12 Langkah – Langkah Pembuatan LKPD Pada Pembelajaran K13
Jika anda berprofesi sebagai seorang guru tentunya anda
pernah mendengar tentang LKPD atau yang sering di sebut dengan lembar kerja
peserta didik. LKPD merupakan salah satu media yang sangat penting dalam
pembelajaran kurikulum 2013.
Pada kurikulum 2013 ada banyak media pembelajaran yang
dapat di manfaatkan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran, salah
satunya adalah media LKPD yang dapat membuat peserta didik menjadi aktif dalam
bekerja sama dan lebih memacu kreatifitas peserta didik dalam memecahkan
masalah yang terdapat di dalam Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) tersebut.
Pada artikel saya sebelumya saya telah membagikan
postingan mengenai manfaat yang dapat di peroleh bagi guru dan bagi peserta
didik dalam menggunakan LKPD dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pada artikel
saya kali ini saya akan kembali membahas mengenai langkah-langkah yang harus di
terapkan dalam pembuatan atau penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ).
Mengapa LKPD itu penting ????
Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) sangat penting sebab
dengan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) maka
pembelajaran dapat menjadi lebih efisien. Selain itu pembelajaran menjadi lebih
terpusat kepada siswa sehingga guru dalam hal ini hanya sebagai fasilitator dan
motivator dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.
Dalam membuat LKPD seorang guru harus mengetahui
langkah-langkah yang tepat sehingga LKPD benar-benar berfungsi dengan baik bagi
peserta didik.
Berikut ini langkah – langkah yang dapat di terapkan
dalam pembuatan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )
1.
Pertama-tama anda harus terlebih dahulu
menyiapkan judul yang akan di tulis pada LKPD tersebut, judul yang di ambil
harus sesuai dengan materi pokok yang akan di ajarkan pada pembelajaran
nantinya.
2.
Menuliskan kompetensi dasar yang akan di
capai pada pembelajaran tersebut pada LKPD ( memuat kompetensi dasar
pengetahuan dan kompetensi dasar keterampilan )
3.
Menuliskan indikator pencampaian kompetensi (
IPK ), dimana indikator yang di tulis akan lebih baik jika memuat 2 indikator
pencapaian kompetensi pada masing-masing KD ( kompetensi dasar )
4.
Menuliskan tujuan pembelajaran yang harus di
capai oleh peserta didik dalam pembelajaran dengan media LKPD.
Untuk tujuan
pembelajaran harus memuat aspek ABCD ( audience, behavior, condition dan degree
).
Jika anda masih belum
memahami tentang cara membuat dan menentukan tujuan pembelajaran yang baik dan
benar sesuai dengan kurikulum 2013 maka silahkan anda kunjungi postingan yang membahas hal tersebut pada postingan saya sebelumnya, sebab di dalam blog ini saya telah banyak membahas mengenai
cara menentukan tujuan pembelajaran yang memuat unsur ABCD beserta
contoh-contoh penerapannya dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP).
5.
Menuliskan waktu penyelesaian LKPD.
Tujuannya adalah agar
LKPD yang di kerjakan dapat sesuai dengan waktu yang telah di tentukan sehingga
peserta didik dapat benar-benar memaksimalkan waktu yang telah di tetapkan.
6.
Menentukan Teknik penilaian yang akan di
gunakan dalam proses pengerjaan lembar kerja peserta didik (LKPD).
7.
Menuliskan petunjuk penggunaan LKPD.
Tujuannya agar
peserta didik dapat memhami cara menggunakan dan mengerjakan kegiatan yang ada
di dalam lember kerja peserta didik tersebut.
8.
Menentukan alat dan bahan yang akan di
gunakan dalam penyelesaian LKPD.
Tujuannya adalah
membantu peserta didik dalam mempersiapkan alat dan bahan sehingga semua
peralatan yang di butuhkan dalam pengerjaan LKPD nantinya dapat terlengkapi
dengan baik sehingga proses pengerjaan LKPD dapat lebih efektif.
9.
Menuliskan langkah-langkah kegiatan yang akan
di kerjakan pada LKPD.
Biasanya di dalam
LKPD akan memuat atau berisikan beberapa kegiatan yang harus di selesaikan oleh
peserta didik sesuai dengan materi yang di pelajari pada saat itu dan di
selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan.
Langkah – langkah kegiatan
yang harus di susun di dalam LKPD yang akan di buat harus jelas, sebab kegiatan
di dalam LKPD tersebut merupakan kunci atau kegiatan inti dalam pembelajaran menggunakan
media LKPD.
Di dalam langkah-langkah
kegiatan LKPD siswa harus di bimbing agar pembelajaran benar-benar berlangsung
dengan baik dan di harapkan peserta didik dapat memecahkan masalah dengan kerja
keras dan saling bekerja sama dengan baik.
10. Mempersiapkan
waktu untuk mempersentasikan pengerjaan LKPD bagi tiap-tiap kelompok.
11. Memberikan
kesempatan kepada peserta ddidik untuk menyimpulkan hasil dari pembelajaran
yang telah berlangsung.
12. Guru memberikan
penguatan berupa umpan balik sehingga tujuan pembelajaran dapat benar-benar
tercapai.
Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat di terapkan
dalam pembuatan LKPD, apabila anda dapat membuat Lembar Kerja Peserta Didik (
LKPD ) dengan baik maka keberhasilan peserta didik dalam menggunakannya juga
akan lebih baik.
Semoga postingan yang dapat saya sajikan pada artikel
kali ini dapat menambah wawasan kita Bersama khususnya dalam memajukan Pendidikan
yang lebih berkualitas.