57 Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Kherysuryawan.id – Lembar Tanya Jawab AKM.
Informasi kali ini yang akan saya bagikan yaitu informasi
yang sangat penting bagi semua kalangan khususnya pada ruang lingkup Pendidikan
yang dalam hal ini guru sebagai pendidik, siswa dan juga orang tua atau wali
siswa.
Bagi anda yang belum mengenal apa itu asesmen kompetensi
minimum (AKM) maka tepat sudah anda mengunjungi postingan ini karena semua
pertanyaan seputar asesmen kompetensi minimum (AKM) akan dikupas secara lengkap
dan juga anda bisa mengetahui berbagai jenis pertanyaa lengkap dengan
jawabannya seputar masalah AKM.
Sesuai dengan judul diatas yaitu mengenai 57 tanya jawab
seputar AKM, maksudnya ialah ada 57 pertanyaan yang sudah dilengkapi dengan
jawaban mengenai persoalan seputar AKM, namun didalam postingan ini saya tidak
akan menampilkan semua pertanyaan dan jawaban tersebut melainkan anda bisa
melihat semua pertanyaan dan jawaban tersebut melalui buku tanya jawab yang
akan saya bagikan kepada anda semua.
Buku tanya jawab seputar AKM yang akan saya bagikan di
postingan ini yaitu buku yang saya ambil dari laman puspendik AKM yang mana di
dalam buku tanya jawab tersebut telah berisikan 57 pertanyaan lengkap dengan
jawabannya. Jadi jika anda membaca buku tanya jawab tersebut maka saya yakin
keraguan anda tentang AKM dan ketidak tahuan anda mengenai apa itu asesmen
kompetensi minimum (AKM) pasti akan terjawab.
Buku tanya jawab seputar AKM ini di sajikan dalam bentuk
file sehingga anda bisa membukanya melalui perangkat mobile (HP) dan juga bisa
anda buka melalui perangkat computer (laptop). File buku tanya jawab ini di
tampilkan dalam bentuk file pdf dan anda akan sangat mudah untuk menggunakannya
serta anda bisa dengan mudah memahami persoalan tentang AKM itu sendiri.
Di dalam file buku tanya jawab seputar AKM nasional yang
akan saya bagikan ini, terdiri dari pertanyaan dan jawaban yang meliputi 4
kategori yaitu :
1. Tanya
jawab seputar “TUJUAN AKM” yang berisikan 11 pertanyaan lengkap dengan
jawabannya.
2. Tanya
jawab seputar “INSTRUMEN AKM” yang berisikan 15 pertanyaan lengkap dengan
jawabannya.
3. Tanya
jawab seputar “PELAKSANAAN AKM” yang berisikan 22 pertanyaan lengkap dengan
jawabannya.
4. Tanya
jawab seputar “TINDAK LANJUT AKM” yang berisikan 9 pertanyaan lengkap dengan
jawabannya.
Dari ke 4 kategori diatas jika di total maka ada 57
pertanyaan lengkap dengan jawabannya yang membahas tentang seputar asesmen
kompetensi minimum (AKM).
Bagi anda yang mungkin penasaran dengan apa isi dari
tanya jawab yang ada pada buku yang akan saya bagikan disini maka berikut ini
saya tampilkan beberapa jenis tanya jawab yang berasal dari buku tanya jawab
seputar AKM, dan berikut ini cuplikannya.
TANYA : Apa itu Asesmen Nasional?
JAWAB : Asesmen
Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan
program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan
dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan
karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan
yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga
instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan
Survei Lingkungan Belajar.
TANYA : Apakah Asesmen Nasional menentukan
kelulusan peserta didik?
JAWAB : Tidak,
Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada
murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak
digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil
Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara
individual. Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan
menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen
Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk
kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan.
TANYA : Apakah Asesmen Nasional menggantikan UN?
JAWAB : Asesmen
Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil
belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN
sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.
Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan
potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran
di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi
“cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam
proses evaluasi diri dan perencanaan program.
TANYA : Mengapa Asesmen Nasional juga mengukur
karakter murid?
JAWAB : Asesmen
Nasional bertujuan tidak hanya memotret hasil belajar kognitif murid namun juga
memotret hasil belajar sosial emosional. Asesmen nasional diharapkan dapat
memotret sikap, nilai, keyakinan, serta perilaku yang dapat memprediksi
tindakan dan kinerja murid di berbagai konteks yang relevan. Hal ini penting
untuk menyampaikan pesan bahwa proses belajar-mengajar harus mengembangkan
potensi murid secara utuh baik kognitif maupun non kognitif.
TANYA : Apakah yang dimaksud dengan minimum pada
AKM?
JAWAB : Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi
matematika murid. Konten yang diukur pada literasi membaca dan numerasi adalah
konten yang bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang.
Tidak semua konten pada kurikulum diujikan, sehingga sifatnya minimum.
TANYA : Apakah instrumen Survei Lingkungan sama
untuk murid dan untuk guru?
JAWAB : Tidak.
Meskipun Survei Lingkungan Belajar menggali informasi mengenai kualitas proses
pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran, namun pertanyaan
akan disesuaikan dengan perspektif respondennya.
TANYA : Terdapat berbagai macam literasi, misalnya
membaca, sains, digital, dan keuangan. Apakah AKM meliputi semua literasi
tersebut?
JAWAB : Tidak. AKM
tahun 2021 hanya mencakup literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).
TANYA : Siapa saja yang mengikuti AKM?
JAWAB : Peserta
AKM adalah semua murid yang menjadi responden Asesmen Nasional. Guru maupun
kepala sekolah TIDAK mengerjakan AKM.
TANYA : Bolehkah SMP/MTs, SMA/MA, SMK yang jumlah
muridnya kurang dari 45 tidak ikut Asesmen Nasional?
JAWAB : Tidak.
Semua satuan pendidikan wajib mengikuti Asesmen Nasional. Jika jumlah murid
kurang dari 45, maka semua murid akan menjadi responden. Begitu pula dengan
satuan pendidikan di jenjang SD/MI, jika jumlah murid kurang dari 30, maka
semua murid akan menjadi responden.
TANYA : Apakah ada nilai/skor minimal dalam AKM?
JAWAB : Tidak. AKM
melaporkan persentase murid dalam setiap level kompetensi. Diharapkan semua
murid mencapai level kompetensi cakap atau mahir.
Itulah beberapa cuplikan hasil tanya jawab yang terdapat
pada file buku tanya jawab seputar asesmen kompetensi minimum (AKM) nasional.
Bagi anda yang membutuhkan file lengkap dari tanya jawab tersebut maka anda
bisa membacanya pada buku tanya jawab AKM nasional yang akan saya bagikan
melalui postingan ini.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan file buku tanya jawab
seputar AKM nasional yang berisikan 57 tanya jawab, maka silahkan anda miliki
file buku lengkapnya di bawah ini :
- File Buku Saku Tanya Jawab AKM (DISINI)
Demikianlah informasi ini saya buat dan saya bagikan,
semoga anda yang membacanya dapat memeperolah tambahan pengetahuan seputar AKM
nasional dan semoga anda yang mengunduh file buku lengkap tanya jawab yang
telah saya bagikan di atas, dapat memahaminya dengan baik.
Salam AKM, semoga sukses selalu.