√ Cara Login dan Validasi Data PIP SD Tahun 2022
Langkah-langkah untuk melakukan login
kedalam aplikasi PIP SD dan melakukan validasi kelayakan calon penerima bantuan
PIP SD.
Pengunjung setia blog kherysuryawan.id pada kesempatan
kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mudah untuk
bisa masuk kedalam aplikasi PIP SD serta bisa melakukan proses validasi data
peserta didik penerima PIP jenjang SD.
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai proses login
dan validasi data peserta penerima PIP SD, maka saya akan memberikan informasi
mengenai aturan yang dapat di pahami bagi calon penerima PIP jenjang Sekolah
dasar. PIP merupakan singkatan dari program Indonesia pintar yang mana program
ini di peruntukkan untuk para peserta didik yang berasal dari keluarga kurang
mampu serta memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).
Sebenarnya program Indonesia pintar sudah berlangsung
sejak lama dan hingga hari ini masih terus berlanjut bahkan calon penerima
bantuan PIP pun setiap tahunnya terus meningkat.
Bagi anda yang mungkin saat ini tergolong sebagai calon
penerima bantuan dana PIP maka anda termasuk orang-orang yang beruntung, sebab
di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya sangat memprihatinkan namun
hingga saat ini belum tersentuh oleh yang namanya bantuan PIP karena mereka
tidak terdaftar sebagai penerima katru Indonesia pintar.
Bagi peserta didik yang saat ini belum memiliki kartu KIP
namun memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka janganlah
berkecil hati sebab anda masih tetap bisa mendapatkan bantuan PIP dengan cara
mendaftarkan diri anda sebagai calon penerima PIP di satuan Pendidikan atau sekolah tempat anda bersekolah saat ini dengan
membawa surat keterangan tidak mampu dari kantor kecamatan ataupun dari
kelurahan/desa agar anda bisa di daftarkan sebagai calon penerima bantuan PIP melalui aplikasi dapodik sekolah.
Adapun sayarat-syarat yang harus di penuhi oleh calon
penerima bantuan PIP yang tidak memiliki kartu KIP yaitu tergolong keluarga
miskin, berada pada wilayah rawan konflik dan bencana, termasuk anak
yatim/piatu.
Tidak semua peserta didik yang pernah mendapatkan bantuan
PIP akan terus mendapatkannya meskipun ia telah memiliki kartu KIP. Ada beberapa
alasan yang dapat di jadikan dasar untuk memberhentikan peserta didik dalam
menerimakan bantuan PIP nya, diantaranya karena peserta didik telah dianggap
mampu orang tuanya dalam menyekolahkan anaknya, dan bisa juga karena peserta
didik sudah tidak lagi aktif bersekolah atau bisa juga di karenakan factor lain
yang menyebabkan peserta didik penerima PIP sudah tidak layak lagi untuk
menerimakan bantuan PIP.
Nah dari penjelasan diatas maka sebagai seorang operator
yang menangani masalah bantuan PIP di sekolah, dapat melakukan yang namanya proses
validasi data calon penerima PIP khususnya untuk jenjang SD. Adapun tujuan dari
validasi data PIP yaitu untuk memberikan kepastian apakah siswa penerima PIP
yang keluar Namanya sebagai calon penerima bantuan dana PIP masih di anngap
layak untuk menerimakan bantuan PIP tersebut ataukah sudah tidak layak lagi.
Untuk bisa melakukan proses validasi data peserta PIP
maka anda terlebih dahulu harus melakukan login kedalam aplikasi PIP SD.
Untuk lebih jelasnya maka berikut ini tahapan untuk bisa
melakukan login kedalam aplikasi PIP SD serta sekaligus melakukan validasi data
peserta PIP SD. Agar anda dapat mengetahuinya secara jelas maka silahkan anda
pahami penjelasan di bawah ini :
1. Silahkan anda
login kedalam aplikasi PIP SD melalui alamat berikut ini :
2.
Untuk bisa login maka Masukan
Username dan Password DAPODIK, kemudian pilih tipe login, yaitu sebagai “Operator
Sekolah”, dan masukkan nomor NPSN
sekolah, lalu klik “Log In”
3. Setelah berhasil
login, maka anda dapat melakukan pengecekan nama-nama penerima PIP sesuai yang
tertera pada SK penetapan penerima PIP.
4. Selanjutnya
untuk melakukan validasi penerima PIP maka silahkan anda klik menu “Validasi
Data”
5. Setelah itu
akan muncul nama-nama penerima PIP, dan disinilah anda bisa melakukan proses
validasi data penerima PIP. Apabila nama siswa yang muncul di SK penerima PIP
benar-benar di katakan layak untuk menerimakan bantuan PIP serta benar-benar
aktif di sekolah maka satatusnya cukup di biarkan saja, dengan status “LAYAK”
yang artinya siswa tersebut masih di anggap layak untuk menerimakan bantuan
PIP.
6. Apabila siswa
penerima PIP masuk dalam kategori telah mampu, telah meninggal dunia, putus
sekolah, sudah lulus/tamat, pindah sekolah, atau tidak di ketahui keberadaannya,
maka satatus validasi siswa tersebut dapat di ubah yang tadinya Layak menjadi “
UBAH MENJADI TIDAK”
Tujuan melakukan proses validasi data penerima PIP adalah
agar bantuan dana PIP yang telah di keluarkan tidak di salah gunakan oleh pihak-pihak
yang tidak bertanggung jawab.
Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk melakukan
login dan validasi data peserta didik penerima bantuan dana PIP jenjang SD,
kiranya melalui penjelasan tersebut dapat membantu erbagai pihak yang
membutuhkan informasi tersebut.
Sekian yang bisa saya informasikan, Terimakasih atas
kunjungan anda.