49 Masalah Dan Solusi Dapodik Versi 2020
Kherysuryawan.id - TANYA JAWAB SEPUTAR DAPODIK VERSI 2020
................................................................................................................
Postingan kali ini akan membahas mengenai pekerjaan yang
ada hubungannya dengan operator dapodik sekolah. Bagi anda yang merasa memiliki
tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah dan sedang galau karena
benyaknya permasalahan yang sedang anda alami khususnya dalam mengerjakan
aplikasi dapodikdasmen versi terbaru yang saat ini di gunakan maka melalui
postingan ini anda dapat memiliki solusi dari masalah yang anda alami tersebut.
Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada tahun
pelajaran 2019/2020 aplikasi dapodik yang di gunakan oleh sekolah baik jenjang
SD,SMP,SMA maupun SMK yaitu menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Dengan rilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka
tentunya aka nada saja tantangan atau kesulitan yang akan di hadapi oleh setiap
operator dapodik sekolah dalam menjalankan dan melakukan pengisian di Aplikasi
Dapodikdasmen Versi 2020.
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 merupakan aplikasi
dapodik versi terbaru yang saat ini di gunakan dan melalui Aplikasi
Dapodikdasmen Versi 2020 ini terdapat beberapa perubahan serta pembaharuan yang
terjadi dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Meskipun demikian apabila kita telah terbiasa melakukan
penginputan pada aplikasi dapodik maka tentunya kita tidak akan kesulitan dalam
menjalankan aplikasi dapodik versi 2020 tersebut.
Bagi anda yang telah menginstal Aplikasi Dapodikdasmen
Versi 2020 namun belum memiliki alur atau penduan dalam mengerjakan aplikasi
dapodikdasmen versi 2020, maka pada kesempatan ini saya menganjurkan kepada
anda untuk bisa membaca secara baik panduan dari penggunaan aplikasi dapodik
versi 2020 sehingga ketika anda menghadai permasalahan seputar dapodik versi
2020 maka setidaknya anda dapat menemukan jawabannya pada buku panduan
penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut.
Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 terdapat beberapa
pembaharuan yang perlu anda ketahui agar ketika anda membuaka Aplikasi
Dapodikdasmen Versi 2020 maka anda dapat memahami apa-apa saja yang menjadi
pembeda antara aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan aplkasi dapodik versi
2020 saat ini.
Baiklah berikut ini saya tampilkan jenis – jenis pembaharuan
yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 :
1. [Pembaruan]
Perubahan metode perhitungan pada kondisi Ruang dan Bangunan
2. [Pembaruan]
Perubahan alur manajemen akses pengguna
3. [Pembaruan]
Perubahan metode sekuriti pada password
4. [Pembaruan]
Perubahan alur penginputan sanitasi
5. [Pembaruan]
Pemutahiran validasi pada saat sebelum sinkronisasi
6. [Pembaruan]
Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat jika sumber listrik memilih
Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah
7. [Pembaruan]
Penambahan atribut No KK pada peserta didik
8. [Pembaruan]
Penambahan atribut No KK dan NUKS pada GTK
9. [Pembaruan]
Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik peserta didik
10. [Pembaruan] Pemecahan formulir sarpras menjadi 3
bagian`
11. [Pembaruan] Penambahan sub menu Tanah dan Bangunan
12. [Pembaruan] Penambahan sub menu Ruang
13. [Pembaruan] Penambahan sub menu Alat, Angkutan dan
Buku
14. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga
pada Data Rinci Sekolah
15. [Pembaruan] Penambahan tampilan baris berwarna jingga
jika pada Menu Alat sarana tidak sesuai dengan Standar Sarpras yang berlaku
16. [Pembaruan] Penambahan pengisian NJOP setiap Tahun
Ajaran baru pada Menu Tanah
17. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilan grouping
berdasarkan jenis prasarana pada Menu Ruang dan Alat
18. [Pembaruan] Penambahan fitur Tampilkan dan
Sembunyikan pada Menu Ruang dan Menu Alat untuk mempermudah pengisian Operator
Sekolah
19. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu
GTK
20. [Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor dan
Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik
21. Integrasi hasil output PPDB untuk siswa baru ke dalam
database dapodik
22. Kelulusan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13
23. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan,
lembaga pengangkat di tabel PTK
24. Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data
KIP, KPS, PKH
25. Penambahan referensi mata pelajaran informatika dan
penentuan sekolah yang melaksanakan pelajaran tersebut
26. Penyesuaian Jumlah Jam Mengajar max pada struktur
Kurikulum SLB
27. Perubahan bisnis proses penambahan jurusan/
kompetensi keahlian oleh SMK
Dari beberapa pembaharuan yang terdapat pada Aplikasi
Dapodikdasmen Versi 2020 tersebut maka seringlah timbul pertanyaan-pertanyaan
yang berhubungan dengan adanya pembeharuan tersebut sehingga terkadang banyak
operator sekolah yang terkendala dengan proses pengerjaan aplikasi dapodik 2020.
Dalam setiap permasalahan khususnya masalah yang sering
terjadi dan sering di alami oleh operator dapodik sekolah khususnya yang
berhubungan dengan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 tentunya ada solusi dari
setiap permasalahan tersebut.
Pada postingan kali ini saya akan memberikan sekaligus
membagikan beberapa jenis pertanyaan dan solusi yang ada hubunggannya dengan
penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Beberapa pertanyaan dan solusi yang akan di jabarkan pada
postingan ini yang berhubungan dengan pertanyaan seputar Aplikasi Dapodikdasmen
Versi 2020 yaitu memiliki 49 jenis
pertanyaan beserta solusinya baik yang berhubungan dengan adanya pembaharuan
pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 maupun pertanyaan umum yang sering menjadi
permasalahan bagi setiap operator dapodik sekolah yang mengalami kendala dalam
mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Baiklah berikut ini 49 jenis pertanyaan/Permasalahan dan
solusinya yang berupa tanya jawab masalah dapodik versi 2020 :
[PEMBARUAN] PERUBAHAN METODE PERHITUNGAN PADA KONDISI
RUANG DAN BANGUNAN
1.Komponen kerusakan seperti apa yang melekat
pada bangunan dan ruangan?
Untuk dapat melihat kerusakan apa saja yang melekat pada
bangunan dan ruangan dapat dicek melalui tombol kondisi ruang. Terdapat
perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan
komponen tersebut
2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan
dan ruang ?
Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama
kali yang harus dimasukan adalah data tanah. Pastikan mengisikan data tanah
dengan lengkap beserta nomor sertifikat tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan banguan
apa saja yang berdiri
diatas tanah yang dibuatkan.
Setelah data banguan dibuat maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa
saja yang ada dalam bangunan tersebut.
[PEMBARUAN] PERUBAHAN ALUR MANAJEMEN AKSES PENGGUNA
3.
Bagaimana cara menambah/ mengubah password PTK
Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi
dapodik versi 2020. Akan diminta perubahan password untuk memastikan aktifasi
setiap akun yang terdaftar dengan peran pengguna operator sekolah.
Adapun manajemen pengguna
selanjutnya dapat dilakukan
melalui menu pengaturan pilih manajemen pengguna
[PEMBARUAN] PEMUTAHIRAN VALIDASI PADA SAAT SEBELUM
SINKRONISASI
4. Apa
pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?
Validasi papaun terkait dengan warna merah akan
mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya dapat
dilakukan jika semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid
bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun
pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.
5. Apa
pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?
Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup
menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid.
Pastikan data semua valid dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas serta
kebenaran datanya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT JARAK KE SUMBER LISTRIK
TERDEKAT JIKA SUMBER LISTRIK MEMILIH TIDAK ADA PADA TABULASI DATA PERIODIK
SEKOLAH
6.
Jika sekolah tidak memiliki listrik, apa yang harus diisi di kolom
sumber listrik?
Data rincian sekolah terkait dengan sumber listrik
menjadi kewajiban untuk diisi jika sekolah tidak memiliki sumber listrik
pastikan memilih “Tidak Ada”. untuk pilihan lainnya jika sumber listrik yang
tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT NO KK PADA PESERTA DIDIK
7.
Jika peserta didik belum memiliki KK, apa pengaruh nya di dapodik ?
Peserta didik yang
belum memiliki KK atau belum mengisikan
nomor KK ke dalam aplikasi
dapodik 2020 maka masih berstatus warning.
8.
Apakah wajib mengisi KK
Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk
melengkapi data isian peserta didik dengan selengkap-lengkapnya
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT LINGKAR KEPALA PADA DATA
PERIODIK PESERTA DIDIK
9. Apa
maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?
sebagai data untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan
memetakan permasalah/ isu stunting
10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar
kepala, apa dampak nya di dapodik ?
Dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di lakukan
validasi kelengkapan
[PEMBARUAN] PEMECAHAN FORMULIR SARPRAS MENJADI 3 BAGIAN
11. Apa saja pemisahan data di prasarana?
Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan
memiliki induknya seperti pada saat akan membuat Bangunan maka sekolah
diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan
ruang sekolah diharuskan
membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan
dokumen kepemilikan tanah, jika sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunya
2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record).
12. Apa saja pemisahan data di tabel sarana ?
Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan
versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap
keberadaan alat pada ruang.
13. Isian record tanah berdasarkan apa ?
Status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah
memiliki sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah
mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.
14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah
sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk
memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.
15. Ada data dummy bangunan dengan nama
bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud adalah
untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.
16. Bagaimana cara memperbaiki tanah /
bangunan dummy tersebut?
Klik 2x pada isian tersebut, data dummy bisa dirubah dan
bisa menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah
ke kolom selanjutnya bisa menggunakan tombol tab. Pastikan mengisi dengan data
yang sesuai pada berkas yang dimiliki.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU TANAH DAN BANGUNAN
17. Apa saja isian pada sub menu tanah ?
Berbagai isian pada sub menu tanah adalah penambahan
tanah, dalam hal ini tanah dimaksud adalah luas tanah tersebut, lahan kosong, lapangan.
Setiap jenis tersebut jika ada, disarankan untuk melengkapi setiap
atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus
dilengkapi. Menu lainnya adalah apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant
? jika iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada
menu aksi.
18. Apa saja isian pada sub menu bangunan ?
Berbagai isian pada sub menu bagunan adalah penambahan
bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis
tersebut jika ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya seperti kondisi
kerusakan bangunan. Menu lainnya adalah bangunan tersebut dihasikan dari
blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada
menu dihasilkan dari blogrant.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU RUANG
19. Apa saja isian pada sub menu ruang?
Ruang di aplikasi versi 2020 di
bagi menjadi beberapa
jenis ruang yaitu ruang
kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang
bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi
kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masing- masing.
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU ALAT, ANGKUTAN DAN BUKU
20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?
Buku teks adalah buku referensi yang dijadikan acuan
sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat
Perbukuan Kemdikbud.
21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?
Buku non teks adalah katalog buku yang bersifat
pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks
22. Apa yang di maksud dengan angkutan ?
Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik
di darat maupun di air terdiri dari:
sepeda, motor, mobil, perahu
23. Apa yang di maksud dengan alat ?
Alat adalah segala sarana yang dimiliki oleh sekolah
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABULASI PENDIDIKAN KELUARGA PADA
DATA RINCI SEKOLAH
24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan
Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?
Pendidikan keluarga adalah kelas tambahan yang diselenggarakan oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam
tanggungjawab mendidik anak secara bersama-sama dengan sekolah, terdiri dari
kelas inspirasi dan kelas parenting
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TAMPILAN BARIS BERWARNA JINGGA
JIKA PADA MENU ALAT SARANA TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR SARPRAS YANG BERLAKU
25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan
tampilan baris berwarna jingga ?
Isikan jumlah yang sesuai atau abaikan jika memang tidak memiliki sarana tersebut, hal ini
sebagai sarana edukasi ke sekolah antara data dan standar
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR PADA MENU GTK
26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan
WNI apakah wajib diisi?
Ya, wajib. Untuk mengetahui izin kerja dan tanggal
beralku izin kerja WNA di Indonesia
27. Apa dampaknya jika tidak diisi ?
Dapodik sekolah tidak bisa melakukan sinkronisasi karena
bersifat mandatory, invalid/ mencegah sinkronisasi jika tidak diisi
[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR DAN
KESEJAHTERAAN PADA MENU PESERTA DIDIK
28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan
WNI apakah wajib diisi?
Untuk peserta didik bersifat warning
29. Apa dampaknya jika KITAS tidak diisi ?
Masih dapat melakukan sinkronisasi
INTEGRASI HASIL OUTPUT PPDB UNTUK SISWA BARU KE DALAM
DATABASE DAPODIK
30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output
PPDB ke dapodik ?
sebagai upaya percepatan dan optimasi output/ hasil PPDB
yang ada di daerah dapat di masukkan ke dalam database dapodik pusat secara
otomatis.
31. Apa manfaatnya integrasi PPDB ke dapodik?
Mempercepat proses
penginputan data khusus nya data siswa baru, meningkatkan
mutu data keberlanjutan siswa
yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan meningkatkan efektivitas
pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik
32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam
dapodik ?
Difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat,
33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke
dapodik ?
Data siswa baru dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik
per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa baru dari
sekolah asalnya.
KELULUSAN BERSAMA SISWA TINGKAT AHIR, 6, 9, 12 DAN 13
34. Apa yang di maksud dengan bersama siswa
tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?
Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan
status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini dimaksudkan untuk
mempercepat proses pendataan
35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa
yang harus dilakukan ?
lapor ke
admin dinas pendidikan untuk
dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali
siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut. Selanjutnya
36. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa
baru ke dalam aplikasi dapodik?
dengan
menggunakan web
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login
sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan
ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi
dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan
masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata
siswa tersebut.
37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT
Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK, untuk apa?
hal ini untuk
menjaga konsistensi keterisian
data tersebut. Karena
yang mengeluarkan SK
pengangkatan adalah dinas pendidikan setempat.
38. Bagaimana jika ada kesalahan isian pada
kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK?
Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data
yang terkunci hanya dapat diperbaiki
oleh admin dinas pendidikan
PENAMBAHAN TABEL KESEJAHTERAAN_PD DAN MIGRASI DATA KIP,
KPS, PKH
39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul
lagi di tabel peserta didik,?
Sebab Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel
kesejahteraan peserta didik
40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang
harus dilakukan di aplikasi dapodik ?
Buka tabel kesejahteraan peserta didik, lalu inputkan
nomor kartu di tabel tersebut.
PENAMBAHAN
REFERENSI MATA PELAJARAN
INFORMATIKA DAN PENENTUAN SEKOLAH YANG
MELAKSANAKAN PELAJARAN TERSEBUT
41. Apa dasar sekolah yang
menyelenggarakan mapel Informatika?
Sekolah yang bisa menyelenggarakan mapel informatika pada
rombongan belajar adalah sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris
Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2019.
42. Bagaimana pembagian jam informatika
dengan mapel prakarya untuk SMP?
Jika dalam 1 rombel
terdapat guru yang mengampu mata pelajaran Informatika maka mapel prakarya tidak bisa diampu
oleh guru yang lain di rombongan belajar yang sama
43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk
jenjang SMA?
Untuk mata pelajaran
Informatika pada jenjang SMA
pengentriannya pada rombongan belajar
Lintas Minat
44. Mapel informatika akan linear dengan PTK
sertifikasi apa?
Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang
bersertifikasi TIK
45. Pada jenjang SMK, pemilihan jurusan/
kompetensi yang dilayani dalam menu sekolah terdapat bisnis proses yang
berbeda, apa itu?
Pemilihan jurusan/kompetensi yang dilayani oleh sekolah
sekarang dilakukan melalui Manajemen
Dapodikdasmen oleh Admin Dinas Provinsi
46. Jika SMK ingin membuka jurusan/
kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang harus dilakukan ?
penambahan jurusan/kompetensi baru pada Aplikasi
Dapodikdasmen versi 2020 dilakukan melalui manajemen dinas oleh Admin
Dapodikdasmen provinsi
47. Jika kompetensi/jurusan SMK sudah pernah
dibuka tahun sebelumnya, apakah perlu ke
dinas pendidikan provinsi lagi?
jika SMK sudah pernah membuka jurusan sebelumnya maka
tidak perlu lapor ke dinas pendidikan
48. Jika ada kompetensi/jurusan dari tahun sebelumnya
akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?
Penutupan jurusan/kompetensi dilakukan melalui Aplikasi
Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan
cara tidak perlu memilih jurusan tersebut di pembelajaran
rombel)
49. Jika ada pendirian SMK baru, bagaimana
cara pengisian jurusan/kompetensi keahlian terkait bisnis proses yang baru ini?
Untuk pemilihan jurusan/kompetensi bagi sekolah SMK yang
baru berdiri dilakukan melalui Admin
Dinas pada Manajemen dapdoikdasmen. Dengan kata lain,
sekolah SMK baru harus menambahkan jurusan/kompetensi, PTK baru dan siswa di
dinas pendidikan sebelum melakukan registrasi/prefill di apliaksi dapodik
sekolah.
Demikianlah beberapa jenis pertanyaan dan solusi seputar aplikasi
dapodikdasmen versi 2020, semoga dengan di bagikannya postingan ini dapat
membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengahadapi kendala dalam
melakukan pengerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Semoga bagi anda yang mengalami masalah yang ada hubungannya
dengan tanya jawab yang telah saya berikan pada postingan kali ini dapat
membantu anda mendapatkan jalan keluarnya sehingga pekerjaan pada Aplikasi Dapodikdasmen
Versi 2020 dapat berjalan dengan baik , sehingga sekolah anda dapat
mengahsilkan proses pengisian data yang akurat dan benar pada Aplikasi Dapodikdasmen
Versi 2020.