Cara Cek Pengiriman PMP Yang Benar (Sudah Terkirim atau Belum)
Kherysuryawan.id – cara cek syncronisasi pada aplikasi
PMP Tahun 2019/2020.
Pengisian kuesioner pada aplikasi PMP membutuhkan waktu
yang cukup lama sebab responden yang harus mengisi kuesioner tersebut bukan
hanya 1 orang saja melainkan terdiri dari beberapa responden yang di antaranya
adalah kepala sekolah sebanyak 1 orang, guru sebanyak 15 orang, dan komite
sebanyak 3 orang.
Dalam proses pengisian PMP hal yang paling di rasa sangat
melelahkan yaitu ketika kuesioner yang harus di isi memiliki jumlah pertanyaan
yang sangat banyak dan pilihan jawaban yang juga memiliki option yang banyak
sehingga mau tidak mau maka responden yang harus menjawab membutuhkan
ketelitian dalam membaca pertanyaan yang di ajukan pada kuesioner tersebut agar
tidak salah dalam memberikan jawaban.
Di tahun 2019 aplikasi PMP terdapat banyak masalah dan
bahkan mau tidak mau karena masih adanya kekurangan pada salah satu standar
penilaian maka aplikasi PMP akan kembali di perbaharui dan akan dilanjutkan proses
pengisiannya di tahun 2020. Salah satu orang yang paling merasakan lelahnya
dalam menangani aplikasi PMP di setiap satuan Pendidikan tentunya adalah
operator sekolah yang di tunjuk sebagai admin dalam menangani perkembangan PMP
di sekolah masing-masing.
Hal penting yang harus di ketahui oleh seornag operator
sekolah khususnya yang menangani masalah PMP yakni operator harus dapat
memastikan bahwa data pengisian pada aplikasi PMP yang telah dilakukan oleh
seluruh responden telah benar-benar terkirim dengan baik ke server pusat
sehingga seluruh data isian pada kuesioner PMP dapat tersincronisasi dengan
baik dan pada akhirnya jika sekolah telah mengirim isian data PMP maka sekolah
akan mendapatkan rapor mutu PMP.
Rapor mutu PMP akan di terbitkan di setiap tahun bagi
sekolah yang telah berhasil mengirimkan data pengisian kueioner PMP di sekolah
masing-masing. Bagi sekolah yang telah melakukan pengisian pada aplikasi PMP
namun belum melakukan pengiriman data PMP atau telah mengirim namun tidak terbaca
telah melakukan sincronisasi oleh server maka tidak akan memperoleh rapor PMP,
jadi oleh sebab itu pengiriman PMP harus benar-benar di pastikan berhasil agar
dapat memperoleh rapor mutu PMP.
Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan
pengecekan sekolah yang telah berhasil melakukan pengiriman data PMP dengan
baik dan benar maka pada postingan ini admin akan memberikan penjelasan tentang
bagaimana cara yang benar untuk mengecek data pengiriman aplikasi PMP telah berhasil.
Berikut ini langkah-langkah yang benar untuk mengetahui
apakah sekolah anda telah melakukan pengiriman data pengisian PMP ke system server
pusat.
1.
Silahkan anda buka alamat berikut : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2.
Pilih menu “Progres Data”
3.
Selanjutnya pilih tahun pendataan yang akan
di lihat hasil pengirimannya
4.
Pada menu Progres data PMP silahkan anda klik
“Progres Pengiriman”
5.
Kemudian silahkan pilih wilayah provinsi anda
6.
Pilih nama kabupaten anda
7.
Pilih nama kecamatan anda
8.
Selanjutnya pilih nama sekolah anda
9.
Cek pada tulisan “status Kirim”. jika sekolah
anda telah muncul tulisan “ SUDAH TERKIRIM” itu berarti sekolah anda telah
berhasil melakukan pengiriman data PMP ke server pusat, namun jika pada status
kirim untuk sekolah anda masih kosong maka itu artinya sekolah anda belum
melakukan pengiriman data PMP ke server pusat.
Sebagai bahan informasi tambahan bahwa sebaiknya ketika anda
melakukan proses pengiriman data PMP melalui tahapan syncronisasi hendaknya
dilakukan lebih dari 1 kali agar data PMP yang akan di kirim dapat benar-benar
terkirim ke server pusat dengan baik.
Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan
kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Salam Satu Data, Salam Sukses PMP.