√ Cara Mengganti Email dan Password PTK Yang Sudah di Verifikasi
Kherysuryawan.id - Cara untuk mengubah email akun operator dapodik dan email PTK bagi yang telah melakukan verifikasi akun.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa melakukan perubahan email dan juga perubahan password yang dimiliki oleh operator dapodik maupun oleh setiap PTK yang terdaftar di dalam aplikasi dapodik. Saat ini di aplikasi dapodik versi terbaru setiap PTK wajib harus telah melakukan verifikasi akun dapodiknya masing-masing.
Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh setiap PTK
yang telah berhasil melakukan verifikasi akun diantaranya ialah dapat mengakses
akun PTK melalui aplikasi dapodik, dapat melakukan pengecekan data sertifikasi
bagi guru sertifikasi di laman info GTK dan masih banyak yang lainnya. Oleh sebab
itu masing-masing PTK harus telah mendaftarkan email dan juga passwordnya pada
laman verifikasi akun PTK.
Untuk bisa melakukan verifikasi akun PTK maka hal pertama
yang harus dilakukan tentunya ialah melakukan pembaharuan email dan password di
laman sp.datadik yang dapat dilakukan oleh bantuan masing-masing operator
dapodik sekolah, namun jika email dan password terdahulu yang pernah di
daftarkan pada aplikasi dapodik tidak akan di rubah atau tidak pernah dirubah maka
hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan atau tidak perlu melakukan update akun
melainkan dapat langsung melakukan verifikasi akun PTK melalui laman
ptk.datadik
Adapun srayat penting yang harus di persiapkan oleh
masing-masing PTK yang akan melakukan verifikasi akun PTK ialah email aktif dan
juga password yang nantinya akan di gunakan untuk login kedalam aplikasi
dapodik jika akan melakukan perubahan data PTK. Perlu anda ketahui bahwa apabila
anda akan melakukan verifikasi akun maka aka nada kode verifikasi yang akan di
kirimkan oleh pihak dapodik kemendikbud sehingga kode tersebutlah yang naantinya
akan menjadi kunci keberhasilan dalam langkah-langkah melakukan verifikasi
akun.
Banyak pertanyaan yang timbul tentang cara untuk bisa
melakukan perubahan email ataupun password PTK di aplikasi dapodik, dan
pertanyaan tersebut memang sangatlah penting untuk bisa di ketahui sebab
sewaktu-waktu apabila ada PTK yang mungkin lupa dengan email yang telah
digunakan atau lupa dengan password yang telah digunakan maka tentunya akan
melakukan pergantian email ataupun password.
Bagi PTK yang belum melakukan verifikasi akun di laman
ptk.datadik maka cara untuk melakukan perubahan email dan password sangatlah
mudah untuk dilakukan yaitu cukup meminta bantuan operator dapodik sekolah agar
dapat melakukan edit atau perubahan data email dan password dilaman sp.datadik,
namun berbeda halnya apabila anda telah berhasil melakukan verifikasi akun
kemudian anda ingin melakukan perubahan data email dan password maka hal itu
tidak bisa secara langsung di rubah melalui laman sp.datadik
Lantas bagaimana cara untuk bisa merubah email dan
password PTK yang terlanjur telah melakukan verifikasi akun ????
Baiklah pada postingan kali ini saya akan memberikan
penjelasan singkat mengenai cara untuk bisa merubah email dan juga password PTK
yang telah terlanjur di verifikasi.
Sebenarnya pada website lainnya yang ada di google jika
anda melakukan pencarian mengenai cara mengganti email PTK yang sudah di
verifikasi maka anda akan menemukan beberapa langkah-langkah yang salah dalam
prakteknya jika anda lakukan. Sebagai contoh banyak web atau blog yang
memberikan informasi salah bahwa untuk melakukan perubahan email pada akun yang
telah di verifikasi maka dapat melakukan cara berikut :
1. Anda di
suruh membuka aplikasi dapodik
2. Anda di
suruh klik menu “pengaturan” lalu mengklik “menjeman pengguna”
3. Setelah itu
anda disuruh memasukkan kode registrasi dapodik
4. Kemudian anda
di suruh memilih pilihan sebagai “GTK”
5. Dan melakukan
perubahan email.
Dapat saya pastikan bahwa cara-cara di atas bukanlah
sebuah solusi yang tepat bagi anda untuk melakukan perubahan email jika akun
anda telah di verifikasi sebab jika anda melakukan cara-cara di atas maka
tentunya cara tersebut tidak akan berhasil !!! ingat yah TIDAK AKAN BERHASIL
Lantas cara yang benar dan tepat bagaimana ????
Oke, untuk mengetahui cara yang tepat maka jalan
satu-satunya ialah anda harus melakukan reset akun yang mana anda harus
melaporkan kepada operator dinas dan nantinya operator dinas akan melakukan
reset akun yang akan anda ubah email maupun passwordnya. Apabila operator dinas
telah melakukan reset akun anda maka anda baru bisa melakukan perubahan emai
dan password dengan catatan akun anda yang sebelumnya telah terverifikasi maka
sudah tidak terverifikasi lagi sehingga anda harus memulai ulang untuk
melakukan proses verifikasi akun dan disitulah letak anda untuk bisa melakukan
perbaikan atau pergantian email dan password.
Bagi anda yang juga ingin melakukan perubahan email dan password pada akun operator dapodik yang terlanjur telah di verifikasi sebelumnya maka untuk bisa melakukan perubahan atau pergantian email tersebut maka cara di atas juga berlaku artinya bahwa anda harus meminta pada pihak operator dinas kabupaten atau dinas provinsi untuk melakukan reset akun operator agar nantinya anda bisa mengganti email operator. dan perlu di ketahui juga bahwasannya untuk penggunaan email maka usahakan bahwa antara email operator dapodik dengan email PTK tidak ada yang sama.
Oke, semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda PTK maupun operator dapodik sekolah yang mengalami kasus tidak bisa melakukan perubahan email pada akun yang telah terverifikasi. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu anda yang mengalami kasus seperti ini. Sekian dan Terimakasih, salam Dapodik.