√ Langkah – Langkah Menentukan KKM Mata Pelajaran Kurikulum 2013
Sebelum saya menjelaskan mengenai langkah-langkah yang di
perlukan dalam menentukan KKM maka terlebih dahulu anda harus memahami apa yang
di maksud dengan KKM dan apa pula manfaat yang di peroleh dalam penentuan KKM
bagi setiap mata pelajaran.
KKM atau yang di sebut dengan kriteria ketuntasan minimal
merupakan kriteria ketuntasan belajar yang di jadikan sebagai patokan atau
penentu batas ketuntasan belajar bagi setiap peserta didik yang mana nilai dari
KKM tersebut di tentukan oleh setiap satuan Pendidikan dengan mengacu kepada
standar kompetensi lulusan.
Dalam menetapkan nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal)
maka setiap satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama – sama antara
Kepala Sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya sehingga dapat
dijadikan sebagai dasar dalam menentukan nilai KKM pada setiap mata pelajaran.
Manfaat yang di peroleh dalam menentukan nilai KKM pada setiap mata pelajaran di satuan pendidikan adalah untuk memberikan standar nilai ketuntasan sebagai gambaran seberapa besar kemampuan peserta didik dalam menyerap materi yang di ajarkan pada masing-masing mata pelajaran.
Dalam menuntukan nilai KKM ada 3 hal yang perlu di
perhatikan, ketiga hal tersebut yaitu :
1.
Kompleksitas
Kompleksitas yang
dimaksud disini adalah mengacu kepada karakteristik mata pelajaran.
Tingkat kesulitan dari
masing-masing mata pelajaran merupakan salah satu penentu bagi setiap satuan Pendidikan
dalam menentukan nilai Batasan KKM.
Untuk menentukan komponen
kompleksitas tinggi atau rendah misalnya, bagaimana cara menentukan tingkat kesulitan dan kerumitan suatu mata pelajaran sehingga Tingkat Kompleksitas Tinggi ???
Nilai kompleksitas di
katakana tinggi apabila dalam pelaksanaannya menuntut Sumber Daya Manusia
(SDM), termasuk didalamnya memahami kopetensi yang harus dicapai oleh siswa,
kreatif dan inofatif dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu waktu,
diantaranya waktunya cukup lama, karena perlu pengulangan. Serta Penalaran dan
Kecermatan siswa yang tinggi.
Untuk mengetahui
tingkat kesulitan dan kerumitan dari masing-masing mata pelajaran maka dapat di
tentukan dengan cara musyawarah yang dilakukan oleh masing-masing kelompok guru
mata pelajaran yang membidangi mata pelajaran yang sama.
2.
Daya Dukung
Daya Dukung yang
dimaksudkan disini yaitu berhubungan dengan kondisi satuan Pendidikan (sekolah).
Dalam menentukan KKM anda
harus melihat bagaimana kondisi dari sekolah anda masing-masing. Ada beberapa
hal yang meliputi kondisi satuan Pendidikan diantaranya yaitu :
a. Kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan;( sesuai latar belakang keahlian)
b. Jumlah
peserta didik dalam satu kelas;
c. Predikat
akreditasi sekolah;
d. Kelayakan
sarana prasarana sekolah.
e. Biaya manajemen
sekolah
f. Komite dan
stakeholder sekolah.
3.
Intake
Intake yang
dimaksudkan disini yaitu berhubungan dengan karakteristik Peserta Didik.
Karakteristik peserta
didik sangat menentukan bagi setiap satuan Pendidikan dalam menentukan nilai
KKM.
Intake ( tingkat
kemampuan rata-rata siswa), untuk memperoleh gambaran intake ini kita bisa
melihat dari berbagai cara, diantaranya dari hasil seleksi penerimaan siswa
baru, dari hasil raport kelas terakhir dari tahun sebelumnya, dari tes seleksi
masuk atau psikotes, dan juga bisa dari ujian nasional pada jenjang sebelumnya.
Dalam menentukan KKM
anda juga perlu memperhatikan bagaimana hasil dari penilaian yang di peroleh peserta
didik dalam memperoleh penilaian sebelumnya. Sebagai contoh untuk menentukan
karakteristik siswa kelas 7 maka dapat di lihat dengan memperhatikan nilai
rata-rata raport pada jenjang sebelumnya ( pada nilai raport SD) sedangkan untuk siswa kelas 8 dan
kelas 9 dapat di lihat dari hasil penilaian rata-rata nilai raport pada
semester sebelumnya.
Sebelum menentukan KKM mata pelajaran maka terlebih
dahulu anda harus menentukan KKM dalam setiap kompetensi dasar dalam setiap
mata pelajaran. Hasil dari seluruh KKM Kompetensi Dasar (KD) itulah yang nantinya di gunakan sebagai
pelengkap dalam menentukan nilai KKM mata pelajaran.
MENENTUKAN KKM KD
Dalam menentukan KKM dalam setiap kompetensi dasar, maka
anda dapat menggunakan rumus sebagai berikut :
Sebagai contoh dalam menghitung KKM pada setiap
kompetensi dasar, maka berikut ini saya berikan contoh penjelasan dalam
menentukan nilai KKM dalam setiap Kompetensi Dasar.
- Berikut ini contoh perhitungan nilai KKM Kompetensi dasar apabila menggunakan Rentang Nilai.
Misalnya nilai aspek daya dukung mendapat nilai 90 (tinggi), Nilai
aspek kompleksitas mendapat nilai 70 (sedang) dan Nilai aspek intake mendapat nilai 65 (sedang).
Karena jumlah dari aspek yang di analisis sebanyak 3 maka
nilai KKM untuk KD tersebut adalah :
- Berikut ini contoh perhitungan nilai KKM Kompetensi dasar apabila menggunakan point atau skor.
Misalnya nilai aspek daya dukung mendapat skor 3 (tinggi), Nilai aspek
kompleksitas mendapat skor 3 (rendah) dan Nilai aspek intake mendapat nilai 2 (sedang).
Maka nilai KKM untuk KD tersebut adalah :
MENENTUKAN
KKM MATA PELAJARAN
Untuk menentukan KKM mata pelajaran maka hal yang paling
terpenting adalah anda harus terlebih dahulu menentukan KKM dari setiap Kompetensi
Dasar kemudian jumlah dari seluruh nilai KKM pada kompetensi dasar tersebut
nantinya akan di gunakan untuk menentukan nilai KKM Mata Pelajaran.
Berikut ini rumus yang dapat anda gunakan untuk
menentukan nilai KKM Mata Pelajaran :
Apabila seorang peserta didik memperoleh nilai di bawah
KKM bisa di katakan bahwa peserta didik tersebut belum tuntas maka hendaklah guru
memberikan pembelajaran Remedial sedangkan bagi peserta didik yang telah
mancapai nilai ambang KKM maka peserta didik tersebut juga berhak untuk
mendapatkan pembelajaran pengayaan.
Pada postingan saya sebelumnya saya juga telah membahas
mengenai arti dari pembelajaran remedial dan pembelajaran pengayaan di samping
itu juga saya telah membagikan format pembelajaran remedial dan format
pembelajaran pengayaan yang mana di dalamnya juga telah saya lengkapi dengan
pemberian format penilaian hasil remedial dan pengayaan.
Apabila anda belum mengetahui dan belum memiliki
formatnya maka anda dapat mendownloadnya dan mencari
judul artikel yang membahas tentang pembelajaran remedial dan pembelajaran pengayaan yang telah saya publish sebelumnya.
Demikianlah penjelasan yang dapat saya bagikan mengenai
langkah – langkah dalam menentukan KKM mata pelajaran yang dapat di gunakan
dalam pembelajaran kurikulum 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat
anda yang membutuhkannya.