guru untuk menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan sangat
dibutuhkan .
Demikianlah informasi mengenai contoh dalam membuat
deskripsi untuk laporan belajar dari rumah, semoga contoh tersebut bisa
membantu para guru yang sedang mencari bahan referensi untuk membuat laporan
belajar dari rumah.
Sekian semoga bermanfaat.